PDA

View Full Version : Biaya mutasi dan balik nama antar provinsi



bee
15-04-2008, 12:17
Untuk kendaraan roda 2, biaya mutasi dan baliknama sebenarnya ada aturan yang jelas gak ya?
Atau beda-beda aturannya tiap provinsi?
Kira-kira bisa habis sampe berapa rupiah ya?
Yang pernah/tahu, tolong sharing pengalamannya dunk.. thanks..

Tempoyax
15-04-2008, 14:15
Setau Ane ngurusnya makan waktu lama n Bribet,palagi klo luar pulaw

bee
16-04-2008, 20:14
kalo biayanya gimana? mahal?

kirain cuma nyabut berkas di daerah asal, trus mutasi ke daerah pemilik baru..
beres..
tapi ternyata ribet ya?

vince_wonk
16-04-2008, 21:19
gw pake nouvo plat surabaya. tp cuma 6 bulan tuh motor jalan disurabaya. dr awal 2003 sampe skrg jalannya di jakarta terus. gw sempet mo rubah plat. tp pas tau prosedurnya ribet banget. lo bakal perlu cek fisik, yg berarti motor lu dkirim ke surabaya trus cek fisik lagi di jkt. jd kirim bolak balik. sori deh, gw mendingan kirim stnk setahun skali drpada repot bgitu. total biaya 1,5jt lom ongkos kirim motor. TS klo mo repot sih bole. tp beneran repot abis hahaha. makanya gw setia dengan plat L, platnya doang surabaya, hampir seumur hidupnya menjelajah jakarta. wakakak

bee
18-04-2008, 09:24
Wah.. seribet itu ya..
mikir ribuan kali dulu neh kalo gitu
tapi kalo jual beli itu gimana ya?

vince_wonk
19-04-2008, 01:11
Wah.. seribet itu ya..
mikir ribuan kali dulu neh kalo gitu
tapi kalo jual beli itu gimana ya?

jual di tempat asal bro hehehehe.

bee
21-04-2008, 19:43
jual di tempat asal bro hehehehe.
tapi jadi sama aja repotnya di ongkos kirim Bro :D

masih_hijau
24-04-2008, 15:29
Iya nih Bro. Kayaknya ribet banget ngurusnya. Kalo gak salah ntar huruf belakangnya jadi TC. Contoh : B 1234 TC. CMIIW:D

bee
30-04-2008, 14:29
Padahal semestinya untuk daerah yang dituju kan bakalan mendapatkan tambahan pajak kendaraan bermotor dengan masuknya kendaraan ke daerah tersebut
tapi kenapa aturannya malah ribet banget ya
heran, mo ada tambahan pendapatan pajak aja masih suka bikin repot..

alcapon
31-08-2008, 01:38
wah penting bgt nich, kbetulan w baru beli motor Satria R 120 dan domisili STNK Daerah depok, sedangkan w di jakarta.. w pengen banget mutasi nama, tapi w denger2 biaya mutasi mahal. mestinya komdak menghitung biaya mutasi berdasarkan jarak tempuh antar wilayah, jadi harga tidak dipukul rata.

jona7e
03-09-2008, 22:17
Wah, kok gw pernah balik nama mobil dr Jogja kLampung gak susah2 bgt ya?
Cm butuh waktu 1,5 bulan tuh smp STNK yg baru jd.
Ato buat motor ada aturan khusus yach?

ilo-bugis
25-09-2008, 21:05
gw balik nama dan mutasi motor kantor gw ke nama gw ndak nyampe sejuta kok....lewat tetangga dari anggota marinir yg biasa ngurus hal2 seperti ini......waktu itu awalnya gw kasih 500rb+bpkb+stnk motor gw buat nyabut berkas, cek nomor mesin dan bayar denda keterlambatan pajak tahunan di samsat jakarta cuma butuh 2 hari......lalu gw kasih lagi 250rb untuk mutasi dan balik nama ke samsat depok.....beres deh.....terakhir gw kasih ongkos bensin tuh marinir 200rb.....total yg gw keluarin buat bayar denda + mutasi + baliknama + jasa cuma 950rb ;)

bee
11-10-2008, 21:37
Wah.. kalo ada kenalan tetangga gitu ya lancar deh..
Kalo ngga ya kadang emang ribet seh.. macem-macem aja mintanya

Btw, biaya cabut berkas dan mutasi biasanya berdasarkan harga motornya atau ngga?

