PDA

View Full Version : Usul, All about inkjet ink.



COLOR
03-02-2008, 02:09
Dear all,

Saya ada usul, bagaimana bila posting reply dan thread tentang ulasan tinta inkjet dimuat disini.
Sebab saya melihat thread yang mengulas hal ini sangat berceceran / berserakan, seperti ada reply yang mengulas tentang tinta malah ada pada topic A atau topic B.
Bila Bapak Mod dan rekan setuju saya tidak berkeberatan (walaupun posting saya sendiri yang dipindah dan disatukan) guna lebih memudahkan rekan rekan lain mencarinya.
Ini hanya saran saja bro.

Salam,

Note,
Tujuan saya ini, agar dengan sedikit waktu yang tersisa selama saya disini masih sempat menyatukan beberapa post & reply yang bercecer agar kelak mudah diakses oleh para member. Nothinks else
Mohon support dari Mod bila berkenan.

wikki
03-02-2008, 11:39
Dear all,

Saya ada usul, bagaimana bila posting reply dan thread tentang ulasan tinta inkjet dimuat disini.
Sebab saya melihat thread yang mengulas hal ini sangat berceceran / berserakan, seperti ada reply yang mengulas tentang tinta malah ada pada topic A atau topic B.
Bila Bapak Mod dan rekan setuju saya tidak berkeberatan (walaupun posting saya sendiri yang dipindah dan disatukan) guna lebih memudahkan rekan rekan lain mencarinya.
Ini hanya saran saja bro.

Salam,

SETUJU !!!!!!!!
Jadi chiper bisa lebih gampang untuk mencari n tidak membuat thread yang berulang.

COLOR
03-02-2008, 13:08
Pindahan dari : Link jual tinta,

Dear Arcawani,

Kalau teman2 sudah beli atau pakai silahkan tuliskan kesan-kesan bagus atau jeleknya disini..
Jangan sungkan-sungkan menilai secara objektif..
Kita ini konsumen.................

Maaf, pada reply ini saya hanya mempergunakan posting thread yang pernah saya post tahun lalu agar teman teman dapat menilai sendiri apakah tinta yang sdr pakai sudah cukup layak dipakai,

Kurang etis bila menyebutkan tinta merek "A" lebih baik dari pada merek "B" dll, Tapi ada beberapa kriteria yang sangat mudah dilakukan oleh pemakai untuk menilai apakah kwalitas tinta sudah layak pakai atau tidak tanpa menyinggung hasil warna cetak,

Untuk printer CFS yang mempergunakan Dye base ink :

- Tidak boleh ada kandungan garam dalam larutan tinta.

Melakukan uji diatas secara awam,
Pergunakan kaca (benda apa saja yang permukaannya datar / kalau bila terbuat dari gelas / ceramic seperti alas gelas dll), taruh 2 tetes tinta ditambah 2 tetes air suling (air suling : tinta = 1:1) lalu taruh dalam suhu ruangan (terhindar dari debu) hingga tinta tersebut mengering. Setelah tinta mengering coba perhatikan apakah ada kristal 2 halus pada sisi2 tetes tinta tersebut ? Bila terbentuk kristal maka tinta mengandung garam.

Melakukan uji diatas secara lab,
Dalam tabung reaksi : Buat larutan air suling : tinta = 1 ; 1 (3 cc tinta + 3 cc air suling), lalu masukan 2 tetes metal nitrate concentation 1 mol. Aduk / kocok campuran tersebut dan perhatikan : Apakah warna larutan tinta tetap bening atau menjadi keruh ? Bila larutan menjadi keruh maka terdapat kandungan garam dalam larutan tinta.

Kandungan garam dalam larutan tinta sangat menghambat kerja dari piezo karena bersifat conductive serta corosive. Umumnya efek dari pemakaian tinta yang kurang baik / layak pakai baru terasa bila telah mencetak diatas 200 lembar A4 bila printer terus menerus melakukan tugas (selalu mencetak tiap hari) atau akan sangat mudah clog / buntu sebagian dari hasil cetak.

- Viscosity & Surface tention tinta,

Tuang tinta dalam gelas / wadah bening atau tabung reaksi lalu goyangkan gelasnya / wadah beberapa saat agar sebagian besar permukaan wadah terkena tinta laku diamkan. Perhatikan berapa cepat tinta turun / menjadi tenang dan juga perhatikan apakah (bila tinta sudah tenang) apakah masih tersisa lapisan tipis tinta pada permukaan wadah yang pernah terkena tinta ?

-. Tampak visual tinta (visual diagnose),

Kalau masih bisa memilih dari beberapa merek tinta yang tersedia dipasaran, pilihlah tinta yang memiliki kejernihan yang lebih dari pada yang bewarna tua / agak gelap.

Itulah sekilas bagi awam untuk mengatakan / menilai apakah tinta yang akan dipergunakan layak atau tidak ?

Sebenarnya berapa sih harga yang dianggap cukup murah itu ?
Apakah sdr juga mengkalkukasi faktor biaya produksi ? (harga compenent / printer yang harus diganti bila mempergunakan tinta yang kurang baik / layak ?

Garam atau hasil larutan garam adalah bahan yg harus dihindarkan pada pembuatan tinta inkjet.

Bahan utama pembuatan inkjet ink adalah zat pewarna / colourant, cosolvent, diluent dll.

Besarnya harga pokok / modal dasar dari inkjet ink adalah type colourant yang dipergunakan sebab bahan kimia lain seperti cosolvent (umumnya campuran dari keluarga glycol dengan ), diluent umumnya destilated water dll bahan pembantu seperti PH control, dll adalah sangat minim sekali.

Sebagai contoh, (waterbase, dye ink)
Tinta warna Yellow, colourant untuk warna kuning umumnya mempergunakan pewarna No. 5 (CI. 19140 Tartrazine / C16H9N4O9S2, The Condensed Chemical dictionary by Van Nostrand Reinhold 22th edition pages 995). Harga bahan kimia tersebut sangat bervariasi dari Rp. 30.000 ~ 40.000 hingga Rp. 2,5 juta / Kg.

