PDA

View Full Version : Kepada: Chips Komputer Surabaya



josher
19-02-2009, 07:32
Berhubung saya sering ambil barang juga di sana, saya agak kaget juga waktu membaca thread ini. Jadi mohon konfirmasi dari pihak yang bersangkutan.
Thx

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1453584


Gue sebenarnya pelanggan Chip Komputer yang berlokasi di Nginden,Surabaya.
Tapi gue kecewa dengan produk yang dijual ternyata ada yang BM (Black Market).
Padahal toko sekelas Chip Komputer seharusnya tidak menjual barang seperti itu.
Kronologisnya:
Gue beli Lcd monitor Samsung 17" pada tahun 2006,selama pemakaian hingga Desember 2008 nggak ada kerusakan / masalah.
Nah masuk Januari 2009 kemarin,tiba2 lcdnya mati,langsung aja gue bawa ke service resmi Samsung yang ada di THR.
Ternyata di service resmi tersebut dikatakan kalau Lcd Samsung gue BM,busyettt gue langsung kaget,yang bener aja,gue beli di toko terkenal masa BM.Service resmi Samsung bisa menerima service tersebut tetapi dikenakan biaya service yang seharusnya ldc Samsungku masih dalam masa garansi.Lcd Samsung garansi 1 tahun spare part dan 3 tahun bebas biaya service.
Langsung saat itu juga gue telp Chip komp dan komplain kepada sales yang melayani gue pada saat membeli lcd tersebut,tetapi jawabannya apa?,"wah itu sudah 3 tahun yang lalu,saya sudah lupa".
Kurang ajar,dalam hati gue sangat kecewa dengan jawaban itu,mestinya kan masih ada arsip penjualan di database mereka.Setelah beradu mulut di telp yang tidak ada hasilnya,akhirnya gue samperin ke Chip komp.Disana Lcd gue diterima di bagian service dan katanya akan dikembalikan ke suplier karena barang BM (mereka tidak mau mengakui kalau barang yang mereka jual BM).
Padahal jelas2 stiker garansi dari mereka masih menempel di lcd gue,pegel banget rasanya.
Gue jelaskan ke Chip bahwa gue kecewa karena gue membeli di toko sekelas Chip ternyata barang BM dan gue harus kena biaya service yang seharusnya masih dalam garansi.
Akhirnya gue disuruh menunggu 3 hari untuk memastikan kerusakan lcd gue.
Ya udah gue pikir mau gimana lagi,gue tunggu aja 3 hari lagi
3 hari kemudian gue telp gimana kabar lcd gue,eh alasannya belum ada kabar dari suplier,tunggu 2 hari lagi,
2 hari kemudian gue telp lagi,alasannya sama.
Hingga akhirnya total sampai 2 mingguan gue menunggu,gue dikabari kalau total biayanya ternyata lebih mahal daripada gue service resmi di Samsung.
Kecewa banget gue,bayangkan udah nunggu lama,ternyata biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal.
Akhirnya gue ga mau dan gue ambil lagi lcd tersebut dari Chip komp.
Langsung gue bawa ke service resmi Samsung di THR.
Disana gue cuma nunggu 3 hari dan sudah selesai normal lagi,biaya yang gue keluarkan juga lebih murah dari Chip komp.
Jengkel banget gue sama Chip komp,udah nunggu lama ga jelas,biaya lebih mahal lagi.
UNTUK KASKUSER YANG LAINNYA LEBIH BAIK BERHATI-HATI BILA TRANSAKSI DENGAN CHIP KOMP,PASTIKAN BARANG YANG ANDA BELI ASLI GARANSI RESMI (BUKAN BARANG BM),KALAU NGGAK NASIB ANDA AKAN SEPERTI SAYA.

VERRY SUNARYA
19-02-2009, 08:00
seberapa besar sih chip komp surabaya bro ?

rian~ajo
19-02-2009, 11:17
gw baru denger ada toko Chip Computer,, kira2 segede mana ya?? Sekelas Q**nt*m gt??

saran gw mending lgsg beli di Authorized Dealernya deh biar aman:)...

