PDA

View Full Version : [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?



dewanggaba
09-07-2007, 00:59
Guys, mo nanya nih. Tadi sempet chit chat sama temen gua lewat sms, dan gua sempet tanya2 dikit masalah Disc Brake. Hmm... Mo nanya, adakah perbedaan yang signifikan kalo kita ganti disc brake yang sizenya agak melebar daripada ukuran standar? Tau yang gua maksud kan? Soalnya ada motor yang menggunakan disc brake yang ukurannya melewati batas normal.

Nah, yang sekarang mau gua tanyakan. Dampak positif menggunakan disc brake yang sudah mod dan dengan yang original itu kerasa di bagian mananya? atau malah ada jenis disc lain yang mungkin lebih bagus daripada disc brake bawaan motor tersebut? thanks ditunggu pendapat dan infonya. :)

Warlords
09-07-2007, 01:15
setahuku sih makin lebar, makin bagus daya pengeremannya. tapi kalo merknya asal2an bisa jadi lebih jelek dari bawaan pabrik. temen gue pasang disc brake belakang buat mx nya, malah rem kurang pakem apalagi kalo hujan :D

dewanggaba
09-07-2007, 01:22
Lebar permukaan cakramnya kan? atau lebar bentuk discnya aja? Kalo bro Warlords merekomendasi disc merk apa bro? Ada saran? Soalnya ada isu (dari temen) kalo semakin besar cakram semakin goyang kalo melakukan pengereman.

Warlords
09-07-2007, 01:32
kalo merk nunggu komentar yg lain aja. gak tau , soalnya gak pernah ganti. menurutku untuk mesin standar, disc brake bawaan pabrik sudah lebih dari cukup.
untuk gaya2an sih oke2 aja asal cek kualitasnya. maklum urusan rem bisa jadi urusan nyawa :)

sama kayak kasus pelek palang murahan, ada yg kecelakaan gara2 pelknya patah saat lewat jalan rusak. gara2 dia pake pelek palang murahan :(

Alunkkk
09-07-2007, 02:57
wa, menurut gw sih paling aman itu pakai disc brake standar bawaab pabrik..
karena ini menyangkut faktor safety..jadi ada bagusnya kalau nggak usah di ganti2..:)
Disc brake besar itu hanya untuk sekedar gaya2an aja sih..nggak aman malah iya..
boleh saja kalau mau pakai yang besar asal yang branded.. like brembo..:D:D

Turion
09-07-2007, 10:29
gw juga setuju pake yang bawaan pabrik.

soalnya kalo ganti yang besar, tapi cuman asesoris / variasi yang harganya murah bisa nyesel.

Dulu gw pernah ganti pake yang besar, tapi variasi, alias yang harganya di bawah 200.000. Nah ini bikin gw nyesel sampe sekarang.

Kalo memang ada duid dan pgn ganti, beli aja yang benernya. Jangan yang asesoris. Lagian pake disk sebesar itu, biasa karena motornya kenceng, jadi perlu rem yang mantab.

Kalo disk standarnya kecil, artinya sudah cukup dengan mesin standar. :)

D2000
09-07-2007, 10:33
pake disk standar ajah dah bisa stopie :D

oldmrfletcher
09-07-2007, 11:25
IMHO disk brake harus disesuakan dengan beban yang ditanggung, kalau motornya ringan pakai disk brake yang lebar permukaannya pendek masih cukup safe lah (contohnya satria fu).
Kira-kira lebar permukaan diskbrake berbanding lurus sama beban/berat motor, yang penting kualitas material disk+kampas nya juga.

Gw pernah liat motor supra pakai diskbrake depan yang diameternya saingan sama diameter ban :eek:. kayaknya disk brake kaya gitu terlalu pakem deh
CMIIW

nosuchthing
09-07-2007, 12:24
kalo disk brake gak melulu ttg lebar cakram yg palin baik, banyaknya kaliper dan bahan baku yg digunain juga berpengaruh. Kalo mo aplikasi cakram yg beda dari orisinal sih mending dari pabrikan juga, misal szk smash pake cakram ninja. Mungkin....

D2000
09-07-2007, 12:39
yep, gw lebih setuju kalo ganti cakram dengan milik motor pabrikan lain...
tp ada juga custom made yg bagus looh.

contoh nya cakram bikinan pa'kumis, di klaim kekuatan nya sama dengan cakram pabrikan dengan diameter lebih besar

tp gw sendiri sih lom pernah pake :D

Alunkkk
09-07-2007, 23:00
Gw pernah liat motor supra pakai diskbrake depan yang diameternya saingan sama diameter ban :eek:. kayaknya disk brake kaya gitu terlalu pakem deh
CMIIW

kalo yang bro lihat itu, dia bikin custom sendiri velg nya dibuat + cakram..
yang rodanya tengahnya bolong khan?? gw lupa namanya.. ditabloid em'plus mah banyak tuh gambarnya, nggak safety kayak gt mah cuma gaya2an aja..
tapi motor luar ada ngeluarin kok asli dari pabrik yang kayak gt rodanya..


@ALL: pokoknya masalah disc brake bagusnya pakai bawaan pabrik coz udah di setting dengan karakter mesin motornya sendiri, kecuali kalo motor nya udah korek dan pastinya kan kenceng, jadi masalah REM juga harus dimodifikasi biar lebih pakem..

nINJAkECIL
10-07-2007, 01:23
Pernah liat Road Race di Indonesia? ato di Asia? Liat remnya pake apa gak? nah, seperti itulah rem yang pakem. Tapi diliat dulu penggunaan motornya sendiri buat apa? Kalo motornya mesin standar, kenapa harus pake disc brake yang gede? mubazir dan gk ada untungnya sama sekali (kecuali keliatan kerena aja). Dan menurut ane, penggunaan disc brake untuk roda belakang kyknya blom perlu deh kalo untuk motor bebek sekelas 110cc. Dan kalopun ada beberapa motor (contohnya seperti shogun 125RR yg baru) pake disc brake belakang, harusnya pake diameter yang lebih kecil dari yang depan. biasanya motor bebek di Indonesia pake diameter disc brake selebar 220-230mm dengan ketebalan +/- 5,5mm. Jadi ukuran ideal untuk disc brake roda belakang sekitar 170-200mm dengan ketebalan 5,5mm.

Kenapa belakng harus lebih kecil? Karena waktu kita ngerem, beban akan bertumpu ke depan, sehingga bagian roda depan menanggung beban yang lebih besar, jadi prioritas pengereman harus ada di roda depan. Tengok aja di MotoGP. Roda depan pake 2 cakram 310mm dengan bahan karbon, tapi yang belakang cuma 220mm dengan bahan stainless steel. Karena yang belakang 'cuma' dipake buat ngimbangin aja.

Dan kalopun maksa mo pake rem dengan diameter gede, jangn pake yang abal2. Ingat! keselamatan kita taruhannya! Beberapa merk Rem yang bagus:
- Brembo (OEM Ducati dan MV Agusta, kebanyakan dipake tim2 MotoGP)
- Nissin (kebanyakan dipake OEM motor di Indonesia)
- Tokico (OEM Kawasaki motor gede)
- DP Brakes
- Braking (kebanyakan bermain di Motocross, walopun ada yang buat motor jalan raya juga. cirinya, bentuk rem seperti bunga/wavy. bentuk yang sempat ngetrend dan dijiplak di Indonesia)
- EBC
- Galfer

contoh2 rem cakram yang bagus:
http://www.indoupload.com/reg/images/6417brakes.jpg

Memang rem yang bagus harganya pasti mahal. Karena untuk riset dan pengembangan pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit kan? Kalo cuma tinggal jiplak aja pasti gampang. Ada bahan dan mesin CNC, jadi deh.

O, ya hampir lupa. Kalo rem depan/belakang mo bener2 pakem. Jangan lupa juga pake Kampas rem yang bagus. Bawaan pabrik (OEM) rata2 sudah bagus. tapi ada beberapa yang dijual di dealer resmi tapi buatan lokal. Kualitasnya nggak sebagus OEM. Ane udah buktiin sendiri. Kampas Suzuki OEM harganya Rp. 125rb, sedngkan buatan INDOM***L cuma 17,5rb. Soal kepakeman, jauh banget deh. mending pake agak mahaln dikit tapi hati tenang.