Kedua type / bahan kimia TARTRAZINE tersebut (yg Rp 30.000 / 2,5 Jt) sekilas adalah sama, yang membedakan adalah active conc dari zat warna yg dikandungnya. Yg ex India / China memiliki active conc 120 ~ 200 % (Technical grade / tanpa dilakukan proses purity / pemurnian guna menghilangkan senyawa kandungan garam / commont salt saat proses pembuatan pewarna). Sedangkan yg ex England memiliki active conc > 1.400 % tanpa kandungan garam / salt free colourant.

(Maaf, sebagian besar tinta inkjet yang beredar di Indonesia adalah produksi ex China, disini penjual hanya menganti merek tinta aslinya dengan merek dagangnya sendiri, kalau sdr lebih teliti coba perhatikan secara visual saja)

Menilai dari segi active conc dan harga dari kedua mfg tersebut, maka banyak ink mfg lebih condong mempergunakan yg ex India / China sebab selisih harga hampir 100 X sedangkan selisih active conc hanya 10 X atau dengan lain perkataan :

bila suatu formulasi tinta mempergunakan +/- 5 ~ 8 gram tartrazine dng active conc 1.400 % / liter tinta maka formulasi tinta yg lain harus mempergunakan tartrazine dengan active conc 120 % sebanyak 50 ~ 110 gr
/ liter tinta guna mendapatkan color shade yang HAMPIR SAMA dari kudua formulasi tsb. Lalu apakah isi dari selisih berat tartrazine / colorant ? isinya adalah commont salt / secara awam dibilang sejenis GARAM.

Larutan / kandungan garam dalam tinta sangat mudah terbentuknya sedimen/endapan pada orrifers serta sifat conduktive and corosive sangat merugikan kinerja dari piezo membran.

Berapa selisih harga modal kedua tinta tsb :
8 gr = 8 / 1000 x Rp. 2.5 jt = Rp. 20.000,- + Rp. 6.000,- (bahan kimia lainnya & kemasan/liter) = Rp. 26.000,- / liter tinta inkjet warna kuning.
100 gr = 100 / 1000 x Rp. 40 rb = Rp. 4.000,- + Rp. 6.000,- (bahan kimia lainnya & kemasan/liter) = Rp. 10.000,- / liter tinta inkjet warna kuning.

Dengan selisih harga modal dasar diatas 160 %, banyak ink mfg yang mengunakannya.

Memang kandungan larutan garam dalam tinta dapat diminimalkan dengan proses reverse osmosis tapi sayangnya biaya perawatan filter / investasi dll atas system ini hanya dimiliki oleh ink mfg yang besar

Sebagai saran :

Kalau boleh / bisa memilih,
secara visual pilihlah tinta yang lebih jernih (tidak agak keruh / bewarna lebih tua) dan bewarna terang / clear, tidak terlalu kental dan bila tinta dikocok dalam wadah bening akan tertinggal lapisan tipis tinta yang sangat lama turunnya serta bila dibiarkan wadah tinta dalam keadaan terbuka tidak terbentuk kristal2 halus. Pilihan ada pada sdr.

Mungkin lebih jelas dapat melihat thraed :
Kepada Para Pemakai Tinta Infus (http://forum.chip.co.id/printer-scanner/16357-kepada-para-pemakai-tinta-infus.html)

Salam,

Retired Ee

Post pada thread lain segera...

COLOR
03-02-2008, 13:22
Disadur dari : link jual tinta

arthou (http://forum.chip.co.id/members/u90509-arthou.html) (Offline)
Junior Member
Rep Power: 0

http://forum.chip.co.id/images/element/reputation/reputation_pos.gif
Posts: 11
Join Date: Sep 2007



http://forum.chip.co.id/images/element/buttons_blue/reputation.gif (http://forum.chip.co.id/reputation.php?p=1474828) http://forum.chip.co.id/images/element/buttons_blue/report.gif (http://forum.chip.co.id/report.php?p=1474828)

Re: Kumpulan Link Yang Jual Tinta.... - 13-01-2008, 23:13




Bro, saya rada awam mengenai tinta printer inkjet yang ada di market, tapi emang betul bahwa kebanyakan itu barang import, terutama dari China.

Pada prinsipnya ada 2 macam tinta printer, dye-based dan pigment-based. Kalau yang tipe durabrite itu analogi dari pigment-based mestinya. Karakter pigment based adalah opacity, claritynya dan durabilitynya yang jauh lebih baik dari dye based, tapi karena pigment itu pada prinsipnya adalah "filler" (analogi adalah tepung), makanya pigment powder itu perlu digrinding sampai pada level submicron (or ke arah nanometer) agar bisa "lewat" cartridge tinta kita.

Pada prinsipnya sistem infus amat sangat jarang menggunakan pigment based karena faktor harga yang mahal dan trouble yang lebih mungkin timbul. Kemungkinan kalau ada yang memasukan tinta inkjet pigment-based adalah berasal dari negara2 "maju" seperti USA, Jepang, or Korea. Kalau dari China mungkin ada tapi kayaknya kurang meyakinkan yah.

Sekarang kita fokus di Tinta Inkjet Pigment-Based saja, karena yang dye-based sudah banyak sekali di pasaran.

Tambahan lagi, ada beberapa pengusaha di Indonesia yang notabene jualan tinta inkjet refill mulai berminat untuk membuat tinta inkjet pigment-based, ada beberapa yang berhasil (ngakunya) tapi ada juga yang gagal tentunya. Kabar baiknya adalah ada 1 pabrikan tinta lokal yang cukup besar dan inovatif awal tahun ini mulai mengembangkan tinta pigment-based untuk inkjet karena permintaan dari customernya. Saya lebih yakin dengan pengembangan oleh pabrik tinta daripada oleh "pengusaha tinta refill" karena faktor konsistensi dan stabilitasnya. Kalau pabrik tinta umumnya lebih konsisten karena pelanggan mereka adalah industri yang demanding sekali dan mereka tidak bisa bermain terlalu jauh dengan kualitas. Untuk pengusaha tinta refill biasanya bisa berprinsip asal ada yang lebih untung sedikit trus ganti bahan baku dari supplier yang tidak reliable (bisa2 made in China yang ga jelas pabrikannya :p), dikerjakan tanpa melalui testing yang memadai dan bisa jadi mengorbankan mutu. Selain itu kalau pabrik tinta juga memiliki instrumen testing lengkap dan alat produksi yang berkualitas.

