PDA

View Full Version : Tata bahasa yg benar



willy_212005
14-04-2006, 02:39
PROPINSI atau PROVINSI

ax1oo
14-04-2006, 03:44
propinsi-kalo yg ngucapinnya orang sunda
provinsi- klo yg ngucapinnya selain orang sunda dan orang sunda jg ada:D

tp binun jg deng,, di peta bilangnya PROPINSI
padahal kalo gak salah dismp tu diajarinnya PROVINSI:crazy2: :crazy:

bang reza
14-04-2006, 06:29
kalo menurut wikipedia mengutip dari kamus besar bahasa indonesia provinsi itu benar tapi propinsi dianggap sebagai variasi yang berkembang di amsyarakat..
(http://66.249.93.104/search?q=cache:UbVjcBnc2-4J:id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:http://66.249.93.104/search?q=cache:UbVjcBnc2-4J:id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Pedoman_Ejaan+ejaan+yang+benar++propinsi +provinsi&hl=nl&gl=nl&ct=clnk&cd=1&client=firefox-a) ----> sayang udah diapus

Reezky
14-04-2006, 07:00
Propinsi.....

DraCoola
14-04-2006, 14:30
Provinsi lebih ke induknya, bahasa Belanda.
Brati propinsi bisa jadi memang kerna variasi (pariasi?) yg berkembang di masyarakat.
Ato bisa juga kerna dibakuken smenjak muntjulnja EYD.
Coba nanya kbenarannya ke JS Badudu deh bro.

mupit
14-04-2006, 14:49
Wew, kayaknya lebih bener ke Provinsi

bang reza
14-04-2006, 15:19
Provinsi lebih ke induknya, bahasa Belanda.
Brati propinsi bisa jadi memang kerna variasi (pariasi?) yg berkembang di masyarakat.
Ato bisa juga kerna dibakuken smenjak muntjulnja EYD.
Coba nanya kbenarannya ke JS Badudu deh bro.

se[erti yang udah ditulis..dipostingan aku sebleumnya..
kalu di kmus besar ya Provinsi
asalnya bsia bahasa inggris (province) bisa bhs belanda juga), cuma propinsi yang sering dipakai masyarakat..dua2 nya bener kok,..

DraCoola
14-04-2006, 15:33
se[erti yang udah ditulis..dipostingan aku sebleumnya..
kalu di kmus besar ya Provinsi
asalnya bsia bahasa inggris (province) bisa bhs belanda juga), cuma propinsi yang sering dipakai masyarakat..dua2 nya bener kok,..
Gempa bumi bro? keyboard mu begetar tuh :p
Kalo kata Provinsi ndiri.. asalnya bukan bahasa belanda tulen yah?
Sperti misalnya verboden ato reboes dan persneleng, etc?
Oalah di kamus besar tuh Provinsi toh.. sbap kbetulan aku juga lagi bermasalah ama yg namanya Provinsi/Propinsi.
Lagi ngerjain sesuatu yg berubungan ama itu. Kupake Provinsi aja deh :)
Thx anyway.

bang reza
14-04-2006, 15:58
Gempa bumi bro? keyboard mu begetar tuh :p
Kalo kata Provinsi ndiri.. asalnya bukan bahasa belanda tulen yah?
Sperti misalnya verboden ato reboes dan persneleng, etc?
Oalah di kamus besar tuh Provinsi toh.. sbap kbetulan aku juga lagi bermasalah ama yg namanya Provinsi/Propinsi.
Lagi ngerjain sesuatu yg berubungan ama itu. Kupake Provinsi aja deh :)
Thx anyway.


bahasa inggris dan bahasa belanda untuk penyebutan provinsi khan mirip...

willy_212005
14-04-2006, 18:49
jadi kesimpulan nya apa nigh?? :D

dalam penulisan propinsi
tapi dalam pengucapan provinsi.
gitu ya??
atau gimana yg bener dan baek nya.

itchybear
14-04-2006, 22:14
selama kita dengernya ga salah tangkep....
ga masalah toh....

kecuali artinya beda.....

M0b1us
14-04-2006, 22:38
Ga penting banget.....:D

Xander
14-04-2006, 22:45
Ga penting banget.....:D
Penting dong
Misal vena cava masak diganti pena kapa ....:yikes:

M0b1us
14-04-2006, 23:05
Penting dong
Misal vena cava masak diganti pena kapa ....:yikes:
Kl sampe kyk gitu sih....kebangetan banget deh...:D
Tp byk kok istilah anatomi yg udah mulai diserap....contohnya arteri carotis externa.....jadi arteri karotis eksterna
Tp byk istilah2 yg diterjemahinnya aneh2....contoh gap junction jd...taut rekah

itchybear
14-04-2006, 23:18
selama kita dengernya ga salah tangkep....
ga masalah toh....

kecuali artinya beda.....

gw quote lagi pernyataan gw

aw_kmy
17-04-2006, 13:34
Yang bener PROVINSI :)

Trus ada lagi nih..

Tanggungjawab / Tanggung jawab
(disambung apa ngga?)
:confused:

mvx1n
17-04-2006, 13:47
kayaknya dipisah: tanggung jawab

diztroy
17-04-2006, 13:48
waduh, berat nih
kayaknya sih dipisah,
tapi kl nulis "pertanggung jawaban", atau "pertanggungjawaban", yg bener mana ?

Handiman
17-04-2006, 13:51
Trus ada lagi nih..

Tanggungjawab / Tanggung jawab
(disambung apa ngga?)
:confused:


Dua kata itu disambung apa tidak ........itu tergantung dari cerita keseluruhannya.

Misalnya mana yang bener cowo cewe atawa cowocewe ?
Jawabnya ya begini : kalo dalam cerita keseluruhannya itu cowo belum nikah sama cewe itu .......... ya yg bener nulisnya cowo cewe.
Tapi entar kalo cowo itu nikahin itu cewe ................ jadinya ya berubah jadi : cowocewe

aw_kmy
17-04-2006, 14:30
Dua kata itu disambung apa tidak ........itu tergantung dari cerita keseluruhannya.

Misalnya mana yang bener cowo cewe atawa cowocewe ?
Jawabnya ya begini : kalo dalam cerita keseluruhannya itu cowo belum nikah sama cewe itu .......... ya yg bener nulisnya cowo cewe.
Tapi entar kalo cowo itu nikahin itu cewe ................ jadinya ya berubah jadi : cowocewe

Jadi kata itu disambung pa ga,tergantung maknanya..kalau satu makna disambung.
Contohnya kaya pertanggungjawaban itu disambung (diztroy):D
Kalau cowo cewe kayanya dipisah deh:) lagian jarang ada kata cowocewe disambung di koran, majalah, atau yg lain..;)