Trus, pake juga minyak rem yang udah direkomendasikan oleh pabriknya, dan paling nggak 6 bulan sekali dikuras, buang angin2 yang ngendap di dalam biar nggak ngempos. Kalo mo lebih bagus lagi, pake Braided Steel BrakeLines. Selang rem yang dibuat pake anyaman kawat baja. nggak gampang melembung karena tekanan tinggi...

dewanggaba
10-07-2007, 01:38
Wow... Nice info bro, sangat tercerahkan banget sampe sedetail ini. Hmm.. Nanti ada rencana sih untuk ganti ke motor baru, nah cakram yang semi gaya tapi agak manteb dan berbanding lurus sama price dan performance yang baik apa ya bro? Ow iya, yang ada di gambar sebelah kiri atas itu merk apa bro? Keknya tertarik yang itu, keren. :thumb:

Hmmm... Kisaran untuk brand cakram di atas sekitar berapa bro? Lebih dari 1 juta kah? Atau berapa? Emang cakram yang untuk modeling biasanya sekitar berapa ya bro? Perbedannya terletak di bagian mana? Bahan? Ketebalan? Atau ada yang lain?

GRP Sent. :)

- inf3rn0 -
10-07-2007, 01:46
IMO kalo mesin ga dikorek extrim,ganti cakram malah jadi pemborosan duit >.<

tapi mo cakram sebesar apa juga sebenernya banyak hal yang nentuin kualitasnya..
- kualitas bahan cakram (AFAIK yang paling bagus itu keramik..)
- ketahanan panas cakram (Harus tahan panas tinggi dan HARUS cepet dingin lagi...kalo memuai terus malah kualitas pengereman jadi turun drastis)
- berapa piston yang dipake buat rem-nya (makin banyak=makin pakem..)
- kualitas sepatu rem (AFAIK bisa pake keramik ato karbon..)
- kualitas minyak rem dan selang rem (jangan yang cepat memuai..untuk harian pae DOT 3 dah cukup. kalo main extrim bisa pertimbangkan DOT5 yang lebih tahan panas..)

jadi ga selalu punya cakram lebih besar itu = lebih pakem....

nINJAkECIL
10-07-2007, 02:10
Thanks buat GRPnya. sent back already :)

Kalo memang bener Cakram buatan pak Kumis bagus, pake itu aja bro. Cuman yang ane rada nggak sreg sih ukurannya yang kelewat gede. Ane liat, pak Kumis buat cakram dengan ukuran 320mm (diameter). Itu terlalu gede untuk ukuran motor di Indonesia, walopun udah full modif. Ente liat di MotoGP kelas 125cc? cakram yang dipake ukurannya 'cuma' 280mm. Sedangkan di motor kelas Kawasaki Ninja 150 RR, cakram yang dipake juga segitu. Jadi pake ukuran segitu udah pas.

Gambar yang sebalah kiri atas itu merknya Braking bro. bikinan Italia. Kalo di Indonesia sih kyknya blom ada distronya, tapi udah banyak yang masukin kyk gini dari maly or Thailand. harganya bervariasi tergantung tipenya. Kalo kyk yang di gambar itu 1jt lebih untuk yang ukuran 280mm. Mngkin antara 1,7-1,9jt. Itu cuma rotornya doank. blom pake kampas rem dan selang/master rem.

Emang mo ganti motor apa bro? Kalo ente ganti (misalnya) dari Suzuki Satria 150cc ke Kawasaki Ninja 150cc, nggak usah ganti rotor cakram. Yang dipake sama Kawasaki Ninja itu udah bagus, apalagi yang tipe KRR. dia pake Nissin punya. Mending ganti Kampas rem pake yang Kompetisi dan ganti selang rem dengan yang pake anyaman kawat baja. Itu udah kerasa banget buat ngerem. Soal merk dan harga yang masuk kantong, main2 aja ke bengkel kompetisi, mereka pasti tau.

Kalo cakram yang cuma buat gaya2an aja sih masih 'murah'. 150-250rb udah dapet yang tampilannya oke. Perbedaannya sih sebenarnya nggak terlalu keliatan kalo dibndingin dengan cakram OEM. Bahan yang dipake masih sama2 Stainless Steel, tapi tingkat kepadatan logamnya pasti berbeda. Yang OEM, campuran logamnya udah diukur dengan tepat, sedangkan yang jiplakan, biasanya dari bongkahan Stainless Steel trus dimasukin mesin CNC, jadi campuran logamnya blom tentu pas untuk rem. Akibatnya nanti bisa:
- Cakram kepanasan, kalo logam kepanasan pasti overheat dan mengembang. Ini bisa membuat jarak antara rotor dengan kampas jadi sempit sehingga bisa terjadi rem yang tiba2 mengunci (!)
- Kalo logamnya nggak bagus, rotor bisa melengkung. Ini nggak bisa diliat pake mata biasa, tapi kerasa waktu kita make rem. Di tangan, handle rem seperti 'ndut-ndut-an', nggak stabil.

Kalo cuma untuk show aja, kan motor nggak dipake, jadi it's Ok kalo mo pake rotor yang mementingkan tampilan aja.

nINJAkECIL
10-07-2007, 02:19
@inf3rno
- kualitas bahan cakram paling bagus saat ini untuk motor bukan keramik bro, tapi Karbon. Kekurangannya, hanya efektif untuk suhu tinggi. Jadi kalo untuk motor harian, nggak ada bagus2nya.malah seperti bunuh diri. sewaktu kecepatan sktr 100km/jam dan handle rem ditarik, nggak akan berasa apa2 karena piringan karbon blom cukup panas, tapi begitu udah mauk ke suhu optimal. DANG! seperti menghantam tembok beton. Pakem banget! Untuk kompetisi pun, hanya sekelas MotoGP dan Superbike yang pake Karbon

- setuju dengan ketahanan panas rotor

- Nggak juga banyak piston=makin pakem. Ini berkaitan dengan kualitas Caliper Rem juga. Tapi generalisasinya memang begitu. semakin banyak piston di kaliper=makin pakem.

- Kampas rem yang kebanyakan beredar di sini masih pake campuran asbes bro. Padahal di luar udah dilarang karena bahan campuran asbes mengeluarkan zat yang berbahaya sewaktu digunakan sebagai bahan campuran kampas rem.....

R9600@550mhz
10-07-2007, 02:22
Thanks buat GRPnya. sent back already :)

Kalo memang bener Cakram buatan pak Kumis bagus, pake itu aja bro. Cuman yang ane rada nggak sreg sih ukurannya yang kelewat gede. Ane liat, pak Kumis buat cakram dengan ukuran 320mm (diameter). Itu terlalu gede untuk ukuran motor di Indonesia, walopun udah full modif. Ente liat di MotoGP kelas 125cc? cakram yang dipake ukurannya 'cuma' 280mm. Sedangkan di motor kelas Kawasaki Ninja 150 RR, cakram yang dipake juga segitu. Jadi pake ukuran segitu udah pas.

Gambar yang sebalah kiri atas itu merknya Braking bro. bikinan Italia. Kalo di Indonesia sih kyknya blom ada distronya, tapi udah banyak yang masukin kyk gini dari maly or Thailand. harganya bervariasi tergantung tipenya. Kalo kyk yang di gambar itu 1jt lebih untuk yang ukuran 280mm. Mngkin antara 1,7-1,9jt. Itu cuma rotornya doank. blom pake kampas rem dan selang/master rem.

Emang mo ganti motor apa bro? Kalo ente ganti (misalnya) dari Suzuki Satria 150cc ke Kawasaki Ninja 150cc, nggak usah ganti rotor cakram. Yang dipake sama Kawasaki Ninja itu udah bagus, apalagi yang tipe KRR. dia pake Nissin punya. Mending ganti Kampas rem pake yang Kompetisi dan ganti selang rem dengan yang pake anyaman kawat baja. Itu udah kerasa banget buat ngerem. Soal merk dan harga yang masuk kantong, main2 aja ke bengkel kompetisi, mereka pasti tau.