UNTUK KASKUSER YANG LAINNYA LEBIH BAIK BERHATI-HATI BILA TRANSAKSI DENGAN CHIP KOMP,PASTIKAN BARANG YANG ANDA BELI ASLI GARANSI RESMI (BUKAN BARANG BM),KALAU NGGAK NASIB ANDA AKAN SEPERTI SAYA.:eek: ehm...

alexcius
19-02-2009, 11:25
susah juga yak (bukan ts yang mengalami masalah :p) mo tanyak waktu pertama kali beli dari chip komputer, apakah dijelaskan prosedur garansinya gimana :ask:, lom disebutkan perihal garansi dari pihak chip komputer

mungkin kalo ada pihak chip komputer dapat memberikan informasi mengenai garansinya :D

coz beberapa seller samsung menjual dengan garansi toko, bukan garansi samsung indonesia, harganya pun berbanding lurus, tentunya lebih murah yang garansi toko :D

ws97
19-02-2009, 18:38
betul bro, BM dan resmi hampir semua permainan semata. Kalo baca email bro TS, garansi samsung 1TH service+sparepart, 2th service, ya sdh lewat. BM biasanya garansi 1th service sparepart, selanjutnya ga ada apa2, alias lewat.
Nah, perbedaannya cuman setelah itu permainan di th ke2-3. Anda dibilang "sparepart bayar xxxrb" jg ga akan bisa ngapa2in... Jd di th ke2-3, hanya "labour" alias "service" alias "jasa" saja yg seolah2 gratis, soal sparepartnya, kemungkinan besar bayar, tergantung kebijakan masing2 distro.

Mgkn, lebih aman lagi kalo kita cari garansi yang benar... benar2 full... misal kalo bilang garansi 2th, ya cari 2th yg semuanya full service+sparepart, tdk hanya 1th service+sparepart dan 1th service... Saat ini, 3th grs full sparepart+service jg ada tuh... (ga usah sebutin yah, dikira promo... hhh).

And toko sekelas CHIP surabaya, tdk ada urusan mau jualan BM atau resmi, tentu saja mereka bebas mau jualan apa saja. Tinggal kita mau beli yg BM atau resmi, ini yg kita harus berhati-hati sbg pembeli, lebih baik tanya yg jelas, drpd ribut di belakang. Semoga berguna.

JustinXXX
19-02-2009, 21:14
Chip computer di surabaya termasuk besar di nginden dan di Hi-tech Mall Surabaya juga ada. setauku seh barang 2 yang ada di chip ( Hi-tech mall ) bener 2 barang bergaransi resmi tidak tau lagi kalo dipusatnya.
Ya rata 2 orang di chip emang murni seller jadi mereka benar 2 hanya bisa menjual dan tidak tau menahu masalah RMA dsb. Spesifikasi aja kalo ga ada brochur pasti mereka ga tau sabar aja bro yang penting LCD dah bener kan :D CMIIW

DuDePro
19-02-2009, 21:55
Kenapa memangnya dengan barang BM?? Ada yang salah..........Customer mau murah dikasih barang BM khan ga salah kalo customernya gila2an nawar.

Yang penting garansinya khan...........Kalo menurut gua emang salah customernya. wajar lah uda ga garansi lagi khan garansi sparepart semua barang komputer rata2 satu tahun (Memang ada yang lebih dari 1 tahun (full sparepart tp beberapa doang)........Ini uda hampir 3 tahun rusak yah wajarlah khan cuma free biaya service doang kalo sparepart rusak pasti bayar juga khan...... Jadi orang jangan pelit dan perhitungan banget.

Gua mau curhat nih.....Kenapa yang selalu disalahkan toko??? Mungkin customer pikir buka toko komputer untungnya gede kali yah.... Untung kecil di suruh ngurus garansi 3 Tahun (gpp kalo customernya minta tolong kita baek2 kalo ngomongnya kasar kayak kasus di atas mah pasti gua damprat juga)

Gua kasian ama toko yang diperlakukan dengan tidak adil kayak begini (soalnya gua juga sering alamin)

Menurut para Chipper Pelanggan kayak begini pantas di sebut Raja ga??

Ini pendapat gua aja sorry No offense.....

whoda
19-02-2009, 21:56
kebetulan wa tinggal d sidoarjo, surabaya, jadi pernah mampir d toko tersebut
kl tu toko jual brg BM or kagak kurang tau juga ya, yg wa tau harganya "istimewa":D jadi kl nyari pheriperal wa langsung beli d THR atau semenjak mengenal classie, wa beli d classie terus:D
lebih rasional:D


Kenapa memangnya dengan barang BM?? Ada yang salah..........Customer mau murah dikasih barang BM khan ga salah kalo customernya gila2an nawar.

Yang penting garansinya khan...........Kalo menurut gua emang salah customernya. wajar lah uda ga garansi lagi khan garansi sparepart semua barang komputer satu tahun........Ini uda hampir 3 tahun rusak yah wajarlah khan cuma free biaya service doang kalo sparepart rusak pasti bayar juga khan...... Jadi orang jangan pelit dan perhitungan banget.

