PDA

View Full Version : penyebab suhu processor amd panas



ehenyasha
18-01-2007, 10:30
sebagian teman teman di forum pasti percaya kan kalau suhu processor amd bisa mencapai 33 derajat celcius saja. tapi ada juga yang sampai ke 45 bahkan 60 lebih. dugaan saya sih masalah ada di heatsink. processor yang dingin umumnya disertai pendingin yang penguncinya tidak terlalu kuat, sehingga permukaan processor dan heatsink benar benar merekat seluruhnya dengan sempurna. sedangkan processor yang melebihi 45 derajat biasanya disertai heatsink yang penguncinya sangat kuat. bila dibuka lagi, biasanya ada bekas terkikis pada heatsink. bekas ini jelas cocok dengan bekas tepian processor yang memang bagian sudutnya lebih kuat, bagian tengah yang lemah akan membentuk cekungan. bagian tengah yang tidak kena inilah yang menyebabkan suhu processor amd lebih tinggi dari seharusnya. kemarin ada teman saya yang membawa sistemnya. masalah inilah yang terjadi. untuk mengatasi masalah ini, sementara saya kasih thermal paste yang banyak. ada yang bisa ngasih solusi jangka panjang?

ZEXELGRIFONE
18-01-2007, 10:37
Ada gambarnya bro?

Biar lebih jelas gitu.. :)

ehenyasha
18-01-2007, 10:43
sorry nggak ada gambar. nggak punya kamera sih. gambar heatsink yang terkikis kan maksudnya. coba bayangkan saja sendiri. sekali lagi maaf kalau datanya nggak lengkap.

bonk
18-01-2007, 10:56
hmm.... kalo di atasin pake thermalpad kayak bawaan asli nya AMD dan INTEL gimana? Khan cukup tebal dan liat? mayan untung menambal daerah2 yg "terkikis" itu?

kalo thermal paste..... gw rasa ketipisan... jadi gak efektif utk menambal area tsb.

btw, ada yg tahu info dimana bisa beli thermalpad kayak yg dipakai AMD or INTEL gak yah?

ehenyasha
18-01-2007, 11:15
thermal paste bawaan heatsink asli memang tebal dan liat. masalahnya, majalah chip kalau ngasih tips merakit selalu menganjurkan penggunaan thermal paste sedikit mungkin. untuk kasus seperti ini, tehnik dari chip jelas tidak tepat kan? tapi masalah thermal paste yang terlalu banyak pasti akan muncul ( akan menjadi penghambat panas kalau terlalu banyak ). saya punya yang mirip dengan bawaan heatsink standar, harganya 10ribu-an. teman saya yang di surabaya yang membelikan.

overextreem_2005
18-01-2007, 11:52
coba di lapping dulu heatsinknya.. sedikit aja... biar ga ada permukaan yg ga rata... udah gitu lapisin lagi thermal paste...

ehenyasha
18-01-2007, 13:02
maksudnya apa bro dilapping apa bro

markosprawira
18-01-2007, 13:06
baru denger ada heatsink yang terkikis....

dari harganya 10 rb aja, gw duga itu ga mungkin hsf standar AMD.... dari jaman soket A aja, udah pake coolermaster DP5 yang harganya waktu itu sekitar 60 rb.....

yang buat amd64, hsf standar sekitar 50 - 70 rb....

silahkan cek deh.......

markosprawira
18-01-2007, 13:08
lapping itu amplas..... kalo permukaan yang ga halus, diamplas biar jadi rata....

ciutbagong
18-01-2007, 13:08
maksudnya apa bro dilapping apa bro
di lapping itu maksudnya diamplas, mulai dari amplas yg agak kasar sampai amplas yg paling halus, biar permukaan hsf rata :D

Sheamus14
18-01-2007, 13:13
kalo gua sih ndak gua apa-apain tuh prosesor, gua pake WINCHESTER s939 3000+ @1,8GHZ, beri pastanya jangan terlalu tamak, yang sedeng-sedeng aja. prosesor gua suhunya mentox 29c
file:///I:/Documents/My%20Pictures/capture.jpgfile:///I:/Documents/My%20Pictures/capture.jpg