Kalo cakram yang cuma buat gaya2an aja sih masih 'murah'. 150-250rb udah dapet yang tampilannya oke. Perbedaannya sih sebenarnya nggak terlalu keliatan kalo dibndingin dengan cakram OEM. Bahan yang dipake masih sama2 Stainless Steel, tapi tingkat kepadatan logamnya pasti berbeda. Yang OEM, campuran logamnya udah diukur dengan tepat, sedangkan yang jiplakan, biasanya dari bongkahan Stainless Steel trus dimasukin mesin CNC, jadi campuran logamnya blom tentu pas untuk rem. Akibatnya nanti bisa:
- Cakram kepanasan, kalo logam kepanasan pasti overheat dan mengembang. Ini bisa membuat jarak antara rotor dengan kampas jadi sempit sehingga bisa terjadi rem yang tiba2 mengunci (!)
- Kalo logamnya nggak bagus, rotor bisa melengkung. Ini nggak bisa diliat pake mata biasa, tapi kerasa waktu kita make rem. Di tangan, handle rem seperti 'ndut-ndut-an', nggak stabil.

Kalo cuma untuk show aja, kan motor nggak dipake, jadi it's Ok kalo mo pake rotor yang mementingkan tampilan aja.
Wah kalo gw setuju ma elo bro...

Kalo gw Depan pake standar tiger n belakang pake campuran master ninja + Selang Custom +kawat baja + Kaliper, Piston n Piringan Cakram punya Satria FU.

Sebelomnya sempet pake yang abal-abal, ngga sampe 4 bulan master rem dah bocor. akhirnya gw ganti deh :D


Kalo masalah cakram ngga pakem kalo ujan... posisi Kaliper harus di rubah, supanya ngga kena tempias air dari ban ato dari spakbor.
Kenapa bisa ngga pakem??? krn kompound kanvas rem kebanyakan terbuat dari bahan carbon yang setau gue kalo kena air akan berasa licin dan akan membuat daya cengkram jadi ngga maksimal.

@ninja ngga bisa GRP bro.. kudu spread dulu katanya :D

Alunkkk
10-07-2007, 09:36
- Nggak juga banyak piston=makin pakem. Ini berkaitan dengan kualitas Caliper Rem juga. Tapi generalisasinya memang begitu. semakin banyak piston di kaliper=makin pakem.
yup setuju dengan ini, apalagi yang 4 piston..:p


- Kampas rem yang kebanyakan beredar di sini masih pake campuran asbes bro. Padahal di luar udah dilarang karena bahan campuran asbes mengeluarkan zat yang berbahaya sewaktu digunakan sebagai bahan campuran kampas rem.....
pakai Daytona dunk..;)

oldmrfletcher
10-07-2007, 09:52
kalo yang bro lihat itu, dia bikin custom sendiri velg nya dibuat + cakram..
yang rodanya tengahnya bolong khan?? gw lupa namanya.. ditabloid em'plus mah banyak tuh gambarnya, nggak safety kayak gt mah cuma gaya2an aja..
tapi motor luar ada ngeluarin kok asli dari pabrik yang kayak gt rodanya..


Bukan bro. rodanya normal seperti pada umumnya, ada palangnya. Cuma lingkaran piringan cakramnya itu hampir sejajar sama lingkaran ban. Lebar piringannya juga tipis.

Alunkkk
10-07-2007, 10:01
Bukan bro. rodanya normal seperti pada umumnya, ada palangnya. Cuma lingkaran piringan cakramnya itu hampir sejajar sama lingkaran ban. Lebar piringannya juga tipis.
iyah ada 2 macam bro yang kayak gt cakramnya satu yang rodanya bolong ama yang ada palang nya..IMO, gak guna bgtuan hehhee:D:D
enakan standar, Safety Riding..;)

- inf3rn0 -
10-07-2007, 22:22
@inf3rno
- kualitas bahan cakram paling bagus saat ini untuk motor bukan keramik bro, tapi Karbon. Kekurangannya, hanya efektif untuk suhu tinggi. Jadi kalo untuk motor harian, nggak ada bagus2nya.malah seperti bunuh diri. sewaktu kecepatan sktr 100km/jam dan handle rem ditarik, nggak akan berasa apa2 karena piringan karbon blom cukup panas, tapi begitu udah mauk ke suhu optimal. DANG! seperti menghantam tembok beton. Pakem banget! Untuk kompetisi pun, hanya sekelas MotoGP dan Superbike yang pake Karbon

sip..makasih buat koreksinya bro.. :D

masalah piston sih..memang kembali ke kualias kaliper,tapi mayoritas merk racing itu nambah jumlah piston juga...dan itu punya beda kemampuan yang cukup signifikan..

@ oldmrfletcher : maksud lu kaya model velg di motor2 buell yah?

D2000
11-07-2007, 07:46
iyah yg spt ini

http://www.mcnews.com.au/NewBikeCatalogue/2002/Buell/XB9R/Disc_300p.JPG

tau sendiri kan velg buatan lokal material nya kurang bagus,
takut nya disk nya ketahan ama kaliper, tapi penahan (baut baut disk ke velg) kurang kuat eh malah patah n nylonong gubrak deh

mickwijaya
11-07-2007, 11:16
thread yang menarik, join ah.

klo cakram yang bentuk bunga gitu...brarti permukaan yang contact ama discpad nya cm dikit donk...gk ngaruh ke performa rem?

D2000
11-07-2007, 11:29
http://www.partsmag.com/0604/new-products-0604/MM-brake-disc.jpg

Kalo di perhatiin, disk brake yg bentuk bunga
permukaan yg kena brake pads itu tetap bentuk lingkaran, sedangkan lebihan permukaan dari disk brake itu (kelopak bunga) itu berguna untuk pelepasan panas, semakin luas penampang berarti semakin baik melepas panas

kya HSF ajah, semakin besar semakin baik melepas panas :)

mickwijaya
11-07-2007, 12:08
yup...lingkaran sih pasti...tp mksd g...kontak nya khn lebih dikit krn lubang & coakan nya...beda klo disc race car...meski cross drilled dsb...tp gk ampe bentuk aneh gitu...hehe

R9600@550mhz
11-07-2007, 18:11
http://www.partsmag.com/0604/new-products-0604/MM-brake-disc.jpg

Kalo di perhatiin, disk brake yg bentuk bunga
permukaan yg kena brake pads itu tetap bentuk lingkaran, sedangkan lebihan permukaan dari disk brake itu (kelopak bunga) itu berguna untuk pelepasan panas, semakin luas penampang berarti semakin baik melepas panas

kya HSF ajah, semakin besar semakin baik melepas panas :)
Din
Bukannya Disc yang banyak lobang2 gitu krg bagus. Kan tahanan terhadap hentakan/gesekannya berkurang, gampang bengkok2. mms secara sepintas Gagah.. tapi kalo bikin trouble ajah buat apa?

dewanggaba
11-07-2007, 22:47
^^, bukannya kalo semakin banyak lobang itu semakin bagus? Daya cengkram kan semakin bagus daripada yang lobang sedikit. Kalo alasannya kurang tau, ini kemaren diberitau juga sama temen bengkel di surabaya. Biar ga kepleset kalo ada air yang nyiprat ke cakramnya. CMIIW

2pat
12-07-2007, 00:59
Mendingan rem cakram depan gak usah diutak-atik, apalagi diganti pake variasi. Sebab nyawa taruhannya. Mendingan bikin aja aplikasi rem blkg (kalo motor lu belum punya tapi kalo bisa pake rem buangan dari pabrik laen, misalkan pake rem belakang ori shogun 125, dsb.

2pat
12-07-2007, 01:02
kalo yang bro lihat itu, dia bikin custom sendiri velg nya dibuat + cakram..
yang rodanya tengahnya bolong khan?? gw lupa namanya.. ditabloid em'plus mah banyak tuh gambarnya, nggak safety kayak gt mah cuma gaya2an aja..
tapi motor luar ada ngeluarin kok asli dari pabrik yang kayak gt rodanya..

Namanya hubless wheel, ato bahasa kerennya velg orbit.

nINJAkECIL
12-07-2007, 01:21
Ada yang pernha perhatiin cakram merk Braking? Bentuknya juga wavy seperti itu. Malah lebih ekstrim lagi. Kalo diliat sepintas sepertinya permukaan yang nyentuh ama Kaliper cuma dikit. Tapi, kenyataanya tuh cakram lebih pakem ketimbang model yang bunder berlubang-lubang biasa. Kalo menurut yang ane baca sih, walopun bentuknya aneh gitu, tapi ternyata permukaan yang kena ke kaliper malah lebih gede ketimbang yang bentuknya budner berlubang-lubang biasa.

