PDA

View Full Version : [Mobil] Benarkan Kijang Innova boros bbm ?



Perdana
11-11-2007, 23:11
Bener apa nggak yach kata orang kalo mobil Toyota Kijang, termasuk Innova itu sebenarnya boros BBM dibandingkan mobil2 sekelasnya ?
Meski emang sie tergolong mobil......... sejuta umat.... :D

Thangs

zentrad
11-11-2007, 23:37
Gue pake Avanza sudah 1/2tahun gua itungx2 utk jalan jakarta yg selalu macet dan padat ini 1 liter bensin utk 7-10KM:D apakah termasuk boros?

- inf3rn0 -
11-11-2007, 23:38
@ zentrad : biasa aja segitu mah...kan banyak kebuang di macetnya...

buat gw innova bensin = boros.
konsumsi antara 1:6 s/d 1:8 padahal tenaga biasa dan top speed juga biasa...

ga sebanding dengan audi A4 2600cc yang konsumsinya antara 1:7 s/d 1:9 dengan tenaga yang jauh lebih besar...

tapi kalo mau,ambil innova diesel.Gw dah pake dan konsumsi antara 1:12 s/d 1:15
tenaga enak, getaran ga terasa (dibanding phanter), top speed lumayan (140km/h masih dapet walaupun ga secepet yang bensin)

heatpipe
12-11-2007, 01:15
kabarnya Innova memang boros.

A4 ada yang 2600cc ya? setau gw paling 2000cc TFSI ato RS4 4200cc.
lagian A4 pasti minta Pertamax Plus. :D

hendito
12-11-2007, 04:54
bener banget emang boros ... jadi kayak kencing aja tuh bensin ... kekeke

kamera
12-11-2007, 05:03
kabarnya Innova memang boros.

A4 ada yang 2600cc ya? setau gw paling 2000cc TFSI ato RS4 4200cc.
lagian A4 pasti minta Pertamax Plus. :D

A4 yg 2600cc itu yg model lama, akhir 1990-an:)

Advanced_Idiocratic
12-11-2007, 05:57
mungkin tergantung cara pemakaian dan perawatan juga kali ya.
apalagi manual transmission, kan seharusnya ada cara2 tertentu dalam mengendarai mobil biar irit spt ganti gigi sebelum RPM 3 dan dll.

Kill_Me
12-11-2007, 07:44
setuju ama bro Advanced_Idiocratic.. semua itu bergantung ama kaki supirnya...:D

kalo senengnya maen bejek gas ya jadinya boros.. kalo senengnya injek gasnya alus2 aja ya bisa jadi irit.. & jangan rupa perawatan mesin sangat menentukan tingkat boros/gak sebuah mobil...

kalo kijang innova bensin sih emang kayaknya dari sononya ga bisa irit.. seirit-iritnya buat pemakaian dalem kota paling irit 1 : 9

kalo mau innova yang irit ya yang diesel...

Advanced_Idiocratic
12-11-2007, 07:49
ya... sehemat2nya... penggunakan di ibukota sih agak2 bikin sakit hati juga...
irit atau tidak... tetep aja macet:p
saya pake mobil dengan ratio 1:5 - 1:6, automatic transmission, dibilang boros ga juga, dibilang ga boros ga banget, tapi tetep aja pegel di jalan:D

QWERTiii
12-11-2007, 07:49
gw lebih demen yang diesel...:D
gw da coba 2 2 nya punya sodara, yang bensin rada kurang enak...:(
tenaganya (terutama pas tarikan awal) rada kurang...:(
sayang sodara gw kuekueh ambil yang bensin juga...:p

sibibip
12-11-2007, 09:44
sangat benar sekali...
Innova Bensin itu 'haus' banget kalo di dalem kota
kalo dipake keluar kota itu bisa ngirit...menang kenceng doang kalo dibawa di tol. mending pake avanza deh. lebih irit...

kathmandude
12-11-2007, 10:41
@^
2000 cc vs 1600 cc :laughatr:

j2spirit
12-11-2007, 11:16
kesimpulannya : Innova emang boros. trus?
mo irit bawa mobil kecil lah. Jazz ato semacamnya.

kathmandude
12-11-2007, 12:01
pake zebra 1300cc 1 liter = 11,x km masih normal ngga yah..??

Green88
12-11-2007, 15:58
bukanya sekarang mau naik mobil apaan juga pasti boros melihat jalanan ibukota yg makin hari makin macet :confused:
tapi innova 2000 cc mak' gwa isi bensinya 2 hari sekali tu , termasuk boros gak seh sementara itu kijang kapsul GLX 1800 cc yg satu seri sebelum si Innova dulu isi bensinya tiap ari kalo gene lebih boros mana hayo :D

mr_han
12-11-2007, 16:14
setau gw, innova yg ACnya double blower boros, kalo yang ACnya depan aja lebih irit (AC belakang otomatis ikut hidup kalo AC dinyalain)

Fabre_Castlee
13-11-2007, 00:39
bener banget tuh Innova boros (banget), apalagi klo dipake buat ngebut....hehehe...:D

- inf3rn0 -
13-11-2007, 01:06
kalo dipake ngebut sih smua mobil boros bro...

