PDA

View Full Version : Percayakah anda bhw manusia itu dr monyet?



Pages : [1] 2

vaporizel
03-05-2006, 10:49
Percayakah anda pada teori evolusi monyet jadi manusia?

Kalo saya sih tidak.

Saya lebih percaya teori evolusi manusia jadi monyet.

Hitman2001
03-05-2006, 13:50
Sama... Saya ngga percaya juga bro... Itu kan akal2annya Mr. Darwin aja...

mupit
03-05-2006, 14:04
Kontroversial man! Ada yang bilang percaya ada yang bilang tidak. Yang jelas, yang gw tahu tuh kalo di Islam, Tuhan sebelumnya menciptakan makhluk yang belum sempurna, lalu setelah beberapa lama baru diciptakan manusia yang benar - benar sempurna dan memiliki akal layaknya malaikat.
Kalo gw sendiri sih,... gak percaya. Harus ada bukti yang jelas terlebih dahulu. Right? Isn't it?

silver3mbr4nt
03-05-2006, 14:13
gw percaya manusia berevolusi (ini hal pasti).... tapi ga tau dari apa dan akan jadi apa... :D

jacky
03-05-2006, 14:13
gak setuju bgt....
manusia itu ciptaan yg paling tinggi !

dimasdw
03-05-2006, 14:16
gw nggak percaya Evolusi ,dalam islam juga enggak ada
Evolusi,Pak Harun Yahya juga dah cakep macem2 ttg kebohongan darwin

mvx1n
03-05-2006, 14:33
Saya lebih percaya teori evolusi manusia jadi monyet.
:iagree: terutama para koruptor tuh :D

itchybear
03-05-2006, 14:44
aduh bro....
jgn disangkut pautkan antara ilmu pengetahuan dan agama.... ga akan bisa jalan selaras.....

pertanyaan macam ini sih ga bakalan ada jawaban jelasnya deh.... biarpun udah ada bukti secara ilmiah... tetep aja ga akan dipercaya oleh sebagian besar org....

as for me.... dibilang percaya... percaya juga... dibilang ga percaya... ga percaya juga.... intinya ga mau pusing... mao dari monyet kek, mo dari ikan kek, yg pasti skr gw orang dan gw jalanin hidup sebaik2nya sebagai orang

positive+
03-05-2006, 16:07
@Itchybear bener guys :)
sebaik-nya berhati2 dlm membuat teori ilmiah dgn menyangkut masalah agama.
untuk yg percaya ama Al Qur'an, maka percayalah semua ilmu pengetahuan di dunia ini sudah tercakup di dalam-nya, hanya otak manusia masih belum mampu utk men-translatednya dlm bentuk nyata scr utuh :)
Manusia boleh berteori, termasuk Darwin. Setiap org punya nilai kebenaran mrk masing2 thd sesuatu dan menganggap bg diri mrk itu yg benar. Timbul lg perdebatan yg bila menyangkut dlm agama bisa berakibat fatal bg pribadi dan org lain.

Jangan mrs sombong thd ilmu pengetahuan yg kita miliki, krn kita hanya tau sebatas dunia ini yg disebut bumi. Sedangkan semesta raya sangat2 lebih dr itu :)

bila selembar kertas A4 dapat dipotong2 sedemikian kecil dlm ukuran micron dan dijadikan seutas tali itu mampu mencapai jauhnya bulan, maka kita akan sadar bahwa apa yg kita ketahui itu lebih kecil dari potongan kertas tsb.


Regard, Wassalam

De Res
03-05-2006, 19:01
gw NGGAK percaya... manusia pertama itu kan nabi adam, dan dia diciptakan dari tanah oleh Allah.

Radeonator
03-05-2006, 19:21
belum ada bukti pasti, jadinya belum bisa dibilang kebenarannya. :)

hela
03-05-2006, 20:31
bingung juga:confused:
seingat saya,dulu ada seorang ahli bernama harun yahya dkk pernah meneliti tengkorak2 manusia purba.dia pake tes dna ternyata dari hasil penelitiannya dna tulang rahang bawah dan rahang atas berbeda dan juga tulang pelindung otak dengan tulang rahang juga berbeda dna.dan tidak mungkin jika ada dalam tubuh satu manusia memiliki beda dna misalnya tulang rahang bawah gw dengan tulang rahang atas gw berbeda dna.

sori jika ada salah,gw bukan peneliti atau ahli.:o
ini cuma hasil penelitian dan hipotesa.

positive+
03-05-2006, 21:44
Hhh..sebenarnya ilmuwan2 skrg juga sudah meninggalkan teori ini. Teori lama dengan segala keterbatasan, seperti ada teori yg mengatakan bumi itu datar...etc...etc. Ilmuwan skrg dgn sgl pengetahuan baru, device dan segala peralatan teknologi tinggi. Pengetesan DNA, yg bukan hanya dengan meneteskan darah di dlm air dan membandingkan dgn tingkat kepekatan-nya spt dulu, mengapa kita ngga berpikir spt itu aja ??

kalo mau berteori lebih lanjut :
- apakah mungkin Hawa itu ada karena ada process cloning dr DNA Adam ? Krn di dalam Al Qur'an Hawa tercipta dr tulang rusuknya, sedangkan menurut ilmiah ngga mungkin dari tulang menjadi manusia.
- Untuk masalah mutasi dan evolusi. Makhluk itu beradaptasi thdp ekosistem-nya, perubahan struktur bentuk dan karakteristik baik phisic maupun sifat sangat memungkinkan.
- Kimia membuat persamaan H20 itu terdiri 2 atom Hidrogen dan 1 atom Oxigen, hingga menjadi air. Komposisi yg seimbang menciptakan bentuk baru. ( Pemikiran kemungkinan adanya mutasi )
- Teori Relativitas Einstein, apakah manusia dan semesta ini terbentuk Massa yg relative, energi yg relatif dan dengan kecepatan yg relatif. Bandingkan dengan teori Big Bang, bandingkan apakah semesta ini bergerak atau statis, kemungkinan unsur2 yg ada di bumi utk dimiliki oleh planet lain. Karena bila terpaku pada Teori Big Bang, maka semua berasal dari satu titik awal. Apakah mampu nantinya utk berpikir dari mana asal titik awal itu sebelum meledak ( Bang !!! ) ? dan mengapa harus meledak ? Black Hole apa hubungannya dengan segala keganjilan semesta ini ?
- dan lainnya ... dan lainnya ...

Sekedar memperingati sebelum smakin jauh utk mengaitkan segala sesuatu di sini dengan ilmu agama ... terserah kalo ada yg mampu utk itu ?

Regard,

zentrad
03-05-2006, 22:07
YG PASTI ADA MANUSIA yg TAMPANG-NYA (plg gak dari tengkoraknya) MIRIP KERA...:)

NB: NEVER RESPON SERIOUSLY TO MY post

retak
04-05-2006, 02:56
Klo memang manusia itu berawal dari evolusi seekor monyet, lalu kenapa msih ada monyet sekarang ini, dan bahkan ada beberapa spesies monyet di dunia ini, harusnya kan para monyet2 itu menghasilkan keturunan yang menyerupai manusia kan?

andhee
04-05-2006, 03:02
aduh bro....
jgn disangkut pautkan antara ilmu pengetahuan dan agama.... ga akan bisa jalan selaras.....

pertanyaan macam ini sih ga bakalan ada jawaban jelasnya deh.... biarpun udah ada bukti secara ilmiah... tetep aja ga akan dipercaya oleh sebagian besar org....

as for me.... dibilang percaya... percaya juga... dibilang ga percaya... ga percaya juga.... intinya ga mau pusing... mao dari monyet kek, mo dari ikan kek, yg pasti skr gw orang dan gw jalanin hidup sebaik2nya sebagai orang

sori nih gue gak setuju... kata siapa agama gak selaras dengan science... tergantung agamanya dulu... dan tergantung scientistnya mngambil dari sudut pandang apa....

ini salah satu contoh aja yah... manusia berasal dari monyet... gue gak setuju... di agama disebut manusia diciptakan langsung.. bukan dari evolusi... dan darwin aja sampe sekarang gak bisa ngebuktiin manusia berasal dari monyet dengan teori evolusinya... beberapa orang yg coba malsukan bukti2 evolusi manusia berasal dari monyet ketahuan kok... dan sampe sekarang juga gak terbukti... missing link... kenapa?? karena memang asalnya bukan dari monyet....

satu lagi ajaran agama mengenai kekuasaan tuhan itu bener adanya.. bahwa mahluk di bumi itu tidak berevolusi sepenuhnya... ada beberapa mising link... hal ini terjadi karena memang disebut mahluk yg ada di bumi ini diciptakan dan dibinasakan... contoh banjir nuh... yg menengelamkan seisi dunia... dan penelitian ilmiah dengan mengunakan karbon (pembacaan waktu menunjukkan pada saat2 tertentu dunia ini meng tidak ditemukan mahluk hidup)... kenapa?? karena memang dibinasakan total... hal ini mementahkan teori evolusi darwin...

sekarang tanpa bermaksud sara... darwin itu kepercayaannya apa sih?? kan banyak scientist yg gak percaya tuhan.. so mereka lebih percaya teori evolusi... tapi masih belon bisa dibuktikan sampe sekarang... karena missing link tersebut....

no offence... ini cuma pendapat gue... :D

itchybear
04-05-2006, 03:25
seharusnya kalo belum bisa diterima oleh sebagian besar penduduk dunia... mustinya jgn diajarkan teori evolusi manusia waktu di sekolah....
hahahahahahahahahahaha

anyway

@andhee
knapa gw bisa bilang agama ama pengetahuan itu ga selaras?
karena agama berasal langsung dari Allah dan untuk membuktikannya diperlukan sesuatu yg bernama "iman" yg tidak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan.
pengetahuan juga berasal dari Allah, tapi untuk mempercayainya dibutuhkan fakta yg dapat ditangkap oleh panca indra, sedangkan ilmu pengetahuan sendiri belum bisa membuktikan iman. jadi iman itu sendiri belum diakui oleh pengetahuan. (boro2 iman... perasaan manusia aja blom bisa dibuktikan sepenuhnya...)
inget2 deh cerita Adam dan Hawa.. dimana hanya satu buah yg tidak boleh dimakan di taman firdaus... buah "pengetahuan"

seperti kata bung positive+... kita hanyalah manusia... ga akan bisa memahami Allah sepenuhnya... belajarlah menerima apa adanya, dan lakukan sebaik2nya peranmu didunia ini sebagai manusia.


ibarat kata seperti gelas biasa yg kosong dan ember penuh dengan air...
bayangin ember yg penuh dengan air itu dituang kedalem gelas kosong tersebut....
tentu saja gelas tersebut cuma bisa menampung air sebanyak isi gelas tersebut... gak akan bisa menampung walaupun hanya 1/2 dari isi ember tersebut.
nah......
gelas biasa yg kosong = manusia
ember yg penuh dengan air = tidak sampai 1/4 dari seluruh pengetahuan dan misteri Allah

andhee
04-05-2006, 03:45
gue setuju dengan elo masalah gelas dan ember itu :D

btw, gue kasih contoh kasus dimana akhirnya scientis bisa percaya agama... dia membuktikan dengan penelitian... ternyata selaras dengan agama "tertentu" akhirnya dia bisa percaya dengan agama tersebut... balik lagi ke ember dan gelas... karena dia tidak bisa membuktikan semuanya, akhirnya karena yg sedikit itu benar... dia percaya sisanya....

oh iya... masalah ilmu pengetahuan, makanya dibagi 2, ada yg fisik, ada yg abstrak.. kenapa... karena keterbatasan indra manusia juga kan... so bukan berarti apa yg tidak bisa kita lihat tidak kita percaya....


seperti kata bung positive+... kita hanyalah manusia... ga akan bisa memahami Allah sepenuhnya... belajarlah menerima apa adanya, dan lakukan sebaik2nya peranmu didunia ini sebagai manusia.

untuk yg ini gue cuma bisa 1/2 setuju... menurut gue gak bisa kita berpasrah diri... justru kita harus belajar sebanyak2nya....

banyak ajaran agama yg jaman dulu belon terbukti tapi dipercaya oleh orang... dan sekarang dapat dibuktikan oleh ilmu pengetahuan... (gue gak ngomongin bener/salah yah) contoh... dilarang minum alkohol... setelah diteliti baik secara psikologis + fisik, alkohol kan merusak tubuh manusia... secara fisik merusak hati(lever) secara psikologis merusak hubungan sesama manusia... coba berapa banyak keluarga yg hancur akibat salah seorang di dalamnya jadi alkoholik...

so sekali lagi... tergantung sudut pandangnya juga.... sama kayak liat silinder... gue liat dari samping, loe liat dari atas... gue bilang bentuknya kotak, loe bilang bentuknya lingkaran... iya kan??? makanya sudut pandang sangat berpengaruh.... eh ada satu lagi bilang elips... alasannya.. dia gak pernah liat kotak/lingkaran tapi ikutan komen :D nah kalo ini karena kurang pengetahuan... akhirnya ada 3 jawaban... nambah deh... tergantung sudut pandang dan seberapa besar pengetahuan kita....

btw, gue masih gelas kecil... jadi kalo dikasih air seember... mungkin gak dapet semua... entah dapet bagian yg manis atau yg pahit gue juga gak tau... so sekali lagi ini cuma pendapat gue...

no offence, peace :D

Warlords
04-05-2006, 06:15
sebel gue ama tukang2 nyari teori ilmu pengetahuan. cuma modal angan2 tapi bukti gak ada. paling sebel ama teori black hole. tiap tahun berubah2 teorinya.

Hitman2001
04-05-2006, 07:55
Tetep aja menurut gua mah topik ini muncul dari akal2annya si Darwin (biar beken gitu loh)... :D
Kemiripan struktur tulang tengkorak monyet dan manusia bukan jaminan bahwa manusia adalah evolusi (baca:berasal)
dari monyet...

No offense bro2 sekalian, tapi gua perkirakan hasil akhir topik ini kira2 :

"Bagi yang percaya bahwa manusia (baca:dirinya) hasil evolusi (baca:berasal) dari monyet, silakan...

dan,

Bagi yang tidak percaya bahwa manusia (baca:dirinya) hasil evolusi (baca:berasal) dari monyet, monggo..."

:buddies:

judhies_halim
04-05-2006, 08:12
Gw percaya ko org tuh dari monyet!
Buktinya ada!!!
apa hayoooo?????
Nih buktinya :
1. Ada org2 yang demonya ke monyet waktu memprotes UU APP.
2. Ada org2 mirip monyet ko... dah di demo besar2an tetep aja gak sadar. Mungkin karena gak paham bahasa manusia.
3. monyet sering ngumpetin atau rebutan makanan, org juga sama sering korupsi dan rebutan kursi.
4. dll.

Hitman2001
04-05-2006, 09:12
Gw percaya ko org tuh dari monyet!
Buktinya ada!!!
apa hayoooo?????
Nih buktinya :
1. Ada org2 yang demonya ke monyet waktu memprotes UU APP.
2. Ada org2 mirip monyet ko... dah di demo besar2an tetep aja gak sadar. Mungkin karena gak paham bahasa manusia.
3. monyet sering ngumpetin atau rebutan makanan, org juga sama sering korupsi dan rebutan kursi.
4. dll.

Tetap manusia, tapi bermental monyet... Harap dibedakan... haha... :D

:smilies:

ridsa
04-05-2006, 10:33
percayalah, manusia-manusia yang kemarin demo sampai histeris massal itu apa ndak mirip sifat monyet ?

Hitman2001
04-05-2006, 10:50
Makanya gua bilang juga : manusia bermental monyet.. Jika mentalnya seperti monyet maka ngga usah heran kalau perilakunya juga seperti monyet...

positive+
04-05-2006, 15:29
@Andhee

menurut gue gak bisa kita berpasrah diri... justru kita harus belajar sebanyak2nya....

:) bukan ber-pasrah diri dan menerima apa adanya, bro. Manusia tetap ber-ikhtiar untuk melengkapi diri mereka dgn apa yg mrk mau. Hanya bila menyangkut untuk mempertanyakan yg tidak dapat dijawab oleh science, maka di sini manusia harus mampu merendah diri dihadapan kekuasaan Tuhan.
Seperti gelas dan se-ember air yg disebutkan @itchybear

Al Qur'an hanya sekedar petunjuk bagi manusia utk menjadi khalifah di bumi ini. Dan hanya akan menjadi kitab yg ngga beda dari buku biasa, bila tidak dipergunakan semestinya.

Yaa siin ... Hanya Allah yg mengetahui artinya :)

Ahh..ngga maksud menyangkut pautkan ini dgn agama, karena jujur gw masih belum mampu.

Regard,

mupit
04-05-2006, 16:19
Udah pernah baca buku - buku yang berkaitan tentang ini belom!?


gw NGGAK percaya... manusia pertama itu kan nabi adam.....

Go Back friend.... did you know there were Dinousaur in the earth?
DINOSAURUS ITU MEMANG ADA! DAN ADA SEBELUM NABI ADAM DI BUMI!
KALO ENGGAK ADA FOSILNYA YANG ADA SEKARANG DARI MANA??
:)
Yeah.... sekarang kita gak bisa berdebat selagi belum ada bukti yang jelas. :) . Satu lagi, yang perlu kita pertanyakan adalah:

Adakah makhluk sebelum nabi Adam?


Rasanya setelah menjawab itu semuanya akan jelas..... Isn't it? Right?

judhies_halim
04-05-2006, 16:27
Kalo di kristen manusia diciptakan di hari ke-6 dan burung, dll. di hari sebelumnya.
Disini memungkinkan adanya manusia itu merupakan evolusi dari monyet nyet...!

itchybear
04-05-2006, 22:17
seperti kata bung positive+... kita hanyalah manusia... ga akan bisa memahami Allah sepenuhnya... belajarlah menerima apa adanya, dan lakukan sebaik2nya peranmu didunia ini sebagai manusia.

nah bro andhee... seperti yg dijelaskan ama bro positive+, arti kata "menerima apa adanya" itu bukan berarti harus pasrah diri... artinya kita harus tau diri, kita harus tau seberapa banyak pengetahuan yg kita miliki dan seberapa banyaknya pengetahuan yg bisa kita raih, kita tidak akan pernah mengetahui misteri Tuhan... (kembali ke gelas dan ember)

nah makanya kata "lakukan sebaik2nya peranmu didunia ini sebagai manusia" itu artinya meskipun kita tidak akan perna mengetahui misteri Tuhan, bukan berarti kita tidak boleh berusaha untuk menggapainya..... gapailah pengetahuan setinggi mungkin, dan ketika kita sampai pada batas dimana otak manusia tidak dapat menambah ilmu pengetahuannya, maka kita harus mengingat kata "menerima apa adanya" kembali

Hitman2001
04-05-2006, 23:11
Kalo di kristen manusia diciptakan di hari ke-6 dan burung, dll. di hari sebelumnya.

Oh jadi mau dilihat dari pandangan Kristen... Boleh boleh... Nda masalah kok...
Alkitab mencatat bahwa, manusia diciptakan serupa gambar dan rupa Allah..
Kalau teori evolusi benar, apakah monyet serupa dengan gambar dan rupa Allah?


Disini memungkinkan adanya manusia itu merupakan evolusi dari monyet nyet...!

Ada bukti? ™

Hitman2001
05-05-2006, 00:36
Udah pernah baca buku - buku yang berkaitan tentang ini belom!?

Buku apa dulu nih... Buku ilmiah ttg teori evolusi maksudnya? Belom... Anda sudah?



Go Back friend.... did you know there were Dinousaur in the earth?
DINOSAURUS ITU MEMANG ADA!

Di thread ini tidak/belum ada yang menuliskan bahwa dinosaurus itu tidak ada... (mungkin saya yang kelewat bacanya)... :D



DAN ADA SEBELUM NABI ADAM DI BUMI!

Ada bukti? ™



KALO ENGGAK ADA FOSILNYA YANG ADA SEKARANG DARI MANA??


Ya jelas dari si dinosaurus...
Jadi maksud Anda tu apa... nda mudeng nih gua... :D



Yeah.... sekarang kita gak bisa berdebat selagi belum ada bukti yang jelas.


Hhmmm.. heran... Di awal tulisannya sepertinya sangat berapi2 mendukung teori evolusi (atau cuma menyamaratakan teori evolusi dengan fosil dinosaurus), tapi di akhir tulisan kok jadi : "Yeah.... sekarang kita gak bisa berdebat selagi belum ada bukti yang jelas."



Satu lagi, yang perlu kita pertanyakan adalah:

Adakah makhluk sebelum nabi Adam?

Rasanya setelah menjawab itu semuanya akan jelas..... Isn't it? Right?

Good question, I'll give you point for this...

Menurut saya, sudah ada mahluk sebelum nabi Adam.. Tapi nabi Adam bukan hasil evolusi dari mahluk2 yang sudah ada sebelumnya...
(maaf saya mengambil dari kacamata agama Kristen, karena saya belum membaca sumber2 ilmiah yang dalam mengenai teori evolusi)

Kalau menurut Anda bagaimana? Silakan tuliskan argumen Anda, baik dari kacamata agama atau kacamata ilmiah sah2 saja...

andhee
05-05-2006, 01:12
Adakah makhluk sebelum nabi Adam?


Rasanya setelah menjawab itu semuanya akan jelas..... Isn't it? Right?

ada dong... waktu nabi adam diciptakan dari tanah, kan malaikat berdebat... untuk apa kamu menciptakan mahluk yg nantinya akan membuat kerusakan di muka bumi??? .... nah malaikat kok bisa ngomong begitu... padahal kan yg namanya malaikat gak bisa melihat masa depan.... karena malaikat pernah lihat juga mahluk yg diciptakan oleh tuhan... yaitu bangsa jin... kenapa manusia dianggap mahluk yg sempurna... karena prototipenya jin adalah mahluk yg gak sempurna... loe liat aja yg namanya hantu/setan itu kan tampangnya jelek :D

ok... dalam penciptaan bumi yg disebut 6 hari baik oleh injil maupun quran, kalo loe belajar tafsir, yg dimaksud itu 6 hari hitungan akhirat yg sama aja dengan berjuta2 tahun waktu manusia.... makanya kalo dibilang dan diukur oleh manusia bahwa terbentuknya bumi itu jutaan tahun... hal ini sangat masuk akal kok....

sebelum manusia diciptakan dan ditaro du muka bumi (adam dari dulu di bumi, tempat yg digambarkan menyerupai surga) maka tuhan menciptakan tumbuhan dan binatang untuk mengisi bumi... masak naro adam di bumi yg tempatnya gersang... gak mungkin kan... so.. binatang2 dan tumbuhan2 itu diciptakan sebelum adam... salah satunya yah dinosaurus tersebut...

Hitman2001
05-05-2006, 01:17
Nah ini baru jabaran + argumen yang jelas bro... :D
Ngga sia2 jadi 4096-bit member...

itchybear
05-05-2006, 03:41
eh eh eh...
gw pgn tanya nih....
setan/iblis dengan hantu itu sama apa nggak sih????
hehehehehe
maap oot... soalnya dari dulu gw masih ragu2 bedainnya

btw... sang penguasa kegelapan kan katanya berasal dari malaikat pula, justru malaikat yg paling indah bentuknya diantara malaikat malaikat yg lain... yg kemudian diusir dari surga...

komp san
05-05-2006, 03:51
aduh bro....
jgn disangkut pautkan antara ilmu pengetahuan dan agama.... ga akan bisa jalan selaras.....

pertanyaan macam ini sih ga bakalan ada jawaban jelasnya deh.... biarpun udah ada bukti secara ilmiah... tetep aja ga akan dipercaya oleh sebagian besar org....

as for me.... dibilang percaya... percaya juga... dibilang ga percaya... ga percaya juga.... intinya ga mau pusing... mao dari monyet kek, mo dari ikan kek, yg pasti skr gw orang dan gw jalanin hidup sebaik2nya sebagai orang

Tapi di agam islam didalamnya memang sudah ada pengetahuan yang bahkan manusia baru bisa menemukan/membuktikan kebenarannya ratusan taun kemudian

coba ikut ESQ lu pasti kaget

komp san
05-05-2006, 04:01
ada dong... waktu nabi adam diciptakan dari tanah, kan malaikat berdebat... untuk apa kamu menciptakan mahluk yg nantinya akan membuat kerusakan di muka bumi??? .... nah malaikat kok bisa ngomong begitu... padahal kan yg namanya malaikat gak bisa melihat masa depan.... karena malaikat pernah lihat juga mahluk yg diciptakan oleh tuhan... yaitu bangsa jin... kenapa manusia dianggap mahluk yg sempurna... karena prototipenya jin adalah mahluk yg gak sempurna... loe liat aja yg namanya hantu/setan itu kan tampangnya jelek :D

ok... dalam penciptaan bumi yg disebut 6 hari baik oleh injil maupun quran, kalo loe belajar tafsir, yg dimaksud itu 6 hari hitungan akhirat yg sama aja dengan berjuta2 tahun waktu manusia.... makanya kalo dibilang dan diukur oleh manusia bahwa terbentuknya bumi itu jutaan tahun... hal ini sangat masuk akal kok....

sebelum manusia diciptakan dan ditaro du muka bumi (adam dari dulu di bumi, tempat yg digambarkan menyerupai surga) maka tuhan menciptakan tumbuhan dan binatang untuk mengisi bumi... masak naro adam di bumi yg tempatnya gersang... gak mungkin kan... so.. binatang2 dan tumbuhan2 itu diciptakan sebelum adam... salah satunya yah dinosaurus tersebut...

Hehehe gw suka ni

komp san
05-05-2006, 04:02
Oh jadi mau dilihat dari pandangan Kristen... Boleh boleh... Nda masalah kok...
Alkitab mencatat bahwa, manusia diciptakan serupa gambar dan rupa Allah..
Kalau teori evolusi benar, apakah monyet serupa dengan gambar dan rupa Allah?



Ada bukti? ™

Jawaban yang tepat mengena di hati :D

komp san
05-05-2006, 04:11
eh eh eh...
gw pgn tanya nih....
setan/iblis dengan hantu itu sama apa nggak sih????
hehehehehe
maap oot... soalnya dari dulu gw masih ragu2 bedainnya

btw... sang penguasa kegelapan kan katanya berasal dari malaikat pula, justru malaikat yg paling indah bentuknya diantara malaikat malaikat yg lain... yg kemudian diusir dari surga...


menurut gw

hantu itu roh
setan makhluk pengganggu manusia
iblis.....apa ya sepertinya cuma beda kata aja

kata siapa malaikat bentuknya beda2? malaikat kan dari 'nur' (cahaya) dan tidak pernah membangkang pada sang pencipta

lu keseringan baca komik ya? :D

sang penguasa kegelapan gw ga tau tapi rajanya jahat ya ifrit ( dibacain do'a aja bisa ketawa2 )

oh iya untuk TS gw ga percaya manusia dari monyet , itu hanya bumbu dunia

bersandiwaralah dengan baik maka kamu masuk surga
bersandiwaralah dengan Buruk maka kamu masuk neraka

DraCoola
05-05-2006, 06:17
Bisa aja aku percaya manusia tuh evolusi dari mahluk yg mirip (HANYA MIRIP!!!) kera.
Tapi aku juga yakin kalo cikal bakal smua manusia yg ada di dunia ini berasal dari Nabi Adam dan Hawa.
Pembedanya adala -> antara percaya dan yakin.
Kalian yg dah pada gede2 ini pasti bisa mbedain makna dua kalimat di atas.

Di dalam Islam, dibedaken dua pernyataan/dalil :
1. dalil Aqli (berdasarken logika manusia)
2. dalil Naqli (berdasarken tuntunan/pedoman yg hanya berasal dari firman Allah).

Kedua hal ini ndak bisa di campur aduk bgitu aja, kcuali yg memang ndak bertentangan. Misal?
Kompi yg sdang kita pake skarang ini adala jelas ada yg mentjiptaken. Ndak mungkin muncul bgitu aja.
Maka dmikian pula dengan alam smesta bserta bumi dan seisinya dan juga manusianya.. pasti ada yg membuat ini smua terbentuk.
Sangat sderhana dan tepat percis dgn logika kan? :)

Nah, ktika Aqli dan Naqli bertentangan?
Maka akan bisa aja muncul sbuah pertanyaan berbasis logika sperti ini :
Apabila Allah Maha Menciptakan, Maha Berkehendak, dan Maha Perkasa, maka bisakah Allah menciptakan sebuah batu yg amat besar dan sangat berat yg Allah sendiri ndak akan sanggup untuk mengangkatnya?
Bisa ndak ya? Katanya Maha Menciptakan dan Maha berkuasa atas ciptaan-Nya??? :confused:

Mungkin juga bakal ada pertanyaan kayak bgini :
Ketika Allah dah mutlak disebut sebagei yg Maha Sempurna, knapa untuk kitab suci yg se-SUCI itu harus berulang2 ada revisi?
Taurat direvisi pada edisi Zabur, Zabur ke Injil, Injil ke Al-Qur'an... Apaka sering salah bikin? Slalu rentan bug pada produksi awal??
Katanya Maha Sempurna dan Maha Mengetahui??? :confused: :confused:

Ngeri baca dua pernyataan logika di atas...
Maka, dengan bgini... janganla perna skali2 menyambungken teori manusia ke Agama. Sama skali pasti ndak bisa ktemu deh bro.
Trutama ketika mengingat manusia yg manusiawinya adala fully logika, dan Agama adala condong untuk sering nyerempet2 kpada hal2 gaib.
Contoh gaib?
- surga-neraka
- roh
- Jin dan setan bserta malaikat
- Istri nabi Adam diciptaken dari tulang rusuk beliau sendiri, etc etc
Susah deh diserap akal... sbap gaib. Diluar kemampuan dan kekuasaan dari kodrat kita untuk menelaahnya lebih jauh.
Berbeda banget dengan berat dan masa jenis, bilangan biner, integral, ion, dan sgalanya yg kasat mata dan bisa di itung pake protein2 3D pada otak kita.

Balik ke topik semula, Darwin bilang manusia adala hasil dari evolusi? Teori evolusi bener kok.
Bukannya gajah tuh evolusi dari mammoth?
Gimana dengan fosil Homo Wajakensis yg ditemuken di Wajak-Mojokerto? Phitecanthropus di Sangiran, Jawa Timur?
Lalu... jaman Megalithikum? Neolithikum? Mesolithikum? Paleolithikum?
Manusia tolol mana yg bikin kapak lonjong dan kapak perimbas bisa bgitu populer kalo memang bukan kerna ada artefak nya?
Monyet kah yg bikin kapak? Lalu... knapa di jaman yg mestinya dah serba science ini monyet kok malah mundur alias bisanya cuma ngeremes2 pisang doang?

