PDA

View Full Version : [ask] jenis sepeda untuk keliling komplek sekaligus jarak jauh



bee
07-07-2009, 23:10
Setelah baca-baca dikit... :D

Dan tahu dikit, ternyata banyak macamnya sepeda ya
ada MTB, roadbike, citybike, dll deh

Dari contoh di atas, MTB kayaknya enakan buat keliling komplek, di desa-desa.. atau di jalan yang kadang jelek
Kalo roadbike untuk jalan raya dan biasanya jarak jauh ya..

Nah, kalo mau agak kemaruk nih.. :D
Sepeda yang nyaman buat jalan jelek atau di desa-desa... tapi juga sekali-kali pengen diajak untuk jarak jauh (misal >50 km jalan raya).
Tipe sepedanya mending pilih apa ya?
Maunya enak buat dua fungsi di atas tanpa harus beli 2 jenis sepeda :D

lastiko
08-07-2009, 19:30
Setelah baca-baca dikit... :D

Dan tahu dikit, ternyata banyak macamnya sepeda ya
ada MTB, roadbike, citybike, dll deh

Dari contoh di atas, MTB kayaknya enakan buat keliling komplek, di desa-desa.. atau di jalan yang kadang jelek
Kalo roadbike untuk jalan raya dan biasanya jarak jauh ya..

Nah, kalo mau agak kemaruk nih.. :D
Sepeda yang nyaman buat jalan jelek atau di desa-desa... tapi juga sekali-kali pengen diajak untuk jarak jauh (misal >50 km jalan raya).
Tipe sepedanya mending pilih apa ya?
Maunya enak buat dua fungsi di atas tanpa harus beli 2 jenis sepeda :D
sepeda MTB aja si om...sepertinya sepeda yang paling all-terain ya MTB itu...:)...kita cuman mainin ukuran ban sama kembangannya aja...kalo mo jalan di jalan raya n jaraj jauh tinggal make ban kecil aja...ukuran 1.25-1.50...kalo mo jalan agak ancur ya pake ban agak gede...mulai 1.75 - 2.00...:)...kembangannya juga dipilih juga, buat jalan raya pake kembangan yang agak alus n slick...kalo yang agak rusak jalannya make ban agak pacul :)
CMIIW

bee
09-07-2009, 11:41
kalau roadbike yang biasa dipake untuk balapan di jalan raya itu, kok saya liat biasanya malah pake ban yang besar ya..

eh, sebentar.. maksudnya ban besar kecil di sini diameter velgnya atau lebar bannya? :)

0600661160
09-07-2009, 12:06
kalau roadbike yang biasa dipake untuk balapan di jalan raya itu, kok saya liat biasanya malah pake ban yang besar ya..

eh, sebentar.. maksudnya ban besar kecil di sini diameter velgnya atau lebar bannya? :)

diameternya kali yang besar ya..
soalnya itu 29" diameternya...
lebar bannya paling 1,1" ato 1,25"

bee
09-07-2009, 12:12
O, iya.. gak merhatiin angkanya... :D

kalo diameter velg-nya MTB kan biasanya sedang ya.. kalo buat jarak jauh lebih butuh banyak tenaga ya?

lastiko
09-07-2009, 19:21
O, iya.. gak merhatiin angkanya... :D

kalo diameter velg-nya MTB kan biasanya sedang ya.. kalo buat jarak jauh lebih butuh banyak tenaga ya?
iya si, cuman lebih multi terain aja...skarang bayangin kalo mo offroad pake ban 29"...pastinya kan kalo buat nanjak bisa kram semua tu betis :D...tapi ada si sepeda offroad 29ers...cuman mungkin buat yang lebih terlatih :p, seperti om soni diatas :p

bee
13-07-2009, 08:35
Kayaknya sementara jawabannya mengarah ke MTB ya... :)
kecuali kalo udah terlatih seperti 'om soni di atas'... :D

Btw, kalo yang ban-nya bisa digonta-ganti pake ukuran sedang atau untuk roadbike.. ada juga gak ya?

dedy
13-07-2009, 11:17
sebenernya roda lebar itu emang membuat momen yg lbh enak utk di jalan raya.. tapi, kalau dipadu dengan ban besar juga (spt di 29") bisa membuat sepeda terasa berat..
Menurut saya, 26" sudah merupakan kompromi yg pas. karena, saya blm liat ada frame yg bisa pake 26" tukaran dg 29" atau bahkan 700C (balap).

utk memperoleh kenyamanan di dua terrain dg 26", saran saya sih fokus dulu ke arah roda yg ringan. ini utk memperoleh kenyamanan secara umum dulu.