Gua mau curhat nih.....Kenapa yang selalu disalahkan toko??? Mungkin customer pikir buka toko komputer untungnya gede kali yah.... Untung kecil di suruh ngurus garansi 3 Tahun (gpp kalo customernya minta tolong kita baek2 kalo ngomongnya kasar kayak kasus di atas mah pasti gua damprat juga)

Gua kasian ama toko yang diperlakukan dengan tidak adil kayak begini (soalnya gua juga sering alamin)

Menurut para Chipper Pelanggan kayak begini pantas di sebut Raja ga??

Ini pendapat gua aja sorry No offense.....
mungkin yg beli kecewa karena toko tidak memberitahu bahwa barang yg dia beli BM, apakah waktu transaksi toko chips memberitahu bahwa brg yg mereka jual BM?
kecuali customer tau bahwa yg dia beli BM and pada saat mo klaim garansi, gak mau tau pokonya free, itu yg rese'
seharusnya dia kan free service tapi dia kena biaya service, itu yg bikin yg beli emosi
apa yg beli mengeluh kena biaya sparepart? perasaan dia mengeluh kena biaya service:)

DuDePro
19-02-2009, 22:51
kebetulan wa tinggal d sidoarjo, surabaya, jadi pernah mampir d toko tersebut
kl tu toko jual brg BM or kagak kurang tau juga ya, yg wa tau harganya "istimewa":D jadi kl nyari pheriperal wa langsung beli d THR atau semenjak mengenal classie, wa beli d classie terus:D
lebih rasional:D


mungkin yg beli kecewa karena toko tidak memberitahu bahwa barang yg dia beli BM, apakah waktu transaksi toko chips memberitahu bahwa brg yg mereka jual BM?
kecuali customer tau bahwa yg dia beli BM and pada saat mo klaim garansi, gak mau tau pokonya free, itu yg rese'
seharusnya dia kan free service tapi dia kena biaya service, itu yg bikin yg beli emosi
apa yg beli mengeluh kena biaya sparepart? perasaan dia mengeluh kena biaya service:)


Kalo menurut gua ni sebagai orang toko dan gua uda amati banyak toko komputer kalo bilang sama customer selalu bilang garansi selama 1 Tahun.
Kalo misalnya gua jual LCD Samsung atau Gigabyte yang notabene garansi 3 Tahun... Gua bilang gini ama customer gua "Gua bantu urus service selama 1 Tahun Sisanya kalian urus sendiri ini barang garansi resmi dan garansi 3 tahun tapi gua cuma bantu 1 tahun"

Walalupun gua jual memory yang garansi Lifetime gua tetap bilang garansi 1 Tahun sisanya urus sendiri

Dan gua yakin customer ini waktu pas deal beli barang sama Toko Chip komputer yakin pasti bilang garansi 1 Tahun....(Asumsi Gua aja Krn rata2 toko komputer memberi garansi maksimal selama 1 Tahun, bahkan ada yang bilang di bawah 1 tahun)

Nah yang jadi pertanyaan gua waktu Toko chip komputer jual ni barang bilang garansi 1 tahun dan tanggung jawab dia selesai khan...Terus kenapa yang disalahkan toko??

Kalo toko chip komputer ga bilang ama customer ini barang BM memang salahnya toko chip komputer....

Cuma yang jadi pertanyaan gua Toko mana yang mau ngaku kalo sudah stock barang BM bilang ke customer ini barang BM bukan resmi .....(Pasti Barangnya ga laku soalnya BM dan pasti customer uda punya pandangan negatif ama toko ini kalo dia jual barang BM)

Mungkin ini yang jadi dilema toko yang persaingannya terlalu ketat.

Kalo menurut gua customer ini terlalu senang pas dia dapat LCD Samsung murah karena di bawah pasaran dan gua yakin orang yang beli LCD ini ngerti komputer krn dia tau garansi samsung 3 Tahun
Mungkin dia ga dengar lagi omongan penjual bahwa LCD yang dia beli cuma garansi 1 Tahun. (Ini Asumsi gua aja lho)

Nah sekarang kalo Toko cuma garansi 1 Tahun dan sudah lewat sebenarnya bukan salah Toko lagi khan......Benar ga??

Percayalah orang yang jual barang BM ga bakal mau ngaku ini barang BM kalo dia ngaku barangnya BM ga bakal Laku....(Ada beberapa yang ngaku juga tapi banyakan ga ngaku tokonya)

Banyak customer gua yang di boongin ama orang mangga dua mall ato harco mangga dua bilang ini barang garansi resmi tau2nya BM semua (Paling banyak gua lihat hard disk ama notebook).

whoda
19-02-2009, 23:25
Kalo menurut gua ni sebagai orang toko dan gua uda amati banyak toko komputer kalo bilang sama customer selalu bilang garansi selama 1 Tahun.
Kalo misalnya gua jual LCD Samsung atau Gigabyte yang notabene garansi 3 Tahun... Gua bilang gini ama customer gua "Gua bantu urus service selama 1 Tahun Sisanya kalian urus sendiri ini barang garansi resmi dan garansi 3 tahun tapi gua cuma bantu 1 tahun"

