PDA

View Full Version : Gimana modifikasi UPS pake accu mobil?



tangkas_baru
03-09-2006, 10:05
Saya pernah main ke ruang server W-Net di Smd. Saya lihat mereka melindungi PC servernya dgn sbh ups + accu truk kapasitas besar. Kata teman sih lumayan lama backup nya.
Dulu saya tdk tertarik tapi sekarang jadi penasaran mau buat juga spt itu.

Apakah ada rekan-rekan yg bisa memberikan langkah-langkah membuatnya?
Saat ini saya punya sbh APC BE525 (baterai drop). Apa bisa di gunakan pake Accu mobil. Gimana cara2 yg aman? Thanks...

hakkinen
03-09-2006, 10:28
Bro tinggal km liat saja UPS km pake total batere berapa volt DC, klo misal 3bh batere 12V diseri, Ya km tinggal pasang saja dg batere 12V 3bh seri. Masalah pake batere truk/mobil itu masalah ampere saja. Kl ampere gak masalah sih yg penting total volt DC / batere harus sesuai dg yg aslinya. semakin besar ampere-nya maka backupnya jg makin lama. :D

becak_terbang
03-09-2006, 11:23
@tangkas_baru

kalo mau pake accu mobil segede appapun rasanya ngga masalah.tinggal sambungin aja.
yg jadi masalah, menguapnya aer accu bisa ngerusak logam,buat kulit jd gatal2, dan banyak efek yg kurang menyehatkan.:eek:
aer accu bisa menguap selama dia dicharge.bila dia dicharge terus2an, perhatikan aja.aer accunya pasti berkurang.usually di bagian deket2 terminal positif. why? ada pejelasan kima yg ngga sy tau:confused:...kiranya ada yg bisa menjelaskan.

kalo rencana mo bikin pk accu mobil, diusahain accu mobil terletak di tempat yg terkena udara bebas u/ meminimalkan efek tdk menyehatkan..

kecuali pake accu mobil yg accu kering, ngga akan ada efek kaya diatas..:D

tangkas_baru
03-09-2006, 11:32
trims sarannya...
saya baru beli accu mobil GS 12V NS60. utk alasan kesehatan, accu sy taruh di luar garasi. UPS utk uji coba pake Enlight 600VA. Di batt kering aslinya tertulis 12V 7.2Ah. Dari penjelasan di atas, voltase sdh sama (aman). Yang jadi pertanyaan, apakah rangkaian Enlight utk pengisian Accu bisa bekerja optimal? Dari manual tertulis wkt cas batt 8 jam. Apakah penyetruman ke Accu tsb tdk berdampak negatif bagi rangkaian Enlight itu sendiri?

thx atensinya

pino
03-09-2006, 11:44
ada ups yang mensyaratkan berapa AH accu yang bisa dipasang.
tetapi ane dapat tahu dari toko akinya , kalau tidak salah kemampuan
charger nya maksimal 15% dari kapasitas aki.
jadi kalau ups habis dipakai karena pln nya down , kalau diganti aki besar
lebih baik dicharge sendiri , bukan lewat charger ups nya.
mungkin lebih aman kalau amper yang masuk ups juga dibatasi.

hakkinen
03-09-2006, 13:13
Yup, bener kl aki habis disetrum sendiri saja, sebab kl gw liat dari tipenya, aki baru 60A, jd kl dicas pake cas ups akan 8xlebih lama. Tp kl gak habis bener sih gw kira gpp, cm butuh waktu lebih lama untuk bisa full. :cool:

becak_terbang
03-09-2006, 13:48
sy tanya dulu ya.
ampere yg masuk dr UPS enlight ke accu berapa ampere??
kalo disetrum sendiri,mau pake yg berapa ampere??

sy pasang banyak genset yg ada ATS&AMF, accunya di setrum 24jam ,7minggu, 12bln ,365hr. cm pake charger ampere yg kecil banget kok.(5 amp u/ 2x 12v 120amp).kadang malah cuma 3amp(u/ genset dgn accu kecil)
chargenya si yg ga nguati gedenya..merk SEG.
bisa cek tuh harganya berapa walo ampernya cuma segitu:p

