PDA

View Full Version : Ada yg suka minum madu untuk kesehatan?



testakraze
17-05-2009, 11:07
Halo ada yg suka minum madu asli ga
buat kesehatan

bisa share ga cara bedain madu asli ama palsu

sama merk2 dan jenis2 madu asli yg bagus apa ya
(kalau bisa sih supermarket, katanya ada merk import, tapi madu asli, walau lebih mahal dikit)

saya mau mencoba mengkonsumsi madu supaya badan lebih bugar
tapi kebentur ama banyaknya berita madu palsu

ya takutnya kena diabetes, ga lucu kan gara2 minum madu palsu (cairan gula)
bukannya mencegah penyakit malah mendatangkan penyakit

Mr.J
17-05-2009, 11:10
Mending beli ke perternakan langsung boz, ky yg di bumi perkemahan cibubur...

Klo dulu kata orang bedainnya di tuang ke kertas ga bocor (dah ga mempan, banyak yg palsu juga), di bakar (sama juga skrg banyak yg palsu), di kasih semut katanya semut ga doyan, justru malah kata petani madu semut doyan :D

Binun dah....

Klo I msh percaya dgn metode di masukin kulkas atau frezer nya langsung semalaman, kalo ga beku berarti Asli... :D

Ga tau dah metode yg lainnya :)

Edmondtandra
17-05-2009, 12:51
sering sih minum madu nykp g sering beli selalu ada aja dirumah....

subdragon
17-05-2009, 13:50
Iya nih, mesti hati2 beli madu sbb banyak yg palsu yg terbuat dari bahan2 kimia.
Bukannya sehat tapi malah penyakitan.

winDBoy
17-05-2009, 13:56
Kalo di rmh sih sering minum madu.
Apalagi pake jeruk nipis.

Kalo cara ngebedain mana yg asli ama yg paslu sih ngak tao.
Beli aja dari merek terpercaya.

Makarena
17-05-2009, 14:31
bagus banget tuh madu.. kerasa banget klo yg sering mobile..

klo aku beli dengan merk yang dah pasti ja..
yg pake jinten tuh juga bagus...

cuma ja emang lebih mahal.. tapi kan nyang penting emang kesehatan.. buat pa duit banyak klo nggak sehat..:D

Edmondtandra
17-05-2009, 18:07
jangan sering minum madu bro.. nanti ngemadu orang loh... hihihih..

Agraian
17-05-2009, 18:25
madu bikin jerawatan yah??
bner gk sih??

adlisyahmi
17-05-2009, 18:38
madu bikin jerawatan yah??
bner gk sih??

justru ane pernah disaranin kalo jerawatan, mendingan konsumsi madu...:confused:

Mr.J
17-05-2009, 19:02
Ya yg jelas madu utk menambah daya tahan tubuh... :D

Klo jerawat mah di hasilkan dari kekurang bersihan si empunya wajah :p :p :p

coz, minyak (sbg pelembab kulit tersumbat akibat dari kotoran (setidaknya itu kata orang) :D

jaelangkung
17-05-2009, 19:20
Halo ada yg suka minum madu asli ga
buat kesehatan

bisa share ga cara bedain madu asli ama palsu

sama merk2 dan jenis2 madu asli yg bagus apa ya
(kalau bisa sih supermarket, katanya ada merk import, tapi madu asli, walau lebih mahal dikit)

saya mau mencoba mengkonsumsi madu supaya badan lebih bugar
tapi kebentur ama banyaknya berita madu palsu

ya takutnya kena diabetes, ga lucu kan gara2 minum madu palsu (cairan gula)
bukannya mencegah penyakit malah mendatangkan penyakit


yang saya tau seperti saat dihutan Riau, kebetulan kenal dengan pencari madu seperti ini:
ada dua jenis madu; yaitu madu bunga & dan madu padi.
jika dilihat pada madu bunga nampak sari bunga, demikian juga pada madu padi ada seperti tepung diatasnya.

cara mengujinya:
1. kalau dicampur telur mentah, telurnya harus mateng (ini yang paling tepat).
2. jika ditetesin dilantai, tidak ada semut yang datang (perlu waktu untuk mengujinya).
3. pakai batang korek api; celupkan dimadu tersebut & nyalakan.
saat menyala tidak ada percikan air/seperti air mendidih (perlu kebiasaan untuk membedakannya)
4. lain-lainnya tanyakan teman2 lainnya.

anno78
17-05-2009, 19:53
...
1. kalau dicampur telur mentah, telurnya harus mateng (ini yang paling tepat).
...


ini gimana maksudnya, telurnya mateng pa mentah, bedainnya gimana :ask:

madu kan katanya gak bisa busuk, dituang aja digelas ato di wadah lain trus didiemin beberapa lama, klo warna atau baunya berubah kemungkinan dah dicampur ;)

paling enak klo minum honey tea, maknyusss.... :p

jaelangkung
17-05-2009, 20:51
ini gimana maksudnya, telurnya mateng pa mentah, bedainnya gimana :ask:

merah telur bebek atau ayam, jika dicampur madu asli, lalu diaduk akan mateng/nerubah warna dari kuning terang ke kuning muda/kecoklatan.

jaelangkung
17-05-2009, 21:12
tambahan, ciri khas madu asli:
tidak boleh ditempatkan dalam tempat yang tertutup rapat (misalnya botol ditutup rapat).
jika terjadi goncangan, karena tekanan udara dalam botol akan naik dan meletus.
jadi semua madu asli jika ditempatkan dalam botol, tutupnya dibuat dari gabus/plastik dan diberi lubang untuk mencegah naiknya tekanan udara dalam botol.

Indiotechnik
17-05-2009, 21:25
taro kulkas klo ada yg beku itu gula.... taronya jgn di freezernya! and biasanya di bawah madu itu yg beku (gula).

cex_doank
17-05-2009, 23:18
1. kalau dicampur telur mentah, telurnya harus mateng (ini yang paling tepat).
2. jika ditetesin dilantai, tidak ada semut yang datang (perlu waktu untuk mengujinya).
yupp yg ini udh gw tes... dan satu lg klo madu itu jika ditaruh didalam botol maka tutupnya gag boleh rapat2 skali krn bs nyembur gasnya..

gw emg blm tes khasiat madu utk penyakit2 lain, tp pernah gw tes pas gw saket amandel yg udh lumayan besar disertai demam dan sakit kepala..
gw coba minum segelas air hangat + 1 sendok makan madu, insya allah dgn 3 kali minum udh baikan...

oya katanya beda ya madu yg dternakin ama madu hutan?? klo madu hutan katanya lebih strong effectnya ya??

r3x
18-05-2009, 00:52
lokasi TS dimana nih?
beli aja yg produk cibubur atau gringsing, mereka 1 group, variantnya banyak bahkan ada yg premium pake royal jelly. yg masih ada lilin rumah lebahnya juga ada :D
gw pernah nanya ke babehnya para lebah yg di cibubur, yg ahli terapi sengatan lebah juga, kata beliau sih sebenarnya keaslian madu ga bisa dites ala DIY (Do It Yourself) yg selama ini kita lakukan karena udah banyak akalnya si pemalsu, kudu di uji di lab. jadi kalo mau aman ya beli jangan merk abal2.
pesan dr beliau, jangan mengkonsumsi madu dgn menyeduh pake air panas/mendidih seperti jamu, kandungannya justru rusak :eek: nah....lo!!!
sedangkan untuk memilih variantnya, ga terlalu masalah, karena komposisinya sebenarnya masih mirip2, lebih ke arah strategi marketingnya aja dibuat variant :laughatr:

komp san
18-05-2009, 01:33
Doyan yang kental" ya setelah minyak sekarang madu lalu..... :D

beli yang sekalian sama sarang lebah

hilmanna1024
18-05-2009, 07:49
buat ngetes madu, salah satunya dgn teteskan madu diatas kertas buram ( yg biasa untuk fotokopi ), kl tidak menyerap berarti asli, soalnya kl air pasti menyerap ke dlm kertas tuh.. dan madu adalah satu2nya makanan didunia yg tidak akan pernah basi.. i love madu!!

subdragon
18-05-2009, 07:56
Kalau test dengan telur, saya pernah liat om gua test waktu dia beli madu di perternakan lebah.
telur putihnya lsg berubah warna jadi putih gitu.

