PDA

View Full Version : Bios Tidak Tampil



ropian
07-11-2006, 06:42
Hai Guys,
Saya punya kesulitan nich. Komputer saya rada rewel, kapan hari pernah dipakai oleh adik saya. Setelah dimatikan dan mau dihidupkan kembali tiba-2 komputer saya ngadat powernya hidup tapi tampilan biosnya tidak keluar.
Dari monitornya sendiri sich tidak ada problem. Gimana yah cara mengatasinya ? dan jika biosnya rusak bagaimana cara memperbaikinya ? jika harus di upgrade gimana solusinya ? makasih atas bantuannya.

Salam


Adhi W

s1nch4n
07-11-2006, 07:23
Coba direset dulu CMOS / BIOS nya... :)

Zlip2x
08-11-2006, 08:12
sistemnya apa bro ? tulung di cantumkan ?
kemungkinan bios korup !
di monitor ada tulisan minta start up disk gak?

edday
08-11-2006, 10:27
Coba bersih RAMnya soalnya kemaren pelanggan gw juga gak bisa tampil bios tapi CPU hidup. Habis dibersih2 RAM udah bisa jalan normal lg.

anas f
08-11-2006, 10:35
Supaya lebih nyaman(tp agak repot),lepasin mobo dari case.N u copot proc,vga,memory,soundcard pci dari mobo.Habis itu lu bersihin tuh mobo(slot dimm,slot AGP/pci-x.slot pci.)pake kuas ato u semprot pake degreaser cleaner biar debu yg nempel pada ilang.Habis itu u diemin 1-5 menit.pasang smua komponen pada mobo tp jgn pasang dlu ke case.tetep dipasang di luar case.Lebih baik lagi kalo u punya temen yg bisa loe pinjam proc,memory boar,vga,psu yg sesuai ama kompi u:D ,biar ngeceknya lebih akurat.Smoga bisa membantu

gigabites
08-11-2006, 10:39
ada bunyi2an gak? bisa jadi kesalahan ada di memory, cpu, ato vga yang masuknya gak pas...
kalo ga ada suara tuut tuut gitu, mungkin pasang speaker internalnya ga bener...

dreamaker
08-11-2006, 13:12
Caranya pak anas, bisa juga dipake. Tapi apa engga terlalu repot :D
Coba aja dulu reset BIOS & dengerin ada pesen error apaan... Biasanya ketauan dari kode suara-nya, apa VGA atau RAM-nya yg bermasalah. Atau cukup cabut VGA/RAM, entar dipasangin lagi-coba pindah slot RAM-nya.

anas f
08-11-2006, 13:49
Caranya pak anas, bisa juga dipake. Tapi apa engga terlalu repot :D
Coba aja dulu reset BIOS & dengerin ada pesen error apaan... Biasanya ketauan dari kode suara-nya, apa VGA atau RAM-nya yg bermasalah. Atau cukup cabut VGA/RAM, entar dipasangin lagi-coba pindah slot RAM-nya.

Berdasarkan pengalaman pribadi Pak:D :D ,kadang kompi br bsa jalan stlh dikeluarkan dari casing. Kayak di ritual dlu ya:D :D :D

coyle_Gyver
09-11-2006, 18:16
Hai Guys,
Saya punya kesulitan nich. Komputer saya rada rewel, kapan hari pernah dipakai oleh adik saya. Setelah dimatikan dan mau dihidupkan kembali tiba-2 komputer saya ngadat powernya hidup tapi tampilan biosnya tidak keluar.
Dari monitornya sendiri sich tidak ada problem. Gimana yah cara mengatasinya ? dan jika biosnya rusak bagaimana cara memperbaikinya ? jika harus di upgrade gimana solusinya ? makasih atas bantuannya.

Salam


Adhi W

Maksutnya tampilan BIOS apa sih??
Ga kluar gambar apa2 di display ato ga bs masuk BIOS? :-/

AnaMan
09-11-2006, 20:43
mane ni orangnya, ud bener kale....
jadi lupa de.....

dreamaker
10-11-2006, 09:06
@ coyle_Gyver
Maksudnya, pada saat PC dinyalakan pertamakali, PC otomatis melakukan post - mencek BIOS dan informasi yang diperoleh tersebut ditampilkan dilayar monitor. Jadi kalau pada saat PC dinyalakan tidak ada tampilan apa-apa di monitor, banyak faktor sebagai penyebabnya... Misalnya, ada masalah dengan MoBo-nya (BIOS).