Walalupun gua jual memory yang garansi Lifetime gua tetap bilang garansi 1 Tahun sisanya urus sendiri

Dan gua yakin customer ini waktu pas deal beli barang sama Toko Chip komputer yakin pasti bilang garansi 1 Tahun....(Asumsi Gua aja Krn rata2 toko komputer memberi garansi maksimal selama 1 Tahun, bahkan ada yang bilang di bawah 1 tahun)

Nah yang jadi pertanyaan gua waktu Toko chip komputer jual ni barang bilang garansi 1 tahun dan tanggung jawab dia selesai khan...Terus kenapa yang disalahkan toko??

kl emang dari toko udah bilang cuman garansi cuman 1 thn, berarti emang udah bukan tanggungjawab dari toko lagi:)


Kalo toko chip komputer ga bilang ama customer ini barang BM memang salahnya toko chip komputer....

Cuma yang jadi pertanyaan gua Toko mana yang mau ngaku kalo sudah stock barang BM bilang ke customer ini barang BM bukan resmi .....(Pasti Barangnya ga laku soalnya BM dan pasti customer uda punya pandangan negatif ama toko ini kalo dia jual barang BM)

Mungkin ini yang jadi dilema toko yang persaingannya terlalu ketat.

Kalo menurut gua customer ini terlalu senang pas dia dapat LCD Samsung murah karena di bawah pasaran dan gua yakin orang yang beli LCD ini ngerti komputer krn dia tau garansi samsung 3 Tahun
Mungkin dia ga dengar lagi omongan penjual bahwa LCD yang dia beli cuma garansi 1 Tahun. (Ini Asumsi gua aja lho)

Nah sekarang kalo Toko cuma garansi 1 Tahun dan sudah lewat sebenarnya bukan salah Toko lagi khan......Benar ga??

Percayalah orang yang jual barang BM ga bakal mau ngaku ini barang BM kalo dia ngaku barangnya BM ga bakal Laku....(Ada beberapa yang ngaku juga tapi banyakan ga ngaku tokonya)

Banyak customer gua yang di boongin ama orang mangga dua mall ato harco mangga dua bilang ini barang garansi resmi tau2nya BM semua (Paling banyak gua lihat hard disk ama notebook).
nah itulah bro yg bikin customer kecewa, karena mereka beli barang tentu dgn harapan barang itu tercover garansi resmi
mereka merasa dibohongi:) soalnya rata2 mereka kan kurang begitu paham ama garansi, kecuali mereka sebelum beli merek tertentu, mereka mencari info dulu, setelah paham baru hunting, mungkin bakalan ngerti tentang garansi, dsbnya
kl aq d tawari brg BM tapi ada garansi toko 1 thn and harga lebih murah, pasti aq ambil:)

DuDePro
20-02-2009, 06:25
kl emang dari toko udah bilang cuman garansi cuman 1 thn, berarti emang udah bukan tanggungjawab dari toko lagi:)


nah itulah bro yg bikin customer kecewa, karena mereka beli barang tentu dgn harapan barang itu tercover garansi resmi
mereka merasa dibohongi:) soalnya rata2 mereka kan kurang begitu paham ama garansi, kecuali mereka sebelum beli merek tertentu, mereka mencari info dulu, setelah paham baru hunting, mungkin bakalan ngerti tentang garansi, dsbnya
kl aq d tawari brg BM tapi ada garansi toko 1 thn and harga lebih murah, pasti aq ambil:)

Yup Broo rata2 customer memang sangat banyak kurang mengerti tentang garansi.....

Customer cuma tau barangnya murah dulu dan tidak mengerti tentang proses garansinya.....

Perlu kita ketahui sekarang banyakan toko maen barang BM karena dari distributor resmi sendiri sudah menetapkan harga SRP dan itu marginnya sedikit.
Anda tau dari harga modal toko dengan SRP paling beda 20-50rb rb( Gila khan Untungnya!!) kalo customer liat harga SRP pasti jawabannya gini "itu khan harga di kertas kurangin lagi donk, kalo kita kurangin 10 rb pasti customer jawabnya hah cuma kurang 10 rb gila aja lu mau untung gede2 pasti jawabnya gitu customer..."

Lu bayangin aja Notebook (Gua jual notebook juga) SRP sama harga dealer selisihnya 50-250rb itu itu yang ditetapkhan distributor resmi.