IMO
efek domino bro kalo pk charger besar
untung:
bat cepet ngisi
ngga nunggu lama2

rugi:
aer accu cepet kering

tinggal bro pilih efek yg mana yg mau dicoba:D

kalo dinamo ampere mobil jgn disamakan bro(skitar 5amp)
kan mobil, accunya kepake kalo siang (horn, tape), mlm(tape,lampu,sein)
kalo mau aman, cr yg 3 ampere.
ato ga papa pk yg 5 amp tp model chargernya yg automatic off kalo accunya penuh.
at least lebi minim perawatan (aer accu)

tp semua terserah pd TS..up to u:p

jaelangkung
03-09-2006, 19:38
trims sarannya...
saya baru beli accu mobil GS 12V NS60. utk alasan kesehatan, accu sy taruh di luar garasi. UPS utk uji coba pake Enlight 600VA. Di batt kering aslinya tertulis 12V 7.2Ah. Dari penjelasan di atas, voltase sdh sama (aman). Yang jadi pertanyaan, apakah rangkaian Enlight utk pengisian Accu bisa bekerja optimal? Dari manual tertulis wkt cas batt 8 jam. Apakah penyetruman ke Accu tsb tdk berdampak negatif bagi rangkaian Enlight itu sendiri?

thx atensinya

charging yang baik= Ampere Hour : 16.
makin besar angka pembaginya akan semakin baik.
untuk battery basah jangan ditaruh dalam ruangan tertutup, dan dijaga antara: suhu battery, ketinggian battery electrolite.
lubang ventilasi yang ada pada tutup battery dirawat agar battery tetap berkerja optimal.
jaga jangan sampai ada cairan dipermukaan battery, karena cairan asalah satu penghantar listrik yang baik.

tangkas_baru
03-09-2006, 20:12
saya lihat dari data ups ICA 302B (kapasitas sekelas dgn Enlight 600va):

Direct Current (DC) InputInternal Battery12V 1X7AH ( SLA Battery)External Battery12V 40AHMaxProtectionFuse
CHARGERVoltage13.6 V (Floating)Current1.5 A (Maximum)

apakah ada yg pernah tau, rangkaian charger internal milik Enlight 600va itu juga sama dgn spec chargernya ICA 302B di atas? Dgn 1.5A (max) itu jika termasuk normal apakah tidak berdampak negatif bagi rangkaian charger Enlight jika dipake wkt yg lama? Maksudnya dibiarkan dlm kondisi nyetrum accu terus. Saya butuh masukan atas pengalamn dari rekan-rekan semua tentang kombinasi UPS + accu yg dipake. Tips & triknya sampai saran utk menjaga keselamatan pengoperasian. Maklum, di Samarinda saat ini musim mati listrik :( . Tiap minggu digilir. Ga siang, ngga malam. Payah betul PLN. Ga mempan lagi dikomplain. Genset disini laku keras :D . Makanya saya tertarik coba merangkai UPS+accu biar up time nya lebih lama.

trims...

jaelangkung
03-09-2006, 20:19
Rangkaian dasar UPS:
http://www.pcguide.com/ref/power/ext/ups/z_apc_delta.GIF


dan bisa dibangun sendiri dengan:
http://www.chip.co.id/forum/showthread.php?p=522431#post522431

untuk membangun UPS, komponen yang diperlukan:
1. Battery
http://www.dansdata.com/images/diyups/battery260.jpg

2. Battery Charger
http://www.dansdata.com/images/diyups/psufront250.jpg

3. Inverter
http://www.dansdata.com/images/diyups/invertfront250.jpg

UPS Calculator: http://www.csgnetwork.com/upssizecalc.html

DragonMage
03-09-2006, 21:19
Terus terang saja, saya nggak nganjurin penggunaan aki mobil untuk operasi kayak begini. Aki mobil (basah) didesign untuk memberikan arus besar pada waktu yang kecil (hitungan detik), persis seperti starting mobil. Karena itu, plat di dalamnya tipis dan lebar, jadi bisa memberikan tenaga banyak dalam satu sentakan.

Aki kering, didesign untuk memberikan arus yang tidak begitu besar, tapi steady dan dalam jangka waktu lama (sama seperti operasi UPS). Karena ini, plat di dalamnya lebih tebal dan kecil.

Kalo kamu menggunakan aki mobil, karena tidak didesign untuk deep-cycle operation kayak UPS, jadi cepat sekali rusaknya. Dan setiap kali dicharge pada waktu lewat dari 50% pemakaian, akan mengecilkan daya tampung listrik dalam aki tersebut. Ini makannya kebanyakan aki mobil cuman tahan 8 bulan, bahkan kurang kalo dalam deep cycle operation. Berbeda dengan aki kering yang pasti awet di atas 1 tahun, bahkan bisa sampai 2 tahun.