Coba aja bro2 perhatiin di cakram motor ente2, dari lingkaran cakram, berapa cm lebar yang kena kaliper rem? nggak semuanya kena kaliper/kampas rem kan? paling cuma 3/4-nya. Tapi kalo pake yang modelnya wavy gitu, semua bagian yang seharusnya kena kmpas rem kan terpakai semua.


> Wave profile continuously cleans the pad’s surface, giving unparalleled, consistent braking performance in all conditions
>The Wave profile also adds to the increase in stopping power, is lighter, and improves overall handling and performance

http://www.brakingusa.com/parts/offroad_260_waverotorkit.jpg

Kalo kita pikir2, biarpun modelnya wavy begitu, kalo dia berputar, bentuknya juga menjadi bunder juga kan?

@R9600@500mhz
thanks, gpp kok

@mickwijaya
thanks 4 GRP. sent back already :)

- inf3rn0 -
12-07-2007, 03:58
Din
Bukannya Disc yang banyak lobang2 gitu krg bagus. Kan tahanan terhadap hentakan/gesekannya berkurang, gampang bengkok2. mms secara sepintas Gagah.. tapi kalo bikin trouble ajah buat apa?

tergantung bro...kalo barang bermerek,tentu sudah diperhitungkan. Jadi drill dan slot di cakram bukan mengurangi kualitas pengereman tapi malah menambah..
makanya gw ga pernah ganti cakram ke merk abal2....:D

@D2000 : bener bro..itu yang gw maksud..tapi jangan omong soal tiruannya yah...diliat mata aja kualitas cakramnya da amburadul koq..

temen gw ada yang pake velg dengan cakram ala buell gitu..hasilnya dipake rem terlalu keras cakram malah bengkok. Skarang jadi geter terus setiap kali ngerem...parahhhhh :mad:


^^, bukannya kalo semakin banyak lobang itu semakin bagus? Daya cengkram kan semakin bagus daripada yang lobang sedikit. Kalo alasannya kurang tau, ini kemaren diberitau juga sama temen bengkel di surabaya. Biar ga kepleset kalo ada air yang nyiprat ke cakramnya. CMIIW
lom tentu bro...terlalu banyak lubang juga ga bagus karena luas yang kontak ma kaliper rem berkurang.
Tapi lubang tetep perlu untuk pelepasan panas. Jadi ada batas maksimal dimana luas kontak tetap maksimal dengan pelepasan maksimal pula...
Lagipula bikin lubang itu ga asal lubangin aja loh...karena posisi lubang akan berpengaruh pada kekuatan cakram...kalo asal lubangin aja malah bisa2 cakram jadi bengkok waktu dipake ngerem....

biasanya kalo metode drill (lubang) dah ga cukup, pada cakram akan ditambah metode slotted (cakram bergaris2) tapi ini biasa diaplikasi untuk mobil. AFAIK motor lom ada yang pake cakram model slotted..

tapi buat gw, apapun model cakramnya, gw cuma percaya ma barang bermerk terkenal macam brembo, project myu, nissin, tokico.

gw ga mo ambil resiko beli cakram murah yang malah membahayakan nyawa...soalnya motor ato mobil kan ga bisa direm pake kaki kaya sepeda...
Jadi gw ga mo main2 soal rem >.<

Warlords
12-07-2007, 05:52
sebenarnya dgn top speed "bohongan" 115km/jam di motor bebek kerja disc brake masih santai2 saja kan ? :D

mickwijaya
12-07-2007, 08:02
Coba aja bro2 perhatiin di cakram motor ente2, dari lingkaran cakram, berapa cm lebar yang kena kaliper rem? nggak semuanya kena kaliper/kampas rem kan? paling cuma 3/4-nya. Tapi kalo pake yang modelnya wavy gitu, semua bagian yang seharusnya kena kmpas rem kan terpakai semua.

Quote:
> Wave profile continuously cleans the pad’s surface, giving unparalleled, consistent braking performance in all conditions
>The Wave profile also adds to the increase in stopping power, is lighter, and improves overall handling and performance

mmm....klo liat gambar inset nya itu...mnurut g yang kna brake pad nya cuma bagian luar sesudah kelingan nya (besi bundar yang kayak nyambung bagian dalem & luar)....soalnya...masa sih kelingan kayak gitu bergesekan dengan pad juga?cmiiw....

enaknya sih ada pic yang wave + disc biasa bersebelahan...biar kliatan perbandingan ukurannya. hehe...tp nice info bro ninja...blm bs grp lagi :)

- inf3rn0 -
12-07-2007, 16:32
sebenarnya dgn top speed "bohongan" 115km/jam di motor bebek kerja disc brake masih santai2 saja kan ? :D
yupz...sebenernya mah kalo motor masih standar, disc brake standar juga dah mumpuni koq...

tapi sebenernya masih ada faktor pengendara juga sih...
kalo dia ga tau cara ngerem yang baik dan benar mah pake disc brake yang canggih juga bakal nyelonong terus :(

nINJAkECIL
13-07-2007, 03:20
setuju bro
banyak ane liat naek motor ngerem tapi gas motor masih digeber, nggak dilepas dulu. sama aja "Gas Pol Rem Blong" :D

Bagusnya sih pake rem depan dan belakang brengan. bener gak?

@mickwijaya
thanks bro :)
yg kena kampas memang bgian di luar 'kelingan' kalo bro mick bilang. tapi itu bukan kelingan kok bro. kalo ada rem dengan model dua keping jadi satu kyk gitu, namanya full-floating disc. di dalamnya ada semacam bantalan yang berfungsi sebagai peredam getaran yg timbul akibat pengereman, jadi nyaman. dan juga bilangnya sih lebih pakem ketimbang cakram yg utuh bunder gitu. cuman kalo full-floating nya palsu ya sama aja boong. nggak ada keuntungannya

D2000
13-07-2007, 07:16
:iagree: dah kebanyakan yg beredar di sini adalah palsu.... http://i145.photobucket.com/albums/r212/image2000/grrr.gif

mickwijaya
13-07-2007, 08:06
@ninja : ooo...yang dimaksud full floating tuh itu ya...jadi antara cakram luar & piringan yang nempel ke velg ada bantalan nya di dalem kelingan nya....sip...sip....utang 2x GRP :D

neozen
13-07-2007, 22:02
dampak disc brake yang terlalu lebar adalah
1=riskan akan terjadinya incentrik
2=pengereman tidak bisa halus.. cenderung menyentak..
3=tidak efektif dipasang pada motor standart (bottleneck)

keuntungan
1= kelihatan gahar.. mirip moge gitchu loch :D
2= dapet untung saat mboncengin pacar :p (kerasa banget sampe punngung bergelombang )

- inf3rn0 -
14-07-2007, 00:03
setuju bro
banyak ane liat naek motor ngerem tapi gas motor masih digeber, nggak dilepas dulu. sama aja "Gas Pol Rem Blong" :D

Bagusnya sih pake rem depan dan belakang brengan. bener gak?