Setahu saya di Indonesia belum ada yang memiliki kemampuan untuk grinding pigment powder sampai ke level sub micron (or nano), kebanyakan masih pada level offset or litho/letterpress saja (plus minus 1 mikron), jadi di Indonesia tidak ada yang bisa buat sub micro (or nano) pigment paste sebagai bahan dasar tinta inkjet type pigment-based.

Tapi cara bikin tinta inkjet pigment based tidak perlu mulai dari level pigment powder karena supplier pasta berkualitas dari luar juga banyak, antara lain adalah C******T ex Germany dan C***T ex USA. Mereka supply pigment paste untuk inkjet dengan spesifikasi nano size. Kebanyakan pengusaha tinta reffil mulainya dari situ untuk mengembangkan pigment-based inkjet ink. Kemarin saya iseng2 melakukan perhitungan kasar dan tingkat kalau berhasil mengembangkan sebenarnya tingkat marginnya cukup menjanjikan juga.

Seperti apa sich tinta inkjet itu? Ini dari presentasi yang saya dapat dari C***T ex USA itu :

Pigment Dispersion Needs
•Stable: No change in any property •Temperature cycling
–-5oC to 60oC (up to 6 times)
•Inks require 2 year guarantee
•Compatibility : •w/ Hardware Components and •w/ Ink Components
•Small Particle size : •50 to 150 nm mean
•Low viscosity : •< 4.0 cP
•High Surface Tension : •> 60 dynes/cm



Typical Inkjet Formulation
•Colorant(s): 3 - 6% solids
•Humectant(s): 10 - 30%
•Penetrant(s): 0.50 - 15%
•Surfactant(s): 0.10 - 2.00%
•Biocide(s): 0.05% - 0.30%
Other additives



Jadi si C***T ini supply colorant-nya (pigment paste).

Boleh dibilang semua bahan itu saya sudah tahu sourcingnya sich, tapi saya ga punya kemampuan buat tinta :)

Susahnya lagi bro, untuk tinta pigment based tiap jenis printer dan cartridge itu karakteristiknya beda2, disesuaikan dengan jenis cartridge, jenis head, dan cara kerjanya. Jadi kalau bisa bikin tinta jenis ini custom made di Indonesia mestinya bisa lebih cocok kali asal bisa jaga konsistensi kualitasnya. Contoh ada printer yang klaim 2pl sekali semprot, artinya dia makai tinta dengan karakteristik beda lagi deh dengan inkjet printer yang biasa. Gampang2 susah jadinya, tapi dari sisi harga sich menarik marginnya asal kualitasnya OK.

Kebanyakan sich sasaran tembak untuk berjualan tinta inkjet pigment-based ini bukan melulu consumer, tapi juga professional user seperti large format digital printer dan juga bisa ke arah digital printing system untuk mass production. Ini jauh lebih stable bisnisnya dan quantitynya besar serta kontinu dibanding dengan untuk consumer.

Tambahan info lagi yang saya ketahui pas tahun 2002, untuk HP dia membeli tinta jadi dari supplier di USA, yaitu D****T (sudah jadi tinta sesuai spesifikasi HP, jadi dia tidak develop tinta sendiri). Tinta jadi itu dalam bentuk liquid dikirim ke Singapore dan kemudian oleh HP baru dimasukkan di cartridgenya dan dijual ke pasaran. Saya sempat masuk di kantor supplier tinta itu dan melihat piagam penghargaan dari HP karena reliabilitas supplynya :)

Untuk Canon saya kurang paham, tapi yang pasti pabrik printer besar mereka berlokasi di Vietnam.

Untuk Epson (correct me if I'm wrong) kalau tidak salah printernya banyak yang Made in Indonesia di Cikarang sana itu (Seiko Epson Corp.).


salam,

COLOR
03-02-2008, 13:39
Dear arthou,

Maksud mas adalah Clariant ex Germany dan Cabot ex USA ?

Clariant sangat exist pada dye base dan Cabot exist pada modified pigment.
Salah satu unggulan product pigment Clariant umumnya dipergunakan pada solvent base ink untuk wide format printer not untuk water base pigment.

Banyak sekali nano partikel pigment yang disupply dalam bentuk "cake / lempengan seperti biji plastik kasar" bukan pasta atau powder dan "dilarutkan" dalam bejana tekan / reaktor jadi mustahil mempergunakan technology grinding seperti konventional method.

Mereka hanya 2 diantara puluhan vendor colourant dan belum menyentuh nano particel pigment.

Benar salah satu plant besar Canon berlokasi di Vietnam dan mereka sedang membuat suatu inovasi baru dalam inkjet tech.

Salah satu bagian R & D Hp untuk develope tinta ada di Palo Alto CA, USA.

Salam,

po3tr4
03-02-2008, 15:13
wah... usul yang sangat baik neh.... terima kasih pak. sangat membantu buat pemula seperti saya.

COLOR
04-02-2008, 09:59
Pindahan dari : all in one

Ini yang umumnya tidak disadari oleh para perakit CFS,

Mengapa hampir semua catridges original "menyisakan" ruang kosong pada catridges mereka ? Mengapa catridges Epson type dahulu (eg. T038, T029 dsb) mempergunakan alur kecil yang sangat halus pada intake vent hole yang ditutup dengan label stiker mereka ?

Pada CFS fungsi utama adalah system aliran tinta yang berkesinambungan / berlanjut / kontiniu dari external reservoir menuju internal reservoir dengan volume, pressure / tekanan sesuai dengan design printhead tersebut.

Karena pada CFS, ada 3 faktor utama yang saling terkait dengan design printhead :
- Formulasi tinta.
- Design / konstruksi tabung.
- Panjang serta diameter flexible hose / selang.

Dalam prinsip kerja suatu aliran, bila suatu benda cair melewati suatu lorong pasti mendapatkan hambatan / gesekan dari lorong yang dilaluinya (tube/selang dari external reservoir menuju internal reservoir). Semakin kecil diameter dan semakin panjang lorong / tube / selang yang harus dilalui oleh benda / tinta maka semakin besar hambatan yang diterima oleh benda tersebut. begitupun sebaliknya, semakin besar diameter tube dan semakin pendek tube maka hambatan yang diakibatkannya semakin kecil pula. Untuk hal diatas mungkin rekan telah mengetahuinya sejak dibangku sekolah.

