PDA

View Full Version : Autisme, apa & bagaimana penanganannya



Hendra49
17-04-2008, 22:27
Bro chippers semua,

Malem ini aku sedih dan trenyuh setelah chatting ama customer, yang ternyata punya anak sulung yang mengidap autisme. Setelah dijelasin ttg apa autisme itu, aku mulai cari refferensi buat dia di internet. Anak sulungnya divonis mengidap autisme sejak umur 3 thn. dan skrg udah umur 8 thn, juli nanti. Sebuah ketabahan yang luar biasa. karena itu aku tergerak utk bikin thread ini, sebagai caraku membantu rekan2x chippers yg punya sodara, temen, tetangga yg mengidap penyakit ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.Utk refferensi yg lebih lengkap, aku sertakan 2 link berbahasa indonesia, yaitu

yayasan Autisme Indonesia
http://www.autisme.or.id/welcome/
dan milis putra kembara
http://puterakembara.org/index.shtml

Bagi rekan2x yg punya informasi tambahan, diharapkan kesediannya utk share disini.

Thank;s & Regards,
Hendra49

neozen
17-04-2008, 23:01
penyebab salah satunya adalah penggunaan perabotrumah tangga/furniture yang dicat dengan menggunakan bahan melamik. cirinya adalah cat furnitur berbau dan di mata pedas.. karena di dalam cat melamik tersebut mengandung formaldehyde yang merupakan turunan dari formalin. makanya untuk negara2 maju impor barang2 dari melamik tidak diijinkan. nah parahnya indonesia justru furnitur yang banyak beredar adalah jenis melamik karena harga dari cat melamik ini lebih murah jika dibanding dengan cat jenis polyurethane maupun nitro selulose.
maka dari itu bagi chippers yang di rumah perabotan,pintu,kusen masih memakai cat melamik segera ganti dengan yang non melamik. kasihan generasi kita selain menyebabkan autis pada janin juga bisa merangsang tumbuhnya kanker. bahaya dari cat melamik ini adalah uapnya yang masih aktif walaupun sudah dipergunakan selama 9bulan.

Advanced_Idiocratic
18-04-2008, 00:46
yg saya bingung... kenapa autisme ini jauh lebih banyak dimasa sekarang dibanding jaman dulu?
kayanya banyak terdapat dimana2....:(

bier
18-04-2008, 08:31
ehm.. maap nanya.. melamik itu sama dengan melamine?
gimana yah bedainnya lapis/cat melamin sama yg lainnya?

Hendra49
18-04-2008, 08:42
yg saya bingung... kenapa autisme ini jauh lebih banyak dimasa sekarang dibanding jaman dulu?
kayanya banyak terdapat dimana2....:(
Karena jaman dulu kita lebih mengenalnya sebagai anak dgn keterbelakangan mental atau bagi masyarakat awam sering disebut idiot. Padahal penyakit ini sudah dipublikasikan sejak tahun 1944, tp baru dikenal beberapa tahun terakhir. sama seperti Asperger syndrome dan RETT atau dyslexia. Penggunaan istilah tersebut baru muncul sejak beberapa tahun terakhir ini.
Beberapa penyebab penyakit autisme, (dipetik dari Dewo's blogspot; http://dewo.wordpress.com/2006/01/17/anak-autis/ )
1. Autis bukan karena keluarga (terutama ibu yg paling sering dituduh) yg tdk dapat mendidik penderita. Anak autis tidak memiliki minat bersosialisasi, dia seolah hidup didunianya sendiri. Dia tidak peduli dgn orang lain. Orang lain (biasanya ibunya) yg dekat dengannya hanya dianggap sebagai penyedia kebutuhan hidupnya. (Baca: Teory of Mind, yg ditulis oleh seorang autis).
2. Jarang sekali anak autis yg benar2 diakibatkan oleh faktor genetis. Alergi memang bisa saja diturunkan, tapi alergi turunan tidak berkembang menjadi autoimun seperti pada penderita autis.
3. Terjadi kegagalan pertumbuhan otak yg diakibatkan oleh keracunan logam berat seperti mercury yg banyak terdapat dalam vaksin imunisasi atau pada makanan yg dikonsumsi ibu yg sedang hamil, misalnya ikan dengan kandungan logam berat yg tinggi.
4. Terjadi kegagalan pertumbuhan otak karena nutrisi yg diperlukan dalam pertumbuhan otak tidak dapat diserap oleh tubuh, ini terjadi karena adanya jamur dalam lambungnya.
5. Terjadi autoimun pada tubuh penderita yg merugikan perkembangan tubuhnya sendiri karena zat2 yg bermanfaat justru dihancurkan oleh tubuhnya sendiri. Imun adalah kekebalan tubuh terhadap virus/bakteri pembawa penyakit. Sedangkan autoimun adalah kekebalan yg dikembangkan oleh tubuh penderita sendiri yg justru kebal terhadap zat2 penting dalam tubuh & menghancurkannya.
Akhirnya tubuh penderita menjadi alergi terhadap banyak zat yg sebenarnya sangat diperlukan dalam perkembangan tubuhnya. Dan penderita harus diet ekstra ketat dengan pola makan yg dirotasi setiap minggu. Soalnya jika terlalu sering & lama makan sesuatu bisa menjadikan penderita alergi terhadap sesuatu itu.
Autis memiliki spektrum yg lebar. Dari yg autis ringan sampai yg terberat. Termasuk di dalamnya adalah hyper-active, attention disorder, dll.
Kebanyakan anak autis adalah laki-laki karena tidak adanya hormon estrogen yg dapat menetralisir autismenya. Sedang hormon testoteronnya justru memperparah keadaannya. Sedikit sekali penderitanya perempuan karena memiliki hormon estrogen yg dapat memperbaikinya.

