PDA

View Full Version : [ask] untung rugi hybrid bike



bee
22-03-2010, 12:03
Sepeda ini katanya multi purpose bike, bisa untuk trekking tapi juga bisa untuk touring karena ukuran bannya kalo gak salah 18".

Kalo dibandingin dengan MTB aja yang ukuran bannya lebih kecil, mendingan mana ya?

Jika sama-sama digunakan untuk trekking dan touring..

Mohon advisnya.. trims

bee
25-03-2010, 11:26
masih menunggu... :D

lastiko
30-04-2010, 16:38
saya jawab sepengetahuan ane ya bro:
setau saya hybrid bike iku bukan tipe sepeda multi purpose, dia bisanya cuman dibaut onroad aja, kalo onroad kemungkinan ga bisa...knapa?
1. Biasanya hybrid bike make fork rigid (alias ga ada shock didepannya)
2. Ukuran frame hybrid bike tidak cukup kalo dimasukin ban gede (ban offroad)
3. Frame hybrid kebanyakan niru frame sepeda balap, cuman handlebar diganti model flat/semi rise, bukan dropbar layaknya balap.
Jadi secara fisik udah ga memungkinkan untuk multi purpose bike.

Nah, sekarang bicara tentang ukuran ban, sebenernya ukuran ban 29" itu buat orang bule2 yang notabene tinggi2, soalnya menurut mereka kalo make ban 26" sepedanya terlalu pendek, meskipun dia bisa make frame dengan ukuran gede (21" keatas). Nah kalo buat orang Indonesia kok mending make ban 26" aja...selain gampang cari sparepartnya juga ga berat mancalnya...hehe, secara kalo ban lebih gede otomatis genjotnya lebih berat.

Itu aja si pendapat ane tentang hybrid bike
CMIIW ya... :P

bee
01-05-2010, 21:47
Makasih banyak masukannya bro..
jadi kayaknya mending pilih salah satu aja sesuai keperluan, trekking atau touring.. gitu ya?

lastiko
02-05-2010, 16:03
paling aman sih punya 2 sepeda...1 buat offroad 1 buat onroad
pilihannya bisa 1 sepeda dual suspension, 1 sepeda hybrid/balap :p

granzchesta
02-05-2010, 17:49
@TS
yang pasti siap'in kantong aja kalo turutin kata2 lastiko :p :bolt:

bee
09-05-2010, 22:41
paling aman sih punya 2 sepeda...1 buat offroad 1 buat onroad
pilihannya bisa 1 sepeda dual suspension, 1 sepeda hybrid/balap :p
ok ok.. gak masalah bro
masalahnya, nabungnya harus lebih lama neh :D

oiya, sebenarnya sepeda offroad/trekking pun kalo dipake untuk touring juga bisa2 aja kan?
apa pengaruhnya ntar ke tenaga ekstra yang harus dikeluarkan gitu ya?

@TS
yang pasti siap'in kantong aja kalo turutin kata2 lastiko :p :bolt:
ahahahahaha :D:D
pengalaman pribadi neh...?

lastiko
13-05-2010, 05:55
ok ok.. gak masalah bro
masalahnya, nabungnya harus lebih lama neh :D

oiya, sebenarnya sepeda offroad/trekking pun kalo dipake untuk touring juga bisa2 aja kan?
apa pengaruhnya ntar ke tenaga ekstra yang harus dikeluarkan gitu ya?



oalah...ini ada salah pemahaman kalo gitu...ane pikir trekking itu jalan2 di kota2..wkwk, ternyata bro intercept kata trekking ma offroad to...hehe...
masalahnya ada di geometri bro..berhubung sepeda hybrid niru geometrinya sepeda balap, maka dia kalo di jalan mulus larinya enak banget.
Sementara sepeda trekking/offroad hardtail itu didesain buat XC, jadinya dia lebih memgutamakan kelincahan...jadinya kalo dibandingkan head to head masi unggul sepeda hybrid (selama mainnya di jalan raya).
Tapi kita kan ga harus punya sepeda yang ideal kan...ane aja sepeda XC ane buat sepeda road, bannya ane ganti ban kecil ala balap :p...buat ane nyaman2 aja tuh...tapi waktu naek sepeda balap temen...keliatan bedanya :)...tapi toh kita juga bukan atlet yang harus sempurna dalam bersepeda..

bee
14-05-2010, 07:59
betul, bro... tidak harus ideal, apalagi dibatasi isi kantong.. :D

trims infonya
tetep ntar pilihannya antara hybrid ini ato yang pure MTB..
ato kalo udah sampe toko (kalo jadi tercukupi duitnya :D ) kadang mengesampingkan jenisnya
yang penting cocok di mata, cocok di kantong, enak dipake, angkuuut.... :D

Handiman
14-05-2010, 22:48
Sebenarnya bagus sekali thread-starter mendifinisikan dahulu apa yg dimaksud dengan Hybrid-Bike nya itu.

Soalnya sekarang mulai banyak sepeda pake akku/batery tapi juga punya pedal kalo mau genjot bilamana perlu.
Pertama baca gw kira sepeda macam ini yg dimaksud (genjot + batery)
seperti kalo mobil itu Toyota Prius (bensin dan batery ).

Mudah2an bisa lebih menjelaskan.

Briyan
11-10-2011, 21:45
lebih baik pelajari hobi dan minat ente dulu bos, suka di medan apa bersepedanya, kalo udah ketemu tinggal cari sepeda yang bisa mendukung hobi dan minat tersebut

bee
18-11-2011, 09:22
Sebenarnya bagus sekali thread-starter mendifinisikan dahulu apa yg dimaksud dengan Hybrid-Bike nya itu.

Soalnya sekarang mulai banyak sepeda pake akku/batery tapi juga punya pedal kalo mau genjot bilamana perlu.
Pertama baca gw kira sepeda macam ini yg dimaksud (genjot + batery)
seperti kalo mobil itu Toyota Prius (bensin dan batery ).

Mudah2an bisa lebih menjelaskan.
Iya juga ya.. itu juga bisa dibilang hybrid, maaf bro
tapi disini maksudnya hybrid itu dalam hal penggunaannya (masih sama-sama gowes), tapi bisa untuk trekking sekaligus touring
bukan genjot + baterai :D


lebih baik pelajari hobi dan minat ente dulu bos, suka di medan apa bersepedanya, kalo udah ketemu tinggal cari sepeda yang bisa mendukung hobi dan minat tersebut
sebenarnya minatnya juga masih gak jelas ini.. makanya bingung :D
sampe sekarang juga belum jadi-jadi belinya...
dah keburu banyak kebutuhan lain, banyak kerjaan.. jadi terlupa minatnya buat bersepeda..

Ndog Bledeg
04-12-2011, 13:49
iya bos tentuin dl ke depannya bakal lbh sering di pake trekking atau touring.
setelah tau apa yg di mau tinggal riset jenis ama harganya :)

j3t
15-02-2014, 09:42
bangkitin trit lama :D

sekalian tanya nih
ini sy ada rencana rakit sepeda, yg mungkin bs dibilang hybrid
purposenya ke kebutuhan, bukan style dan dll, dg rincian:

1. frame sepeda road race (dicombine dg part berikutnya~)
2. fork suspensi
3. semua rem pake cakram
4. saddle boncengan
5. keranjang belanja depan
6. full slebor depan belakang
7. tentu lgkp dg hidraulers depan belakang

nah, hal tsb bs diwujudkan ga nih ya
berawal dari frame roadrace yg bs dikasi skok depan aja dlu mungkin :)
Thx