Jadi : monyet ya monyet, manusia ya manusia. Cuma kbetulan aja strukturnya memang sdikit mirip. Itu pendapatku.
Sperti kemiripan kucing dengan macan, cicak dengan komodo, anjing dengan serigala.. etc etc.
Kalopun Darwin bener ttg teori evolusinya, manusia cuma bermutasi aja dari bentuk yg menyesuaiken diri dgn lingkungan.
Sperti saat manusia masi sdikit di jaman nabi Ibrahim yg bisa berumur ratusan taun dan bodinya buesar2, berbanding dgn populasi manusia padat jaman skarang yg umurnya pada relatip pendek2 dgn ukuran bodi kecil2.

Bermutasi (berevolusi) jg bisa terliat pada keragaman manusia jaman skarang kan?
Ada rumpun asia yg melayu dan china. Ras benua Afrika. Juga bermacam2 jenis bule mulei dari australia, eropa mpe amerika bserta negro dan ras latin-nya.
Padahal smuanya bersumber dari satu pasang orang tua: Nabi Adam dan Hawa.

TAPI, Darwin bisa bener dan bisa juga salah. Orang2 sperti Darwin juga cuma bisa menerka dgn dasar meneliti SISA dari yg perna ada.
Bener kata bro bruang gatel, biarken smua itu tetep jadi misteri Allah.
Kita smua yg cuma manusia ini, yg kecil lemah dan masi sangat bisa flu demam dan mencret, ndak bakal mampu menerka rencana Allah.

Lagian, bukan kerna aku Islam lantas aku membantah bgitu aja kebenaran teori evolusi yg ada di depan mata dan yg masuk akal bagi akal pikiranku.
Akal pikiran ini anugerah dari Allah, sbaiknya dipergunaken dan dihargai dgn seindah mungkin.
Agama Islam yg kupeluk juga ndak perna kutau coba ngajarin untuk menjadi orang yg picik yg menolak ilmu pengetauan dan apalagi kebenaran.

Kalo memang buktinya ada (walo sbagian bukti evolusi juga dikataken palsu) ya tetep aja ada sbagian yg bener.
Toh dengan kontroversialnya si Darwin, hanya beberapa orang aja yg sibuk berteriak2 menolak dgn membabi buta.
Sbap yg lainnya sih ndak masalah. Masi kuat mutu Agama dan iman ibadahnya tanpa harus "membutaken diri".
Pastiken lagi sperti pada kalimat di awal2 post ini... percaya dan yakin adala sangat berbeda scara prinsip.

Mohon jgn lagi tema2 yg cuma maenan logika gini lekas2 disambung2in ama agama... harus dipikir matang2 terlebih dahulu.

judhies_halim
05-05-2006, 07:13
Walau manusia diciptakan sesuai gambar dan rupa Allah tapi...
Gak dibilangin kalau bisa aja modifikasi dari yang dah ada (monyet) yang dulunya gak mirip sama sekali diubah jadi mirip selama waktu yang lama....hehehehe
jangan terlalu serius...

ridsa
05-05-2006, 08:29
memangnya cuman komputer yang bisa upgrade ?
misalnya memang manusia dulu mirip monyet (dari beberapa fosil) terus seperti model sekarang, kan Yang ciptakan manusia misalnya saat prototype model pertama terus Dia bilang "wah lumayan" juga terus setelah beberapa saat diliat "wah tampangnya jelek juga, coba ubah ah" dst..dst... :D :D :D

ridsa
05-05-2006, 08:32
oh yah ? saya tidak percaya nenek moyang manusia cuman dari 1 pasangan yaitu Adam atau Hawa, karena coba aja loe kawin sama saudara kandung loe sendiri kalo nggak di hujat habis-habisan. tanya aja sama semua pemuka agama kalau ada yang bilang boleh...secara agama saja di larang, dari ilmu pengetahuan anak dari hasil perkawinan sedarah akan menghasilkan turunan yang cacat.

istilah Adam dan Hawa cuman perumpamaan pada saat penciptaan manusia di bumi. manusia di berkati dengan akal budi yang tidak ada pada mahluk lain dibumi ini. jadi gunakan sebagaimana mestinya.

Hitman2001
05-05-2006, 08:56
Walau manusia diciptakan sesuai gambar dan rupa Allah tapi...
Gak dibilangin kalau bisa aja modifikasi dari yang dah ada (monyet) yang dulunya gak mirip sama sekali diubah jadi mirip selama waktu yang lama....hehehehe
jangan terlalu serius...

hehehe... sama2 bro... Gua juga ngga terlalu serius, cuma heran aja ama jabaran loe tapi ngga pake argumen... gitu lho...

Tulisan loe juga sekarang ngga ada argumennya.. Tapi ngga masalah lah, soalnya loe sendiri bilang jangan terlalu serius

:buddies:

Hitman2001
05-05-2006, 09:01
memangnya cuman komputer yang bisa upgrade ?
misalnya memang manusia dulu mirip monyet (dari beberapa fosil) terus seperti model sekarang, kan Yang ciptakan manusia misalnya saat prototype model pertama terus Dia bilang "wah lumayan" juga terus setelah beberapa saat diliat "wah tampangnya jelek juga, coba ubah ah" dst..dst... :D :D :D

Tulisan Anda belum saya lihat ada argumen yang jelas...

Di satu premis Anda percaya ada upgrading dari manusia yang mirip monyet ke manusia yang modern.. Tapi di dalam pernyataan upgrading itu terkandung teori penciptaan (creatinism) yang tidak sama dengan teori evolusi...

Well, I'll skip on this... :D

Hitman2001
05-05-2006, 09:03
oh yah ? saya tidak percaya nenek moyang manusia cuman dari 1 pasangan yaitu Adam atau Hawa, karena coba aja loe kawin sama saudara kandung loe sendiri kalo nggak di hujat habis-habisan. tanya aja sama semua pemuka agama kalau ada yang bilang boleh...secara agama saja di larang, dari ilmu pengetahuan anak dari hasil perkawinan sedarah akan menghasilkan turunan yang cacat.

istilah Adam dan Hawa cuman perumpamaan pada saat penciptaan manusia di bumi. manusia di berkati dengan akal budi yang tidak ada pada mahluk lain dibumi ini. jadi gunakan sebagaimana mestinya.

Again.. Tidak kelihatan argumennya.. Sepertinya cuma memaksakan opini pribadi...

lagian apa hubungannya Adam dan Hawa dengan perkawinan antar saudara?

Ngga apa2 sih bro, tulisan Anda cukup bagus buat bahan ketawa di pagi hari... :D

s1nch4n
05-05-2006, 09:11
Waaah rame juga neh... sinchan ikut nimbrung aaah....
Well... banyak ilmuwan juga yang mulai meragukan teori darwin... jika benar bahwa manusia modern adalah evolusi dari manusia kera, kenapa ga pernah ditemukan fosil peralihan dari manusia kera ke manusia modern???
Atau fosil peralihan makhluk hidup yang laen lah... :D

Pada saat teori tersebut dibuat, perbudakan sangat marak dan mengambil orang2 afrika sebagai budak orang eropa. Banyak orang2 sekarang ini yang mengatakan teori ini dibuat semata2 hanya sebagai pembenaran kalau orang afrika tersebut lebih rendah derajatnya daripada orang eropa... Darwin sendiri termasuk orang yang rasis loh...

Hitman2001
05-05-2006, 09:11
Bisa aja aku percaya manusia tuh evolusi dari mahluk yg mirip (HANYA MIRIP!!!) kera.
Tapi aku juga yakin kalo cikal bakal smua manusia yg ada di dunia ini berasal dari Nabi Adam dan Hawa.
Pembedanya adala -> antara percaya dan yakin.
Kalian yg dah pada gede2 ini pasti bisa mbedain makna dua kalimat di atas.

Balik ke topik semula, Darwin bilang manusia adala hasil dari evolusi? Teori evolusi bener kok.
Bukannya gajah tuh evolusi dari mammoth?
Gimana dengan fosil Homo Wajakensis yg ditemuken di Wajak-Mojokerto? Phitecanthropus di Sangiran, Jawa Timur?
Lalu... jaman Megalithikum? Neolithikum? Mesolithikum? Paleolithikum?
Manusia tolol mana yg bikin kapak lonjong dan kapak perimbas bisa bgitu populer kalo memang bukan kerna ada artefak nya?
Monyet kah yg bikin kapak? Lalu... knapa di jaman yg mestinya dah serba science ini monyet kok malah mundur alias bisanya cuma ngeremes2 pisang doang?

Jadi : monyet ya monyet, manusia ya manusia. Cuma kbetulan aja strukturnya memang sdikit mirip. Itu pendapatku.
Sperti kemiripan kucing dengan macan, cicak dengan komodo, anjing dengan serigala.. etc etc.
Kalopun Darwin bener ttg teori evolusinya, manusia cuma bermutasi aja dari bentuk yg menyesuaiken diri dgn lingkungan.
Sperti saat manusia masi sdikit di jaman nabi Ibrahim yg bisa berumur ratusan taun dan bodinya buesar2, berbanding dgn populasi manusia padat jaman skarang yg umurnya pada relatip pendek2 dgn ukuran bodi kecil2.

Bermutasi (berevolusi) jg bisa terliat pada keragaman manusia jaman skarang kan?
Ada rumpun asia yg melayu dan china. Ras benua Afrika. Juga bermacam2 jenis bule mulei dari australia, eropa mpe amerika bserta negro dan ras latin-nya.
Padahal smuanya bersumber dari satu pasang orang tua: Nabi Adam dan Hawa.

TAPI, Darwin bisa bener dan bisa juga salah. Orang2 sperti Darwin juga cuma bisa menerka dgn dasar meneliti SISA dari yg perna ada.
Bener kata bro bruang gatel, biarken smua itu tetep jadi misteri Allah.
Kita smua yg cuma manusia ini, yg kecil lemah dan masi sangat bisa flu demam dan mencret, ndak bakal mampu menerka rencana Allah.

Lagian, bukan kerna aku Islam lantas aku membantah bgitu aja kebenaran teori evolusi yg ada di depan mata dan yg masuk akal bagi akal pikiranku.
Akal pikiran ini anugerah dari Allah, sbaiknya dipergunaken dan dihargai dgn seindah mungkin.
Agama Islam yg kupeluk juga ndak perna kutau coba ngajarin untuk menjadi orang yg picik yg menolak ilmu pengetauan dan apalagi kebenaran.

Kalo memang buktinya ada (walo sbagian bukti evolusi juga dikataken palsu) ya tetep aja ada sbagian yg bener.
Toh dengan kontroversialnya si Darwin, hanya beberapa orang aja yg sibuk berteriak2 menolak dgn membabi buta.
Sbap yg lainnya sih ndak masalah. Masi kuat mutu Agama dan iman ibadahnya tanpa harus "membutaken diri".
Pastiken lagi sperti pada kalimat di awal2 post ini... percaya dan yakin adala sangat berbeda scara prinsip.

Mohon jgn lagi tema2 yg cuma maenan logika gini lekas2 disambung2in ama agama... harus dipikir matang2 terlebih dahulu.

Bagi yang percaya atau yakin atas teori evolusi.. Harap menjawab 20 pertanyaan dari Pak Harun Yahya di sini (http://www.harunyahya.com/indo/buku/pertanyaan.htm)

s1nch4n
05-05-2006, 09:21
Hhh..sebenarnya ilmuwan2 skrg juga sudah meninggalkan teori ini. Teori lama dengan segala keterbatasan, seperti ada teori yg mengatakan bumi itu datar...etc...etc. Ilmuwan skrg dgn sgl pengetahuan baru, device dan segala peralatan teknologi tinggi. Pengetesan DNA, yg bukan hanya dengan meneteskan darah di dlm air dan membandingkan dgn tingkat kepekatan-nya spt dulu, mengapa kita ngga berpikir spt itu aja ??

kalo mau berteori lebih lanjut :
- apakah mungkin Hawa itu ada karena ada process cloning dr DNA Adam ? Krn di dalam Al Qur'an Hawa tercipta dr tulang rusuknya, sedangkan menurut ilmiah ngga mungkin dari tulang menjadi manusia.
- Untuk masalah mutasi dan evolusi. Makhluk itu beradaptasi thdp ekosistem-nya, perubahan struktur bentuk dan karakteristik baik phisic maupun sifat sangat memungkinkan.
- Kimia membuat persamaan H20 itu terdiri 2 atom Hidrogen dan 1 atom Oxigen, hingga menjadi air. Komposisi yg seimbang menciptakan bentuk baru. ( Pemikiran kemungkinan adanya mutasi )
- Teori Relativitas Einstein, apakah manusia dan semesta ini terbentuk Massa yg relative, energi yg relatif dan dengan kecepatan yg relatif. Bandingkan dengan teori Big Bang, bandingkan apakah semesta ini bergerak atau statis, kemungkinan unsur2 yg ada di bumi utk dimiliki oleh planet lain. Karena bila terpaku pada Teori Big Bang, maka semua berasal dari satu titik awal. Apakah mampu nantinya utk berpikir dari mana asal titik awal itu sebelum meledak ( Bang !!! ) ? dan mengapa harus meledak ? Black Hole apa hubungannya dengan segala keganjilan semesta ini ?
- dan lainnya ... dan lainnya ...

Sekedar memperingati sebelum smakin jauh utk mengaitkan segala sesuatu di sini dengan ilmu agama ... terserah kalo ada yg mampu utk itu ?

Regard,

sinchan tambahin dech...

Evolusi hidup bintang.... coba inget2 kalo pada waktunya nanti terjadi hal yang sama dengan matahari :D
Ada hal laen gak yang kira2 akan terpikirkan??? :D

Hitman2001
05-05-2006, 09:24
Sejauh ini belum ada argumen yang pas dan mengena hati dari para member yang percaya atau yakin atau mendukung teori evolusi...

Minum bir dulu aaahhh...

:buddies:

DraCoola
05-05-2006, 09:31
Bagi yang percaya atau yakin atas teori evolusi.. Harap menjawab 20 pertanyaan dari Pak Harun Yahya di sini (http://www.harunyahya.com/indo/buku/pertanyaan.htm)
Percaya dan yakin adala sangat berbeda scara prinsip :)
Contoh :
1. Dirimu sekedar percaya ato bahkan yakin kalo jin, setan dan malaikat itu ada?
2. Conroe bakal bisa mengalahken AMD64 seri manapun. Percaya?
3. Dengan cuma berbekal bukti2 di atas kertas, apakah bisa membuat yakin bahwa ukuran kinerja dalam Ghz adalah diatas segalanya?

Tolong dibedaken ya bro, yakin dan percaya adala punya makna spesifik yg ndak sama.

Hitman2001
05-05-2006, 09:47
Percaya dan yakin adala sangat berbeda scara prinsip :)
Contoh :
1. Dirimu sekedar percaya ato bahkan yakin kalo jin, setan dan malaikat itu ada?
2. Conroe bakal bisa mengalahken AMD64 seri manapun. Percaya?
3. Dengan cuma berbekal bukti2 di atas kertas, apakah bisa membuat yakin bahwa ukuran kinerja dalam Ghz adalah diatas segalanya?

Tolong dibedaken ya bro, yakin dan percaya adala punya makna spesifik yg ndak sama.

So what's your point? Saya tuliskan itu bagi yang percaya atau yakin.. Coba tolong logika nya dilihat kembali... OR itu gabungan, AND itu irisan...

Mungkin interpretasi kita mengenai logika ngga sama... Sorry bro...

hela
05-05-2006, 10:07
oot
1 hari di equator(bumi)=24jam
1 hari di antartica dan kutub utara= 12 bulan(siang 6bln malam 6 bln)
1hari di mercury = 2 jam
1 hari di jupiter = lebih dari 5 tahun
1 hari di matahari(matahari kan berotasi dan berevolusi terhadap galaksi bimasakti) = ratusan tahun
1 hari di beda tempat itu beda-beda waktunya
6 hari di akhirat(surga dan neraka) ????????????????(hanya tuhan yang tahu)

diztroy
05-05-2006, 10:08
cuman mau ngasih link :
http://en.wikipedia.org/wiki/Evolution

DraCoola
05-05-2006, 10:13
So what's your point? Saya tuliskan itu bagi yang percaya atau yakin.. Coba tolong logika nya dilihat kembali... OR itu gabungan, AND itu irisan...

Mungkin interpretasi kita mengenai logika ngga sama... Sorry bro...
Point ku dah jelas, bahwa keyakinanku tentang Adam dan Hawa ternyata juga ndak nutup kemungkinan rasa percayaku pada teori evolusi.
Lagipula, aku ndak ngomongin soal OR dan AND. Tapi lebih ke bahasa Indonesia kita tercinta ini : antara Percaya dan Yakin.
Sbap bold pada atau - mu di atas tadi sperti brusaha menyamaken scara harfiah antara percaya dan yakin.
Coba tolong bahasa Indonesia nya dilihat kembali...

Iya nih, interpretasi bahasa kita juga ternyata ndak sama... Sorry sama2 ya bro...
Btw, tulisan pak Harun Yahya dari link mu bagus banget, thx :)

Hitman2001
05-05-2006, 10:16
no prob bro... :D

:buddies:

XP_On
05-05-2006, 10:17
Saya tidak percaya kalau manisia itu dari monyet.

tapi kalau si gigabites, mungkin aja.......... :p

itchybear
05-05-2006, 11:04
menurut gw

hantu itu roh
setan makhluk pengganggu manusia
iblis.....apa ya sepertinya cuma beda kata aja

kata siapa malaikat bentuknya beda2? malaikat kan dari 'nur' (cahaya) dan tidak pernah membangkang pada sang pencipta

lu keseringan baca komik ya? :D

sang penguasa kegelapan gw ga tau tapi rajanya jahat ya ifrit ( dibacain do'a aja bisa ketawa2 )

maaf bro... tapi ini kan dari kitab suci agama katolik... bukan komik...
yg dimana malaikat terakhir dari 10 malaikat pertama dan terbesar yg dibuat Allah yg bernama Lucifer dan sekaligus terindah bentuknya... dibuang kebumi karena akal bulus dan kesombongannya.

pendrex
05-05-2006, 11:21
ada yang sebut teori big bang.... apalagi nih ....

yang gw tau Big Bang itu pengembangan dari mesin NSR500 dari Honda pada saat kejayaan Mick Doohan dan hanya dia yang mampu mengendalikannya.... halah malah adoh banget....
BTT : kenapa kok monyet? apakah ada bukti kalo monyet itu sudah ada lebih dulu dari manusia? kalo ya, siapa saksinya? ... ya monyet itu ...
ini cuman akal2an biar monyet itu terkenal ...

ridsa
05-05-2006, 11:22
lagian apa hubungannya Adam dan Hawa dengan perkawinan antar saudara?

Ngga apa2 sih bro, tulisan Anda cukup bagus buat bahan ketawa di pagi hari... :D

eh Adam kawin sama Hawa dapat anak cewe lah, trus tuh anak cewe mau dapat bibit mana supaya dapat anak ? berhubung adam cuman seorang saja laki-laki berarti si anak kawin sama bapaknya (Adam), memangnya bukan kawin sedarah ??? atau dapat anak cowo, supaya tuh anak cowo dapat anak harus kawin sama perempuan dong, berhubung perempuan cuman ada satu-satunya yaitu Hawa(ibunya) berarti dia kawin sama ibunya....lucunya dimana ??? kalau loe telan bulat-bulat tuh yah logikanya begitu. kalau loe percaya manusia pertama kali hanya Adam dan Hawa, itu baru lucu.

pendrex
05-05-2006, 11:28
eh Adam kawin sama Hawa dapat anak cewe lah, trus tuh anak cewe mau dapat bibit mana supaya dapat anak ? berhubung adam cuman seorang saja laki-laki berarti si anak kawin sama bapaknya (Adam), memangnya bukan kawin sedarah ??? atau dapat anak cowo, supaya tuh anak cowo dapat anak harus kawin sama perempuan dong, berhubung perempuan cuman ada satu-satunya yaitu Hawa(ibunya) berarti dia kawin sama ibunya....lucunya dimana ??? kalau loe telan bulat-bulat tuh yah logikanya begitu. kalau loe percaya manusia pertama kali hanya Adam dan Hawa, itu baru lucu.

haha iya ya... dlm hal ini logika lebih pegang kendali... point 4 u bro... 4 your logic...
tapi mohon jangan sampai ada SARA ya bro...

judhies_halim
05-05-2006, 11:28
monyet kakinya 2 tangan 2 idung 1 mata 2 kuping 2 mulut 1 jalan 2 kaki.
manusia kakinya 2 tangan 2 idung 1 mata 2 kuping 2 mulut 1 bisa jalan 2 kaki.
butuh bukti paan lagi?
kelakuan juga mirips...

diztroy
05-05-2006, 11:39
btw, belum ditemukan evidence yg menghubungkan dgn jelas bahwa manusia adalah keturunan kera.
yg ditemukan baru fosil kera yg berjalan tegak, dan fosil manusia prasejarah

IMHO,
esensi masalahnya bukan di manusia itu keturunan monyet, tapi tentang evolusi yang sifatnya adalah teori itu sendiri.
dengan merujuk sifatnya sebagai teori, maka ada 3 possibility :

a. tidak terjadi evolusi sama sekali,
yang ada hanya cross-breeding, mutation, dsb yang tidak sejauh lompatan evolusi

b. mungkin saja terjadi evolusi,
tetapi revolusi bentuk kehidupan dan loncatan2 yang jauh (misal : munculnya kehidupan, spesies pertama kuda, spesies pertama harimau, manusia pertama) adalah hasil campur tangan dari Intelligent Design baik sebagai katalisasi (misal : mempercepat evolusi) maupun intervensi (misal : menambahkan jenis mahluk baru).

c. mungkin saja evolusi-lah yang terjadi pada tingkatan semua mahluk,
tetapi platform program per-evolusi-an itu sendiri adalah hasil rancangan dari The Most Intelligent Designer

gw sendiri lebih pilih opsi yang B

simply, benar tidaknya teori tsb, Tuhan_lah yang merancang segalanya.
seperti halnya gravitasi, teorinya ditemukan Newton tapi yg merancang adanya fenomena gravitasi adalah The Most Intelligent Designer.
juga kecepatan dan pembelokan cahaya, orang bisa ngitung. tapi yang merancang supaya foton bergerak sedemikian adalah The Most Intelligent Designer.

sebagaimana teori gravitasi Newton, teori tersebut sudah ter-koreksi saat muncul teori relativitas Einstein. tetapi apakah kita jadi mencerca teori Newton ? nggak kan.
mgnai evolusi, kebetulan ada bbrp hal yg disampaikan yg seringkali menghilangkan ke-objektif-an kita :
1. tidak ada manusia yang mau disebut berkerabat dengan kera
2. evolutionis sering diasosiasikan atheis, kreasionis sering diasosiasikan fanatis

jadi, mari kita sikapi secara scientific
evolusi adalah teori, alias sekumpulan hipotesa dimana Tuhan saja yang paling tahu.
di satu sisi kita harus tetap mencari tahu, dan di sisi lain kita harus tahu diri akan keterbatasan kita.

hela
05-05-2006, 11:40
monyet kakinya 2 tangan 2 idung 1 mata 2 kuping 2 mulut 1 jalan 2 kaki.
manusia kakinya 2 tangan 2 idung 1 mata 2 kuping 2 mulut 1 bisa jalan 2 kaki.
butuh bukti paan lagi?
kelakuan juga mirips...
monyet : berekor,berbulu lebat(kecuali kalo di cukur:D ) ,variasi wajah sedikit
manusia tidak berekor,tidak berbulu lebat,variasi wajah banyak

DraCoola
05-05-2006, 11:53
btw, belum diketemukan evidence yg menghubungkan dgn jelas bahwa manusia adalah keturunan kera.
yg ditemukan baru fosil kera yg berjalan tegak, dan fosil manusia prasejarah

IMHO,
esensi masalahnya bukan di manusia itu keturunan monyet, tapi tentang evolusi yang sifatnya adalah teori itu sendiri.
dengan merujuk sifatnya sebagai teori, maka ada 3 possibility :

a. tidak terjadi evolusi sama sekali,
yang ada hanya cross-breeding, mutation, dsb yang tidak sejauh lompatan evolusi

b. mungkin saja terjadi evolusi,
tetapi revolusi bentuk kehidupan dan loncatan2 yang jauh (misal : munculnya kehidupan, spesies pertama kuda, spesies pertama harimau, manusia pertama) adalah hasil campur tangan dari Intelligent Design baik sebagai katalisasi (misal : mempercepat evolusi) maupun intervensi (misal : menambahkan jenis mahluk baru).

c. mungkin saja evolusi-lah yang terjadi pada tingkatan semua mahluk,
tetapi platform program per-evolusi-an itu sendiri adalah hasil rancangan dari The Most Intelligent Designer

gw sendiri lebih pilih opsi yang B

simply, benar tidaknya teori tsb, Tuhan_lah yang merancang segalanya.
seperti halnya gravitasi, teorinya ditemukan Newton tapi yg merancang adanya fenomena gravitasi adalah The Most Intelligent Designer.
juga kecepatan dan pembelokan cahaya, orang bisa ngitung. tapi yang merancang supaya foton bergerak sedemikian adalah The Most Intelligent Designer.

sebagaimana teori gravitasi Newton, teori tersebut sudah ter-koreksi saat muncul teori relativitas Einstein. tetapi apakah kita jadi mencerca teori Newton ? nggak kan.
mgnai evolusi, kebetulan ada bbrp hal yg disampaikan yg seringkali menghilangkan ke-objektif-an kita :
1. tidak ada manusia yang mau disebut berkerabat dengan kera
2. evolutionis sering diasosiasikan atheis, kreasionis sering diasosiasikan fanatis

jadi, mari kita sikapi secara scientific
evolusi adalah teori, alias sekumpulan hipotesa dimana Tuhan saja yang paling tahu.
di satu sisi kita harus tetap mencari tahu, dan di sisi lain kita harus tahu diri akan keterbatasan kita.
Cakep banget dan sunggu obyektip..
Rupanya aku juga termasuk golongan B.
GRP for u bro! :)

log out
05-05-2006, 12:00
Btw gw adalah keturunan Nabi Adam dan mungkin jg seperti yg lainnya dan bukan hasil berevolusi dari monyet. Tuhan pasti tidak akan menciptakan asal muasal manusia seperti yg dijelaskan dlm teori Darwin itu. IMHO


http://img216.imageshack.us/img216/9891/evolusi6qi.jpg (http://imageshack.us)

ini kan cuma ilustrasi:D:D

Hitman2001
05-05-2006, 12:01
eh Adam kawin sama Hawa dapat anak cewe lah, trus tuh anak cewe mau dapat bibit mana supaya dapat anak ? berhubung adam cuman seorang saja laki-laki berarti si anak kawin sama bapaknya (Adam), memangnya bukan kawin sedarah ??? atau dapat anak cowo, supaya tuh anak cowo dapat anak harus kawin sama perempuan dong, berhubung perempuan cuman ada satu-satunya yaitu Hawa(ibunya) berarti dia kawin sama ibunya....lucunya dimana ???

Memang kenyataannya begitu... Incest.. Dan saya memang percaya bahwa terjadi incest pada jaman Adam dan Hawa...

Yang lucu adalah, argumen Anda yang ini :

....karena coba aja loe kawin sama saudara kandung loe sendiri kalo nggak di hujat habis-habisan. tanya aja sama semua pemuka agama kalau ada yang bilang boleh...secara agama saja di larang, dari ilmu pengetahuan anak dari hasil perkawinan sedarah akan menghasilkan turunan yang cacat.

tidak/belum membuktikan pernyataan Anda yang lain :

oh yah ? saya tidak percaya nenek moyang manusia cuman dari 1 pasangan yaitu Adam atau Hawa,...

Makanya saya tulis : lagian apa hubungannya Adam dan Hawa dengan perkawinan antar saudara?

Oke, mungkin sayanya yang kurang jelas menuliskannya... Let me rephrase : lagian apa hubungannya Adam dan Hawa (yang hidupnya pada jamannya) dan perkawinan antar saudara (pada jaman sekarang, yang seperti Anda sendiri tulis di atas)


kalau loe telan bulat-bulat tuh yah logikanya begitu. kalau loe percaya manusia pertama kali hanya Adam dan Hawa, itu baru lucu.

Memang logika saya begitu... Incest... Anda bisa menjelaskan kemungkinan lain? seperti kalimat Anda ini : saya tidak percaya nenek moyang manusia cuman dari 1 pasangan yaitu Adam atau Hawa,...

Oohh.. Ic .. Teori evolusi yang Anda pahami mungkin bisa menjelaskannya?

PS. Saya lupa menambahkan yang lucu pada tulisan Anda : apakah perkawinan yang bukan antar saudara bisa menjamin bahwa keturunannya tidak cacat?

Hitman2001
05-05-2006, 12:27
monyet kakinya 2 tangan 2 idung 1 mata 2 kuping 2 mulut 1 jalan 2 kaki.
manusia kakinya 2 tangan 2 idung 1 mata 2 kuping 2 mulut 1 bisa jalan 2 kaki.
butuh bukti paan lagi?
kelakuan juga mirips...

Analogi yang menarik... hahahahaha....
Gimana kalo gua tambahin aja : kucing kaki 4, ekor 1, mata 2, hidung 1, kuping 2 = singa kaki 4, ekor 1, mata 2, hidung 1, kuping 2 = kuda kaki 4, ekor 1, mata 2, hidung 1, kuping 2 = sapi kaki 4, ekor 1, mata 2, hidung 1, kuping 2 = dst...

Argumennya general sekali... No further comment deeeehhhh :D

:buddies:

itchybear
05-05-2006, 12:42
huahahahahaahahaha
kocak kocak...
daripada analgi bagiant ubuh kayak gitu....
knapa ga jelasin dari bentuk DNA nya aja sih?
hauahahahahahhaahah
repot2 gitu sampe analogiin tangan kaki dll....
DNA manusia itu emang paling mirip ama DNA monyet.... cuman terdapat sedikit perbedaan dalam susunan DNA manusia dan monyet.... tapi tetep aja ga bisa buktiin manusia itu evolusi dari monyet.

hela
05-05-2006, 12:49
dna manusia juga hampir sama dengan dna tikus tapi memang dna manusia juga ada dengan dna monyet dan juga dna manusia juga ada kesamaan dengan dna b4bi(gw pernah nonton di discovery chanel).jadi bingung juga:D

itulah teori,jadi ingat teori aristoteles bahwa "tikus dari kain gumbal dan belatung dari daging busuk",dan teori ini ditumbangkan oleh ilmuwan eropa abad 15.dan masih banyak lagi teori yang ditumbangkan.