Yang umum terjadi dipasar saat ini, para perakit CFS "Tidak dapat" membuat suatu kendali dari ke 3 faktor utama metode kerja CFS. Bila saja mereka dapat membuat sinkronisasi / kendali dimana faktor lain dapat mengurangi atau menambah kelemahan dari ke 3 faktor diatas maka saya menjamin perakit tersebut dapat menciptakan suatui CFS yang memiliki kinerja tinggi.

Perakit CFS bukanlah Flexible tube Mfg, bukanlah designer dari konstruksi tabung reservoir dan juga bukanlah ink Mfg tetapi umunya hanya pedagang yang mempergunakan "Barang jadi" atas suatu perangkat CFS tersebut.

Dari ke 3 faktor utama dalam CFS, hanyalah ink / tinta yang dengan mudah dapat diformulasikan. Tinta refill sangat berbeda dengan tinta CFS. Tinta untuk CFS memerlukan surface tention yang agak tinggi dibandingkan dengan tinta refill. Tapi yang terjadi para perakit CFS umumnya mempergunakan tinta untuk refill, akibatnya aliran yang berkesimambungan / kontiniu akan sangat sulit diperoleh pada CFS tersebut. Karena prinsip kerja pada catridges Ori (walupun direfil) mempergunakan dan memperhitungan daya grafitasi dimana tinta yang posisinya lebih tinggi dari pada orrifers printhead harus "Turun / mengalir" dengan sendirinya karena "Berat" dari benda tersebut dengan kecepatan sesuai dengan hambatan yang diterima (alur vent hole pada design catridge serta "dareah kosong / busa kosong" berfungsi sebagai "penghambat" aliran udara dalam catridegs tsb) Tapi yang terjadi pada CFS adalah yang sebaliknya karena satu hal yang harus diingat, printhead design tidak melakukan "Menghisap" tinta tapi "Penerima" tinta untuk ditembakan.

Bukannya pihak pabrik mau "irit" dalam mengisi tinta pada suatu design catridges tapi, jumlah tinta yang diisi harus tepat sesuai dengan design awal dari printhead dan catridges itu sendiri.

Saran saya, bila ingin melakukan refill, coba miliki suatu alat timbang yang cukup akurat serta memiliki suatu referensi atas berat dari catridges yang akan direfill dan jangan mengisikan tinta melebihi berat referensi tersebut.
Eg. bila mas ingin melakukan refil CL8, coba timbang dahulu berapa berat catridges ori yang masih penuh / baru lalu buat catatan, dan kelak suatu saat ingin melakukan refill atau type tersebut maka timbanglah catridges kosongnya terlebih dahulu. Kuranggi berat antara catridegs ori dengan catridegs empty = selisih yang harus diisi. (sebagai ref. BJ tinta +/- 1.0) Eg. Jadi bila selisih berat yang harus disi adalah 8 Gr antara catridges Ori dan empty maka suntikanlah secara perlahan sekitar 8 ml / cc tinta kedalam catridges empty tersebut, niscaya tidak akan terjadi over or under fill.

Sekilas penjelasan saya untuk point diatas.

Salam

COLOR
04-02-2008, 10:01
Pindahan dari : all in one

Dear tonjaya,

berarti ada maksud yach di balik selang yang panjang itu, dan tiap2 tinta harusnya panjang selang nya berbeda ........
sedangkan setau sy distributor tabung reservoirnya kurang lebih sama, di sisi tintanya masing2 punya merek sendiri2, yang gawatnya masing2 tinta dioplos dengan formulasi sendiri2

Sepengetahuan saya, diJakarta ada beberapa vendor yang mensuply tabung kosong. Memang ada sedikit kesamaan dari produk tersebut. Bila mas ajak jeli tolong perhatikan paling sedikit sudah ada 8 type tabung yang memiliki kateristik yang berbeda baik dari design tabung serta diameter selangnya.

mengenai faktor tinta, (Maaf saya pernah membaca salah satu post bahwa mas mempergunakan salah satu tinta ex korea), sepengetahuan saya juga produk tersebut membedakan type aaa diaplikasikan guna merefill catridges type aaa dan type tersebut kurang cocok bila dipakai untuk refill type bbb.
Untuk tinta refill saja sedemikian banyak type begitu pula tinta untuk CFS karena setiap design printrhead membutuhkan oplosan / formulasi yang berbeda. Apa jadinya bila design prithead dengan minimum droplett 1 pl dikasih tinta dengan formulasi yang untuk droplet 8 pl, begitupun sebaliknya. Ini hanya masalah droplet belum lagi masalah lainnya seperti tiap printer umumnya menyertakan ICC yang berkolaborasi dengan driver printernya. belum lagi/... ada sangat banyak : belum lagi... belum lagi/... jadi amatlah masgul bila satu oplosan / formulasi dapat dipergunakan untuk semua type printer.

baru tau sy kalau tinta untuk CFS beda dengan tinta refill, selama ini jual sama aja...... untung ngk ada masalah....... (or not yet maybe)

Saya pilih NOT YET bukan maybe not yet.

kalo perlu timbangan buat refill wah modalnya agak besar soalnya timbangan (analog) nyokap untuk kue satuan ukurnya kebesaran, musti yang digital kayak di supermarket.........

Timbangan digital yang agak pressisi harganya tidak terlalu mahal mas, dibawah 1 Jt. Tapi kegunaannya sangat vital.

dan untuk yang udah sering disuntik seperti canon & hp, semakin lama kapasitas bursanya juga menurun, jadi balik lagi ke felling yang ngisi

Kapasitas busa yang menurun umumnya disebabkan karena faktor coosolvent dan kadar keasaman (PH) yang dikandung oleh tinta refill.

Salam.

COLOR
04-02-2008, 10:04
Pindahan dari : all in one


Originally Posted by tonjaya79 http://forum.chip.co.id/images/element/buttons_blue/viewpost.gif (http://forum.chip.co.id/printer-scanner/87544-all-one-scanner-yang-bagus.html#post1515372)
.....dengan kata lain semakin tinggi dpi semakin kecil droplet, tapi kenapa di epson tidak segampang itu clogging yach ? padahal epson dpi paling besar.