Kalau ada yang punya info tambahan seperti Bro Noezen, silakan di share disini

Hendra49
18-04-2008, 08:49
ehm.. maap nanya.. melamik itu sama dengan melamine?
gimana yah bedainnya lapis/cat melamin sama yg lainnya?

Sama bro,
Ciri2x cat melamin itu mengkilat kaya dilapisi kaca. Baunya tajam menyengat seperti bau tinner/pengencer cat (produk furniture dari bambu/rotan biasanya banyak yg memakai jenis cat ini, bisa jg utk cat pelapis kusen pintu dan jendela). Kalo cat yg jenis lain, warna hasil pengecatan buram/tidak mengkilat, dan tidak berbau menyengat krn jarang sekali cat jenis polyurethane memakai bahan pencampur tinner,

just my 2 cent

bier
18-04-2008, 10:03
@hendra94:
apakah berarti semua cat yg glossy mengandung melamin? atau belom tentu?
iya sih kadang ada cat tertentu yg bau nya menyengat. btw bau menyengat ini hanya ada pada kondisi baru (baru di cat) atau utk kondisi udah lama pun masih berbau menyengat?
kalo contoh2 cat melamin yg di pasaran apa aja ya?
tks bgt bro.

neozen
18-04-2008, 10:29
melamin dengan melamik itu sama dia adalah jenis resin 2komponen yang menggunakan bahan formaldehide untuk membuatnya menjadi bersifat basa, ciri2 cat melamik itu adalah bau menyengat yang tidak hilang2 saat anda membeli furniture baru... dan pedas di mata karena dia akan mengeluarkan gas selama kurang lebih 9bulan. kelebihan dari melamik ini adalah keras,bening,harga murah sehingga lebih diminati oleh produsen untuk menekan harga.

sedangkan cat polyurethane itu merupakan teknologi yang merupakan penyempurnaan dari melamik coating.cat polyurethane ini mempunyai kekilapan dan daya tahan yang lebih baik dibanding dengan melamik namun dari segi harga dia lebih mahal sehingga kurang diminati oleh produsen, namun seiring pencekalan produk2 melamik untuk exspor di negara maju maka terpaksa banyak yang beralih ke polyurethane.polyurethane tetap menggunakan thinner sebagai pelarut(solvent base) cat yang tidak menggunakan thiner adalah jenis water base.

contoh produk melamik yang paling banyak digunakan produsen lokal adalah impra

bier
18-04-2008, 10:48
@neozen:
nah berarti cat polyurethane juga glossy yah? makin susah aja bedainnya... bener2 cuma bisa dari bau nya aja kah?