Banyak toko yang beranggapan ngapaen jualin barang distributor resmi ga ada untungnya cuma jadi budak distributor resmi doang maka oleh itu banyak orang yang masukin barang BM.:)

jomblosejati
20-02-2009, 07:02
Betul kata pak Wasis, selama ada KETERBUKAAN di depan ttg status barang jualan (BM or resmi) dan bagaimana skema warrantynya, hal2 spt ini gak perlu jadi persoalan. Tapi kalo ada tingkah laku seller yg gak transparan dan menyamarkan hal ini saat transaksi berlangsung, berarti seller tsb memang cari penyakit, APALAGI kalo sampe terjadi unsur pembohongan/penipuan di sini (saat jual bilang A, pas ditagih aftersales bilang B), itu dah kriminal.

ucup889
20-02-2009, 07:12
Kenapa memangnya dengan barang BM?? Ada yang salah..........Customer mau murah dikasih barang BM khan ga salah kalo customernya gila2an nawar.

Yang penting garansinya khan...........Kalo menurut gua emang salah customernya. wajar lah uda ga garansi lagi khan garansi sparepart semua barang komputer rata2 satu tahun (Memang ada yang lebih dari 1 tahun (full sparepart tp beberapa doang)........Ini uda hampir 3 tahun rusak yah wajarlah khan cuma free biaya service doang kalo sparepart rusak pasti bayar juga khan...... Jadi orang jangan pelit dan perhitungan banget.

Gua mau curhat nih.....Kenapa yang selalu disalahkan toko??? Mungkin customer pikir buka toko komputer untungnya gede kali yah.... Untung kecil di suruh ngurus garansi 3 Tahun (gpp kalo customernya minta tolong kita baek2 kalo ngomongnya kasar kayak kasus di atas mah pasti gua damprat juga)

Gua kasian ama toko yang diperlakukan dengan tidak adil kayak begini (soalnya gua juga sering alamin)

Menurut para Chipper Pelanggan kayak begini pantas di sebut Raja ga??

Ini pendapat gua aja sorry No offense.....

IMO. Pembeli bkn lah raja dan Penjual = hamba

Tp pembeli dan penjual adlh Patner setara yg sama sama saling meng hargai dan membutuhkan dlm posisi yg setara ..

Ogud jg sering double status jd seller maupun buyer , so itulah opini me.

So what kalo ente mau beli barang ? kalo Seller kudu jual sampe harga nge "press" habis , msh kudu nyervice habis - habisan, kadang buyer nya bawel bangat ,blm kadang lupa diri & waktu minta kita sbg Seller hrs selalu yes man , stand by dan siap siaga .... :laughatr:

So what jg kalo ente jual barang ? kalo Seller ga bisa kasih harga "reasonable" dan service yg "capable".
Toh msh banyak toko lain yg jual & dgn harga yg pantas & bersahabat. :)

just my :twocents: thought ... :tiphat:

VERRY SUNARYA
20-02-2009, 07:25
harusnya kalo ada pembeli nawar gila-gilaan yah jangan dikasih gitu ajah kok repot, dari pada kasih barang BM toh akhirnya rusak lah image toko tsb.

dxcool
20-02-2009, 08:58
jaman begini masih aj ada yg merugikan pembeli..padahal emang sama" saling membutuhkan..si penjual butuh uang,,si pembeli btuh barang,,
tp kok penjualnya malah tidak memberikan hal" yg sangat sensitif terhadap barang jualannya yah??

gw suka ma kata" pa ucup


Tp pembeli dan penjual adlh Patner setara yg sama sama saling meng hargai dan membutuhkan dlm posisi yg setara ..

Ogud jg sering double status jd seller maupun buyer , so itulah opini me.

testakraze
20-02-2009, 09:01
kalau emang dari awal sudah dijelaskan secara jelas kalau itu barang bm ya no problem
berarti buyer tau resikonya
dari kasus TS sendiri juga keliatan kok kasus / resiko beli barang bm, cuma buyernya ga tau kalau barang yang dia beli barang bm

ini masih bagus kena samsung, yang mau service barang BM
coba kena merk lain yang ogah nerima barang BM

chokoboster
20-02-2009, 11:28
kalau emang dari awal sudah dijelaskan secara jelas kalau itu barang bm ya no problem
berarti buyer tau resikonya
dari kasus TS sendiri juga keliatan kok kasus / resiko beli barang bm, cuma buyernya ga tau kalau barang yang dia beli barang bm

ini masih bagus kena samsung, yang mau service barang BM
coba kena merk lain yang ogah nerima barang BM

nah ini dia bro yg jadi masalah, gak semua mau service barang BM, kalo gini gimana?
padahal waktu beli kita gak diinformasikan kalo barang yg dibeli BM..