Untuk hal2 darurat sih boleh-boleh aja. Tapi kalo untuk hal yang semi permanent, mending beli aki kering aja. Mungkin harga lebih mahal, tapi karena lebih awet, jadi jatuhnya lebih murah.

etudes_s
03-09-2006, 23:49
jadi safe safe aja ya kalo kita modif UPS dengan aki yang kapasitas lebih dari standar pabrik (12v 5-7Ah )
apa efeknya?
bisa merusak komputer kah?
atau merusak UPS
atau??

gimana kalo
satu UPS di modif dengan
pake 3 aki kering 12v 7Ah disambung
jadi total 12v 21Ah
(bukan 36v 7Ah loh :) )

apakah aman??

tangkas_baru
04-09-2006, 08:28
linknya bgs sekali pk jaelang... :)
dari A s/d Z dikupas tuntas.
tapi yg saya idam-idamkan adalah rangkaian yg sesederhana mungkin dg pake kombinasi ups + accu mobil seperti yg pernah saya lihat di ruang server W-Net itu.

posting dari teman2 sebelumnya cukup membantu saya apalagi ditambah ulasan dari bpk. rencananya kalau semua bisa berjalan aman & lancar akan ditularkan kpd keluarga2 yg punya elektronik sensitif.

mgkn bisa dijwb lebh singkat:
- enlight 600va + accu GS NS60 apakah rangkaian charger internal bisa bekerja optimal mengisi Accu tsb?
- Apakah rangkaian cut off akan bekerja seperti saat Enlight akan memutuskan proses pengisian kalau baterai keringnya penuh?
- Saya lihat dulu server w-net terhubung terus dgn UPS modifikasi. Cuma ngga jelas tipe & accunya. Apakah ckp aman rangkaian enlight + accu saya diatas kalau terhubung terus (utamanya malam hari, takut ada apa2)

Maaf, nanya nya berulang-ulang. Soalnya ada kejadian teman saya bilang pernah coba tapi UPS nya meledak. Setelah dicek, yg KO rangkaian inverter UPS nya. Saya tdk tau persis skema apa yg dipakainya saat itu.

Salam,

tangkas_baru

becak_terbang
04-09-2006, 22:54
Terus terang saja, saya nggak nganjurin penggunaan aki mobil untuk operasi kayak begini. Aki mobil (basah) didesign untuk memberikan arus besar pada waktu yang kecil (hitungan detik), persis seperti starting mobil. Karena itu, plat di dalamnya tipis dan lebar, jadi bisa memberikan tenaga banyak dalam satu sentakan.

Aki kering, didesign untuk memberikan arus yang tidak begitu besar, tapi steady dan dalam jangka waktu lama (sama seperti operasi UPS). Karena ini, plat di dalamnya lebih tebal dan kecil.

Kalo kamu menggunakan aki mobil, karena tidak didesign untuk deep-cycle operation kayak UPS, jadi cepat sekali rusaknya. Dan setiap kali dicharge pada waktu lewat dari 50% pemakaian, akan mengecilkan daya tampung listrik dalam aki tersebut. Ini makannya kebanyakan aki mobil cuman tahan 8 bulan, bahkan kurang kalo dalam deep cycle operation. Berbeda dengan aki kering yang pasti awet di atas 1 tahun, bahkan bisa sampai 2 tahun.

Untuk hal2 darurat sih boleh-boleh aja. Tapi kalo untuk hal yang semi permanent, mending beli aki kering aja. Mungkin harga lebih mahal, tapi karena lebih awet, jadi jatuhnya lebih murah.

terus terang juga bro mage.sy kurang setuju ama pendapat bro kalo accu basah cuma bertahan 8bulan..
sy make selama ini accu basah minim 2th.malah ada yg 3th.itupun masi dlm kondisi bagus.
kalo soal umur accu,sy pikir perawatannya yg bikin beda.hehehe
kaya kontak spull accunya oksidasi..kaya njamur2 gt,trus aer accu kering/kurang dlm jangka wkt lama.
trus dimano ampere juga diperhatikan...kalo briostel/arangnya udah abis..ya diganti..kalo ngga..gmn accunya keisi:D

sy ngga ngerti2 banget ttg gituan..yg sy tau beda accu kering ma basah cm di kepraktisan, kemasan dan biaya perawatan.laennya sm aja.

tp ngga tau yg bener yg mana..sy cuma tau dr pengalaman aja..maklum ngga jodoh ama sekolahan...hehehe:D

tangkas_baru
05-09-2006, 04:47
falsafah padi, makin berisi makin menunduk.
gaya penuturan kata yg saling menghormati menunjukan kwalitas dan kematangan jiwa.

ilmu pelita hati, pengalaman guru yg terbaik.
semua masukannya sangat berguna.

terima kasih atas semua masukannya.

salam,

tangkas_baru

DragonMage
05-09-2006, 10:39
terus terang juga bro mage.sy kurang setuju ama pendapat bro kalo accu basah cuma bertahan 8bulan..
sy make selama ini accu basah minim 2th.malah ada yg 3th.itupun masi dlm kondisi bagus.