VallCom
18-04-2008, 10:50
hmm ... gw sendiri ada tulisan dikit tentang autisme ... mungkin yang berkenan bisa melihat di Autisme Bisa “Sembuh” (http://agninbhagas.wordpress.com/2008/04/15/anak-autisme-bisa-sembuh/)

neozen
18-04-2008, 11:04
@bier
polyurethane ada yang glossy ada yang solid ada yang metalic, yang bisa diidentifikasi lewat panca indra hanya itu. biasanya kalo di meja kita taruh piring/cangkir berisi kopi panas ada bercak warna putih itu melamik. selain di furniture melamik juga biasa dipake untuk piring2,cangkir,gelas banyak juga yang kadar melamiknya gak masuk dalam kategori food grade

Kill_Me
18-04-2008, 17:28
kalo untuk peralatan makan bukannya ada yang tulisan "aman untuk makanan" alias "food grade" itu ya..?

biasanya wa liat di piring / gelas melamin yg dijual di supermarket.. ada yang ditempeli stiker semacem itu.. ato kayak blender philips (sorry sebut merk.. bukan promosi) yg ada tulisannya food grade juga...

bier
18-04-2008, 17:29
@neozen:
kalo piring, gelas yg lapis melamin gitu biasanya yg plastik yah bro? kalo yg keramik atau kaca gitu nggak kan yah?

Radeonator
18-04-2008, 17:34
memangnya kenapa sih sama orang autis? wa pernah punya temen autis, biasa2 aja ah.... memang mental dan sifatnya agak terbelakang, tapi dia tetap manusia juga tokh.

memang repot dan agak susah nanganin orang autis, tapi kl dah terbiasa, lama2 juga gak ngerasa asing lagi koq ada di deket orang kayak gini. cuma masalah apa kalian mau nolongin manusia seperti mereka, mau takut luar biasa dan mencegah biar anak kalian gak jadi kayak gini, atau takut setengah mati dan kabur karena merasa mereka bukan manusia... it;s your call.

neozen
18-04-2008, 17:56
@ radeonator
kagak nyambung ama topicnya euy... kalo yg kamu ungkapin di atas kan tanggapan sikap kepada penderita autis.

bier
18-04-2008, 18:28
@radeonator:
iya nih. :confused:
baca yg bener dong topiknya bro. kan disini yg dibahas adalah gimana kita semua bisa mencegah atau mengobati autis. bukan gimana kita memperlakukan org autis.
sama aja penyakit aids, kalo kita udah ngerti kan kita gak perlu mengucilkan mereka yg kena penyakit aids, itu benar. tapi bukan berarti kita gak perlu mencegah penyakit nya kan?

Radeonator
18-04-2008, 18:54
ngga, tapi wa nanggap kalian seakan-akan anak2 autis itu bener2 harus 'dihilangkan' biar gimana caranya. sorry, habis wa malah jadi kasian ama mereka kalau seandainya mereka denger apa yang kalian semua bilang di thread ini.

bier
18-04-2008, 19:44
*deleted
..................

neozen
19-04-2008, 00:21
@radeonator
yang perlu dihilangkan itu penyakitnya bro bukan anak autis, dan bukankah penyakit autis itu bisa disembuhkan nah justru kita disni mau share bagaimana cara menyembuhkan dan menangani anak2 yang menderita autis. sayarasa sebagai orang tua /orang yang punya saudara/kawan autis semestinya informasi2 seperti dalam thread ini membantu mereka untuk mendapat solusi.
coba copy paste kata2 dari thread ini yang memojokkan penderita autis?? bukankan TS sendiri bikin thread ini karena peduli dan merasa tersentuh karena anak sulungnya menderita autis.

sekali lagi saya tegaskan... kita ingin menghilangkan penyakit autis tapi bukan menghilangkan anak penderita autis. emangnya bro mau anak bro terkena autis?? tentu saja sebagai ayah yang normal tentu anda berusaha mencegah supaya anak anda gak kena autis. nah bagaimana cara pencegahan dan penanganannya kita bahas disini.

komp san
19-04-2008, 07:41
Autisme bukannya karena sering ga diajak ngobrol dari bayi/kecil, makanya jadi punya dunia sendiri?

j2spirit
19-04-2008, 09:30
kayaknya itu tuduhan orang jaman dulu ketika nemu penderita autis :)

lacerate_swine
19-04-2008, 10:32
AFAIK Autisme itu sampai sekarang belum diketahui penyebabnya, yang disebut tadi masih belum pasti, dan kemungkinan besar masih banyak lagi penyebab yang lain...