B1m5C4mp
18-05-2009, 09:52
hmmm... sering betz >> honeyholic :nosepick:
klo gw dapet madunya dri NTB gan, kebetulan bokap sering kluar kota :D, prahnya lg bokap punya kenalan disana, jd suka dapet gratisan :D,

klo bedain palsu sama asli, katanya klo di taro dikulkas madu palsu beku, soalnya mengandung gula, sedangkan yg asli ga, cuma agak kentel aja! :rolleyes:

testakraze
18-05-2009, 14:37
gua copas ya dari forum tetangga ada peternak lebah ngasih pendapat yang bagus2

pengujian dengan semut, madu asli tidak dikerumuni semut sementara madu tidak asli dikerumuni semut. BENAR DAN TIDAK BENAR, madu asli sendiripun kadang dikerumuni semut, cuma hanya semut tertentu yang suka. semut yang suka madu semutnya kecil warna merah kalau dalam bahasa jawa disebut semut pudak. tapi memang semut yang sering mengerumuni gula tidak akan mengerumuni madu.
pengujian dengan telur, cara mengujinya madu dicampurkan dengan kuning telur. jika kuning telur matang maka madu asli, jika tidak maka madu palsu.
BENAR, memang jika madu dicampur dengan kuning telur, kuning telur akan terlihat seperti matang. tetapi sebenarnya bukan matang tetapi menggumpal atau KOAGULASI. hal ini disebabkan kuning telur adalah protein, sedangkan madu adalah asam (pH madu berkisar 4). jadi protein jika dikasih asam akan menggumpal. semua madu bila dicampur kuning telur akan menyebabkan kuning telur menggumpal tapi semua bahan yang bersifat asam (misalnya cuka) juga akan menyebabkan kuning telur menggumpal. jadi uji ini tidak falid juga.
pengujian dengan freezer atau refrigerator. cara pengujian, apabila madu dimasukkan freezer tidak beku maka madu asli bila beku maka bukan madu. BENAR DAN TIDAK BENAR, tergantung jenis madu ada beberapa madu yang jika dimasukkan freezer menggumpal (atau lebih tepatnya KRISTALISASI) dan ada beberapa yang tidak menggumpal. jenis madu kaliandra, karet, mente bila dimasukkan freezer akan cepat sekali terjadi kristalisasi. tetapi jenis madu randu (pengalaman saya) satu tahun tidak terjadi kristalisasi. jadi uji dengan cara ini juga tidak falid.

SkinHead69
20-05-2009, 20:51
jadi, emang harus dites di lab :D

bokap gw biasanya beli yang masih ada sarangnya... ;)
sarangnya diemut2 juga enak :p [tapi beeswax-nya ga dimakan...btw, beeswax wangi loh... :)]

phenominside
21-05-2009, 00:25
kalo gua baisanya minum madu ma** r*s*.. mayan juga sehh, itu juga di mix sama teh ato gak susu.....biar makin lacker...^^

testakraze
23-05-2009, 20:19
aduhh duh duhhh
susah banget nyari maduk bermerk yg direkomendasiin orang2

nyari di google suaranya bervariasi
gua juga nemuin beberapa info
kalau madu ternak ama madu hutan itu beda
jadi ga bisa disamain

ada juga madu disemutin ama madu ga disemutin
aih pusinggnyaaaaaaaaa

david_gm_86
23-05-2009, 21:13
dirumah temen ada sarang lebah gede banget digenteng udah segede motor dan keliatan madunya banyak banget! cuma mau ngambil ga ada yang berani, pernah dulu ditimpuk sama temen eh terus dikejar-kejar abis itu temen gw kapok ga berani lagi! trus giliran gw mau timpuk malah sama dia ga boleh katanya biarin itu penunggu rumah gw:D

testakraze
25-05-2009, 02:36
ada lagi nih
perihal madu dikocok
katanya madu asli dikocok buihnya banyak

tapi ternyata itu berhubungan sama kadar airnya
kadar air berhubungan ama tingkat kecepatan fermentasi

hal itulah yg nyebapin madu encer kerasa banget alkoholnya
hasil dari google mengatakan bahwa madu encer, kualitasnya kurang, karena kadar airnya gede
kalau dikocok banyak buih, pertanda banyak gas, pertanda tingkat fermentasinya tinggi
makanya alkoholnya kerasa

tapi jangan salah madu juga ada yang encer
apalagi madu campuran (kaya dicampur royal jelly

tapi madu hutan emang begitu, karena alam liar biasanya kadar airnya gede
madu ternak kadar airnya biasanya lebih dikit, makanya lebih kental

makin rancu makin pusing...


terus ternyata memang ada beberapa pedagang kasih makan lebah air gula jawa
buat ningkatin produksi madunya
makanya madunya lebih manis


madu manis = diabetes...
tapi madu juga cegah diabetes...
kalau madu yang lebahnya dikasih makan gula bisa diabetes ga ya...
hahaha pusing pusing :tooth:


:rofl: stmj(susu telur madu jahe) rumornya jarang make madu asli
tapi sebenarnya yang lucu itu karena stmj make susu panah , yang ngerusak molekul madu

hm... lidah gua ada luka, cepet juga sembuhnya...
ntar kalau ada luka gua coba olesin madu deh (katanya madu cocok buat luka bakar)

adlisyahmi
25-05-2009, 06:14
btw saya pernah nonton di tipi (acara "Asal Usul" kalo nggak salah), ada beberapa madu yg berbahaya ya? Dikarenakan si lebah (lebah tertentu) ngambil nektarnya dari bunga2 yg beracun....


btw merk Ma*u R*sa itu teryata variannya banyak loh, macem2 jenisnya, kayaknya ada yg murni juga, ada yg "premium" gitu dan beda2 harganya, pernah liat di brosurnya sih...


cuma saya kok kalo minum madu (bermacam2 madu yg saya coba dari dahulu kala, mulai dari yg dikatakan "asli" sampai yg "abal2") tenggorokan agak sakit ya?apa banyak pemanisnya??jangan2 saya nggak pernah minum madu asli???:eyes1:

testakraze
25-05-2009, 21:54
katanya sih kalau minum madu,
serasa ingin minum air, makanya tenggorokan ga enak, emang harus dibiasain
"katanya" :p

Spider-silver
25-05-2009, 22:14
gw sih biasa aja kalo minum madu,pagi2 tuh biasanya gw minumnya,lumayan jadi gak gitu cepat laper...kan manis....

SkinHead69
27-05-2009, 22:20
untung gw beruang madu...sering gado'in madu :D :D :D

udah ga terasa tajem di tenggorokan...tapi ada beberapa madu ada yg tajem di tenggorokan, misalnya Madurasa... :p

testakraze
05-06-2009, 11:52
gila
kenapa ya...
akhir2 ini kalau minum madu
pencernaan langsung super duper lancar

kaya minum obat pencahar aja :(
daya kerjanya cepet lagi kurang dari 15 menit

jaelangkung
05-06-2009, 14:42
lebih mantap, 2 butir merah telur bebek, dicampur madu hutan/asli dan lada hitam :D
pasti mak-nyozzzzzzzzzz

xploid
05-06-2009, 15:35
dicampur sam teh hangat, maknyus tenan.

log out
05-06-2009, 15:48
suka madu gw, tp gak suka di madu...:D

madu sering gw tenggak langsung dr botol nya :D

kadang campur susu atopun teh...

kaptenmlaar
05-06-2009, 16:02
hmm.. kalo saya minum juga madu, istri sih yang beliin ama nyuruh minum. merknya Al-Shifa kalo ga salah..

palasa23
05-06-2009, 18:44
Coba dech,,,minum air hangat+perasan jeruk lemon+madu tiap pagi sebelum minum/makan apa-apa.