tapi kalo innova sih mo dibejek ato diurut,tetep aja ga bakal tembus 1:10 :(
gw sih puas banget pake innova diesel.. 1:12 dalem kota, 1:15 di tol...
sangat irit kalo tau gw jakarta bogor PP

gsb
13-11-2007, 01:12
wet, untung ada thread ini.. barusan diracunin temen Innova bensin...
dah agak curiga sih emang, tapi dah banyak yang ngomong disini, ga jadi deh... hahahha

yurisr
13-11-2007, 08:40
Kyknya mesin kijang emang dr dl boros. Gw pengguna kijang 1500cc thn 95 jg boros :D
Tp walaupun boros jg tetep mobil sejuta umat, mesinnya bandel heheheh

Sniper_CoEPoE
13-11-2007, 12:14
Drpd innova bensin, mending sekalian fortuner diesel, kek papa gue:p yaris gue aja minumnya 1 : 10, itungannya ngga boros2 amat seh. Yang termasuk kategori boros bagi gue kalo dah tembus 8 ke bawah, amit2 deh mobilnya. Kek CRV oom gue, minumnya 1:7, pertamax pula, ke laut aja tuh mobil...:p
Jazz katanya bisa 1:20, cuma blm tes kebenerannya. Itungan isi bensin punya temen gue seh bisa 1:18.

Usul buat Admin, kalo motor ada threadn masternya napa mobil ngga ada? Ayo dong dibuat:)

gsb
13-11-2007, 15:17
yah kalo innova trus suruh beli fortuner, ga imbang lah...
beda harga...
sekalian aja suruh beli yang mobil konsep pake bensin dikit banget, tapi harga gila gilaan.. hehehe

Perdana
13-11-2007, 17:07
Sepertinya Kijang emang boros semenjak sebelum Innova, bahkan katanya semenjak Kijang Super, meski memang harus diakui mobil ini tergolong mobil sejuta umat karena mesinnya yg bandel & sparepartnya yg gampang dicari dimana2.

Mengenai Honda, Jazz, katanya sie termasuk irit, cuman berapa kilo per liternya. Juga saingan Jazz, yaitu Vios, katanya juga irit banget, makanya dipake buat taksi....... :D

D3vastator
13-11-2007, 17:19
Katanya sih konsumsi bensin Kijang Innova bensin sekitar 1:7.
Badan Innova besar sih, jadi mesinnya berat utk narik badannya itu.

- inf3rn0 -
13-11-2007, 17:44
AFAIK mesin innova diesel ma Fortuner diesel itu sama koq...
tapi karena fortuner lebih gede bodynya,mungkin konsumsi jadi rada boros dikit d..

soalnya fortuner bensin itu bener2 peminum sejati..lebih boros daripada innova

gsb
13-11-2007, 17:47
Sepertinya Kijang emang boros semenjak sebelum Innova, bahkan katanya semenjak Kijang Super, meski memang harus diakui mobil ini tergolong mobil sejuta umat karena mesinnya yg bandel & sparepartnya yg gampang dicari dimana2.

Mengenai Honda, Jazz, katanya sie termasuk irit, cuman berapa kilo per liternya. Juga saingan Jazz, yaitu Vios, katanya juga irit banget, makanya dipake buat taksi....... :D

saya pake Super Kijang G dari tahun 95 bos. Bensin nya 1:15 :D
mwnurut saya dah cukup irit kok..

yurisr
13-11-2007, 18:13
saya pake Super Kijang G dari tahun 95 bos. Bensin nya 1:15 :D
mwnurut saya dah cukup irit kok..

wah hemat bngt, kijang grand extra 95 1500cc gw aja 1:11 luar kota full ac

gsb
13-11-2007, 18:16
yup, ini juga sama 1500 cc bro...
cukup perawatan rutin saja tiap 5000 km :) dan tekanan angin pada ban
tapi kalo lagi rada stress, ya ngegas ga karu karuan, bisa 1:11 juga sih :D walaupun jarang

j2spirit
14-11-2007, 03:06
tergantung bawanya dan cuacanya, jazz bisa sangat irit loh.

pernah kan ada lomba irit2an, Jazz manual di daerah mana gitu (cuaca agak dingin kayak puncak), tembus 1:46 (!).

Advanced_Idiocratic
14-11-2007, 09:23
AFAIK mesin innova diesel ma Fortuner diesel itu sama koq...
tapi karena fortuner lebih gede bodynya,mungkin konsumsi jadi rada boros dikit d..

soalnya fortuner bensin itu bener2 peminum sejati..lebih boros daripada innova

ga juga.... pengisian bisa dikatakan sama... seminggu sekali atau bahkan kalo ga sering dipake 2 minggu sekali.
cuman ya itu..... sekali isinya sekitar 300-350 ribu deh. pake Pertamax Plus, habisnya nanggung pake Pertamax cuman beda dikit, kalo diitung2 ga beda jauh totalnya.

Gear
14-11-2007, 10:06
klo kijang ambil yg seri LX (dibandingkan seri LGX untuk segi pemakaian BBM). Klo overall seri kijang gw lebih memilih ke Grand Extra, termasuk irit (bisa 1:10) dan harga jual stabil serta spare part kaga begitu mahal dan juga mekanik nya udah banyak yg tau. Klo mo irit lagi ambil xenia bisa 1:15 (bukan tol) full AC. Yg irit lagi ambil Jazz seri i-dsi (bisa 1:25).