Adek gw sendiri divonis Autisme tingkat menengah waktu dia umur 2 tahun, dan bulan Mei besok umurnya bakalan 12...

Dan Autisme itu bukan penyakit, sama sekali bukan penyakit, Autisme itu kelainan pada otak dan cara berpikir, jadi jangan coba-coba bilang orang yang menderita Autisme itu "sakit", mereka hanya "lain"...

Hendra49
19-04-2008, 15:57
AFAIK Autisme itu sampai sekarang belum diketahui penyebabnya, yang disebut tadi masih belum pasti, dan kemungkinan besar masih banyak lagi penyebab yang lain...

Adek gw sendiri divonis Autisme tingkat menengah waktu dia umur 2 tahun, dan bulan Mei besok umurnya bakalan 12...

Dan Autisme itu bukan penyakit, sama sekali bukan penyakit, Autisme itu kelainan pada otak dan cara berpikir, jadi jangan coba-coba bilang orang yang menderita Autisme itu "sakit", mereka hanya "lain"...
Benar bro,
Austisme adalah sebuah kelainan" tp bagi sebagian org autisme malah dianggap sbg "gifted child"/ Argumen yg terkahir susah dibuktikan. Gifted disini artinya apa?sampai sekarang pun msh jd polemik. Salah satunya Albert Einstein, yg bagi sebagian org dia disebut Genius, tp klo ditilik dr tanda2xnya dia mempunyai gejala Autisme.Tp adiknya gimana skrg Bro? udah baikan toh? Aku turut prihatin bro, aku doakan biar adik bro cepat recover.
@ Radeonator;
Sikap anda patut dihargai bro. Anda mampu memperlakukan penderita autisme secara wajar/tidak membedakan. sebuah sikap yg terpuji yg tdk semua org mau/bisa melakukannya. Hanya karena sebuah "kelainan/perbedaan" sering sekali masyarakat awam memvonis bahwa mereka bukan bagian dr mereka.
Tujuanku buka thread ini adalah memberi penjelasan/mensosialisasi ttg austisme, dgn harapan kita bisa lebih mawas diri dalam memperlakukan para penderita autisme.

Semoga bermanfaat

king of kong
20-04-2008, 00:07
wah baru baca nih topiknya seru juga.
kebetulan gue pernah beli dvd tentang autis di gramed, ternyata di amerika orang autis bisa berkarir lho.
jangan di kira orang autis tidak bisa hidup normal, mereka punya kelebihan dibanding manusia biasa.
karena mereka suka melakukan hal2 tertentu berulang-ulang oleh para ahli di US mereka dilatih dan malah di pakai di beberapa tempat, untuk bagian ketik dan filing file, mereka benar2 teliti karena udah terbiasa berulang-ulang.

back to topic cara penangananya di indo kayaknya masih jarang ya, paling harus ikut kelas khusus anak autis.

ada teman saya yg anaknya juga kena autis dia cerita, kalo anaknya mulai di vonis autis pada umur 3 th, kata dokter penyebabnya adalah karena sang ibu terkena polusi timbal dari kendaraan bermotor, maklum ibunya juga kerja dan tiap hari bulak balik mengunakan angkot.

andre_xyz
20-04-2008, 00:28
gw kul di Psikologi di gundar dah semester 12, tp ga isa jawab:bang::D, penangannny yg gw tau... dolphin therapy technique, anak autis sering diajak maen berenang ma lumba - lumba, efeknya lumba2 punya kemampuan komunikasi ultrasonic yag berpengaruh langsung ke otak anak autism jd anak autis bisa lebih sedikit fokus terhadap sesuatu, kulit licin lumba2 juga menstimuli pengindraan anak autis untuk lebih memperhatikan sesuatu (diem, fokus).

INGAT AUTISME BUKAN PENYAKIT... hanya kemampuan berfikir yang berbeda, malah bisa dibilang gifted child, krna apa? anak autis bisa berfikir pada satu hal (yg dia suka) melebihi orang normal, kl IQ kit diukur pd bidang matematika 90 (normalny 100 misalny) anak autisme isa 190 (superior..sungguh), mereka punya dunianya sendiri dalam pikirannya.