perpaduan velg (rim), jari2 (spoke), dan hub (as) yg ringan tapi cukup kuat, bisa menghasilkan roda ringan.. ini membuat sepeda terasa ringan saat digowes..

utk membuat lbh ringan lagi, cari ban dalam ringan dan ban yg ringan.. ini biasanya efeknya bisa lbh dahsyat.
bermain dengan ban bisa menurunkan total bobot sepeda sampai sekitar 1 Kg lho.. dan penurunan bobot di roda itu membuat sepeda menjadi terasa ringan waktu digowes.

nah, setelah dapet roda yg ringan, skrg tinggal pilih 2 pasang ban berbeda utk masing2 terrain.. cari ban yg kembangannya rapat utk di aspal, dan yg kembangannya jarang utk di tanah/offroad.

Schwalbe biasanya adalah pilihan yg bagus utk memperoleh ban ringan yg lumayan tangguh. utk ban dalam, maxxis menyediakan ban dalam ekstra ringan.. tapi agak ati2 dg ban dlm ringan ini ya.. jgn sampe tekanannnya kurang, soalnya bisa mudah kena snake bite (kejepit dan bocor 2 titik).


kalo mau lbh enak lgi, pakai sepeda model hardtail.. krn yg murah pun sudah cukup ringan.. dan hardtail (tanpa shock blkg) membuat tenaga genjotan bisa tersalurkan efisien.. KECUALI, kalau punya dana utk beli frame fulsus (ada suspensi blkg) yg mahal2 dan bisa di-adjust tingkat bouncing-nya (kita bicara harga 5jt s/d puluhan juta
utk shock depan, cari yg pake angin (bukan coil) supaya ringan.. shock RST sudah ada yg 1jutaan dan di bawah 2 kg.

intinya sih, sepeda yg ringan biasanya lbh nyaman utk perjalanan biasa.. tapi jgn bahas soal lompat2an dan downhill yaaa.. beda lg itu.. hehe

lastiko
14-07-2009, 11:35
Kayaknya sementara jawabannya mengarah ke MTB ya... :)
kecuali kalo udah terlatih seperti 'om soni di atas'... :D

Btw, kalo yang ban-nya bisa digonta-ganti pake ukuran sedang atau untuk roadbike.. ada juga gak ya?
ban bisa diganti2...maksudnya gimana ya? ya makanya sediain 2 ban, yang kecil n besar..jadi kalo buat jalan raya pake ban kecil kalo offroad pake ban gede :)

bee
16-07-2009, 20:12
@dedy
trims banyak Bro... penjelasannya banyak, siiip.. :)


ban bisa diganti2...maksudnya gimana ya? ya makanya sediain 2 ban, yang kecil n besar..jadi kalo buat jalan raya pake ban kecil kalo offroad pake ban gede :)
Maksudnya tadinya yang digonta-ganti ukuran rim-nya, tapi ternyata yang mudah digonta-ganti bannya ya.. trims juga bro

lastiko
17-07-2009, 08:54
@dedy
trims banyak Bro... penjelasannya banyak, siiip.. :)


Maksudnya tadinya yang digonta-ganti ukuran rim-nya, tapi ternyata yang mudah digonta-ganti bannya ya.. trims juga bro
ngganti rimnya doank...wah setel velg lagi dunk :p
sebenernya paling enak punya 2 wheelset (rim + hub/freehub + spoke) yang 1 khusus untuk offroad 1 nya lagi khusus onroad...jadi ga perlu gonta2 ban..tinggal ganti wheelsetnya wae

bee
19-07-2009, 11:49
Tadi liat foto balap sepeda (tour) di kompas.. mantep sepedanya :D

tapi sepeda mantep gitu ternyata malah ga ada rem cakram, suspensi, atau fitur lainnya..
btw, sebenarnya disc brake yang ada di sepeda itu seberapa pakem seh?
bisa seperti di sepeda motor?

lastiko
20-07-2009, 03:09
Tadi liat foto balap sepeda (tour) di kompas.. mantep sepedanya :D

tapi sepeda mantep gitu ternyata malah ga ada rem cakram, suspensi, atau fitur lainnya..
btw, sebenarnya disc brake yang ada di sepeda itu seberapa pakem seh?
bisa seperti di sepeda motor?
sepeda mah ga perlu pake cakram dan lain2 biar bisa mahal...frame aja yang terbuat dari carbon udah bisa bikin mahal :p

disc brake di sepeda ada 2 macem, mekanik n hidrolis
Yang mekanik masi ditarik sama kabel, untuk kepakeman si tergantung merk n harga tu disc brake...
Yang hidrolik ini kerjanya sama kayak motor, jadi pake minyak rem..inipun tingkat kepakemannya lebih tinggi dibanding mekanik biasa...tapi balik lagi ke merk n harga disc brakenya :)

