PDA

View Full Version : Printer bermasalah karena tinta infus



mupit
21-07-2007, 15:12
Halo semuanya,

Ane sangat mengaharapkan bantuan dari Anda semua. Ane kurang begitu ngerti tentang tinta infus ini. Ane memakai tinta infus merek ShineInk.

Langsung aja yah ke permasalahan. Pada awalnya, printer HP Deskjet 3325 milik ane bekerja tanpa masalah. Namun semenjak diganti tinta infus: Mengapa saat mencetak sering muncul tulisan "Mechanism Error" ( = Error pada bagian Mekanisme)?
Apakah ini berarti ane salah dalam memasang "gantungan" infusnya sehingga menyebabkan head/cartridge menjadi sulit bergerak? Mengapa tinta infus ane tintanya terputus-putus?
Jadi, ada beberapa warna yang tidak keluar karena tinta warna itu serasa "tidak mau jalan" (ada bagian yang kosong, seperti kosong dengan udara). Padahal ane dah mencoba untuk menganggat box tintanya lebih tinggi agar tintanya mengalir. Tapi tetap saja hasilnya nihilSebagai tambahan, inilah "screenshot" instalasi printer ane. (Klik untuk lebih besar)
http://www.indoupload.com/reg/thumbs/1131IMG_1581 (Small).JPG (http://www.indoupload.com/reg/image.php?id=1131IMG_1581 (Small).JPG)

Sebelumnya, ane mengucapkan terima kasih atas saran dan solusinya.

mickeel
21-07-2007, 15:30
Saya akan coba menjawab yg no.1:

Di printer epson yg saya jual(ada 2!), ada juga yg begitu sejenis mechanism error. tapi kalo epson"one of your part is at the end of service" yg artinya sama dgn HP.

Setelah diperiksa ternyata semua pake tinta infus dan baru pakai. Hasilnya dibongkar, dlmnya semua banjir dengan tinta yg bocor, jadi ada beberapa mekanik yg kena tinta yg tumpah dan mengering, sehingga sulit bergerak/macat sama sekali.

kalau yg no.2 semua yg pake tinta infus begitu, kalau ttg hasil cetakan putus2 saya kurang tahu. karena saya tidak pakai tinta infus spt itu.

tonjaya79
21-07-2007, 15:55
...........
Mengapa tinta infus ane tintanya terputus-putus?
Jadi, ada beberapa warna yang tidak keluar karena tinta warna itu serasa "tidak mau jalan" (ada bagian yang kosong, seperti kosong dengan udara). Padahal ane dah mencoba untuk menganggat box tintanya lebih tinggi agar tintanya mengalir. Tapi tetap saja hasilnya nihil. .....................

hp ya........
di selangnya ada udara ngk?
gw sih prefer di suntik aja deh.
coba suntik, trus 'cap' ke tisu ada ngk 3 warna kelihatan
kalo ngk ada yang salah print headnya, bukan infus nya.

btw jangan angkat tinggi2 ya box tintanya, bisa tumpah ruah tinta nya nanti.

mupit
21-07-2007, 17:07
Terima kasih atas jawabannya. Ane mengangkatnya "sewajarnya aja". Karena pada "petunjuk cepat", dikatakan bahwa jika tintanya tidak mengalir maka angkatlah box tinta lebih tinggi dari printernya. Tentang Mechanism Error, bisa juga yah karena mekanisme "kebanjiran" tinta? Tapi mechanism error bukanlah masalah yang cukup besar, karena dia muncul kadang-kadang, namun sekalinya muncul ya menjengkelkan...

Yang ane maksud, pada pertanyaan no.2, ada tinta yang enggak mengalir ke cartridge. Jadi bagaimana caranya agar tintanya mengalir? Ada solusi?
http://www.indoupload.com/reg/images/8884Untitled.jpg

winardi99
21-07-2007, 20:10
Hehehehe.....
Saya pernah pakai infusan merk yang dipakai oleh anda dan confirm memang bermasalah infusan tersebut. Pertama2 tidak bisa mengalir semuanya....selanjutnya banjir.... akhirnya saya ganti dengan infusan merek lain dan berjalan dengan lancar......

