PDA

View Full Version : Matikan Hp Di Dalam Pesawat! Matiiin!



vaporizel
20-06-2007, 09:18
MATIKAN HP DI DALAM PESAWAT!! MATIIIN!!! (Susah nya rakyat indonesia kalo dinasehatin)
Rakyat High-Class, Tapi KATRO'

Saya sedih mendengar terbakarnya pesawat Garuda, GA 200 pada tanggal 7 Maret 2007, pukul 07.00 pagi, jurusan Jakarta-Yogyakarta di Bandara Adisucipto. Kejadian itu sungguh menyayat hati dan perasaan.

Kemudian saya teringat beberapa bulan yang lalu terbang ke Batam dengan menggunakan pesawat Garuda juga. Di dalam pesawat duduk disamping saya seorang warga Jerman. Pada saat itu dia merasa sangat gusar dan terlihat marah, karena tiba-tiba mendengar suara handphone tanda sms masuk dari salah satu penumpang, dimana pada saat itu pesawat dalam posisi mau mendarat. Orang ini terlihat ingin menegur tetapi tidak berdaya karena bukan merupakan tugasnya.

Langsung saya tanya kenapa tiba-tiba dia bersikap seperti itu, kemudian dia bercerita bahwa dia h�dala manager salah satu perusahaan industri, dimana dia adalah supervisor khusus mesin turbin. Saat dia melaksanakan tugasnya tiba-tiba mesin turbin mati, setelah diselidiki ternyata ada salah satu petugas sedang menggunaka HP didalam ruangan mesin turbin.

Orang Jerman ini menjelaskan bahwa apabila frekwensi HP dengan mesin turbin ini kebetulan sama dan sinergi ini akan berakibat mengganggu jalannya turbin tersebut, lebih fatal lagi berakibat turbin bisa langsung mati.

Cerita ini langsung saya kaitkan dengan peristiwa diatas, kalau saya tidak salah mendengar mesin pesawat tiba-tiba mati pada saat mau mendarat. Mudah- mudan peristiwa ini bukan akibat HP penumpang. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk masyarakat yang sering bepergian dengan pesawat.(KOMPAS)

Rakyat kita ini memang High class.. Handphone nya Mahal, Transportasi pake pesawat. Tapi bodohnya gk ketulungan. Ada yang gk tau kenapa larangan itu dibuat, ada yang tau tapi tetap gk peduli. Orang indonesia harus selalu belajar dengan cara yang keras.
Buat yang belum tahu, kenapa Gk boleh menyalakan Handphone di pesawat, berikut penjelasannya:

Sekedar untuk informasi saja, mungkin rekan-rekan semua sudah mendengar berita mengenai kecelakaan pesawat yang baru "take-off" dari Lanud Polonia -Medan. Sampai saat ini penyebab kejadian tersebut belum diketahui dengan pasti.

Mungkin sekedar sharing saja buat kita semua yang memiliki dan menggunakan ponsel/telpon genggam atau apapun istilahnya. Ternyata menurut sumber informasi yang didapat dari ASRS (Aviation Safety Reporting System) bahwa ponsel mempunyai kontributor yang besar terhadap keselamatan penerbangan. Sudah banyak kasus kecelakaan pesawat terbang yang terjadi akibatkan oleh ponsel. Mungkin informasi dibawah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terlebih yang sering menggunakan pesawat terbang.

Contoh kasusnya antara lain:

Pesawat Crossair dengan nomor penerbangan LX498 baru saja "take-off" dari bandara Zurich, Swiss. Sebentar kemudian pesawat menukik jatuh. Sepuluh penumpangnya tewas. Penyelidik menemukan bukti adanya gangguan sinyal ponsel terhadap sistem kemudi pesawat.

Sebuah pesawat Slovenia Air dalam penerbangan menuju Sarajevo melakukan pendaratan darurat karena sistem alarm di kokpit penerbang terus meraung-raung. Ternyata, sebuah ponsel di dalam kopor dibagasi lupa dimatikan, dan menyebabkan gangguan terhadap sistem navigasi.

Boeing 747 Qantas tiba-tiba miring ke satu sisi dan mendaki lagi setinggi 700 kaki justru ketika sedang "final approach" untuk "landing" di bandara Heathrow, London. Penyebabnya adalah karena tiga penumpang belum mematikan komputer, CD player, dan electronic game masing-masing (The Australian, 23-9-1998).

Seperti kita tahu di Indonesia? Begitu roda-roda pesawat menjejak landasan, langsung saja terdengar bunyi beberapa ponsel yang baru saja diaktifkan.

Para "pelanggar hukum" itu seolah-olah tak mengerti, bahwa perbuatan mereka dapat mencelakai penumpang lain, disamping merupakan gangguan (nuisance) terhadap kenyamanan orang lain.

Dapat dimaklumi, mereka pada umumnya memang Belem memahami tatakrama menggunakan ponsel, disamping juga belum mengerti bahaya yang dapat ditimbulkan ponsel dan alat elektronik lainnya terhadap sistem navigasi dan kemudi pesawat terbang. Untuk itulah ponsel harus dimatikan, tidak hanya di-switch agar tidak berdering selama berada di dalam pesawat.

Berikut merupakan bentuk ganguan-gangguan yang terjadi di pesawat: Arah terbang melenceng,Indikator HSI (Horizontal Situation Indicator) terganggu, Gangguan penyebab VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tak terdengar, Gangguan sistem navigasi, Gangguan frekuensi komunikasi, Gangguan indikator bahan bakar,Gangguan sistem kemudi otomatis, Semua gangguan diatas diakibatkan oleh ponsel, sedangkan gangguan lainnya seperti Gangguan arah kompas komputer diakibatkan oleh CD & game Gangguan indikator CDI (Course Deviation Indicator) diakibatkan oleh gameboy Semua informasi diatas adalah bersumber dari ASRS.

Dengan melihat daftar gangguan diatas kita bisa melihat bahwa bukan saja ketika pesawat sedang terbang, tetapi ketika pesawat sedang bergerak di landasan pun terjadi gangguan yang cukup besar akibat penggunaan ponsel.

Kebisingan pada headset para penerbang dan terputus-putusnya suara mengakibatkan penerbang tak dapat menerima instruksi dari menara pengawas dengan
baik.

Untuk diketahui, ponsel tidak hanya mengirim dan menerima gelombang radio melainkan juga meradiasikan tenaga listrik untuk menjangkau BTS (Base Transceiver Station). Sebuah ponsel dapat menjangkau BTS yang berjarak 35 kilometer. Artinya, pada ketinggian 30.000 kaki, sebuah ponsel bisa menjangkau ratusan BTS yang berada dibawahnya. (Di Jakarta saja diperkirakan ada sekitar 600 BTS yang semuanya dapat sekaligus terjangkau oleh sebuah ponsel aktif di pesawat terbang yang sedang bergerak di atas Jakarta).(Varis/pertamina)

Sebagai mahluk modern, sebaiknya kita ingat bahwa pelanggaran hukum adalah juga pelanggaran etika. Tidakkah kita malu dianggap sebagai orang yang tidak peduli akan keselamatan orang lain, melanggar hukum, dan sekaligus tidak tahu tata krama?

Sekiranya bila kita naik pesawat, bersabarlah sebentar. Semua orang tahu kita memiliki ponsel. Semua orang tahu kita sedang bergegas. Semua orang tahu kita orang penting. Tetapi, demi keselamatan sesama, dan demi sopan santun menghargai sesama, janganlah mengaktifkan ponsel selama di dalam pesawat terbang.

Semoga suatu hari rakyat kita bisa sedikit lebih pintar.

Dari Email (Juli Purbono)

ezarcoolz
20-06-2007, 10:20
Setuju!!!!
boleh tanya sesuatu???
banyak orang menggunakan offline mode pada hp nya,
itu mengganggu tidak????

trims:)

zie_is_back
20-06-2007, 10:28
Wah..wah.wah... ternyata pake handphone di pesawat bisa sebahaya itu.