Maksud mas Epson generasi terakhir seperti R290 memiliki 5.760 DPI ? Dan itu yang mas anggap angka terbesar dalam suatu DPI printer dibandingkan dengan HP hanya 1200 DPI ? Bila mas menjawab YA, mas melakukan suatu kesalahan besar dan mas menjadi salah satu korban promosi Epson.

Mengapa ?

Mungkin mas paham apa arti atau kepanjangan DPI ? DPI , Ya pasti adalah Dot Per Inch.
Mengapa TIJ milik Hp yang terbarupun hanya mencantumkan 4800 DPI sedangkan type type umumnya hanya mencantumkan 1.200 ataupun 2.400 DPI ?
Apakah karena faktor DPI yang lebih kecil maka awam menilai resolusi yang dihasilkan oleh TIJ printhead milik Hp memiliki kwalitas hasil cetak dibawah piezo milik Epson ?
Bila mas menjawab YA resolusi Epson generasi terbaru seperti R290 memiliki resolusi tertinggi dikelasnya. Maka saya akan bilang , mas menjawab dengan SALAH BESAR.

Mengapa ?

Mas mengetahui 5.760 Drop per Inch (DPI) dengan technology variable droplet dengan ejection minimum drop terkecil ...pl yang sering digembar gemborkan oleh Epson, apakah mas mengetahui technology mutiple drop per dot milik Hp dengan sebutan PhotoREt 3, PhotoREt 4 dan PhotoREt Pro ?

Seperti yang tulis pada post diatas : semakin tinggi dpi semakin kecil droplet, tapi kenapa di epson tidak segampang itu clogging yach ? padahal epson dpi paling besar

Selikas untuk Epson generasi terachir saja R290 (5.760 DPI) masih jauh tertinggal dengan technology HP photoREt3 yang mulai diperkenalkan pada kita sekitar tahun 90an melalui Hp 845C, why ?

Technology PhotoREt 3 dengan resolusi hanya 1.200 sudah mampu membuat 29 multiple drops untuk membuat 1 dot dan mampu memproduksi 3.500 nuansa warna berbeda dari tiap dot. jadi bila dihitung dengan kalkulator awampun maka = 1.200 x 29 drop = 34.800 drop, jadi mana yang lebih halus bila dibandingkan hanya dengan 5.760 ? Bila Epson menyebutnya DPI artinya 1 shoot of piezo vibration for make 1 dot, maka HP menyebutnya dengan multiple shoot for make 1 dot.

Technology PhotoREt 4 dengan resolusi hanya 4.800 dengan kempuan 32 multiple drop guna membuat 1 dot dan mampu memproduksi 1,2 Juta warna yang berdeda dari tiap dot ini merupakan kemajuan sebanyak 340 kali dibandingkan dengan technology PhotoREt 3. Bila dibandingkan dengan ini maka = 4.800 x 32 drop = 153.600 drop atau bila Epson menyebutnya 153.600 DPI sedangkan Hp menyebutnya hanya resolusi 4.800.

Dan bagaimana dengan PhotoREt Pro yang baru dikembangkan (sebagian printer yang mempergunakan technology ini sudah ada dipasar kita) yang mampu memproduksi 72,9 juta warna yang berbeda dari masing masing drop.

Sekilas saya sadur dari buletin HP :

PhotoREt 3.
InkJet printing — the basics
The printed image — both text and graphics — is actually composed of microscopic ink dots. The colour quality and sharpness of the image is determined by a number of factors - the quantity and size of the dots, how precisely they are placed, how they are combined to create colours, as well as the quality of the ink and how well it bonds to the paper or film. Some printer manufacturers make claims that their technology produces better print quality simply by adding more dots-per-inch (dpi). In fact, this is only effective up to a point, and only on coated papers that can handle the greater quantity of ink. HP has a much more effective solution to achieve the highest quality photo printing, even on plain paper - HP PhotoREt 3 Precision Technology.
better way to put ink on paper
Rather than increase the dpi, HP PhotoREt 3 overlays up to 29 ultra-small drops of ink in a single dot location. This enables the printer to produce up to 3500 shades of colour per dot. Traditional inkjet printers produce only 8 colour shades per dot. They must produce most shades through a process called half-toning that produces only a rough approximation of the colour.

PhotoREt4.
high speed photo printingAs HP PhotoREt 4 colour layering technology improves on the printout’s quality through precise layering of dots and through the intelligent use of the 6-ink system, excellent quality is achieved without increasing the dpi used during printing. This has the advantage of lower system processing loads, which in turn speeds up the entire printing process.
how does it work?
HP PhotoREt 4 printers use inks of different intensities (referred to as dye load — the more dye there is, the stronger the colour). This allows each ink tank to produce significantly more levels of colour intensity or shades for every dot. Using HP’s unique colour layering technology to strategically layer multiple colour shades, HP PhotoREt 4 printers produce more than 340 times the number of primary colours produced by PhotoREt 3 printers ? in excess of 1.2 million colours. HP colour layering technology from PhotoREt 4 precisely controls the amount of ink applied to each print position to produce smoother gradations between tones for virtually grain-free images. By layering up to 32 ultra small drops within a single dot, PhotoREt 4 printers require a smaller amount of data than printers needing to process higher dpi, so printing is faster.

PhotoREt Pro
What is 8-ink colour printing with HP PhotoREt Pro?
HP 8-ink colour printing is the new benchmark in photo printing. The highly advanced HP PhotoREt Pro colour layering technology combines up to 32 superfine ink droplets into every printed pixel, for up to 72.9 million directly printable colours and 4097 shades of pure grey. The result is enhanced colour accuracy, improved shadow detail, grain-free printing and a high level of precision.
What do you need to enjoy HP 8-ink colour printing?
8-ink colour printing is achieved by combining three specialised cartridgesTogether, they give you an even wider colour palette for fuller flesh tones, incredible shadows, details and seamless colour transitions.
What are the benefits?
With HP's breakthrough 8-ink printing with HP PhotoREt Pro colour layering technology, you will enjoy:
Studio-quality colour
Stunning black and white photos
Reliable performance and results


HP 8-ink colour printing redefines the state-of-the-art in photo printing. The highly advanced HP PhotoREt Pro colour layering technology produces imperceptible image grain, including images with metallic elements, skin tones and clouds for exceptional studio quality photos.
In addition, HP PhotoRET Pro results in a significantly broader range of colours, including an extensive range of grey tones and dark tones for greater colour accuracy, enhanced shadow detail and artistic impact. Stunning black and white photos
Composite colours are not mixed to create black and white prints. The result is true neutral grey and deep photo black inks. You'll enjoy professional results that bring out the definition, precision and soul in every black and white portrait. Everything is precisely printed without the appearance of distracting red or blue hues.