Sniper_CoEPoE
14-11-2007, 17:32
Yah jazz emang iritnya hebat tapi kalo lawan yaris banyak minusnya, makanya gue pilih yaris:D sama harga dgn yaris aja tapi banyak bedanya, airbag aja yaris dapet, abs, dll. kalo jazz? yg versi tertingginya baru dapet, tapi bakalan beda harga sampe 20 juta dgn yaris gue. Sbg info, gue beli yaris tuh 143 juta, yg jazz lengkap 160 lebih. Udahlah pilih yaris aja:p

aMIRAGE
14-11-2007, 17:52
yep Innova boros bgt, terakhir gw cek mobil temen gw hasilnya 1:7...
1 Kilo butuh 7 litre, hehehe becanda 1 litre utk 7 kilo :P

biar irit kuncinya jgn ampe beban mesin terlalu berat, kyk macet terlalu lama (yg gak mungkin terjadi d Jakarta tercinta ini)..ngebut juga gpp asal timing kopling pas ganti gigi tepat aja, gak terlalu tinggi en rendah di RPM

Perdana
14-11-2007, 17:59
Hmmm.... Untuk mobil yg sekelas & harga kurang-lebih juga hampir sama, kalo bagi orang yg mentingin pengeluaran buat ongkos BBM mobil ya milih yg paling irit donk...... apalagi kalo bedanya lumayan banyak..... :)




Yah jazz emang iritnya hebat tapi kalo lawan yaris banyak minusnya, makanya gue pilih yaris:D sama harga dgn yaris aja tapi banyak bedanya, airbag aja yaris dapet, abs, dll. kalo jazz? yg versi tertingginya baru dapet, tapi bakalan beda harga sampe 20 juta dgn yaris gue. Sbg info, gue beli yaris tuh 143 juta, yg jazz lengkap 160 lebih. Udahlah pilih yaris aja:p

Sniper_CoEPoE
14-11-2007, 18:33
Bedanya emang sih lumayan banyak. Tapi gue nyari selametnya aja. Kalo di luar negri, gue berani beli mobil tanpa abs dan srs, tapi kalo di indo mending jangan deh. brutal semua pemakai kendaraan bermotor di indo, di depan rumah gue aja 1 tahun mati 20 orang pasti, gara2 keluar gang ngga noleh2 lagi + kebut, serem... dan rata2 semuanya mate gara2 kepala ngebentur dan waktu ngerem stirnya terkunci. Itulah guna abs dan srs disini.

Apalagi IMO yaris lebih keren dr jazz, trus bantingan yaris juga lebih empuk drpd jazz, panel yaris juga di tengah, tergolong langka. Yaris kan bagian depannya bisa dimodif jadi V kayak vios, jadinya beli yaris dapet vios:p IMO:p

Fabre_Castlee
14-11-2007, 19:23
Bedanya emang sih lumayan banyak. Tapi gue nyari selametnya aja. Kalo di luar negri, gue berani beli mobil tanpa abs dan srs, tapi kalo di indo mending jangan deh. brutal semua pemakai kendaraan bermotor di indo, di depan rumah gue aja 1 tahun mati 20 orang pasti, gara2 keluar gang ngga noleh2 lagi + kebut, serem... dan rata2 semuanya mate gara2 kepala ngebentur dan waktu ngerem stirnya terkunci. Itulah guna abs dan srs disini.

Apalagi IMO yaris lebih keren dr jazz, trus bantingan yaris juga lebih empuk drpd jazz, panel yaris juga di tengah, tergolong langka. Yaris kan bagian depannya bisa dimodif jadi V kayak vios, jadinya beli yaris dapet vios:p IMO:p

abs sama srs ga ngaruh banyak klo lo cuma narik (rata-rata) sampe 80 km-an/jam, peluang lo ngegunain tu fitur mungkin bs dibilang 1/1000 alias jarang banget, kecuali lu pake buat ngedrift/drag race...

Menurut gw nih, bro :D
Yaris tuh produk gagalnya Toyota, why?
Karena skrg udah dijual dengan diskon yang sangat "tinggi" :D (bisa 7 jutaan lho). Lagipula menurut gw Yaris memiliki bodi mirip sperti Vios habis ketabrak di depan (baca : Vios pesek :D). Center fascia dashboard style jg ga jadi jaminan dlm memberikan pengelaman berkendara yg baru....

Tp no offence nih...Piss :)

hell_freezer
14-11-2007, 22:32
dari pengalam gw, urutan produsen mobil dr yg paling irit sampe boros

1. Honda
2. Suzuki
3. Toyota

toyota mah disemua line up productnya boros2

jfirman
14-11-2007, 22:35
boros atau tidaknya

kembali ke pemakaian... beda yang make beda juga borosnya
tapi klo yang make sama dan beda merk. gw rasa boros di type cc besar yah..
dan settingan mesin..

nurut gw mo irit pake apa aja silahkan.. asal jangan pake truk aja. hehehe

darkkrad
15-11-2007, 00:11
abs sama srs ga ngaruh banyak klo lo cuma narik (rata-rata) sampe 80 km-an/jam, peluang lo ngegunain tu fitur mungkin bs dibilang 1/1000 alias jarang banget, kecuali lu pake buat ngedrift/drag race...

Menurut gw nih, bro :D
Yaris tuh produk gagalnya Toyota, why?
Karena skrg udah dijual dengan diskon yang sangat "tinggi" :D (bisa 7 jutaan lho). Lagipula menurut gw Yaris memiliki bodi mirip sperti Vios habis ketabrak di depan (baca : Vios pesek :D). Center fascia dashboard style jg ga jadi jaminan dlm memberikan pengelaman berkendara yg baru....