Emang sih, kalo diperhatiin kesadaran orang indonesia emang masih kurang, apalagi kalo masalah yang beginian. Maklum, kadang2 ada yang baru pertama kali naik pesawat trus petentengan mau gaya... ya.. trus kejadian deh kaya kaasus di atas..:D

Coba kalo seandainya waktu mau take-off si pramugarinya juga ngasih tau kalo pake handpone&barang elektronik lainnya bahaya + akibatnya kalo dipake di pesawat, mungkin orang pada gak berani pake barang2 itu di pesawat.

LINUX_IS_FREE
20-06-2007, 10:29
Rakyat kita ini memang High class.. Handphone nya Mahal, Transportasi pake pesawat. Tapi bodohnya gk ketulungan. Ada yang gk tau kenapa larangan itu dibuat, ada yang tau tapi tetap gk peduli. Orang indonesia harus selalu belajar dengan cara yang keras.
Buat yang belum tahu, kenapa Gk boleh menyalakan Handphone di pesawat, berikut penjelasannya:


Setuju bro..


Setuju!!!!
boleh tanya sesuatu???
banyak orang menggunakan offline mode pada hp nya,
itu mengganggu tidak????

trims:)

Offline mode ?? SIM-nya di cabut kah??

kalo flight mode sih dari handset-nya emang nge-disable buat ngeluarin sinyal..

Gunawan_Y
20-06-2007, 10:29
Humm, klo ga salah di mana gt dah ada penerapan hukuman buat yang menyalakan ponsel di pesawat kan...:) Klo ga salah hukumannya penjara atau denda gt...:D

Parah memang yg pake HP di pesawat, mau bunuh diri tp ngajak-ajak orang lain tuh...:( Pernah aku waktu balik ke Malang naek S*******a, begitu roda pesawat menyentuh landasan LanUd Abdurahman Saleh, langsung bunyi SMS masuk terdengar, klo ga salah inget, aku kelihatan yg nyalakan HP nya itu seorang cewek usia remaja gt... Parah emang, padahal apa salahnya sih nunggu sampai keluar pesawat baru nyalakan HP???

Klo soal flight mode/offline mode, sebaiknya ga usa dipakai, mending langsung matikan Hp nya aja, Bro...:) (CMIIW)

chickensoup
20-06-2007, 10:41
Tambahan info:

Untuk beberapa HP yg termasuk smartphone, fungsi telepon pada hp dapat dinonaktifkan. Jadi, hp tidak akan memancarkan sinyal yg dapat mengganggu sistem navigasi pesawat. Dengan begitu, kita tetap dapat memakai hp untuk mendengarkan musik, menonton video, dll SELAIN BERTELEPON, SMS/MMS, serta BERINTERNET.

Namun, hp yg termasuk hp murah biasanya tidak menyediakan opsi untuk menonaktifkan fungsi telepon. Jadi tetap saja harus dimatikan hpnya....:)

ucup889
20-06-2007, 10:59
Sudah ada yg masuk penjara gara2x ngga matiin HP koq...



gitu ja reportttt .... :grin:

zie_is_back
20-06-2007, 11:05
Sudah ada yg masuk penjara gara2x ngga matiin HP koq...



gitu ja reportttt .... :grin:


itu kasus dimana bro?? di indonesia bukan??

Soalnya kalo setau gw.. di indonesia masih dibiarin aja tuh orang2 ngidupin HP di pesawat.

Trus satu lagi yang bikin males, pesawat baru nyentuh landasan, banyak penumpang yang pada udah bediri ngantri mau kluar... padahal pesawat belom berhenti..
Dikiranya buskota kali yah..... :D

testakraze
20-06-2007, 11:36
gua pernah tuh ngak matiin hp, tiba2 ada sms masuk kaget sih, cuma ya gitu deh
SYUKUR gua selamat :p

voila
20-06-2007, 11:44
orang kita tuh bukannya nggak tau,tapi nggak mau tau & suka nyepeliin masalah,kalo diingetin bilangnya "hal gini aja kok diributin"??????

Perdana
20-06-2007, 11:45
Wahhh.... kalo bicara perilaku oran Indonesia seperti ini sie nggak cuman di pesawat aja dgn make hape. Ya kita lihat sendirilah, di jalan2 raya, di lingkungan2 kita..... pada disiplin apa nggak.......kayaknya malah semakin bebas aja.

Negeri ini memang negeri "BEBAS........", Bebas melakukan apa aja sesuka hati.......hehehehe...... :D :D :D

Oky86
20-06-2007, 11:45
Aku setuju sama keterangan diatas....

Setuju!!!!
boleh tanya sesuatu???
banyak orang menggunakan offline mode pada hp nya,
itu mengganggu tidak????

trims:)
Itu tidak mengganggu, asalkan SIM cardnya dilepas. Karena sinyal hp menggangu bila ada komunikasi yang dilakukan oleh hp kita dengan pemancar sinyalnya. Dan biasanya frekuensinya mengganggu peralatan yang ada didalam pesawat.
Jadi kalo cuma sekedar nyala aja mestinya nggak apa2 lagi. Tapi tadi rasanya aku baca kalo mesin game juga bisa mengganggu sistem di pesawat.
Bisa beri penjelasan bro???

LINUX_IS_FREE
20-06-2007, 11:46
FYI,

g pernah baca kalo Airbus (CMIIW) dan ama perusahaan penerbangan mana gitu lagi ngembangin biar kita bisa nelepon lewat HP dan WiFi di Pesawat ...
(jadi di pesawat ada Access Point-nya )

tapi yang ini kan lain lagi lho.. soalnya udah emang tu pesawat dikebangin biar tahan sinyal..

(CMIIW)

idiot1234556
20-06-2007, 13:01
Baru aja di koran kompas senin ada cerita mafia jepang bawa hp 5 kaga dimatiin,langsung ditangkep..

kathmandude
20-06-2007, 13:05
udah disebut di atas :
usulan bagus kalo pramugarinya ngasih pengumuman dulu..
biar yg lupa jadi inget.
kalo tetep lupa pramugarinya sweeping..

Oky86
20-06-2007, 13:06
Baru aja di koran kompas senin ada cerita mafia jepang bawa hp 5 kaga dimatiin,langsung ditangkep..
Setuju, biar kalo mau celaka jangan ajak yang lain dong. Kita yang lain kan masih suka sama nasi (padahal mana ada orang jepang suka nasi)....
:) :) :)

kathmandude
20-06-2007, 13:50
@atas
orang jepang 'kan memang makan nasi bro..
di film oshin tuh..

dewanggaba
20-06-2007, 13:57
Btw, ada yang pernah naik pesawat ga sich? Kalo kita naek pesawat, emang kalo kita nyalakan hp. Di atas ketinggian beberapa ribu kaki masih ada sinyal ya? :laughatr: Udah pernah coba belum sich TS? :D

Gutten_Teufel
20-06-2007, 14:25
pernah ada kan HP yang bisa tetep nyala MP3 playernya walau didalam pesawat??,lupa merk & tipenya

wsy_1486
20-06-2007, 14:33
Btw, ada yang pernah naik pesawat ga sich? Kalo kita naek pesawat, emang kalo kita nyalakan hp. Di atas ketinggian beberapa ribu kaki masih ada sinyal ya? :laughatr: Udah pernah coba belum sich TS? :D

wah masalahnya bukan seberapa tingginya bro.. coba aja bayangin kalo barusan take off atau landing trus pesawat ada gangguan gara2 sinyal HP wah bisa2 nyahoo semua, kaya pesawat garuda yg kemaren..

yuanlukito
20-06-2007, 14:34
Btw, ada yang pernah naik pesawat ga sich? Kalo kita naek pesawat, emang kalo kita nyalakan hp. Di atas ketinggian beberapa ribu kaki masih ada sinyal ya? Udah pernah coba belum sich TS?

Yang mancarin sinyal kan bukan cuma BTS-nya aja, karena ponsel juga ngeluarin sinyal toh ? Kesimpulan gw sih yang mengganggu sistem kontrol pesawat itu sinyal yang dipancarkan HP, bukan sinyal dari BTS.

Jadi biarpun pada ketinggian tersebut mungkin HP tidak bisa menerima sinyal dari BTS tapi tetap berbahaya untuk mengaktifkan HP.