Magician
18-01-2007, 14:14
HSF standard AMD 10 rebu? WAAAUUUUUU!!! Gue beli 10 biji kalo bener 10 rebu... Kalau serius, PM gue alamatnya.. gimana? BTW, gue minta HSF original AMD lho ya.... Bentuknya kayak gini:
http://img262.imageshack.us/img262/8715/photo0001rs7.jpg (http://imageshack.us)

xixu4u
18-01-2007, 14:33
tips untuk memakai pasta se tipis mungkin ada benarnya juga, itu hanya untuk menutupi bagian yg tidak rata, supaya tidak terjadi udara panas di rongga walaupun kecil, dan walaupun itu termalpaste untuk menhantarkan panas, tapi kalo ketebalan juga akan menghambat, kalo bisa setipis mungkin deh, hanya untuk meratakan, menutupi rongga antara processor dan hsf aja kok,

kalo ketebalan malah transfer panas jadi tidak optimal,

Bukankah begituu,,,,,,,..... kalo ada salah tolong koreksi dah,
:))

peace_cank
18-01-2007, 14:48
sementara saya kasih thermal paste yang banyak. ada yang bisa ngasih solusi jangka panjang?

thermal paste yg d pake apa'an neh bos, coba kasih yg punya TT AS5, harga krg lbh Rp. 100,000... tp kasih pastanya jgn banyak, kalo bisa, setipis mungkin....
pny ade gw klip pengunci HSF'na kuat banget , koq malah 28 aja idle'na... ooooiya, proc yg d pake apa neh bos :D

ehenyasha
18-01-2007, 17:55
bukan heatsink nya yang 10ribu, thermal paste nya. amplas sudah pasti, tapi hasilnya nihil. motherboard teman saya abit yang chipsetnya ati 3200 crossfire, nggak ingat namanya. kalau rata mungkin malah tidak membantu, bagaimana kalau dibuat cembung saja, yang melengkung kan bagian tengahnya. atau plat besi penutup core saja yang dibuka, ada yang bisa ngasih tutorialnya?

sore ini barusan ngerakit pc pake tforce + sempron 3000 am2 + heatsink yang penguncinya tidak terlalu kuat. hasilnya memang bisa ditebak, suhu maksimum cuma 37 derajat.


oot: ulun gin urang banjar, wadah ulun di reaktor. belakang gedung wanita. mun bejalanan tahu ja to. singgah lah mun lewat

heatsink yang sangat keras tekanan penguncinya yang ada batangan plastik hitam dibawah besi penguncinya. kalau ada lagi teman yang dapat heatsink standar seperti ini, akan saya suruh beli alpin.

m_ilhami
18-01-2007, 19:06
sore ini barusan ngerakit pc pake tforce + sempron 3000 am2 + heatsink yang penguncinya tidak terlalu kuat. hasilnya memang bisa ditebak, suhu maksimum cuma 37 derajat.

panas kan banyak faktor bro.
1. Clocknya dibawah 2Ghz, mestinya adem ayem aja.
2. TDP nya berapa? kalo 35 watt dijamin adem
3. Kipas muter normal nggak?

Kalo nguncinya terlalu kuat trus jadi panas, mungkin karena thermal pastenya bubar jalan :D.

Tjhoox3
18-01-2007, 19:23
cara lapping gimana sih???...masak diamplas biasa gitu aja(kyk ngamplas tembok gitu??:confused: )...atau diukur juga sampai ketebalan tertentu gitu???

terus buat tahu permukaan HSF'nya udah halus atau belum gimana cara'nya??..perasaan kl dilihat biasa aja udah halus deh...cm ada tulisan thermaltake buat yang pake TT.......:confused:

ehenyasha
18-01-2007, 20:08
masalahnya kan processor yang melengkung, sedangkan heatsink lurus. sehingga processor dengan heatsink tidak menempel sempurna. yang punya solusi untuk masalah ini selain memberi thermal paste yang banyak ada?
solusi yang terlintas:
1. menyamakan permukaan heatsink dan processor dengan membuat cembung heatsink.
2. membongkar plat pelindung core processor.
ada yang bisa menunjukkan cara caranya untuk solusi 2?

benar, amplas saja pake amplas paling halus (benar benar halus) kalau memang sudah bening jangan diamplas. pengamplasan hanya diperlukan jika heatsink sudah terlalu kotor, banyak sisa thermal paste yang bila dibiarkan akan menjadi penghambat panas. selamat mencoba

freakzy
18-01-2007, 21:13
Gw juga ngerasa kok HSF bawaan AMD sebelum cutprizing (karena C2D) pemasangannya lebih mudah (dengan 2 pengunci seperti socket 478) sedang sekarang pengunci cuman 1 dan untuk mengaitkan pengait HSFnya pun rasanya sulit sekali, ada jawabannya??? Atau karena harga lebih murah jadi HSF dikorbankan??

zoomxtraz
18-01-2007, 23:26
nimbrung ah...
hmm nasibnya sama kaya venice 3500 gue nih(kondisi oc dikit).
pertama make hsf std full load <52c
pake hsf scyhte full load <43c
skrg balik ke hsf std full load tembus 65c....:0
sampai auto shutdown..:(

pertama kayanya pastanya(coolermaster) ketebelan,so gue tipisin n suhu emang turun jadi <53c.tapi sekarang balik panas lg,tau deh apanya lg..tar gue mo coba lapping lah,sama cek ulang dudukan di mobo.