kl ada yg tanya isa diobati ga?..apanya yg diobati..ini bukan sakit,,,bisa aja tp bukan diobati namany di rubah perilakunya (kl di psikolgi ada namanya modification behavior), artiny kl si anak susah komunikasi ya diberi komunikasi yg sudah dimodifikasi (isyarat misalny), ndak bisa fokus kl diajak ngomong (terapi lumba2 bisa membantu)..dll

seperti kompi bro yag punya badge folding felow (5 hari ga mati2) idem ky anak autis, otakny tuh berfikir terus (mencipta dunianya).


itu aja deh,ntar gw ketik panjang lebar tau2nya salah..:D:D:D doakan aku lulus!!!!:)

ArQ
20-04-2008, 01:39
Ada juga yah thread dengan topik begini di sini :)
Kebetulan saya mahasiswa jurusan Psikologi dan kebetulan juga ada beberapa teman saya yang adiknya didiagnosa Autis.
Saya ingin menambahkan informasi....


Penjelasan bro Hendra49 di halaman pertama (http://forum.chip.co.id/off-topics-potato-lounge/102449-autisme-apa-bagaimana-penanganannya.html#post1668838) thread ini benar. Tapi penjelasannya masih dalam lingkup medis. Dan memang sejauh ini pendekatan untuk membantu penderita autis adalah melalui pendekatan medis yang dibarengi dengan terapi perilaku.

Gangguan ini murni karena kelainan dalam sistem saraf dan seperti yang dibilang bro lacerate_swine (http://forum.chip.co.id/f70-off-topics-potato-lounge/102449-autisme-apa-bagaimana-penanganannya-3.html#post1671191), orang yang menderita "autis" tidak bisa dikatakan "sakit" karena sudah muncul sejak ia lahir. Orang dikatakan "sakit" kalau pernah berada dalam kondisi "sehat" atau "normal" dalam hidupnya.

Autis tidak bisa sembuh alias permanen karena kerusakan sudah terjadi sejak lahir dan dalam lingkup sistem saraf hingga ke saraf pusat. Dengan kata lain, akan terus ada pada individu yang menderitanya hingga ia dewasa dan meninggal. Pengobatan yang diberikan untuk penderita autis sejauh ini hanya mampu mengurangi gejala atau perilaku-perilaku yang menyertai gangguan ini (misalnya: biar lebih tenang atau obat untuk mengatasi reaksi alergi) serta berupa terapi yang membantu agar mereka dapat berinteraksi dengan lingkungan dengan lebih baik.

Cara yang paling populer untuk membantu penderita autis adalah melalui terapi perilaku. Penderita diajarkan suatu keteraturan dalam kegiatannya sehari-hari (yang disebut bro king of kong (http://forum.chip.co.id/f70-off-topics-potato-lounge/102449-autisme-apa-bagaimana-penanganannya-3.html#post1672513) sebagai "melakukan sesuatu berulang-ulang"). Ini penting karena penderita autis sangat sulit menerima suatu kondisi atau situasi yang baru di lingkungannya (ini juga yang membuat ia tampak berada dalam dunianya sendiri). Jika tiba-tiba terjadi perubahan, mereka dapat merasa cemas dan memunculkan suatu reaksi atau perilaku yang tidak diduga (teriak-teriak, berlari-lari, memukul-mukul sesuatu, dsb). Seluruh terapi dan pengobatan yang diterima penderita autis harus disertai dengan dukungan orang tua dan institusi yang terkait dengan segala bentuk aktivitas si penderita autis. Ini penting agar penderita autis dapat membiasakan diri dengan terapinya. Dengan kata lain, peran serta orang tua dan lingkungan (khususnya sekolah) sangat penting. Mereka harus mengetahui segala bentuk pengobatan atau terapi yang didapatkan oleh penderita autis serta dapat bekerja sama dengan baik.

Salah satu ciri khas penderita autis adalah mereka tidak bisa atau sulit melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya. Ini biasanya diatasi melalui terapi perilaku tadi, dimana lawan bicaranya memberikan isyarat gerak jari ke mata (seperti tentara yang memberi isyarat untuk 'mengawasi') pada penderita autis. Ciri lain adalah kesulitan berkomunikasi, misalnya dipanggil-panggil tidak menyahut. Ini bisa diatasi sebenarnya, dengan melakukan tindakan tersebut berulang-ulang (sehingga menjadi suatu kebiasaan bagi mereka) tapi harus dipertahankan keteraturannya, jangan tiba-tiba berubah atau melakukan suatu perubahan yang drastis karena mereka bisa merasa cemas atau panik (yang sering dikatakan "kumat").