alexcius
20-02-2009, 14:07
padahal waktu beli kita gak diinformasikan kalo barang yg dibeli BM..
seller mungkin gak akan secara terbuka menyebutkan bahwa barang itu barang BM, dia nyebutin mungkin bukan distro yang masukin sini, dan dia bersedia bantuin garansi , bisanya sih begitu :D

coz menurut gw kalo langsung diinfokan barang BM gitu otomatis buyer yang gak gitu ngerti treatment barang BM langsung menarik diri :p, kalo gw sih BM gak popo, asal warrantynya jelas, n toko tempat gw beli bisa menerima klaim dari pembeli

so waktu membeli, buyer harus mendapat kejelasan mengenai lama waktu garansi, kepada siapa ngurusnya dan cakupan garansi tersebut :D

cmiiw

chokoboster
20-02-2009, 18:20
Betul kata pak Wasis, selama ada KETERBUKAAN di depan ttg status barang jualan (BM or resmi) dan bagaimana skema warrantynya, hal2 spt ini gak perlu jadi persoalan. Tapi kalo ada tingkah laku seller yg gak transparan dan menyamarkan hal ini saat transaksi berlangsung, berarti seller tsb memang cari penyakit, APALAGI kalo sampe terjadi unsur pembohongan/penipuan di sini (saat jual bilang A, pas ditagih aftersales bilang B), itu dah kriminal.

setuju bgt samo bro jomblo

whoda
21-02-2009, 13:00
Perlu kita ketahui sekarang banyakan toko maen barang BM karena dari distributor resmi sendiri sudah menetapkan harga SRP dan itu marginnya sedikit.
Anda tau dari harga modal toko dengan SRP paling beda 20-50rb rb( Gila khan Untungnya!!) kalo customer liat harga SRP pasti jawabannya gini "itu khan harga di kertas kurangin lagi donk, kalo kita kurangin 10 rb pasti customer jawabnya hah cuma kurang 10 rb gila aja lu mau untung gede2 pasti jawabnya gitu customer..."

Lu bayangin aja Notebook (Gua jual notebook juga) SRP sama harga dealer selisihnya 50-250rb itu itu yang ditetapkhan distributor resmi.

Banyak toko yang beranggapan ngapaen jualin barang distributor resmi ga ada untungnya cuma jadi budak distributor resmi doang maka oleh itu banyak orang yang masukin barang BM.:)
weleh
pantes aja byk yg jual non-resmi:)
btw dari kejadian kek gini jadi pelajaran juga buat gw, soalnya wa kl beli gak pernah selidiki tentang warranty nya:D

DuDePro
22-02-2009, 08:30
Bro gua baru ada cerita dikit ni tentang barang BM di toko gua....Kejadiannya baru 2 hari kemaren ......

Customer gua mau beli hard disk dia salah satu dosen universitas swasta (dia suka cek2 harga kalo beli barang)

Dia minta Hard Disk Seagate 250 Gb PC ama gua...Gua kasih harga 495 Terus dia tanya toko komputer yang dekat kampus itu dia kasi harga 445 rb....

Terus gua bilang gini itu barang BM kali customer gua ga ngerti apa2 dia tetap ngotot mau yang murah katanya gua kasi kemahalan. Gua jelasin antara barang BM ama resmi. Gua suruh tanyain ke toko itu barang BM apa resmi tokonya bilang jawab barang BM. Toko yang jual barang Bm itu juga bilang garansi 1 tahun utk hard disk (Ga semua toko jujur Bung mau ngomong sebenarnya).

Iya khan kebanyakan toko kalo jual barang BM ga sebut dulu itu barang BM apa bukan?? customer gua ini buta sama sekali tentang masalah warranty komputer(kalo tawar2an harga dia jagonya bisa cek kesana kemari).... Akhirnya dia beli ama gua lumayan untung 10 rb:D.

Info sedikit Hard disk BM itu/ PI itu bukan hard disk baru melainkhan hard disk rekondisi ato refurbish...Gua punya prinsip kalo rakit komputer usahakan ga mau pake Hard Disk PI...kalo yang laen maen PI boleh lah hahhaha

Distributor Resmi hard disk Seagate yang resmi setau gua ada 2:
1. Terra
2. Atikom

Sebenarnya banyak yang masukin hard disk seagate dan itu juga perlahan2 mulai di anggap distri resmi seagate antara lain: Jayacom dan Pelangi

Selain bukan garansi ke 4 di atas itu merupakan hard disk Pi (Rekondisi) cuma yah di jual baru dan orang kadang2 salah persepsi tentang hard disk.