AFAIK kalo rem itu depan dulu....
ato kalo mo bareng ya tetep rem depan itu harus diteken lebih kuat daripada rem belakang.
ini untuk meminimalkan resiko ban tergelincir. Kalo belakang kan gampang banget dibikin slide....
memang kalo rem depan terlalu kuat ada kemungkinnan jadi stoppie. Tapi hal itu bisa dengan mudah dihilangkan dengan mengatur posisi badan agak ke belakang jadi ban belakang ga keangkat.

plus kalo gw misalnya rem mendadak,selain pake cara diatas gw tambahin dengan rem mesin. Karena itu efektif banget ngurangin kecepatan
Oper aja gigi ke yang lebih rendah secepet2nya....ada resiko ngerusak mesin sih...tapi karena nyawa gw lebih berharga dari motor,jadi gpp lah :p

CMIIW :D

nINJAkECIL
14-07-2007, 01:52
plus kalo gw misalnya rem mendadak,selain pake cara diatas gw tambahin dengan rem mesin. Karena itu efektif banget ngurangin kecepatan
Oper aja gigi ke yang lebih rendah secepet2nya....ada resiko ngerusak mesin sih.
tapi nggak berlaku buat kawasaki ninja dan temen2ny yg masih 2tak, bener nggak bro? :D ngurangin gas tetep los aja, nggak ada engine breaknya

leeuse
14-07-2007, 13:04
yupp betul boss....
ninin mesti di rem poooll tuhh klo ndadak....engine break mah malah ga terasa bgt...4 tak baru kerasaa bangeett.....:D

Warlords
15-07-2007, 00:01
gara2 itu sebenarnya gue tetep lebih cinta motor 2 tak :D sayang gak mampu beli ninja :D

- inf3rn0 -
15-07-2007, 00:50
tapi nggak berlaku buat kawasaki ninja dan temen2ny yg masih 2tak, bener nggak bro? :D ngurangin gas tetep los aja, nggak ada engine breaknya

betul sekali bro..maap gw lupa tulis..

untuk 2tak memang engine brake nyaris ga ada karena torsi mesin 2tak itu kecil sekali...:( makanya engine brake ga terasa >.<

berarti untuk pemakai 2tak ya...diharapkan memperhatikan kondisi rem dan bisa praktekin safety riding d :)

BTW cara ngerem yang gw tulis itu bener ga sih?itu cuma dari pengalaman aja sih...sapa tau ada yang lebih baik lagi jadi gw juga jadi lebih tau lagi :D

R9600@550mhz
15-07-2007, 02:23
betul sekali bro..maap gw lupa tulis..

untuk 2tak memang engine brake nyaris ga ada karena torsi mesin 2tak itu kecil sekali...:( makanya engine brake ga terasa >.<

berarti untuk pemakai 2tak ya...diharapkan memperhatikan kondisi rem dan bisa praktekin safety riding d :)

BTW cara ngerem yang gw tulis itu bener ga sih?itu cuma dari pengalaman aja sih...sapa tau ada yang lebih baik lagi jadi gw juga jadi lebih tau lagi :D
Menurut Aturan SAfty riding sih, yang depan dulubaru di bantu sama yang belakang.

Tapi bagi gue pribadi lebih efektif belakang dulu 1/2 baru depan. Gw punya pengalaman buruk sama rem depan. udah beberapa kali kalo rem mendadak pake rem depan hasilnya terbanting dengan sukses :D

IMHO Kaliper belakang paling bagus pake yang model ABS. Ngga bakalan sliding kalo dalam kecepatan tinggi.

Setau gw pabrikan lokal yang ngebawa teknologi ini Honda Tiger REVO, Satria FU, Ninja KRR. jadi pilih Kaliper keluaran salah satu dealer model diatas :D

Warlords
15-07-2007, 22:49
IMHO Kaliper belakang paling bagus pake yang model ABS. Ngga bakalan sliding kalo dalam kecepatan tinggi.



tapi katanya gak bikin pengereman lebih pakem ? :confused:


dapat dari forum sebelah (http://www.kaskus.us/archive/index.php/t-271833.html)


Nama atau istilah ABS didapat dari mobil. Seperti yang ada pada sistem pengereman mobil mewah sekarang. Di mobil singkatan dari Anti-lock Braking system. Sistem pengereman terpadu yang diatur komputer. Saat pedal rem diinjak mendadak, komputer ABS akan mengatur agar kaliper rem tidak langsung menjepit mati. Melainkan menjepit dan melepas piston kaliper disk berulang-ulang dalam waktu sangat cepat. Alhasil ban tidak terkunci dan jarak pengereman bisa lebih pendek.

http://www.motorplus-online.com/Articles%5CPrinting%5CV%5C270%5CPictures%5C8585%5C 8585-W120.jpg (http://javascript%3Cb%3E%3C/b%3E:Yxwc%28%29;realview%28%27detail_images.asp?ac t=1&id=4141&imageid=8585%27,%27detail_images%27,%27616%27,%274 50%27%29;)

ABS variasi motor berbeda. Arti singkatannya pun lain. Dari Anti Braking System sampai Anti Block System. Juga beda sistem secara keseluruhan. Bentuknya pun bervariasi, ada yang tabung, bulat, sampai kotak (gbr. 1).

Biar sampeyan nggak penasaran, Em Plus belah daleman ABS variasi buatan Cina merek Zhengyi. Dipasang di antara ujung nipel slang rem dan kaliper disk. Aliran minyak rem masuk dulu ke bagian dalam ABS lewat lubang kecil (gbr. 2).

http://www.motorplus-online.com/Articles%5CPrinting%5CV%5C270%5CPictures%5C8586%5C 8586-W120.jpg (http://javascript%3Cb%3E%3C/b%3E:Yxwc%28%29;realview%28%27detail_images.asp?ac t=1&id=4141&imageid=8586%27,%27detail_images%27,%27616%27,%274 50%27%29;)

Nah, di area dalam ABS, minyak rem bakal menekan piston kecil yang ditahan oleh per di atasnya (gbr. 3). "Saat tuas rem ditarik dan aliran minyak rem ke bawah, tekanan piston ABS membantu dorongan minyak rem ke kaliper," ujar Ari Sandy from HRC Loaxan di Haji Mencong, Ciledug, Tangerang yang menjajakan ABS Zhengyi.

Soal pakem atau nggaknya, belum jaminan. Karena kuat tidaknya tekanan rem adalah kombinasi antara diameter piston di master dan luas penampang piston di kaliper.

"Efek yang terasa ke pengendara, tuas rem lebih empuk saja saat ditarik," kata Sandy. Maksudnya, meski pasang ABS, nggak bakal mengubah pengereman kian pakem, selama master rem dan kaliper masih standar.

Oh ngono tho

nINJAkECIL
16-07-2007, 00:12
@warlords
itu yang ABS abal2 tuh. Kalo ABS setau ane sih singkatannya Anti-lock Brake System. Kalo di Motor, yang jadi pionir pertama BMW. Dan kayanya ABS (Anti-lock Brake System) memang lebih cocok untuk motor2 dengan tipe Touring ato Sport-Touring. Biasanya motor2 tipe kaya gini beratnya lebih gede ketimbang motor sportsbike.

Nah, kalo bener Honda Tiger Revo, Satria FU dan Ninja KRR pake ABS, pastinya pake yang bagus. Kan mereka pake kaliper punya Nissin?

- inf3rn0 -
16-07-2007, 00:47
setuju ma atas gw soal ABS abal2...

soalnya setau gw di mobil itu ABS punya modul tersendiri yang dioperasikan secara elektronik...

jadi gw sih kurang percaya soal ABS motor yang cuma modal pasang alat kecil gitu....

mickwijaya
16-07-2007, 07:58
setuju ma atas gw soal ABS abal2...

soalnya setau gw di mobil itu ABS punya modul tersendiri yang dioperasikan secara elektronik...

jadi gw sih kurang percaya soal ABS motor yang cuma modal pasang alat kecil gitu....
OOT dikit...mgk ABS nya = asal brenti sukur...hehe

yup g jg stuju..soalnya ABS yang bener khn harus bs detek putaran roda yang ngunci & otomatis ngurangin cengkraman rem spy gk ngunci lagi....ABS abal2 gitu...mana bs detek putaran roda?kabel aja gk ada..hehe..cmiiw.

yurisr
16-07-2007, 10:16
ABS dimotor?? buset, harga motor jd naek brapa juta tuh

celesboy1
16-07-2007, 16:56
ABS : Agak Blong Sedikit

iya sih....setuju banget klo abs pasangan sendiri tuh pasti abal2....

btw,abs di satria FU di roda depan or belakang ya?
klo roda belakang nya gw ngga percaya.....soalnya uda gw buktikan injak rem belakang sekuat tenaga dan hasilnya roda belakang terkunci....

:topic:
gw baru aja pasang cakram belakang pake model standar satria 2tak tapi versi kw nya....murah cuma 250rb uda dapet 1set.....mana masang nya gampang lagi(gw pasang sendiri di shogun gw)....hasilnya ok juga.....cuma yg jual bilang sendiri klo karet seal nya ngga sebagus ori.....jd ntar klo uda bocor,cukup ganti seal nya dengan yg ori.....maka hilang sudah masalahnya dan rem kita akan seawet ori.....

klo buat bebek sih.....ukuran standar uda pakem....(asal ori)
gw nyoba rem depan satria FU (yg notabene diameternya lumayan besar)....tapi ngga lebih pakem dari shogun gw yg diameter standar tuh.....

kaya nya dari tadi banyak chippers yg posting klo rem abal2 bisa membahayakan nyawa.....
menurut gw,itu bener banget......bagi yg punya budget berlimpah......

tapi buat gw yg budget <500k rem abal2 ngga semua nya jelek.....
malah dari pengalaman gw.....pemasangan yg presisi dan kelakuan pengendara nya yg harus lebih diperhatikan daripada ke arah abal2/bukan.....

lha wong shogun gw ngga kuat lari sampe >120kph.....buat apa pake brembo segala???