CMIIW

mvpsukarno
20-07-2009, 15:41
Jenis sepeda untuk keliling kompleks sekaligus jauh, ambil aja tipe sepeda XC atau hybrid, untuk merk, model dan harga bervariasi tergantung selera dan budget :D



Tadi liat foto balap sepeda (tour) di kompas.. mantep sepedanya :D

tapi sepeda mantep gitu ternyata malah ga ada rem cakram, suspensi, atau fitur lainnya..
btw, sebenarnya disc brake yang ada di sepeda itu seberapa pakem seh?
bisa seperti di sepeda motor?


kalo masalah pakem atau gak tergantung dari jalur lintasan sepeda sendiri yah.

Untuk jalur perkotaan yang kebanyakan aspal jenis V-brake jauh lebih pake dari Disc Brake

Untuk Jalur tanah, lumpur dsb mending ambil disc brake, karena takutnya rims (lebih dikenal dengan sebutan velg) itu biasa kena lumpur/pasir jadi kalo pake v-brake gak nyengkram.

CMIIW

bee
20-07-2009, 21:46
Jenis sepeda untuk keliling kompleks sekaligus jauh, ambil aja tipe sepeda XC atau hybrid, untuk merk, model dan harga bervariasi tergantung selera dan budget :D

Sorry banget Bro.. saya bener2 nubie di "persepedaan".. XC itu MTB bukan? :D

galihleo
23-07-2009, 12:20
XC itu singakatan dari Cross Country.
merupakan salah satu cabang (jenis) permainan di MTB
cmiiw

bee
23-07-2009, 12:26
XC itu singakatan dari Cross Country.
merupakan salah satu cabang (jenis) permainan di MTB
cmiiw
Ooo.. ternyata Cross Country jadi XC ya, bukan CC... maklumlah.. :D

Btw, sepeda yang dirakit Bro kayak apa? XC juga ya? Share disini kalo gak keberatan..
Trims

galihleo
23-07-2009, 12:48
Ooo.. ternyata Cross Country jadi XC ya, bukan CC... maklumlah.. :D

Btw, sepeda yang dirakit Bro kayak apa? XC juga ya? Share disini kalo gak keberatan..
Trims

kan "X" untuk "Cross".. heheheh...

dulu sempet punya sepeda XC, tapi udah saya jual, heheheheh..
adanya yang kayak gini (http://forum.chip.co.id/chip-online-cyclist-crew/131303-bicycle-park-silakan-pajang-kereta-angin-chippers-disini.html)
tapi yang nomor 1 udah di jual, tinggal no. 2 (sepeda Dirt Jump/DJ), no. 3 (udah di convert ke settingan All Mountain/AM), sama no. 4 (Fixed gear/Fixie)

bee
24-07-2009, 21:15
Btw, jadi pengen ngerakit sepeda juga neh kapan2 kalo ada duit.. :D

kalau toko yang cukup lengkap spare-parts untuk ngerakit sepeda di jogja, ada yang tau ga?

galihleo
27-07-2009, 12:29
Btw, jadi pengen ngerakit sepeda juga neh kapan2 kalo ada duit.. :D

kalau toko yang cukup lengkap spare-parts untuk ngerakit sepeda di jogja, ada yang tau ga?

dari web ini (http://sepedaku.com/forum/cmps_index.php?pageid=shoplist)


YOGYAKARTA
Alam Baru
Jl. Malioboro No.151 Ph. (0274) 514 903

Adi Mitra
Jl. Bridgjen. Katamso No. 210 Ph. (0274) 376 692

Pedro's Pit Shop
Jl. Kebon Agung Km 4,6, Los Danon Ph. 0816 972823

tapi saya ga tau pasti juga, karena hanya ngutip dari alamat toko yang ada web sepedaku, untuk pastinya coba aja kontek nomor telp yang ada di atas...

bee
27-07-2009, 13:07
dari web ini (http://sepedaku.com/forum/cmps_index.php?pageid=shoplist)

tapi saya ga tau pasti juga, karena hanya ngutip dari alamat toko yang ada web sepedaku, untuk pastinya coba aja kontek nomor telp yang ada di atas...
trims banyak Bro.
mudah-mudahan ntar ada kesempatan ke jogja... bisa nanya-nanya kalo ngerakit ato beli unit