XP_On
05-05-2006, 13:11
sebelum manusia diciptakan dan ditaro du muka bumi (adam dari dulu di bumi, tempat yg digambarkan menyerupai surga) maka tuhan menciptakan tumbuhan dan binatang untuk mengisi bumi... masak naro adam di bumi yg tempatnya gersang... gak mungkin kan... so.. binatang2 dan tumbuhan2 itu diciptakan sebelum adam... salah satunya yah dinosaurus tersebut...

gw setuju banget ama yang ini.

adam dan hawa pada awalnya tinggal di firdaus yang terletak di bumi. akan tetapi sangat indah sehingga menyerupai surga.......
tapi tetap di bumi............

komp san
05-05-2006, 13:33
maaf bro... tapi ini kan dari kitab suci agama katolik... bukan komik...
yg dimana malaikat terakhir dari 10 malaikat pertama dan terbesar yg dibuat Allah yg bernama Lucifer dan sekaligus terindah bentuknya... dibuang kebumi karena akal bulus dan kesombongannya.

maaf juga gw ga tau asal cerita lucifer n baru tau sekarang....nambah info thanx :D

komp san
05-05-2006, 13:35
monyet kakinya 2 tangan 2 idung 1 mata 2 kuping 2 mulut 1 jalan 2 kaki.
manusia kakinya 2 tangan 2 idung 1 mata 2 kuping 2 mulut 1 bisa jalan 2 kaki.
butuh bukti paan lagi?
kelakuan juga mirips...

weks...kalo lo ama monyet ngaca bareng mirip ya? :D

ngakak gw kalo kelakuan mirip...lu suka ngegelantung di pohon gitu?

komp san
05-05-2006, 13:45
maaf bro... tapi ini kan dari kitab suci agama katolik... bukan komik...
yg dimana malaikat terakhir dari 10 malaikat pertama dan terbesar yg dibuat Allah yg bernama Lucifer dan sekaligus terindah bentuknya... dibuang kebumi karena akal bulus dan kesombongannya.

Saya tambahkan...malaikat tidak mempunyai emosi...bagaimana dia bisa sombong?

DraCoola
05-05-2006, 13:51
Ho oh.. aku juga perna denger kalo lucifer tuh konon cantik banget.
Btw, ada yg punya pic nya lucifer? :p

komp san
05-05-2006, 13:57
eh Adam kawin sama Hawa dapat anak cewe lah, trus tuh anak cewe mau dapat bibit mana supaya dapat anak ? berhubung adam cuman seorang saja laki-laki berarti si anak kawin sama bapaknya (Adam), memangnya bukan kawin sedarah ??? atau dapat anak cowo, supaya tuh anak cowo dapat anak harus kawin sama perempuan dong, berhubung perempuan cuman ada satu-satunya yaitu Hawa(ibunya) berarti dia kawin sama ibunya....lucunya dimana ??? kalau loe telan bulat-bulat tuh yah logikanya begitu. kalau loe percaya manusia pertama kali hanya Adam dan Hawa, itu baru lucu.

Setau gw ngelahirin 4 , 2ce 2 co masing2 gen jelek 1 lalu disilang yang jelek biar ma cakep , dimana disitu juga terjadi pembunuhan pertama karena cemburu , cuman disini logikanya bukan masalah kawin sedarah atau gimana, soalnya saat itu emang cuman mereka yg manusia

sedarah belum tentu cacat , tapi memang lebih baik tidak sedarah untuk memperluas persaudaraan

coba lo nikah sedarah...ya lo di situ2 aja kalangannya , kalo ama ga sedarah...pikir sendiri :D

Bigbang itu yang menemukan siapa ya...lupa...tapi...sebenarnya di al-quran sudah ada dan manusia baru ngeh di ratusan kemudian

Artifac
05-05-2006, 13:57
Ho oh.. aku juga perna denger kalo lucifer tuh konon cantik banget.
Btw, ada yg punya pic nya lucifer? :p

Mungkin ini fotonya :D
http://img20.imageshack.us/img20/8963/mihoyoshioka0284wi.jpg

hela
05-05-2006, 13:58
Saya tambahkan...malaikat tidak mempunyai emosi...bagaimana dia bisa sombong?
bro komp san,ada perbedaan pendapat antara agama x dengan agama y

kalo di agama saya malaikat tidak mempunyai emosi...bagaimana dia bisa sombong(seperti di utarakan oleh bro komp san),sedangkan kisah lucifer/azazil(di agama saya)dari dulu dia adalah iblis bangsa api(terbuat dari api) tapi dia setingkat di jajaran 10 malaikat.dulu dia setia kepada tuhan tapi ketika diciptakan manusia,dia tidak setuju dan malah menyombongkan(bahwa dia makhluk yang paling unggul),dan Tuhan marah dan Dia memasukan azazil/lucifer berserta antek-anteknya ke dalam neraka.

jadi kalau di agama saya malaikat tidak akan berkhianat kepada penciptanya
sori jika salah gw bukan ahli agama:)

hela
05-05-2006, 14:03
Mungkin ini fotonya :D
http://img20.imageshack.us/img20/8963/mihoyoshioka0284wi.jpg
:laugh1: :laugh1: :laugh1:

komp san
05-05-2006, 14:06
Lucifer itu bersosok manusia yang tampan ( brad pitt aja kalah ) dan bukan malaikat melainkan iblis yang menyesatkan manusia lewat sekte contoh: melakukan hub sex massal ( wow vivid interactive kalah tuh ) , bunuh diri massal dgn janji palsu , menyetubuhi penganutnya ampe sex maniak

sosok asli lucifer manusia berkepala kambing/domba bersayap hitam kaki kambing/domba

lucifer ada kaitannya ga sih ama sekte salib hitam yang dibalik?

kalo ada yang percaya manusia itu dari monyet coba aja lo ke sangeh di bali :D

DraCoola
05-05-2006, 14:06
oh? aelof lucifer... http://dracoola.com/images/luv.gif

DraCoola
05-05-2006, 14:09
Lucifer itu bersosok manusia yang tampan ( brad pitt aja kalah ) dan bukan malaikat melainkan iblis yang menyesatkan manusia lewat sekte contoh: melakukan hub sex massal ( wow vivid interactive kalah tuh ) , bunuh diri massal dgn janji palsu , menyetubuhi penganutnya ampe sex maniak

sosok asli lucifer manusia berkepala kambing/domba bersayap hitam kaki kambing/domba

lucifer ada kaitannya ga sih ama sekte salib hitam yang dibalik?

kalo ada yang percaya manusia itu dari monyet coba aja lo ke sangeh di bali :D
anu.. bukannya lucifer tuh ce? konon dia adala malaikat ce yg sundal banget dan suka gebrak2 iman para malaikat co?

Hitman2001
05-05-2006, 14:12
Kalau yang begini masih dibilang mirip monyet mah keterlaluan deh... :D:D:D:D

Hitman2001
05-05-2006, 14:37
---====Deleted====---

andhee
05-05-2006, 14:53
gue gak nyangka thread ini bakalan sepanjang ini... lebih panas dari threadnya arlene :D


eh eh eh...
gw pgn tanya nih....
setan/iblis dengan hantu itu sama apa nggak sih????
hehehehehe
maap oot... soalnya dari dulu gw masih ragu2 bedainnya

setan itu golongan kafir dari bangsa jin (yg suka merayu untuk berbuat jahat), kalo iblis itu nama salah satu jin yg sangat jahat, kalo hantu itu sebutan jin lagi iseng jadi kuntilanak/wewegombel dsb...
tapi semuanya 1 macem aja... bangsa jin



btw... sang penguasa kegelapan kan katanya berasal dari malaikat pula, justru malaikat yg paling indah bentuknya diantara malaikat malaikat yg lain... yg kemudian diusir dari surga...

kalo ini gue gak tau... beneran atau bikinan manusia cerita tentang ini...

tapi yg gue tau kisah malaikat yg beneran seperti ini.... disebut di kitab...

malaikat ini komplain sama tuhan karena kerjanya cuma bisa sembahyang... (malaikat diciptakan tanpa nafsu) jadi manusia itu lebih gampang... bisa melakukan macam2... suka berbuat dosa... kata si malaikat... tuhan bilang... gak gampang jadi manusia, mereka harus menahan nafsu... akhirnya tuhan mengirim malaikat itu ke bumi menjadi manusia + nafsu manusia...

sesampai di bumi, malaikat tersebut bersenang2... minum alkohol trus akhirnya mabuk dan memperkosa wanita penjaga tempat jual alkohol tersebut... setelah mereka sadar akan kesalahannya dan takut ketahuan, dibunuhlah wanita tersebut... setelah itu baru malaikat itu sadar... ternyata jadi manusia itu gak mudah.... btw, gue lupa nih malaikat masuk neraka atau nggak...

andhee
05-05-2006, 14:57
oh yah ? saya tidak percaya nenek moyang manusia cuman dari 1 pasangan yaitu Adam atau Hawa, karena coba aja loe kawin sama saudara kandung loe sendiri kalo nggak di hujat habis-habisan. tanya aja sama semua pemuka agama kalau ada yang bilang boleh...secara agama saja di larang, dari ilmu pengetahuan anak dari hasil perkawinan sedarah akan menghasilkan turunan yang cacat.


keadaanya disebut di kitab kok... anak adam + hawa, lahir selalu kembar 2 jenis... akhirnya kawin silang... kan sampe diceritain pembunuhan pertama di muka bumi itu karena berebut cewek...

btw, jaman dulu + kekuasaan allah, hasilnya beda dong... sama aja kayak jaman sekarang ada yg ngaku nabi... gue gak bakal percaya... karena ada waktu dimana sesuatu itu bisa terjadi... karena memang itu zamannya...

s1nch4n
05-05-2006, 14:57
awas bisa OOT.... :nunchuck:

andhee
05-05-2006, 15:01
Mungkin ini fotonya :D
http://img20.imageshack.us/img20/8963/mihoyoshioka0284wi.jpg


setahu gue lucifer versi hollywood seperti ini... kayak di film bedazzled

http://www.foxhome.com/bedazzled/movie/downloads/images/800a.jpg

hela
05-05-2006, 15:29
kok pada gosipin si lucy:confused:
fotonya lumayan:D

komp san
05-05-2006, 15:51
bro komp san,ada perbedaan pendapat antara agama x dengan agama y

kalo di agama saya malaikat tidak mempunyai emosi...bagaimana dia bisa sombong(seperti di utarakan oleh bro komp san),sedangkan kisah lucifer/azazil(di agama saya)dari dulu dia adalah iblis bangsa api(terbuat dari api) tapi dia setingkat di jajaran 10 malaikat.dulu dia setia kepada tuhan tapi ketika diciptakan manusia,dia tidak setuju dan malah menyombongkan(bahwa dia makhluk yang paling unggul),dan Tuhan marah dan Dia memasukan azazil/lucifer berserta antek-anteknya ke dalam neraka.

jadi kalau di agama saya malaikat tidak akan berkhianat kepada penciptanya
sori jika salah gw bukan ahli agama:)

agak bingung nih...malaikat tidak punya emosi jadi tidak mungkin bisa sombong atau marah ya kan?

lucifer katanya bekas malaikat berarti terbuat dari cahaya kenapa jadi api???

iblis yang setingkat dengan malaikat???

antek2 itu siapa???

ya memang benar malaikat tidak akan berkhianat


lucu ya ngebahas monyet jadi ngebahas lucifer....siapa yang bawa2 lucifer? hayo tanggung jawab , TS mana nih :D

komp san
05-05-2006, 15:53
anu.. bukannya lucifer tuh ce? konon dia adala malaikat ce yg sundal banget dan suka gebrak2 iman para malaikat co?

Aih kebanyakan nonton :D , malaikat mana ada kelamin...ntar beranak donk :D

positive+
05-05-2006, 15:57
Just be carefull if u connect this stuff with religions :)
ada yg sampe membahas masalah teologi segala, bagi yg Islam inget aja surah Al Ikhlas. ( Allah itu satu / tunggal / unique / tidak ada yg menyerupainya, tidak beranak dan diperanakkan ...etc ) itu adalah ciri2 ke-Tuhanan.
Membahas perbedaan itu ngga akan ada habisnya, malah bs jadi bahan cekcok dan pertengkaran. Lebih baik membahas persamaan, mungkin dlm persamaan akan ada jawaban :) tiap org punya nilai kebenaran sdr2 sbg barometer mrk.

Hanya sekedar mencoba meluruskan OOT. Mengenai incest pada jaman Adam, coba jawab mengapa manusia menjadi bersuku-suku, anak cucu Adam menempati tempat2 sdr, terpisah jauh dgn saudara lainnya ? kedekatan chain DNA, bila harus menikah dgn saudara dekat, justru kejauhan dan pemisahan itu membuat chain DNA smakin renggang dan memperkecil kemungkinan dr kelahiran yg cacat krn kemungkinan unstable DNA dr pernikahan dengan saudara yg terlalu dekat ( spt saudara kandung ) itu tll besar :) agama melarang bukan tidak ada sebabnya, pasti ada dampak negatif-nya. Masalah hujat menghujat masalah incest ini, nilai aja sdr dan simpen buat pribadi.

Regard,

Hitman2001
05-05-2006, 16:08
Saya komen yang ini ajah... :D



Hanya sekedar mencoba meluruskan OOT. Mengenai incest pada jaman Adam, coba jawab mengapa manusia menjadi bersuku-suku, anak cucu Adam menempati tempat2 sdr, terpisah jauh dgn saudara lainnya ?


Penyebabnya adalah, perpindahan manusia itu sendiri... Misalnya, setelah berkeluarga, pindah ke tempat lain, beranak cucu, anak cucunya berkeluarga, pindah ke tempat lain, beranak cucu.... and so on...



kedekatan chain DNA, bila harus menikah dgn saudara dekat, justru kejauhan dan pemisahan itu membuat chain DNA smakin renggang dan memperkecil kemungkinan dr kelahiran yg cacat krn kemungkinan unstable DNA dr pernikahan dengan saudara yg terlalu dekat ( spt saudara kandung ) itu tll besar :) agama melarang bukan tidak ada sebabnya, pasti ada dampak negatif-nya. Masalah hujat menghujat masalah incest ini, nilai aja sdr dan simpen buat pribadi.

Saya juga tahu... Jadi??? :D

Ohh maaf... Maksud Anda ini toh : Masalah hujat menghujat masalah incest ini, nilai aja sdr dan simpen buat pribadi....

Maap maap nda mudeng gua...

hela
05-05-2006, 16:09
agak bingung nih...malaikat tidak punya emosi jadi tidak mungkin bisa sombong atau marah ya kan?

lucifer katanya bekas malaikat berarti terbuat dari cahaya kenapa jadi api???

iblis yang setingkat dengan malaikat???

antek2 itu siapa???

ya memang benar malaikat tidak akan berkhianat


lucu ya ngebahas monyet jadi ngebahas lucifer....siapa yang bawa2 lucifer? hayo tanggung jawab , TS mana nih :D
aduh susah juga jelasin:notsure:
kalo di agama saya azazil/lucivert bukan malaikat melainkan dia itu iblis dari awal dia diciptakan memang dasarnya terbuat dari api bukan terbuat dari cahaya,dia ngak berubah dari cahaya ke api tapi dia memang dasarnya api.cuma level dia setingkat 10 pembesar malaikat

gw ngak mau jelasin lagi,soalnya nanti nyigung2 agama dan nanti debar kusir.karena beda agama beda jalan cerita juga beda tetapi yang penting mempunyai hikmah cerita yang sama jadi peace aja :hippie:

:topic: :topic: mendingan topic ini buat polling

Hitman2001
05-05-2006, 16:19
Well bro, sebaiknya kembali ke subject saja sepertinya sudah ada yang mulai tersentil di sini... :D:D:D:D


:buddies:

Fiend
05-05-2006, 16:21
Kalo kata gua sich kia tuh sama-sama monyet

Ace-Killa
05-05-2006, 16:56
mm... agak binun jg sih, ngak gitu ngerti sejarah beginian :p tp kalo fosil2 homo sapien dan sejenisnya tuh ada hubungannya ngak ya?? kan ada tuh yg bentuknya dr yg masih monkey tulen sampai ke bentuk yg "agak" mirip manusia

komp san
05-05-2006, 17:05
Just be carefull if u connect this stuff with religions :)
ada yg sampe membahas masalah teologi segala, bagi yg Islam inget aja surah Al Ikhlas. ( Allah itu satu / tunggal / unique / tidak ada yg menyerupainya, tidak beranak dan diperanakkan ...etc ) itu adalah ciri2 ke-Tuhanan.
Membahas perbedaan itu ngga akan ada habisnya, malah bs jadi bahan cekcok dan pertengkaran. Lebih baik membahas persamaan, mungkin dlm persamaan akan ada jawaban :) tiap org punya nilai kebenaran sdr2 sbg barometer mrk.

Hanya sekedar mencoba meluruskan OOT. Mengenai incest pada jaman Adam, coba jawab mengapa manusia menjadi bersuku-suku, anak cucu Adam menempati tempat2 sdr, terpisah jauh dgn saudara lainnya ? kedekatan chain DNA, bila harus menikah dgn saudara dekat, justru kejauhan dan pemisahan itu membuat chain DNA smakin renggang dan memperkecil kemungkinan dr kelahiran yg cacat krn kemungkinan unstable DNA dr pernikahan dengan saudara yg terlalu dekat ( spt saudara kandung ) itu tll besar :) agama melarang bukan tidak ada sebabnya, pasti ada dampak negatif-nya. Masalah hujat menghujat masalah incest ini, nilai aja sdr dan simpen buat pribadi.

Regard,

agreeeeeeeeeeeee

komp san
05-05-2006, 17:12
aduh susah juga jelasin:notsure:
kalo di agama saya azazil/lucivert bukan malaikat melainkan dia itu iblis dari awal dia diciptakan memang dasarnya terbuat dari api bukan terbuat dari cahaya,dia ngak berubah dari cahaya ke api tapi dia memang dasarnya api.cuma level dia setingkat 10 pembesar malaikat

gw ngak mau jelasin lagi,soalnya nanti nyigung2 agama dan nanti debar kusir.karena beda agama beda jalan cerita juga beda tetapi yang penting mempunyai hikmah cerita yang sama jadi peace aja :hippie:

:topic: :topic: mendingan topic ini buat polling

Sorry kalo bingung , gw juga bingung , di thread ini ada yang bilang lucifer tuh bekas malaikat....jadi ga nyambung ya hehehe :D

komp san
05-05-2006, 17:14
Kalo kata gua sich kia tuh sama-sama monyet

Kia itu apa ya?

komp san
05-05-2006, 17:21
Well bro, sebaiknya kembali ke subject saja sepertinya sudah ada yang mulai tersentil di sini... :D:D:D:D


:buddies:

Hayooo siapa yang kesentil? :):D:):D

:buddies:

lacerate_swine
05-05-2006, 17:23
manusia gak mungkin dari monyet, paling dari jenis primata yang laen. Tapi monyet disini gak dijelasin apaan, gorila? orang utan?...

Yang jelas, kalo maksudnya monyet = primata secara umum mah, gua percaya...

komp san
05-05-2006, 17:35
TS mana nih ko' ga muncul? jadi percaya mana? :D

thread ini seperti mengundang emosi orang yang ga kuat dan bisa bikin sesat hehehehe

buds
05-05-2006, 18:04
apa ntar monyet2 yg ada skrg bakal jadi manusia lagi? :D

mvx1n
05-05-2006, 18:12
mungkin ngga dibalik, manusia berevolusi menjadi monyet :p

positive+
05-05-2006, 21:04
Hahahahahahahahahaha .... monyet..monyet...ada2 aja :D:rolleyes::confused:;):p

andhee
05-05-2006, 22:12
gue jadi inget game jaman dulu... nama gamenya lupa... intinya tuh game, kita harus mengkoordinir manusia untuk memecahkan puzzle tiap level... nah kalo gagal, yg lucu the end nya, manusia lagi makan pisang, kalo monyet naik ferrari, hehehehe....

DraCoola
05-05-2006, 22:42
btw, apaka ktika tarzan tanpa monyetnya, akan jadi sperti nobita yg tanpa doraemon?

Ps: jangan tralu serius nanggepin pertanyaan ini, kerna akupun lagi dalam keadaan mules.. :o

si_yoyo
05-05-2006, 22:47
Bisa aja aku percaya manusia tuh evolusi dari mahluk yg mirip (HANYA MIRIP!!!) kera.
Tapi aku juga yakin kalo cikal bakal smua manusia yg ada di dunia ini berasal dari Nabi Adam dan Hawa.
Pembedanya adala -> antara percaya dan yakin.
Kalian yg dah pada gede2 ini pasti bisa mbedain makna dua kalimat di atas.

Di dalam Islam, dibedaken dua pernyataan/dalil :
1. dalil Aqli (berdasarken logika manusia)
2. dalil Naqli (berdasarken tuntunan/pedoman yg hanya berasal dari firman Allah).

Kedua hal ini ndak bisa di campur aduk bgitu aja, kcuali yg memang ndak bertentangan. Misal?
Kompi yg sdang kita pake skarang ini adala jelas ada yg mentjiptaken. Ndak mungkin muncul bgitu aja.
Maka dmikian pula dengan alam smesta bserta bumi dan seisinya dan juga manusianya.. pasti ada yg membuat ini smua terbentuk.
Sangat sderhana dan tepat percis dgn logika kan? :)

Nah, ktika Aqli dan Naqli bertentangan?
Maka akan bisa aja muncul sbuah pertanyaan berbasis logika sperti ini :
Apabila Allah Maha Menciptakan, Maha Berkehendak, dan Maha Perkasa, maka bisakah Allah menciptakan sebuah batu yg amat besar dan sangat berat yg Allah sendiri ndak akan sanggup untuk mengangkatnya?
Bisa ndak ya? Katanya Maha Menciptakan dan Maha berkuasa atas ciptaan-Nya??? :confused:

Mungkin juga bakal ada pertanyaan kayak bgini :
Ketika Allah dah mutlak disebut sebagei yg Maha Sempurna, knapa untuk kitab suci yg se-SUCI itu harus berulang2 ada revisi?
Taurat direvisi pada edisi Zabur, Zabur ke Injil, Injil ke Al-Qur'an... Apaka sering salah bikin? Slalu rentan bug pada produksi awal??
Katanya Maha Sempurna dan Maha Mengetahui??? :confused: :confused:

Ngeri baca dua pernyataan logika di atas...
Maka, dengan bgini... janganla perna skali2 menyambungken teori manusia ke Agama. Sama skali pasti ndak bisa ktemu deh bro.
Trutama ketika mengingat manusia yg manusiawinya adala fully logika, dan Agama adala condong untuk sering nyerempet2 kpada hal2 gaib.
Contoh gaib?
- surga-neraka
- roh
- Jin dan setan bserta malaikat
- Istri nabi Adam diciptaken dari tulang rusuk beliau sendiri, etc etc
Susah deh diserap akal... sbap gaib. Diluar kemampuan dan kekuasaan dari kodrat kita untuk menelaahnya lebih jauh.
Berbeda banget dengan berat dan masa jenis, bilangan biner, integral, ion, dan sgalanya yg kasat mata dan bisa di itung pake protein2 3D pada otak kita.

Balik ke topik semula, Darwin bilang manusia adala hasil dari evolusi? Teori evolusi bener kok.
Bukannya gajah tuh evolusi dari mammoth?
Gimana dengan fosil Homo Wajakensis yg ditemuken di Wajak-Mojokerto? Phitecanthropus di Sangiran, Jawa Timur?
Lalu... jaman Megalithikum? Neolithikum? Mesolithikum? Paleolithikum?
Manusia tolol mana yg bikin kapak lonjong dan kapak perimbas bisa bgitu populer kalo memang bukan kerna ada artefak nya?
Monyet kah yg bikin kapak? Lalu... knapa di jaman yg mestinya dah serba science ini monyet kok malah mundur alias bisanya cuma ngeremes2 pisang doang?

Jadi : monyet ya monyet, manusia ya manusia. Cuma kbetulan aja strukturnya memang sdikit mirip. Itu pendapatku.
Sperti kemiripan kucing dengan macan, cicak dengan komodo, anjing dengan serigala.. etc etc.
Kalopun Darwin bener ttg teori evolusinya, manusia cuma bermutasi aja dari bentuk yg menyesuaiken diri dgn lingkungan.
Sperti saat manusia masi sdikit di jaman nabi Ibrahim yg bisa berumur ratusan taun dan bodinya buesar2, berbanding dgn populasi manusia padat jaman skarang yg umurnya pada relatip pendek2 dgn ukuran bodi kecil2.

Bermutasi (berevolusi) jg bisa terliat pada keragaman manusia jaman skarang kan?
Ada rumpun asia yg melayu dan china. Ras benua Afrika. Juga bermacam2 jenis bule mulei dari australia, eropa mpe amerika bserta negro dan ras latin-nya.
Padahal smuanya bersumber dari satu pasang orang tua: Nabi Adam dan Hawa.

TAPI, Darwin bisa bener dan bisa juga salah. Orang2 sperti Darwin juga cuma bisa menerka dgn dasar meneliti SISA dari yg perna ada.
Bener kata bro bruang gatel, biarken smua itu tetep jadi misteri Allah.
Kita smua yg cuma manusia ini, yg kecil lemah dan masi sangat bisa flu demam dan mencret, ndak bakal mampu menerka rencana Allah.

Lagian, bukan kerna aku Islam lantas aku membantah bgitu aja kebenaran teori evolusi yg ada di depan mata dan yg masuk akal bagi akal pikiranku.
Akal pikiran ini anugerah dari Allah, sbaiknya dipergunaken dan dihargai dgn seindah mungkin.
Agama Islam yg kupeluk juga ndak perna kutau coba ngajarin untuk menjadi orang yg picik yg menolak ilmu pengetauan dan apalagi kebenaran.

Kalo memang buktinya ada (walo sbagian bukti evolusi juga dikataken palsu) ya tetep aja ada sbagian yg bener.
Toh dengan kontroversialnya si Darwin, hanya beberapa orang aja yg sibuk berteriak2 menolak dgn membabi buta.
Sbap yg lainnya sih ndak masalah. Masi kuat mutu Agama dan iman ibadahnya tanpa harus "membutaken diri".
Pastiken lagi sperti pada kalimat di awal2 post ini... percaya dan yakin adala sangat berbeda scara prinsip.

Mohon jgn lagi tema2 yg cuma maenan logika gini lekas2 disambung2in ama agama... harus dipikir matang2 terlebih dahulu.Gile dalem banget neh bro :cool:

sayang masih belum bisa kasih GRP buat lu :D

hela
05-05-2006, 22:50
btw, apaka ktika tarzan tanpa monyetnya, akan jadi sperti nobita yg tanpa doraemon?

Ps: jangan tralu serius nanggepin pertanyaan ini, kerna akupun lagi dalam keadaan mules.. :o
OOT
cerita akhir doraemon nobita ditinggal doraemon dan dia jadi manusia yang mandiri:)

martin_hawk
05-05-2006, 22:51
jelas bukan
Darwin aja g pernah bilang manusia hasil evolusi dari monyet. Dia mengatakan bahwa manusia itu berasal dr spesies primata yg berkerabat dgn monyet, spesies itu disebut missing link. btw klo manusia hasil evolusi monyet, knp monyet masih ada nyampe skr? trus teori evolusi Darwin itu skr udah gak relevan, soalnya gak bs ngejawab pertanyaan paling fundamental, knp banyak sekali variasi di atas tingkatan spesies makhluk hidup? brp bnyk kesempatan makhluk hidup untuk berevolusi (dr sel tunggal nyampe makhluk tingkat tinggi)? klo variasi tingkat spesies mungkin bs dijawab ma teori oom Darwin, tp klo variasi tingkatan di atasnya gmn?

DraCoola
05-05-2006, 22:56
Gile dalem banget neh bro :cool:

sayang masih belum bisa kasih GRP buat lu :D
hah?? duh sayang banget deh!! arrrggghhh!!
misal di patch juga masi nda bisa ngasi dobel bro??
kubantu cariin deh inul nya GRP!! :p

andhee
06-05-2006, 01:40
setelah baca secara mendalam pernyataan bro DraCoola, gue punya beberapa persamaan dan perbedaan pendapat nih... boleh kan :D



Mungkin juga bakal ada pertanyaan kayak bgini :
Ketika Allah dah mutlak disebut sebagei yg Maha Sempurna, knapa untuk kitab suci yg se-SUCI itu harus berulang2 ada revisi?
Taurat direvisi pada edisi Zabur, Zabur ke Injil, Injil ke Al-Qur'an... Apaka sering salah bikin? Slalu rentan bug pada produksi awal??
Katanya Maha Sempurna dan Maha Mengetahui??? :confused: :confused:
yg ini gue jawab aja secara simple deh.... ketika komputer masih produksi AT80286 sanggup gak kalo di install vista ?? sama aja kaya pertanyaan loe... kitab suci itu disesuaikan dengan zamannya.... bukan karena ada bug tapi menyesuaikan dengan hardware :D mulai dari yg sederhana... sampe akhirnya makin lengkapnya buku panduan tersebut.... seperti di mulai dari perintah 10 baris... sampe jadi perintah 1 buku... semua pake proses... dan semua dikaitkan dengan bukti nyata... bagaimana proses turunnya juga disesuaikan dengan kejadian.... jadi gak sembarang launching aja....

sebenernya ajaran tuhan itu simple aja kok... percaya tuhan itu esa... dan cuma dia yg harus kita sembah... yg bikin jadi ribet itu manusia kok... seperti contoh saat umat siapa yah?? yg disuruh menyembelih sapi betina... sebenernya permintaan tuhan cukup sapi betina... tapi dasar manusia.. tanya lagi... mau warna apa, tanduknya gimana, itunya gimana, ininya gimana... akhirnya sampe mereka sendiri yg kesusahan untuk mencari sapi tersebut...