SuryaPro
18-01-2007, 23:41
wele winchester cuman 27 derajat
berarti orleans gue ini kaco dong

Sensor Properties:
Sensor Type ITE IT8716F (ISA 290h)
Chassis Intrusion Detected Yes

Temperatures:
Motherboard 43 C (109 F)
CPU 30 C (86 F)
CPU Diode 40 C (104 F)
Aux 43 C (109 F)
WDC WD3200KS-00PFB0 36 C (97 F)

Cooling Fans:
CPU 1709 RPM

Voltage Values:
CPU Core 1.38 V
+2.5 V 1.86 V
+3.3 V 3.30 V
+5 V 5.00 V
+12 V 12.03 V
+5 V Standby 5.00 V
VBAT Battery 3.10 V

laporan dari everest

http://img264.imageshack.us/img264/9392/clip21uj8.jpg (https://addons.mozilla.org/firefox/1174)
laporan dari speedfan

peace_cank
19-01-2007, 02:19
bukan heatsink nya yang 10ribu, thermal paste nya weks :eek:...... koq pake yg 10 rebu'an bos, itu kan kaya balsem warna putih ya :p... pake yg bagusan dwonk... AS5

dicky_a
19-01-2007, 05:10
Kayanya di wa gak terlalu ngefek........
Pake 2 biji TT Btyphoon buat di OPTY + X2-3800 di baut ampe kuat banget ama g, sampe besinya melengkung. Pake AS5 Suhu cuma 27C di X2-3800@2,61Ghz di Opty @2,9 suhu cuma 38C
Yg nagaco apanya?? Dibios sama SmartG & Speed Fan sama semua, paling banyak selisih 1c doang.

Bang Rossi
19-01-2007, 09:04
Yang melengkung itu kan IHS dari proc nya. Saran saya, kalo proc nya udah ga garansi, leih baik dilepas aja IHS nya.

BTW, kayanya ngamplas HSF sesuai dg permukaan proc yang melengkung itu mustahil deh..

gigabites
19-01-2007, 09:30
@TS: Bro... emangnya ini hanya terjadi di AMD doang? Emangnya di Intel nggak kaya gini? Bukannya dua2nya sama2 pake IHS?
Btw... Ini kita ngomongin processor apaan sih? jangan digeneralisasi gitu donk... penampakan processor soket A sama soket 754 kan beda... soket A masih telanjang, sedangkan yang 754 udah pake IHS... yang mana nih?

Lagian apa bener tuh heatsink bisa cekung? kan tuh pengunci heatsink dikaitkan ke plastik yang nempel ke mobo (lupa namanya apa :p)... kira2 kuatan mana yah antara plastik itu sama aluminium/tembaga yang dijadiin heatsink? bukannya kalo pengaitnya terlalu kuat, bakalan plastik/mobonya duluan yang cekung????

ehenyasha
19-01-2007, 10:11
@zoomtrax
bro zoomtrax mirip sekali kasusnya dengan teman saya. 3500+ yang suhunya tinggi. coba baca lagi postingan saya dari awal untuk mengidentifikasi masalah yang kita hadapi, kesimpulan saya ya itu tadi : IHS yang melengkung karena tekanan heatsink standar yang terlalu kuat.

@freakzy
sebelum muncul core2 pun sudah ada heatsink yang sangat keras penguncinya, sepertinya untung untungan kalau dapat heatsink standar yang bagus.

@ peace chank
nang murah ja gin dahulu, kada tapi tarasa jua mun kada dihanggus bahimatan. (yang murah saja dulu, tidak terlalu terasa kalau tidak oveclocking ekstrim)

@bang rossi
naaaahhh..... ini yang saya cari. bagaimana bang cara ngebongkarnya? mohon petunjuknya.

@gigabites
kita sedang membicarakan athlon 64 am2, dalam kasus ini punya teman saya. 3500+ @standard.

gigabites
19-01-2007, 10:30
@bang rossi
naaaahhh..... ini yang saya cari. bagaimana bang cara ngebongkarnya? mohon petunjuknya.
Yakin mo bongkar IHS?
garansi ilang & risiko die-nya retak pas dipasangin HSF loh...

oiya bro.. mo nanya donk... kalo emang teori Lo bener (entah IHS/heatsink bisa bengkok), emangnya yang kena penyakit kaya gini cuma AMD doang?