NB : radius pancaran BTS itu berapa km ya? apa itu juga termasuk radius vertikal (nggak cuma radius horizontal) ?

riry_djoe
20-06-2007, 14:36
wah masalahnya bukan seberapa tingginya bro.. coba aja bayangin kalo barusan take off atau landing trus pesawat ada gangguan gara2 sinyal HP wah bisa2 nyahoo semua, kaya pesawat garuda yg kemaren..
http://www.indoupload.com/reg/images/8020yociexp63.gif bangsa kita emang parah., buat sampah aja masih sembarangan mau ngurusin matiin HP di pesawat... enaknya seh kalo ketemu orang gini mah http://www.indoupload.com/reg/images/9239JFBQ00199070419B.gif aja

dewanggaba
20-06-2007, 14:37
Yang mancarin sinyal kan bukan cuma BTS-nya aja, karena ponsel juga ngeluarin sinyal toh ? Kesimpulan gw sih yang mengganggu sistem kontrol pesawat itu sinyal yang dipancarkan HP, bukan sinyal dari BTS.

Jadi biarpun pada ketinggian tersebut mungkin HP tidak bisa menerima sinyal dari BTS tapi tetap berbahaya untuk mengaktifkan HP.

NB : radius pancaran BTS itu berapa km ya? apa itu juga termasuk radius vertikal (nggak cuma radius horizontal) ?
IMO, sepertinya enggak bro. Ponsel mengeluarkan sinyal itu seperti apa ya? :ask: Bisa di deteksi ga? Kalo semisal sim card di lepas, hp masih ngeluarin sinyal ga walau di nyalakan? :ask:

Gunawan_Y
20-06-2007, 15:09
Btw, ada yang pernah naik pesawat ga sich? Kalo kita naek pesawat, emang kalo kita nyalakan hp. Di atas ketinggian beberapa ribu kaki masih ada sinyal ya? :laughatr: Udah pernah coba belum sich TS? :D
Sinyal dari BTS kan sinyal radio, Bro... Klo ga salah, waktu di pelajaran fisika SMA dolo dijelaskan klo sunyal yg dipancarkan pemancar radio itu dipantulkan balik ke bumi oleh lapisan atmosfer bagian apa gt, n klo ga salah lg lapisan itu masih jauh di atas ketinggian pesawat terbang...:D Jd walaupun pesawat lagi tinggi-2 nya terbang, sinyal HP itu tetap masih ada... BTW, CMIIW loh klo teorinya salah...:D


IMO, sepertinya enggak bro. Ponsel mengeluarkan sinyal itu seperti apa ya? :ask: Bisa di deteksi ga? Kalo semisal sim card di lepas, hp masih ngeluarin sinyal ga walau di nyalakan? :ask:
HP itu mancarkan sinyal buat cari gelombang/sinyal dari BST kan???
Makanya itu, seandainya sinkronisasinya bagus/kuat, indikator sinyal di HP kita semakin tinggi, vice versa...:) CMIIW lagi..:p

Klo soal pramugari yang mengingatkan penumpang untuk matikan HP, itu kayanya dah ada koq, cuma tetep aja, banyak yg ppt (pura-pura tuli)...:D

Oh, iya, jadi keingat satu cerita lg, waktu mau balik Malang juga, di sebelahku tepat ada seorang bapak yang bisa dibilang dah cukup berumur, tp dari pemnbicaraanku dengan dia di separuh perjalanan (sok kenal mode: ON), dia bukan tipe orang yg buta teknologi (bisa dilihat dari omongannya yang berbau teknologi)... Tp yang aku bingung, gaya dia waktu pake HP dalam pesawat itu loh, masa saking sibiknya (sibuk atau sok sibuk ga tau aku), HP dia itu baru dimatikan saat pesawat dah jalan ke landasan pacu... Parah memang, ketergantungan HP...

dewanggaba
20-06-2007, 15:22
Gitu ya? Tapi gua ga pernah matikan hp kok kalo naek pesawat, dan kalo udah stabil pada ketinggian sekian ribu kaki, sinyal di hp kita tidak akan bisa masuk. artinya no network. CMIIW, emang kenyataan nya seperti itu kok.

Mauriek
20-06-2007, 15:24
yg jadi masalah itu interferensinya sinyal dengan sistem pesawat krn frequensi yg dipakai kemungkinan saling tumbuk..gak peduli sinyal kuat atau lemah..

rasanya skrng udah tiap kali mau berangkat pramugari selalu ingatkan..di waiting room airport juga sudah dipasang peringatannya..tapi memang parah mental yg masih gak peduli.

kadang2 sampai mau marah lihat orang2 begini tp banyak juga orang yg begini dan pakai HP mahal..beli HP jutaan mampu tapi belajar etika yg gratis gak mampu :D

Gunawan_Y
20-06-2007, 15:26
Gitu ya? Tapi gua ga pernah matikan hp kok kalo naek pesawat, dan kalo udah stabil pada ketinggian sekian ribu kaki, sinyal di hp kita tidak akan bisa masuk. artinya no network. CMIIW, emang kenyataan nya seperti itu kok.
Hehehe, uda aku duga dari tadi, Dewanggaba ga pernah matikan HP di pesawat...http://kebawe.com/smellies/smellie_lol.gif


yg jadi masalah itu interferensinya sinyal dengan sistem pesawat krn frequensi yg dipakai kemungkinan saling tumbuk..gak peduli sinyal kuat atau lemah..

rasanya skrng udah tiap kali mau berangkat pramugari selalu ingatkan..di waiting room airport juga sudah dipasang peringatannya..tapi memang parah mental yg masih gak peduli.

kadang2 sampai mau marah lihat orang2 begini tp banyak juga orang yg begini dan pakai HP mahal..beli HP jutaan mampu tapi belajar etika yg gratis gak mampu :D
Sama, Bro, waktu kejadian bapak yg duduk di sebelah ku itu harusnya mau aku "semprot", tp takutnya dia malah marah, makanya ga jadi...:p

kathmandude
20-06-2007, 15:34
Originally Posted by Gunawan_Y
Sinyal dari BTS kan sinyal radio, Bro... Klo ga salah, waktu di pelajaran fisika SMA dolo dijelaskan klo sunyal yg dipancarkan pemancar radio itu dipantulkan balik ke bumi oleh lapisan atmosfer bagian apa gt, n klo ga salah lg lapisan itu masih jauh di atas ketinggian pesawat terbang...:D Jd walaupun pesawat lagi tinggi-2 nya terbang, sinyal HP itu tetap masih ada... BTW, CMIIW loh klo teorinya salah...:D



kembali ke bangku SMA.....
tidak semua gelombang radio dipantulkan ulang oleh lapisan tertentu atmosfer
tergantung panjang gelombangnya, makin panjang (frekuensi rendah) makin
mudah dipantulkan kembali, that's why radio jaman doeloe yg pake gelombang
SW1, SW2 bisa ndengerin siaran dari luar negri tanpa relay,

kalo gelombang dari BTS termasuk microwave -CMIIW- jadi ndak mudah
ato tdk dipantulkan samasekali.
selain itu, gelombang pendek (frekuensi tinggi) butuh daya besar utk bisa
menyamai daya jangkau gelombang SW1, SW2..

padahal SW = short wave, BTS GSM lebih short lagee..

IMO gangguan interferensi sinyal HP hanya terjadi kalo si HP lagi cari sinyal
dari BTS terdekat, selama dapet sinyal kuat GPP -CMIIW
indikasinya, coba taroh HP deket pswt TV (bukan pswt terbang), kalo si HP
cari sinyal gambar TV goyank2.. iya 'kan.

tapi gw tetep setubuh kalo dlm pesawat terbang HP dimatiin aja
daripada resiko mati sama2.. :D :D

Gunawan_Y
20-06-2007, 15:40
kembali ke bangku SMA.....
tidak semua gelombang radio dipantulkan ulang oleh lapisan tertentu atmosfer
tergantung panjang gelombangnya, makin panjang (frekuensi rendah) makin
mudah dipantulkan kembali, that's why radio jaman doeloe yg pake gelombang
SW1, SW2 bisa ndengerin siaran dari luar negri tanpa relay,

kalo gelombang dari BTS termasuk microwave -CMIIW- jadi ndak mudah
ato tdk dipantulkan samasekali.
selain itu, gelombang pendek (frekuensi tinggi) butuh daya besar utk bisa
menyamai daya jangkau gelombang SW1, SW2..

padahal SW = short wave, BTS GSM lebih short lagee..