Sorry out of topic.thx

smiling_man
22-02-2009, 11:21
rasanya ada yang salah kalau seller tidak menyebutkan status barangnya dengan benar. Kalau dilihat dari postingan TS, sang buyer rela nambah duit untuk beli di Chips (beli disana ga murah2 amat kok) karena yakin dengan kualitasnya, dan merasa yakin bahwa barang yang dibelinya itu garansi resmi. Hal ini dikuatkan dengan perilaku seller (yang dalam hal ini Chips) yang tidak menjelaskan (kalau ga mau disebut menutup2i) status barang yang sesungguhnya BM.

Ketika terjadi kasus yang membutuhkan claim warranty, buyer merasa dikhianati karena status barang yang diharapkan pada awal pembelian tidak sama dengan yang diharapkan.

Lain halnya kalau dari awal disebutkan dari awal kalau status barang BM, seperti yang dilakukan IndoLCD. Jadi kalaupun ada kasus claim warranty, ga ada yang merasa terkhianati atau tertipu.

tridentcore
22-02-2009, 15:56
kesimpulan saya sih disini pembeli telah ditipu secara langsung oleh CHIPS... Mereka (para pembeli) pasti yakin dan percaya kalo yg dijual itu produk resmi bukan BM... Jadi kalo memang tidak ada pemberitahuan kalo bukan bergaransi resmi ya 100% penipu...

POTAR82
22-02-2009, 18:18
Kadang serba susah. ada user yang cari harga murah. kemudian tidak menanyakan garansi. Setelah membeli dan terjadi masalah kemudian menyalakan toko dimana dia membeli. Saran saya sebelem membeli lebih baik menanyakan ini garansi mana resmi apa BM dan sebagai toko kita juga harus menjelaskan ke user kalo barang kita resmi apa BM dan sebaliknya jgn nanti ada masalah dikemudian hari. Jadi dalam kasus ini saya rasa ada miss komunikasi. Tapi udah terlanjur terjadi. Diambil sebagai pelajaran aja. Bagi kita semua di forum ini belajar dari kesalahan orang adalah guru yang terbaik. THX

F1R3_M@N
24-02-2009, 08:16
gw udah males berhubungan sama chips computer
sebenernya sih tokonya besar juga, disana juga jualnya lengkap
tapi gw sering juga kecewa....
gw beli monitor CRT 3biji, minta diantar sampai tempat gw,
tapi begitu saya coba di tempat gw, 2 diantaranya ga bisa nyala sama skali.
emang disana ga di test dulu apa ya??

pelayanan yg kurang memuaskan............

ws97
25-02-2009, 23:36
bener, tinggal yg puas dan yg kecewa,lebih banyak mana... hal yg mgkn tdk terpikir oleh kita, kalo ternyata mgkn lebih byk yg puas.... Tidak semua orang bisa puas, ada 1-2 yg kecewa, bhkn jg mgkn krn missunderstanding saja. Saya rasa, kalo chips bisa berkembang spt skrg, ya krn dagangnya bagus. Yg penting, kita komunikasikan dg baik saja...

trident : emang ada tulisannya itu resmi atau BM ? Hati2 lho kalo nuduh yg kita tdk tahu, apalagi anda bilang CHIP nipu... pls, bener2 hati2, kalo pas apes, bisa apes beneran berhadapan dg hukum. Sori bro, gue bkn orang chip atau membela dia lho, krn gue sendiri jg pernah kemakan hukum krn kepleset omongan... Kalo soal omongan "pelayanan kurang memuaskan" ini no problem, masing2 punya pengalaman sendiri2.

POTAR82
27-02-2009, 07:51
Kadang bagian QC dari suatu perusahan besar seperti chips tidak mungkin mencoba satu demi satu barang yang ada di t4 mereka. Karena pertimbangan waktu. Apalagi item yang dijual sangat banyak. Jadi pasti ada aja yang miss. Mereka berasumsi kalo barang baru QC dari pabrik diaggap sudah ok. Tetapi mungkin waktu pengiriman dari pabrik ke distro bisa saja terjadi masalah. Jadi dalam kasus ini, Kita sebagai pembeli bisa meminta kepada toko untuk mencoba barang yang kita beli, ini kan hak kita sebagai custemers. Tetapi hal ini sering terlupakan. Dan juga kadang yang disalahkan setelah terjadi seperti ini adalah TOKO. Dan bila garansi barang kita lama yang kena juga TOKO. Seharusnya kita juga harus mengerti bahwa TOKO hanyalah perpanjangan tangan dari distributor tiap merk. JADI KALO GARANSI ANDA BERBELIT-BELIT anda bisa langsung BYPASS ke distronya aja, jangan menyalakan toko. Hal ini udah terjadi di dunia perhandphone-NAN dimana anda membeli handphone dan mengklaim garansi ke distronya bukan ke tokonya. tapi hali ini saya rasa sangat sulit terjadi di duni perkomputeran. THX