Saya bilang 8 bulan dalam operasi deep cycle (alias menggunakan daya lebih dari 50% kapasitas dalam satu operasi). Kalo cuman dipake dikit lalu dicharge ulang, ini bisa awet. Apalagi kalo dipakenya jarang2 (alias listrik nggak pernah mati), akinya awet, elektroniknya malah yang rusak :)

Saya soalnya pernah cobain hal2 beginian dalam solar panel operation. Kalo siang, otomatis di charge, kalo malam, otomatis discharge (dipake buat nyalain beberapa lampu berjam2). Lalu diisi lagi besok siangnya, dan didischarge lagi besok malamnya. Sampai begitu berturut2. Dalam waktu kira2 setengah tahun, sudah harus ganti aki lagi karena biar dicharge sebagai mana lamapun, udah nggak bisa retain charge lagi. Baterenya rusak total.

Ini salah satu link yang bagus mengenai aki mobil dalam deep cycle operation

http://www.hot-pages.com/generetiquette/batteries.html


Why bother with a separate deep cycle battery? Your car comes equipped with both a charger and a battery. You could connect an inverter to the car's battery posts, and let the engine idle for a few hours per day to keep the battery charged. This is temptingly simple. It also has a huge drawback. Remember I recommended that you buy a deep cycle battery? It's different than a standard car battery. It doesn't mind if you run it completely empty over and over. A car battery minds a lot. It will die within a week with that kind of treatment, and you will have to get your car towed back to civilization at an astronomical cost. If you are willing to get a Voltmeter to monitor the Voltage of your car's battery, and recharge it whenever it gets below 12.5 Volts, you will be safe. But you won't get to use all of the battery's capacity that way. A typical car battery has a 60 Amp hour rating, and you need to recharge it when you've used 60% of its ultimate capacity. That means you only get 60 x 0.6 = 36 Amps of usable capacity, which is one third of the usable capacity of a deep cycle battery.

Artinya, aki mobil itu tidak suka dengan deep cycle operation, apalagi kalo didischarge sampai baterenya abis. Kalo dilakukan begitu, maka hanya dalam waktu 1 minggu akinya sudah tidak bisa dipake lagi. Aki kering itu nggak peduli kalo didischarge sampai segimanapun. Yang penting asal jangan sampai habis total (dibawah setengah dari maximum voltage). Ini sebabnya kenapa UPS menggunakan aki kering. Karena mereka tahu bahwa komputer makan listriknya gila2an, jadi nyalain komputer 5 menit aja (agar cukup buat ngesave-ngesave atau sampai genset nyala) bisa menghabiskan daya batere sampai lebih dari 50% sekali pake. UPS2 kecil (600 VA) paling cuman bisa nyalain komputer dan monitor 15" dalam waktu total 15 menit aja, itupun untuk UPS kelas kakap kayak APC atau ICA, bukan UPS abal2an kayak Kenika atau (ugh) Prolink.

Anyway, saya bertahan mengenai penggunaan aki mobil dalam UPS. Kalo dipake buat darurat agar siap2 listriknya mati (dan itu pun jarang matinya), ini sih boleh aja. Tapi kalo dipake untuk di tempat yang listriknya suka byar pet.. mending jangan deh.

Kuro
05-09-2006, 12:55
Om DragonMage..aq g ngerti dgn hitung2an angka diatas yg jelas.. aq pake UPS Prolink 600VA(klo g salah yg jelas seri paling muraaaaaaah ^^) truz aki UPS aq ganti dgn Aki Mobil(kering) merk Ro**t lupa berapa Ampere namun yg jelas.. ko' bisa lama bgt hidup ketika listrik padam, aq pake di PC kasir warnet.. dgn sistem P4 1,5Ghz, 1 Maxtor 20GB, 2 Optik Drive(dvd+cd rom).. + monitor 15" .. itu bisa bertahan 1,5 jam lebih.. dgn software seperti winamp, billing msh jln..
knp y? mohon penjelasan soalnya kemaren aki nya diganti temenku.. :D
tenkyu

becak_terbang
05-09-2006, 22:26
Saya bilang 8 bulan dalam operasi deep cycle (alias menggunakan daya lebih dari 50% kapasitas dalam satu operasi). Kalo cuman dipake dikit lalu dicharge ulang, ini bisa awet. Apalagi kalo dipakenya jarang2 (alias listrik nggak pernah mati), akinya awet, elektroniknya malah yang rusak :)