IMO gangguan interferensi sinyal HP hanya terjadi kalo si HP lagi cari sinyal
dari BTS terdekat, selama dapet sinyal kuat GPP -CMIIW
indikasinya, coba taroh HP deket pswt TV (bukan pswt terbang), kalo si HP
cari sinyal gambar TV goyank2.. iya 'kan.

tapi gw tetep setubuh kalo dlm pesawat terbang HP dimatiin aja
daripada resiko mati sama2.. :D :D
Wew, teori ku ternyata salah yah...:p
BTW, bener, Bro pake microwave??? Soalnya setahuku microwave kan ga bisa tembus tembok dll???:confused: Doh, jadi error semua, padahal baru setahun ga pegang buku-2 fisika dah lupa semua teorinya...:p

Nah, bagian yang aku bold itu yg memang membuat takut... Coba lihat post dewanggaba, katanya kan di ketinggian maks HP dia ga ada sinyal, berarti HP nya kan sibuk cari sinyal dari BST, klo gt kan malah bisa dibilang potensi interferensi gelombangnya paling maks ada di titik itu...:) Coba klo pesawat di ketinggian maks lalu radionya terganggu, kacau kan...:)

dewanggaba
20-06-2007, 15:41
Rasanya ini lebih baik masuk TechTalk. :bolt:

dyo_donjuan
20-06-2007, 15:47
ada cerita lama nihh .. penerbangan surabaya - makassar , aq maen game di PDA ( bukan PDA Phone ) Ipaq RX3715 , trus ada ibu2 di bangku seberang , dianya sewot trus negur aku "mas,matiin HPnya mas" , trus aq udah jawab baek2 "ini PDA tok bu' ,nggak ada Phone-nya "

trus ibu' tuh jawab "sama aja" .... nah loh , abis itu tak diemin aja . lanjut maen , eee dia bilang lagi " matiin mas !! "... gantian aq yg sewot :gym:, trus aq jawab "bodo' " , sampe bbrp kali dia panggil aq ttp gk noleh , aq ttp jawabin "BODO' " :stressed: tanpa noleh :D .. gk taunya pas pramugarinya lewat aq dilaporin ama ibu2 tadi :D

ya aq jawab aja " INI PDA mbak , bukan PDA Phone , mbak ngerti kan ? ;) "
akhirnya tuh ibu dibilangin ma pramugarinya baru bisa diem , tp yg buat aq seneng pas tuh ibu' lg dikasih konfirm ama pramugari , si ibu sempet noleh ke aku , akunya malah monyongin mulut sambil melotot :ranting: :laughatr:

menang dehh :D

- inf3rn0 -
20-06-2007, 16:23
Gitu ya? Tapi gua ga pernah matikan hp kok kalo naek pesawat, dan kalo udah stabil pada ketinggian sekian ribu kaki, sinyal di hp kita tidak akan bisa masuk. artinya no network. CMIIW, emang kenyataan nya seperti itu kok.

sinyal memang ga masuk, tapi HP kita kan terus menerus mancarin gelombang buat dapetin sinyal yang ilang itu....
Gelombang itu yang ganggu pesawat.... CMIIW

gw mah waktu kluar dari ruang tunggu, pda langsung masuk flight mode.
Soalnya sinyal yang dipancarkan ma hp di bandara kan juga berpotensi ganggu pesawat yang lagi mo take off ato landing juga...
Malah kalo kata bokap,ada negara yang waktu masuk ke ruang tunggu, hp harus off karena mengganggu pesawat yang mo take off dan landing... CMIIW

idiot1234556
20-06-2007, 17:39
Gitu ya? Tapi gua ga pernah matikan hp kok kalo naek pesawat, dan kalo udah stabil pada ketinggian sekian ribu kaki, sinyal di hp kita tidak akan bisa masuk. artinya no network. CMIIW, emang kenyataan nya seperti itu kok.

waduh,kalo se-pesawat ama lu..................gw bisa ga tenang deh..:D
Peace

chickensoup
20-06-2007, 19:11
sinyal memang ga masuk, tapi HP kita kan terus menerus mancarin gelombang buat dapetin sinyal yang ilang itu....
Gelombang itu yang ganggu pesawat.... CMIIW

gw mah waktu kluar dari ruang tunggu, pda langsung masuk flight mode.
Soalnya sinyal yang dipancarkan ma hp di bandara kan juga berpotensi ganggu pesawat yang lagi mo take off ato landing juga...
Malah kalo kata bokap,ada negara yang waktu masuk ke ruang tunggu, hp harus off karena mengganggu pesawat yang mo take off dan landing... CMIIW
Mestinya di sekitar bandara ga ada bts skalian, jadi orang mikir nuat apa nyalain hp, toh pasti ga ada sinyal....:)

Radeon
20-06-2007, 20:55
ada cerita lama nihh

menang dehh :D

selama take off dan landing, semua alat elektronik harus dimatikan :rolleyes: :rolleyes: :rolleyes: :rolleyes: :rolleyes: :mad: :mad: :mad:

ucup889
20-06-2007, 21:05
makanya gw cuman naik pswt dlm hitungan jari.....

gawat kalo ketemu org ngeyellllllllllll :nana:



gitu ja reporttttttttttt .......... :whistle:

ezarcoolz
20-06-2007, 21:32
Btw, ada yang pernah naik pesawat ga sich? Kalo kita naek pesawat, emang kalo kita nyalakan hp. Di atas ketinggian beberapa ribu kaki masih ada sinyal ya? :laughatr: Udah pernah coba belum sich TS? :D

Kalo udah diatas(diatas+10000kaki) gak ada sinyal(No network service) soalnya gw pernah liat orang disebelah gw nyalain hp pas diatas cuma buat dengerin mp3.

Pramugari kurang ketat juga sih,
waktu itu ada orang anak muda yang malah telpon pas mo take off,
pas pramugarinya lewat,
hp anak muda itu disimpan di kantong jaket dalam keadaan menyala.

ezarcoolz
20-06-2007, 21:34
Mestinya di sekitar bandara ga ada bts skalian, jadi orang mikir nuat apa nyalain hp, toh pasti ga ada sinyal....:)

tapi saat di ruang tunggu di nyalakan untuk kontak keluarga kan nanti susah.
Tergantung kesadaran Manusia.
:):):)

ezarcoolz
20-06-2007, 21:43
Mungkin barang elektronik seperti (laptop,gameboy,pda) dimatikan pada saat take off, karena ada logam ato elektromagnet, bener gak tu??
:):):):):)

zentrad
20-06-2007, 21:48
errr...fisrt post kinda hoax
AFAIK pondel cuma menganggu komunikasi penerbangan gak ada sangkut paut dgn kecelakaan turbin deh

Kalo emang electronik device dan internet dilarang...mengapa kabin 1st class disediakan colokan buat lappie dan i-net gratis ya?

Dan 1 lagi utk bbrp maskapai penerbangan int di pesawat dah ada alat utk memutus segala macam sinyal yg dapat menggangu penerbangan...di ekor pesawat kayak-nya

BTW bbrp taon lalu pas ke china, di kabin pesawat ada org marahx2 krn selular-nya gak bisa dipake:D stl mendarat lgs berisik nelpon sana sini, stl gua tanya ke pramugara-nya katanya sih gpp krn pesawat dah mendarat dan selama terbang emang sengaja di disable sinyal ponsel dll, telp harus pake telp yg ada di pesawat

ezarcoolz
20-06-2007, 21:54
Kalo emang electronik device dan internet dilarang...mengapa kabin 1st class disediakan colokan buat lappie dan i-net gratis ya?