whoda
28-02-2009, 00:40
bener, tinggal yg puas dan yg kecewa,lebih banyak mana... hal yg mgkn tdk terpikir oleh kita, kalo ternyata mgkn lebih byk yg puas.... Tidak semua orang bisa puas, ada 1-2 yg kecewa, bhkn jg mgkn krn missunderstanding saja. Saya rasa, kalo chips bisa berkembang spt skrg, ya krn dagangnya bagus. Yg penting, kita komunikasikan dg baik saja...
kl misalnya yg puas kebanyakan org awam yg kurang paham kompi?
spek biasa tapi harga luar biasa, utk org awam yg gak ngeh sih, mantuk ae, kasihan d kadalin......


trident : emang ada tulisannya itu resmi atau BM ? Hati2 lho kalo nuduh yg kita tdk tahu, apalagi anda bilang CHIP nipu... pls, bener2 hati2, kalo pas apes, bisa apes beneran berhadapan dg hukum. Sori bro, gue bkn orang chip atau membela dia lho, krn gue sendiri jg pernah kemakan hukum krn kepleset omongan... Kalo soal omongan "pelayanan kurang memuaskan" ini no problem, masing2 punya pengalaman sendiri2.
salah satu celah hukum
jual brg BM, tapi gak ngomong brg BM, akhirnya costumer yg d kadalin, mo komplain juga gak bisa, karena toko gak ngomong garansi resmi or bukan, kasian org awam......


Hal ini udah terjadi di dunia perhandphone-NAN dimana anda membeli handphone dan mengklaim garansi ke distronya bukan ke tokonya. tapi hali ini saya rasa sangat sulit terjadi di duni perkomputeran. THX
bukan nya kebalek om? perasaan yg tau kompi pasti nukernya langsung k distro deh....tapi beli nya d classie:D

chokoboster
28-02-2009, 04:04
gue kalo ada barang2 kompi yg gak bener langsung ke distro tuh, gak pernah ke toko, kecuali kalo baru beli 1 minggu udah rusak

Gerrard
06-03-2009, 13:52
bukan nya kebalek om? perasaan yg tau kompi pasti nukernya langsung k distro deh....tapi beli nya d classie:D
Mmm.....FYI beberapa distro malah marah ke dealer/toko kalau usernya langsung berhub sama distro.
Sebagai penjual sebenarnya enak tinggal jual trus kalau ada klaim tinggal tunjuk alamat distro....tapi di perkomputeran sulit sekali bro....

Trus LCD samsung yang resmi selalu ditandai dengan adanya kartu garansi,jadi kalo ga ada kartu garansi ya termasuk PI/BM...yang harganya jelas lbh murah dari resminya.

boomslang
06-03-2009, 16:02
emang agak susah menyalahkan chip karena sebenarnya selain chip toko lain itu banyak yang saya tahu jual barang refurbished Harddisk, saya pribadi ngga mau pakai itu tetapi barang itu sebenarnya umum dipasaran , coba check ke THR mall banyak yang jual hdd itu dengan harga yang lebih murah

jadi untuk hdd dilihat labelnya itu kalau ada tulisan refurbished itu berarti rekondisi

pengalaman pribadi ya itu beli playstation 2 , pernah lihat ngga di transTV itu importirnya bikin dus disini dan beli case yang baru tetapi dalamnya udah rekondisi , hal itu juga terjadi di handphone mengunakan modus yang sama

jadi emang paling aman beli ama kenalan yang bener bener memberikan barang yang kita mau. Kalau udah cross wilayah bidang kita emang gampang gampang susah

pernah kejadian lagi beli camera digital kejadian di hongkong , harganya emang bisa lebih murah lumayan dengan indonesia , ternyata selidik punya selidik ternyata lensa cameranya udah diganti :eek: dengan merk lain yang lebih murah

Jadi tips hari ini beli dengan yang bener bener kenalan sendiri supaya aman dan tentram kalau udah terlanjur beli ya udah sebagai pembelajaran kita supaya lebih pengalaman

whoda
08-03-2009, 01:49
Mmm.....FYI beberapa distro malah marah ke dealer/toko kalau usernya langsung berhub sama distro.
Sebagai penjual sebenarnya enak tinggal jual trus kalau ada klaim tinggal tunjuk alamat distro....tapi di perkomputeran sulit sekali bro....

o0o gitu to bro
soalnya aq lom pernah klaim garansi [jg sampe lah:p]
tapi rekan2 wa kebanyakan ya langsung aja ke distro nya, lebih cepet:D

warna-warni
09-03-2009, 01:02
wew habis sepah customer dicuekin, wah sekelas chip jualan BM & g ngaku pula