Ngeri baca dua pernyataan logika di atas...
Maka, dengan bgini... janganla perna skali2 menyambungken teori manusia ke Agama. Sama skali pasti ndak bisa ktemu deh bro.
Trutama ketika mengingat manusia yg manusiawinya adala fully logika, dan Agama adala condong untuk sering nyerempet2 kpada hal2 gaib.
Contoh gaib?
- surga-neraka
- roh
- Jin dan setan bserta malaikat
- Istri nabi Adam diciptaken dari tulang rusuk beliau sendiri, etc etc
Susah deh diserap akal... sbap gaib. Diluar kemampuan dan kekuasaan dari kodrat kita untuk menelaahnya lebih jauh.
Berbeda banget dengan berat dan masa jenis, bilangan biner, integral, ion, dan sgalanya yg kasat mata dan bisa di itung pake protein2 3D pada otak kita.
nah ini gue gak setuju bro... gue gak ngeri kok... penjelasannya sangat sederhana... kenapa hal tersebut gak sampe ke logika kita... karena keterbatasan manusia saat ini... nanti pada saatnya juga akan terpecahkan misteri tersebut... asal sempet aja sebelum kiamat... sama seperti perintah tuhan untuk menjauhi beberapa item... kalo di islam contoh: babi, alkohol, zina.... jaman dulu gak ada penjelasannya... diturunkan untuk melihat... umat muslim itu patuh atau nggak.... tapi di jaman sekarang yg sudah canggih... logika manusia udah bisa masuk... kenapa babi dilarang... karena babi itu masih mengandung unsur jelek walaupun sudah dimasak... seperti cacing pita... kenapa alkohol dilarang... jaman dulu gak bisa dijelasin... sekarang setelah dilakukan penelitian... efek negatifnya lebih banyak... baik secara fisik maupun mental... udah gue jelasin di post sebelum2nya... zina kenapa?? bukan karena penyakit lho... penyakit itu azab... tapi kepada gimana pengaruhnya ke hubungan sosial.... sex itu secara tidak langsung ada hubungan dengan perasaan dan hormon... nah kalo orang zina sembarangan.. berakibat kepada kesetiaan rendah... status sosial buruk... kalo sampe punya anak... berpengaruh kepada mental si anak... tanggung jawab yg tidak jelas dan lain sebagainya... intinya selain dari enaknya pas orgasme, di luar itu efeknya negatif semua....

selain dari itu ada beberapa hal yg menurut sesorang itu gaib, tapi untuk orang lain tidak... kenapa?? karena perbedaan ilmu pengetahuan... contoh yg namanya mahluk jin... apakah bisa dilogikakan?? gue jawab bisa... bagaimana?? begini... antara jin dan manusia itu dibuat dari material yg berbeda... bagaikan tanah dengan api.. apakah bisa menyatu?? gak kan... api gak bisa bakar tanah... gak kan... tapi ngasih panas bisa... tanah bisa bercampur dengan api?? gak juga kan... paling bisa bercampur dengan air, jadi lumpur deh..... selain dari itu kenapa kita gak bisa liat jin... yg namanya melihat itu (udah belajar cahaya kan) adalah pantulan cahaya menuju retina... pada saat suatu benda bergerak melebihi kecepatan cahaya.. apakah kita bisa melihatnya?? nggak kan... tapi apakah benda tersebut gaib?? gak juga kan... karena keterbatasan indera manusia yg gak sanggup melihat... nah secara fisik yg namanya jin itu diibaratkan bagaikan baling2 yg sedang berputar... tidak kelihatan tapi ada... nah jin itu kecepatan pergerakan partikel atomnya lebih cepet dari manusia(getaran partikel)... jadi gak kelihatan.... kenapa manusia bisa liat jin... ada 2 kemungkinan... 1 jin melambatkan pergerakan atomnya... medekati pergerakan atom manusia sehingga bisa terlihat (jin sakti) 2. manusia mempercepat penangkapan indranya (manusia sakti) so... seperti gue bilang... ciptaan tuhan bisa dilogikakan... asal ngerti ilmunya... :D

cuma 1 aja kok yg memang tidak bisa dimasukkan ke logika... tuhan itu siapa yg menciptakan, bagaimana bentuknya, dsb yg berhubungan... yg lainnya mengenai ciptaan tuhan bisa di logikakan... masalahnya sampe apa nggak ilmu pengetahuan manusia untuk melogikakan hal tersbut...



Jadi : monyet ya monyet, manusia ya manusia. Cuma kbetulan aja strukturnya memang sdikit mirip. Itu pendapatku.
ini gue setuju... bisa dibuktiin kok... kalo mahluk beda jenis dikawinkan untuk bikin keturunan, gak sukses kan (contoh: anjing kawin sama kucing)... coba manusia kawin sama monyet.. bisa punya keturunan gak?? hehehe.. ada yg pengen praktek??? belon pernah nemu mahluk yg namanya ku-jing atau an-cing kan ???


Kalopun Darwin bener ttg teori evolusinya, manusia cuma bermutasi aja dari bentuk yg menyesuaiken diri dgn lingkungan.
Sperti saat manusia masi sdikit di jaman nabi Ibrahim yg bisa berumur ratusan taun dan bodinya buesar2, berbanding dgn populasi manusia padat jaman skarang yg umurnya pada relatip pendek2 dgn ukuran bodi kecil2.


ini gue juga setuju.... menyesuaikan dengan lingkungan dan waktu...


Bermutasi (berevolusi) jg bisa terliat pada keragaman manusia jaman skarang kan?
Ada rumpun asia yg melayu dan china. Ras benua Afrika. Juga bermacam2 jenis bule mulei dari australia, eropa mpe amerika bserta negro dan ras latin-nya.
Padahal smuanya bersumber dari satu pasang orang tua: Nabi Adam dan Hawa.

TAPI, Darwin bisa bener dan bisa juga salah. Orang2 sperti Darwin juga cuma bisa menerka dgn dasar meneliti SISA dari yg perna ada.
Bener kata bro bruang gatel, biarken smua itu tetep jadi misteri Allah.
Kita smua yg cuma manusia ini, yg kecil lemah dan masi sangat bisa flu demam dan mencret, ndak bakal mampu menerka rencana Allah.

wah gue gak setuju banget nih dengan yg namanya menyerah... usaha semaksimal mungkin terus berdoa dan pasrah diri... gak nyerah gitu aja....



Lagian, bukan kerna aku Islam lantas aku membantah bgitu aja kebenaran teori evolusi yg ada di depan mata dan yg masuk akal bagi akal pikiranku.
Akal pikiran ini anugerah dari Allah, sbaiknya dipergunaken dan dihargai dgn seindah mungkin.
Agama Islam yg kupeluk juga ndak perna kutau coba ngajarin untuk menjadi orang yg picik yg menolak ilmu pengetauan dan apalagi kebenaran.

yap gue setuju nih... misteri allah itu disuruh kita untuk memecahkan kok... dan kita juga disuruh menuntut ilmu.... tentunya ilmu yg bener... bukan ilmu yg udah kena distorsi...



Mohon jgn lagi tema2 yg cuma maenan logika gini lekas2 disambung2in ama agama... harus dipikir matang2 terlebih dahulu.

kebetulan dari sd sampe sma gue belajar science dengan pendekatan agama... mungkin cara berpikir gue yg udah berubah... agama yg benar sangat berhubungan dengan science.... tinggal bagaimana cara loe menemukan sambungannya... sekali lagi... agama yg mana dulu.... kalo urusan agama cuma ada 2 jawaban... benar atau salah... apabila ada 2 agama yg berbeda ajaran, cuma 1 hasilnya... salah satu benar atau 22nya salah.... trus science ini gak nyambung dengan agama yg mana?? apakah kita bisa percaya kepada suatu agama karena science?? kenapa nggak... banyak kok yg begitu... nah sekarang sih gue balikin ke elo2 pada... mana menurut loe yg paling benar... nanti tanggung jawab masing2 di akhir zaman :D

komp san
06-05-2006, 01:54
Postingan yang bagus kawan :D

DraCoola
06-05-2006, 02:39
setelah baca secara mendalam pernyataan bro DraCoola, gue punya beberapa persamaan dan perbedaan pendapat nih... boleh kan :D
Haduuhh... nguantuk banget bro.. tapi, ya silahken...
Aku juga seneng bisa ada ngobrolan yg cukup bebas ama anak (orang?) yg terbuka dan luwes spertimu :) http://dracoola.com/images/luv.gif


yg ini gue jawab aja secara simple deh.... ketika komputer masih produksi AT80286 sanggup gak kalo di install vista ?? sama aja kaya pertanyaan loe... kitab suci itu disesuaikan dengan zamannya.... bukan karena ada bug tapi menyesuaikan dengan hardware mulai dari yg sederhana... sampe akhirnya makin lengkapnya buku panduan tersebut.... seperti di mulai dari perintah 10 baris... sampe jadi perintah 1 buku... semua pake proses... dan semua dikaitkan dengan bukti nyata... bagaimana proses turunnya juga disesuaikan dengan kejadian.... jadi gak sembarang launching aja....
Tenang bro, itu cuma sampel2 mendadak. Nyoba nge-replace otak bentar menjadi materialis sejati.
Berandai bilamana logika yg bener2 murni logika kagetan nanyain ttg kok bisa mpe perlu banyak kitab untuk satu jenis mahluk yg padahal katanya paling mulia dibanding mahluk2 lain ciptaan-Nya ini.
Knapa ndak cukup satu kitab aja yg langsung skaligus perfek.

Sbap kalo ada yg mo mikir lebih panjang lagi (misalnya kamu), pasti lekas tercerna bahwa kitab2 tsb slalu diturunken pada lingkungan yg hyper-jahiliyah alias ultra biadap.
Yg akirnya bikin jadi lebih paham knapa juga slalu kitab suci terliat bertahap panjang mulai basic yg sderhana banget, trutama mengenai pemberitauan/ajaran berkasih-sayang, lalu pelan2 menuju ke arah berkemanusiaan dan berke-Tuhan an yg jauh lebih kompleks.
Palagi pas zaman nabi musa, perlu penetrasi yg mutlak harus sesuai dgn manusia2 yg pada sinting dan anarkis smua gitu.
Allah memang Maha Bijaksana, firman-Nya slalu disesueiken dgn pola lingkungan yg ada pada masa itu. Amin, terjawap deh :p

Tapi... mau juga dong dikomentarin soal batu berat-besar ciptaan Allah? Ayoooo brooo :D


nah ini gue gak setuju bro... gue gak ngeri kok... penjelasannya sangat sederhana... kenapa hal tersebut gak sampe ke logika kita... karena keterbatasan manusia saat ini... nanti pada saatnya juga akan terpecahkan misteri tersebut... asal sempet aja sebelum kiamat...
Aku sih masi sangat ngeri bro. Tjoba bayangken seandeinya sampe 2 detik sblun kiamat dan ternyata yg lebih dominan adala hanya logika yg sperti itu daripada pemahaman yg lebih kompleks, yaitu antara logika dan keimanan?
Bejat smua deh nistjaja umat manusia... kerna tlah totalitas bermutasi menjadi atheis murni.

Ingat... konsep dasar logika tuh adala mirip banget ama kompi yg kita gauli stiap saat stiap waktu ini.
Cuma kenal 0 dan 1 (kayak avatarmu), dah cukup untuk skejap aja bikin dunia berubah.
Bisa aja suatu waktu kelak menjadi beracun.. meracuni otak manusia untuk smangkin percaya hanya pada logika aja.
Btw, Dajjal juga bkerja dengan banyak cara deh bro...


sebenernya ajaran tuhan itu simple aja kok... percaya tuhan itu esa... dan cuma dia yg harus kita sembah... yg bikin jadi ribet itu manusia kok... seperti contoh saat umat siapa yah?? yg disuruh menyembelih sapi betina... sebenernya permintaan tuhan cukup sapi betina... tapi dasar manusia.. tanya lagi... mau warna apa, tanduknya gimana, itunya gimana, ininya gimana... akhirnya sampe mereka sendiri yg kesusahan untuk mencari sapi tersebut...
Para maniak sapi itu adala umatnya nabi musa.


selain dari itu ada beberapa hal yg menurut sesorang itu gaib, tapi untuk orang lain tidak... kenapa?? karena perbedaan ilmu pengetahuan... contoh yg namanya mahluk jin... apakah bisa dilogikakan?? gue jawab bisa... bagaimana?? begini... antara jin dan manusia itu dibuat dari material yg berbeda... bagaikan tanah dengan api.. apakah bisa menyatu?? gak kan... api gak bisa bakar tanah... gak kan... tapi ngasih panas bisa... tanah bisa bercampur dengan api?? gak juga kan... paling bisa bercampur dengan air, jadi lumpur deh..... selain dari itu kenapa kita gak bisa liat jin... yg namanya melihat itu (udah belajar cahaya kan) adalah pantulan cahaya menuju retina... pada saat suatu benda bergerak melebihi kecepatan cahaya.. apakah kita bisa melihatnya?? nggak kan... tapi apakah benda tersebut gaib?? gak juga kan... karena keterbatasan indera manusia yg gak sanggup melihat... nah secara fisik yg namanya jin itu diibaratkan bagaikan baling2 yg sedang berputar... tidak kelihatan tapi ada... nah jin itu kecepatan pergerakan partikel atomnya lebih cepet dari manusia(getaran partikel)... jadi gak kelihatan.... kenapa manusia bisa liat jin... ada 2 kemungkinan... 1 jin melambatkan pergerakan atomnya... medekati pergerakan atom manusia sehingga bisa terlihat (jin sakti) 2. manusia mempercepat penangkapan indranya (manusia sakti) so... seperti gue bilang... ciptaan tuhan bisa dilogikakan... asal ngerti ilmunya...
Satu kata = binun :)
Kayaknya tetep masi ada yg bisa dilogikaken dan ada juga yg ndak deh.
Sbap soal mata manusia yg ndak bisa nangkep kecepatan cahaya... hmmppff.. sialnya aku kok blun tau darimana manusia bisa nemu satuan untuk candela alias kecepatan cahaya. Ujung2nya pada keterbatasan ilmuku deh ini :)
Mohon maap dan trengkyuh atas koreksinya.

Kalo sisanya... surga-neraka dan malaikat ama tulang rusuk.. masi ndak bisa dilogikakan loh, weeekkk :p


wah gue gak setuju banget nih dengan yg namanya menyerah... usaha semaksimal mungkin terus berdoa dan pasrah diri... gak nyerah gitu aja....
Spertinya tetep harus ada limit deh bro. Dimana manusia harus tunduk takluk pada keterbatasannya.
Sbap kalo kita terlampau nekat, maka akan menjadi jenarisme (gantinya darwinisme :p), alias bisa dihukum oleh Allah sperti yg dialami oleh Syekh Siti Jenar.


kebetulan dari sd sampe sma gue belajar science dengan pendekatan agama... mungkin cara berpikir gue yg udah berubah... agama yg benar sangat berhubungan dengan science.... tinggal bagaimana cara loe menemukan sambungannya... sekali lagi... agama yg mana dulu.... kalo urusan agama cuma ada 2 jawaban... benar atau salah... apabila ada 2 agama yg berbeda ajaran, cuma 1 hasilnya... salah satu benar atau 22nya salah.... trus science ini gak nyambung dengan agama yg mana?? apakah kita bisa percaya kepada suatu agama karena science?? kenapa nggak... banyak kok yg begitu... nah sekarang sih gue balikin ke elo2 pada... mana menurut loe yg paling benar... nanti tanggung jawab masing2 di akhir zaman
Ho oh bro, cara berpikir yg matang yg kumaksut.
Sbap trutama dijaman skarang ini, umur bukanlah ukuran kematangan seseorang dalam menghisap dan mengolah sesuatu.
Itula yg kumaksut, harus dipikir matang2 terlebi dahulu sblunnya.
Mikir matang disini juga bisa brati harus siap/berani nempuh akibat apapun atas segala ucapan dari pemikirannya.
Tentunya dgn cara yg matang/bijaksana juga...
Kalo cuma skedar siap perang demi belain ucapannya sih sama aja balik ke biadap lagi deh.


Ok bro andhee, sangat thx dan smoga lekas kawin.

ridsa
06-05-2006, 07:31
Saya cuman mo bilang apa yang tertulis di kisah Adam dan Hawa tidak seharusnya ditelan bulat-bulat, saya percaya proses penciptaan manusia tidak berasal dari monyet. tapi keturunan manusia tidak hanya dari 1 pasangan saja tapi banyak. kisah Adam dan Hawa seperti kisah Telur duluan atau Ayam duluan, untuk itu para nabi-nabi zaman dulu akhirnya membuat kisah sedemikian yang terus terang bagi saya cukup sederhana untuk dimengerti dan tidak usah diperdebatkan pada zaman itu.

Apa hubungannya Adam dan Hawa dengan perkawinan Saudara ? yah jelas dong ! kalo misalnya bukan anak yang kawin dengan orang tuanya berarti kemungkinan lain kawin antar sesama saudara, anda harusnya memikirkannya sendiri dong karena anda bilang anda percaya terjadi incest pada waktu itu tapi kenapa anda bertanya ulang lagi kepada saya "apa hubungannya ?"

Atau Let me rephrase supaya lebih jelas, Perkawinan antara sedarah zaman dahulu kala atau zaman sekarang memang ada bedanya ???????? dari dulu sampe sekarang sama tidak ada yang merestui perkawinan sedarah !

Soal keturunan cacat dari perkawinan sedarah saya rasa anda bisa menyimak pelajaran biologi anda di SMA. kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Soal keturunan cacat yang tidak sedarah itu beda lagi, memang tidak menjamin karena banyak faktor yang bisa mengakibatkan hal tersebut. tapi kalau perkawinan sedarah faktor terjadinya lebih besar, kalau anda memang bisa lebih membuka wawasan pikiran dan pengetahuan anda bisa mendapatkan jawaban mengapa hal tsb bisa terjadi, saya terus terang cuman mengingat pelajaran biologi SMA saya :)

Saya tidak mau berdebat kusir mengenai masalah ini, saya rasa cukup argument saya sampai disini aja. kalau anda memang bisa membuka pikiran anda kisah Adam dan Hawa berasal dari kisah orang Israel (Hukum Taurat). bisa saja kisah bangsa lain berbeda untuk kisah penciptaan manusia pada awalnya, cuman kisah ini aja yang terkenal karena tersebar menjadi ajaran agama diseluruh dunia.

Sekali lagi saya tidak menyinggung SARA dalam hal ini cuman berusaha mengingatkan kita diberkati dengan akal pikiran dan seharusnya digunakan sebagaimana mestinya.


Memang kenyataannya begitu... Incest.. Dan saya memang percaya bahwa terjadi incest pada jaman Adam dan Hawa...

Yang lucu adalah, argumen Anda yang ini :

....karena coba aja loe kawin sama saudara kandung loe sendiri kalo nggak di hujat habis-habisan. tanya aja sama semua pemuka agama kalau ada yang bilang boleh...secara agama saja di larang, dari ilmu pengetahuan anak dari hasil perkawinan sedarah akan menghasilkan turunan yang cacat.

tidak/belum membuktikan pernyataan Anda yang lain :

oh yah ? saya tidak percaya nenek moyang manusia cuman dari 1 pasangan yaitu Adam atau Hawa,...

Makanya saya tulis : lagian apa hubungannya Adam dan Hawa dengan perkawinan antar saudara?

Oke, mungkin sayanya yang kurang jelas menuliskannya... Let me rephrase : lagian apa hubungannya Adam dan Hawa (yang hidupnya pada jamannya) dan perkawinan antar saudara (pada jaman sekarang, yang seperti Anda sendiri tulis di atas)



Memang logika saya begitu... Incest... Anda bisa menjelaskan kemungkinan lain? seperti kalimat Anda ini : saya tidak percaya nenek moyang manusia cuman dari 1 pasangan yaitu Adam atau Hawa,...

Oohh.. Ic .. Teori evolusi yang Anda pahami mungkin bisa menjelaskannya?

PS. Saya lupa menambahkan yang lucu pada tulisan Anda : apakah perkawinan yang bukan antar saudara bisa menjamin bahwa keturunannya tidak cacat?

si_yoyo
06-05-2006, 08:11
keadaanya disebut di kitab kok... anak adam + hawa, lahir selalu kembar 2 jenis... akhirnya kawin silang... kan sampe diceritain pembunuhan pertama di muka bumi itu karena berebut cewek...

btw, jaman dulu + kekuasaan allah, hasilnya beda dong... sama aja kayak jaman sekarang ada yg ngaku nabi... gue gak bakal percaya... karena ada waktu dimana sesuatu itu bisa terjadi... karena memang itu zamannya...Gue dukung pendapat lu

:iagree:

log out
06-05-2006, 10:02
gw suka sama ini thread.....:thumb:benar2 terbuka pikiran dan logika kita tuk beragumen dan berdiskusi bersama secara cerdas dan dewasa.

Btw....jangan sampai singgung2an SARA yg fanatik yah... dan jangan sampai jadi ajang FC kaya diforum sebelah:):D

pendrex
06-05-2006, 10:52
sesama monyet dilarang saling mendahului ...

vaporizel
06-05-2006, 12:06
Karena banyak yang punya pendapat, saya punya usul..

Ada 2 kursi, dimana kursi pertama di peruntukkan untuk orang keturunan Nabi Adam dan kursi kedua untuk keturunan kera / binatang.

Pertanyaan :

Jika anda diharuskan memilih kursi tersebut, kursi mana yang anda duduki?

hela
06-05-2006, 12:29
Karena banyak yang punya pendapat, saya punya usul..

Ada 2 kursi, dimana kursi pertama di peruntukkan untuk orang keturunan Nabi Adam dan kursi kedua untuk keturunan kera / binatang.

Pertanyaan :

Jika anda diharuskan memilih kursi tersebut, kursi mana yang anda duduki?
itu mah polling namanya:o

gw pilih kursi nabi Adam AS dan Siti Hawa:crossarm:

pendrex
06-05-2006, 12:33
Karena banyak yang punya pendapat, saya punya usul..

Ada 2 kursi, dimana kursi pertama di peruntukkan untuk orang keturunan Nabi Adam dan kursi kedua untuk keturunan kera / binatang.

Pertanyaan :

Jika anda diharuskan memilih kursi tersebut, kursi mana yang anda duduki?
gw nggak capek kok... berdiri aja...
tapi gw jawab : yang duduk di kursi pertama adalah orang yang religius, sedangkan yang duduk di kursi kedua adalah ilmuwan...
lha terus kalo ada seorang ilmuwan yang religius gimana? masak suruh jongkok di tengah2...

hela
06-05-2006, 12:37
gw nggak capek kok... berdiri aja...
tapi gw jawab : yang duduk di kursi pertama adalah orang yang religius, sedangkan yang duduk di kursi kedua adalah ilmuwan...
lha terus kalo ada seorang ilmuwan yang religius gimana? masak suruh jongkok di tengah2...
buatin kursi ketiga ilmuwan yang religius:rolleyes:

ridsa
06-05-2006, 12:55
sebenarnya Teori Darwin cuma sebatas sumbangan ke ilmu pengetahuan atas teori evolusi, tapi sampai sekarang tidak akan ada yang mengakui bahwa manusia itu evolusi dari monyet atau sejenisnya. makanya gua bilang kita di bekali dengan akal dan pikiran gunakan sebagaimana mestinya, jangan hanya membaca dan telan bulat-bulat tanpa direnungi dan diambil kesimpulannya.

andhee
06-05-2006, 13:26
walah... gara2 monyet jadi panjang begini.... awas nih monyet yg bikin thread... hehehe...


Tapi... mau juga dong dikomentarin soal batu berat-besar ciptaan Allah? Ayoooo brooo :D

ok gue komentarin nih... seperti gue bilang di post sebelumnya... semua bisa dipikir pake logika kecuali allah... so kalo udah gini seperti yg loe bilang dalil naqli-nya yg dipegang... ini udah gak bisa ditawar lagi... karena tuhan udah gak bisa dilogikakan...

prinsipnya kita pegang 1 aja... tuhan itu maha segalanya... jadi mau dia bikin batu maha berat, tetep bisa diangkat sama dia, karena dia maha kuat... percuma di logikain... bikin bego aja...

jangan disamain sama manusia... segantengnya manusia masih ada yg lebih ganteng... mau ngaku paling kaya, banyak yg lebih kaya... mau ngaku paling pinter, apalagi... dijamin lebih banyak yg jauh lebih pinter.... iya gak??



Aku sih masi sangat ngeri bro. Tjoba bayangken seandeinya sampe 2 detik sblun kiamat dan ternyata yg lebih dominan adala hanya logika yg sperti itu daripada pemahaman yg lebih kompleks, yaitu antara logika dan keimanan?
Bejat smua deh nistjaja umat manusia... kerna tlah totalitas bermutasi menjadi atheis murni.

Ingat... konsep dasar logika tuh adala mirip banget ama kompi yg kita gauli stiap saat stiap waktu ini.
Cuma kenal 0 dan 1 (kayak avatarmu), dah cukup untuk skejap aja bikin dunia berubah.
Bisa aja suatu waktu kelak menjadi beracun.. meracuni otak manusia untuk smangkin percaya hanya pada logika aja.
Btw, Dajjal juga bkerja dengan banyak cara deh bro...

kenapa ngeri bro?? takut jadi murtad?? (sori bahasanya) kalo memang agama loe bener, bakalan sejalan kok dengan science... beda kalo agamanya gak bener... baru mengatasnamakan macem2 biar gak dianggap melenceng... (sori lagi perumpamaannya)

catet yah... yg namanya pake logika bukan berarti gak percaya tuhan... cuman gue paling gak suka kebodohan membuat kita buta... buka mata buka telinga... selalu belajar untuk melihat segala sesuatu itu dari berbagai sudut pandang... dengan seperti ini kita jadi mengerti, bukan sekedar mengetahui... beda kan fight for your belive dengan fight for what you know... ketika ditanya loe tau darimana dan loe bisa jelasin atau nggak... babibu deh...
n kiamat kejadian nanti pada saat manusia sudah sangat pintar... sampe gak ikutin lagi ajaran tuhan... nah dibinasakan deh semua....

kalo ini ramalan... tau bener atau nggak, tinggal tunggu aja deh waktu kejadiannya... saat kita tau hal tersebut terjadi, baru kita tau omongan tuhan itu bener... (sori.. gue gak bisa melihat masa depan) kalo gue pribadi sih gak pengen ngerasain kiamat... mudah2an gue udah mati jauh sebelum hari kiamat.... kalo gue ngerasain kiamat dijamin deh gue masuk neraka... karena pada saat kiamat dunia isi orang bejat semua...



Satu kata = binun :)
Kayaknya tetep masi ada yg bisa dilogikaken dan ada juga yg ndak deh.
Sbap soal mata manusia yg ndak bisa nangkep kecepatan cahaya... hmmppff.. sialnya aku kok blun tau darimana manusia bisa nemu satuan untuk candela alias kecepatan cahaya. Ujung2nya pada keterbatasan ilmuku deh ini :)
Mohon maap dan trengkyuh atas koreksinya.

aduh gimana ngejelasin yg simple... sebenernya antara jin dan manusia bisa dijelaskan dengan fisika sederhana kok... kecuali pembahasannya lebih detail, baru pake fisika advance :D gini deh... asal mula jin dan manusia itu apa sih ?? api dan tanah kan... nah api itu suhunya seperti apa?? panas !! sedangkan tanah?? dingin (gak panas) nah... setelah tau itu kita ambil sample yg sederhana...

contoh apa yg terjadi kalau besi dipanaskan?? bagaimana partikelnya?? pergerakannya jadi lebih cepet bukan?? bandingkan dengan besi yg dingin... partikel hampir gak bergerak... sekarang coba bandingkan partikel api dengan partikel tanah perbedaanya...

kembali ke penjelasan gue masalah kenapa jin tidak bisa terlihat itu... karena fisik dia gak sempat direfleksikan oleh cahaya menuju retina tadi sehingga tidak terlihat oleh mata manusia.. bukan karena dia tidak tampak... atau gini deh... loe liat kipas dalam kondisi berputar dengan kondisi diam lebih jelas yg mana?? tentu yg diam kan... tapi pada saat dia berputar bukan berarti hilang... hanya tidak terlihat saja....

kalo mau dijelasin detail, ngobrol aja... jangan diketik gini... jari gue gempor :D



Kalo sisanya... surga-neraka dan malaikat ama tulang rusuk.. masi ndak bisa dilogikakan loh, weeekkk :p

neraka itu dinyalakan sama tuhan kan setelah kiamat... sekarang belon ada... (pada saat dulu sesorang itu hanya diperlihatkan saja, bagaimana keadaan di neraka) ini fact yg berada di kitab lho... kalo surga, kan udah pernah ada manusia yg kesana.. tinggal loe percaya apa nggak aja sama omongan dia... ;) kalo masalah tulang rusuk, nanti gue pelajari lagi, tapi kalo urusan ini kan penciptaan pertama... urusanya sama kekuasaan tuhan... jadi balik kepostingan bagian atas.. jangan dilogikain :D ilmu gue juga ada batasnya toh...



Spertinya tetep harus ada limit deh bro. Dimana manusia harus tunduk takluk pada keterbatasannya.
Sbap kalo kita terlampau nekat, maka akan menjadi jenarisme (gantinya darwinisme :p), alias bisa dihukum oleh Allah sperti yg dialami oleh Syekh Siti Jenar.

emang ada limit... tapi kan tetep usaha dulu.... tuhan juga udah bilang dan nantang ke manusia... kamu gak akan bisa menandingi kekuasanku... kamu boleh coba... tapi gak akan mampu... bukan begitu bukan??? so, kata tuhan boleh coba kenapa gak dilakukan... disini yg membedakan manusianya... dan ingat tuhan juga bilang... akan merubah nasib manusia yg mau berusaha... kalo yg nggak, yah gak dibantu...



Ok bro andhee, sangat thx dan smoga lekas kawin.

yg ini hubungannya apa?? gue percaya kok jodoh di tangan tuhan... tapi kan tetep mesti usaha pdkt juga sama cewek... emang ada cewek mau kalo situ cuek aja.... hahaha... urusan cewek juga sama kok... usaha dulu... urusan diterima atau ditolak kan belakangan.... kalo suka tapi gak usaha... bakal penasaran terus... tuh cewek suka juga gak sama kita.... iya gak???


terakhir nih... no offence buat semua yah... ini adalah pendapat gue... gak ada maksud untuk nyerang pribadi atau golongan...

peace :buddies:

DraCoola
06-05-2006, 14:42
Iya nih.. jadi sepanjang tali beha godzila banget threadnya.. hahaha..


ok gue komentarin nih... seperti gue bilang di post sebelumnya... semua bisa dipikir pake logika kecuali allah... so kalo udah gini seperti yg loe bilang dalil naqli-nya yg dipegang... ini udah gak bisa ditawar lagi... karena tuhan udah gak bisa dilogikakan...

prinsipnya kita pegang 1 aja... tuhan itu maha segalanya... jadi mau dia bikin batu maha berat, tetep bisa diangkat sama dia, karena dia maha kuat... percuma di logikain... bikin bego aja...
Sip bro!!.. komentarmu tlah menjawap bahwa pertanyaan dengan Aqli murni ada juga yg mustahil bisa terjawap.
Palagi ketika Aqli dihadapken pada sbagian Naqli yg bener2 utuh berdasarken gaib, yg cuma Allah aja yg bisa menjawapnya.