Btw, Intel udah pake IHS lebih dulu daripada AMD, tapi kok teori kaya gini baru muncul sekarang yah...

GivingMyBest
19-01-2007, 10:55
sebagian teman teman di forum pasti percaya kan kalau suhu processor amd bisa mencapai 33 derajat celcius saja. tapi ada juga yang sampai ke 45 bahkan 60 lebih. dugaan saya sih masalah ada di heatsink. processor yang dingin umumnya disertai pendingin yang penguncinya tidak terlalu kuat, sehingga permukaan processor dan heatsink benar benar merekat seluruhnya dengan sempurna. sedangkan processor yang melebihi 45 derajat biasanya disertai heatsink yang penguncinya sangat kuat. bila dibuka lagi, biasanya ada bekas terkikis pada heatsink. bekas ini jelas cocok dengan bekas tepian processor yang memang bagian sudutnya lebih kuat, bagian tengah yang lemah akan membentuk cekungan. bagian tengah yang tidak kena inilah yang menyebabkan suhu processor amd lebih tinggi dari seharusnya. kemarin ada teman saya yang membawa sistemnya. masalah inilah yang terjadi. untuk mengatasi masalah ini, sementara saya kasih thermal paste yang banyak. ada yang bisa ngasih solusi jangka panjang?
ehm.. hindari memakai thermal paste terlalu murah hati.. karena itu kan logam cair, kalo terlalu banyak maka dia akan menghasilkan lapisan keramik dan itu akan membuatnya mengeras, so bukan malah menghantarkan panas tapi justru menghalangi panas untuk diserap oleh HSF.... ehm justru yang kunciannya paling bagus itu ya yg paling kuat, coba aja pake TT BigThypoon itu bisa bikin mobo agak melengkung karena kekuatan jepitannya! trus jangan terlalu percaya dgn sensor di mobo! cek langsung pake termo digital itu lebih akurat... mau lebih dingin coba baca sticky ttg lapping HSF itu cukup membantu!

ehenyasha
19-01-2007, 12:27
@gigabites
kalau memang processornya sudah k.o. karena terlambat penanganannya jelas akan saya bongkar. itu kan processor teman saya, kalau dia ngijinin kan lumayan buat nambah ilmu.
justru itu yang mau saya diskusikan. saya punya teori, teman teman jelas boleh punya komentar. sejak awal generasi processor 64bit amd, kurang lebih 30 komputer sudah saya rakit. berdasarkan pengalaman inilah teori saya ini. jelas bisa salah bisa benar. saya jujur saja, tidak pernah merakit pake intel lga 775. kalau bukan karena teman saya tadi malam yang membawa komputernya yang bermasalah, mungkin saya tidak pernah melihat lga. saya kurang tahu dengan intel, apa mengalami masalah yang sama.

@givingmybest
tenang saja bro, semua ilmu merakit pc secara baik dan benar sudah saya terapkan, tapi semuanya mental kalau kena masalah ini. saya ngelihat di utility nya abit yang seri guru, maaf nggak punya thermometer digital.

ehenyasha
19-01-2007, 13:11
setelah saya pikir pikir, ternyata judulnya terlihat provokatif. mohon maaf kepada fans berat amd yang sepertinya ada yang tersinggung, apalagi yang tidak membaca thread ini secara lengkap.

@bang rossi
sangat ditunggu tutorialnya

freakzy
19-01-2007, 13:17
Jadi HSF AMD standart yang bagus tuh yang ga ada plastik bengkok yah diantara sink nya??

illegal_user
19-01-2007, 13:41
@bang rossi
sangat ditunggu tutorialnya

Udah ada yang bikin kok (Pak Khurios2000) :
Panduan Lapping Heatsink (http://www.chip.co.id/forum/showthread.php?t=30765
)

Naked Club Join In (http://www.chip.co.id/forum/showthread.php?t=39690)

ehenyasha
19-01-2007, 15:46
bukan panduan mengamplas, tapi panduan melepas IHS nya processor amd soket am2

ehenyasha
19-01-2007, 16:17
ok, sudah baca semuanya. mulai dari amplas sampai silet pencabut IHS. terimakasih semuanya.

illegal_user
19-01-2007, 16:17
bukan panduan mengamplas, tapi panduan melepas IHS nya processor amd soket am2
Coba diklik dulu link yang Naked Club Join In:p

overextreem_2005
19-01-2007, 16:30
setahu saya sih untuk amd yang sekarang2 mah dah ga panas .. kalo dulu sih iya.. solanya sekarang udah ada IHS..