diditdwi
10-11-2006, 15:56
OM!!! masalahnya sama bgt ama gwa...gwa bangGet deh!!
sama juga masi blon kelar masalahnye....

awalnya sih gw cabut processor, tdinya mo masang pengukur suhu..(tapi berubah pikiran)..tapi pas dipasang lagi eeeehhh...malah gak nyala...gak masup BIOS!! gak ada bunyi buzzer..

smua cara udh dcoba, mulai dr ganti PSU, RAM, ama nambah pasta processor..
sampai cara "ritual" pun udah dcoba:D tetep aja gak bisa...cuman kipas aja yang muter!!:confused:

om om disini ada solusinya gak??

:goteam:

omi
10-11-2006, 23:47
wah kl BIOS-nya ga tampil berarti komputer-nya ga idup donk?
yup gw juga ikut2an bingung maksudnya ga isa masup BIOS atau hasil POST dari BIOS ga tampil saat komputer pertama kali dihidupkan?
kl utk ini biasanya;
1. proses POST ditutup dengan logo produsen motherboard
2. proses-nya sangat cepat sehingga nyaris ga liat lagi hasil POST :D

@rt_ic
11-11-2006, 00:36
gw setuju ama bro dreamaker
kalo emang kendalanya waktu dhidupin cuman black screen(layar item) bgini caranya :
1. matikan komputer
2. reset bios (pindah jumper bios ke mode reset atau pake cara lain yaitu dg cara melepas baterai bios)
3. tunggu beberapa menit, ga usah lama2, 1-2 menit cukup:D
4. kembalikan jumper bios ato baterai yg dah dilepas
5. hidupkan komputer
6. kalo ada bunyi tiiit lama, kemungkinan VGA ato Memori yg kurang terinstalasi dg baik
7. lepas VGA ato memori, bersihkan slot dan item(VGA/memori) yg dilepas dg kuas ato dg yg lain jg gpp
8. pasang kembali (memori/VGA)
9. kalo masih ga mo hidup, kemungkinan pada VGA yg emang dah rusak..coba dg VGA lainya..
10. kalo masih ga mo hidup kmungkinan lain adalah PSU tidak cukup daya untuk mensupply seluruh daya yg dibutuhkan oleh kompie...
11. oiya, gw inget punya temen gw dulu jg pernah gitu, coba cek kapasitor mobo, dah pada melembung semua belum?? soalnya pas waktu itu punya temen gw dah pada melembung semua.. setelah diganti mobo, semua berjalan dg lancar :D:D:D

semoga bisa membantu, kalo ada yg salah dg tulisan gw diatas tolong dikoreksi, tapi tolong jgn dicaci yak :D:):D:) thanks:)

hate
11-11-2006, 04:20
di vacuum dulu tuh mobonya !:confused:

captain_bkx
11-11-2006, 07:40
@ @rt_ic
"setelah diganti mobo, semua berjalan dg lancar"

kalo diganti mobo mah.... ya pasti bisa mas....

diditdwi
14-11-2006, 10:54
kalo processornya yang rusak ada kemungkinan gak Om...soalnya komp gw bermasalah tuh gara2 gwa bongkarpasang processor..(pas pertama kejadian gak nyala itu gwa pegang heatsink processor terasa panas sekali)

emang tanda2 klo processornya rusak apa ya om??

makasi ya bwat smoanyah...bales lagi donk om-om yang baik hati...:o:o

anas f
14-11-2006, 12:13
Coba proc. u pasang di mobo lain(mobo yg jelas2x gak error) spy tau proc u error apa gak.Seandainya bisa hidup, mungkin proc. u gak ada masalah. kalo pingin yakin test jga pake prime95 sampe 3jam-an lha.Smoga bisa membantu

diditdwi
14-11-2006, 16:58
makasih ye...saran2nya, tar deh gwa ca ri dolo temen yanh mobonya sama (soketnya)....

sementara gwa nangis dolo drumah sendirian...sambil nonton bioskop transtv.

bedulz
14-11-2006, 19:41
wah sama kaya punya temen euy!
saya udah coba cabutin semuanya yang ada di mobo kecuali processor, trus dinyalain tapi tetep ga ada bunyi 'buzzer', kalo gini kira2 yang rusak apanya yah?
jadi bingung soalnya ga ada processor lain buat nyari masalahnya apa ada di mobo ato di processornya....
helpness.....:(

ara
15-11-2006, 10:19
Wah...masalah ini adalah masalah yang paling menakutkan dan misterius bagi gue:D ......Sudah terjadi 2 kali:mad: tanpa solusi....