ilo-bugis
21-10-2008, 03:39
Btw, biaya cabut berkas dan mutasi biasanya berdasarkan harga motornya atau ngga?
waduh kalo ini gw ndak tahu....gw tahunya diminta 500rb buat nyabut berkas+gesek nomor mesin+bayar denda telat pajak setahun.....rinciannya gw ndak diberitahu

bee
22-10-2008, 20:24
kalo ngga berdasarkan harga motor..
masa harga cuma 4jt, biaya mutasi sampe >950rb :rolleyes:

ShaN
22-10-2008, 22:55
Bulan 1 tahun ini, di Medan, gw mutasi Honda Jazz (sebelumnya plat B) cuma kena 2 jt-an. Padahal itu sudah termasuk ganti nama dari pemilik lama. Masa sih motor >950 rb?

alpony_sz
23-11-2008, 06:45
Loh... kalo d padang buat balik nama kok prosedurnya gampang yah?kmaren temen gw balik nama motornya dari plat BM k BA bayar sjutaan... maklum kalo d padang kendaraan luar daerah yang make Plat nomer laen selain BA bakalan jadi mangsa empuk polisi:D , kalo kita protes polisinya ngasih alaesan yang mantep abis... "anda make fasilitas umum d daerah sini(maksudnya jalan), tapi anda bayar pajak d daerah laen!!":laughatr:
prosedurnya ampir mirip kayak bayar pajak getho... liatin BPKB, STNK, Fotocopy KTP yang punya, trus cek nomer mesin n rangka... ga nyampe 2minggu.... dah jadi plat BA tuh motor....
mungkin tiap profinsi beda2 kebijakan kali yah?:confused:

ilo-bugis
24-11-2008, 19:08
kalo ngga berdasarkan harga motor..
masa harga cuma 4jt, biaya mutasi sampe >950rb :rolleyes:

Bulan 1 tahun ini, di Medan, gw mutasi Honda Jazz (sebelumnya plat B) cuma kena 2 jt-an. Padahal itu sudah termasuk ganti nama dari pemilik lama. Masa sih motor >950 rb?
itu gw diurusin (baca:calo) orang....kalo urus sendiri mungkin bisa lebih murah kali......tapi berapa lama selesai dan jalurnya kemana aja yah gw ndak tahu......itukan juga udah termasuk ongkos bayar calo + denda pajak tahunan gw......kalo calo beneran yg biasa dipake kantor gw malah mintanya 1,5jt buat mutasi+baliknama dari jakarta ke depok (itu belum tambahan denda pajak tahunan motor gw yg dah lewat)......makanya gw minta tolong tetangga gw yg kebetulan dr marinir biasa ngurus surat2 motor juga jadinya bisa lebih murah

setahu gw tiap daerah punya kebijakan masing2 untuk masalah mutasi dan balik nama ini....jadi ndak bisa dipukul rata seluruh indonesia sama tarifnya

ponky1508
24-11-2008, 21:38
NI dari pengalaman ...
pernah balik nama dr malang ke jakarta .. (satria)
1. cek fisik dari malang (murah gak sampe 50rb)
2. berkas cek fisik dikirim ke jakarta
3. tarik berkas 350rb
4. balik nama 300rb

mungkin bs membantu

Rdeon
25-11-2008, 00:30
g coba mutasi legenda 2000 habis 3bulan biaya hampir 1jutaan (mahal karna antar propinsi)

bee
02-01-2009, 07:51
NI dari pengalaman ...
pernah balik nama dr malang ke jakarta .. (satria)
1. cek fisik dari malang (murah gak sampe 50rb)
2. berkas cek fisik dikirim ke jakarta
3. tarik berkas 350rb
4. balik nama 300rb

mungkin bs membantu

Trims Bro.. lengkap infonya

repot juga ya motor lama plat jauh, harga jual paling tinggal 4jt-an
mo dikirim balik ke daerah, ongkir sejutaan (udah 25% dari harga tuh)
mo dijual, balik nama juga lebih kurang 700 - sejutaan (25% juga)

devilman1234
02-01-2009, 11:10
kalo biayanya gimana? mahal?

kirain cuma nyabut berkas di daerah asal, trus mutasi ke daerah pemilik baru..
beres..
tapi ternyata ribet ya?

kalo bisa ribet bwat apa mudah? hahahah polusi mah kerjanya cari duit terussss :rolleyes:

ribet = mahal

hendito
02-01-2009, 12:54
saya mutasi dan cabut berkas dari BSD, kota tangerang selatan -> ciledug, kota tangerang .. all in ( cek fisik, mutasi, cabut berkas dan pajak 1 tahun ) dalam 4 hari dibantu ama petugas = 750rebu