Tp no offence nih...Piss :)


Yaris tuh produk gagal bener boss
Mesinnya Sama Persis deh kayaknya
YARIS=RUSH=VIOS

- inf3rn0 -
15-11-2007, 00:49
IMO kesamaan mesin dan platform dalam produksi mobil itu untuk menekan harga jual..
hampir semua pabrikan kaya gitu skarang..kadang2 malah 2 merk berbagi 1 platform.

Macam avanza dan xenia gitu d..bentuk sama persis beda merk doang..

xmbohx
15-11-2007, 07:48
Kembali ke Innova dulu yaks, ama diesel, hehe...

Sempet milih Innova karena bodynya yang tambun yg mntr ane cocok buat keluarga, tp krn cc-nya yang 2000 (bensin) ngelirik d ke LGX 1800 dengan harapan bisa dpt mobil keluarga yang lega dan irit tentunya, hehe... setelah baca thread ini kok sptnya varian Kijang pada boros yah? apa termasuk LGX yang 1800?

lalu peran VVTi apa sie? katanya bisa mengirit BBM?

Ada phanter lawas di rumah, hi grade, mayan irit sie konsumsi bbm-nya. Tp kalo tarikannya udah ngga bagus, palagi buat nanjak, ngos-ngosan deh. kata temen itu emang kelemahan mobil diesel? apa memang begitu yah? lalu phanter dan innova diesel (mmm kalo ngga sala 2700cc) itu ngos2an juga?

xmbohx
15-11-2007, 07:49
Kembali ke Innova dulu yaks, ama diesel, hehe...

Sempet milih Innova karena bodynya yang tambun yg mnrt ane cocok buat keluarga, tp krn cc-nya yang 2000 (bensin) ngelirik d ke LGX 1800 dengan harapan bisa dpt mobil keluarga yang lega dan irit tentunya, hehe... setelah baca thread ini kok sptnya varian Kijang pada boros yah? apa termasuk LGX yang 1800?

lalu peran VVTi apa sie? katanya bisa mengirit BBM?

Ada panther lawas di rumah, hi grade, mayan irit sie konsumsi bbm-nya. Tp kalo tarikannya udah ngga bagus, palagi buat nanjak, ngos-ngosan deh. kata temen itu emang kelemahan mobil diesel, apa memang begitu yah? lalu panther LS/LM/LV dan innova diesel (mmm kalo ngga salah yang 2700cc) itu ngos2an juga?

hilmanna1024
15-11-2007, 10:41
kl katanya innova boros or minimal kesimpulan mobil2 toyota boros, knapa juga ya masih banyak yg beli, malah menurutku toyota salah satu mobil paling laku di indonesia, apa karena servis dan suku cadang yag mudah didapat dan murah kali ya? ntah lah yg jelas over all market penjualannya bagus tuh trutama di indonesia, siapa yg ga pernah denger kata2 " kijang ", dari nenek,kake,om,tante,kaka,adik,semuanya masuk!! he2x..

apachegank
15-11-2007, 10:51
selain itu shock belakangnya rada keras aku rasa.

- inf3rn0 -
15-11-2007, 14:34
Kembali ke Innova dulu yaks, ama diesel, hehe...

Sempet milih Innova karena bodynya yang tambun yg mntr ane cocok buat keluarga, tp krn cc-nya yang 2000 (bensin) ngelirik d ke LGX 1800 dengan harapan bisa dpt mobil keluarga yang lega dan irit tentunya, hehe... setelah baca thread ini kok sptnya varian Kijang pada boros yah? apa termasuk LGX yang 1800?

lalu peran VVTi apa sie? katanya bisa mengirit BBM?

Ada phanter lawas di rumah, hi grade, mayan irit sie konsumsi bbm-nya. Tp kalo tarikannya udah ngga bagus, palagi buat nanjak, ngos-ngosan deh. kata temen itu emang kelemahan mobil diesel? apa memang begitu yah? lalu phanter dan innova diesel (mmm kalo ngga sala 2700cc) itu ngos2an juga?

sebenernya boros ato ga kembali ke pengemudi juga sih..tapi memang innova bensin rada keterlaluan :p

VVTI itu penyesuaian timing pengapian supaya (seharusnya) bisa irit kalo lagi pelan dan bertenaga waktu lagi ditarik..Tapi dengan perilaku kebanyakan orang di indo, iritnya ga begitu terasa...

Kalo phanter ngos2an waktu nanjak,koq gw malah aneh yah? soalnya dari pengalaman pake phanter dan innova diesel, tanjakan terasa enak koq.
Tapi memang innova lebih enak daripada phanter sih...

xmbohx
15-11-2007, 15:09
iya, bro. pas bawa panther nanjak, bener spt habis d tenaga. kalo pedal gas makin diinjak makin pelan d dia, kalo bensin 'kan makin diinjak makin lari. jadi ragu ama mobil diesel, belum lagi bau asap knalpotnya :nunchuck:.

anw, ada produk baru biosolar, kelebihannya apa ya..

gsb
15-11-2007, 16:08
kl katanya innova boros or minimal kesimpulan mobil2 toyota boros, knapa juga ya masih banyak yg beli, malah menurutku toyota salah satu mobil paling laku di indonesia, apa karena servis dan suku cadang yag mudah didapat dan murah kali ya? ntah lah yg jelas over all market penjualannya bagus tuh trutama di indonesia, siapa yg ga pernah denger kata2 " kijang ", dari nenek,kake,om,tante,kaka,adik,semuanya masuk!! he2x..