Itu sperti contoh kmarin yg bisa ndak Allah menciptaken batu besar dan buerat banget (masak sih Allah ndak bisa :meditate:), yg Allah sendiripun ndak akan mampu untuk mengangkatnya??
Brati, dengan hanya logika : Maha Mencipta + Maha Kuat = nonsense.
Yeah... manusia ndak bole bersikeras dan harus tunduk takluk kepada satu hal : Allah Maha Besar.


kenapa ngeri bro?? takut jadi murtad?? (sori bahasanya) kalo memang agama loe bener, bakalan sejalan kok dengan science... beda kalo agamanya gak bener... baru mengatasnamakan macem2 biar gak dianggap melenceng... (sori lagi perumpamaannya)
Bukan aku yg takut jadi murtad dong bro, tapi lebih nunjuk ke lingkungan orang2 lain yg kurang melek dan para pemuja benda alias kaum materialis.
Mreka yg dalam khidupan shari2nya dah sangat terbantu dengan tehnologi dan ilmu bikinan manusia, bukan mustahil akan lekas2 melupakan kebesaran Allah.
Itulah knapa di muka bumi ini masi ada aja teritorial yg berpaham komunis dan ato atheis kan?
Kuatirnya, mreka akan meluber dan lebih dominan di tengah krisis keagamaan yg kian pekat berkat desakan duniawi ini.
Bukan aku loh. Aku beriman kok, trust me ;)


catet yah... yg namanya pake logika bukan berarti gak percaya tuhan... cuman gue paling gak suka kebodohan membuat kita buta... buka mata buka telinga... selalu belajar untuk melihat segala sesuatu itu dari berbagai sudut pandang... dengan seperti ini kita jadi mengerti, bukan sekedar mengetahui... beda kan fight for your belive dengan fight for what you know... ketika ditanya loe tau darimana dan loe bisa jelasin atau nggak... babibu deh...
n kiamat kejadian nanti pada saat manusia sudah sangat pintar... sampe gak ikutin lagi ajaran tuhan... nah dibinasakan deh semua....
Ntah terinspirasi dari pilem Batman Begin ato cuma kbetulan aja pilem itu cocok aja jadi simbol untuk hal yg smacem ini :
Untuk bener2 bisa memahami perilaku penjahat, maka luangkan waktu sbentar untuk menjadi penjahat.
Untuk nyoba pahami pola pikir para materialis yg atheis dan ndak percaya Tuhan, akupun nyoba jadi sperti mreka bentar.
Bentar banget lah, ya pas ngetik2 kmarin itu :p

Maka akirnya bisa muncul dua sampel pertanyaan basis logika murni sperti postingku pertama itu deh bro.
Sbap kalo sbagian dari diri kita masi beriman, ndak mungkin bisa muncul pertanyaan sperti itu kan?
Makanya itu aku setuju ama pendapatmu yg ku bikin bold diatas :)
Menjadi luwes dan berkata2 dengan segala sudut pandang sealamiah yg se-sesuai mungkin dgn keadaan yg sbenernya.


kalo ini ramalan... tau bener atau nggak, tinggal tunggu aja deh waktu kejadiannya... saat kita tau hal tersebut terjadi, baru kita tau omongan tuhan itu bener... (sori.. gue gak bisa melihat masa depan) kalo gue pribadi sih gak pengen ngerasain kiamat... mudah2an gue udah mati jauh sebelum hari kiamat.... kalo gue ngerasain kiamat dijamin deh gue masuk neraka... karena pada saat kiamat dunia isi orang bejat semua...
Stuju lagi bro. Jelas pada bejat smua saat kiamat kelak.
Sbap salah satu tanda kiamat kan juga termasuk dimana dah ndak terdengar sbiji suara adzan pun di mana2.
Ini juga yg kumaksut, bahwa Dajjal pun bkerja keras dengan banyak cara.


aduh gimana ngejelasin yg simple... sebenernya antara jin dan manusia bisa dijelaskan dengan fisika sederhana kok... kecuali pembahasannya lebih detail, baru pake fisika advance gini deh... asal mula jin dan manusia itu apa sih ?? api dan tanah kan... nah api itu suhunya seperti apa?? panas !! sedangkan tanah?? dingin (gak panas) nah... setelah tau itu kita ambil sample yg sederhana...

contoh apa yg terjadi kalau besi dipanaskan?? bagaimana partikelnya?? pergerakannya jadi lebih cepet bukan?? bandingkan dengan besi yg dingin... partikel hampir gak bergerak... sekarang coba bandingkan partikel api dengan partikel tanah perbedaanya...
Yg ini dan jin dah jelas sjak kmarin kok :)
Yg ndak jelas adalah tulang rusuk, malaikat, surga-neraka.
Dan aku pribadipun sbenernya dah sangat2 percaya walo tanpa penjelasan untuk ke-3 hal di atas.
Mreka smua gaib bro. Aku ndak ingin memaksa tau kalo memang aku ndak diberi ijin Dia untuk mengetauinya.
Lagian, sampe jaman kapanpun, hanya satu manusia teristimewa yg diberi ijin oleh Allah untuk melihat surga-neraka : Nabi Muhammad SAW.

Btw, yg kubilang ndak jelas/binun kmarin adala pritungan satuan angka untuk candela tuh dapetnya darimana :p
Buat ngukur secepet apa atom/partikel jin bergerak berbanding mata kita bisa menangkapnya.


emang ada limit... tapi kan tetep usaha dulu.... tuhan juga udah bilang dan nantang ke manusia... kamu gak akan bisa menandingi kekuasanku... kamu boleh coba... tapi gak akan mampu... bukan begitu bukan??? so, kata tuhan boleh coba kenapa gak dilakukan... disini yg membedakan manusianya... dan ingat tuhan juga bilang... akan merubah nasib manusia yg mau berusaha... kalo yg nggak, yah gak dibantu...
Maksutku, limit itu muncul di saat yg bener2 limit kok bro.
Bukan cuma manusia pesimis yg dikit2 brasa limit.. dikit2 brasa limit. Misalnya :
Putus cinta, dah mo bunuh diri. Dipecat dari kerjaan, dah brasa dunia kiamat.
Itu adala batasan dari sbua limit yg tralu remeh bro.
Ya kalo manusia cuma berdoa doang tanpa mau berusaha, ndak bakalan dikasi deh doanya untuk punya istri cantik djelita yg skaligus berharta melimpah.
Itu dah lumrah banget sih bro. Tapi sama skali bukan itu yg kumaksut.

Limit yg bener2 limit adala ya sperti yg coba dikuak oleh Syekh Siti Jenar deh.
Bahwa tetep harus ada saat2 tertentu yg membatasi keinginan manusia untuk brenti berusaha.
Syekh Siti Jenar itu kan ngotot banget pengin mengupas siapakah sbenernya Allah dan brada dimanakah Allah itu.
Untuk itulah dia dihukum, kerna lancang nekat mo ngelangkahin limitnya.
Tapi itu memang dah berat banget, versi Syekh Siti Jenar sih.

Nah untuk manusia2 kbanyakan, limit adala sperti misalnya : membuat kedua orang tuaku idup lagi. Gimana caranya?
Ato ada yg sderhana aja... coba maksa mengawin mantanku yg skarang dah kawin, dan akupun juga dah kawin gini.
Jadi ada masa ktika manusia wajip mutlak untuk tunduk dan takluk kepada kegaiban dan kekuasaan Allah.
Itu deh limit maksutku bro. Limit yg berbentuk kodrat dan takdir manusia. Mohon dibedaken :)


yg ini hubungannya apa?? gue percaya kok jodoh di tangan tuhan... tapi kan tetep mesti usaha pdkt juga sama cewek... emang ada cewek mau kalo situ cuek aja.... hahaha... urusan cewek juga sama kok... usaha dulu... urusan diterima atau ditolak kan belakangan.... kalo suka tapi gak usaha... bakal penasaran terus... tuh cewek suka juga gak sama kita.... iya gak???
Huehehhehe... bcanda kok bro. Bcanda mbil mendoaken kamu lekas kawin. Gitu deh. Toooosss!!!

itchybear
06-05-2006, 15:10
eh eh eh
gw belom lama ini nonton discovery channel,
katanya kehidupan pertama di bumi ini bentuknya alga lho.... asal muasal terciptanya oksigen dari alga tersebut, yg tumbuh dikarenakan pasang surut air laut oleh gravitasi bulan.
nah lo... hehehehehe

oo iya guys... masalah iblis ato si Lucifer itu setelah gw teliti, ternyata asalnya menurut agama Kristen/Katolik dan Islam itu berbeda.... jadi ada baiknya ga usah dibahas2 lagi ya... daripada ntar ngotot2an:D.....

itchybear
06-05-2006, 15:15
opini masing2 orang emang bener2 beda2 ya....
tergantung pemahaman masing2 orang tersebut juga sih.....

untuk gw sendiri... karena agama dan tradisi menjadi satu... jadi seperti 2 agama menjadi satu... yah... terima apa adanya saja deh....

mo diciptain dari monyet... mo diciptain dari batu, atopun ikan... yg pasti tetep ciptaan Tuhan, dan hidup sesuai ajaranNya...

BTUL GAAAAA PREN?????:D:D:D

& jangan lupa.... banyak yg ibadahnya rajin tapi kelakuannya/pikirannya jelek... banyak yg ibadahnya jarang2 tapi kelakuannya/pikirannya baik.... ada juga yg dua2 nya baik... dan ada juga yg dua2nya jelek....
anda termasuk yg mana?
jujur aja gw termasuk yg ibadahnya males(bangeett) tapi kelakuan dan pikiran gw baik.

DraCoola
06-05-2006, 16:25
BTUL GAAAAA PREN?????:D:D:D

& jangan lupa.... banyak yg ibadahnya rajin tapi kelakuannya/pikirannya jelek... banyak yg ibadahnya jarang2 tapi kelakuannya/pikirannya baik.... ada juga yg dua2 nya baik... dan ada juga yg dua2nya jelek....
anda termasuk yg mana?
jujur aja gw termasuk yg ibadahnya males(bangeett) tapi kelakuan dan pikiran gw baik.
Btuuuuuuuuuuuuuuuuuuullll :D

Aku termasuk yg ibadahnya bolong2.
Tapi kelakuan dan pikiranku.... kelam? heahahahaha
..........http://dracoola.com/images/obor.gif http://dracoola.com/images/obor.gif http://dracoola.com/images/obor.gif

komp san
06-05-2006, 18:22
Dajalnya blon kluar ya blon mau kiamat :D

positive+
07-05-2006, 15:13
Gw seneng akhirnya mengaku juga bahwa ada kalanya science itu harus DIAM bila berhadapan dengan ilmu Tuhan dan kembali kepada iman, ketundukan hati mungkin dapat memberikan jawab untuk hal2 yg science ngga mampu jawab.

Masalah syeik siti jenar ( jauh banget yah, sampe bahas ke sini ?? ), gw pernah ketemu org2 spt ini, yg memiliki cara sholat yg beda, dzikir yg beda etc. Mereka selalu bermain dengan Sirr ( rasa yg terdalam ) semua bermain dengan rasa, begitu pula cara mereka beribadah...sulit untuk dinilai dr segi manapun kecuali nyemplung bareng spt cara mrk ' merasa '. Setau gw, mengenai syekh siti jenar :

# Manusia itu satu ama Allah, satu hanya disebut satu, yaitu Allah sdr. Hal ini disampaikan ama pengikutnya yg muallaf, masih tidak mengerti apa yg dimaksud, lalu nerimo apa yg dikatakannya, menyesatkan ? iyah, itu mampu menyesatkan !!! ( begitu pula utk Thread ini, maka berhati2lah !! )

Walau thread ini melebar sedemikian jauh dari topik, tp coba ambil dari sisi positive-nya.
Dari sisi agama, untuk yg Islam, pada waktu ber-dzikir Allahu Akbar kita bener2 merasa bahwa Dia Maha Besar, Allahu Jabbar kita bener merasa bahwa Dia Maha kuat. Mungkin itu pula maksud Allah memberikan kita otak utk berpikir dan meneliti, karena Dia ngga mungkin egois, memerintahkan kita memuja dan memuji Dia tanpa kita tau, paham dan merasa bahwa puja dan puji itu benar adanya dan memang pantas untuk-Nya. Dia memang Maha Adil

Dan imbalan yg kita dapat dari itu adalah pemahaman terhadap ciptaan-Nya yg kita sebut Ilmu Pengetahuan / Science. Untuk mengembangkan terus tingkat peradapan kita sbg makhluk paling sempurna dibanding makhluk lainnya, sebagai pemimpin di dunia ini :)

@itchybear


jujur aja gw termasuk yg ibadahnya males(bangeett) tapi kelakuan dan pikiran gw baik
dan jujur juga, lama gw ninggalin Dia, sampe Dia kembali ngingatin gw bahwa ngga ada yg gw tau, selain apa yg Dia ingin gw utk tau. Setiap manusia punya kelebihan msg2 utk saling melengkapi dan mengisi, karena itu gw setuju motto dari Open Source, that knowledge belong to all human being in the world.

Dan ada satu kesamaan antara penjahat dan orang baik, mrk sama2 pernah berbuat jahat dan salah, hanya org baik cepat utk sadar dan bertobat dari kesalahannya namun bukan berarti org jahat tidak dapat menjadi org baik :) kecuali tertutup hatinya utk itu.

Regard,

mvx1n
07-05-2006, 16:53
dooh, pada bagus2 komentarnya :thumb:

si_yoyo
07-05-2006, 17:08
jujur aja gw termasuk yg ibadahnya males(bangeett) tapi kelakuan dan pikiran gw baik.Bisa kasih alasan ngga ? :ask:
Karena setahu gue banyak tuh orang yg kayak gitu :D

QWERTiii
07-05-2006, 18:44
tampaknya untuk membahas antara kepercayaan dan ilmu pengetahuan adalah hal yang sangat sensitif...
aku ngak banyak comment dah, takut salah n menimbulkan perpecahan...
peace...:D

setahuku (dulu perna mempelajari ttg charles darwin tp ngak terlalu dalam), dia bikin teori itu berdasarkan pengamatannya di pulau galapagos ttg burung2 yang satu macem tapi beda2 paruhnya ma makanannya, terus teori itu ngak bisa dibuktikan karena mo berapa turunan tu penelitiannya... jadi aku cuma berusaha memahami jalan pikirannya, bukan menjadi pengikutnya...
untuk yang agama... aku cuma tahu adam dan hawa...:D:D:D maklum dulu gara2 pelajaran agama susah buatku jadi males belajarnya...
PEACE sekali lage...

itchybear
07-05-2006, 19:55
Bisa kasih alasan ngga ? :ask:
Karena setahu gue banyak tuh orang yg kayak gitu :D

kalo untuk gw sendiri sih... karena gw sendiri suka agak2 muak ngeliat yg rajin ibadah tapi tetep aja sehari2 busuk... setiap hari menggurui orang tentang agama, melarang ini melarang itu, tapi kerjaannya setiap hari cuman ngegossipin orang dan ngata2in orang. dan banyak sekali orang seperti ini... jadinya gw berdoa di dalem rumah gw aja sendiri(btw gw katolik campur buddha... aneh ya? heheheheh).
tapi untuk sekarang2 ini gw baru dapet tempat beribadah yg isi orangnya sederhana semua... alangkah nyamannya disana.... agak jauh sih lokasinya dari rumah gw... dan juga sekarang2 ini gw kenal banyak anak2 muda yg rajin beribadah....

positive+
07-05-2006, 20:08
@itchybear

..karena gw sendiri suka agak2 muak ngeliat yg rajin ibadah tapi tetep aja sehari2 busuk... setiap hari menggurui orang tentang agama, melarang ini melarang itu, tapi kerjaannya setiap hari cuman ngegossipin orang dan ngata2in orang. dan banyak sekali orang seperti ini...

Satu pendapat neh ama gw. Itulah manusia bro ;) dan berbahagialah org yg beribadah dengan ilmu pengetahuan dan mengerti apa arti dari ibadah itu sdr.


Regard,

hela
07-05-2006, 20:12
kalo untuk gw sendiri sih... karena gw sendiri suka agak2 muak ngeliat yg rajin ibadah tapi tetep aja sehari2 busuk... setiap hari menggurui orang tentang agama, melarang ini melarang itu, tapi kerjaannya setiap hari cuman ngegossipin orang dan ngata2in orang. dan banyak sekali orang seperti ini... jadinya gw berdoa di dalem rumah gw aja sendiri(btw gw katolik campur buddha... aneh ya? heheheheh).
tapi untuk sekarang2 ini gw baru dapet tempat beribadah yg isi orangnya sederhana semua... alangkah nyamannya disana.... agak jauh sih lokasinya dari rumah gw... dan juga sekarang2 ini gw kenal banyak anak2 muda yg rajin beribadah....
segala sesuatu janganlah berlebihan dan juga janganlah kekurangan.ibadah itu perlu tapi janganlah berlebihan tapi juga janganlah kekurangan.alangkah baiknya melakukan ibadah dengan semampunya(melaksanakan kewajibanNya dan menjauhi laranganNya).

contoh: orang gemuk itu berlebihan(banyak lemak) tapi orang kerempeng juga kekurangan(kurang lemak),alangkah baiknya pilih tengah-tengah:o(sori jika ada yang kesinggung:D )

DraCoola
07-05-2006, 20:21
segala sesuatu janganlah berlebihan dan juga janganlah kekurangan.ibadah itu perlu tapi janganlah berlebihan tapi juga janganlah kekurangan.alangkah baiknya melakukan ibadah dengan semampunya(melaksanakan kewajibanNya dan menjauhi laranganNya).

contoh: orang gemuk itu berlebihan(banyak lemak) tapi orang kerempeng juga kekurangan(kurang lemak),alangkah baiknya pilih tengah-tengah:o(sori jika ada yang kesinggung:D )
oh? serius deh aku ndak tersinggung kok :p

itchybear
08-05-2006, 00:01
hahahahah
gak kok... gwk tersinggung...
orang gemuk udah terbiasa diledekin sejak dari kecil.... jadinya gak ngepek... hehehehehehehehehehe

s1nch4n
08-05-2006, 08:51
The point is... lo ga bisa mencari logika dibalik penciptaan manusia (Adam dan Hawa) dengan ilmu pengetahuan. Lo harus melihatnya dari sisi pendekatan agama...

ferry_yanto
08-05-2006, 11:35
Tegantung diliat dari kacamata mane dulu. Satu hal yg paling penting, Agama itu untuk diimani bukan untuk dilogiskan. :)

pds
08-05-2006, 12:49
Setuju, tp emang dasar manusia aja. Kan motto manusia gini "kalo bs dipersulit kenapa di permudah" :D. Jadi hal2 yg seharusnya tidak usah dipikirkan malah menjadi bahan perdebatan yg tidak kunjung habis.

abanxija
08-05-2006, 12:54
Tegantung diliat dari kacamata mane dulu. Satu hal yg paling penting, Agama itu untuk diimani bukan untuk dilogiskan. :)
setuju banget!!!

andhee
09-05-2006, 15:14
Tegantung diliat dari kacamata mane dulu. Satu hal yg paling penting, Agama itu untuk diimani bukan untuk dilogiskan. :)
gue bisa beriman kalo apa yg gue yakini itu benar... caranya... masuk logika gak.. gak harus semua... tapi sebagian besar... agama mana yg persentase masuk logikanya paling besar, itu yg menurut gue paling bener....

andhee
09-05-2006, 15:15
@itchybear


Satu pendapat neh ama gw. Itulah manusia bro ;) dan berbahagialah org yg beribadah dengan ilmu pengetahuan dan mengerti apa arti dari ibadah itu sdr.


Regard,


wah gue setuju banget nih :D

jomblosejati
09-05-2006, 18:12
Setahu saya, Darwin gak bilang manusia itu nenek moyangnya monyet, tapi kemungkinan nenek moyang manusia DAN monyet itu sama, namun berevolusi ke arah yg berbeda sesuai dengan jalur masing2. Saya sih percaya2 aja, karna saya gak pernah mengartikan dogma2 agama secara literal dan saklek.

andhee
10-05-2006, 01:08
Btw, yg kubilang ndak jelas/binun kmarin adala pritungan satuan angka untuk candela tuh dapetnya darimana :p
Buat ngukur secepet apa atom/partikel jin bergerak berbanding mata kita bisa menangkapnya.

hehehe... kalo penjelasan detail udah bukan bidang gue... cukup bagaimana (how) sama kayak misal gue menjelaskan bagaimana cara komputer bekerja... apakah wajib juga untuk gue tau bagaimana komputer dibikin?? nggak kan...

untuk gue yg kuliahnya akuntansi, kerjanya IT, ngejelasin tentang teori fisika fisik jin dan sedikit hal mengenai agama kayaknya udah jauh banget melenceng dari bidang gue :D



Limit yg bener2 limit adala ya sperti yg coba dikuak oleh Syekh Siti Jenar deh.
Bahwa tetep harus ada saat2 tertentu yg membatasi keinginan manusia untuk brenti berusaha.
Syekh Siti Jenar itu kan ngotot banget pengin mengupas siapakah sbenernya Allah dan brada dimanakah Allah itu.
Untuk itulah dia dihukum, kerna lancang nekat mo ngelangkahin limitnya.
Tapi itu memang dah berat banget, versi Syekh Siti Jenar sih.

nah ini dia... kalo gue belajar agama, gue gak langsung percaya sama ustad... dengerin simpan... pada saat mencerna tentu gue pake otak gue dong... masuk akal gak ajarannya... soalnya yg sumbernya dari manusia itu sangat besar terjadi distorsi... bandingkan dengan sumber aslinya...


Limit yg berbentuk kodrat dan takdir manusia. Mohon dibedaken :)

oh yg itu... i.. c.. kodrat.... gak usah jauh2 deh kalo ngomongin kodrat... nghidupin orang mati... jalan2 ke TL aja banyak kok manusia yg menentang kodratnya :D

andhee
10-05-2006, 01:08
Gw seneng akhirnya mengaku juga bahwa ada kalanya science itu harus DIAM bila berhadapan dengan ilmu Tuhan dan kembali kepada iman, ketundukan hati mungkin dapat memberikan jawab untuk hal2 yg science ngga mampu jawab.

yg namanya mahluk itu bisa dilogikakan... tapi kalo udah kholik... jangan harap deh...


Masalah syeik siti jenar ( jauh banget yah, sampe bahas ke sini ?? ), gw pernah ketemu org2 spt ini, yg memiliki cara sholat yg beda, dzikir yg beda etc. Mereka selalu bermain dengan Sirr ( rasa yg terdalam ) semua bermain dengan rasa, begitu pula cara mereka beribadah...sulit untuk dinilai dr segi manapun kecuali nyemplung bareng spt cara mrk ' merasa '. Setau gw, mengenai syekh siti jenar :

# Manusia itu satu ama Allah, satu hanya disebut satu, yaitu Allah sdr. Hal ini disampaikan ama pengikutnya yg muallaf, masih tidak mengerti apa yg dimaksud, lalu nerimo apa yg dikatakannya, menyesatkan ? iyah, itu mampu menyesatkan !!! ( begitu pula utk Thread ini, maka berhati2lah !! )

nah ini bro... seperti yg gue bilang di post sebelumnya... kalo sumbernya 1 kan mestinya ajarannya cuma 1 macem... kok jadi bisa beda2... biasanya karena terjadi distorsi pada saat penyampaian... akhirnya terjadi penyimpangan2 yg biasa disebut bit'ah...

makanya gue pribadi lebih suka belajar langsung dari sumbernya... gak pake distorsi... kalaupun sampe terjadi, minim.... sama kayak video editing... kalo keseringan di konvert hasilnya kan hancur :D

DraCoola
10-05-2006, 01:12
oh yg itu... i.. c.. kodrat.... gak usah jauh2 deh kalo ngomongin kodrat... nghidupin orang mati... jalan2 ke TL aja banyak kok manusia yg menentang kodratnya :D
Maap bro.. tapi anu, TL tuh pa'an? Yg pasti bukan pabrik lampu TL?

andhee
10-05-2006, 01:23
Maap bro.. tapi anu, TL tuh pa'an? Yg pasti bukan pabrik lampu TL?
wah gue gak tau namanya kalo di daerah soerabaja, transylvania.... tapi kalo di jakarta maksudnya taman lawang....

DraCoola
10-05-2006, 01:31
wah gue gak tau namanya kalo di daerah soerabaja, transylvania.... tapi kalo di jakarta maksudnya taman lawang....
Oalah? Ternjata TL tuh taman lawang toh?
Sbap aku kalo ke jkt cuma sempet rute cikini, m2, lalu selatan di cilandak, pejaten, ampera, Depok-UI doang.
Aku sih cuma perna denger aja deh kalo taman lawang... sangat termasyur memang :p

Btw di soerabaja tempat berkumpulnya manusia2 penentang kodrat tuh ada di IrBa, alias di jalan Irian Barat.
Sedih liatnya... sbap yg ndak berkerabat ato sesodara ama mreka aja dah miris pilu, apalagi ibu mreka sendiri... :sad:

ferry_yanto
11-05-2006, 10:11
gue bisa beriman kalo apa yg gue yakini itu benar... caranya... masuk logika gak.. gak harus semua... tapi sebagian besar... agama mana yg persentase masuk logikanya paling besar, itu yg menurut gue paling bener....

Kayanya ga ada satupun agama di dunia ini yg masuk akal deh. Kita tetep biar bagaimanapun hanya bisa mengimani, karena semakin kita berusaha untuk mencoba memikirkan supaya masuk akal, maka akan semakin jauh dari Yang Maha Kuasa.:)
Karena pada prinsipnya, kita manusia yg amat terbatas pemikiran nya. Dan hal2 yg diajarkan setiap agama adalah hal2 yg selalu ditolak oleh daya pikir kita secara manusia. Begitu banyak pertanyaan yg dapet mnggoyahkan iman kita, seperti apakah betul Adam manusia pertama ? ; atau Bagaimana asal mula bumi ? ; Mengenai kematian Yesus atau Isa Al Masih yg kontroversial beserta kebangkitannya ??. Itu semua adalah pertanyaan yg didasarkan atas pemikiran manusia yg terbatas. Sedangkan semua pengajaran agama menjawab pertanyaan2 tersebut dengan pemikiran yg melampaui batas manusia baik dari jaman dahulu sampai sekarang, yg artinya pengajaran itu tak lekang dimakan waktu.:)

komp san
11-05-2006, 14:39
Kayanya ga ada satupun agama di dunia ini yg masuk akal deh. Kita tetep biar bagaimanapun hanya bisa mengimani, karena semakin kita berusaha untuk mencoba memikirkan supaya masuk akal, maka akan semakin jauh dari Yang Maha Kuasa.:)
Karena pada prinsipnya, kita manusia yg amat terbatas pemikiran nya. Dan hal2 yg diajarkan setiap agama adalah hal2 yg selalu ditolak oleh daya pikir kita secara manusia. Begitu banyak pertanyaan yg dapet mnggoyahkan iman kita, seperti apakah betul Adam manusia pertama ? ; atau Bagaimana asal mula bumi ? ; Mengenai kematian Yesus atau Isa Al Masih yg kontroversial beserta kebangkitannya ??. Itu semua adalah pertanyaan yg didasarkan atas pemikiran manusia yg terbatas. Sedangkan semua pengajaran agama menjawab pertanyaan2 tersebut dengan pemikiran yg melampaui batas manusia baik dari jaman dahulu sampai sekarang, yg artinya pengajaran itu tak lekang dimakan waktu.:)

Hehehe lo atheis ya?

positive+
11-05-2006, 15:44
karena semakin kita berusaha untuk mencoba memikirkan supaya masuk akal, maka akan semakin jauh dari Yang Maha Kuasa.:)

yah, seperti gw dulu :o salah satu dampaknya, malah menimbulkan antipati ama org berjubah putih yg gw anggap hanya cuap2 aja ngandalin semua dr kitab mrk. yup, yg lalu biarin aja lewat.

@Andhee


kalo sumbernya 1 kan mestinya ajarannya cuma 1 macem... kok jadi bisa beda2...

Salah satu contoh sebab munculnya buku spt ilmu Teologi :) lo juga pasti paham apa yg gw maksud ... human and their brain, though .. GoTo 1

2
Intinya gw ngga percaya ama teori-nya Darwin !!!

1
Anggap aja otak itu terbagi dalam 2 macem, satu sbg applikasi dan lainnya sbg memory / database. Semua data2 pengetahuan dr kecil hingga skrg disimpan ke dalam database dgn tingkat cerna dan lingkungan berbeda, dan applikasi meng-collect, analise semua data itu utk mjd informasi / keputusan / ucapan / ekspresi / teori etc. Otomatis teori muncul sbg result dr proses di atas tentu dgn tingkat yg berbeda ( mslh IQ level - kecepatan dan ketepatan dlm combine data acak dlm otak ), yg tentunya terbatas dr data2 yg ada dlm database mrk, data dapat muncul dr apa yg dilihat, di rasa etc. dan keterbatasan data sangat mempengaruhi dr informasi yg dihasilkan. ( Kembali lagi juga utk pertanyaan yg ngga akan pernah bisa terjawab sampe mati - brain still in misteries ) ... Goto 2

Regard,

martin_hawk
11-05-2006, 19:37
waduh agama gak masuk di akal ato manusianya yg masih bodoh?
jaman dulu sebelum ilmu pengetahuan dibagi menjadi beberapa bagian (AFAIK dimulai oleh aristoteles), ilmu manusia seperti apa?
sebagai contoh, manusia dalam agama dikasih perintah dan larangan yg kadang2 gak dijelaskan secara rinci. tp kemudian hari setelah ilmu semakin berkembang ternyata manusia baru bs menemui jawabannya. gak usah jauh2 mikirin kemauan Tuhan, kita aja rakyat Indonesia mau aja diatur ma peraturan per-UU-an Pemerintah tanpa pernah mau mengerti secara mendetil. apalagi klo kita berbicara dalam tingkatan penciptaan manusia. jauh bgt...

ferry_yanto
12-05-2006, 09:06
Hehehe lo atheis ya?