Saya juga ingin meluruskan opini yang mengatakan bahwa penderita autis identik dengan inteligensi yang di atas rata-rata. 95% lebih penderita autis memiliki tingkat inteligensi (IQ) di bawah rata-rata atau dengan kata lain Retardasi Mental (contohnya adik teman saya). Hanya sebagian kecil saja yang memiliki IQ di atas rata-rata. Maaf, untuk data ini saya tidak membawa bukunya (di warnet euy) tapi ada kok di rumah. Nanti saya liat & post ke sini.

Sudah banyak kok sumber informasi tentang penderita autis khususnya anak-anak. Ohya, ada juga beberapa film yang tokohnya menderita autis, antara lain (yang menurut saya bagus):
1. Mercury Rising (Bruce Willis, Alec Baldwin & Miko Hughes). Ini film action tapi disini kita bisa melihat dengan sangat jelas bentuk terapi yang didapatkan oleh tokoh Simon (diperankan oleh Miko Hughes). Perhatikan keteraturan yang dilakukan oleh tokoh Simon.

2. Mozart & The Whale (Josh Hartnett, Radha Mitchell). Film drama, dimana tokoh utama (donald morton - Josh Hartnett) yang menderita autis mendirikan sebuah perkumpulan penderita autis yang anggotanya tidak banyak. Ada juga kisah asmaranya dengan seorang penderita autis lainnya (Isabel - Radha Mitchell). Di film ini kita bisa melihat penderita autis yang telah dewasa serta bagaimana mereka berinteraksi. Kita bisa dengan jelas melihat bagaimana mereka berada dalam dunianya sendiri. Selain itu, kita juga bisa melihat penderita Autis yang sangat cerdas (Donald morton) serta penderita autis yang retardasi mental.

3. Rain Man (Tom Cruise, Dustin Hoffman). Berdasarikan kisah nyata. Tokoh yang menderita autis diperan oleh Dustin Hoffman. Tokoh ini memiliki kelainan di otaknya, dimana otaknya tidak memiliki sekat alias menjadi satu (normalnya kita ada dua sisi otak, kiri dan kanan). Oleh karena itu, otaknya tidak memiliki filter dan segala informasi yang masuk langsung disimpan (dengan kata lain, tidak memiliki ingatan jangka pendek. Semua tersimpan layaknya HDD yang tanpa batas kapasitas). Tapi ia memiliki ciri perilaku penderita autis. Tokoh ini (dan saudaranya) masih hidup hingga sekarang tapi selalu membutuhkan dampingan saudaranya.

Ada juga buku yang sangat bagus, ditulis oleh "mantan" penderita autis (mantan = ia kini lebih mampu berkomunikasi dengan dunia luar dan bahkan membantu terapi anak autis lainnya). Judulnya "Dunia Di Balik Kaca". Kita bisa 'melihat' dinamika kehidupan seorang penderita autis dan melihat dunia di dalam dirinya lewat buku ini.

Kalau dari pengalaman saya berinteraksi dengan anak penderita autis, kunci untuk berinteraksi dengan mereka adalah kesabaran (yang banyak) dan pahami pola-pola perilaku mereka yang sering dilakukan. Selain itu, mereka sebaiknya dipandang secara individual karena masing-masing bisa sangat berbeda bentuk perilakunya. Pertahankan bentuk keteraturan yang telah diajarkan agar semakin kuat dan tidak 'berantakan' hasilnya.

Waduh..... ini posting saya yang paling panjang yang pernah saya tulis.... Nggak sadar euy.... :D:D
Semoga ga bikin bingung dan bisa membantu...

:):)

bier
20-04-2008, 10:50
Tks bgt buat bro ArQ atas penjelasannya yang amat sangat membantu. :)
I'm really sorry buat bro radeonator, atas salah pahamnya :D
Gw sbnrnya gatau apa2 nih soal autis selaen ya yg gw tonton di Mercury Rising dan Rain Man.
Nah skrg gw masi rada bingung nih.. Kalo autis itu bukan penyakit, apakah penyebab medis yg bersangkut paut dengan bahan melamin diatas itu benar?

lacerate_swine
20-04-2008, 11:01
Benar bro,
Austisme adalah sebuah kelainan" tp bagi sebagian org autisme malah dianggap sbg "gifted child"/ Argumen yg terkahir susah dibuktikan. Gifted disini artinya apa?sampai sekarang pun msh jd polemik. Salah satunya Albert Einstein, yg bagi sebagian org dia disebut Genius, tp klo ditilik dr tanda2xnya dia mempunyai gejala Autisme.Tp adiknya gimana skrg Bro? udah baikan toh? Aku turut prihatin bro, aku doakan biar adik bro cepat recover.