Brand Toyota yang memang sudah merakyat bro ...
Hampir semua tau merk Toyota / Kijang....
Dan setau saya, memang secara kualitas Produk Toyota cukup baik, untuk di Indonesia, yang rata2 keluarga besar... jadi kapasitas angkut cukup banyak.
Itu juga jadi salah satu pertimbangan orang kalo mau beli.

kalau mengenai boros atau tidaknya, memang mau tidak mau harus dikomparasi dengan kendaraan sejenis merk lain. Dan juga tidak terlepas dari gaya bawa si supir itu sendiri.
Dan yang tidak kalah penting, padat tidak nya jalan yang dilalui.

Seperti saya bilang sebelumnya, kijang saya bisa 1:15, itu di Yogyakarta,
bisa jadi pada saat digunakan di Jakarta akan berbeda, mungkin lebih boros.
karena kemacetan disana...

itu menurut saya..

Perdana
15-11-2007, 16:12
Iya sie, tapi kan kenyataanya disini yg punya Jazz jauh lebih banyak daripada Yaris...... :p
Di jalanan lebih sering liat Jazz seliwar-seliwer daripada Yaris, seperti halnya hape Nokia, Jazz termasuk sedan sejuta umat.

Soal irit bensin :
1. Hoda
2. Suzuki
3. Toyota
Tapi kalo soal harga onderdil/sparepartnya kok kayaknya kebalikannya yach: Toyota-Suzuki-Honda.........




Bedanya emang sih lumayan banyak. Tapi gue nyari selametnya aja. Kalo di luar negri, gue berani beli mobil tanpa abs dan srs, tapi kalo di indo mending jangan deh. brutal semua pemakai kendaraan bermotor di indo, di depan rumah gue aja 1 tahun mati 20 orang pasti, gara2 keluar gang ngga noleh2 lagi + kebut, serem... dan rata2 semuanya mate gara2 kepala ngebentur dan waktu ngerem stirnya terkunci. Itulah guna abs dan srs disini.

Apalagi IMO yaris lebih keren dr jazz, trus bantingan yaris juga lebih empuk drpd jazz, panel yaris juga di tengah, tergolong langka. Yaris kan bagian depannya bisa dimodif jadi V kayak vios, jadinya beli yaris dapet vios:p IMO:p

Sniper_CoEPoE
15-11-2007, 18:49
Hahahaha, emang gitulah bro. Tapi kan enak punya mobil yg bukan pasaran, rasanya emang beda. Kalo hape aja gue ngga pake nokia, pake sony erricsson. Yah ayo donk pake yaris juga, paling enggak menyamai populasi jazz. Kalo jazz dah kebanyakan di jalan, rasanya mengotori pemandangan aja, enakan jaguar yang banyak di jalanan, bruakakaka:laughatr:

j2spirit
15-11-2007, 19:01
selain itu shock belakangnya rada keras aku rasa.
wajar harusnya. kan mobil buat angkut banyak orang. makin banyak orang makin empuk :D

apachegank
15-11-2007, 20:30
@atas w : tapi agak beda dengan kijang krista...
beda supply bensin juga, krn cc nya gede kali ya.

Advanced_Idiocratic
15-11-2007, 21:58
abs sama srs ga ngaruh banyak klo lo cuma narik (rata-rata) sampe 80 km-an/jam, peluang lo ngegunain tu fitur mungkin bs dibilang 1/1000 alias jarang banget, kecuali lu pake buat ngedrift/drag race...

Menurut gw nih, bro :D
Yaris tuh produk gagalnya Toyota, why?
Karena skrg udah dijual dengan diskon yang sangat "tinggi" :D (bisa 7 jutaan lho). Lagipula menurut gw Yaris memiliki bodi mirip sperti Vios habis ketabrak di depan (baca : Vios pesek :D). Center fascia dashboard style jg ga jadi jaminan dlm memberikan pengelaman berkendara yg baru....

Tp no offence nih...Piss :)

saya tiap kali beli mobil selalu dapet diskon minimal 5 jt bro....

- inf3rn0 -
15-11-2007, 21:59
iya, bro. pas bawa panther nanjak, bener spt habis d tenaga. kalo pedal gas makin diinjak makin pelan d dia, kalo bensin 'kan makin diinjak makin lari. jadi ragu ama mobil diesel, belum lagi bau asap knalpotnya :nunchuck:.

anw, ada produk baru biosolar, kelebihannya apa ya..

ah ga juga koq..innova diesel enak2 aja buat nanjak..emang ga seresponsif bensin, tapi juga ga seloyo phanter...

soal bau asep,tergantung ma solar yang dipake dan filter kotor ato ga..
kalo pake solar pertamina,pasti ada bau..tapi kalo pake biodiesel, baunya dikit banget dan (kayanya) mesin lebih enteng buat diajak lari..