yunamungil
07-06-2009, 07:57
madu sering gw tenggak langsung dr botol nya
Hahahhahahahha... muantabhs. :D



tambahan, ciri khas madu asli:
tidak boleh ditempatkan dalam tempat yang tertutup rapat (misalnya botol ditutup rapat).
jika terjadi goncangan, karena tekanan udara dalam botol akan naik dan meletus.
jadi semua madu asli jika ditempatkan dalam botol, tutupnya dibuat dari gabus/plastik dan diberi lubang untuk mencegah naiknya tekanan udara dalam botol.Whuooo.. jadi mad*ras* itu ga asli kah? Berapa persen - berapa persen buatannya?



btw merk Ma*u R*sa itu teryata variannya banyak loh, macem2 jenisnya, kayaknya ada yg murni juga, ada yg "premium" gitu dan beda2 harganya, pernah liat di brosurnya sih...
Engg... saya biasa belinya yg 12rbn / botol dgn asumsi 2 sendok / hari.. itu masuk jenis yg mana ya bro yg biasa di supermarket? Baru tahu ni ada jenis2nya ^^ hahhahaha..



gila
kenapa ya...
akhir2 ini kalau minum madu
pencernaan langsung super duper lancar

kaya minum obat pencahar aja
In a good way atau ga ini c test mksdna? ^^; hehehe..

Tp bisa ya gitu, madu mengreaksikan 'sakit perut'.. ^^


Madu oh madu..
Yg saya tahu cm dr zamannya Cleopatra, udah gunain Royal Jelly sebagai rahasia utama rambutnya ( it inspires Elsev* Lor*al bt varian produk baru yg sempat bikin heboh beberapa wanita kmrn itu :p ) sm bahan telur setengah matang ^^ hahahhahahahhaha.. thx inpona gan! d>3<d

testakraze
16-07-2009, 02:06
@Yunamungil
sumber info masih ga jelas
yg pasti gini
maud ada 2 jenis, madu ternak, ama madu hutan
2-2nya beda karakteristik
jadi beberapa ciri2 berlawanan
madurasa sendiri saya ga ngerti, tapi kayanya itu madu ternak (madu lebah ternakan manusia)

gua sendiri masih suka madu nusantara, lumayan enak
sama lagi coba madu import capilano (ya harus coba sendiri baru percaya + nambah pengalaman)
ya ampun baunya... aneh... untung rasanya ga aneh

sebenarnya gua ada liat madu merk al-shifa di supermarket... cuma kok made in indonesia...
ditunda dulu deh... ntar hunting madu lagi kalau stock madu sekarang dah abis

sekarang cuma mau test kadar glukosa... kalau naik berarti gua dah minum madu palsu


Madu Hutan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan :

1. Masker Madu
Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mongering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

2. Mandi Untuk Kulit Berkilau
Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah!!!

3. Mandi Madu
Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi Anda.

4. Scrub Madu
Campurkan 1 sendok teh madu dengan seikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

5. Pembersih Wajah Setiap Hari
Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

6. Rambut Berkilau
Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

7. Conditioner Rambut
Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok malan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.

8. Toner Kulit
Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

9. Kerontokan rambut
Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yang didiamkan dikepala selama 5 menit pun tetap efektif.

10. Infeksi kandung kemih
Campurkan 2 sendok makan bubuk kayumanis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih.

11. Sakit gigi
Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu.

12. Kolesterol
Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ounce (16 kali 28 gram kira kira 1 pon = 454 gram) air teh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari meringankan gangguan kolesterol.

13. Pilek
Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.

14. Mandul
Pengobatan Yunani dan Ayurveda telah menggunakan madu selama bertahun-tahun untuk memperkuat semen (air mani = sperma) para pria. Dua sendok makan madu yang diminum secara teratur sebelum tidur akan berefek menyuburkan. Wanita Jepang, Cina dan Asia Timur yang sulit hamil dan ingin memperkuat rahim, lazim mengkonsumsi bubuk kayu manis sejak berabad-abad lalu.
Wanita yang sulit hamil sebaiknya sesering mungkin mengoleskan madu dan sesendok teh bubuk kayu manis pada gusinya. Kayu manis akan bercampur dengan air ludah dan memasuki tubuh. Ada pasangan suami istri dari Maryland tidak memiliki keturunan selama 14 tahun dan nyaris putus asa. Ketika mengetahui khasiat kayu manis dan madu, mereka mengkonsumsi ramuan tersebut. Sang istri mulai mengandung dan melahirkan bayi kembar.

15. Sakit perut
Madu yang dicampur bubuk kayu manis dapat mengobati sakit perut. Juga dapat membersihkan perut, serta menyembuhkan bisul sampai ke akar-akarnya.

16. Kembung
Penelitian yang dilakukan di India dan Jepang menyatakan bahwa madu yang diminum bersama kayu manis dapat mengurangi gas dalam perut.

17. Bau napas
Satu sendok teh madu dan bubuk kayu manis yang dicampur dalam air panas dapat membuat nafas tetap segar sehari penuh. Orang Amerika Selatan biasa meminum ramuan tersebut di pagi hari.

18. Sakit kepala sinus
Minum campuran madu dan juice jeruk dapat menyembuhkan sakit kepala karena sinus.

19. Kelelahan
Studi terakhir menunjukkan bahwa kandungan gula dalam madu lebih bermanfaat daripada merugi-kan bagi tubuh. Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukur-an sama, terbukti lebih bugar dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan ½ sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitali-tas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari setelah menggosok gigi dan jam 3 sore pada saat vitalitas tubuh menurun.

20. Kanker
Riset terakhir di Jepang dan Australia menunjukan bahwa kanker perut dan tulang stadium lanjut dapat disembuhkan dengan madu dan kayu manis. Pasien cukup minum 1 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis selama sebulan 3 kali sehari.

21. Kelebihan berat badan
Minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi ½ jam sebelum sarapan atau saat perut masih kosong. Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi orang yang sangat gemuk, minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.

22. Influenza
Ilmuwan Spanyol telah membuktikan bahwa madu berisi kandungan alami yang membunuh kuman influenza dan menyembuhkan pasien dari flu. Maka minumlah madu ketika akan flu.

23. Jerawat
Oleskan 3 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis pada wajah sebelum tidur. Basuh keesokan harinya dengan air hangat. Bila dilakukan rutin setiap hari selama 2 minggu, akan menyembuhkan jerawat sampai ke akar-akarnya.

24. Infeksi kulit
Ambil 1 bagian madu dan 1 bagian bubuk kayu manis, oleskan pada bagian kulit yang sakit.

25. Mencegah penuaan
Teh yang dicampur madu dan bubuk kayu manis dan diminum tiap hari dapat mencegah penuaan. Ambil 4 sendok madu, 1 sendok bubuk kayu manis dan 3 cangkir air kemudian rebus seperti mem-buat teh. Minumlah sebanyak 4 kali sehari. Ramuan ini membuat kulit segar dan halus serta men-cegah penuaan. Harapan hidup juga bertambah

26. Arthritis (radang sendi / Encok)
Ambil 1 bagian madu dan 2 bagian air suam-suam kuku. Tambahkan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis. Campur madu, air suam-suam kuku dan bubuk kayu manis. Pijat ke bagian yang sakit secara perlahan. Rasa sakit akan berkurang dalam waktu 1-2 menit. Atau penderita arthritis dapat minum 1 cangkir air panas dengan 2 sendok madu dan 1 sendok teh kecil bubuk kayu manis setiap hari, pagi dan malam.
Bila diminum teratur, ramuan ini dapat mengobati penyakit arthritis kronis. Penelitian terakhir Copenhagen University menggunakan campuran 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh bubuk kayu manis yang diberikan kepada pasien sebelum sarapan. Hasilnya dalam seminggu 73 dari 200 pasien yang diobati sembuh total. Kebanyakan pasien yang tidak dapat berjalan atau bergerak karena arthritis dapat berjalan tanpa rasa sakit.