gigabites
19-01-2007, 16:55
setahu saya sih untuk amd yang sekarang2 mah dah ga panas .. kalo dulu sih iya.. solanya sekarang udah ada IHS..
hehehe... perasaan pernah ada yang bilang kalo antara die dan IHS cuma pake Thermal Paste jelek...
Kalo menurut Gw justru bakal lebih dingin kalo die-nya dibiarin telanjang, terus dikasihin Thermal paste bagus...

bonk
19-01-2007, 17:19
@dirga
yupe... asal jangan terlalu semangat pas pasang HSF nya....
ntar kasus core pecah kek jaman Athlon XP :D :D

seVen_doLpHins
20-01-2007, 01:58
setelah saya pikir pikir, ternyata judulnya terlihat provokatif. mohon maaf kepada fans berat amd yang sepertinya ada yang tersinggung, apalagi yang tidak membaca thread ini secara lengkap.

@bang rossi
sangat ditunggu tutorialnyahehee.. be cool. no offense - none taken :) AMD user mungkin - dulu jamanya athlon XP cepet "panas" - klo sekarang AMD kan cool and quiet - jadi - worry not ;) viva la fiesta.

ipo3nk
20-01-2007, 06:51
klo prosesor si lapping garansi hangus ga ya? nanti kan serial number+batchnya ilang...

ehenyasha
20-01-2007, 07:42
@overextreem 2005
amd sekarang memang sudah tidak panas, masalahnya ada beberapa processor yang panasnya berlebihan. disini ingin saya selidiki masalahnya dan pemecahannya sekaligus dan akhirnya solusi paling mantap ditemukan, yaitu dengan melepas IHS yang ternyata ditempelkan dengan thermal paste yang kualitasnya jelek pada core.
jadi kalau mau solusi pendinginan murah, cabut IHS+amplas heatsink standar+kipas standar @ 24 volt.

Magician
20-01-2007, 09:19
Disini 37 derajat bingung kok panas... di thread sebelah yang 50 derajat udah bingung kok dingin. Ada lagi yang 70 derajat teriak teriak, udah pake intel kok panas. :D

ehenyasha
20-01-2007, 11:15
nggak ngerti maksudnya bro magi, tapi manusia kan beda beda. beda juga tingkat kepuasannya, termasuk masalah suhu processor

peace_cank
20-01-2007, 11:29
yang murah saja dulu, tidak terlalu terasa kalau tidak oveclocking ekstrim lha, kata'na mo dingin, g usah d OC jg kl pasta'na bgs mayan mengurangi suhu proc lho ;)


klo prosesor si lapping garansi hangus ga ya? nanti kan serial number+batchnya ilang... maksud lu proc mo d lapping gitu ye.... LOL... ya pasti ilang dwonk garansinya bos

@ehenyasha : mang ente mo suhu brp seh proc AMD'nya bos biar puas :D

ehenyasha
20-01-2007, 11:47
a64 3200 am2 punya teman saya suhu maksimumnya cuman 33 derajat, kalau 35-37 derajat ok lah. asal jangan nembus 50. kan aneh juga rasanya kalau punya orang 33 sedangkan punya sendiri 45 apalagi teman yang lainnya lagi nembus 70 tul nggak. pakai thermal paste murah kalau lagi bongkar pasang, kalau sudah puas baru pakai yang mendingan.

yang dilapping cuma heatsink saja bukan processornya. yang menghilangkan garansi adalah tindakkan melepas IHS.

bl!nksatan
20-01-2007, 12:16
<<< Voltage, Temperature and Fans >>>

> Monitoring Chip : ITE IT8712F

>> General Information
ISA Address : 0x290
Support : DFI Inc. NF UltraII-M2 /NF SLiII-M2 /NFII -M2

>> Sensor Information
Sensor : ITE IT8712F
Mode : ISA
Configuration : According the Motherboard
Chassis intrusion : Yes

> CPU Core : 1.22 V

>> General Information
Voltage : 1.250 V
StartupVID : 1.100 V
MaxVID : 1.300 V

> Aux. : 1.20 V

> +3.3V Voltage : 3.25 V

> +5V Voltage : 4.95 V

> +12V Voltage : 11.37 V

> Chassis Fan : 5973 rpm

> Processor Fan : 5720 rpm

> Processor Temperature : 58 C

> Mainboard Temperature : 28 C

> Power/Aux Temperature : 38 C

g pake pasta neh :D pemakaian sekitar 5 jam:cool:

ehenyasha
20-01-2007, 13:39
@bl!nksatan
kalau saya pakai thermal paste 10ribu-an bro bl!nksatan ini lebih parah lagi rupanya:D. ayo cepat beli thermal paste, yang 10ribu-an ada kok:D.