Gw lagi pengen cobain shell diesel, tapi gara2 harganya jauh banget jadi batal d..biodiesel dah cukup buat gw :D

Sniper_CoEPoE
16-11-2007, 16:39
@Fabre_castlee : yah kalo beli mobil yang dicari empuknya dan selametnya donk. Jaman sekarang dah pake abs srs semua rata2. Paling enggak waktu tabrakan bisa meminimalkan cedera yg kita dapat. Emang lu bawa mobil selalu di bawah 80 km/jam? Duh kasian banget yg tinggal di jakarta:p Centre fascia juga kan termasuk baru bagi mobil pribadi sehingga memberikan pengalaman baru. Laen cerita kalo kamu sering naek taksi blue bird yang mahal2 yah kadang taksinya center fascia gitu pastinya kamu udah ngga asing lagi.:D


Peace:)

j2spirit
16-11-2007, 19:53
abs sama srs ga ngaruh banyak klo lo cuma narik (rata-rata) sampe 80 km-an/jam, peluang lo ngegunain tu fitur mungkin bs dibilang 1/1000 alias jarang banget, kecuali lu pake buat ngedrift/drag race...

Menurut gw nih, bro :D
Yaris tuh produk gagalnya Toyota, why?
Karena skrg udah dijual dengan diskon yang sangat "tinggi" :D (bisa 7 jutaan lho). Lagipula menurut gw Yaris memiliki bodi mirip sperti Vios habis ketabrak di depan (baca : Vios pesek :D). Center fascia dashboard style jg ga jadi jaminan dlm memberikan pengelaman berkendara yg baru....

Tp no offence nih...Piss :)
abs dan srs itu fitur keselamatan bro.

belum tentu u jalan 1jt km itu fitur dipake (terutama srs), tp sekalinya butuh, itu critical banget.

Fabre_Castlee
17-11-2007, 00:59
makanya jd smart driver, pake mobil jgn cuma pengen fiturnya, tapi juga disesuaikan dengan kemampuan berkendara. Justru menurut gw, yang nggak suka ngebut2 ialah oknum driver yg smart (baca : menjaga keamanan lalu lintas bg diri sendiri maupun pemakai jalan yang lain), kan dengan berkelakuan seperti itu peluang dia ngegunain srs/abs jadi sangat kecil bahkan teramat-sangat jarang (jika tidak mau disebut tidak akan pernah). Akibatnya parameter ada tidaknya abs/srs menjadi prioritas ke-sekian dalam pertimbangan pemilihan mobil.
Gampangnya : nggak usah banyak gaya pake kebut2an di jalan terutama tol, udah tau sempit dan rame, msh mau nunjukin gaya ngemudinya, care sama pengguna yg lain donk :).

Btw, jgn pada beli innova lagi ya, cadangan bensin makin menipis bro - yang butuh bukan cuma elo2 yang mampu kan ?

- inf3rn0 -
17-11-2007, 07:39
makanya jd smart driver, pake mobil jgn cuma pengen fiturnya, tapi juga disesuaikan dengan kemampuan berkendara. Justru menurut gw, yang nggak suka ngebut2 ialah oknum driver yg smart (baca : menjaga keamanan lalu lintas bg diri

Btw, jgn pada beli innova lagi ya, cadangan bensin makin menipis bro - yang butuh bukan cuma elo2 yang mampu kan ?
kalo buat gw sih perangkat keselamatan pasif macam SRS Airbag dan aktif macam ABS,EBD,dan traction control menjadi pertimbangan utama gw kalo liat spek mobil (liat2 harganya juga sih..)

soalnya gw ga pernah tau apa yang bakal ada di jalan. ABS itu penting karena selalu dipake setiap kali kita ngerem dan biar ga ngunci kalo lagi mendadak.srs juga penting buat kalo kecelakaan.
Biar gw ga ngebut tapi ditabrak ma orang yang ngebut? sapa yang tau..jadi buat gw mengambil langkah preventif itu sama sekali ga ada salahnya..(malah kalo bisa fitur2 tsb harus ada dimobil gw :p)

kalo soal jangan beli innova demi cadangan bensin,IMO itu ga ada hubungannya d..
lebih banyak bensin yang dibakar sia2 gara2 macet daripada gara2 borosnya innova bro...

sorry no offense..peace ^^v

Sniper_CoEPoE
17-11-2007, 11:00
@fabre castlee : yang mau ngebut siapa? gw sekata ma bro inferno, emang lu ngga ngebut tapi kalo ditabrak ma orang yg ngebut? Kalo di jalan kecil 2 way, ada mobil dr arah berlawanan maling jalur lu, jadinya adu kambing mobil lu ma mobil dia, kalo ngga ada srs, lu bisa mati konyol, gw jamin.
Mo smart driver se smart2nya driver tetep ngga bisa mengendalikan masa depan. Maka dari itu kita ambil langkah preventifnya, jangan gara2 lu ngga bawa mobil kebut lu jadi meremehkan abs srs. Sekali lu dapet kejadian, kebutuhan akan srs sangatlah critical. emang seh keliatannya ngga mungkin kepake, tapi paling enggak buat jaga2lah. Menyepelekan masalah kecil adalah awal dari masalah besar.:)

makanya jd smart driver, pake mobil jgn cuma pengen fiturnya, tapi juga disesuaikan dengan kemampuan berkendara Coba lu bilang ini ke semua pengguna BMW dan Mercedes benz...:p Yang beli keduanya aja blom tentu bisa mengendarainya. Inilah sisi laen berkendara yang bernama investasi.;)

gsb
17-11-2007, 16:50
yah, intinya pikir dulu lah sebelum ngomong..
pendapat orang memang berbeda2...
Sopanlah dalam berkendara, walau orang lain tidak.

mengenai keinginan orang beli mobil a atau b, yah itu pilihan dia.
Pasti ada sebuah pertimbangan mengapa dia pilih mobil itu.