Mungkin ini pertanyaan yang terjadi dipasar :

Mengapa sangat banyak penyedia jasa CFS yang mengatakan sangat sulit untuk melakukan pemasangan pada TIJ ?
Mengapa printhead TIJ lebih riskan bila dilakukan refill ?
Mengapa tinta Epson demikian banyak beredar dipasaran sedangkan sangat sedikit sekali tinta untuk TIJ apalagi untuk wideformat TIJ ?

Formulasi tinta untuk TIJ jauh lebih fine dibandingkan dengan tinta piezo karena firing chamber TIJ sangat jauh lebih kecil dibandingkan dengan orrifers piezo. Sampai ada kelakar / joke : kalau habis buat tinta Hp dan kita cuci tangan dan peralatan kerja maka air bekas cucian tersebut kalau dimasukan kedalam catridges Epson maka hasilnya sangat bagus....,..

Mungkin dengan penjelasan diatas mas akan paham, sebenarnya mana yang lebih fine antara piezo dengan TIJ baik dalam hal kecepatan cetak ataupun kehalusan serta nuansa warna hasil cetaknya. Kunci dasar dalam TIJ hanyalah tinta yang bergerak didalam firing chamber serta tidak boleh ada sedikitpun residu didalamnya yang menghambat proses penembakan.

Salam,

COLOR
04-02-2008, 11:15
Dear tonjaya,

Lantas kenapa segment kecil utk cetak foto lebih memilih Epson dibandingkan dengan Hp. kata mereka yang pemakai hasil cetaknya lebih bagus dibandingkan dengan Hp.
dan untuk wide format, beberapa tempat yang sy tau mereka mengclaim wide format Epson lebih bagus dibandingkan HP (padahal mereka pakai tinta asli)

Umumnya para penguna / terutama segmen kecil yg mas maksud adalah penguna setia dari compatibel ink atau CFS untuk printer mereka. Bila mas memantau lebih jauh, pangsa pasar medium format baik dipasar local ataupun disebrang yang sekarang sedang menjamur umumnya mempergunakan produk "Designjet" milik HP.

kalo sy pribadi dengan tinta ex-korea sy lebih condong ke HP, karena warnanya lebih bright jadi lebih enak dilihat. sedangkan untuk Canon sy acungkan jempol untuk kelengkapan warna yang di tampilkan lebih WYSIWYG hanya warnanya agak2 gelap. kalo dibandingkan Canon dan Hp maka ada beberapa warna di HP yang di alihkan kewarna laen.

Coba mas baca post diatas tentang PhotoREt, sangat dibutuhkan ke presisisian tinggi dalam pencampuran colourant (bukan hanya formulasi tinta) guna menunjang tech tersebut. Bila hasil formulasi warna "agak melenceng" dari gradient warna tinta aslinya, maka kita harus menyertakan ICC dari tinta tersebut agar system / color management dapat membuat koreksi sesuai dengan gradient warna dari produk. Apakah mas sebgai penguna tinta korea juga mendapatkan ICC dari produk mereka ? ICC sangat menolong dalam pembentukan warna Black & gray pada setting RGB (pada setting ini system hanya pergunakan warna Cyan, Magenta, Yellow, Light Cyan & Light Magenta tanpa mempergunakan warna Black, walaupun harus mencetak warna hitam sekalipun jadi bila ada komposisi warna tinta yang "agak melenceng" maka dipastikan hasil cetak akan mengalihkan kemana gradient warna yang lebih kuat seperti terkadang redish, bluish ataupun greenish) karena printer kelas highend desktop, photo printer dan wideformat HP menerapkan system RGB dan CMYK pada setting driver yang berbeda. Pada driver setting media : Plain paper, bright white paper dan Coated paper menerap mempergunakan system CMYK selain setting diatas menerapkan setting RGB. Hal ini yang umumnya kurang dipahami oleh para end user. Sekali lagi khususnya unutk menunjang tech PhotoREt sangat dibutuhkan kepresisian pencampuran colourant serta "File color management" guna system menyesuaikan / melakukan koreksi warna sesuai dengan komposisi gradient warna dari tinta yang dipakai. File tersebut umumnya disebut ICC profile.

Tapi untuk beberapa produk designjet sudah menyertakan fasilitas closed loop color calibration (fasilitas ini tak terdapat pada printer merek lain sekelasnya) yang mampu secara otomatis membuat color management sendiri terhadap media yang sedang dipergunakan terhadap warna tinta yang dipergunakan (dalam parameter warna tertentu). Mulai dari type designjet 30, 90, 120, 130 keatas apalagi yang terbaru type T dan Z

Coba mas compare hasil cetak printer ukuran A3 antara Epson yang paling mewah sekalipun dengan lowest product dari designjet yaitu type 30, hasilnya................... terutama pada skintone, dan vivid colornya.

Keunggulan Epson hanya terletak dari sales force dan sosialisasi produk serta kemudahan untuk mendapat compatible ink product.