bl!nksatan
20-01-2007, 13:57
@ehenyasha
g tau caranya ne :confused:, ajarin dunk :D ( <-- malu2in mahasiswa S1 Sistem Informasi g tau beginian :cool: )

gara2 dolo pernah coba2 buka prosesor n matahin pin nya, dah trauma lage :sinking: terus pas beli AMD, kan d rakitin ma orangnya, terus gua liat kok g di olesin ama pasta, eh kata orangnya g usah, amd g panas lage kok :eek: ( ya iyalah wong belon d nyalain :D )

ehenyasha
20-01-2007, 16:24
kalau mau nggak pakai thermal paste ada dua syaratnya
1. amplas heatsink sampai kinclong
2. lepas IHS
teorinya kalau memang sama sama halus ya nggak perlu thermal paste:D.tapi "don't try this at home".

celesboy1
20-01-2007, 16:48
kaya nya sensor nya yg ngga bener......Duron soket A gw suhunya bisa 65 derajat(full load)......tp di temen gw sempron 2200+ soket A juga malah cuman 39 derajat....(mobo nya beda).Gw setuju sama bro "Givingmybest" yg bilang klo mau ngukur suhu nya mending pake thermometer digital

eris rosa
20-01-2007, 17:38
10 rebu ...hmmm

yg kaya ginian juga top nehh

http://yurista.com/chipfiles/gambar-odolnya.JPG
cuma 3000 rebu :D:D:D

ehenyasha
20-01-2007, 17:56
@celesboy1
kalau saya sih yakin masalah heatsink dan IHS yang nggak kena

@eris rosa
yang itu lebih mantap lagi, harga murah, banyak dan kinerja nggak jauh juga. nggak jauh sama yang 10ribu an maksudnya:D. bagaimana kalau dibandingin sama yang 100ribu-an yah:confused:. kalau ada yang berminat silahkan beli di toko toko listrik terdekat, kalau lambat nanti nggak habis habis:D.

Vincen
20-01-2007, 19:05
@eris rosa
Waktu itu saya pernah beli yg seperti itu.tp ditawarin 2 jenis gt loh dan beda harganya.....yg lbh murah tuh lbh cair en yg lbh mahal tuh lbh kental.BEda nya seh cuma 2 ribu doang.Tp waktu saya tes di celeron 300A dgn HSF bawaan saya dl,gak ada perubahan suhu tuh,alarm mobo msh terkadang bunyi gt yg artinya kepanasan gara2 saya OC.Tp waktu saya ganti ke AS5,alarm mobo gak bunyi lg.

ehenyasha
20-01-2007, 19:17
ini masalah bunyi nggak bunyi, antara 0 da 1, jadi nggak bisa dianggap remeh nih kalau overclocking. beda suhunya berapa bro?

eris rosa
20-01-2007, 20:15
ya di lapping dulu boss....
sebagus and semahal apapun pastanya nggak guna kalau belum digosok...sok..:D.

pasta ini gwa pake di barton 2500+ Abin NF7S load pertama 36 darojat. full load semaleman nyampe 48 darojad.

barang nya ini gwa jual.

klo nggak percaya silakan beli:D
http://www.chip.co.id/classifieds/showproduct.php/product/10117/cat/5

Kenshi XTX
21-01-2007, 01:00
bener dech,digosok gosok biar cepet keluar@@@@,panas nya maksud gu,inti nya kan pasta untuk menyamaratakan antar permukaan CPU ama heatsink,

eris rosa
21-01-2007, 15:49
bukti keampuhan balsem 3 rebu neh.

percaya nggak percaya. klo nggak percaya silakan beli..:D
http://www.chip.co.id/classifieds/showproduct.php/product/8139/cat/5

http://yurista.com/chipfiles/ygatas.jpg
http://yurista.com/chipfiles/ygbawah.jpg

ehenyasha
21-01-2007, 16:24
saya mah sudah beli, tapi kalu 20 celcius.....
dengan asumsi saya percaya, coolernya apa, tehnik mengolesnya bagaimana pokoknya jelaskan sejelas jelasnya bagaimana bisa begitu.

eris rosa
21-01-2007, 18:05
cara amplas biasa aja kok...cooler juga bawaan procesor:D.

jadi yg pengaruh itu. mobo dan juga PSU nya juga kudu bagus

percaya nggak percaya. silakan lihat... pegang.... dan rasakan....:D

ehenyasha
21-01-2007, 20:29
ok deh percaya. balsemnya diolesin kemana lagi nih supaya habis. saya beli yang kemasannya benar benar mirip dengan rheumason. banyak sekalee.