27. Penyakit jantung
Oleskan madu dan bubuk kayu manis pada roti pada waktu sarapan setiap harinya. Madu dan kayu manis mengurangi kolesterol dalam pembuluh arteri, dan mengurangi resiko serangan jantung. Orang yang sudah terkena serangan jantung bila mengkonsumsi madu dan kayu manis setiap hari dapat terhindar dari serangan jantung kedua.
hm.. kayumanis... ntar kapan2 gua coba ah...
yg ragu itu merebus madu /air panas

alisundoro
22-09-2010, 19:45
Coba bantu y..

Kebetulan sy pernah baca2 mengenai madu..

Betul bro testakraze. ada dua jenis madu.

madu hutan. lebahnya liar. dan kita tidak bisa mengontrol lebah utk mengambil nektar madu dari pohon man. sehingga ada kemungkinan mengambil nektar madu dari pohon yang beracun.
madu ternak. lebahnya diternakkan oleh manusia. n dilakukan "pengontrolan" terhadap pohon mana yg diambil. di Indonesia umumnya, lebahnya termasuk jenis apis mellivera. N umumnya nektar madu berasal dari pohon randu (kapas).


Menurut WHO (FAO) sendiri. Definisi madu adalah adalah suatu zat pemanis natural yang dihasilkan oleh lebah Apis mellifera dari sari tumbuhan atau dari sekresi tumbuhan hidup atau dari eksresi serangga yanag menyedot tumbuhan, yang oleh lebah dikumpulkan, diubah dengan menggabungkan dengan zat spesifik dari lebah, dideposit, di dehidrasi, disimpan dan ditinggalkan di dalam sarang lebah agar lebih matang. Madu terbentuk dari campuran kompleks karbonhidrat (fruktosa dan glukosa) dan komponen lainnya seperti asam organik, asam amino, protein, mineral, vitamin dan lemak. Warnanya bervariasi dari bening sampai coklat gelap. Dengan konsistensi cair, kental atau terkristalisasi. Rasa dan aromanya berbeda tergantung dari asal tumbuhannya. (A)

INi beberapa syarat madu yg aman dikonsumsi oleh manusia. (A)

Bebas dari zat tambahan seperti additive makanan dan terbuat dari madu murni. Madu tidak boleh terkontaminasi benda asing sehingga menyebabkan perubahan rasa, bau atau warna baik selama pembuatan ataupun penyimpanan.
Madu tidak boleh dipanaskan atau diproses sedemikian rupa sehingga mengubah komposisi utama atau menurunkan kualitasnya
Tidak boleh menggunakan reaksi kimia yang dapat mempengaruhi kristalisasi madu.
Kelembaban kurang dari 20%
Kadar Fruktosa / Glukosa tidak kurang dari 60 gram per 100 gram madu
Kadar sukrosa tidak lebih dari 5 gram per 100 gram madu
Kandungan tidak larut air tidak lebih dari 0.1 gram per 100 gram madu
Konduktivitas elektrik tidak lebih dari 0.8 mS/cm
Tidak mengandung logam berat yang berbahaya bagi manusia
Tidak mengandung residu pestisida atau obat - obatan hewan
Higienis dan tidak mengandung mikroba.


Nah untuk mengetahui mana yg madu asli atau palsu secara fisik. sy nda tau tuh..

Kalo mau sih.. ada satu jenis madu yang cukup banyak diteliti n diterima oleh dunia kesehatan didunia.
namnya madu MANUKA (Manuka Honey). Madu ini hanya berasal dan dihasilkan di Australia - New Zealand.

sudah banyak diketahui mengenai kegunaan madu bagi kesehatan manusia. Seperti yg udah diposting sebelumnya. Mkn sy bisa menambahkan bahwa madu selain digunakan sebagai suplemen makanan, madu dapat mengobati luka, penyakit kulit, penyakit saluran nafas, diabetes, kaki diabetik, ulkus lambung, infeksi mata, serta terapi rehidrasi oral pada anak. (B)

Nah khusus utk penggunaan madu utk mengobati luka . dari luka bakar, luka akibat kecelakaan sampai luka pada tumor. Cukup banyak penelitian terpublikasi di dunia yg telah membahas hal ini. mungkin sampe Ribuan malah.

Kalo diringkas aja. Madu memiliki 6 keunggulan dibandingkan modalitas lain dalam perawatan luka.
Antara lain: (C)

Mengurangi reaksi inflamasi / peradangan pada luka
membunuh kuman / bakteri penyebab infeksi
membantu membersihkan luka dari jaringan kotor / mati
mengurangi bau tidak enak pada luka
mempertahankan kelembaban pada luka
dan akhirnya dapat merangsang penyembuhan luka.


Madu memiliki fungsi membantu penyembuhan luka ini, karena karakteristik kimia dan fisik unik yang dimilikinya. antara lain: (D)

memiliki tekanan osmotik yg sangat tinggi (water aktivity 0.5 - 0.6). Kuman umumnya hidup di 0.9
memiliki tingkat keasaman yang tinggi (pH 3.5 – 4.2). Kuman umumnya hidup di pH > 6 (lebih basa).
menghasilkan hidrogen peroxida yang juga memiliki sifat antimikroba.
untuk beberapa jenis madu, ia memiliki suatu komponen fitokimia, yang juga bersifat antimikroba.


Adapun efek samping dari penggunaan madu sebagai konsumsi makanan or perawatan luka, antara lain:

reaksi alergi pada beberapa orang yg alergi thd madu (angka ini kecil banget --> 2.3% ) (E)
rasa agak gatel "tingling sensation" jika dioleskan pada luka. walaupun cuma kecil banget angka kejadiannya (cm 1 dr 40 luka pasien yg dirawat dgn madu) --> (E)
risiko thd racun yg dihasilkan oleh bakteri Clostridium sehingga menyebabkan keadaan Botulisme pada anak. Keadaan ini termasuk kondisi berat.

Knp Bisa ada kuman? kan madu udah memiliki sifat antibakterial?
Ini karena bakteri Clostridium n Bacillus sp ini bisa menjadi bentuk dorman di dalam madu. n mereka bisa hidup di kondisi unik madu. Mereka bisa hidup dengan pH dibawah 4 serta aktivitas air dibawah 0.9..
Karena risiko inilah tidak dianjurkan pemberian madu pada bayi (di bawah 1 tahun).. walaupun angka kejadian botulisme akibat madu ini kecil sekali (dari 576 kasus botulisme slm 30 thn, cm 12% dicurigai krn konsumsi madu) --> (F)
Kontaminasi ini hampir tidak dapat dihindari, karena bakteri tsb bisa terdapat di mana saja (tanah, tumbuhan, sarang lebah bahkan dalam saluran cerna lebah itu sendiri).
Apakah kita bisa mendapatkan suatu madu yang steril dari kuman2 tsb? BISA bos.. dengan melakukan sterilisasi secara radiasi terlebih dahulu.. N tyt radiasi ini juga tidak mengubah karakteristik kimia - fisik madu kok. (G, H)



Nah.. kebanyakan madu yang diteliti, adalah madu jenis MANUKA ini.. Mereka menjual beberapa jenis tingkat madu berdasarkan tingkat UMF (Unique Manuka Factor). tingkat UMF ini juga udah diteliti.. n Dikatakan kalo dalam penggunaan madu medis, minimal UMF 10 tuh. (I)
di indonesia MAdu manuka juga dijual kok. Bisa dicari di Apotik Terkenal (yg juga punya OPTIK n PUsatnya di daerah BLOK M Kebayoran baru) di Jakarta. Utk yg UMF 20, harganya berkisar 500 rban per 500 gram.. MUAHAL..
Bisa dibandingkan ama madu Lokal Nusantara yg berkisar 38 rb utk 250 cc..
Bahkan madu manuka UMF 25 itu.. dijual dalam sediaan salep steril yg Dijual utk perawatan luka. perlu dibedakan dengan salep2 yg mengandung ekstrak madu.. Intinya salep2 tsb BUKAN madu yg memiliki keunggulan di atas.

nah.. ada nda madu lokal Indonesia yg bisa memiliki karakteristik fisik - kimia yg mirip dengan madu Manuka ini? sehingga diharapkan dapat memiliki fungsi spt Madu Manuka...
jawabannya.. ADA TUH... barusan bro Testakraze sebutkan..