Dan 1 lagi utk bbrp maskapai penerbangan int di pesawat dah ada alat utk memutus segala macam sinyal yg dapat menggangu penerbangan...di ekor pesawat kayak-nya

BTW bbrp taon lalu pas ke china, di kabin pesawat ada org marahx2 krn selular-nya gak bisa dipake:D stl mendarat lgs berisik nelpon sana sini, stl gua tanya ke pramugara-nya katanya sih gpp krn pesawat dah mendarat dan selama terbang emang sengaja di disable sinyal ponsel dll, telp harus pake telp yg ada di pesawat

Itu lain bro, gak semua pesawat punya, cuma maskapai intl. Kalo penerbangan domestik mungkin belom punya.

dewanggaba
20-06-2007, 22:01
Tanya yang pernah naek pesawat aja deh........ :bolt: :hippie:
Read this: http://www.lnicommunity.net/article.php?id=82&type=5

- inf3rn0 -
21-06-2007, 00:35
errr...fisrt post kinda hoax
AFAIK pondel cuma menganggu komunikasi penerbangan gak ada sangkut paut dgn kecelakaan turbin deh

Kalo emang electronik device dan internet dilarang...mengapa kabin 1st class disediakan colokan buat lappie dan i-net gratis ya?

Dan 1 lagi utk bbrp maskapai penerbangan int di pesawat dah ada alat utk memutus segala macam sinyal yg dapat menggangu penerbangan...di ekor pesawat kayak-nya

BTW bbrp taon lalu pas ke china, di kabin pesawat ada org marahx2 krn selular-nya gak bisa dipake:D stl mendarat lgs berisik nelpon sana sini, stl gua tanya ke pramugara-nya katanya sih gpp krn pesawat dah mendarat dan selama terbang emang sengaja di disable sinyal ponsel dll, telp harus pake telp yg ada di pesawat

hm...gw ga yakin itu hoax ato ga. Karena IMO secara logika, itu bener.

di kabin 1st class dimana bro? di pesawat ato di executive lounge di bandara?

trus mungkin memang ada maskapai yang punya alat pemutus sinyal gitu.
Tapi sekarang maskapai indonesia ada yang punya ga?Pesawatnya aja pesawat bekas smua dan buatan taun lama smua...Jadi teknologinya juga masih kuno smua...

Dan link yang dikasih dewa mang bagus, tapi kapan bisa berlaku di indonesia??? orang maskapai kita beli pesawat baru aja ga mampu...

Jadi gw rasa, smentara ini aturan mematikan HP di pesawat masih bisa dikatakan perlu buat indonesia. CMIIW

last_samurai
21-06-2007, 00:45
HP skarang kan udah ada FLIGHT MODE .. tinggal diidupin.. terbang deh !:D

testakraze
21-06-2007, 08:09
barang2 elektronik?
how about kalkulator, gameboy, jam tangan digital, mp3 player,
kamera digital,alat pacu jantung, alat bantu pendengaran,termometer digital,translator?

gua ingat2 jarang banget hp dijadiin alasan kecelakaan pesawat, apalagi bukti2 yang dikasi TS itu semua taun 90an
(pesawat kita emang aktif dari taun 80an pensiun 90an dibeli terus dipake di indo deh :D)

mupit
21-06-2007, 09:25
Dikasih kantong faraday, ponsel gak bisa dipake dah :D

- inf3rn0 -
21-06-2007, 09:55
barang2 elektronik?
how about kalkulator, gameboy, jam tangan digital, mp3 player,
kamera digital,alat pacu jantung, alat bantu pendengaran,termometer digital,translator?
setau gw kalo alat2 pemakai batre gitu gpp d dipake di pesawat.Karena dia kan ga mancarin sinyal apa2.
Elektronik yang dilarang kan kalo dia bisa mancarin ato terima sinyal. Seperti HP, radio, HT. CMIIW


gua ingat2 jarang banget hp dijadiin alasan kecelakaan pesawat, apalagi bukti2 yang dikasi TS itu semua taun 90an
(pesawat kita emang aktif dari taun 80an pensiun 90an dibeli terus dipake di indo deh :D)
kan seperti gw bilang diatas, di luar negri mungkin dah ga masalah karena pesawat baru semua..
Tapi di indonesia,maskapai mampunya sewa pesawat bekas. Jadi teknologi terbaru pasti ga ada...



Dikasih kantong faraday, ponsel gak bisa dipake dah :D
kantong faraday apa sih? :confused:

feiz
21-06-2007, 10:30
This is the fact



Forward dari milis sebelah, tulisan seorang pakar
penerbangan..

Salah satu paragraf menarik:

Masalah mengapa HP harus dimatikan di pesawat terbang
adalah karena
adanya prinsip "preparing for the worst scenario" yang
berlaku dalam
setiap operasi
wahana transportasi udara. Yakni pada setiap operasi
pesawat terbang
semua jenis potensi dan benih benih kecelakaan harus
dihilangkan,
melalui "defence
mechanism" yang secara sistim terejawantah dalam
"rules and
regulations" , "manual operasi", "management dan
organisasi operasi
maskapai penerbangan"


Dlm desain pesawatk kl gw gak salah bener2
mensyaratkan probabilitas kegagalan yg sangat sangat
kecil. Ttg pendapat adakah pengaruh sinya BTS atau
tidak, mnrt gw sinyal BTS ato HP pasti sudah
diantisipasi dan sebisa mungkin pesawat didesain untuk
tidak terpengaruh. Tp tindakan pencegahan mutlak
perlu..
tentang flight mode :



Flight mode on:
http://en.wikipedia.org/wiki/Flight_mode

Flight mode (or airplane mode) is a feature included
in some electronic devices that deactivates radio
transmitters and receivers.

The term is something of a misnomer, as many airlines
continue to prohibit all use of cell phones on
aircraft, with some specifically announcing onboard
that even cell phones with a flight-safe mode may not
be used inflight (citation needed)
jadi??




Mematikan HP dan Peralatan elektronik itu hanya untuk PRECAUTION.


ini ada artikel bagus




http://electronics.howstuffworks.com/question230.htm

ridsa
21-06-2007, 11:20
pengalaman gua naik pesawat gitu juga sih, malah pesawat baru mendarat semua pada rame menyalakan hp, malah kadang kalau sedang transit dan tidak turun dari pesawat terus lagi isi bahan bakar ehhh....ada yang malah sibuk menelpon dan sms ria.....mau nengur juga mah bisa-bisa bikin adu fisik :D tauklah orang sini kualitas otaknya kurang dibanding otot.

kathmandude
21-06-2007, 11:56
gw setuju ama bro Feiz,
semua itu utk precaution supaya tdk terjadi hal2 yg masih diluar
pengetahuan para ilmuwan karena belum ada penelitian yg cukup mewakili.

ezarcoolz
21-06-2007, 17:24
http://electronics.howstuffworks.com/question230.htm

artikel diatas telah menjelaskan mengapa hp tidak boleh di pesawat.
:)

dereverse
21-06-2007, 22:50
masalahnya ga semua orang yang punya hp itu punya "otak". Ga punya "otak" jg ga ngapa2 sih asal kepalanya bukan dari beton.. Dikasi tau ga malah nyolot

De Res
21-06-2007, 23:09
memang dibeberapa negara didalam pesawat skrg dah boleh make hp tapi itu kan di negara maju yg pesawatnya baru2 dan canggih..nah klo diindonesia kan pesawatnya dah belasan bahkan mungkin puluhan tahun :D

gw suka bete plus benci dan sebel klo naik pesawat trus org sebelah gw ga matiin hapenya...karena gw kan ga mau pesawat yg gw tumpangi jatoh hanya gara2 ada hape yg ga dimatiin :(( pengen gw jitak tu orang

vaporizel
23-06-2007, 10:08
Btw, ada yang pernah naik pesawat ga sich? Kalo kita naek pesawat, emang kalo kita nyalakan hp. Di atas ketinggian beberapa ribu kaki masih ada sinyal ya? :laughatr: Udah pernah coba belum sich TS? :D

Kalo ada yg begitu langsung ge maki2.. alangkah susahnya mematikan hp, matiin aja kenapa sih? :D

bang zain
23-06-2007, 10:39
Bukanya pelarangan itu lebih ke murni bisnis? di pesawat khan ada telepon juga yang harus bayarnya pakai credit card. satu menit kalo penerbangan internasional biasanya 2 dollar..:D

zentrad
23-06-2007, 14:31
hm...gw ga yakin itu hoax ato ga. Karena IMO secara logika, itu bener.
Dari sini sih:
http://electronics.howstuffworks.com/question230.htm
sama kayak gua bilang, baru kemungkinan



di kabin 1st class dimana bro? di pesawat ato di executive lounge di bandara?