Ga usah mengajak orang pilih ini itu.
Biar opini publik yang mematangkan pilihan dia.
karena, bagaimanapun juga, pendapat kita bukan yang paling benar, dan belum tentu sejalan dengan pandangan dia..

salam

gadgeterz
18-11-2007, 15:22
Iya sie, tapi kan kenyataanya disini yg punya Jazz jauh lebih banyak daripada Yaris...... :p
Di jalanan lebih sering liat Jazz seliwar-seliwer daripada Yaris, seperti halnya hape Nokia, Jazz termasuk sedan sejuta umat.

Soal irit bensin :
1. Hoda
2. Suzuki
3. Toyota
Tapi kalo soal harga onderdil/sparepartnya kok kayaknya kebalikannya yach: Toyota-Suzuki-Honda.........

jazz emang bagus mesinnnya L15A..walau desain bodinya rada2 banci. yaris masuk belakangan kalo ga salah.
reliabilitas menang toyota. mesin tahan banting. teknologi juga selalu di depan.sparepart banyak bgt. palsunya juga banyak...so tergantung duit yang ada saat itu, mobil bisa jalan terus.gak kayak mbl2 eropa, sparepartnya susah kalo diluar jakarta.

back to kijang....(spt topiknya)(gw ga mau ngomongin Honda, suzuki lg)
dari kijang doyok, mesin 2K...kijang supoer, mesin 3K, kijang grand, mesin 5K, sampe kijang kapsul, mesin 7K semuanya adalah mesin type OHV. diperuntukkan bagi yang ingin torsi besar....HPnya sih kecil hampir mirip karakter powernya dengan mesin diesel.. karakter mesin OHV: cocok buat mobil penumpang banyak. ya kayak kijang2 itu.

knapa boros? salah sendiri, bodinya berat.didesain untuk bawa banyak orang. jadi kalo lo beli kijang dan penumpangnya cuma 2 doang setiap hari,...pemborosan namanya. mending beli mobil sedan atau city car.

kijang inova emang boros...sesuai dengan kapasitas mesinnya dan bobotnya yang gembrot. udah pake mesin DOHC. dilengkapi dengan vvt-i untuk mengoptimalkan tarikan bawahnya.
FYI, mesin DOHC kurang enak tarikan bawahnya, suka ndut2an. ga cocok buat jalanan indonesia yang byk macet. makanya dilengkapi pake vvti biar puteran bawahnya enak dan puteran atasnya tetap narik(karakter DOHC)

untuk lebih berhemat, ya mending dirawat mobilnya dan bawanya juga ga usah main2 di puteran tinggi/bejek2 gas. heheheheh
last, pilihlah mobil sesuai kebutuhan :D

battousan
19-11-2007, 12:44
hmm.. dunno bout the other car..

yg jelas.. klo soal konsumsi bbm..
innova lebih boros dari galant lele dan peugeot 406.. tested and proved..

gadgeterz
19-11-2007, 18:20
hmm.. dunno bout the other car..

yg jelas.. klo soal konsumsi bbm..
innova lebih boros dari galant lele dan peugeot 406.. tested and proved..

yup ,..pastilah bro...bobot gembrotnya itu loh.:D

edit: pug406nya ketinggalan....kalah ama lelenya mitsu huhahahahah :D

Sniper_CoEPoE
19-11-2007, 18:24
yup ,..pastilah bro...bobot gembrotnya itu loh.:D

edit: pug406nya ketinggalan....kalah ama lelenya mitsu huhahahahah :D
walah galant dikatain lele:p Menurut gue seh itu lebih keliatan hiu drpd lele. Tapi gu suka banget ma gallant concept, dashboardnya komputer semua, keren banget;)

jozzy
19-11-2007, 21:12
saya tiap kali beli mobil selalu dapet diskon minimal 5 jt bro....

wah boss besar memang beda lah treatment nya :D

@ TS : kayaknya ada dibahas di autobild deh soal innova euro 2 yg nomer mesinnya per tahun ini kalo gak salah bisa 1:12.. kombinasi sih.. jadi inceran jg sekarang hehe road noise nya mayan cakep jg lah innova, meskipun gak sehebat european cars..

yephta
19-11-2007, 21:30
iya boros bgt... tapi ga tau napa kok laris juga dipasaran, padahal boros gt...

scooby-doo
19-11-2007, 21:49
bro kalo masalah boros sih emang boros banget bro...tapi tergantung juga manual apa matic..dua2 emang boros sie..tapi kayanya yg matic lebih boros bro...:cool:

asem kecut
21-11-2007, 19:21
Gak gitu boros kok.. Kijang Innova baru yang sudah standar Euro2 konsumsinya 16,2 km/liter..
Coba liat bahasan ringkasnya di http://www.auto2000.co.id/berita_detail.php?id=49
Sumbernya dari Auto Bild Indonesia edisi 14-27 Juli 2007

Kebetulan pernah ketemu fis tu fis dengan wartawannya yang nguji langsung..

Perdana
22-11-2007, 12:07
Ya, dgn konsumsi segitu Kijang Innova memang udah irit, tapi untuk pemakaian sehari2 di dalam kota tetap sulit mencapai 1:10.
Seperti halnya hasil test Suzuki APV misalnya, yg pernah diiklanin di koran2, diklaim pernah mencapai 1:20an.