Thanks, FYI Adek gw vonisnya 2, yaitu Autisme dan ADHD. Sekarang udah jauh mendingan daripada dulu, tapi masih belum bisa dibilang normal...


Tks bgt buat bro ArQ atas penjelasannya yang amat sangat membantu. :)
I'm really sorry buat bro radeonator, atas salah pahamnya :D
Gw sbnrnya gatau apa2 nih soal autis selaen ya yg gw tonton di Mercury Rising dan Rain Man.
Nah skrg gw masi rada bingung nih.. Kalo autis itu bukan penyakit, apakah penyebab medis yg bersangkut paut dengan bahan melamin diatas itu benar?

Autisme penyebabnya banyak, salah satu contohnya kemungkinan adalah faktor genetik. Ditemukan bahwa jika orangtuanya atau kakek/neneknya, atau malah buyutnya menderita Alzheimer, anaknya punya kemungkinan mengidap autisme lebih besar (which is exactly my case)...

ArQ
20-04-2008, 11:45
Setuju ama bro lacerate_swine. Penyebab autis itu tidak hanya satu. Melanin (ato zat beracun lainnya) baru sebagian. Kalo yg terkait dengan zat ini kenanya melalui ibu yang sedang hamil (masuk ke dalam janin).


@ lacerate_swine
Kasus adiknya komorbid ya bro? Autis disertai ADHD. Sama ama adik teman saya. Autis yang disertai kesulitan untuk menaruh perhatian dan hiperaktivitas.
Mungkin bisa di-share bro apa aja yang dilakukan keluarga untuk membantu menangani adiknya. Saya juga pengen tau nih.
Thanks b4
:)

FYI:
ADHD : Attention Deficit and Hyperactivity Disorder (Gangguan atensi dan hiperaktivitas)

Hendra49
20-04-2008, 11:57
@atas gw; sama sama bro, tp sekalian dijelasin dong ttg alzhiemer itu? pernah denger tp nggak paham penyakit apaan itu.
Aku bangga atas keikutsertaan dr para chippers di forum ini. Harapanku mulai terwujud, karena para chippers datang dr disiplin ilmu yg berbeda, akan mengahasilkan cara yg berbeda pula. Yg pada akhirnya para chippers yg memiliki anggota keluarga, kerabat, teman, tetangga bisa memberi penjelasan dan penerangan kepada mereka.Nggak enak diperlakukan berbeda dr org kebanyakan. Kalo boleh jujur, aku sendiri adalah seorang Albino. dpt perlakuan berbeda, sungguh nggak enak. demikian jg utk penderita autis, mereka jg sering dibedakan dgn cara2x yg tidak manusiawi.
Keep posting bro & sis semua, dan share pengetahuan anda ttg hal ini.

Oh ya, di website putrakembara, ada jg kiat2x praktis yang bermanfaat lho. ini linknya
http://puterakembara.org/rm/sekolah.shtml
http://puterakembara.org/rm/peran_ortu.shtml
http://puterakembara.org/leny.shtml
http://puterakembara.org/rm/Sharing.shtml
http://puterakembara.org/rm/seksualitas.shtml

Semoga bermanfaat

ArQ
20-04-2008, 12:41
@atas gw; sama sama bro, tp sekalian dijelasin dong ttg alzhiemer itu? pernah denger tp nggak paham penyakit apaan itu.
....

Alzheimer...

istilahnya gangguan kognitif. Istilah populernya di orang awam: Pikun. Orang yang menderita gangguan ini akan kehilangan kemampuan kognitifnya secara perlahan-lahan. Ibaratnya ada penghapus di kepalanya. Gangguan ini paling banyak diderita oleh kaum wanita. Rentang usia penderitanya 40 tahun ke atas tapi sudah ditemukan kasus penderita yang usianya lebih muda (30 thn-an). Oh iya, Alzheimer ini sifatnya medis (penyebabnya terkait kondisi biologis) dan bisa disebut sebagai "penyakit".