Salam,

anno78
04-02-2008, 17:09
wah, baru dua hari dah pindah ke sticky yak:worship:

benar-benar sangat membantu nih pak, baru beberapa aja dah banyak yang baru buat pemula kaya saya...

nexus
05-02-2008, 08:37
All abaut inkjet ink. Ga ada salahnya kalo saya kemukakan masalah saya disini kan ? Saya punya printer jadul HP Deskjet 810c printer tersebut bandel banget, sudah sebulan gak dipake karena ada masalah kalo ditekan tombol power, inisialisasi printer terdengar bunyi "krrrr..." seperti ada yang nyangkut kemudian indicator power dan feed paper blinking, printer ga bisa dipake, karena penasaran tu printer aku buka covernya, aku bersihin penampungan tinta yang ada dibawah catridge lalu dipasang lagi tapi masalah tidak hilang. Kemudian dibawa ke tukang service, kata tukang service "Service Station partnya ada yang hilang" aku tanya apa itu station part katanya alat untuk pompa tinta. apakah benar apa yg dikatakan tukang service ? padahal seingatku ga ada alat yang lepas atau jatuh waktu aku membersihkan itu printer, dan apakah printerku masih bisa diperbaiki ? Soalnya aku sayang tu sama printer akhirnya ga jadi diservice karena alatnya sulit (kata tukang service). Oh iya selama ini aku pake tinta refil "Ven***". terima kasih atas bantuannya.

tonjaya79
05-02-2008, 09:18
Umumnya para penguna / terutama segmen kecil yg mas maksud adalah penguna setia dari compatibel ink atau CFS untuk printer mereka. Bila mas memantau lebih jauh, pangsa pasar medium format baik dipasar local ataupun disebrang yang sekarang sedang menjamur umumnya mempergunakan produk "Designjet" milik HP.

kalo di daerah sy, memang produk Epson yang banyak P'Color
terutama R210 favorit para amatiran tuh,
sedangkan HP Photosmart tidak diminati orang, tp sy pakai yang 7830.
sebagian dari pemakai R210 itu memakai tinta ori Epson lho.......

untuk sekala sedang cuma 2 unit sy liat disini pakai Designjet 500, malah salah satunya bilang beli itu karena lebih murah :confused:

setelah sy pikir2 mungkin masalah di CFS yach....... soalnya R210 banyak yang pakai CFS.


Apakah mas sebgai penguna tinta korea juga mendapatkan ICC dari produk mereka ?

kaga di kasih tuh, mo download ternyata adanya yang large format aja

bila ada komposisi warna tinta yang "agak melenceng" maka dipastikan hasil cetak akan mengalihkan kemana gradient warna yang lebih kuat seperti terkadang redish, bluish ataupun greenish)

jadi inget TK :D:D:D
waktu sy kesana ada yang ribut patung budha nya ngk gray :laughatr::laughatr::laughatr:



setelah baca PhotoREt sy makin kagum ama HP, hehehehe
ternyata teknologinya lebih wah..... cuma sayang promosinya kurang jadi hanya skill user yang tahu masalah ini.
untuk segmen kecil printer HP seri berapa yach banyak dipakai?

kembali lagi masalah CL41, kenapa printhead nya gampang clogging yach P'Color apakah DPI nya lebih besar dari HP atau memang kondisi headnya yang dibuat lemah? bahkan beberapa head sy temukan sdh clog sebelum tinta asli kosong.

COLOR
05-02-2008, 11:18
Dear nexus,

Menang sebagian spareparts dari 810c sudah agak sulit didapat, kemungkinan besar sparts tersebut kalaupun didapat dari "kanibal" sesama unit sebab harap dimaklumi karena usianya sudah agak uzur. Kegagalan yang paling sering dijumpai untuk type type seperti itu terletak dari mechanical paper feeeder dan service station. Yah ibarat mobil jeep angkatan th 40an, cuma kolektor saja yang masih mampu merawatnya. Coba hubungi rekan tk mungkin ia memiliki parts yang mas butuhkan karena sudah hampir setahun dia mengumpulkan printer printer uzur dengan cara trade in dengan printer baru.

Dear tonjaya,
kaga di kasih tuh, mo download ternyata adanya yang large format aja

Untuk ICC dari produk tersebut coba hubungi PT Dharma citra selaku penyalur resminya, memang tak banyak yang mau "repot" akan hal ini karena tak memahaminya atau memang produsennya yang kurang exist apalagi produk produk ex lowend china.

sedangkan HP Photosmart tidak diminati orang, tp sy pakai yang 7830.
sebagian dari pemakai R210 itu memakai tinta ori Epson lho.......

cuma sayang promosinya kurang jadi hanya skill user yang tahu masalah ini.
untuk segmen kecil printer HP seri berapa yach banyak dipakai?

7830 sudah mempergunakan tech PhotoREt 4, bila mas bandingkan dengan R210 yang sama sama mas pergunakan, menurut mas which one better ? (bila sama sama mempergunakan tinta ori, tell me the truth..)
Memang benar sosialisasi produk kurang digalakan oleh vendor HP disini, tak seperti Epson.

sy liat disini pakai Designjet 500, malah salah satunya bilang beli itu karena lebih murah :confused:

setelah sy pikir2 mungkin masalah di CFS yach....... soalnya R210 banyak yang pakai CFS.


Mungkin ini pertanyaan yang terjadi dipasar :

Mengapa sangat banyak penyedia jasa CFS yang mengatakan sangat sulit untuk melakukan pemasangan pada TIJ ?
Mengapa printhead TIJ lebih riskan bila dilakukan refill ?
Mengapa tinta Epson demikian banyak beredar dipasaran sedangkan sangat sedikit sekali tinta untuk TIJ apalagi untuk wideformat TIJ ?

jadi inget TK :D:D:D
waktu sy kesana ada yang ribut patung budha nya ngk gray :laughatr::laughatr::laughatr:

Mengenai hal tersebut saya pernah membacanya : http://forum.chip.co.id/1501121-post180.html

masalah CL41, kenapa printhead nya gampang clogging yach P'Color apakah DPI nya lebih besar dari HP atau memang kondisi headnya yang dibuat lemah? bahkan beberapa head sy temukan sdh clog sebelum tinta asli kosong.

Bila hal tersebut trerjadi pada catridge ori, mas dapat lakukan claim pada vendornya. Pengertian "kosong dan clog" terjadi pada semua warna atau hanya sebagain warna saja ?

Salam,

tonjaya79
05-02-2008, 12:15
7830 sudah mempergunakan tech PhotoREt 4, bila mas bandingkan dengan R210 yang sama sama mas pergunakan, menurut mas which one better ?