Gak gitu boros kok.. Kijang Innova baru yang sudah standar Euro2 konsumsinya 16,2 km/liter..
Coba liat bahasan ringkasnya di http://www.auto2000.co.id/berita_detail.php?id=49
Sumbernya dari Auto Bild Indonesia edisi 14-27 Juli 2007

Kebetulan pernah ketemu fis tu fis dengan wartawannya yang nguji langsung..

misstyq
22-11-2007, 20:05
innova yg generasi awal2 emank boros, konsumsi bensinnya antara 1:6-1:8... tp yg keluaran akhir2 (klo ga sala si mulai 2007 ya?) rada irit tu, banyak yg bisa masuk 1:10 konsumsi bensinnya...

asem kecut
23-11-2007, 17:43
innova yg generasi awal2 emank boros, konsumsi bensinnya antara 1:6-1:8... tp yg keluaran akhir2 (klo ga sala si mulai 2007 ya?) rada irit tu, banyak yg bisa masuk 1:10 konsumsi bensinnya...

yak betul.. itulah mengapa sekarang innova inden lagi (walau gak lama indennya)

Sniper_CoEPoE
24-11-2007, 10:06
Punya gw dulu innova versi awal, 2.5 V diesel, 1:14 loh... berarti diesel yg sekarang lebih irit??? Keknya kalo gw perhatiin sama aja, bensin yg ada kemajuan... Gmn pendapatnya?

- inf3rn0 -
24-11-2007, 10:57
Punya gw dulu innova versi awal, 2.5 V diesel, 1:14 loh... berarti diesel yg sekarang lebih irit??? Keknya kalo gw perhatiin sama aja, bensin yg ada kemajuan... Gmn pendapatnya?

yang diesel kan memang irit banget bro...
gw juga pake 2.5 G dengan konsumsi rata2 1:13 (dalam kota) 1:15 (tol jagorawi)

biar enak pake biosolar aja bro..ato kalo kuat beli shell diesel. Asepnya ga item dan ga bau kaya solar biasa :D

asem kecut
24-11-2007, 11:04
Punya gw dulu innova versi awal, 2.5 V diesel, 1:14 loh... berarti diesel yg sekarang lebih irit??? Keknya kalo gw perhatiin sama aja, bensin yg ada kemajuan... Gmn pendapatnya?

yak..
diesel memang lebih irit daripada bensin, gak cuma di toyota aja...

Sniper_CoEPoE
24-11-2007, 13:41
@inferno : tipe G? lu pake bensin kan? setahu gw kalo V itu soalr, kalo G itu bensin... Toyota Kijang gitu lohhh, mobilnya org indonesia:D

Kill_Me
24-11-2007, 16:49
kalo toyota innova emang di tiap tipe ada 2 pilihan mesin.. jadi baik E, G, & V ada yg solar ada yg bensin.. cuman kadang yang solar lebih laku yg G ama V.. kalo bensin semua tipe laku (buat orang yg baru punya mobil & gak pernah pake diesel biasanya pilihnya bensin....)

- inf3rn0 -
24-11-2007, 21:33
betul yang dibilang ma bro Kill_Me

G ato V itu cuma sebatas pembagian tipe aja..
Innova ada 3 tipe. E (paling murah) G (medium) V (paling mahal dan lengkap)
beda dari ketiga tipe itu cuma fitur2 aja koq..kalo soal mesin bensin ato solar, ketiga tipe itu punya semua...

seperti gw pake diesel 2.5 G dan lu pake diesel 2.5 V berarti mobil lu lebih mahal sekian juta dengan tambahan aksesoris dan fitur2 tertentu..itu aja

Sniper_CoEPoE
25-11-2007, 07:13
Kekeke, soalnya beli innova itu aja ceritanya lucu. Bokap gw bilang mo ambil innova tipe dan warna apa aja tanpa inden, padahal waktu itu indennya sampe 5 bulan, jadinya keluar dlm 2 minggu:p Akhirnya diambil tipe V 2.5 punya orang, wakakaka:laughatr:

xmbohx
27-11-2007, 10:03
betul yang dibilang ma bro Kill_Me

G ato V itu cuma sebatas pembagian tipe aja..
Innova ada 3 tipe. E (paling murah) G (medium) V (paling mahal dan lengkap)
beda dari ketiga tipe itu cuma fitur2 aja koq..kalo soal mesin bensin ato solar, ketiga tipe itu punya semua...

seperti gw pake diesel 2.5 G dan lu pake diesel 2.5 V berarti mobil lu lebih mahal sekian juta dengan tambahan aksesoris dan fitur2 tertentu..itu aja


antara E, G ama V itu kalo Innova semua 2000cc yah?

lalu untuk diesel sbnrnya ngaruh ngga sie cc itu dengan konsumsi BBM-nya? soalnya setauku kalo bensin ngaruh bgt.

devilman1234
27-11-2007, 16:38
sodar gue punya kijang kapsul 1.8 dan inova 2.0........jauh borso inova

bukan karena 2000cc mungkin....tapi keberatan bodi dan struktur bodi yang gak streamline (mungkin)....

selain itu karakter pengendara juga sangat mempengaruhi....
bensin juga.....
cuaca juga.....
karakter jalanan juga....

tapi dari semua orang yang pake kijang ->inova =boros