Penderita gangguan ini akan kehilangan kemampuan kognitifnya (ingatan) secara perlahan-lahan, dan biasanya kehilangan kemampuan kognitif ini bergerak mundur. Jadi, ingatan yang masih baru akan lebih mudah dan lebih dahulu hilang. Seperti yang saya gambarkan di atas, ada penghapus di kepala kita. Ingatan yang hilang semakin lama semakin banyak dan dapat membuat penderitanya kehilangan berbagai kemampuan hidup yang dimilikinya, misalnya dalam kasus yang cukup parah: tidak ingat caranya makan, buang air sembarangan, tidak ingat asal usul dirinya, dll. Penderita gangguan ini akan mengalami kelumpuhan mental terlebih dahulu sebelum berlanjut ke afeksinya (perasaannya) dan kemampuan fisiknya.

Penderita penyakit ini sangat butuh pendampingan agar dapat melakukan aktivitasnya dan bertahan hidup karena mereka dapat menjadi lumpuh dalam banyak hal di kehidupan.

Penyakit ini belum bisa disembuhkan dan penyebabnya belum diketahui secara pasti. Dugaan penyebabnya adalah gangguan pada sistem saraf dan biokimia di otak. Tapi, satu penyebab yang pasti adalah genetik alias dapat diturunkan (penyakit keturunan).

Ada satu film yang bagi saya sangat bagus dalam menggambarkan penyakit ini. Judulnya "A Moment To Remember", film korea (siapin tissue buat yang rada sensitif :D). Ada juga film Hollywood, " The Notebook" (dimainkan oleh Ryan Gossling) tapi penggambarannya tidak sedetil "A Moment To Remember".

Setelah mendapatkan informasi tentang penyakit ini dan melihat kasus-kasusnya, saya jadi bertanya-tanya: lebih parah ini atau AIDS ya?


semoga berguna
:)


btw
kalo saya nulis begini apa ga OOT namanya ya?? :D

bier
20-04-2008, 13:17
@atas:
A Moment to Remember. sedihhh banget ceritanya. beautiful movie though. T-T
nah kalo kayak gini baru OOT namanya.. :D
maapppp..
kayaknya kalo mo ngomongin alzheimer lebih jauh mgkn lebih baik di thread baru deh. ga enak sama TS nya. :)

Hendra49
20-04-2008, 22:07
Any information is very isefull bro.
Karena saya agak bingung, info dr bro Swine, ttg faktor genetis autisme. Di atas disebutin kalo punya ortu ato mbah2x yg punya alzheimer, maka keturunannya punya chance lbh gede utk kena autisme. Nah, bro Arq njelasin dengan detil ttg pikun itu. Cuma kok bisa jd faktor pemicu autis ya? ato pemicu ADHD nya?

ArQ
21-04-2008, 11:25
Any information is very isefull bro.
Karena saya agak bingung, info dr bro Swine, ttg faktor genetis autisme. Di atas disebutin kalo punya ortu ato mbah2x yg punya alzheimer, maka keturunannya punya chance lbh gede utk kena autisme. Nah, bro Arq njelasin dengan detil ttg pikun itu. Cuma kok bisa jd faktor pemicu autis ya? ato pemicu ADHD nya?


Bisa jadi pemicu karena sifatnya sama-sama gangguan di dalam sistem saraf dan otak. Jadi, pada saat konsepsi embrio, kita tidak bisa tahu dengan pasti apa yang terjadi dan banyak faktor yang turut mempengaruhi pembentukan dan perkembangan janin. Nah, bisa saja penyakit tersebut menurun tapi pada bagian atau bentuk yang berbeda. Ini bisa menjadi pemicu autis, ADHD, maupun gangguan lainnya yang menyerang otak.

Hendra49
22-04-2008, 17:23
Ooooo, karena lokasi yg diserang sama ya bro? cuma bentuk reaksinya berbeda tergantung dr kondisi gen/kromosom dr individu yg bersangkutan? gitu ya? kompleks jg ya?

ArQ
22-04-2008, 20:57
Ooooo, karena lokasi yg diserang sama ya bro? cuma bentuk reaksinya berbeda tergantung dr kondisi gen/kromosom dr individu yg bersangkutan? gitu ya? kompleks jg ya?


jawaban untuk semua pertanyaannya: YA
:D