Belon sampai dan ga akan pernah sampai tuhhh:)

diztroy
12-05-2006, 10:50
waduh agama gak masuk di akal ato manusianya yg masih bodoh?
jaman dulu sebelum ilmu pengetahuan dibagi menjadi beberapa bagian (AFAIK dimulai oleh aristoteles), ilmu manusia seperti apa?
sebagai contoh, manusia dalam agama dikasih perintah dan larangan yg kadang2 gak dijelaskan secara rinci. tp kemudian hari setelah ilmu semakin berkembang ternyata manusia baru bs menemui jawabannya. gak usah jauh2 mikirin kemauan Tuhan, kita aja rakyat Indonesia mau aja diatur ma peraturan per-UU-an Pemerintah tanpa pernah mau mengerti secara mendetil. apalagi klo kita berbicara dalam tingkatan penciptaan manusia. jauh bgt...

kyknya sih manusianya yang belum cukup pinter :)

kl agama sama iptek jalan sendiri2, ya jadi sekuler => gak bagus juga
lha wong biasanya yang bikin berantem itu bukan ilmunya, tapi semangat "pokoknya" yang dipegang masing2 kubu (kayak perang aja)

jd inget eyang einstein bilang :

Science without religion is lame. Religion without science is blind.

The whole of science is nothing more than a refinement of everyday thinking.

My religion consists of a humble admiration of the illimitable superior spirit who reveals himself in the slight details we are able to perceive with our frail and feeble mind.

The further the spiritual evolution of mankind advances, the more certain it seems to me that the path to genuine religiosity does not lie through the fear of life, and the fear of death, and blind faith, but through striving after rational knowledge.

(* dari berbagai sumber )

dreamaker
14-05-2006, 23:49
Percayakah anda pada teori evolusi monyet jadi manusia?

Kalo saya sih tidak.

Saya lebih percaya teori evolusi manusia jadi monyet.

Sumpah! Gwa gak percaya! :stressed:
Kayaknya tuh Darwin kebanyakan nonton Planet of The Apes :D

j2spirit
15-05-2006, 06:06
gw mungkin percaya ama Darwin.
1. Kita taunya (dari agama) nenek moyang kita itu kan Adam dan Eva
2. TAPI kita gak pernah tau kan gambarannya tuh kayak apa (apa msh mirip monyet ato emang kayak manusia modern)
3. So possible ajah kalo mereka mungkin tampangnya kayak monyet yang kita kenal
4. Lagipula kita sering salah menafsirkan kitab suci toh
5. Sbg contoh (ini yg gw percaya) kitab suci menyebutkan dunia dibuat dalam 7 hari, fisika menyebutkan jutaan taon, tp fisika jg menyebutkan kira2 exactly 7 tahap! Jd gw percaya maksudnya 7 hari dalam Kitab Suci itu adalah 7 tahap selama jutaan taon. Kitab Suci itu tidak untuk di ambil maknanya secara langsung lho...

nah ini alibi gw, bwt yang gak percaya apa neh sanggahannya (debat biasa aja yah, no hina2an, no flame, seru neh jgn dirusak :D)

andhee
15-05-2006, 15:01
Kayanya ga ada satupun agama di dunia ini yg masuk akal deh. Kita tetep biar bagaimanapun hanya bisa mengimani, karena semakin kita berusaha untuk mencoba memikirkan supaya masuk akal, maka akan semakin jauh dari Yang Maha Kuasa.:)

wah loe emang udah nganut agama apa aja bro?? kok berani bilang gitu?? :D trus bukan berarti kalo loe gak sanggup membuat ajaran tuhan masuk akal, berarti orang lain juga gak sanggup... itu sih tergantung intelegensia seseorang... no offence lho... hehehe....
kalo gue justru semakin masuk akal ajaran sebuah agama makin mendekatkan diri gue kepada yg kuasa... karena apa yg gue percaya itu bener... masa sih mau percaya sama tukang bohong?? its a simple principal...


Karena pada prinsipnya, kita manusia yg amat terbatas pemikiran nya. Dan hal2 yg diajarkan setiap agama adalah hal2 yg selalu ditolak oleh daya pikir kita secara manusia.

agama mana dulu nih?? tolong disebut... agama bikinan manusia?? atau agama bikinan tuhan?? kalo agama bikinan manusia sih jelas aja... karena si pembuat agama tersebut juga gak sanggup untuk menjelaskan... orang jaman dulu masih bodoh... mau sok ngajarin... jelas aja gak masuk akal orang jaman sekarang yg lebih pandai... (maksud gue bodoh/pandai ini tingkat ilmu pengetahuan manusia) atau agama yg sudah terdistorsi... sekali lagi no offence....


Begitu banyak pertanyaan yg dapet mnggoyahkan iman kita, seperti apakah betul Adam manusia pertama ? ; atau Bagaimana asal mula bumi ? ; Mengenai kematian Yesus atau Isa Al Masih yg kontroversial beserta kebangkitannya ??. Itu semua adalah pertanyaan yg didasarkan atas pemikiran manusia yg terbatas. Sedangkan semua pengajaran agama menjawab pertanyaan2 tersebut dengan pemikiran yg melampaui batas manusia baik dari jaman dahulu sampai sekarang, yg artinya pengajaran itu tak lekang dimakan waktu.:)

ok manusia punya batas... tapi tuhan kan nggak... its a simple logic... cukup menjelaskan segalanya kok... tapi ajarannya masuk akal atau nggak... itu yg perlu diperdalam atau ditafsirkan.... dan ingat hasil tafsir orang bodoh dan orang pintar itu berbeda... hasil tafsir orang banyak pengalaman dan minim pengalaman berbeda... dst..

to be continued...

positive+
15-05-2006, 15:29
@Feriyanto


Kayanya ga ada satupun agama di dunia ini yg masuk akal deh ...

gw ngga bisa debat ato membantah opini km yg ini, beside ... u got ur own definition of ' make sense ' for u to believe :) spt yg gw bilang sebelumnya, tiap org punya nilai kebenaran mrk masing2.

but,
heart .. brain ... and words must be in the same line, combinations with balance compositions ... :)

Regard,

judhies_halim
16-05-2006, 07:58
Coba liat monyet sama fosil2 manusia prasejarah! pitekantropus, dll.
Mirip kan?
Mo bukti paan lage?
Huahahahahahahahahaha.....

ferry_yanto
16-05-2006, 10:18
wah loe emang udah nganut agama apa aja bro?? kok berani bilang gitu?? :D trus bukan berarti kalo loe gak sanggup membuat ajaran tuhan masuk akal, berarti orang lain juga gak sanggup... itu sih tergantung intelegensia seseorang... no offence lho... hehehe....
kalo gue justru semakin masuk akal ajaran sebuah agama makin mendekatkan diri gue kepada yg kuasa... karena apa yg gue percaya itu bener... masa sih mau percaya sama tukang bohong?? its a simple principal...
Waduh kalo ditanya udah nganut agama apa aja yah baru satu.:) Tapi g pernah belajar dan sedikit mendalami 4 agama lainnya, serta beberapa kali ngobrol dgn pemuka agama2 tersebut. Dalam obrolan kami tersebut kami saling sepakat bahwa emang agama itu hanya untuk diimani. Cuma kita manusia yg suka berusaha bermain logika kita dan berusaha untuk mencapainya. Kalau anda memang sudah berhasil membuat agama masuk akal maka anda patut bertanya kedalam hati nurani anda yg terdalam apakah betul dan agama yg bagaimana yg saya anut, sampai saya bisa mencapainya dengan pemikiran saya yg amat sangat terbatas ini. Saya membicarakan ini dalam konteks doktrin dan pemahaman loh yaa, bukannya hukum dan peraturan. Karena hukum dan peraturan itu berlandaskan pada intisari doktrin dan pengajaran. Jadi kita berbicara secara doktrinitas dan esensi agama.:)


agama mana dulu nih?? tolong disebut... agama bikinan manusia?? atau agama bikinan tuhan?? kalo agama bikinan manusia sih jelas aja... karena si pembuat agama tersebut juga gak sanggup untuk menjelaskan... orang jaman dulu masih bodoh... mau sok ngajarin... jelas aja gak masuk akal orang jaman sekarang yg lebih pandai... (maksud gue bodoh/pandai ini tingkat ilmu pengetahuan manusia) atau agama yg sudah terdistorsi... sekali lagi no offence....

Kalo anda bisa bilang orang jaman dahulu lebih bodoh apalagi mau sok ngajarin maka saya berani bilang bahwa anda adalah orang bodoh dengan mata tertutup. Ilmu pengetahuan yg sekarang ada hanyalah sebuah PENGEMBANGAN dari apa yg sudah "orang bodoh" jaman dahulu temukan. Baik dari mulai jaman Mesir dan Romawi sampe jaman Kaisar Cheng Ho sampai Aristoteles dan filsuf lainnya. Yg simple ajalah kita liat dan terbukti di Indonesia masih ada, apa sekarang manusia "pintar" anda bisa membuat Candi Borobudur sebesar itu tanpa semen tapi tetep kokoh berdiri sampe ratusan tahun dan tanpa batu bata cetak seperti yg "orang bodoh menurut anda" telah buat dan ada di depan mata sodara kita di daerah Jogya.


ok manusia punya batas... tapi tuhan kan nggak... its a simple logic... cukup menjelaskan segalanya kok... tapi ajarannya masuk akal atau nggak... itu yg perlu diperdalam atau ditafsirkan.... dan ingat hasil tafsir orang bodoh dan orang pintar itu berbeda... hasil tafsir orang banyak pengalaman dan minim pengalaman berbeda... dst..

to be continued...
Sangat betul sekali bahwa Tuhan itu tidak terbatas baik secara esensi maupun secara spiritualitas. Maka dari itu anda cukup berani sekali untuk berusaha menafsirkan karya Tuhan yg tak terbatas itu ke dalam pemikiran anda yang sangat sempit dan terbatas.:)
Mengenai hasil tafsir orang bodoh dan pintar serta orang berpengalaman dan minim pengalaman itu bagi saya bukanlah suatu hal yg edukatif dan dapat diperdebatkan. Pada dasarnya di dunia ini tidak ada orang bodoh !!! Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu itu buruk adanya, tetapi selalu baik adanya. Mengenai tafsir suatu ajaran agama itu TIDAK DIBUTUHKAN KEPINTARAN tetapi dibutuhkan KARUNIA. :) Tidak ada satu pemuka agama manapun yg bisa bilang "dengan kepandaian saya maka saya bisa menafsirkan", tetapi selalu "hanya oleh kehendak dan karunia dari Tuhanlah maka saya bisa menafsirkan". :)


gw ngga bisa debat ato membantah opini km yg ini, beside ... u got ur own definition of ' make sense ' for u to believe spt yg gw bilang sebelumnya, tiap org punya nilai kebenaran mrk masing2.

but,
heart .. brain ... and words must be in the same line, combinations with balance compositions ... :)

Regard,
It's nice and very thoughfull sentences. :)

hela
16-05-2006, 10:26
yang buat thread ini kok ngak muncul:(

abanxija
16-05-2006, 10:35
Coba liat monyet sama fosil2 manusia prasejarah! pitekantropus, dll.
Mirip kan?
Mo bukti paan lage?
Huahahahahahahahahaha.....

G pasti itu adalah fosil manusia yang mengalami evolusi. gw liat dari VCD haruh yahya, kebanyakan fosil yang dianggap manusia purba tu adalah sejenis spesies yang emang termasuk kedalam kelas Primata, emang dekat dengan Homo Sapien tapi beda genusnya...

Trus teori gw nih.. (jangan di ketawain ya:D )
Yang namanya evolusi itu g ada. dari bukti2 ilmiah yang gw tau, Teori Penciptaan lebih unggul dari pada Toeri evolusi.

Contohnya pada dinosaurus:
Ilmuan bilang klo burung yang ada di masa sekarang ini adalah hasil evolusi dari dinosaurus, nah klo evolusi kan perubahan secara perlahan. emang ada burung purba yang klo g salah bernama Acetorepteryx, yaitu burung yang bergigi. nah, ko seandainya ini juga hasil evolusi dinosaurus yang mo jadi burung, kenapa g ada fosil transisi t-rex ato brontosaurus yang punya sayap?

Dan juga, banyak makhluk hidup yang muncul secara tiba-tiba, contoh: amuba, evolusi dari apa? trus kecoak, dari jaman purba ampe ksekarang tetap ada yang namanya kecoak dan itupun morfologinya mirip...

abanxija
16-05-2006, 10:37
Baca ini bro...

http://www.bbc.co.uk/science/horizon/2001/dinofool.shtml

positive+
16-05-2006, 14:47
yang buat thread ini kok ngak muncul:(
this kind TS i hate :mad:

andhee
16-05-2006, 19:21
Waduh kalo ditanya udah nganut agama apa aja yah baru satu. Tapi g pernah belajar dan sedikit mendalami 4 agama lainnya, serta beberapa kali ngobrol dgn pemuka agama2 tersebut. Dalam obrolan kami tersebut kami saling sepakat bahwa emang agama itu hanya untuk diimani.

hehehe.... yah mempelajari agama lain sudah cukup mewakilkan kok :D
btw, sori nih... bukan berarti tuh pemuka agama sepakat, trus umatnya ikutan sepakat... jangan di generalisasi lho.... sama seperti pemimpin negara suka perang, bukan berarti rakyatnya suka perang... setiap kepala punya keputusan masing2... yg gue tanya, loe sepakat sama siapa??

kalo ngomongin masalah iman gue kasih contoh... orang jahat masuk neraka, orang baik masuk surga... itu adalah konsep keimanan yg masih masuk logika... tapi orang maling dosanya seperti ini... orang bohong dosanya seperti itu... sedekah pahalanya sejumlah ini, ngasih makan orang pahalanya sejumlah itu... disini iman yg berkerja... misal gue sebut angka untuk mempermudah, maling dosa = 10, bohong dosa = 3, sedekah pahala = 4, ngasih makan pahala = 5 trus kalo loe melakukan maling 1x, bohong 3x, sedekah 2x ngasih makan 1x, loe hitungannya masuk neraka... begitu seterusnya... yg gak masuk logika itu hitung2an tuhan... kenapa dinilai segini, kenapa dinilai segitu... disini konsep keimanan baru dipakai... loe dijarin juga gak berbuat apa aja yg dosanya besar?? tapi jangan lupa berbuat hal2 yg dosanya kecil tapi sering sama aja loe berbuat dosa besar... tau kan peribahasa sedikit2 lama2 jadi bukit...

seperti gue bilang dari awal pake logika itu ada batasnya... gue konsisten dengan omongan gue... baca post2 gue sebelum ini... beriman ok... tapi tetep logika jalan... kalo loe cuma beriman tanpa logika sama aja kayak pengikut sekte... mau alirannya sesat yg penting beriman... sori no offence... :D nanti diajak terjun ke api biar masuk surga, ngikut aja... alasannya karena beriman...

begitu lho maksud gue... nyambung gak maksud gue sama loe???


Cuma kita manusia yg suka berusaha bermain logika kita dan berusaha untuk mencapainya. Kalau anda memang sudah berhasil membuat agama masuk akal maka anda patut bertanya kedalam hati nurani anda yg terdalam apakah betul dan agama yg bagaimana yg saya anut, sampai saya bisa mencapainya dengan pemikiran saya yg amat sangat terbatas ini.

hehehe... loe pernah sekolah kan?? trus ulangan matematika si A dapet 10 sedangkan si B dapet 4... si B bilang tuh ulangan matematika soalnya susah... apakah si A setuju... belom tentu kan... sekali lagi jangan menyamakan kemampuan anda dengan kemampuan orang lain... yg menurut anda gak masuk akal belon tentu menurut orang lain juga gak masuk akal !!! dan apabila sesorang punya kemampuan lebih dibanding anda terus tuh orang lain jadi gak normal?? justru orang tersebut spesial dong....

dan gue tanya balik ke elo... kalo ternyata loe temukan bahwa agama yg loe anut tidak sesuai dengan pemikiran elo... apakah loe akan mencari kebenaran... atau tetap beriman?? kalo gue pribadi jelas karena masuk akal lalu gue percaya... bukan karena percaya trus gue masukin ke akal... kalo gak masuk pun di masuk2in... maka dari itu gue pake logika gue... udah dikasih sama tuhan kok dianggurin... rugi bener dong...

gue rasa kalo bukan karakter fanboy, pasti kita akan selalu mencari kebenaran...


Kalo anda bisa bilang orang jaman dahulu lebih bodoh apalagi mau sok ngajarin maka saya berani bilang bahwa anda adalah orang bodoh dengan mata tertutup.

agama mana dulu nih?? tolong disebut... agama bikinan manusia?? atau agama bikinan tuhan?? kalo agama bikinan manusia sih jelas aja... karena si pembuat agama tersebut juga gak sanggup untuk menjelaskan... orang jaman dulu masih bodoh... mau sok ngajarin... jelas aja gak masuk akal orang jaman sekarang yg lebih pandai... (maksud gue bodoh/pandai ini tingkat ilmu pengetahuan manusia) atau agama yg sudah terdistorsi... sekali lagi no offence....

baca bagian yg di BOLD gak?? gue mungkin dan memang masih bodoh.. karena gue tau masih banyak orang yg lebih pinter daripada gue... tapi bukannya lebih bodoh lagi seseorang yg tau realita tapi tidak mau mengakuinya... gue tau kok menerima kebenaran yg pahit itu lebih berat daripada menerima kebohongan yg manis... sekarang apakah sesorang yg berada di jalur yg salah siap menerima kondisi seperti itu... itu yg membedakan manusianya

seperti contoh waktu galileo bilang bumi itu bulat... apa yg terjadi?? di di hukum... sama siapa?? sama orang2 bodoh jaman dulu... trus kalo kita lihat di jaman sekarang, apakah yg dipercaya oleh orang bodoh jaman dulu itu bisa kita terima?? nggak kan...

sampe sini loe setuju gak sama gue?? atau loe tetep mengakui bahwa bumi itu rata?? kalo kayak gini namanya membodohi diri dong... seperti gue bilang diatas... ngakuin kebenaran pahit itu lebih berat daripada nerima kebohongan yg manis...

nah ini yg membedakan apabila agama dibikin sama tuhan... valid sampe akhir jaman... ngerti kan maksud gue...


Ilmu pengetahuan yg sekarang ada hanyalah sebuah PENGEMBANGAN dari apa yg sudah "orang bodoh" jaman dahulu temukan.

yg ini gue setuju...


Baik dari mulai jaman Mesir dan Romawi sampe jaman Kaisar Cheng Ho sampai Aristoteles dan filsuf lainnya.

yg jadi masalah, apakah mereka membuat suatu kepercayaan?? agama?? nggak kan...

sekali lagi no offence untuk masalah ini... just my opinion... dan gue gak maksa pendapat loe harus sama kayak gue kok...


Yg simple ajalah kita liat dan terbukti di Indonesia masih ada, apa sekarang manusia "pintar" anda bisa membuat Candi Borobudur sebesar itu tanpa semen tapi tetep kokoh berdiri sampe ratusan tahun dan tanpa batu bata cetak seperti yg "orang bodoh menurut anda" telah buat dan ada di depan mata sodara kita di daerah Jogya.

yakin loe gak mau ngubah statement loe diatas?? gue bacanya ketawa lho....

apa hebatnya orang sekarang kalo cuma bisa bikin candi borobudur?? toh orang sekarang udah bisa bikin menara bni, empire state building, menara petronas... lebih canggih yg mana sih?? tingkat kesulitannya lebih tinggi yg mana sih?? justru orang jaman dulu bikin gak pake semen karena mereka belon kenal teknologi yg namanya beton...

kalo orang jaman sekarang udah ngerasa hebat bisa bikin candi borobudur, sama aja nurunin standar mereka seperti orang jaman dulu... yg gak tau internet, gak yai beton, gak tau konstruksi baja, gak kenal yg namanya komputer + autocad, gak kenal listrik, dsb....

orang jaman dulu gue bilang lebih pintar kalo orang jaman dulu bisa bikin menara petronas sedangkan orang sekarang cuma bisa bikin candi borobudur.... :D


Sangat betul sekali bahwa Tuhan itu tidak terbatas baik secara esensi maupun secara spiritualitas. Maka dari itu anda cukup berani sekali untuk berusaha menafsirkan karya Tuhan yg tak terbatas itu ke dalam pemikiran anda yang sangat sempit dan terbatas.

wah berarti loe gak baca postingan gue yg awal2 yah... tuhannya sendiri tak terbatas... tapi hasil karyanya atau yg disebut mahluk, pasti punya batasan... gue kasih contoh apa... misal bumi deh... bisa kok diukur luasnya, diameternya, volumenya... tapi kalo tuhan sanggup bikin berapa buah bumi, ini kan yg kita gak tau.... balik lagi ke awal, jangan samakan kemampuan anda dengan kemampuan orang lain... anda sadar kan banyak orang yg lebih pintar dari anda... seperti yg anda sebut aristoteles dan si cheng ho...


Mengenai hasil tafsir orang bodoh dan pintar serta orang berpengalaman dan minim pengalaman itu bagi saya bukanlah suatu hal yg edukatif dan dapat diperdebatkan. Pada dasarnya di dunia ini tidak ada orang bodoh !!!

masih inget yg di BOLD :D gue ngambil kata2 tersebut biar simple... masa untuk kata2 bodoh harus gue ganti dengan penjelasan 1 paragraf lagi... apa gak capek bacanya?? dan balik lagi ke apa yg loe bilang... hasil penafsiran aristoteles apakah akan sama dengan si cheng ho?? gue jamin pasti beda... ini lho maksud gue... sama2 pinter aja bisa beda, apalagi pinter dan bodoh... makanya gue berpegang kepada sumber... yg paling minim distorsi... (kemarin putus belon sempet dilanjutkan)


Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu itu buruk adanya, tetapi selalu baik adanya. Mengenai tafsir suatu ajaran agama itu TIDAK DIBUTUHKAN KEPINTARAN tetapi dibutuhkan KARUNIA.

bro.. apakah kecantikan itu bukan karunia?? karunia kan... trus apakah kesehatan itu bukan karunia?? karunia juga kan... trus apakah KEPINTARAN itu bukan KARUNIA?? gue jamin itu KARUNIA juga kok... karunia itu cakupannya luas...


Tidak ada satu pemuka agama manapun yg bisa bilang "dengan kepandaian saya maka saya bisa menafsirkan", tetapi selalu "hanya oleh kehendak dan karunia dari Tuhanlah maka saya bisa menafsirkan".

ini sejalan dong... gak bertentangan... untuk menafsirkan justru butuh kepandaian... dan gue tanya balik... apakah filusuf2 dan penafsir2 itu orang2 bodoh?? gak kan... justru mereka orang pandai....



heart .. brain ... and words must be in the same line, combinations with balance compositions ...

It's nice and very thoughfull sentences.

kalo loe setuju yg ini mestinya loe juga setuju dengan apa yg loe percaya sejalan dengan hati loe dan apa yg loe ucapkan dong :D hehehe....
nah kalo yg ada di hati loe (iman) gak sejalan sama yg di otak loe?? gimana dong?? hehehe....

peace yoo....:buddies:
gara2 monyet jadi kemana2 deh... hehehe.....

PERHATIAN: buat TS... kemana loe?? kok kagak pernah reply lagi?? gue pengen kenal sama moyang loe nih.... monyet atau manusia?? :D:D:D

positive+
16-05-2006, 21:54
Debat makin panjang dan sudah terlampau jauh dari topik,
moga apapun itu, tetep ambil positive-nya :)

@andhee
walau kata2 lo rada nyelekit, but u got ur point there

keep cool down and open minded guys


Regard,

judhies_halim
17-05-2006, 07:45
Monyet monyeeett monyet monyeeeet monyet monyeeet:jumping:
Apakah dikau saudara kami?
Dapatkah kau jawab?
Kami2 ini sudah ribut sendiri mencari tahu.
Jangan buat kami penasaran
:D:D:D

ferry_yanto
17-05-2006, 12:20
btw, sori nih... bukan berarti tuh pemuka agama sepakat, trus umatnya ikutan sepakat... jangan di generalisasi lho.... sama seperti pemimpin negara suka perang, bukan berarti rakyatnya suka perang... setiap kepala punya keputusan masing2... yg gue tanya, loe sepakat sama siapa??
Kalo ini jawaban yg diberikan yah cakupannya luas. G cuma bisa bilang perkataannya cuma pepesan kosong selama ini donggg. Yah berpulang lagi ke diri sendiri sihh.:confused:


kalo ngomongin masalah iman gue kasih contoh... orang jahat masuk neraka, orang baik masuk surga... itu adalah konsep keimanan yg masih masuk logika... tapi orang maling dosanya seperti ini... orang bohong dosanya seperti itu... sedekah pahalanya sejumlah ini, ngasih makan orang pahalanya sejumlah itu... disini iman yg berkerja... misal gue sebut angka untuk mempermudah, maling dosa = 10, bohong dosa = 3, sedekah pahala = 4, ngasih makan pahala = 5 trus kalo loe melakukan maling 1x, bohong 3x, sedekah 2x ngasih makan 1x, loe hitungannya masuk neraka... begitu seterusnya... yg gak masuk logika itu hitung2an tuhan... kenapa dinilai segini, kenapa dinilai segitu... disini konsep keimanan baru dipakai... loe dijarin juga gak berbuat apa aja yg dosanya besar?? tapi jangan lupa berbuat hal2 yg dosanya kecil tapi sering sama aja loe berbuat dosa besar... tau kan peribahasa sedikit2 lama2 jadi bukit...
Ini bedanya doktrin dgn hukum. G kan udah bilang kalo g membahas dari sisi doktrinitas karena thread ini lebih kepada doktrinitas bukannya hukum agama lohhh.:) Jadi yah kita membahas juga dari segi doktrinnya. Kalo yg anda bicarakan diatas adalah hukum agama.


kalo loe cuma beriman tanpa logika sama aja kayak pengikut sekte... mau alirannya sesat yg penting beriman... sori no offence... nanti diajak terjun ke api biar masuk surga, ngikut aja... alasannya karena beriman...

Kalo kita sudah mengimani dengan benar maka logika kita akan sejalan dengan iman kita. Karena semua nya berasal dari hati bukan dari akal budi.:)


dan gue tanya balik ke elo... kalo ternyata loe temukan bahwa agama yg loe anut tidak sesuai dengan pemikiran elo... apakah loe akan mencari kebenaran... atau tetap beriman??
Sama seperti yg g bilang diatas. Beriman itu bukan hanya percaya tookk. Mencari kebenaran itu berlandaskan kepada iman bukannya kepada logika lohh. :)


kalo gue pribadi jelas karena masuk akal lalu gue percaya... bukan karena percaya trus gue masukin ke akal

seperti gue bilang dari awal pake logika itu ada batasnya... gue konsisten dengan omongan gue... baca post2 gue sebelum ini... beriman ok... tapi tetep logika jalan...
Dua pernyataan anda ini mengandung unsur yg namanya KONTRADIKTIF.


nah ini yg membedakan apabila agama dibikin sama tuhan... valid sampe akhir jaman... ngerti kan maksud gue...
Tuhan tidak membuat agama tetapi manusia yg membuat agama dengan dasar agamanya adalah beriman kepada Tuhan. Bukan berdasarkan Logika terhadap Tuhan. :)


yg jadi masalah, apakah mereka membuat suatu kepercayaan?? agama?? nggak kan...

Itu kan contoh dari beberapa "orang bodoh" jaman dahulu menurut anda yg menurut saya mereka jauh lebih pintar dari pada kita sekarang. Bukan berarti mereka membuat suatu agama dan kepercayaan.:) Pembahasan tetap pada jalurnya.


apa hebatnya orang sekarang kalo cuma bisa bikin candi borobudur?? toh orang sekarang udah bisa bikin menara bni, empire state building, menara petronas... lebih canggih yg mana sih?? tingkat kesulitannya lebih tinggi yg mana sih?? justru orang jaman dulu bikin gak pake semen karena mereka belon kenal teknologi yg namanya beton...

kalo orang jaman sekarang udah ngerasa hebat bisa bikin candi borobudur, sama aja nurunin standar mereka seperti orang jaman dulu... yg gak tau internet, gak yai beton, gak tau konstruksi baja, gak kenal yg namanya komputer + autocad, gak kenal listrik, dsb....

orang jaman dulu gue bilang lebih pintar kalo orang jaman dulu bisa bikin menara petronas sedangkan orang sekarang cuma bisa bikin candi borobudur....

"Orang pintar jaman sekarang yg menetapkan Cando Borobudur sebagai salah satu keajaiban dunia lhooo" Namanya keajaiban itu berarti sesuatu yg luar biasa. Justru kalo kata g bikin gedung tinggi pake komputer dan peralatan lainnya sih itu lebih mudah. Daripada ngangkat batu pake tenaga manusia, tetapi tidak roboh diterpa angin dan cuaca hebat. Kalo mereka bisa bikin yg seperti itu maka g jamin rumah loe sekarang ga pake semen, lah yg ga pake semen aja awetnya ratusan tahun kokk. Lebih irit lagii.
Sebagai perbandingan aja, coba anda tanyakan ke seorang arsitek lebih hebat mana bikin menara BNI atau candi borobudur ??? Mereka lebih pintar dari kita soal bangun membangun maka tentunya mereka lebih tau mana yg tingkat kesulitannya lebih tinggi.:)


tuhannya sendiri tak terbatas... tapi hasil karyanya atau yg disebut mahluk, pasti punya batasan... gue kasih contoh apa... misal bumi deh... bisa kok diukur luasnya, diameternya, volumenya... tapi kalo tuhan sanggup bikin berapa buah bumi, ini kan yg kita gak tau.... balik lagi ke awal, jangan samakan kemampuan anda dengan kemampuan orang lain... anda sadar kan banyak orang yg lebih pintar dari anda... seperti yg anda sebut aristoteles dan si cheng ho...
Yg anda kemukakan diatas juga mengandung unsur KONTRADIKTIF.


ini sejalan dong... gak bertentangan... untuk menafsirkan justru butuh kepandaian... dan gue tanya balik... apakah filusuf2 dan penafsir2 itu orang2 bodoh?? gak kan... justru mereka orang pandai....
Banyak orang pandai tapi hanya sedikit yg bisa menafsirkan sabda Tuhan, itu adalah bukti bahwa yg dibutuhkan adalah karunia untuk menafsirkan dari Tuhan. Betul kepandaian adalah suatu karunia, tapi penafsiran itu bukanlah kepandaian belaka melainkan pencerahan yg datang dari Tuhan.:)


kalo loe setuju yg ini mestinya loe juga setuju dengan apa yg loe percaya sejalan dengan hati loe dan apa yg loe ucapkan dong hehehe....
nah kalo yg ada di hati loe (iman) gak sejalan sama yg di otak loe?? gimana dong?? hehehe....
Seperti yg g katakan tadi, bahwa otak pasti menyelaraskan dengan hati kita. Bukan hati kita menyelaraskan dengan otak. Karena semua berasal dati hati kita.:)

Peace juga yahhh.
Kayanya bahasannya udah tlalu jauh nih yaa. Ini post terakhir g di thread ini, thanks buat bro Andhee dan juga bro Positive+, buat tukar pikiran dan apresiasi nya. Mungkin lain waktu dan lain kesempatan kita bisa bertukar pikiran lagi. Ok, nice to talk with you all bro:)

Harno
17-05-2006, 16:48
Percayakah anda pada teori evolusi monyet jadi manusia?