babi_panggang
21-07-2007, 20:35
box tinta jangan di angkat terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah posisinya. jika terlalu tinggi maka akan banjir, jika terlalu rendah maka akan berkurangnya daya sedot tinta dari box tinta ke cartridge. box tinta sudah desaign sehingga memberikan tekanan yang dibutuhkan untuk mengalirkan tinta agar tidak banjir.
hilangnya tinta didalam selang bisa dikarenakan terputusnya hubungan antara box tinta dan cartridge. seperti memindahan air dari 1 ember ke ember lainya dengan menggunakan 1 buah selang. bisa juga karena adanya udara yang masuk ke dalam selang dari cartridge.
saya sarankan bawa printer ke tempat anda memasang alat tersebut untuk di servis.
jika anda mo mengerjakan sendiri, cabut ujung selang di cartridge dan sedot dengan alat suntik hingga ke ujung selang. jepit selang tersebut agar tinta tidak bocor keluar. masukan kembali kedalam cartridge(pastikan cartridge tidak kosong dan tidak terlalu penuh). lepas jepitan selang dan pastikan cartridge vakum. kira2 begitu...... dan awas kehilangan/terbuang banyak tinta jika tidak hati2.

COLOR
22-07-2007, 00:00
Dear Mupit,

Mengapa saat mencetak sering muncul tulisan "Mechani.............

Ya, salah konstruksi.

Mengapa tinta infus ane tintanya terputus-putus?
Jadi, ada beberapa warna yang tidak keluar karena tinta warna itu serasa "tidak mau jalan" ..........

Penyebabnya bisa :
1. Surface tension tinta sangat rendah.
2. Terjadi kebocoran pada system CFS.

Dear Mas Mickeel,

Di printer epson yg saya jual(ada 2!), ada juga yg begitu sejenis mechanism error. tapi kalo epson"one of your part is at the end of service" yg artinya sama dgn HP

Salah,

Bila pada Epson : "One of your,,,,,,," disebabkan karena wastepad penuh. Ini dapat terjadi bila sdr terlalu sering melakukan printhead cleaning karena hasil cetak / nozzel ada yang buntu atau bisa juga karena printer sudah dipergunakan dalam jangka waktu yang agak lama.

Bila pada HP ; "Mechani......" disebakan karena printhead carriage tidak dapat bergerak sempurna.

Kedua faktor diatas antara Case Epson & HP berbeda total.

Setelah diperiksa ternyata semua pake tinta infus dan baru pakai. Hasilnya dibongkar, dlmnya semua banjir dengan tinta yg bocor....
kalau yg no.2 semua yg pake tinta infus begitu....

Bila sdr mempergunakan tinta yang layak serta pengerjaan pemasangan system infus dengan baik dan benar maka keluhan sdr tidak akan terjadi.

Dear Mas Babi panggang,

Agree dengan saran sdr untuk meminta pertanggung jawaban dari pedagang yang memasang system infus.

Salam,

mupit
22-07-2007, 07:06
Hmm... sebenernya masalah seperti ini pernah terjadi sebelumnya, sehingga ane membawanya (printer dan infusnya) ke tempat servicenya. Semuanya berjalan sempurna setelah itu, sempurna sekali, bahkan mencetak foto betul-betul real, warnanya kontras, serasa tidak kalah dengan tinta asli. Namun entah mengapa masalahnya terulang kembali sekarang. Apa boleh buat, jadi harus dibawa ke tempat servisnya lagi :(

Ane butuh rekomendasi dari ente semua tentang infus ini. Sebaiknya, jika saya mau menggunakan tinta infus, maka merk tinta infus yang bagus apa dan printer yang bagus untuk diinstalasikan tinta infus apa? Terima kasih sebelumnya,

fansaviola
22-07-2007, 08:09
perlu diingat, sistem infus berjalan jika sistem vacuum, maksudnya di dalam selang tidak ada udara, dan antara tinta di selang dan di cartridge nyambung tintanya (gak da udara).

hal ini pernah terjadi ama infus gw di mp160. ternyata yang masang dudul, gak mempertimbangkan hal tersebut.

mupit
07-08-2007, 16:02
Thanks atas semua saran dan rekomendasinya. Problem solved, walaupun harus mengganti printer...