Pesawat lha...SQ, maskapai belanda yg gua lupa nama-nya:D, china airlines?
Terakhir gua pake 1st class utk perjalanan lebih dari 6jam(woo hoo, 6jam serasa 2jam:D)



trus mungkin memang ada maskapai yang punya alat pemutus sinyal gitu.
Tapi sekarang maskapai indonesia ada yang punya ga?Pesawatnya aja pesawat bekas smua dan buatan taun lama smua...Jadi teknologinya juga masih kuno smua...
Gak tao, jarang pake maskapai lokal kecuali utk ke medan



Dan link yang dikasih dewa mang bagus, tapi kapan bisa berlaku di indonesia??? orang maskapai kita beli pesawat baru aja ga mampu...

Jadi gw rasa, smentara ini aturan mematikan HP di pesawat masih bisa dikatakan perlu buat indonesia. CMIIW
lebih baik mencegah drpd mengobati bukan:)

ezarcoolz
23-06-2007, 17:20
lebih baik mencegah drpd mengobati bukan:)
Setuju Kalo Pesawat yang kita naikin jatuh dan meledug kan repot itu.

idiot1234556
23-06-2007, 19:16
di kabin 1st class dimana bro? di pesawat ato di executive lounge di bandara?


1st classnya pesawat lufthansa , dah bisa buat hp ato internet..

idiot1234556
23-06-2007, 19:21
Btw,knp di dalem pesawat waktu isi bahan bakar kaga boleh nyalain hp?
Kantong Faraday apaan sih??

bennix
23-06-2007, 19:52
Gue lebih sebel lagi kalo ada yang mainin HP dipom-bensin. Biasanya, gue bilang mas tukang ngisinya mau isi berapa liter dulu...terus ngibrit 3-5 meter dari mobil. Kalo udah full baru balik lagi gue kemobil.

Parno kali yeh gue.....

Advanced_Idiocratic
23-06-2007, 19:59
apa sih susahnya matiin hape di pesawat?
business hitungan milyaran jadi batal? toh uang sebanyak itu ga dibawa ke kubur.

business yg pintar dan cerdik, mengerti apa itu fitur "divert". divertkan saja ke sekretaris untuk menjelaskan bahwa anda sedang berada di dalam pesawat untuk beberapa jam.

- inf3rn0 -
24-06-2007, 20:12
Bukanya pelarangan itu lebih ke murni bisnis? di pesawat khan ada telepon juga yang harus bayarnya pakai credit card. satu menit kalo penerbangan internasional biasanya 2 dollar..:D

kalo penerbangan internasional sih ada...tapi penerbangan domestik di indonesia mana ada telepon pesawat?



Pesawat lha...SQ, maskapai belanda yg gua lupa nama-nya:D, china airlines?
Terakhir gua pake 1st class utk perjalanan lebih dari 6jam(woo hoo, 6jam serasa 2jam:D)


1st classnya pesawat lufthansa , dah bisa buat hp ato internet..
waduh...itu kan maskapai penerbangan elit dari luar negri smua yang disebut.. >.<
maskapai indonesia mah jangan harap bisa begitu...Lagipula itu baru2 aja kan?
maskapai indonesia mana punya duit buat beli pesawat baru berteknologi tinggi gitu? >.<

vaporizel
25-06-2007, 10:30
CMIIW, ge pernah nonton berita bahwa sinyal hp itu menghambat
komunikasi Control Tower <-> Cockpit. apakah itu benar? :confused:

kathmandude
25-06-2007, 10:34
Jangankan nyalain HP di pesawat,
make HP sambil naik motor/mobil aja udah membahayakan orang laen...:D :D
benci gw kalo liat !!

Rudyn
25-06-2007, 12:32
Memang emang rada ngeselin liat orang yg masih nyalain HP ato SMSan di pesawat. Pernah tiga bulanan lalu ada orang luar kayak Arab masih enaknya telpon2xnan di pesawat sama temen2xnya, udah dibilangin ama pramugari tetep ngotot sampe pilotnya harus marahin dia dulu baru ngerti. Trus gw denger pramugarinya ngata2xin orangnya hehe, yg kalo sy pikir rada kasar jg, tp Arabnya untung ngga ngerti Indo hehehee... :p

Daniella
25-06-2007, 20:46
Gue lebih sebel lagi kalo ada yang mainin HP dipom-bensin. Biasanya, gue bilang mas tukang ngisinya mau isi berapa liter dulu...terus ngibrit 3-5 meter dari mobil. Kalo udah full baru balik lagi gue kemobil.

Parno kali yeh gue.....

Yeah..thats a really pain in the axx. Menurut pengalaman saya, hanya SPBU Shell yang petugasnya begitu ngotot untuk nyuruh pengemudi mematikan HP mereka diareal SPBU. :)

šuma pertamina juga yang šukup gila untuk menerima pengisian bensin menggunakan dirigen plastik. Edun, gak pernah mikir kalo seandainya terjadi gesekan aliran listrik statis disana. :wakeup2:

feiz
26-07-2007, 12:51
http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/26/time/121500/idnews/809725/idkanal/317

ini pasti pake gelombang radio kan?
sama aja dgn hp kan?

masih ada yg bilang make hp di pesawat berbahaya? ;)

MacOS X-Rider
26-07-2007, 13:57
kalo dah ada technology di atas sih berarti pesawatnya dah di-up-grade biar bisa make technology itu ... lagian maskapai yang disebut itu punya luar negeri semua ... jangan disamain ama indonesia ...

laziale
26-07-2007, 14:02
Di Indo maskapai buat ngerawat pesawat aja ga ada duit, apalgi mo nambah teknologi...

Gunawan_Y
26-07-2007, 14:09
Klo mau nunggu nteknologi itu ada di Indo, sepertinya tunggu aja 10-15 tahun lg, waktu pesawat-2 mereka sekarang dah pada dijadikan barang sewaan lalu disewa sama maskapai penerbangan Indo...:D

zie_is_back
26-07-2007, 14:15
http://www.detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/26/time/121500/idnews/809725/idkanal/317

ini pasti pake gelombang radio kan?
sama aja dgn hp kan?

masih ada yg bilang make hp di pesawat berbahaya? ;)

itu maskapai luar bro...wajar aja

Kalo maskapai dalam negri sepertinya masih jauh dah dari yang begituan... pada umumnya kan maskapai domestik pake pesawat bekas dari maskapai luar so otomatis kalo masalah di segi teknologi udah jauh ketinggalan.

Gimana mau nge-upgrade teknologi pesawat .. orang buat biaya pemeliharaan aja gak cukup.

Kebanyakan sih masih pake semboyan:
"dengan biaya yang seminimal mungkin, bisa menghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin"

Din4r
26-07-2007, 14:28
kita tidak bisa menyalahkan kepada pengguna HP sepenuhnya, memang itu adalah kesadaran dari pengguna, tetapi itulah manusia tempat khilafnya (lupa), seharusnya pada pihak penerbangan memberikan pelayanan yg penuh kepada kepedulian penumpang, sebelum melakukan penerbangan seharusnya diberikan pengarahan kepada para penumpang "itulah yg dinamakan pelayanan", begitu juga dari pihak pembuat pesawat, bagaimana membuat/menciptakan suatu alat yang dapat mencegah atau dengan kata lain menonaktifkan/memutuskan sinyal selama melakukan penerbangan, itulah yang dinamakan manusia yang dapat berpikir cepat dan peduli karena kita adalah manusia yang bersosialisasi, regard

zie_is_back
26-07-2007, 14:43
... seharusnya pada pihak penerbangan memberikan pelayanan yg penuh kepada kepedulian penumpang, sebelum melakukan penerbangan seharusnya diberikan pengarahan kepada para penumpang "itulah yg dinamakan pelayanan"...