Saya soalnya pernah cobain hal2 beginian dalam solar panel operation. Kalo siang, otomatis di charge, kalo malam, otomatis discharge (dipake buat nyalain beberapa lampu berjam2). Lalu diisi lagi besok siangnya, dan didischarge lagi besok malamnya. Sampai begitu berturut2. Dalam waktu kira2 setengah tahun, sudah harus ganti aki lagi karena biar dicharge sebagai mana lamapun, udah nggak bisa retain charge lagi. Baterenya rusak total.

Ini salah satu link yang bagus mengenai aki mobil dalam deep cycle operation

http://www.hot-pages.com/generetiquette/batteries.html



Artinya, aki mobil itu tidak suka dengan deep cycle operation, apalagi kalo didischarge sampai baterenya abis. Kalo dilakukan begitu, maka hanya dalam waktu 1 minggu akinya sudah tidak bisa dipake lagi. Aki kering itu nggak peduli kalo didischarge sampai segimanapun. Yang penting asal jangan sampai habis total (dibawah setengah dari maximum voltage). Ini sebabnya kenapa UPS menggunakan aki kering. Karena mereka tahu bahwa komputer makan listriknya gila2an, jadi nyalain komputer 5 menit aja (agar cukup buat ngesave-ngesave atau sampai genset nyala) bisa menghabiskan daya batere sampai lebih dari 50% sekali pake. UPS2 kecil (600 VA) paling cuman bisa nyalain komputer dan monitor 15" dalam waktu total 15 menit aja, itupun untuk UPS kelas kakap kayak APC atau ICA, bukan UPS abal2an kayak Kenika atau (ugh) Prolink.

Anyway, saya bertahan mengenai penggunaan aki mobil dalam UPS. Kalo dipake buat darurat agar siap2 listriknya mati (dan itu pun jarang matinya), ini sih boleh aja. Tapi kalo dipake untuk di tempat yang listriknya suka byar pet.. mending jangan deh.

ternyata kita maennya beda bro..
situ elektro gt..sy mesin2..:p
pantesan ngga sama ama pengalaman kita..hehehe..:D

nambah ilmu deh...
thx!

DragonMage
05-09-2006, 22:56
Soalnya 600 VA itu khan kebanyakan diambil dari kapasitas akinya. Jadi kalo akinya diganti, yah kapasitasnya pasti beda dong.

Nah.. setelah saya melihat Prolink UPS saya yang rusak dan dibongkar, kapasitas baterenya cuman 7 Ampere-hour. Aki mobil paling kecil ada sudah 40 Ampere-hour, hampir 6 x lipatnya. Nah, kita bayangkan saja dengan batere 7 Ah, kamu bisa tahan 15 menit. Kalo dengan 40 Ah, kamu bisa tahan 40/7x15 = 85 menit, sudah lebih dari 1 jam. Ini dengan aki yang paling kecil. Kalo kamu naikin ke aki mobil rata2 yaitu 60 Ah, naikin aja 50% jadi 128 menit. Ini sudah lebih dari 2 jam. Kalo kamu pake aki truk yang bisa sampai 100 Ah lebih, well.. bayangin kapasitasnya. :)

tangkas_baru
07-09-2006, 07:54
rupanya blm ada yg pernah coba ups enlight 600va + accu ya?

ok, dari cth diatas jika batt 7 Ah di gti dg accu 40 Ah apakah:

1. dgn kapasitas yg jauh lebih besar itu, charger internal dari ups ckp aman/mampu mengisi batt secara optimal?

2. fitur cut-off ups masih berfungsi? (putus klo sdh penuh & putus klo beban lebih)

rupanya pertanyaan saya langsung dibahas sama pakar elektro & mesin sekaligus praktisi dlm hal ini :) . bagi rekan lain yg telah berhasil memodifikasi juga, mohon membagi pengalamannya disini. terima kasih banyak.



tangkas_baru

DragonMage
08-09-2006, 01:49
ok, dari cth diatas jika batt 7 Ah di gti dg accu 40 Ah apakah:

1. dgn kapasitas yg jauh lebih besar itu, charger internal dari ups ckp aman/mampu mengisi batt secara optimal?