Swodie
21-01-2007, 20:37
gak percaya bro..bisa ampe 20...brp tuh suhu ambient???trus coba pake coretemp...lebih bisa dipercaya...

ehenyasha
21-01-2007, 20:42
memang tidak mungkin untuk percaya, tapi dipercaya percayain saja lah supaya gampang. setuju?

nospec
21-01-2007, 21:32
lg pd ngomongin apaan sich??? suhu procesor amd yah?
mo tanya donk,
suhu yg normal buat procesor amd brp sich dalam keadaan :
- idle
- maen game
trus max suhu procesor amd sblm komputer kerestart sendiri brp derajat yah?
soalnya komputer teman saya suhunya sampe 80++ masi bisa nyala, tp dia pake P4 seh.. apa P4 lbh tahan panas ?
sory pertanyaan cupu, maklum saya masi newbie...

ehenyasha
21-01-2007, 21:37
ada yang suhu maksimumnya cuman 33 derajat celcius. kalau mau lengkap, baca dari awal saja, itung itung nambah ilmu buka membuka atau baca membaca thread di forum chip.

ehenyasha
22-01-2007, 05:50
ok semua, terima kasih. saya sudah dapat yang saya inginkan. bongkar IHS!!!!!!

Bang Rossi
22-01-2007, 16:37
@ehenyasha

Ga usah pake tutorial2 segala. Gampang aja.

Copot IHS bisa pake silet. Hati2 jangan sampe core nya kena silet juga.

http://www.chilehardware.cl/usuarios/juanflaiter/sacando.JPG


Perhatiin pola potongannya nya, hati2 jangan sampe salah nyilet
http://www.chilehardware.cl/usuarios/juanflaiter/listo.JPG

Untuk lepasin IHS nya C2D agak susah. Kalo mau coba bisa liat tutorialnya sham di Vr-Zone (http://www.vr-zone.com/?i=3878)

Good luck ya ;)

Tjhoox3
24-01-2007, 20:00
terus buat nempel IHS'nya lagi pake apa'an ya??....

eefrit
24-01-2007, 20:19
wao.. aku masih tetep kagum aja ma penemuan "pendingin" dengan cara pemerkosaan seperti ini... >_<
dah rapet2 di kasih baju.. tetep aja di buka paksa.. huehuehue
gak brani ah..

ehenyasha
25-01-2007, 19:10
lagi cari processor tumbal untuk dibongkar nih. ngumpulin duit aja kalo nggak nemu sekennya.

ehenyasha
04-02-2007, 05:36
dua hari lalu ngerakit a64 3000 am2 pake tforce 550. heatsink fan dapat yang pake balok plastik di bawah pengunci besi. pemasangan hsf hanya saya kaitkan biasa tanpa dikunci, karena saya rasa sudah cukup kencang. hasilnya memang luar biasa, suhu processor tanpa casing paling banter cuma 29 derajat.

Bang Rossi
04-02-2007, 09:47
Hmm.. saya rakit proc AM2 dg Biostar Tforce 6100 AM2 rata2 suhu 45C.

Bisa liat foto pemasangan HSF nya?

Kenshi XTX
04-02-2007, 11:40
gw baru merakit py tmn pake biostar 550 ama athlon 3000 am2,suhu pas booting nya cuma 29'c trus pas idle nya cuma 33'c

eefrit
04-02-2007, 17:20
hm..sekarang procku adem.. setelah tak buka dikit casing ku.. ternata emang air flow casingnya kurang sip..
dulu pas tak tutup full.. idle aja mpe 38' pada suhu ruang 32'.. sekarang stlh tak buka dikit casing ku.. taraa.. jadi 33-34' hehehe..
n pas pagi2 tak cek suhu ruang 27', proc ku idle cuma 26'!! baru kali ini aku liat kompie ku sedingin itu..hehehe.. keknya emang kudu modif dikit nih casing..

freakzy
04-02-2007, 17:30
dua hari lalu ngerakit a64 3000 am2 pake tforce 550. heatsink fan dapat yang pake balok plastik di bawah pengunci besi. pemasangan hsf hanya saya kaitkan biasa tanpa dikunci, karena saya rasa sudah cukup kencang. hasilnya memang luar biasa, suhu processor tanpa casing paling banter cuma 29 derajat.

Ga abis pikir nih sama pengunci prosesor yang tipe ini?? Kenapa masangnya susah banget yah?? Tar terus bukanya gmana??

extreme_zone83
07-02-2007, 19:42
Pusing2 ganti heatsink ajha boss:cool:

aziz_clone47
07-02-2007, 20:14
Koq pd adem2 aja ya??
Prasaan proc gw fuanass..

ehenyasha
19-02-2007, 19:33
@bang rossi
nggak punya kamera bang, percaya aja deh. saya pantang berbohong.