Kalo yang ini sih udah dilakukan bro... coba saja naik penerbangan domestik... kalo misalnya mo take off, si mabk pramugarinya udah ngomong suruh matiin hp. Tapi tetep aja, ada yang ngeyel masih ngidupin.... nah lho!! gimana dong???

Kalo teknologi yang buat begituan sebenarnya dah ada tapi kan tinggal masalah belinya. Kalo buat maskapai domestik sepertinya masih hanya mimpi alias masih lama kita bakal ngerasain teknologi begituan, maybe 5 ato 10 tahun mendatang, maybe....:D:D

arkangels
26-07-2007, 15:32
Kalo yang ini sih udah dilakukan bro... coba saja naik penerbangan domestik... kalo misalnya mo take off, si mabk pramugarinya udah ngomong suruh matiin hp. Tapi tetep aja, ada yang ngeyel masih ngidupin.... nah lho!! gimana dong???

Mo share aja nih,...pengalaman,...waktu itu gw mo blk liburan,...balik kampung ceritanya,biasa pas naek ke pesawat gw masih terima sms,..sekalian maksud gwe mo ngasih tau ama orang tua klo gwe dah boarding,..maskapainya sebut aja maskapai G,..gw br masuk di liat ama pramugara masih nenteng HP aktif,...langsung aja gw dideketin "mas HPnya matiin"kata si pramugara,...sampe 3x dia bilang+rada dongkol,..ya gw tau gw salah harusnya emang ga boleh bawa hp aktif ke pesawat,...tapi gw niatnya emang gw mo matiin bentar lagi,..gw juga tau lah ga boleh pake HP di pesawat,akhirnya gw ngalah,...langsung gw matiin tanpa ba bi bu,..udah,..pas gw duduk nunggu penumpang laen masukin barang ke lemari di atas pesawat tuh,...,dateng bapak2,..bossy bngt lah,..nenteng hp,..nelp,...dengan cueknya,..eh di diemin aja ama pramugara&pramugari,...DONGKOL!!!!!,....malah di bantuin lagi ngangkat tas ke atas,...saya langsung bilang "itu kenapa boleh pake hp,.?" ke pramugara,..eh malah saya yg di pelototin,...wah klo inget di pesawat dah gwe tonjokin tuh orang,.. gw dulu suka nonton LION MAN,Blom tau dia,..:D:D:D(kidding),dan yang lebih dongkol,..ternyata banyak penumpang laen yang belom matiin hp,..padahal pesawat dah Taxi ke runway:eek::eek:,...yah itulah indonesia penampilan aja keren otaknya ga ada,...:laughatr::laughatr:,..thanks

------------------------------------------------------------------

chickensoup
26-07-2007, 17:21
Eh, kalo dengerin musik pake mp3 player boleh ga sih di pesawat??

Gunawan_Y
26-07-2007, 23:46
Eh, kalo dengerin musik pake mp3 player boleh ga sih di pesawat??
MP3 Player sepertinya gak masalah koq, Bro...:)
Aku pernah lihat ada orang yg pake MP3 Player cuma didatengin sama pramugari dan diperiksa device yg dia bawa apa bener-2 MP3 Player, udah gt ya beres...:D Tp saran aja, sebaiknya jangan pakai MP3 Player di pesawat...:D

Fatal1ty
27-07-2007, 01:39
Eh, kalo dengerin musik pake mp3 player boleh ga sih di pesawat??

Boleh, cuma pas mo take off ato landing, headset/earphone harus dilepas, jadi klo misalnya ada kejadian yg sifatnya emergency, kita bs langsung tahu, dan merespon dengan cepat.
Gw aj klo di pesawat pasti denger mp3 koq, kecuali diajak ngobrol sama org sebelah. (cewe lbh diutamakan) :D

chickensoup
27-07-2007, 14:17
@ gunawan & fatality

Oh, jadi gapapa toh. Waktu itu gw disuruh matiin Mp3 sama nyokap di dalem pesawat. Bosen deh perjalanan 2 jam...:(

laziale
27-07-2007, 14:18
Sebenarnya barang2 apa aja yg "bermasalah" di pesawat ? HP, trus apa lagi..

chickensoup
27-07-2007, 14:55
Sebenarnya barang2 apa aja yg "bermasalah" di pesawat ? HP, trus apa lagi..
PDA, pager...:D:D

*jk :grin:

laziale
27-07-2007, 17:14
^
PDA ? Kan bisa di flight-mode...

Fatal1ty
29-07-2007, 20:35
@ gunawan & fatality

Oh, jadi gapapa toh. Waktu itu gw disuruh matiin Mp3 sama nyokap di dalem pesawat. Bosen deh perjalanan 2 jam...:(

Gpp bro, cuma pas mo takeoff/landing aj


Sebenarnya barang2 apa aja yg "bermasalah" di pesawat ? HP, trus apa lagi..

AK47, M16
:bolt:

memed
30-07-2007, 02:04
Rokok n Ganja juga...pas ngisep pasti disuruh matiin ...:D

laziale
30-07-2007, 13:20
^
Gak juga.. Kan bisa ngisep di WC...

feiz
30-07-2007, 13:32
^
Gak juga.. Kan bisa ngisep di WC...

emang bs lolos sampe masuk kabin pesawat? :D

laziale
30-07-2007, 13:35
Bisa dong.. Klo gak bisa, lo gak hebat... :D

king_aria
30-07-2007, 13:37
nggenjos dalem pesawat?
ha3x ada ada aja

feiz
30-07-2007, 14:38
nge fly beneran tuhh
fly di dlm pesawat yg sedang fly :laughatr:

bwakakakakakak

Gutten_Teufel
30-07-2007, 15:12
masih bingung soal yang satu ini..
di Ponsel gw sebenernya ada flight mode,cuma tetep aja kalau didalem pesawat gw matiin,buat gw masih belum jelas sih,apakah Ponsel dengan fitur flight mode,bener-bener aman kalau dibiarkan nyala didalam pesawat pada saat pesawat sedang terbang..:)

prima86
30-07-2007, 15:14
kalo logisnya sih ya, barang2 eloktronik yang ga mancarin sinyal apa2 harusnya ga ada masalah dong dinyalain di dalem pesawat..(kecuali bom, ato laptop dell :p jk jk)

matiin aja lah! ato flight mode kalo emang fiturnya didukung..AFAIK kan hp tu perlu waktu buat mengenali BTS yang ada dideketnya, config2 otomatis, dll..nah kalo lagi terbang dengan kecepatan 700++ km/jam si hp ga ada waktu buat config ke btsnya karena baru aja mau config, eh btsnya udah ga kejangkau lagi, nongol bts baru..ga kejangkau lagi, dst, jadi hpnya searching terus..nah sinyal ini yang dikhawatirkan mengganggu sistem navigasi pesawat..dan karna searching terus jadi ngapain juga lo nyalain hp? hehe :D

tp dari sisi lain gw pernah baca si artikel yang mempertanyakan bahayanya sinyal hp yang katanya diragukan bisa memperngaruhi pesawat..tapi yah kata posting terdahulu, mungkin prepare for the worst aja tetep lebih baik

jaelangkung
23-08-2007, 10:09
Mengapa HP harus dimatikan saat di pesawat?



Saya sedih mendengar terbakarnya pesawat Garuda, GA 200 pada tanggal 7 Maret 2007, pukul 07.00 pagi, jurusan Jakarta-Yogyakarta di Bandara Adisucipto. Kejadian itu sungguh menyayat hati dan perasaan.



Kemudian saya teringat beberapa bulan yang lalu terbang ke Batam dengan menggunakan pesawat Garuda juga. Di dalam pesawat duduk disamping saya seorang warga Jerman. Pada saat itu dia merasa sangat gusar dan terlihat marah, karena tiba-tiba mendengar suara handphone tanda sms masuk dari salah satu penumpang, dimana pada saat itu pesawat dalam posisi mau mendarat. Orang ini terlihat ingin menegur tetapi tidak berdaya karena bukan merupakan tugasnya.