Dari karakteristik Kimia nya dibandingkan antara "madu lokal" dengan madu Manuka UMF 20, didapatkan

Tingkat keasaman madu lokal 4.225 dibandingkan dengan madu Manuka 4.115
water activity madu lokal 0.632 dibandingkan dengan madu Manuka 0.620
Keduanya sama2 tidak memproduksi hidrogen peroxida
keduanya sama2 terkontaminasi dengan bakteri Bacillus sp. walaupun tidak mencapai kadar yg bisa menyebabkan kondisi patogen / berbahaya. (jumlahnya di bawah 100.000)..
Secara laboratorium keduanya sama2 bisa mematikan bakteri SUPER di rumah sakit. Seperti MRSA (Methicillin resistant Staphilococcus aureus), Pseudomonas aeruginosa n Staphiloccus aureus.
Walaupun Madu Manuka dapat membunuh kuman2 tersebut dalam konsentrasi yg lebih kecil dibandingkan madu lokal. Madu manuka dapat mematikan kuman tersebut, dengan hanya dalam konsetrasi 25 %, sedangkan madu lokal membutuhkan konsentrasi 100% utk membunuh kuman yang sama.



MDh2an bisa bantu y..


SUMBER REFERENSI

A. Report of the seventh session of the codex committe on sugars: Codex alimentarius commission,, 24th Sess. (2 - 7 July, 2001).
B. Jeffry AE, Echazarretta CM. Medical Uses of Honey. Rev Biomed. 1996;7:43 - 9.
C. Davies P, Murphy J. Mechanisms of Action of Honey in Relation to Wound Healing – A Review. Available from: www.ramamedical.se/catalog.object.aspx?id=519.
D. Molan PC. Honey as a topical antibakterial agent for treatment of infected wounds. 2001 ; Available from: http: //www.worldwidewounds.com/2001/november /Molan/honey- as- topical- agent.html.
[U]E. National Honey Board. Honey – Health and Therapeutic Qualities. In press 2004.
F. Koepke R, Sobel J, Arnon SS. Global Occurrence of Infant Botulism, 1976–2006. Pediatrics. 2008;122(1):e73 - e82.
G. Wahdan HAL. Causes of the Antimicrobial Activity of Honey. Infection. 1998;26(1):30 - 5.
H. Yusof N, Hafiza AHA, Zohdi RM, Bakar MZA. Development of honey hydrogel dressing for enchanced wound healing. Radiation Physics and Chemistry. 2007;76:1767 - 70.
I. Tan HT, Rahman RA, Gan SH, Halim AH, Hassan SA, Sulaiman SA, et al. The antibakterial properties of Malaysian tualang honey against wound and enteric microorganisms in comparison to manuka honey. BMC Complementary and Alternative Medicine. 2009;9(34):1 - 8.

rafy
26-10-2010, 11:12
saya minum madu kalo maag saya kambuh .
dulu , kalo lagi kumat , bisa ampe muntah2 .
rasanya sakit gigi juga lewat .

waktu kumat ada temen nawarin multisari & bee pollen .
iseng saya coba 1 botol besar , tiap sebelum makan .
hasilnya setelah itu , saya coba makan pantangan & kopi .
ternyata betul2 menambal maag saya . ga ada lagi pantangan .

saya denger dari temen dari arab juga disana malah dipake dokter buat luka operasi biar lebih cepet kering .

lepel
26-10-2010, 21:30
saya minum madu kalo maag saya kambuh .
dulu , kalo lagi kumat , bisa ampe muntah2 .
rasanya sakit gigi juga lewat .

waktu kumat ada temen nawarin multisari & bee pollen .
iseng saya coba 1 botol besar , tiap sebelum makan .
hasilnya setelah itu , saya coba makan pantangan & kopi .
ternyata betul2 menambal maag saya . ga ada lagi pantangan .

saya denger dari temen dari arab juga disana malah dipake dokter buat luka operasi biar lebih cepet kering .


dulu suka minum kopi + gula pasir :)

efeknya g sakit maag :confused:

padahal doyan ngopi :D

iseng2 ngopi + campur madu

hasilnya ngak sakit maag

sekarang jadi kebiasaan ngopi campur madu ( ngak sakit maag lagi )

madu yg g pakai :

Madu Super Nusantara (http://www.geraiproduk.com/kategori-produk/makanan-dan-minuman/madu-super-nusantara.html) ( kisaran 60 ribu ) promosi :bolt:

rafy
27-10-2010, 06:23
dulu suka minum kopi + gula pasir :)

efeknya g sakit maag :confused:

padahal doyan ngopi :D

iseng2 ngopi + campur madu

hasilnya ngak sakit maag

sekarang jadi kebiasaan ngopi campur madu ( ngak sakit maag lagi )

madu yg g pakai :

Madu Super Nusantara (http://www.geraiproduk.com/kategori-produk/makanan-dan-minuman/madu-super-nusantara.html) ( kisaran 60 ribu ) promosi :bolt:

multi juga kisaran segitu sekarang .
tapi apapun merknya , yg penting asli .
pernah juga coba madu sumbawa bawaan temen , bagus juga , rasanya anget .

lepel
27-10-2010, 10:01
multi juga kisaran segitu sekarang .
tapi apapun merknya , yg penting asli .
pernah juga coba madu sumbawa bawaan temen , bagus juga , rasanya anget .

tempo hari pernah beli yg Made In Australia ( kisaran 100 rb ) , hasilnya :nooo: ( enak yg lokal :D )

pernah di bawaain yg dari kalimantan ( yg asli dari hutan ) , aroma & rasanya beda banget dgn yg hasil dari peternakkan

hasilnya mantap abiss utk madu asli dari hutan :thumb:

leekui
27-10-2010, 10:34
hampir setiap hari minum madu dan gak pernah absen :D
tulisan yg ada dibotol seh..madu asli sumbawa.
gak tau juga asli apa gak :notsure:

rafy
27-10-2010, 11:12
tempo hari pernah beli yg Made In Australia ( kisaran 100 rb ) , hasilnya :nooo: ( enak yg lokal :D )

pernah di bawaain yg dari kalimantan ( yg asli dari hutan ) , aroma & rasanya beda banget dgn yg hasil dari peternakkan

hasilnya mantap abiss utk madu asli dari hutan :thumb:

beda2 daerah juga beda rasa .
kalo yg australia sih terlalu manis . . apa campur gula kali ya . .

NockL
27-10-2010, 11:48
enakan madu asli, kadang2 sodara ada yg punya, ambil dr kandang sendiri :D
bukan peternak sih cmn kadang bikin kandang 1 pas ada lebah madu nyasar :D

testakraze
27-10-2010, 12:21
gua pernah beli madu 1liter harga 20000
astaga , tenggorokan ga enak, perut makin laper

cumi2k4
27-10-2010, 12:56
Kalau di rumah pakai yg merek al-shifa itu, tiap pagi dicampur sm sereal energen :D
tp kok tetep laper yah....

btw agak oot, tp berhubung masi menyangkut madu, pengen tau juga apa ada chipper yang pernah pakai madu untuk diteteskan di mata? Efek tidak?

Vioncee
27-10-2010, 18:22
Gw suka suka madu. Trutama madu putih...:D
Yang nggak enaknya, kalo beli trus dapet madu bohongan. Kdang juga yang dicampur gula. Capede....

r3x
28-10-2010, 01:18
^^ madu putih itu madu dr mana?
apa yg ada semacam endapan kristalnya?

Vioncee
28-10-2010, 11:26
^^ madu putih itu madu dr mana?
apa yg ada semacam endapan kristalnya?