@freakzy
yang pake balok hitam ditengah biasanya keras sekali penguncinya dan biasanya ada tempat untuk memasukkan obeng pipih di bagian pengait yang tidak ada penguncinya. mengaitkannya kurang lebih seperti memasang hsf di socket a.

@aziz
processornya apa? suhunya berapa?

pocepoke
23-02-2007, 09:41
10 rebu ...hmmm

yg kaya ginian juga top nehh

http://yurista.com/chipfiles/gambar-odolnya.JPG
cuma 3000 rebu :D:D:D
goceng 6 biji broo............:D

AM2 gw 3000+ tanpa oc pake water cooling TT BW 735 kok suhunya start 28 ,idle 30 fullload 38 termasuk panas gak....?
gw pernah oc sampe fsb 280(2500) vcore 1,6 suhunya sekitar idle 40, fullload 48 coler sama...
gw gak pernah suhunya di bawah 25 pake pasta aslinya dari TT yg sobek sekali pake itu loh... :)

ehenyasha
24-02-2007, 00:06
jelas nggak panas. cuma masih kalah dingin sama punya teman saya.

macgyver
24-02-2007, 12:24
wa mo nanya nich kk2.wa punya fan processor,mata kabelnya ada 3[untuk dicolok ke motherboard].sedangkan yang asli kata si teknisi yang lain yang gue kenal ada 4 mata. apa benar? gara2 itu ga bisa disensor fan processor gue,tapi fan itu berjalan tetap.trus kalau gue punya processor am2 3200+ suhunya 45-51 derajet.apakah itu suhu normal untuk amd ataukah memang dah panas kali ampe mo kebaker? kalau wa test di tempat temen punya processor intel yang 2.8ghz punya sich dah panas kira2 52-58derajet.jadi takut nech gue.mohon pencerahannya plz.Apakah processor gue bener2 dah mampus gara2 suhunya ntar?ataukah yang kk2 semua punya processor kok bisa adem kali???

ehenyasha
07-04-2007, 05:13
kalau mau lebih jelas, silahkan lihat semua postingan. kabel ke empat itu rasanya untuk mengatur kecepatan kipas saja, jelas berpengaruh sama suhu. kalau tidak ada kabel yang ke empat, kipas akan berjalan di kecepatan maksimum. suhu processor kamu memang diatas rata rata tapi bukan berarti punya kamu yang paling pendek umurnya. bisa saja yang suhunya 30 derajat besoknya mati ( gara gara belajar mencabut IHS ).

eris rosa
07-04-2007, 06:54
buat yg penasaran tentang suhu procesor...dan batas2x nya...

kayanya di link ini bisa di buat acuan nggak ya...:(

ngeri dah ngeliatnya juga....

http://users.erols.com/chare/elec.htm

moga2 bermanfaat...:D..

Kenshi XTX
07-04-2007, 20:03
buat yg penasaran tentang suhu procesor...dan batas2x nya...

kayanya di link ini bisa di buat acuan nggak ya...:(

ngeri dah ngeliatnya juga....

http://users.erols.com/chare/elec.htm

moga2 bermanfaat...:D..

terus kalo misalnya lebih dari max temp nya,gosong don proc kita??:)

sugianto007
08-04-2007, 09:05
ga gosong lah..paling2 berkurang umurnya aja :) cmiiw..

bigfishonly
09-04-2007, 02:07
Pake kipas angin bisa nggak bro?tapi nyamping gitu...
Kalo 40 derjat masih oke kan...maksimal hancurnya pas 60 ke atas...
Cuma kemaren sempat cold boot 2 kali...(mm...gak ada hubungannya)
masih ngumpulin duit beli fan yg bagus...

ddy_zzz
09-04-2007, 02:24
kl pake kipas angin sih bs, tp kan makan tempat.

genesis_cfg
10-04-2007, 07:51
punya gue XP 2100+ n Asus A7N8X deluxe.. tembus ke 100derajat.. habis itu jeboL...

dibersihin thermal pastenya.. tidak bisa... hiks hiks..

Depiz
10-04-2007, 12:18
kalo panas mungkin airflow casingnya gak bagus, A64 gw suhunya 26 klo lagi idle 32-35 klo lg full load. tapi telanjang buled gak pake casing ^_^ . pake HSF standar tapi dah di lapping sama pake AS5

temen gw A64nya klo lg idle 44 derajat, pas casingnya dibuka jadi 39 derajat, pas ditelanjangin jadi gak pake casing sama sekali, turun jadi 33..