- inf3rn0 -
16-07-2007, 22:35
iya sih....setuju banget klo abs pasangan sendiri tuh pasti abal2....
ga selalu sih bro...mobil bisa koq ditambah modul ABS sendiri. Tapi ABS beneran yah yang beroperasi secara elektronik dan harganya juga jutaan...



kaya nya dari tadi banyak chippers yg posting klo rem abal2 bisa membahayakan nyawa.....
menurut gw,itu bener banget......bagi yg punya budget berlimpah......
wehehehe...lu tadi bilang cakram satria FU yang lebih gede aja ga lebih pakem daripada cakram shogun...
skarang bilang cakram abal2 ga masalah kalo emang budget mepet...wele2....>.< yang asli aja ga lebih pakem apalagi yang palsu bin abal2 :p



tapi buat gw yg budget <500k rem abal2 ngga semua nya jelek.....
malah dari pengalaman gw.....pemasangan yg presisi dan kelakuan pengendara nya yg harus lebih diperhatikan daripada ke arah abal2/bukan.....

lha wong shogun gw ngga kuat lari sampe >120kph.....buat apa pake brembo segala???
gw setuju ma yang gw bold itu...sayangnya kebanyakan orang mikir karena dah ganti rem (ga peduli abal2 ato bukan) jadi ngebut seenak2nya karena mikir pasti bisa brenti karena dah pake rem yang bukan standar...;)

Warlords
17-07-2007, 00:44
@warlords
itu yang ABS abal2 tuh. Kalo ABS setau ane sih singkatannya Anti-lock Brake System. Kalo di Motor, yang jadi pionir pertama BMW. Dan kayanya ABS (Anti-lock Brake System) memang lebih cocok untuk motor2 dengan tipe Touring ato Sport-Touring. Biasanya motor2 tipe kaya gini beratnya lebih gede ketimbang motor sportsbike.

Nah, kalo bener Honda Tiger Revo, Satria FU dan Ninja KRR pake ABS, pastinya pake yang bagus. Kan mereka pake kaliper punya Nissin?

kayaknya di M+ itu ABS buat motor beda deh :confused: mungkin sama singkatannya tapi beda cara kerjanya :confused:

- inf3rn0 -
17-07-2007, 00:47
beda cara kerja tapi hasil sama kaya ABS elektronik ga yah?

soalnya percuma gaya dengan rem ABS tapi jatoh gara2 rem mendadak dan jadi ngunci :laughatr:

R9600@550mhz
17-07-2007, 04:10
tapi katanya gak bikin pengereman lebih pakem ? :confused:


Mmg ABS ngga bikin lebih pakem dari yang tanpa ABS. Kenapa.. kalo Pakem dah jelas tuh motor bakalan sliding alias ngesot. makanya terasa kurang pakem.


Originally Posted by nINJAkECIL http://forum.chip.co.id/images/element/buttons_blue/viewpost.gif (http://forum.chip.co.id/f261-codec/75492-ask-perbedaan-jenis-disc-brake-pengaruh-kah-post1132188.html#post1132188)
@warlords
itu yang ABS abal2 tuh. Kalo ABS setau ane sih singkatannya Anti-lock Brake System. Kalo di Motor, yang jadi pionir pertama BMW. Dan kayanya ABS (Anti-lock Brake System) memang lebih cocok untuk motor2 dengan tipe Touring ato Sport-Touring. Biasanya motor2 tipe kaya gini beratnya lebih gede ketimbang motor sportsbike.

Nah, kalo bener Honda Tiger Revo, Satria FU dan Ninja KRR pake ABS, pastinya pake yang bagus. Kan mereka pake kaliper punya Nissin?
Kaliper Nissin n Master nya juga Nissin.

Gw dah liat sendiri di buku parts nya Suzuki FU. Dan jenis Kaliper di situ mmg ada 2, ABS n NON-ABS. cara bedainnya secara kasat mata, Kaliper yang ABS pasti punya 2 piston, sedangkan yang Non ABS cm punya satu piston.

Kenapa 2???, Sebab ke dua piston itu menekan ke kanvas rem secara bergantian dgn cepat. makanya bisa menciptakan efek ABS.

CMIIW... Peace

R9600@550mhz
17-07-2007, 04:14
beda cara kerja tapi hasil sama kaya ABS elektronik ga yah?

soalnya percuma gaya dengan rem ABS tapi jatoh gara2 rem mendadak dan jadi ngunci :laughatr:

Pada motor... sistim abs akan mengunci pada kecepatan dibawah 30 km/j ato sktr 15 mph. Efek yang sama jg dirasakan pada Moge2... cm pada kecepatan yang berbeda. Temen gw yang pake Apri 125 cerita kalo rem belakangnya mulai mengunci pada kecepatan 25 mph ato sekitar 50 kmh.

CMIIW....;)

R9600@550mhz
17-07-2007, 07:46
Coba aja bro2 perhatiin di cakram motor ente2, dari lingkaran cakram, berapa cm lebar yang kena kaliper rem? nggak semuanya kena kaliper/kampas rem kan? paling cuma 3/4-nya. Tapi kalo pake yang modelnya wavy gitu, semua bagian yang seharusnya kena kmpas rem kan terpakai semua.


Emmm.... kayaknya lebih dari 3/4 deh bro... tapi yang jelas yang bener tuh seperti ini. Dimana seluruh permukaan kanvas menjejak pada piringan

http://smg.photobucket.com/albums/v165/AnakIlang/Meeooww/th_cakramused.jpg (http://smg.photobucket.com/albums/v165/AnakIlang/Meeooww/?action=view&current=cakramused.jpg)

CMIIW

h@n4!
17-07-2007, 08:31
wah jdi byk persepsi nih, jadi utk shoun 125 ane klo mo pake abs yg bagusan kira2 brp duit y, lalu dimana beli & pasangnya y
pertanyaan ke 2 apakah abs bisa diterapkan pada rem tromol

thx

R9600@550mhz
17-07-2007, 08:35
wah jdi byk persepsi nih, jadi utk shoun 125 ane klo mo pake abs yg bagusan kira2 brp duit y, lalu dimana beli & pasangnya y
pertanyaan ke 2 apakah abs bisa diterapkan pada rem tromol

thx
Kalo mau pake yang ABS, bagusan beli 1 Set Punya Ninja ato Satria FU.

errrr... Tromol ABS??? anyone help plis :p

h@n4!
17-07-2007, 08:41
wah emang satria fu ada absnya y, bru tau nihh

kira2 brapa y 1 set abs satria fu hmmmmmm

yurisr
17-07-2007, 08:47
Gw yg pake satria aja br tau kl ada ABS nya
ABS doang....??
Apa mirip doang.......????

celesboy1
17-07-2007, 13:41
ga selalu sih bro...mobil bisa koq ditambah modul ABS sendiri. Tapi ABS beneran yah yang beroperasi secara elektronik dan harganya juga jutaan...

thx koreksi nya bro.....


wehehehe...lu tadi bilang cakram satria FU yang lebih gede aja ga lebih pakem daripada cakram shogun...
skarang bilang cakram abal2 ga masalah kalo emang budget mepet...wele2....>.< yang asli aja ga lebih pakem apalagi yang palsu bin abal2 :p

lho.....bukan nya gt bro....gw khan salah satu bikers yg uda nyoba pake cakram abal2.....dan hasilnya.....sama pakem nya sama yg ori.....cuma bedanya yg ori piringan nya lebih kuat,ngga gampang bengkok sekalipun panas,trus karet seal nya juga bagus sehingga ngga cepet bocor.....jadi maksudnya ori lebih awet.....gitu aja.....bukan lebih pakem(review menggunakan shogun 125R '05 yg sering banget malang-surabaya PP dengan speed max 120kp/h).....ngga tau lagi klo cakram abal2 dipake lari >150kp/h:eyes1:

h@n4!
17-07-2007, 14:15
mungkin aja intinya harga kgk bakalan bohong, yg pasti yg mahal seharusnya lebih bagus, sama sperti velg palang abal2 ama velg asli pabrikan, mungkin yg pabrikan klo nabrak lobang kgk langsung pecah seperti yg abal2 tapi retak2 dlu baru pecah kemudian.