2. fitur cut-off ups masih berfungsi? (putus klo sdh penuh & putus klo beban lebih)



1. Mestinya iya, kecuali kalo charger circuitnya jelek. Untuk ngisi aki, cuman dibutuhkan voltage kira2 14.5 Volt-an (14.1 sampai 14.8) dengan arus yang stabil. Sama aja kayak battery charger.

2. Soal cutoff, itu mah cuman fungsi voltage comparator aja. Untuk batere 12 V, Batere dianggap penuh kalo sudah masuk ke 13.5 Volt dan dianggap kosong kalo sudah mencapai 11.5 Volt. Seperti di atas, ini sih tergantung dari circuitnya bagus atau tidak.

xixu4u
29-09-2006, 11:34
Waduh muanteb banget nih
MOD UPS pake accu mobil, bisa gue terapin di comp gue
THX banget

BTW kalo gue pake accu mobi yg udah bekas gimana yah
bekas yg di mobil udah drop, apa masih bisa di gunakan??

momokeke
29-09-2006, 14:18
1. Mestinya iya, kecuali kalo charger circuitnya jelek. Untuk ngisi aki, cuman dibutuhkan voltage kira2 14.5 Volt-an (14.1 sampai 14.8) dengan arus yang stabil. Sama aja kayak battery charger.



Charger ups dengan kapasitas battery 7ah TIDAK OPTIMAL digunakan untuk Sebagai charger battery dengan kapasitas yang jauh lebih besar(40 ah)....bahkan ada kemungkinan tidak dapat digunakan sama sekali untuk mencharge....

Setiap Battery dalam masa hidupnya akan mengalami self discharge setiap saat (sekalipun tidak digunakan sama sekali )...
Ini mengapa alasannya battery diajurkan dicharge ulang setelah beberapa lama tidak digunakan(sekalipun kondisi terakhir full)...


Self dicharge current ini berkisar antara 0.01-0.05 tergantung dari spesificikasi battery itu masing2x..

Dalam kasus penggunaan charger 7ah untuk 40 ah battery, kemungkinan besar self discharge ini setara dengan arus charge yang diberikan charger...sehingga charger hanya mampu menutupi self discharge dan hanya memberikan sedikit arus atau bahkan tidak sama sekali untuk mengisi battery


UPS dengan battery 7ah diperkirakan dapat mencharge penuh dalam 8 jam....

Perhitungan kasar arus charger (Charging) current = 7 / 8 = 0.875 A


Jika digunakan untuk men-charge 40 ah battery,
maka kasarnya minimum waktu yang dibutuhkan adalah 40/ 0.875 = ~45 jam minimum.

Ditambah lagi dengan self discharge dari battery itu sendiri yang berkisar antara 0.01- 0.05 dari kapasitas battery , sehingga charger hanya sanggup menutupi self discharge battery itu sendiri tanpa mengisi battery itu.

dengan kata lain charger tidak memadai untuk melakukan charging...






[quote=DragonMage;561881]1. Mestinya iya, kecuali kalo charger circuitnya jelek. Untuk ngisi aki, cuman dibutuhkan voltage kira2 14.5 Volt-an (14.1 sampai 14.8) dengan arus yang stabil. Sama aja kayak battery charger.

Singkat kata, kapasitas charger ups itu terbatas sesuai dengan spesifikasi dayanya masing2x....jadi charger ups TIDAK dapat digunakan untuk sebagai charger untuk kapasitas battery yang lebih besar..
dalam hal ini external charger dibutuhkan...

dewanggaba
29-09-2006, 14:24
beresiko banget bro, coz PSU komp itu kan AC >> DC. Lha kalo aki mobil??masa DC >> DC???

DragonMage
30-09-2006, 02:07
@momokeke
Well, sebenarnya sih tergantung dari UPSnya juga. Kalo UPSnya model kayak APC gitu yang chargingnya lumayan cepat, masukin 80ah juga nggak apa2, walaupun masih agak rada lama buat ngechargenya.

Anyway, masih ada lagi kendala buat pake chargernya UPS buat charging batere gede. Saya diberitahu oleh seorang insinyur bahwa sebenarnya UPS charger circuit itu ada timernya. Untuk yang 600 VA, cutoff timenya kira2 5 jam. Ini digunakan untuk mencegah overcharging. Jadi kalo dipake untuk charge aki yang lebih besar, biarpun dijalanin sampai seharian sekalipun, tetap setelah 5 jam dia nggak bakal charge lagi. Dia harus bypass timer itu agar dia bisa ngecharge aki yang lebih besar kapasitasnya itu.