Kalo saya sih tidak.

Saya lebih percaya teori evolusi manusia jadi monyet.
ok deh....
kembali ke awal thread klo gw gak percaya...
gw lebih percaya Firman Tuhan daripada sekedar teori...

andhee
17-05-2006, 18:34
@andhee
walau kata2 lo rada nyelekit, but u got ur point there

keep cool down and open minded guys


Regard,

wah... sorry nih mudah2an gak ada yg tersinggung... peace lho...:buddies:

andhee
17-05-2006, 18:37
Kalo ini jawaban yg diberikan yah cakupannya luas. G cuma bisa bilang perkataannya cuma pepesan kosong selama ini donggg. Yah berpulang lagi ke diri sendiri sihh.:confused:

??? gue jadi ikutan bingung... :confused:


Ini bedanya doktrin dgn hukum. G kan udah bilang kalo g membahas dari sisi doktrinitas karena thread ini lebih kepada doktrinitas bukannya hukum agama lohhh.:) Jadi yah kita membahas juga dari segi doktrinnya. Kalo yg anda bicarakan diatas adalah hukum agama.

wah kalo gitu gue salah sambung nih....


Kalo kita sudah mengimani dengan benar maka logika kita akan sejalan dengan iman kita. Karena semua nya berasal dari hati bukan dari akal budi.:)

Sama seperti yg g bilang diatas. Beriman itu bukan hanya percaya tookk. Mencari kebenaran itu berlandaskan kepada iman bukannya kepada logika lohh.:)

wah kalo begini sih tandanya udah beda prinsip... diterusin gak bakal nyambung... kalo gitu di stop aja deh...


Dua pernyataan anda ini mengandung unsur yg namanya KONTRADIKTIF.

loe baca postingan gue sebelumnya deh.... biar ngerti... mana yg menurut gue paling benar itu yg gue terima... gue juga manusia yg mempunya keterbatasan... gue juga gak sanggup melogikakan semuanya... dan memang gue terima satu hal yg tidak mungkin dilogikain kok... tapi apa yg sanggup gue logikain yah gue logikain dulu... gak langsung nyerah dari awal...


Tuhan tidak membuat agama tetapi manusia yg membuat agama dengan dasar agamanya adalah beriman kepada Tuhan. Bukan berdasarkan Logika terhadap Tuhan.:)

maksud gue kan sumber ajaran agama itu dari tuhan, bukan inisiatif manusia... gitu lho...

trus pada awalnya tuhan memberikan aturan agar kita beriman itu gue setuju banget sama loe... kenapa... karena ilmu manusia jaman dulu belon sampe... sekarang udah mulai nyampe beberapa... contoh... dilarang minum alkohol... dulu orang gak tau alkohol itu buruk untuk liver dalam jangka panjang... tapi sekarang dengan ilmu kedokteran modern orang udah pada tau kan... alkoholik itu pasti hatinya rusak.... dulu memang alasannya agar orang beriman... tapi jaman sekarang... bagaimana kita menjaga diri dari ilmu/ajaran2 yg sesat... yaitu pake logika...

belajar dari sejarah aja deh... snook horgonye ?? <- bener gak sih tulisannya... waktu jaman belanda sukses nembus rakyat aceh lewat mana?? lewat ajarannya yg gak bener... (buat orang aceh... jangan tersinggung yah... ini fakta sejarah lho) gue mengunakan logika untuk menghidari diri gue dari hal2 seperti ini.... ibaratnya kalo mau menjelajah internet... kata microsoft browsernya aman, jangan langsung percaya... install firewall.... yg sudah diakui oleh komunitas bersama... yoi gak???


"Orang pintar jaman sekarang yg menetapkan Cando Borobudur sebagai salah satu keajaiban dunia lhooo" Namanya keajaiban itu berarti sesuatu yg luar biasa. Justru kalo kata g bikin gedung tinggi pake komputer dan peralatan lainnya sih itu lebih mudah. Daripada ngangkat batu pake tenaga manusia, tetapi tidak roboh diterpa angin dan cuaca hebat. Kalo mereka bisa bikin yg seperti itu maka g jamin rumah loe sekarang ga pake semen, lah yg ga pake semen aja awetnya ratusan tahun kokk. Lebih irit lagii.

hahahaha.... mungkin orang sekarang ngangap orang jaman dulu bodoh bener kali, sampe bisa bikin candi borobudur dianggap hebat... padahal kalo dibilang orang jaman dulu lebih perkasa dibanding orang jaman sekarang, gue setuju lho... maklum mereka gak tergantung sama alat...

btw, loe ngitungnya gak fair nih.... itung sama2 dari 0 dong....
contoh:
orang ngangkut batu pake tangan = modal tenaga
orang ngangkut batu pake gerobak = modal tenaga + ilmu bikin gerobak + material gerobak
orang ngangkut batu pake forklift = modal tenaga + ilmu cara mengopersikan forklift + ilmu bikin mesin pabrik + material mesin pabrik + ilmu bikin pabrik + ilmu desain forklift + ilmu desain mesin forklisft + material forklift + ilmu bikin bahan bakar untuk forklift + material bahan bakar untuk forklift + dsb...

nah sekarang kalo ngangkat batu yg gede lebih rumit mana prosesnya?? lebih rumit pake forklift kan?? walaupun secara pengerjaan lebih gampang... sama aja kayak bikin bangunan...

dan satu lagi nih logika sederhana... konstruksi bentuk candi borobudur itu apa sih?? seperti limas segiempat kan... sedangkan gedung2 bertingkat seperti kubus, bahkan lebih tinggi lagi... dari teorinya "center of gravity" dari limas segiempat vs kubus lebih rendah mana?? lebih rendah limas segi empat... secara teori yg "center of gravity"nya lebih rendah tidak mudah rubuh disebabkan oleh tekanan dari samping (contoh: angin) nah jaman smp/sma tentu yg ikutan praktek di lab fisika juga tau kan dibutuhkan "force" arah ke samping yg lebih besar untuk merubuhkan benda yg "center of gravity" nya lebih rendah...

dan satu lagi... nyusun dengan ngrakit itu lebih susah ngerakit lho... butuh ilmu lebih.... candi borobudur itu sekedar disusun... sedangkan menara BNI itu, mulai dari konstruksi beton... ngukur kekuatannya biar gak rubuh... dst... (udah ah kepanjangan kalo gue jelasin terus)


Sebagai perbandingan aja, coba anda tanyakan ke seorang arsitek lebih hebat mana bikin menara BNI atau candi borobudur ??? Mereka lebih pintar dari kita soal bangun membangun maka tentunya mereka lebih tau mana yg tingkat kesulitannya lebih tinggi.:)

seperti yg sudah gue jelaskan diatas... borobudur itu cuma nyusun batu... sedangkan menara BNI itu ngebangunnya dari berbagai macam material... jadi tetep lebih susah menara BNI (menurut gue...) :D

gue bisa bilang orang jaman dulu hebat kalo bisa bikin candi yg kontruksinya kayak jalan tol yg cuma modal tiang tengah... udah gitu melebar dari kiri ke kanan... gak pake semen... trus gak rubuh ratusan tahun.... ada gak??? :D

silahkan yg punya ilmu arsitek ikutan komentar... bagaimana pendapat loe?? lumayan bisa nambah ilmu gue....


Banyak orang pandai tapi hanya sedikit yg bisa menafsirkan sabda Tuhan, itu adalah bukti bahwa yg dibutuhkan adalah karunia untuk menafsirkan dari Tuhan. Betul kepandaian adalah suatu karunia, tapi penafsiran itu bukanlah kepandaian belaka melainkan pencerahan yg datang dari Tuhan.:)

yg ini gue setuju juga.... tapi tetep kan orang tersebut harus punya ilmu juga, basicnya pasti bukan dari orang yg gak tau apa2... dan memang banyak orang yg disesatkan... seperti orang2 atheis... (yg atheis jg tersinggung, soalnya yg ngomong orang percaya tuhan nih...) hehehe...


Seperti yg g katakan tadi, bahwa otak pasti menyelaraskan dengan hati kita. Bukan hati kita menyelaraskan dengan otak. Karena semua berasal dati hati kita.

bener2 terbukti secara prinsip berbeda... berarti yah lakum dinukum waliyadin deh... (untuk loe apa yg loe percaya, untuk gue apa yg gue percaya)

bro... beneran no heart feeling yah... hehehe...

curhat dikit... gue pernah tersinggung sama member di forum ini... eh setelah gue cek, dia yg bener... yg gue terima... justru singgungan dia lebih membuka mata gue... mudah2an diskusi disini lebih banyak makna positifnya... toh dari awal atmosfernya udah bagus... bisa menjaga emosi... gak pake maki2 orang... ini yg bedain member chip dengan member FC di k^5kv5...

kalo ada yg tersinggung dengan kata2 gue... gue minta maaf lho... gak niat cari ribut... peace....

andhee
17-05-2006, 18:42
ok deh....
kembali ke awal thread klo gw gak percaya...
gw lebih percaya Firman Tuhan daripada sekedar teori...

heheh... yg jadi masalah kan orang yg gak percaya sama tuhan ingin membuktikan sebaliknya....

ok back to topic...

kalo menurut penelitian... beda spesies tapi masih satu (apa namanya diatas spesias??)masih bisa dikawinkan dan menghasilkan keturunan... contoh sapi australi sama sapi indonesia.... nah kalo manusia dikawinkan sama monyet, ada keturunannya gak??? gue pengen liat... mungkin si darwin mau experimen?? :D :D :D

itchybear
17-05-2006, 22:04
heheh... yg jadi masalah kan orang yg gak percaya sama tuhan ingin membuktikan sebaliknya....

ok back to topic...

kalo menurut penelitian... beda spesies tapi masih satu (apa namanya diatas spesias??)masih bisa dikawinkan dan menghasilkan keturunan... contoh sapi australi sama sapi indonesia.... nah kalo manusia dikawinkan sama monyet, ada keturunannya gak??? gue pengen liat... mungkin si darwin mau experimen?? :D :D :D

nah itu dia....
monyet ama orang kan emang dnanya mirip... cuman beda beberapa susunan doang....
tapi telah dibantah kalo orang ama monyet itu ga bisa bikin keturunan karena udah beda susunan tersebut.... katanya evolusi yg membuat susunan dna itu berubah sedemikian rupa jadi ga bisa menghasilkan keturunan....

kalo buat gw sendiri....
biarlah agama berjalan sendiri dan ilmu pengetahuan berjalan sendiri... kalo dicoba digabung2kan... hasilnya seperti thread ini.... ga ada ujung2nya dan tidak produktif... hanya menimbulkan lebih banyak pertanyaan dan pertanyaan lagi... lebih baik gw fokus ama gw sendiri (yg udah jelas2 orang):D:D:D

si_yoyo
17-05-2006, 22:15
Kalo gue percaya si itchybear asalnya dari beruang yg "kegatelan" :laugh: :lol:


hehehe

bang reza
17-05-2006, 22:20
kalu aku sih ..tegantung siapa yang aku liat..
kadang percaya juga... :D

itchybear
17-05-2006, 23:50
Kalo gue percaya si itchybear asalnya dari beruang yg "kegatelan" :laugh: :lol:


hehehe

bagaimanakah evolusi itchybear????
jadi begini ceritanya.....
pada dahulu kala... nenek moyang itchybear adalah seorang beruang yg sangat ganteng.... bahkan dikalangan manusia.... sayang saja bentuknya masih seperti beruang (graw graw graaaw).... nah.... kenapa itchybear bisa evolusi jadi manusia? karena nenek moyang itchybear semakin lama semakin berdiri tegak demi menggaruk bentol2 yg sangat gatel yg berada di punggungnya.....

wakakakakakakakakak
APA COBAAAAA????
wakakakakakakkakaka

andhee
18-05-2006, 00:04
bagaimanakah evolusi itchybear????
jadi begini ceritanya.....
pada dahulu kala... nenek moyang itchybear adalah seorang beruang yg sangat ganteng.... bahkan dikalangan manusia.... sayang saja bentuknya masih seperti beruang (graw graw graaaw).... nah.... kenapa itchybear bisa evolusi jadi manusia? karena nenek moyang itchybear semakin lama semakin berdiri tegak demi menggaruk bentol2 yg sangat gatel yg berada di punggungnya.....

wakakakakakakakakak
APA COBAAAAA????
wakakakakakakkakaka
wah jangan2 loe artis.... gue udah sempet nonton film loe.... brother bear :D

http://www.superkids.com/aweb/pages/reviews/problem/04/brobear/bear.jpg


kalo gak nyambung itu karena ilmunya yg salah... kepercayaannya yg salah... atau 22nya gak ada yg bener?? kalo 22nya bener secara absolut sih bakalan nyambung2 aja bukan??

itchybear
18-05-2006, 02:56
wah jangan2 loe artis.... gue udah sempet nonton film loe.... brother bear :D

oooo.... itu paman gw!! wakakakakakakak

Watchout
18-05-2006, 12:34
walah susahnya monyet2 membuktikan/mengklain dirinya telah berubah/berevolusi menjadi manusia....sampai sekarang pun belum ditemukan titik temunya...

@ itchybear : wakakakakakakakakakakakakakakak ... ada ada aja loe...

tengku deddy's
30-07-2006, 20:12
yah.....gak percya gw mah....akal-akal an orang yahudi aja........ kecuali kalo yang tanya memang pernah jadi monyet..heeeeeeeheeeeeeeeeeee, bru gw percaya.....hiiiiiiiiiiihiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, so jangan ambil pusing percaya ato tidak percaya...
thnx tengku

xasser
31-07-2006, 11:34
males bacanya dari awal :p
http://img509.imageshack.us/img509/6408/evolution3de.jpg
klo Golongan yg seperti ini neeh...gw percaya deh dr monyet, karna memang menurut penelitian mereka asal-muasal manusia dr monyet :rofl:

agro
31-07-2006, 16:07
bukannya udah ada buktinya, itu ikan Coelacanth (kata para ahli [sebelum ikan ini ditemukan kembali], ikan ini sudah punah) yang ditemukan di mozambique, seperti terlihat dibawah ini.
http://www.dinofish.com/cimages/coel03b.jpg Maputo Museum photo of the Mozambique female before dissection. The fish was 178 cm in length and 98kg- a giant. Only one Comoran coelacanth, caught in 1960, has rivaled it at 180 cm and 95kg. sumber : (http://www.dinofish.com/coel03.html)www.dinofish.com/coel03.html (http://www.dinofish.com/coel03.html)
kalau teori evolusi benar, seharusnya spesies terdahulu terputus. Oh ya di perairan Sulawesi, ikan ini juga ditemukan lho. Terus ini foto barunya (soalnya dah berwarna sih, kalau terbaru belum tentu ya :D)


http://eebweb.arizona.edu/courses/ecol482_582/coelacanth.jpg
sumber : http://eebweb.arizona.edu/courses/ecol482_582/coelacanth.jpg

plus ini yang ttg berita penemuan di Sulawesi, tepatnya perairan Manado
www.onsetcomp.com/.../3870_Coelacanth.html
dan ini fotonya yang di Sulawesi
Local fishermen display the catch of a live Coelacanth in Indonesian waters
http://i41.photobucket.com/albums/e297/heero-yui/3867_holdingfish.jpg

1kbyte
31-07-2006, 16:46
klo ga salah 1-2 bulan yng lalu lembaga penelitian kelautan Jepang & Indonesia ngambil rekaman Coelacanth di perairan Sulawesi.Keren bo! pake robot!!
[OOT MODE=ON]98kg klo dibikin ikan bakar cukup bwat brapa orang ya:D
:topic: IMHO keberadaan Coelacanth,Komodo,Iguana dkk sendiri menunjukkan klo teori evolusi lemah & mudah dibantah. Pemutusan mata rantai dlm evolusi tidak mungkin terjadi.
Klo mungkin bagaimana caranya?kenapa bisa meninggalkan sekian banyak spesies?

payahx
31-07-2006, 23:39
Percayakah anda pada teori evolusi monyet jadi manusia?

Kalo saya sih tidak.

Saya lebih percaya teori evolusi manusia jadi monyet.
teori evolusi monyet jadi manusia : gw gak percaya.


lou percaya teori evolusi manusia jadi monyet? suatu saat gw manggil lou :
MONYET !!! :yoyo:

bang reza
01-08-2006, 07:06
teori evolusi monyet jadi manusia : gw gak percaya.


lou percaya teori evolusi manusia jadi monyet? suatu saat gw manggil lou :
MONYET !!! :yoyo:

kalo yang dipanggil begitu nyamperin tandanya bener..
kalo nggak ya salah

frostbite
01-08-2006, 08:32
Gw tidak percaya dan merasa SANGAT TERHINA.
Masa dibilang berasal dari monyet :p

s1nch4n
01-08-2006, 08:45
@bang reza

Yang pasti kalo gue ga bakal nengok... apalagi nyamperin... :D:p

vaporizel
01-08-2006, 12:39
Teori evolusi manusia ke monyet yang saya maksud bukan secara fisik tetapi secara moral. liat aja pejabat-pejabat yang makan duit rakyat.

pridoneuve
01-08-2006, 16:55
Teori evolusi manusia ke monyet yang saya maksud bukan secara fisik tetapi secara moral. liat aja pejabat-pejabat yang makan duit rakyat.

itu evolusi manusia dari tikus, bkn monyet.

bang reza
01-08-2006, 20:29
itu evolusi manusia dari tikus, bkn monyet.


pernah liat serakahnya monyet?

coba ke ragunan, lempas pisang ke monyet, pisaang kan ditangkap dengan tangan kanan, lempar pisang lagi pisang ini akn ditangkap tangan kiri, lempar psiang lagi pisang ini akan ditangkap denagn kaki kiri lepmar pisang lagi pisang ini akan ditangkap dengan kaki kanan..

thexwarrior
01-08-2006, 23:38
Waduh, kalo pertanyaan kayak gini kayaknya sih gw jawab enggak lah. Mana mau gw disamain ama monyet.

bhonk_jhibril
18-08-2006, 01:21
ini bukan masalah aku percaya atau ga percaya.
berhubung aku manusia jadi aku takut untuk percaya.
kalau ada yang percaya,apa ga mirip...........????????
:yoyo:

Night_song
18-08-2006, 02:21
biar di todong pistol, gw ga' bakal percaya:)

j2spirit
18-08-2006, 02:26
Mana mau gw disamain ama monyet.
gimana kalo,
mungkin bukan manusia mirip monyet
tp monyetnya mirip manusia :D

pendrex
18-08-2006, 11:33
kayak gini diributin lagi.... weleh weleh...

vaporizel
19-08-2006, 12:47
Hmm, kaya'nya anda semua msh cukup normal (kecuali untuk yang mempercayainya)

j2spirit
19-08-2006, 16:33
yang percaya brarti ga normal gitu?
kenapa?

SweeDxer
19-08-2006, 17:22
Wah...
emang ada yg mo ngaku bahwa dia berasal dari monyett...:D

j2spirit
20-08-2006, 00:46
pernyataan sebaliknya jg belum bisa dibuktikan :)
*apakah betul manusia itu sejak ada di bumi emang udah berwujud manusia seperti skr?*

lagian kenapa enggak kalo di kemudian hari terbukti bener.
we're human now. our history biar kayak gimana ya anggap aja film yang buat dinikmati sambil nyemil.

analoginya gini deh, banyak orang sukses yang super rich, tp mereka berasal dari keluarga ga mampu. Nah ketika sukses, toh mereka gak malu tuh cerita mereka berawal dari sesuatu yang 'memalukan'.

bhonk_jhibril
20-08-2006, 01:20
Wah...
emang ada yg mo ngaku bahwa dia berasal dari monyett...:D
ada tuh,orangnya jenggot tebel,kumis tebel,rambut panjang tebel,orangnya dah lama ditanem tebel2.sekarang ada dibuku yang tebel2.:D

rmd
20-08-2006, 13:03
klo boleh masukan...
menurut al-quran, nabi adam di turunkan ke bumi ga lama setelah penciptaan bumi dan alam semesta(btul ga???). nah, logikanya, berarti manusia dah ada jutaan tahun yang lalu dan berarti juga manusia hidup di saat yang bersamaan dengan dinosaurus(puyeng kan lo). pasti pada komen, "ah sembaranga lo". trus timbul pertanyaan, gimana bisa manusia hidup bersamaan dengan jaman dinosaurus. Faktanya, tidak semua permukaan bumi di temukan dinosaurus. coba bayangkan dinosaurus banyak di daerah mana saja? trus, manusia pertama dan kebudayaan2 kuno adanya di wilayah mana aja? coba pikirkan...
coba aja bayangin jaman skrg manusia masih ada yg tingginya mencapi >2m. jutaan tahun yang lalu tingginya smana??? liat juga monyet skr kecil2kan? coba bandingkan dengan monyet purba(manusia purba), bisa lebih tinggi dari manusia modern... klo masih bingung gajah sekarg segede gitu, dulu moyangnya gajah alias mamoth, gede banget kan. nah coba pikirin... klo emang manusia purba itu moyangnya manusia modern, trus moyangnya kera/monyet apa? di buku sejarah n biologi ga adakan yg ngasih penjelasan...
klo menurut sejarah peradaban tertua hanya bbrap ribu tahun sblm masehi. bagaimana jika perhitungan para ahli arkeologi tersbut salah. dan ternyata kehadiran manusia, sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu, bahkan sejak jaman dinosaurus... bukankah di daerah arab dan sekitarnya banyak ditemukan kota2 tua yang terpendam jauh di bawah tanah dengan teknologi yang dimiliki. sejumlah pemikir asing, berpikiran kalau itu peninggalan alien(ini lebih aneh lagi).
percaya ga percaya, itu terserah anda :D

vaporizel
21-08-2006, 16:42
yang percaya brarti ga normal gitu?
kenapa?

iya lah, dari logika aja udah berantakan,
pernah gak situ dalam hidup denger berita monyet jadi manusia? gak pernah kan? yah, namanya juga teori..

Bingung saya kenapa manusia lebih percaya teori daripada kenyataan, Kalo saya dapet teori bahwa manusia itu dari duren, anda percaya? :confused:

Memang monyet itu mirip manusia, tapi itu belum tentu akan menjadi manusia, dan tingkah laku monyet itu mirip manusia karena monyet dan sejenisnya adalah hewan yang paling cerdas dalm meniru apa yang dilihatnya, tapi dia tidak tahu apa yang dilakukannya (karena tidak punya akal dan pikiran).

Orang yahudi (kaya' darwin) itu tukang nyolot :

Ada kisah orang non-yahudi ama orang yahudi melihat bayangan hitam di kejauhan, orang non-yahudi mengiranya sebagai burung gagak, dan orang yahudi mengiranya sebagai keledai.

Setelah bayangan tersebut mendekat, ternyata memang burung gagak seperti apa yang dikatakan orang non-yahudi tersebut, namun si yahudi ini tetap menganggap bahwa burung tersebut adalah keledai yang bisa terbang, hanya saja bentuknya burung gagak. :eek:

morikh
22-08-2006, 16:08
aduh bro....
jgn disangkut pautkan antara ilmu pengetahuan dan agama.... ga akan bisa jalan selaras.....


Maaf. Saya pikir hal ini kurang (kalo tidak ingin mengatakan TIDAK) tepat.

Agama is truth no.1

Kalo pengetahuan bertentangan dengan Agama?
Ilmu pengatahuanlah yang belum mampu menyingkap apa yang ada/terjadi sebenarnya (sepanjang ajaran agama belum "diapa-apakan").

Kita juga tidak boleh lupa dengan teori geosentris jaman dahulu, di mana para ilmuan banyak yang dibantai.

boycomp
22-08-2006, 16:28
Okay..klo menurut gw c bisa aja bener teori darwin cuman agak meleset..:D
gn..klo darwin bener, knapa monyet sekarang ga jadi manusia??..ini yg gw namain meleset tadi..bisa aja yg dimaksud darwin bukan monyet yang ada sekarang ini tetapi mahluk lain yang identik dengan monyet..bukankah di planet ini banyak sekali jenis mahluk hidup??..agree??..dan soal evolusi, gw percaya bgt..udah terbukti dari segi2 kehidupan di dunia ini klo dicermati secara bijak dengan akal qta sebagai manusia, evolusi selalu dan akan terus terjadi..bukan begitu guyss..:D

martin_hawk
22-08-2006, 22:18
ngangkat thread lama neh.......
kan di awal Darwin dah nerangin klo manusia itu berasal dari primata yg kebetulan memiliki ciri morfologi sama dengan monyet. tp primata itu sendiri bukan monyet karena telah mampu menggunakan api dan alat2 dari mineral. tp tetep aja manusia hanya bisa berteori tentang asal muasal makhluk hidup tp gak bisa membuktikan, soalnya rata2 semua teori itu kebanyakan terjadi karena proses 'kebetulan'.

sebagai contoh, teori burung finch darwin di kep. galapagos, apakah bisa berlaku sama untuk semua makhluk hidup? trus gmn sampai terjadi diversifikasi makhluk hidup dari virus hingga manusia? gak mungkin itu semua karena kebetulan. kenapa sampai sekarang masih ada protozoa klo itu salah satu bentuk kehidupan awal di bumi? knp sampai skr masih ada monyet? trus monyet/ primata yg mana dan hidup di situasi yg bagaimana yg ber'evolusi' menjadi manusia?

sampe skr aja gak ada yg bisa menebak bentuk kehidupan awal di permukaan bumi. justru buat sy itu menjadi pertanda bahwa sy masih perlu belajar lebih keras untuk memahami tanda2 Sang Kuasa.
CMIIW.......

otome
23-08-2006, 14:12
Yah Manusia nenek moyangnya yang pasti manusia juga.... coba bayangin kalo lagu "nenek moyangku se ekor monyett?!?" wah bukan pelaut dong??..
nah bagi yang percaya manusia berasal dari Primata... yah gw maklum aja..berarti kalian...seperti Primata hahahahaha Peace!!:)

yossie3660
23-08-2006, 14:20
Duile...ini thread ga kelar2...dah gini deh simplenya.....gimana kalo yang merasa sesuai judul ini thread pada ngacung?...kalo gue sih karena ga percaya jadinya ga ngacung....lagian gue lebih percaya bahwa manusia bukan dari itu...tapi dari bayi....hihi....gitu aja kok ribet...kalo diruntut2 ke belakang2 mah bisa terjadi penyama2an yang ga ada abisnya....dah pada ngacung deh yang pada percaya sapa.....gue mah ogah...

No offense.....peace buat semuanya....;)

boycomp
23-08-2006, 14:22
Yah Manusia nenek moyangnya yang pasti manusia juga.... coba bayangin kalo lagu "nenek moyangku se ekor monyett?!?" wah bukan pelaut dong??..
nah bagi yang percaya manusia berasal dari Primata... yah gw maklum aja..berarti kalian...seperti Primata hahahahaha Peace!!:)

sorry yah gw bukanny percaya tapi berdasar naluri gw..jgn asal percaya yang dikatakan buku-buku tebel (Yang nulis buku kan manusia jg??.tul kan?)..:D

j2spirit
23-08-2006, 16:09
klo boleh masukan...
menurut al-quran, nabi adam di turunkan ke bumi ga lama setelah penciptaan bumi dan alam semesta(btul ga???). nah, logikanya, berarti manusia dah ada jutaan tahun yang lalu dan berarti juga manusia hidup di saat yang bersamaan dengan dinosaurus(puyeng kan lo)
1. masalahnya (AFAIK) di al quran pun tidak tertulis tampang manusia waktu itu udah kayak sekarang ato kayak monyet ato memang masih monyet :lol: kan cuma ngomong 'manusia'. kayak apa gak jelas :)
2. 'Tidak lama' itu adalah relatif. Tidak lama bagi siapa? bagi Tuhan, jutaan tahun tentu tidak lama.
gw sendiri cenderung percaya kalo 7 hari penciptaan bumi maksudnya adalah 7 tahap. waktunya? bisa jutaan tahun. Sbab tahap2 penciptaan bumi menurut kitab2 cukup cocok dengan tahap2 penciptaan bumi menurut science (misalnya, hewan dan tumbuhan itu ada dulu sebelum manusia ada. laut tercipta duluan).
kalau sudah begitu, belum tentu kan manusia hidup bersamaan dengan dino :)

yossie3660
23-08-2006, 16:22
....kalau sudah begitu, belum tentu kan manusia hidup bersamaan dengan dino :)
wah jadi bawa2 Dino......bro Dino kan aka D2000......tuh dipanggil tuh Din.....apa jawabanmu bro D2000?.....:D dikau disamain sama manusia tuh katanya?.....:D malah diragukan manusia lagi....gile....beri dia Din....hahaha...

Sorry OOT lagi......lagian seru bener neh thread sampe perdebatan ke arah SARA....hati2 loh kalo pada bawa2 agama, ntar ribet loh...mendingan gue mah bawa D2000 aka Dino deh.....:p

itchybear
31-08-2006, 21:49
gw ga habis pikir... gw post tanggal 3-5-2006....
http://www.chip.co.id/forum/showpost.php?p=371268&postcount=8

skr gw kena BRP dari TS.....
memangnya sejelek itukah untuk mengutarakan opini seseorang?

vaporizel
31-08-2006, 22:26
jgn disangkut pautkan antara ilmu pengetahuan dan agama.... ga akan bisa jalan selaras.....

Anda baca baris di atas, apa terlihat seperti opini? menurut saya itu lebih mirip perintah

OK bung itchy? lagian rep power ku kan 1? kalo ngasih brp emang dapet berapa kalo rep powernya segitu?