Ane juga kurang tau Bro... Tapi waktu itu beli memang warnanya putih, tapi bukan gula.... :D
Ada juga madu putih tapi nggak putih-putih amat, tapi kuning butek... Mungkin beda sari atau lebahnya.

testakraze
28-10-2010, 11:49
madu putih mungkin maksudnya royal jelly kali ya?

isaac
28-10-2010, 15:27
saya minum madu AlGhuroba.... tulisannya sih Asli...

Administrator's
28-10-2010, 21:04
saya pengen minum madu asli tapi low kalori...kira2 ada gak yah?

r3x
29-10-2010, 01:25
Ane juga kurang tau Bro... Tapi waktu itu beli memang warnanya putih, tapi bukan gula.... :D
Ada juga madu putih tapi nggak putih-putih amat, tapi kuning butek... Mungkin beda sari atau lebahnya.

nice info,
selama ini gw hanya pernah liat yg variant warna yg unik ya hitam dari papua.

Vioncee
29-10-2010, 11:47
nice info,
selama ini gw hanya pernah liat yg variant warna yg unik ya hitam dari papua.

Yang hitam malah belum pernah tau Bro...
Boleh juga, jadi pingin nyoba bagaimana rasanya...:)

Administrator's
29-10-2010, 12:57
nice info,
selama ini gw hanya pernah liat yg variant warna yg unik ya hitam dari papua.

kira2 apa perbedaan rasa ama yang warnanya agak coklat2 emas itu yah??
aroma???

r3x
30-10-2010, 00:18
Yang hitam malah belum pernah tau Bro...
Boleh juga, jadi pingin nyoba bagaimana rasanya...:)


kira2 apa perbedaan rasa ama yang warnanya agak coklat2 emas itu yah??
aroma???

kalo yg dr papua belum pernah coba,
tapi ada lagi madu hitam yg ga sepekat dr papua itu, tulisannya bima, nusa tenggara rasanya pahit lembut :baby:

pocepoke
02-11-2010, 12:36
kalo yg dr papua belum pernah coba,
tapi ada lagi madu hitam yg ga sepekat dr papua itu, tulisannya bima, nusa tenggara rasanya pahit lembut :baby:
oo gt rasanya ....
gw sering lewat tempat jualan madu ini pas brangkat kerja
dan aga aneh liatnya karna warna madunya aga2 hitam


:D

lepel
02-11-2010, 13:24
warna & rasa di pengaruhi oleh jenis2 bunga yg di ambil oleh lebah

btw madu hitam & madu yg pahit belum pernah coba :)

Handiman
03-12-2010, 16:59
Gw baru tau kalo ada thread ini.

Jadi ingat pesan orang kalo pulang dari Pulau Belitung ....
Jangan lupa bawa oleh2 ........ MADU PAHIT dari sana.


Maka belum lama ini gw abis picknick ke Belitung ........ aku beli madu pahit itu.
Harga relatif murah ......... Rp 60 ribu / liter.

Sampai Jkt jadi Rp 600 ribu / liter

Terkenal buat obat kata orang. Rasanya memang agak pahit.

testakraze
03-12-2010, 17:03
madu alshifa kok encer banget ya
gampang larut pake air....

padahal gua baca2 artikel madu ali itu kental ga gampang larut dalam air(kecuali air hangat)

bianconeri
04-12-2010, 12:46
Madu + ginseng (asli dari korea) = gak gampang cape, gak gampang sakit.

Bata Merah
04-12-2010, 12:52
ada yang tahu madu kalimantan.. :ask:

Administrator's
04-12-2010, 20:49
gua masih bingung ama madu tropicana slim, kok bisa sugar free.........

Afwaz
04-12-2010, 22:14
kalo saya minum madu, rasanya enak, manis, terus bisa buat obat lagi.

anno78
05-12-2010, 15:14
bisa dibilang tiap hari konsumsi madu, entah itu langsung, buat campuran telor setengah mateng, atau buat honey tea, kebetulan punya stup sendiri di kebun belakang rumah...:D

radiance
16-12-2010, 16:29
Paling2 minumnya madu super nusantara. Itupun dulu, sekarang sudah gak pernah. Madu bisa gemukin badan gak yah ? menambah nafsu makan gitu.... :D:D Lagi pengen gemuk.:D

Krysta
16-12-2010, 20:21
Paling2 minumnya madu super nusantara. Itupun dulu, sekarang sudah gak pernah. Madu bisa gemukin badan gak yah ? menambah nafsu makan gitu.... :D:D Lagi pengen gemuk.:D
kalau udah gemuk susah lu kurusnya :p

kassle
16-12-2010, 20:30
favorit aku Madu Bunga Kelengkeng merk Nusantara karena wangi, warna tidak menjijikkan, dan tentunya suka ama rasanya.

SGS
16-12-2010, 20:42
saya minum madu kalo gusi bengkak, hilang sakitnya tapi yg murni ya......:):)

lamak
05-07-2011, 07:04
Halo ada yg suka minum madu asli ga
buat kesehatan

bisa share ga cara bedain madu asli ama palsu

sama merk2 dan jenis2 madu asli yg bagus apa ya
(kalau bisa sih supermarket, katanya ada merk import, tapi madu asli, walau lebih mahal dikit)

saya mau mencoba mengkonsumsi madu supaya badan lebih bugar
tapi kebentur ama banyaknya berita madu palsu

ya takutnya kena diabetes, ga lucu kan gara2 minum madu palsu (cairan gula)
bukannya mencegah penyakit malah mendatangkan penyakit


a. Cara sederhana

Ambil satu gelas air putih, kemudian tuang madu ke dalam gelas. Jika madu jatuh lurus ke dasar gelas dan air tidak keruh sampai 5 jam tanpa diaduk, kemungkinan besar madunya berkualitas bagus. Namun jika madu dituang dalam air lalu airnya langsung keruh/keruh dalam tempo 2 jam (tanpa di aduk), berarti madu tersebut jelek / palsu. Tapi test tersebut tidak mutlak dan harus digabung dengan test yang lain seperti di bawah ini.

b. Jika diuji dengan refraktometer, kadar air maxsimal 21 % dengan rasa, warna dan bau yang normal sesuai jenis. Setiap jenis madu murni memiliki rasa, warna dan bau yang khas. Jika dipanaskan, maka madu akan berbau gosong, warna menjadi lebih gelap, rasa berubah dan aroma khas madu tersebut akan hilang. Dengan kadar air yang rendah/max 21%, sangat sulit dipalsu tanpa berubah rasa, warna dan bau.

c. Uji kualitas madu di laboratorium sesuai dengan parameter SNI 0135. 45 – 2004, yaitu uji kadar air, diastase indeks, kadar glukosa, kadar fruktosa, kadar sukrosa, HMF, dll. Tidak benar bahwa keaslian madu bisa dilihat hanya dengan uji sakarin, karena pemalsuan madu mayoritas tidak memakai sakarin, tapi memakai fruktosa sintetis, glukosa sintetis dll.

BAGAIMANA CIRI MADU ASLI TAPI RUSAK ?


Yaitu jika madu tersebut telah mengalami fermentasi / perubahan madu menjadi alkohol (etanol) yang ditandai dengan: adanya suara berdesis jika tutup botol dibuka (bergas), kemasan menggembung, madu berbusa banyak. Pada kasus kerusakan madu yang parah, madu tersebut akan meleleh keluar sendiri ketika tutup botol dibuka atau bahkan bisa meletus sendiri karena tekanan gas / alkohol pada madu rusak tersebut.
Madu sangat encer (kadar air 23 – 30 % ), berbau tidak segar/ tidak enak karena fermentasi, rasa berubah menjadi lebih asam/ kecut yang tidak normal, rasa kurang lezat dan terlalu panas di tenggorokan karena efek alkohol yang berlebihan pada madu.