Jadi kayaknya untuk pake circuit charger UPS buat masukin ke aki yang kapasitasnya besar terlalu banyak kendalanya. Mending kita bikin circuit sendiri.

@dewanggaba
Lah.. khan di UPS itu ada circuit inverter. Jadi aki mobil, walaupun DC, dirubah ke AC (220V 60Hz di Indonesia). Habis itu baru masuk ke PSU.

kelelepdiairsusu
30-09-2006, 12:24
@momokeke
Well, sebenarnya sih tergantung dari UPSnya juga. Kalo UPSnya model kayak APC gitu yang chargingnya lumayan cepat, masukin 80ah juga nggak apa2, walaupun masih agak rada lama buat ngechargenya.

Anyway, masih ada lagi kendala buat pake chargernya UPS buat charging batere gede. Saya diberitahu oleh seorang insinyur bahwa sebenarnya UPS charger circuit itu ada timernya. Untuk yang 600 VA, cutoff timenya kira2 5 jam. Ini digunakan untuk mencegah overcharging. Jadi kalo dipake untuk charge aki yang lebih besar, biarpun dijalanin sampai seharian sekalipun, tetap setelah 5 jam dia nggak bakal charge lagi. Dia harus bypass timer itu agar dia bisa ngecharge aki yang lebih besar kapasitasnya itu.

Jadi kayaknya untuk pake circuit charger UPS buat masukin ke aki yang kapasitasnya besar terlalu banyak kendalanya. Mending kita bikin circuit sendiri.

@dewanggaba
Lah.. khan di UPS itu ada circuit inverter. Jadi aki mobil, walaupun DC, dirubah ke AC (220V 60Hz di Indonesia). Habis itu baru masuk ke PSU.
SOOT
Bro DragonMage,
bukannya listrik dr PLN itu 50Hz?

dewanggaba
30-09-2006, 12:45
@momokeke
Well, sebenarnya sih tergantung dari UPSnya juga. Kalo UPSnya model kayak APC gitu yang chargingnya lumayan cepat, masukin 80ah juga nggak apa2, walaupun masih agak rada lama buat ngechargenya.

Anyway, masih ada lagi kendala buat pake chargernya UPS buat charging batere gede. Saya diberitahu oleh seorang insinyur bahwa sebenarnya UPS charger circuit itu ada timernya. Untuk yang 600 VA, cutoff timenya kira2 5 jam. Ini digunakan untuk mencegah overcharging. Jadi kalo dipake untuk charge aki yang lebih besar, biarpun dijalanin sampai seharian sekalipun, tetap setelah 5 jam dia nggak bakal charge lagi. Dia harus bypass timer itu agar dia bisa ngecharge aki yang lebih besar kapasitasnya itu.

Jadi kayaknya untuk pake circuit charger UPS buat masukin ke aki yang kapasitasnya besar terlalu banyak kendalanya. Mending kita bikin circuit sendiri.

@dewanggaba
Lah.. khan di UPS itu ada circuit inverter. Jadi aki mobil, walaupun DC, dirubah ke AC (220V 60Hz di Indonesia). Habis itu baru masuk ke PSU.
ow gitu ya...tapi apa ga dua kali perawatan??ada aki dan UPS..

DragonMage
30-09-2006, 18:22
@kelelepdiairsusu

Oops.. sori, yah kamu benar. Listrik di Indo itu 50Hz. Pikirnya di Amerika melulu di mana listriknya 60 Hz.

@dewanggaba
Ngapain dua kali perawatan? Khan batere aslinya dari UPS itu dicabut dan diganti dengan aki mobil. Jadi kita cuman nebeng circuitnya doang.

dewanggaba
30-09-2006, 18:38
Ngapain dua kali perawatan? Khan batere aslinya dari UPS itu dicabut dan diganti dengan aki mobil. Jadi kita cuman nebeng circuitnya doang.ow, jadi yang diganti itu cuman batere ups itu doank. ic..ic..trus untuk aki yang kita gunakan itu ukurannya terserah apa ada batasannya??apa kalo aku pake yang besar sekaligus itu circuitnya mampu untuk nahan aki sebesar itu?

momokeke
01-10-2006, 15:05
Kapasistas charging dari ups itu TERBATAS dari kapasitas UPS itu sendiri!
tidak tergantung merek...

jika membutuhkan beberapa hari untuk mencharge penuh battery, sama aja charger tidak efektif untuk digunakan...atau dengan kata lain tidak bisa digunakan..