Nah balik lage ke pembahasan..

itchybear
31-08-2006, 23:04
Anda baca baris di atas, apa terlihat seperti opini? menurut saya itu lebih mirip perintah

OK bung itchy? lagian rep power ku kan 1? kalo ngasih brp emang dapet berapa kalo rep powernya segitu?

Nah balik lage ke pembahasan..


gw quote sesuai dengan yg berada di private msg....


Atas pertanyaan anda, saya jawab ya! karena jika semakin bertambah banyak orang yang percaya OPINI yang salah maka orang lain akan percaya opini tersebut, tujuan saya memberi BRP adalah agar anda merubah opini anda..

dan gw quote balasan Private msg gw sama persis...


ya ampun deh....
grow up pls... di era globalisasi gini gitu looooh....

ya terserah orang mo nangkep opini gw ato kaga, itu kan hak asasi mereka....

dan juga hak asasi gw untuk mengutarakan pendapat....

memaksakan sebuah idealisasi kepada seseorang bagaimanapun bentuknya malahan tidak diperbolehkan.

lagian kalo seandainya gw merintah orang.... bukan seperti itu kalimatnya... seperti ini...
"woi, sejak kapan agama sama pengetahuan itu sejalan? hahahahaha bego aje"
NAH ITU BARU NAMANYA MERINTAH DAN MENGHINA....

bukannya gw overreacting, tapi gw termasuk pribadi yg menganut prinsip kebebasan berpendapat, jadi ya wajar saja kalo saya merasa sedikit tersinggung jikalau kebebasan berpendapat saya dibatasi.

andhee
31-08-2006, 23:23
masih lanjut aja nih ngebahas monyet klimis ??? :D

itchybear
31-08-2006, 23:34
masih lanjut aja nih ngebahas monyet klimis ??? :D

hahahaha
itu dia yg gw ga abis pikir...
gw post beberapa bulan yg lalu... gw aja udah lupa.... tau2 diingetin lagi pake BRP.... seger juga jadinya....:D:D:D:D:D

ridsa
01-09-2006, 16:29
iyah gua juga kena brp nih sama ini orang
emangnya gua ada singgung-singgung monyet ? kalo memangnya ndak sejalan dengan opini gua yah sah-sah aja ini negara demokrasi, nggak perlu pake sikap otoriter banget kirim-kirim brp.

gua nggak suka bikin post yang flaming, kalo mau membabarkan opini silahkan tapi jangan seenaknya kirim-kirim brp yang tidak pantas diberikan. apalagi karena tidak sejalan dengan opini kamu.

point loe sih kecil tapi gua nggak liat nilai point brp yang loe kirim, tapi pantas tidaknya brp itu diberikan.

kyo
01-09-2006, 17:06
monyet ya monyet... manusia ya manusia... nggak ada yang namanya manusia dari monyet....gitu aja kok susah... yang ada cuman manusia bersifat monyet...tuh baru ada...:rolleyes:
tp gw mo instruksi buat itchybear... yang namanya pengetahuan memang harus sejalan dengan agama... nggak bisa dipisahin:mad:

Archiel
01-09-2006, 20:53
gw bingung, kl maunusia dr monyet..kok masih ada hewan2 monyet smp skg?kan harusnya dah berubah jadi manusia semua tuh monkey2 ~_~

Mr.J
01-09-2006, 21:46
Gw ga percaya nich Mr. Pinguin!
Gw dapet GRP kan...

Sorry yg belom tau, klo TS bakal kasih GRP buat yg GAK PERCAYA and Ngasih BRP buat yg percaya.... :D

Asyikkkkkk........ Arigato Mr. Pinguin :)

itchybear
02-09-2006, 00:21
hahahahahaha
ya sudah toh....
situ kan percaya manusia itu manusia, monyet itu monyet...
kalo gw sendiri masih lom percaya2 banget sama yg mana2... lebih tepatnya ga terlalu mikirin darimana asal muasalnya... hahahahahaha

untuk gw sendiri ya pengetahuan itu lebih baik dpisah dengan agama, karena selama ini gw masih merasa agama gw tidak terganggu sama sekali dengan kegiatan2 pengetahuan gw yg lain.
anda percaya sebaliknya? ya tak masalah, mungkin itu yg anda pikir terbaik untuk anda, toh masing2 punya solusi sendiri dalam kehidupan ini.

tapi untuk TS ya tidak pantas aja rasa2nya mengecam seseorang karena opininya ataupun jalan hidupnya yg tidak sama dengan milik si TS. UNWISE and IMMATURE

positive+
02-09-2006, 06:06
hahahahahaha
ya sudah toh....
situ kan percaya manusia itu manusia, monyet itu monyet...
kalo gw sendiri masih lom percaya2 banget sama yg mana2... lebih tepatnya ga terlalu mikirin darimana asal muasalnya... hahahahahaha

untuk gw sendiri ya pengetahuan itu lebih baik dpisah dengan agama, karena selama ini gw masih merasa agama gw tidak terganggu sama sekali dengan kegiatan2 pengetahuan gw yg lain.
anda percaya sebaliknya? ya tak masalah, mungkin itu yg anda pikir terbaik untuk anda, toh masing2 punya solusi sendiri dalam kehidupan ini.

tapi untuk TS ya tidak pantas aja rasa2nya mengecam seseorang karena opininya ataupun jalan hidupnya yg tidak sama dengan milik si TS. UNWISE and IMMATURE

LOL ... LOL ... LOL ..................................... :lol:

bennix
24-09-2006, 08:44
Wuah, kalo gue sih cuma percaya kalo manusia terlahir dari rahim seorang perempuan manusia (bukan betina / monyet).

Tapi, soal penemuan Homo sapiens, javanicus erectus, einsteinicus , dsb.dsb. Gue sih setuju n sah2 aja. Coz, menurut pemahaman gue, orang zaman dahulu itu memang besar2 n tinggi2. Ambil contoh: Zhang Fei, Guan Yu. Itu orang2 peninggalan zaman purbakala yang sampai dibilang keturunan dewa.

Soal cerita Goliath VS Daud, gue juga percaya aja.
Manusia bisa berevolusi, secara gen-nya yang mengalami mutasi. Tapi tidak secara keseluruhan...dikarenakan proses itu membutuhkan jutaan tahun (kalau memang benar).

Tapi kita lihat saja. Manusia kan makin maju peradaban-nya makin banyak penyakit, gaya hidup makin tidak sehat, n pencemaran dimana2. Wajar aja kalau struktur tulang-nya semakin pendek / kecil (walau masalah keturunan gen -pun tetap mengambil peranan disini).

At least,...
Gue gak percaya teori evolusi :D
:thumb:

Shin Shii
24-09-2006, 09:20
kalo manusia dari monyet berarti monyet dari apa??? :D

komentar gw pribadi :
yang pasti kalo teori evolusi itu penuh dengan kebohongan....
udah jelas khan... meskipun ilmuan barat mengatakan dalam teori evolusi ada evolusi yang masuk missing link sehingga mereka tak tahu bagaiman monyet berubah...
hal tersebut malah-malah menampakan kebohongan mereka krn ternyata ga ada bukti monyet bisa jadi manusia...
keculai lutung kasarung yang malah di kutuk jadi monyet...
ato malah malin kundang yg malah evolusi jadi batu ... :D :bump:

yah ... tapi kalo ada yg ga sependapat boleh 2 aja khok....

kusdra11
24-09-2006, 16:25
kalo manusia dari monyet berarti monyet dari apa???

tanya aja ma tarzan sapa tau dia ngerti, ;)
yg gw tau monyet itu hewan, jd hewan adl hewan - manusia adl manusia !!
sapa c yg mau kakek buyutnya dari monyet...kekkkkkkk..:D
tp klau ada yg mau ya silakan...........

andhee
24-09-2006, 18:38
hahahahahaha
ya sudah toh....
situ kan percaya manusia itu manusia, monyet itu monyet...
kalo gw sendiri masih lom percaya2 banget sama yg mana2... lebih tepatnya ga terlalu mikirin darimana asal muasalnya... hahahahahaha

masa sih... bukannya situ berasal dari beruang??
kalo dibikin pelem, bisa kebalikan cerita brother bear nih :D

itchybear
24-09-2006, 20:02
masa sih... bukannya situ berasal dari beruang??
kalo dibikin pelem, bisa kebalikan cerita brother bear nih :D

hahahahahaha
dulu rasa2nya gw pernah bilang kalo yg maen brother bear itu om gw deh...
hahahahahahahaahahha

j2spirit
24-09-2006, 22:07
gw bingung, kl maunusia dr monyet..kok masih ada hewan2 monyet smp skg?kan harusnya dah berubah jadi manusia semua tuh monkey2 ~_~
menurut teori evolusi, makhluk hidup tingkat tinggi berasal dari evolusi makhluk hidup tingkat rendah, bersel satu blablabla.

tapi sekarang masih ada aja kan makhluk bersel satu?

pds
24-09-2006, 22:40
Hua2 bearti yg bersel satu asalnya dari mana dunk ^_^

compi_geblek
25-09-2006, 00:39
tar kita tunggu aja da yg ngebikin mesin waktu! :D
klo da mesin waktu kan bisa ketauan!

j2spirit
25-09-2006, 02:32
hoahaha nunggu doraemon keluar dari laci meja gw :laughatr:

kusdra11
25-09-2006, 02:32
tar kita tunggu aja da yg ngebikin mesin waktu! :D
klo da mesin waktu kan bisa ketauan!

mesin waktu itu apaan c om..? :notsure:

Jam ya.. :rtb:

ato

stopwatch... :nosepick:

gw jd tamba bingung ne :eyes1:

vob
25-09-2006, 17:05
menurut opini gue

masih ada kemungkinan lain ... evolusi alien:D

agama= ilmu pengetahuan

penerapannya aja yang belom selaras :D:D

gua pernah iseng iseng googling masalah ginian,
kata kunci

- alien interview
- are we alone
- god or alien

--------------------

maafnya ngak punya maksud menyinggung siapa pun juga :D

si_yoyo
02-10-2006, 08:37
Waaah rame juga neh... sinchan ikut nimbrung aaah....
Well... banyak ilmuwan juga yang mulai meragukan teori darwin... jika benar bahwa manusia modern adalah evolusi dari manusia kera, kenapa ga pernah ditemukan fosil peralihan dari manusia kera ke manusia modern???
Atau fosil peralihan makhluk hidup yang laen lah... :D

Pada saat teori tersebut dibuat, perbudakan sangat marak dan mengambil orang2 afrika sebagai budak orang eropa. Banyak orang2 sekarang ini yang mengatakan teori ini dibuat semata2 hanya sebagai pembenaran kalau orang afrika tersebut lebih rendah derajatnya daripada orang eropa... Darwin sendiri termasuk orang yang rasis loh...
Kalo gue sangat percaya sinchan yg satu ini berasal dari nyet-nyet :lol: :laugh:

Just Kidding lho :hippie: http://myquran.org/forum/Smileys/default/peace.gif

vaporizel
02-10-2006, 08:42
Bisa jelaskan maksud sinchan di atas, aku gak mudeng

CalvinLimuel
02-10-2006, 20:02
Maksudnya kalo Shinchan (sebenernya kayaknya Shin-chan ya?Chan bis abuat cowo loh) itu keturunannya monyet juga...

Tanggapan buat forum ini: Waw satu lagi pendukung Teori Darwin? ...uwalah.

vaporizel
01-12-2006, 08:30
Ni topik uda lama banget, tp gak ada salahnya saya beritahu artikel yang didapat
dari http://www.harunyahya.com/indo/

Di jaman ini, sejumlah kalangan berpandangan bahwa teori evolusi yang dirumuskan oleh Charles Darwin tidaklah bertentangan dengan agama. Ada juga yang sebenarnya tidak meyakini teori evolusi tersebut akan tetapi masih juga ikut andil dalam mengajarkan dan menyebarluaskannya. Hal ini tidak akan terjadi seandainya mereka benar-benar memahami teori tersebut. Ini adalah akibat ketidakmampuan dalam memahami dogma utama Darwinisme, termasuk pandangan paling berbahaya dari teori tersebut yang diindoktrinasikan kepada masyarakat. Oleh karenanya, bagi mereka yang beriman akan adanya Allah sebagai satu-satunya Pencipta makhluk hidup, namun pada saat yang sama berpandangan bahwa "Allah menciptakan beragam makhluk hidup melalui proses evolusi," hendaklah mempelajari kembali dogma dasar teori tersebut. Tulisan ini ditujukan kepada mereka yang mengaku beriman akan tetapi salah dalam memahami teori evolusi. Di sini diuraikan sejumlah penjelasan ilmiah dan logis yang penting yang menunjukkan mengapa teori evolusi tidak sesuai dengan Islam dan fakta adanya penciptaan.

Dogma dasar Darwinisme menyatakan bahwa makhluk hidup muncul menjadi ada dengan sendirinya secara spontan sebagai akibat peristiwa kebetulan. Pandangan ini sama sekali bertentangan dengan keyakinan terhadap adanya penciptaan alam oleh Allah.

Kesalahan terbesar dari mereka yang meyakini bahwa teori evolusi tidak bertentangan dengan fakta penciptaan adalah anggapan bahwa teori evolusi adalah sekedar pernyataan bahwa makhluk hidup muncul menjadi ada melalui proses evolusi dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Oleh karenanya, mereka mengatakan: "Bukankah tidak ada salahnya jika Allah menciptakan semua makhluk hidup melalui proses evolusi dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain; apa salahnya menolak hal ini?" Akan tetapi, sebenarnya terdapat hal yang sangat mendasar yang telah diabaikan: perbedaan mendasar antara para pendukung evolusi (=evolusionis) dan pendukung penciptaan (=kreasionis) bukanlah terletak pada pertanyaan apakah "makhluk hidup muncul masing-masing secara terpisah atau melalui proses evolusi dari bentuk satu ke bentuk yang lain. Pertanyaan yang pokok adalah "apakah makhluk hidup muncul menjadi ada dengan sendirinya secara kebetulan akibat rentetan peristiwa alam, atau apakah makhluk hidup tersebut diciptakan secara sengaja?"

Teori evolusi, sebagaimana yang diketahui, mengklaim bahwa senyawa-senyawa kimia inorganik dengan sendirinya datang bersama-sama pada suatu tempat dan waktu secara kebetulan dan sebagai akibat dari fenomena alam yang terjadi secara acak. Mula-mula senyawa-senyawa ini membentuk molekul pembentuk kehidupan, seterusnya terjadi rentetan peristiwa yang pada akhirnya membentuk kehidupan. Oleh sebab itu, pada intinya anggapan ini menerima waktu, materi tak hidup dan unsur kebetulan sebagai kekuatan yang memiliki daya cipta. Orang biasa yang sempat membaca dan mengerti literatur teori evolusi, paham bahwa inilah yang menjadi dasar klaim kaum evolusionis. Tidak mengherankan jika Pierre Paul Grassé, seorang ilmuwan evolusionis, mengakui evolusi sebagai teori yang tidak masuk akal. Dia mengatakan apa arti dari konsep "kebetulan" bagi para evolusionis:

…'[Konsep] kebetulan' seolah telah menjadi sumber keyakinan [yang sangat dipercayai] di bawah kedok ateisme. Konsep yang tidak diberi nama ini secara diam-diam telah disembah.

(Pierre Paul Grassé, Evolution of Living Organisms, New York, Academic Press, 1977, p.107)

Akan tetapi pernyataan bahwa kehidupan adalah produk samping yang terjadi secara kebetulan dari senyawa yang terbentuk melalui proses yang melibatkan waktu, materi dan peristiwa kebetulan, adalah pernyataan yang tidak masuk akal dan tidak dapat diterima oleh mereka yang beriman akan adanya Allah sebagai satu-satunya Pencipta seluruh makhluk hidup. Kaum mukmin sudah sepatutnya merasa bertanggung jawab untuk menyelamatkan masyarakat dari kepercayaan yang salah dan menyesatkan ini; serta mengingatkan akan bahayanya.

Pernyataan tentang "adanya kebetulan" yang dikemukakan teori evolusi
dibantah oleh ilmu pengetahuan

Fakta lain yang patut mendapat perhatian khusus dalam hal ini adalah bahwa berbagai penemuan ilmiah ternyata malah sama sekali bertentangan dengan klaim-klaim kaum evolusionis yang mengatakan bahwa "kehidupan muncul sebagai akibat dari serentetan peristiwa kebetulan dan fenomena alamiah." Ini dikarenakan dalam kehidupan terdapat banyak sekali contoh adanya rancangan (design) yang disengaja dengan bentuk yang sangat rumit dan telah sempurna. Bahkan sel pembentuk suatu makhluk hidup memiliki rancangan yang sangat menakjubkan yang dengan telak mematahkan konsep "kebetulan."

Perancangan dan perencanaan yang luar biasa dalam kehidupan ini sudah pasti merupakan tanda-tanda penciptaan Allah yang khas dan tak tertandingi, serta ilmu dan kekuasaan-Nya yang Tak Terhingga.

Usaha para evolusionis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan dengan menggunakan konsep kebetulan telah dibantah oleh ilmu pengetahuan abad 20. Bahkan kini, di abad 21, mereka telah mengalami kekalahan telak. (Silahkan baca buku Blunders of Evolutionists, karya Harun Yahya, terbitan Vural Publishing). Jadi, alasan mengapa mereka tetap saja menolak adanya penciptaan oleh Allah kendatipun telah melihat fakta ini adalah adanya keyakinan buta terhadap atheisme.

Allah tidak menciptakan makhluk hidup melalui proses evolusi

Oleh karena fakta yang menunjukkan adanya penciptaan atau rancangan yang disengaja pada kehidupan adalah nyata, satu-satunya pertanyaan yang masih tersisa adalah "melalui proses yang bagaimanakah makhluk hidup diciptakan." Di sinilah letak kesalahpamahaman yang terjadi di kalangan sejumlah kaum mukmin. Logika keliru yang mengatakan bahwa "Makhluk hidup mungkin saja diciptakan melalui proses evolusi dari satu bentuk ke bentuk lain" sebenarnya masih berkaitan dengan bagaimana proses terjadinya penciptaan makhluk hidup berlangsung.

Sungguh, jika Allah menghendaki, Dia bisa saja menciptakan makhluk hidup melalui proses evolusi yang berawal dari sebuah ketiadaan sebagaimana pernyataan di atas. Dan oleh karena ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa makhluk hidup berevolusi dari satu bentuk ke bentuk yang lain, kita bisa mengatakan bahwa, "Allah menciptakan kehidupan melalui proses evolusi." Misalnya, jika terdapat bukti bahwa reptil berevolusi menjadi burung, maka dapat kita katakan,"Allah merubah reptil menjadi burung dengan perintah-Nya "Kun (Jadilah)!". Sehingga pada akhirnya kedua makhluk hidup ini masing-masing memililiki tubuh yang dipenuhi oleh contoh-contoh rancangan yang sempurna yang tidak dapat dijelaskan dengan konsep kebetulan. Perubahan rancangan ini dari satu bentuk ke bentuk yang lain - jika hal ini memang benar-benar terjadi - akan sudah barang tentu bukti lain yang menunjukkan penciptaan.

Akan tetapi, yang terjadi ternyata bukan yang demikian. Bukti-bukti ilmiah (terutama catatan fosil dan anatomi perbandingan) justru menunjukkan hal yang sebaliknya: tidak dijumpai satu pun bukti di bumi yang menunjukkan proses evolusi pernah terjadi. Catatan fosil dengan jelas menunjukkan bahwa spesies makhluk hidup yang berbeda tidak muncul di muka bumi dengan cara saling berevolusi dari satu spesies ke spesies yang lain. Tidak ada perubahan bentuk sedikit demi sedikit dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup yang lain dalam jangka waktu yang lama. Sebaliknya, spesies makhluk hidup yang berbeda satu sama lain muncul secara serentak dan tiba-tiba dalam bentuknya yang telah sempurna tanpa didahului oleh nenek moyang yang mirip dengan bentuk-bentuk mereka. Burung bukanlah hasil evolusi dari reptil, dan ikan tidak berevolusi menjadi hewan darat. Tiap-tiap filum makhluk hidup diciptakan masing-masing secara terpisah dengan ciri-cirinya yang khas. Bahkan para evolusionis yang paling terkemuka sekalipun telah terpaksa menerima kenyataan tersebut dan mengakui bahwa hal ini membuktikan adanya fakta penciptaan. Misalnya, seorang ahli palaentologi yang juga seorang evolusionis, Mark Czarnecki mengaku sebagaimana berikut:

Masalah utama yang menjadi kendala dalam pembuktian teori evolusi adalah catatan fosil; yakni sisa-sisa peninggalan spesies punah yang terawetkan dalam lapisan-lapisan geologis Bumi. Catatan [fosil] ini belum pernah menunjukkan bukti-bukti adanya bentuk-bentuk transisi antara yang diramalkan Darwin - sebaliknya spesies [makhluk hidup] muncul dan punah secara tiba-tiba, dan keanehan ini telah memperkuat argumentasi kreasionis [=mereka yang mendukung penciptaan] yang mengatakan bahwa tiap spesies diciptakan oleh Tuhan.

(Mark Czarnecki, "The Revival of the Creationist Crusade", MacLean's, 19 Januari 1981, hal. 56)

Khususnya selama lima puluh tahun terakhir, perkembangan di berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti palaentologi, mikrobiologi, genetika dan anatomi perbandingan, dan berbagai penemuan menunjukkan bahwa teori evolusi tidak lah benar. Sebaliknya makhluk hidup muncul di muka bumi secara tiba-tiba dalam bentuknya yang telah beraneka ragam dan sempurna. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa Allah menggunakan proses evolusi dalam penciptaan. Allah telah menciptakan setiap makhluk hidup masing-masing secara khusus dan terpisah, dan pada saat yang sama, dengan perintah-Nya "Kun (Jadilah)!" Dan ini adalah sebuah fakta yang nyata dan pasti.

Kesimpulan

Sungguh sangat penting bagi orang-orang yang beriman untuk senantiasa waspada dan berhati-hati terhadap sistem ideologi yang ditujukan untuk melawan Allah dan din-Nya. Selama 150 tahun, teori evolusi atau Darwinisme telah menjadi dalil serta landasan berpijak bagi semua ideologi anti agama yang telah menyebabkan tragedi bagi kemanusiaan seperti fasisme, komunisme dan imperialisme; serta melegitimasi berbagai tindak kedzaliman tak berperikemanusiaan oleh mereka yang mengadopsi berbagai filsafat ini. Oleh karenanya, tidak sepatutnya kenyataan dan tujuan yang sesungguhnya dari teori ini diabaikan begitu saja. Bagi setiap orang yang mengaku muslim, ia memiliki tanggung jawab utama dalam membuktikan kebohongan setiap ideologi anti agama yang menolak keberadaan Allah dengan perjuangan pemikiran dalam rangka menghancurkan kebatilan dan menyelamatkan masyarakat dari bahayanya.

Perdana
01-12-2006, 08:39
Pada Kesimpulan:

Apakah terdapat bukti2 kongkret adanya ideologi melawan agama ? Ataukah hanya stigma dan keyakinan yg dipegang oleh sebagian kalangan dalam melawan ideologi barat pimpinan Amerika. Seperti halnya Abubakar Basyir dgn MMI-nya yang meyakini akan hal2 terorisme yg berkembang di Indonesia ini adalah bikinan agen2 Amerika ?




Ni topik uda lama banget, tp gak ada salahnya saya beritahu artikel yang didapat
dari http://www.harunyahya.com/indo/



Kesimpulan

Sungguh sangat penting bagi orang-orang yang beriman untuk senantiasa waspada dan berhati-hati terhadap sistem ideologi yang ditujukan untuk melawan Allah dan din-Nya. Selama 150 tahun, teori evolusi atau Darwinisme telah menjadi dalil serta landasan berpijak bagi semua ideologi anti agama yang telah menyebabkan tragedi bagi kemanusiaan seperti fasisme, komunisme dan imperialisme; serta melegitimasi berbagai tindak kedzaliman tak berperikemanusiaan oleh mereka yang mengadopsi berbagai filsafat ini. Oleh karenanya, tidak sepatutnya kenyataan dan tujuan yang sesungguhnya dari teori ini diabaikan begitu saja. Bagi setiap orang yang mengaku muslim, ia memiliki tanggung jawab utama dalam membuktikan kebohongan setiap ideologi anti agama yang menolak keberadaan Allah dengan perjuangan pemikiran dalam rangka menghancurkan kebatilan dan menyelamatkan masyarakat dari bahayanya.

yossie3660
01-12-2006, 10:12
SEKALI LAGI....

Saya ingatkan dengan segala hormat dan kerendahan hati saya seperti yang sudah2 saya lakukan di beberapa thread lainnya....untuk... TIDAK MEMBICARAKAN SEPUTAR S.A.R.A dalam bentuk apapun dan bagaimanapun. Hormati TS yang membuat thread dan jangan disimpangkan ke dalam masalah yang nantinya akan bersinggungan dengan seputar S.A.R.A dan saya ingatkan kembali bahwa Ilmu Pengetahuan dan pandangan Agama jelas2 sama sekali berbeda dan keduanya tidak dapat disalahkan dan tidak dapat lebih dibenarkan pula dari satu yang lainnya, oleh karena itu hargai perbedaan akan pandangan yang berbeda namun bukan untuk dipertajam akan perbedaan tsb namun seyogyanyalah kita semua sesama manusia yang mempunyai pemikiran panjang untuk menempatkan semuanya itu pada posisi dan porsi masing2.

Dengan segala hormat saya ingatkan sekali lagi akan hal ini, akan diberlakukan keras pada user2 terkait pabila terjadi perulangan pada thread ini ataupun melakukan quote akan postingan2 tsb.

Dengan segala hormat saya pula maka dengan postingan ini maka saya anggap masalah yang sedikit bersinggungan akan S.A.R.A untuk TIDAK DILANJUTKAN dan lakukan postingan lainnya dan tidak menanggapi beberapa postingan di atas saya ini.

Semoga ketentuan ini dapat dimaklumi dan dipahami oleh semua CHIPers manapun tanpa membeda2kan status, umur, gender dan apapun, maka dengan segala hormat dan kerendahan hati saya, saya himbau untuk tetap mematuhi aturan yang berlaku pada Forum CHIP ini demi kenyamanan kita semua.

NB:
user2 yang bersangkutan sudah saya berikan peringatan secara personal dan baik2....semoga hal ini tidak terjadi lagi....

Silahkan dilanjutkan kembali....

Best Regards
yossie3660

Shin Shii
01-12-2006, 10:23
boleh sekali lagi ya??? :D kalo gitu...

ga jadi deh...

1kbyte
01-12-2006, 15:09
:noflame:daripada gontok-gontokan ato berdebat masalah "manusia dari monyet atau bukan" coba liat foto dibawah ini: :lol:
http://img206.imageshack.us/img206/4613/imagesas7.jpg
klo ada yng wajahnya mirip seperti foto diatas maka...........:laugh::laugh:
:bolt:

cupu666
13-04-2007, 15:25
hmm sbnrnya sih kalo dari monyet jelas2 salah karena monyet ga brubah jadi manusia modern sekarng monyet dan pohon dan manusia satu nenek moyang yaitu mahluk bersel tunggal monyet tetep jadi monyet tp nenek moyang kita yg seperti seperti sasquatch kurang lebih berevolusi sesuai geo dan adaptasi berubah susunan tulang dan volume otaknya juga morfologisnya,penemuan tulang2 purba manusia itu yg berasal dari afrika-uerosia menyebar ke daerah lain sewaktu bumi masih satu benua bermilayard2 taon yll Mahluk awal serupa manusia tp belum mirip manusia modern berubah mengikuti kebiasaan makan dan daerah geo tmp mrk tinggal generasi pertama dari eurosia ini cro magnon ke eropa skrng yg berasimilasi dgn pitecantropus menjadi kaukasia adalah generasi kedua yg kluar dari afrika yg jg ke asia, menjadi homo erectus lama2 menyesuaikan diri dan menjadi homo sapiens dan lama menyerupai menjadi seperti manusia modern sekarang buku Richard Leackey tuh bahan referensi bagus buat baca2 "Asal Usul Manusia" judulnya kalo mo lebih enak sih tambah baca buku "Sejarah Manusia" baru klop dech skalian Sigmund Freud di baca juga tambah mantep dech

kurang lebih seg geto decccchhhhh ....:D

testakraze
13-04-2007, 15:38
ah...
kasihan di charles darwin
nenek moyangnya ditolak si "Adam" gara2 nenek moyangnya itu monyet :D

kalo emang bener ya...
ntar kasian anak2 nanya ke ortunya
"Pa kok gambar adam dan hawa mirip monyet ya?"

aq13
13-04-2007, 15:39
Aye percaya semua manusia dari anak cucu adam dan hawa

ridz_aja
13-04-2007, 16:00
hemmmmm, kalo bener manusia itu berasal dari monyet yang berevolusi??kenapa sampe sekarang monyet masih ada??dengan berbagai jenis pula??harusnya mereka semua sudah berevolusi jadi manusia kan???pemikiran orang kuno, wajar lah Darwin kan belom kenal internet jadi belom bisa browsing manusia itu berasal dari mana???:D ....intinya semua makhluk hidup itu diciptakan beragam dengan berbagai kelas2..kenapa manusia hampir sama seperti monyet karena dalam 1 kelas,sama aja kayak kucing rumah sama singa, ato yang lain kali yah???

Perdana
13-04-2007, 16:14
Hemmm..... thread lama bangkit lagi dari kubur......, Friday 13th. :cool:

Perdebatan yg nggak akan ada habis2nya lho............. :tooth:

idiot1234556
13-04-2007, 17:26
emang apa yang bikin orang percaya,kita dari monyet?gw aja ga percaya

payahx
13-04-2007, 17:31
bahaya nih, bangkit dari kubur monyetnya :D

ucup889
13-04-2007, 20:12
APEMAN never DIE.....

auoeauoooooooooooooooooooooooo .......... :wonder:

chris_lz
13-04-2007, 21:20
Percayakah anda pada teori evolusi monyet jadi manusia?

Kalo saya sih tidak.

Saya lebih percaya teori evolusi manusia jadi monyet.


klo mnrt gw ada kemungkinan bener manusia dan monyet sumbernya sama...
tp klo monyet berevolusi jd manusia sih kayanya ngga deh... hehehe..

n gw sih milih utk ga menghubungkan ini dengan ajaran agama... hehe...:)