KEMARIN baru aja kejadian....SEMALEM sebelumnya itu compie stabil2 aja. mau tidur gue matiin...pagi-paginya, kebetulan bukan gue yang idupin...tiada tanda-tanda kehidupan..ciri cirinya sbb :

Saat tombol power di pencet...kipas hanya tersentak dikiiittt, terus mati
Power Led menyala......
Tidak ada alarm....
tidak ada tampilan apapun di monitor(monitor kedap-kedip powernya yang menandakan tidak ada informasi/tampilan yang masuk)Gue curiga power tidak kuat(masa' sihh wong PSU gue Enlight yang josss banget), maka dilakukan tindakan2 berikut :

Copot salah satu hardisk dan beberapa kipas...hasil nihil
Copot VGA.....hasil nihil
Copot semua HDD dan CD ROM tinggal mobo + Proccesor+Memory...hasil nihil
Ganti PSU sama yang anyar......(gue punya yang belom dirakit)....hasil nihil
Copot semua yang terhubung...hasil nihil....
Copot memory(gue berharap alarm bunyi)...hasil nihil
Clear Bios dengan memindahkan Jumper...hasil nihil.....
Ganti semuanya (mobo + Procesor+memory kecuali HDD & CDROM)..........YA PASTI JALAN LAH inikan jadi kompie baru:D ...........Masalahnya gue enggak punya system yang sama... system yang bermasalah adalah platform baru...LGA775/DDR2/PCI-E
Sedangkan System yang satunya lagi SoketK7/DDR1/AGP
Jadi enggak bisa saling tukar untuk testing...:( ...

Berhubung masih garansi maka akan gue kirim ke vendornya....tapi itu dia...kalo diservice gitu kita enggak tau masahnya ada dimana.....Kejadian seperti ini udah 2x terjadi pertama pada AMD SoketK7 gue(yang sekarang udah ganti mobo itu...),HDD nya rusak mainboarnya. Sedangkan yang Kedua ke Pentium D820 gue....

Anehnya kejadian yang kedua terjadi setelah gue merecovery data-data di HDD gue yang rusak(kejadian pertama)......, gue cuma merecoverynya dan memindahkan ke HDD baru jadi HDD yang rusak itu tidak dipakai lagi.....Apakah ini ULAH virus yang merusak BIOS/harware/firmware.? Antivius gue selalu ter-update DAT nya setiap minggu lhoo.

siklus kejadiannya(ciri-ciri kerusakan sama) :

Kompie 1 trouble, HDD1 rusak berbarengan.....lalu diservice mobonya,HDDnya belom diservice karena enggak punya duit buat biaya recovery data:o
Kompie 1 berjalan normal, pake HDD baru(selanjutnya disebut HDD2):).......
HDD1 yang rusak, gue service dan recovery data(habis 650rb:( )...
Kompie 1 Dengan HDD2 + HDD1 berjalan normal...tapiii hanya berjalan beberapa hari....kondidi kembali ke point 1, gue simpulkan HDD1 konslet(karena saat gue hubungkan dengan adaptor HDD enclosure, maka adaptor itu langsung terbakar dan rusak). HDD1 gue pensiunkan lagi.
Gue bangun Kompie 2 dengan HDD3-Sata...bagus dong semuanya baru.
Gue beli HDD4 yang identik dengan HDD1, lalu gue copot mainboarnya(hilang sudah garansinya:D ), kue pasang ke HDD1 , berjalan normal dengan Kompie 3 (kompie jadul pentium 3) sebagai slave, gue pake kompie ini supaya kalo ada apa2 enggak terlalu besar kerugiannya. Lalu gue Copy data-data yang ada di HDD1 yang terpasang di compie3 melalui Network ke Kompie 2.HDD3, hahahha gue pikir aman nihhhh, karena kompie 2 enggak terhubung langsung ke HDD1. Beresss data terecovery lagi tanpa biaya berarti sudah tersimpan di HDD3. HDD1 pun gue pensiunkan.....gue kapok pake lagi.
Tapi kejadian terjadi lagi seperti Point 1 tetapi terjadi di kompi 2, dan gue enggak tau apa HDD3 nya rusak(enggak punya testing bed, karena yang ini SATA).Mungkinkah ini virus yang menyerang BIOS/FIRMWARE ?

Help me....