apalagi yang 80 ah...itu sudha jelas tidak bisa menggunakan charger ups 600 va...hitungan kasar saja . tanpa memperhitungkan self discharge, butuh waktu 80 jam....

selain gangguan ripple effect dari charger sendiri, jika ups oleh sebab2x tertentu bypass menggunakan battery yang masih kosong, dengan cepat akan merusak battery itu sendiri...bukan hanya waktu listrik mati..bahkan jika fluktuasi voltase terlalu tinggipun akan bypass ke battery..



timer itu sendiri tergantung dari implementasi battery charging circuit yang tergantung dari merk masing2x UPS....untuk ups yang baik, maka ada battery management yang dapat mengatur current charging agar tidak terjadi over charge..-> karena dapat merusak battery. implementasi dan settingan ini sendiri tergantung ups masing2x...

ada tidaknya battery management ini juga yang biasanya membedakan ups murah dan ups mahal...




@momokeke
Well, sebenarnya sih tergantung dari UPSnya juga. Kalo UPSnya model kayak APC gitu yang chargingnya lumayan cepat, masukin 80ah juga nggak apa2, walaupun masih agak rada lama buat ngechargenya.

Anyway, masih ada lagi kendala buat pake chargernya UPS buat charging batere gede. Saya diberitahu oleh seorang insinyur bahwa sebenarnya UPS charger circuit itu ada timernya. Untuk yang 600 VA, cutoff timenya kira2 5 jam. Ini digunakan untuk mencegah overcharging. Jadi kalo dipake untuk charge aki yang lebih besar, biarpun dijalanin sampai seharian sekalipun, tetap setelah 5 jam dia nggak bakal charge lagi. Dia harus bypass timer itu agar dia bisa ngecharge aki yang lebih besar kapasitasnya itu.

Jadi kayaknya untuk pake circuit charger UPS buat masukin ke aki yang kapasitasnya besar terlalu banyak kendalanya. Mending kita bikin circuit sendiri.

@dewanggaba
Lah.. khan di UPS itu ada circuit inverter. Jadi aki mobil, walaupun DC, dirubah ke AC (220V 60Hz di Indonesia). Habis itu baru masuk ke PSU.

momokeke
01-10-2006, 15:13
jika ingin menggunakan battery dengan kapasitas yang lebih besar , sangat dianjurkan untuk menggunakan external charger...

sedikit tambahan informasi....Untuk UPS jenis OFFLINE / LINE INTERactive, inverter untuk ups jenis ini tidak didesign untuk digunakan secara terus menerus...seperti yang kita tahu, inverter ups offline hanya digunakan sewaktu ups digunakan untuk backup...
jadi spesifikasi design yang digunakan adalah untuk penggunaan sesuai kapasitas battery yang didalam ups...
jadi masalah overheating dan inverter failure karena penggunaan yang terlalu lama akan sangat mungkin terjadi...apalagi untuk ups offline biasanya ini tidak ada fan


UPS online lebih dianjurkan jika memang ingin memodifikasi ups dengan kapasitas batter yang diperbesar....Dengan catatan tetap menambahkan external battery charger...



ow, jadi yang diganti itu cuman batere ups itu doank. ic..ic..trus untuk aki yang kita gunakan itu ukurannya terserah apa ada batasannya??apa kalo aku pake yang besar sekaligus itu circuitnya mampu untuk nahan aki sebesar itu?

ponywaterhousecoopers
05-09-2007, 20:56
SOOT,
topik lama..

kira2 ada yg mau lanjutin diskusi tentang ini ga?
lagi butuh info tentang UPS dengan eksternal batere..

tangkas_baru
06-09-2007, 04:56
old topic :)

pk momokeke,

saya awam di elektronik hal spt ini. bisa minta tolong gbrkan diagram ups, accu & charger externalnya?
yg saya punya saat ini ups enlight 600va, acccu 40ah dan sebuah charger accu standar. trims.

tangkas_baru

tam2
06-09-2007, 05:57
old topic http://forum.chip.co.id/../images/smilies/smile.gif

pk momokeke,

saya awam di elektronik hal spt ini. bisa minta tolong gbrkan diagram ups, accu & charger externalnya?
yg saya punya saat ini ups enlight 600va, acccu 40ah dan sebuah charger accu standar. trims.

tangkas_baru
Ya dari penjelasan yg laen diatas mending pake charger sendiri terpisah gitu (yg sesuai ama kapasitas accu mobilnya tentunya), cuman kudu ada proteksi biar ngga overcharging aja

-tam2-