Langsung saya tanya kenapa tiba-tiba dia bersikap seperti itu, kemudian dia bercerita bahwa dia adalah supervisor salah satu perusahaan industri khusus mesin turbin. Dia bercerita, suatu ketika saat dia bertugas tiba-tiba mesin turbin mati, setelah diselidiki ternyata ada salah satu petugas sedang menggunakan HP didalam ruangan mesin turbin.

Orang Jerman ini menjelaskan bahwa apabila frekwensi HP dengan mesin turbin ini kebetulan sama dan sinergi ini akan berakibat mengganggu jalannya turbin tersebut, lebih fatal lagi berakibat turbin bisa langsung mati.

Cerita ini langsung saya kaitkan dengan peristiwa diatas, kalau saya tidak salah mendengar mesin pesawat tiba-tiba mati pada saat mau mendarat. Mudah-mudahan peristiwa ini bukan akibat HP penumpang. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk masyarakat yang sering bepergian dengan pesawat. (KOMPAS)

Rakyat kita ini memang High Class.. Handphone-nya Mahal, Transportasi pake pesawat. Tapi bodohnya nggak ketulungan. Ada yang nggak tau kenapa larangan itu dibuat, ada yang tau tapi tetap nggak peduli. Orang indonesia harus selalu belajar dengan cara yang keras.



Buat yang belum tahu, kenapa tidak boleh menyalakan Handphone di pesawat, berikut penjelasannya:

Sekedar sharing saja buat kita semua yang memiliki dan menggunakan ponsel/telpon genggam atau apapun istilahnya. Ternyata menurut sumber informasi yang didapat dari ASRS (Aviation Safety Reporting System) bahwa ponsel mempunyai kontributor yang besar terhadap keselamatan penerbangan. Sudah banyak kasus kecelakaan pesawat terbang yang terjadi akibatkan oleh ponsel.


Mungkin informasi dibawah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, terlebih yang sering menggunakan pesawat terbang.

Contoh kasusnya antara lain:

Pesawat Crossair dengan nomor penerbangan LX498 baru saja "take-off" dari bandara Zurich, Swiss. Sebentar kemudian pesawat menukik jatuh. Sepuluh penumpangnya tewas. Penyelidik menemukan bukti adanya gangguan sinyal ponsel terhadap sistem kemudi pesawat.

Sebuah pesawat Slovenia Air dalam penerbangan menuju Sarajevo melakukan pendaratan darurat karena sistem alarm di kokpit penerbang terus meraung-raung. Ternyata, sebuah ponsel di dalam kopor dibagasi lupa dimatikan, dan menyebabkan gangguan terhadap sistem navigasi.

Boeing 747 Qantas tiba-tiba miring ke satu sisi dan mendaki lagi setinggi 700 kaki justru ketika sedang "final approach" untuk "landing" di bandara Heathrow, London. Penyebabnya adalah karena tiga penumpang belum mematikan komputer, CD player, dan electronic game masing-masing (The Australian, 23-9-1998).

Seperti kita tahu di Indonesia. Begitu roda-roda pesawat menjejak landasan, langsung saja terdengar bunyi beberapa ponsel yang baru saja diaktifkan. Para "pelanggar hukum" itu seolah-olah tak mengerti, bahwa perbuatan mereka dapat mencelakai penumpang lain, disamping merupakan gangguan (nuisance) terhadap kenyamanan orang lain.

Dapat dimaklumi, mereka pada umumnya memang belum memahami tatakrama menggunakan ponsel, disamping juga belum mengerti bahaya yang dapat ditimbulkan ponsel dan alat elektronik lainnya terhadap sistem navigasi dan kemudi pesawat terbang. Untuk itulah ponsel harus dimatikan, tidak hanya di-switch agar tidak berdering selama berada di dalam pesawat.



Berikut merupakan bentuk ganguan-gangguan yang terjadi di pesawat:
-. Arah terbang melenceng,
-. Indikator HIS (Horizontal Situation Indicator) terganggu,
-. Gangguan penyebab VOR (VHF Omnidirectional Receiver) tak terdengar,
-. Gangguan sistem navigasi,
-. Gangguan frekuensi komunikasi,
-.Gangguan indikator bahan bakar,
-. Gangguan sistem kemudi otomatis,


Sedangkan gangguan lainnya seperti:
-. Gangguan arah kompas komputer diakibatkan oleh CD & game
-. Gangguan indikator CDI (Course Deviation Indicator) diakibatkan oleh Gameboy


Semua informasi diatas adalah bersumber dari ASRS.

Dengan melihat daftar gangguan diatas kita bisa melihat bahwa bukan saja ketika pesawat sedang terbang, tetapi ketika pesawat sedang bergerak di landasan pun terjadi gangguan yang cukup besar akibat penggunaan ponsel.

Kebisingan pada headset para penerbang dan terputus-putusnya suara mengakibatkan penerbang tak dapat menerima instruksi dari menara pengawas dengan baik.

Untuk diketahui, ponsel tidak hanya mengirim dan menerima gelombang radio melainkan juga meradiasikan tenaga listrik untuk menjangkau BTS (Base Transceiver Station). Sebuah ponsel dapat menjangkau BTS yang berjarak 35 kilometer. Artinya, pada ketinggian 30.000 kaki, sebuah ponsel bisa menjangkau ratusan BTS yang berada dibawahnya. (Di Jakarta saja diperkirakan ada sekitar 600 BTS yang semuanya dapat sekaligus terjangkau oleh sebuah ponsel aktif di pesawat terbang yang sedang bergerak di atas Jakarta). (Varis/ pertamina)



Sebagai makhluk modern, sebaiknya kita ingat bahwa pelanggaran hukum adalah juga pelanggaran etika. Tidakkah kita malu dianggap sebagai orang yang tidak peduli akan keselamatan orang lain, melanggar hukum, dan sekaligus tidak tahu tata krama?



Sekiranya bila kita naik pesawat, bersabarlah sebentar. Semua orang tahu kita memiliki ponsel. Semua orang tahu kita sedang bergegas. Semua orang tahu kita orang penting. Tetapi, demi keselamatan sesama, dan demi sopan santun menghargai sesama, janganlah mengaktifkan ponsel selama di dalam pesawat terbang.



Semoga suatu hari rakyat kita bisa sedikit lebih pintar.

chickensoup
23-08-2007, 16:22
@ atas ^

Very nice post!! :thumb:
GRP for you!!! :D

testakraze
24-08-2007, 01:37
daripada matiin hp dipesawat kayanya lebih berbahaya bersin sewaktu pemeriksaan flu burung deh
apalagi hidungnya dicubit2 dulu ampe merah abis itu olesin merica wuih mantap digiring deh

OOT END

good-me
24-08-2007, 22:42
Nih kalo masih ada yg gag ngerti kenapa hp gag boleh dinyalakan di dalam pesawat...


Coba HP nya nyalakan dan set ke panggilan cek pulsa ato telp org laen,
terus coba dekatkan ke segala macam speaker !
Dan engarkan bunyi yg sangat2 gangu suara dari speaker!

Bayangkan anda seorang pilot dalam kondisi terbang dengan kecepatan 700 km/jam bahkan lebih dan harus melakukan prosedur pendaratan atau pun penerbangan serta pengkoreksian arah dan tinggi pesawat!
Dan yg terdengar adalah bunyi gelombang HP yg sedang meraung2 menutupi suara asli si menara pengawas yg sedang memberikan informasi vital ke diri Anda untuk keselamatan!

Bayangkan jika itu terjadi ! apalagi di saat Penaratan Darurat !!
ADuh2 gag bakal mau ada dipesawat saat2 seperti itu !


Biasanya orang yg ud tertip mo mtaikan HP itu naek di kelas mahal saja yg peduli akan keselamatan dan etika..
Tapi bayangkan setiap acara pulang kampung dan tiket pesawat murah (All People Can Buy IT)....
Orang2 tersebut masa bodo dengan HPnya! dipikir cuma nada deringnya yg bikin gangu, jadi cuma di silent kan HP nya!
Ud paling ngeri kalo saat begini..........