R9600@550mhz
17-07-2007, 15:10
Gw yg pake satria aja br tau kl ada ABS nya
ABS doang....??
Apa mirip doang.......????
Yah kalo mau jelas sih pergi ke dealernya n liat di buku parts nya.
disana jelas2 kok dibilang perbedaan antara Jenis ABS kyk gimana n yang ngga ABS kyk gimana.

h@n4!
17-07-2007, 15:28
wah klo gitu shoun g bsa kgak ya pake parts rem dpannya satria y, boleh juga tuh supaya amannnnnnnn

R9600@550mhz
17-07-2007, 19:55
wah klo gitu shoun g bsa kgak ya pake parts rem dpannya satria y, boleh juga tuh supaya amannnnnnnn
Yang jelas kalo buat rem depan sih sama deh :D
yang beda di rem belakang aja.

kalo mau jelas tanyain aja sama kepala mekanik di bengkel dealer

- inf3rn0 -
17-07-2007, 22:13
Pada motor... sistim abs akan mengunci pada kecepatan dibawah 30 km/j ato sktr 15 mph. Efek yang sama jg dirasakan pada Moge2... cm pada kecepatan yang berbeda. Temen gw yang pake Apri 125 cerita kalo rem belakangnya mulai mengunci pada kecepatan 25 mph ato sekitar 50 kmh.

CMIIW....;)

maksudnya mengunci? memang ABS punya kecepatan minimal buat kerja sih...kalo di mobil biasa pada 20km/h ABS mulai kerja..

tapi gw ga ngerti maksudnya rem mengunci pada 50kmh.. ABS ga kerja gitu?



pertanyaan ke 2 apakah abs bisa diterapkan pada rem tromol

KALO dimobil, jawabannya BISA! tapi kalo di motor gw ga tau d...
ini yang gw maksud ABS elektronik yah....


lho.....bukan nya gt bro....gw khan salah satu bikers yg uda nyoba pake cakram abal2.....dan hasilnya.....sama pakem nya sama yg ori.....cuma bedanya yg ori piringan nya lebih kuat,ngga gampang bengkok sekalipun panas,trus karet seal nya juga bagus sehingga ngga cepet bocor.....jadi maksudnya ori lebih awet.....gitu aja.....bukan lebih pakem(review menggunakan shogun 125R '05 yg sering banget malang-surabaya PP dengan speed max 120kp/h).....ngga tau lagi klo cakram abal2 dipake lari >150kp/h:eyes1:
oh..gitu toh..maapkan gw salah tangkep bro... >.<

kalo masalah pakem sih gw ga tau yah..tapi gw setuju ma lu soal kualitas barangnya.
Yang asli emang pasti lebih kuat dan awet..

BTW gw mo crita, ada temen gw yang beli velg abal2 model satria FU (dah termasuk cakram depannya) waktu gw liat cakramnya, kesan2 gw adalah
- posisi lubang ga simetris di setiap tarikan garisnya..
- lubangnya ga semua bulet..ada beberapa yang lonjong dikit...
- trus lubangnya ga alus..

trus ada lagi yang beli velg, cakramnya malah bengkok. Jadi kalo dipake rem,setang motor jadi geter2 :p

semenjak itu gw ga berani pake barang abal2 >.<
tapi juga ga pake yang custom..ga da duit :( gw tetep standar aja ^^

nINJAkECIL
18-07-2007, 00:21
Teorinya, rem tromol pun bisa pake ABS, asal rem tromol tsb sudah menggunakan master rem seperti yg dipake mobil. Dari master rem tsb, ada sensor yg mendeteksi kecepatan dan putaran roda. sensor ini yang dibaca sama oleh perangkat ABS.

Tapi, selama rem tromol di motor masih menggunakan model jepit tromol tanpa master rem (hanya pake kabel), kyknya nggak bisa deh...

h@n4!
18-07-2007, 09:16
maren tanya set velg palang asli ori suzuki shoun sp + cakramnya

velg depan 475.000
velg blkg 575.000
cakram dpan 128.000
cakram blkg 730.00 (ini udah lengkap ama slang rem, pala babi,dsb)
swing arm 440.000 (ini untuk dudukan bracket cakram blkg)

jadi total bisa abis 2,5 jt utk pasang velg palang ori + cakram blkg + swing arm 1 set

mahalll yaa

yurisr
18-07-2007, 09:20
Emang mahal bro........yg paling mahal emang biasanya master remnya

- inf3rn0 -
18-07-2007, 22:47
maren tanya set velg palang asli ori suzuki shoun sp + cakramnya

velg depan 475.000
velg blkg 575.000
cakram dpan 128.000
cakram blkg 730.00 (ini udah lengkap ama slang rem, pala babi,dsb)
swing arm 440.000 (ini untuk dudukan bracket cakram blkg)

jadi total bisa abis 2,5 jt utk pasang velg palang ori + cakram blkg + swing arm 1 set

mahalll yaa

kalo dah omong barang ori sih emang pasti mahal bro....
tapi kualitas kan ga main2 kalo ori.....

tinggal terserah aja..mo pilih gaya tapi ga aman ato pilih gaya+aman :p

nINJAkECIL
18-07-2007, 23:56
Dn jangan lupa juga: masangnya musti bener. Kalo pake barang ori tapi masangnya sembarangan, sma aja tetep nggak aman. Kalo masang, IMHO lebih ok kalo make kunci torsi dan kekencangannya di set seperti buku manual motor

D2000
19-07-2007, 07:40
Tapi kyana gak semua bengkel punya kunci torsi deh...
Jd kbanyakan pake feeling ajah http://i145.photobucket.com/albums/r212/image2000/smile/embarassedlaugh.gif

h@n4!
19-07-2007, 09:24
kalo dah omong barang ori sih emang pasti mahal bro....
tapi kualitas kan ga main2 kalo ori.....

tinggal terserah aja..mo pilih gaya tapi ga aman ato pilih gaya+aman :p

harusnya pilih gaya - aman + kaya bisa foya2 ato gaya + aman - kereee makan aja nguuutanggg

hehehe

klo masang spare part ori sih harusnya di bengkel resmi deh mereka kan lebih tau gitu, tpi sayangnya jasanya muahal oeyy maren aja tanya klo mo bli nalpot ori lalu ongkos pasangnya brp ya dia bilang ama paking + 50 rb itu udah termasuk pasangggg ckckckc pusinkk diehhhhhh

vince_wonk
28-07-2007, 21:46
mang enak yah pake disc besar? gw perna pake 2 minggu, balik lg tuh. gw pake PSM di Nouvo. pas nikung berat sbelah tuh setang. yg dr pabrik uda terbaik. uda diitung beratnya biar seimbang.

R9600@550mhz
28-07-2007, 23:42
mang enak yah pake disc besar? gw perna pake 2 minggu, balik lg tuh. gw pake PSM di Nouvo. pas nikung berat sbelah tuh setang. yg dr pabrik uda terbaik. uda diitung beratnya biar seimbang.
Weleh2, nouvo pake psm... lucu mas keliatannya. Ngga imbang antara ban n lingkar roda. Makanya terasa berat

adrian
08-08-2007, 04:36
Guys, mo nanya nih. Tadi sempet chit chat sama temen gua lewat sms, dan gua sempet tanya2 dikit masalah Disc Brake. Hmm... Mo nanya, adakah perbedaan yang signifikan kalo kita ganti disc brake yang sizenya agak melebar daripada ukuran standar? Tau yang gua maksud kan? Soalnya ada motor yang menggunakan disc brake yang ukurannya melewati batas normal.