Madu dengan tanda-tanda fisik di atas, telah kehilangan zat gizi dan kurang layak dijual. Jika madu rusak tersebut sampai dikonsumsi anak-anak dan orang yang pencernaannya lemah, di khawatirkan bisa membahayakan kesehatan. Oleh karena itu,para pengemas madu / produsen WAJIB memiliki ilmu yang memadahi seputar madu dan seluk beluknya agar tidak terjebak pada madu palsu atau madu asli tapi rusak baik sengaja atau tidak. Selain itu, produsen harus memahami dan mematuhi standar mutu madu yang telah ditetapkan pemerintah dalam SNI 0135.45 – 2004 agar tidak terjatuh pada pelanggaran hukum pemerintah dan kejahatan terhadap konsumen. Setelah di panen, madu kadar 23 – 30% umumnya hanya awet disimpan beberapa minggu atau beberapa bulan saja, jika tidak segera habis maka akan segera rusak / fermentasi sehingga tidak layak di jual.

lebih lanjut bisa di liat tips mengetahui keaslian madu dan madu asli yang rusak (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7970004/)

kassle
05-07-2011, 15:25
nambahin tips ngecek madu asli ato oplosan:

1.) ambil selembar kertas koran, teteskan (satu tetes aja) ke kertas tadi. dan berikut ini yang terjadi:
a. madu asli tidak akan membasahi sisi lain pada kertas.
b. madu oplosan ? ... biasanya meresap ke kertas koran yang berakibat sisi lain pada kertas menjadi basah.
2.) celupkan kepala korek api ke madu, kemudian pak tisu/lap kering bersihkan madu yang nempel dan coba nyalakan korek api tersebut. jika madu asli mustinya tetap bisa menyala.

blom pernah ngebuktiin sih, cuman di kasi tau ama sopir taksi ketika ngobrol macem2 :D

testakraze
05-07-2011, 17:08
gua kaget loh yang gas, soalnya kejadian itu banyak banget, ada beberapa testimonial penjual madu dari buyernya cerita soal tekanan gas dari botol madunya

ternyata itu tanda madunya rusak ya

lamak
06-07-2011, 08:32
gua kaget loh yang gas, soalnya kejadian itu banyak banget, ada beberapa testimonial penjual madu dari buyernya cerita soal tekanan gas dari botol madunya

ternyata itu tanda madunya rusak ya
iya bro..memang banyak madu asli yang nga bermerk dijual di pinggir jalan ...padahal asli,tapi sayang sering rusak...tapi saya sering liat madu yang dijual di supermaket rata2 nga mengalami gas...kemungkinan selain standar labeling yang ketat dgn mesin juga yang pabrikan mampu menjga mutu madu tsb...

hasnip87
06-07-2011, 13:36
Madu Manuka pernah beli dari NZ :) Madu yang terenak gw rasa,warnanya agak keruh en juga kentel banget. rasanya juga lebih wangi dan ga kerasa asem di belakang lidah :D ada 2 versi, Manuka biasa sama Manuka yang special edition :p yang special lebih putih en katanya bisa jadi obat.. :)

Sekarangmakannya Madu Lebah Sumbawa sih.. :) tapi pengin rasain lagi yang Manuka he3..

bonolorenzo
06-07-2011, 14:59
madu alshifa kok encer banget ya
gampang larut pake air....

padahal gua baca2 artikel madu ali itu kental ga gampang larut dalam air(kecuali air hangat)

iya bro, ane juga ada nih madu alshifa, kq encer banget ya? jangan2 ga asli nih madu

btw, kalo madu nusantara itu madu asli ga ya?

Damar.N
06-07-2011, 16:26
iya bro, ane juga ada nih madu alshifa, kq encer banget ya? jangan2 ga asli nih madu

btw, kalo madu nusantara itu madu asli ga ya?

wah..ane sering minum madu alshifa nih..tp kok kentel banget yah?..:eek:
btw setelah minum madu badan lebih seger..
tp akhir2 ini blm beli madu lagi..:(

bonolorenzo
06-07-2011, 21:16
wah..ane sering minum madu alshifa nih..tp kok kentel banget yah?..:eek:
btw setelah minum madu badan lebih seger..
tp akhir2 ini blm beli madu lagi..:(

wah ternyata ane salah liat, madu punya ane assy shifaa'u, encer banget bro

ga tau asli apa engga, tapi mudah2an aja asli, soalnya ada tulisannya, kalo ga asli kami ganti.....

testakraze
06-07-2011, 22:38
kalau dibanding madu yg gua pernah coba
al haramain, madu al shifa termasuk encer

tapi syukur deh, dah sering minum madu berbagai merk waktu cek darah, kadar gula dalam darah masih normal

setidaknya itu pertanda madu2 yg gua coba ga nyebapin diabetes (takut konsumsi madu palsu yang make gula)

kalau yg mengkristal madu nusantara, tapi jadi susah dikonsumsi kalau mengkristal

lamak
09-07-2011, 12:10
wah ternyata ane salah liat, madu punya ane assy shifaa'u, encer banget bro

ga tau asli apa engga, tapi mudah2an aja asli, soalnya ada tulisannya, kalo ga asli kami ganti.....

yah bro ...tulisan ga asli kami ganti tu sebenarnya gimmick doang..kan kalo sudah ke buka dan keminum(setelah kita tau palsu)...apa kira kira diganti uang kita?harapan besar pasti tidak..yang pasti kalo madu apapun di supermarket...madu asli tadi bisa diminimalisir kerusakannya dengan kemasan yang kuat.

mengenai madu nusantara bro nga usah kawatir...saya ada testi dikit mengenai ni madu...pada waktu pertama saya konsumsi ni madu.(saya campur kira2 1 sendok ke dalam botol aqua sedang,lalu saya kocok sampai tercampur dengan air aqua 3 x sehari diluar yang saya lgs makan per sendok nya)..di atas mata saya (di kelopak mata,tumbuh bisul ,sakit bgt kalo berkedip,)saya rutin aja minum,eh malah tambah merah bisul tsb...dan belum menampakan gejala mau pecah atau sembuh...dan setelah 3 hari...saya bangun tidur pagi ternyata bisul mata saya sudah sembuh(tanpa perlu saya pecahin kalo matang)...tanpa sakit lagi...mungkin ada pengalaman bro yang lain

r3x
11-07-2011, 23:34
maksudnya madu rusak itu gimana?
busuk? ato gimanakah?

lamak
14-07-2011, 23:30
maksudnya madu rusak itu gimana?
busuk? ato gimanakah?
BAGAIMANA CIRI MADU ASLI TAPI RUSAK ?


Yaitu jika madu tersebut telah mengalami fermentasi / perubahan madu menjadi alkohol (etanol) yang ditandai dengan: adanya suara berdesis jika tutup botol dibuka (bergas), kemasan menggembung, madu berbusa banyak. Pada kasus kerusakan madu yang parah, madu tersebut akan meleleh keluar sendiri ketika tutup botol dibuka atau bahkan bisa meletus sendiri karena tekanan gas / alkohol pada madu rusak tersebut.
Madu sangat encer (kadar air 23 – 30 % ), berbau tidak segar/ tidak enak karena fermentasi, rasa berubah menjadi lebih asam/ kecut yang tidak normal, rasa kurang lezat dan terlalu panas di tenggorokan karena efek alkohol yang berlebihan pada madu.

Madu dengan tanda-tanda fisik di atas, telah kehilangan zat gizi dan kurang layak dijual. Jika madu rusak tersebut sampai dikonsumsi anak-anak dan orang yang pencernaannya lemah, di khawatirkan bisa membahayakan kesehatan. Oleh karena itu,para pengemas madu / produsen WAJIB memiliki ilmu yang memadahi seputar madu dan seluk beluknya agar tidak terjebak pada madu palsu atau madu asli tapi rusak baik sengaja atau tidak. Selain itu, produsen harus memahami dan mematuhi standar mutu madu yang telah ditetapkan pemerintah dalam SNI 0135.45 – 2004 agar tidak terjatuh pada pelanggaran hukum pemerintah dan kejahatan terhadap konsumen. Setelah di panen, madu kadar 23 – 30% umumnya hanya awet disimpan beberapa minggu atau beberapa bulan saja, jika tidak segera habis maka akan segera rusak / fermentasi sehingga tidak layak di jual.

dwi hariyadi
18-07-2011, 23:10
wah info menarik nih karena saya juga hoby minum madu

edtomson
12-09-2011, 10:42
kalo kata orang sih gan, madu asli gak bakal disemutin.. kalau pun iya, yg disemutin cuma keraknya doang, misalnya yg ada di botol atau tutupnya, tapi kalo cairan madunya nggak. kalo madu palsu.. cairan madunya disemutin. -- ane juga suka minum madu gan, buat kesehata aja.