Nah, yang sekarang mau gua tanyakan. Dampak positif menggunakan disc brake yang sudah mod dan dengan yang original itu kerasa di bagian mananya? atau malah ada jenis disc lain yang mungkin lebih bagus daripada disc brake bawaan motor tersebut? thanks ditunggu pendapat dan infonya. :)

Menurut gw pemilihan diskbrake itu harus mengikuti spesifikasi motor itu sendiri dari berat, horsepower yang bisa dihasilkan,tipe atau peruntukannya (trail/sport/touring).. Pemilihan diskbrake dilihat dari lebar cakram/piringan, jumlah piston, n brapa horsepower yang bisa dia tahan, desain dan bahan mudah melepas panas atau tidak..

ngga lupa juga pemilihan bahan dan kanvas rem yang tepat.. secara logika, makin besar piringan yang dipake maka akan memperpendek jarak pengereman..

berdasarkan pengalaman gw, ngga semua diskbrake aftermarket itu lebih baik dari bawaan pabrik motor itu dibuat.. walaupun sama2 memiliki merk yang sama misalnya nissin ato brembo.. blom lagi memilih barang itu asli atau palsu..

celesboy1
06-03-2010, 01:58
nanya juga nih.....pakem mana caliper 1 piston (mio,king,thunder 250, GL series) dgn 2 piston (satria FU ,supraX , satria 120 , ninja) ???

klo misal pakem yg 2 piston....kenapa justru motor laki macam RXking dan GL series yg lebih berat drpd motor bebek malah pake yg 1 piston ???

8370
06-03-2010, 03:04
nanya juga nih.....pakem mana caliper 1 piston (mio,king,thunder 250, GL series) dgn 2 piston (satria FU ,supraX , satria 120 , ninja) ???

klo misal pakem yg 2 piston....kenapa justru motor laki macam RXking dan GL series yg lebih berat drpd motor bebek malah pake yg 1 piston ???

blm pernah nyoba sndiri, ga tau pakem manah..
hmm,, pabrikan pasti dah ngitunglah kenapa pake 1 piston kenapa pake 2 piston dan adanya perkembangan dan inovasi secara kontinyu

sorry kalo jawabannya rada becanda.. :p

nevada
06-03-2010, 06:57
nanya juga nih.....pakem mana caliper 1 piston (mio,king,thunder 250, GL series) dgn 2 piston (satria FU ,supraX , satria 120 , ninja) ???

klo misal pakem yg 2 piston....kenapa justru motor laki macam RXking dan GL series yg lebih berat drpd motor bebek malah pake yg 1 piston ???

MX itu 1 piston kalo ga salah, pernah baca kenapa MX lebih milih 1 piston daripada 2, lebih pakem katanya, tapi ngga tau juga, skrng pake ninin kayaknya lebih pakem ninin punya yang 2 piston deh...

coba ane googling dulu deh....

masalah disc brake pasti lebih bagus yang ori, soalnya kalo pake merk abal2 takutnya itu bahannya ngga bagus, jadi bisa melengkung ato kalah sama kanvas remnya, itu katanya yang punya toko variasi di deket rumah ane, yang bagus itu pake PSM, kalo yang import monggo pake brembo, nissin, tokico, dll, yang sudah terpercaya untuk memberhentikan moge2 disana...

hayabusa pake tokico 6 piston..

barusan googling nemu..


dulu banget, MOTOR Plus pernah menulis kekuatan kaliper satu piston vs dua piston. Dicontohkan pada kaliper Yamaha RX-King keluaran lama yang hanya satu piston. Dan kepala babi RX-King keluaran 1997 ke atas sudah dua piston.Dari tulisan itu terungkap secara teori. Dari perhitungan memang benar lebih kuat 1 piston. Alasannya meski satu piston tapi ukuranya gede. Pendapat ini terus berkembang. Katanya satu piston lebih bagus.Ini pula yang membuat pabrikan Yamaha Indonesia kini merevisi semua kaliper rem untuk produk motornya. Di Yamaha keluaran baru dipastikan sudah memakai 1 piston. Padahal dulunya hanya di RX-King lama dan Force 1. Kini sejak generasi Mio dan MX kembali 1 piston.
Rupanya pabrikan Yamaha juga mengamati kejadian di lapangan. “Kebayakan kaliper 2 piston langganan macet sebelah. Akibatnya hanya satu piston yang menekan kampas rem,” cocor Bule alias Samsuri, mekanik PJ Motor.

Kejadian macet pada salah satu piston kaliper bisa saja terjadi. “Biasanya karena kotor dan salah satu sil macet. Atau bisa juga karena salah satu sil rembes. Akibatnya tekanan minyak rem kurang kuat mendorong piston,” ucap Bule yang asli Kebon, Jeruk, Jakarta Barat itu.

Kejadian seperti ini bisa juga menimpa kepala babi atau kaliper buatan Mona alias motor Cina. Biasanya karena salah satu sil kurang kuat. Akibatnya minyak rem rembes dan tidak kuat menekan salah satu piston. Pantas saja meski dua piston tapi tetap kurang kuat. Kan hanya satu yang fungsi. Akibatnya kurang pakem dong.
Penulis/Foto : Aong/Dok. MOTOR Plus, GT
Sumber: www.motorplus-online.com (http://www.motorplus-online.com)


semoga membantu...

D2000
06-03-2010, 11:30
kaliper saya pake 4 piston, pakem banget tuh :D

Sebenernya mao 1 ato 2 ato 4, kalo di rawat yah pakem pakem ajah... kecuali emang tuh kaliper gag bagus kwalitas nya

celesboy1
07-03-2010, 01:59
waw....baru sehari posting uda banyak yah yg jawab......tp jawaban bro D2000 ngga masuk itungan gw.....kenapa ? karena caliper 4/6 piston.....sangat tidak umum di indonesia.....otomatis yg jual kampasnya ngga banyak.....hehehe

sebetulnya pertanyaan gw yg lebih spesifik sih gini.....gw mau pasang(modifikasi) rem thunder 250 gw pake cakram belakang.....nah ,klo beli ori bekas enaknya pake copotan motor apa ? (brake set moge not included)....sementara sih ane ngincar punya satria 2tak ori(tp carinya susah banget)

klo pake ori FU banyak sih yg jual bekas nya.....tp piringan belakang yg kecil gt apa bisa muat di tromol thunder 250 ???

nevada
07-03-2010, 06:57
waw....baru sehari posting uda banyak yah yg jawab......tp jawaban bro D2000 ngga masuk itungan gw.....kenapa ? karena caliper 4/6 piston.....sangat tidak umum di indonesia.....otomatis yg jual kampasnya ngga banyak.....hehehe

sebetulnya pertanyaan gw yg lebih spesifik sih gini.....gw mau pasang(modifikasi) rem thunder 250 gw pake cakram belakang.....nah ,klo beli ori bekas enaknya pake copotan motor apa ? (brake set moge not included)....sementara sih ane ngincar punya satria 2tak ori(tp carinya susah banget)

klo pake ori FU banyak sih yg jual bekas nya.....tp piringan belakang yg kecil gt apa bisa muat di tromol thunder 250 ???

ane pernah masang di thunder 250 ane yang lama, piringannya sebesar piringan depan shogun kebo om, pakem abis lahh....

kaliper pake yang 2 piston...

@dino : waa, saya jadi ngiler nih om, tapi yang sekarang masih memadai, upgrade selang aja ahhh...

D2000
07-03-2010, 12:05
waw....baru sehari posting uda banyak yah yg jawab......tp jawaban bro D2000 ngga masuk itungan gw.....kenapa ? karena caliper 4/6 piston.....sangat tidak umum di indonesia.....otomatis yg jual kampasnya ngga banyak.....hehehe

sebetulnya pertanyaan gw yg lebih spesifik sih gini.....gw mau pasang(modifikasi) rem thunder 250 gw pake cakram belakang.....nah ,klo beli ori bekas enaknya pake copotan motor apa ? (brake set moge not included)....sementara sih ane ngincar punya satria 2tak ori(tp carinya susah banget)

klo pake ori FU banyak sih yg jual bekas nya.....tp piringan belakang yg kecil gt apa bisa muat di tromol thunder 250 ???

Nah karena gag spesifik, brati jawaban saya sah sah aja kan :)

abis kek nya dah ngejudge klo kaliper dengan piston lebih satu gag bagus, makanya saya jawab itu..



@dino : waa, saya jadi ngiler nih om, tapi yang sekarang masih memadai, upgrade selang aja ahhh...

nabung ajah dl, jgn pake yg "thai" yah :D