UltimateLP
14-09-2011, 17:25
BAGAIMANA CIRI MADU ASLI TAPI RUSAK ?



Yaitu jika madu tersebut telah mengalami fermentasi / perubahan madu menjadi alkohol (etanol) yang ditandai dengan: adanya suara berdesis jika tutup botol dibuka (bergas), kemasan menggembung, madu berbusa banyak. Pada kasus kerusakan madu yang parah, madu tersebut akan meleleh keluar sendiri ketika tutup botol dibuka atau bahkan bisa meletus sendiri karena tekanan gas / alkohol pada madu rusak tersebut.
Madu sangat encer (kadar air 23 – 30 % ), berbau tidak segar/ tidak enak karena fermentasi, rasa berubah menjadi lebih asam/ kecut yang tidak normal, rasa kurang lezat dan terlalu panas di tenggorokan karena efek alkohol yang berlebihan pada madu.


Madu dengan tanda-tanda fisik di atas, telah kehilangan zat gizi dan kurang layak dijual. Jika madu rusak tersebut sampai dikonsumsi anak-anak dan orang yang pencernaannya lemah, di khawatirkan bisa membahayakan kesehatan. Oleh karena itu,para pengemas madu / produsen WAJIB memiliki ilmu yang memadahi seputar madu dan seluk beluknya agar tidak terjebak pada madu palsu atau madu asli tapi rusak baik sengaja atau tidak. Selain itu, produsen harus memahami dan mematuhi standar mutu madu yang telah ditetapkan pemerintah dalam SNI 0135.45 – 2004 agar tidak terjatuh pada pelanggaran hukum pemerintah dan kejahatan terhadap konsumen. Setelah di panen, madu kadar 23 – 30% umumnya hanya awet disimpan beberapa minggu atau beberapa bulan saja, jika tidak segera habis maka akan segera rusak / fermentasi sehingga tidak layak di jual.
Lho bukannya madu tu satu-satunya makanan yg gak bisa kadaluarsa? coba aj gugel dah, yg gw baca c ky gitu.
Gw jg punya madu asli, dibawa langsung dari Papua, ud 4 tahun disimpan, rasanya gak berubah, padahal cmn di simpen di jerigen biasa.
Mungkin klo madu yg bisa kadaluarsa itu madu olahan/madu campuran.

KeykoShop
06-10-2011, 21:53
wah ga bener itu bos....
siapa yg bilang? malah mantep klo minum madu

risingitcomp@yahoo.com
07-10-2011, 13:47
betul sekali madu buat daya tahan tubuh
katanya madu klo lebih bening lebih asli ya. betul ga ya?

c03s
01-03-2012, 12:38
bagus banget tuh madu.. kerasa banget klo yg sering mobile..

klo aku beli dengan merk yang dah pasti ja..
yg pake jinten tuh juga bagus...

cuma ja emang lebih mahal.. tapi kan nyang penting emang kesehatan.. buat pa duit banyak klo nggak sehat..:D

Bener bro madu al karomah beli di tn. abang mantab tuh buat stamina

c03s
01-06-2012, 10:35
Dalam Sunan Ibnu Majah,terdapat riwayat marfu’ dari Abu Hurairah:

“Barangsiapa meminum tiga sendok madu dalam tiga pagi saja setiap bulan,niscaya ia tidak akan terkena penyakit berat.

hanson
15-06-2012, 09:55
Wah aku suka madu enak ya hehe manis tp ga kayak gula or manisan ^_^ enak jg di pake jg selai diroti :) tp sayang jarang ortu beli madu, kalo abangku dinas keluar kota (pulau) aja baru dibawain hehe.

lamak
17-06-2012, 09:15
saya pengen minum madu asli tapi low kalori...kira2 ada gak yah?
maksudnya rendah gula kali ya bro?madu rata rata low kalori bro..jika yang asli (tanpa tambahan gula)..jadi aman untuk konsumsi sehari hari tanpa menimbulkan efek macam kencing manis dll

Ndog Bledeg
17-06-2012, 17:25
wah ane dl demen banget, ampir tiap hari minum madu
kbykan sih lsg diminum gitu aja, tp kadang di campur pas minum teh :)

jaelangkung
20-06-2012, 10:03
saya juga penggemar madu, kalau di tempat ane dihutan kaltim, cari aja penjual madu ==> asli & original, tanpa campuran :)
kalau di Jakarta, nah baru ane bingung, rata-rata udah ada campurannya

cumiasin
20-06-2012, 10:44
dulu sebelum nikah gak pernah minum madu, tapi sejak nikah dan ikut kebiasan istri dan anak² jadi ikutan juga .. ya semoga menjadi obat alamiah :)
malahan sekarang istri suka beli propolis, kalau di keluarga ada yg sakit langsung kasih propolis dulu sebelum pergi ke dokter .. utk batuk pilek andelannya ini sih :)

rapsody
20-06-2012, 11:20
Madu? minimal minum seminggu sekali, langsung ga di campur apa2, alamiah tanpa bahan kimia, sehat buat badan.......... suegerrrrrr

ivaneza
20-06-2012, 11:30
sekarang udah jarang minum madu sejak jauh dr orang tua . wkwkwk
minum tiap hari biasanya, langsung diminum gak dicampur apa2 :)

ruff191
28-06-2012, 10:26
iya nih, dulu sebelum kuliah masih sering, semenjak kuliah jadi nggka pernah minum madu lagi..
sama juga sih, lsg minum aja madu nya 1 sendok makan tanpa dicampur apa2..

malas nya makin ke sini, madu murni makin sulit di cari.. skg mah udah pada di campur macem2.. :(

testakraze
06-08-2012, 01:33
teh sehat?
yogurt sehat?
gua setuju

abis minum teh minum yogurt?
.......
MAMPUS PERUT!!!

deps
24-09-2012, 14:39
setau ku sih dites sama koran
kalau tembus artinya palsu
kalau nggak tembus katanya asli

nggak tau kebalik apa nggak tu

hijacker
04-11-2012, 10:12
gw baru mulai rutin minum madu nih....beli madu thepprasit yang dari thailand...

naoko
05-11-2012, 15:23
madu yg bagus kayanya yg dari high desert cuma mahal

bondhi
06-11-2012, 08:49
madu yg di pasaran kebanyakan udah kaya sirup , mau madu asli harus ternak lebah sendiri atau nyari sendiri kalau brani ke tengah hutan

Encore500s
06-11-2012, 09:15
gw beli madu ke Peternakan di Cibubur, nitip sama teman, kebetulan kerja disitu

syehlemahabang
30-04-2013, 22:54
gw beli madu ke Peternakan di Cibubur, nitip sama teman, kebetulan kerja disitu

tertarik nih...
blh minta cp temennya yg gawe disono itu bro ? kali aja bisa ikutan nitip :D

chhayo
04-05-2013, 23:19
Biasanya di dapur disediain ortu, tp jarang2 siy saya minum cuma klo keinget,pdahal bagus buat stamina.. :D

supray.25
08-05-2013, 11:05
Ane suka minum madu tapi gak tau deh gan madunya asli apa gak susah buat bedainnya

nuryadin
16-05-2013, 14:24
Madu yang asli sangat lezat tapi agak panas di tenggorokan

Jackie
23-10-2013, 21:18
Madu yang asli sangat lezat tapi agak panas di tenggorokan


kok agak panas ditenggorokan ? Dicampur vodka x ??? :p