HP............. sing ada lawan :p
tapi sejak catridge HP95 rusak kaga pernah pakai lagi sih...... kalo itung2 wajar sih udah 20x wa injet ama InkT**


Bila hal tersebut trerjadi pada catridge ori, mas dapat lakukan claim pada vendornya. Pengertian "kosong dan clog" terjadi pada semua warna atau hanya sebagain warna saja ?

kalo clog rata2 cuma 1 warna. jarang banget dapet clog yang semua warna.
kaga bisa di garansi P'Color soalnya sy tau blum kosong dan clog setelah 5cc tinta di injet tapi kaga masuk semua dan pattern di kertas tissue putus2 tidak memblok. kalo di print yach garis2.



bagaimana dengan Canon P'Color, apakah teknologinya sudah sebaik dan sebagus HP ???

COLOR
06-02-2008, 03:15
bagaimana dengan Canon P'Color, apakah teknologinya sudah sebaik dan sebagus HP ???

Mungkin th 2010 akan ada inovasi baru dari Canon

C'By
06-02-2008, 05:20
Ikut ngobrola ah. Sayangnya untuk awam, hp kok terkesan kurang bandel ya Pak? Ap karena jarang yg pake merk ini? kalo refil sendiri aplg, bisa2 headnya cpt wafat.
Saya pribadi lebih familiar dg canon. Hanya sejak generasi ip1200 dan adik2nya, sering bgt head-nya bermasalah. beberapa canon di kampus dan punya teman2 PH-nya error. terutama yg pk infus. Setelah baca2 post P'Color, saya meyakini masalahnya diTinta. (dan desain CFS). Tp sampai sekarang jg belum yakin benar mana tinta yg cocok untuk canon ip1200-1880.
MAu icip2 tinta ramuan P'Color biar PH awet, P'TK ada penyalurnya diBdg g ya?

nexus
06-02-2008, 11:11
[quote=COLOR;1520093]Dear nexus,

Menang sebagian spareparts dari 810c sudah agak sulit didapat, kemungkinan besar sparts tersebut kalaupun didapat dari "kanibal" sesama unit sebab harap dimaklumi karena usianya sudah agak uzur. Kegagalan yang paling sering dijumpai untuk type type seperti itu terletak dari mechanical paper feeeder dan service station. Yah ibarat mobil jeep angkatan th 40an, cuma kolektor saja yang masih mampu merawatnya. Coba hubungi rekan tk mungkin ia memiliki parts yang mas butuhkan karena sudah hampir setahun dia mengumpulkan printer printer uzur dengan cara trade in dengan printer baru.

Terima kasih atas infonya P Color, emang sih saya ada rencana ke TK untuk pasang CFS R230 pake tinta Dye Base ramuan P Color.

COLOR
07-02-2008, 22:35
............saya meyakini masalahnya diTinta. (dan desain CFS). Tp sampai sekarang jg belum yakin benar mana tinta yg cocok untuk canon ip1200-1880.

Formulasi tinta untuk catridges CL40 berbeda dengan 830 begitu pula antara 41 & 831. Perbedaan terletak dari jenis coosolvent yang dipergunakan sehingga mempengaruhi viscositasnya.

Salam,

COLOR
07-02-2008, 23:21
Post pada thread lain segera...

Pindahan dari Thread : artpaper post 48

Dear all,

Bagi member yang ingin mempergunakan coating protection / "Vernish" pada printer Canon Ip 1200 ~ 2580.

Protection coating / vernish terdiri dari 2 type yang berbeda :
1. Gloss finished (Kilap / Gloss, memberikan efek mengkilap)
2. Natural.

Note kedua type diatas tidak boleh tercampur karena memiliki cation yang berbeda. Bila tercampur maka akan menjadi gelling (seperti jelly / dodol / jenang / dan sangat lengket sekali)

Fungsi protection coating,
1. Membuat hasil cetak pada media kertas biasa menjadi 100 % water resistant walaupun mempergunakan tinta pigmented ink base (bukan 100 % pigment base) yang banyak tersedia dipasaran.
1. membuat hasil cetak pada media kertas / coated paper (art paper, cromo, chrome coated dll yang sejenis) yang kurang memiliki porous menjadi water resistant.
3. Membuat hasil cetak dari laser color menjadi lebih gloss dan solvent resistant.
4. Memberikan lapisan perlindungan terhadap sinar UV hampir 100 % yang mana akan mempertahankan / melindungi low grade / weak light fastness colourant dari pengaruh sinar U.V. yang mana hasil cetak akan tetap "cerah" dalam waktu yang lama.

Untuk mempergunakan "vernish" diatas maka diperlukan sedikit modifikasi pada printhead C40 / 41.
Disarankan mempergunakan catridges baru / second yang belum pernah direfill untuk aplikasi ini.

1. Buka tutup atas dari catridges C40/41 (potong dengan pisau cutter pada posisi sambungan antara tutup atas warna abu abu dan body catridges warna hitam. hati hati pengunaan pisau cutter dapat melukai tanggan sdr dan juga bagian tutup atas jangan sampai rusak / pecah).

2. Keluarkan sponge / busa dari dalam catridges.

3. Cuci catridges dan sponge dengan mempergunakan air biasa hingga menjadi bersih dan tidak ada sisa tinta (baik itu K, pada C40 dan C,M,Y pada C41) lalu bilas catridges & sponge dengan aquadest. Keringkan sponge C,M,Y kalau yang K tidak perlu sebab tidak dipergunakan.

4. Pasang tutup atas catridges dan masukan sponge C,M,Y pada "kotaknya" C41 masing masing sedangkan untuk C40 tidak perlu mempergunakan sponge. Pereket tutup atas dengan body catridges dapat mempergunakan perekat "Power Glue", tunggu sampai perekat mengering. Setelah kering maka catrdiges siap untuk dipergunakan.(hati hati jangan memberikan power glue terlalu banyak sebab ada resiko "mengalir" dan menutup filter didalam catrdiges. Khusus untuk C40, setelah perekatan / pengeleman selesai, harap isi catridges dengan 96 % alkohol lalu sucker / sedot dari bawah agar tidak ada sisa tinta yang tersisa dalam jalur printhead. Setelah itu keringkan isi catridges dari alkohol.

5. Buat lubang pada tutup atas catridegs C 40 / 41 lalu pasang silicon seal, ukur instalasi flexible tube / selang. Potong selang sesuai dengan panjang yang diinginkan dan diujung selang dipasangkan knee sebagai penyambung antara selang dengan catridges.

6. Untuk botol reservoir / tabung CFS yang berhubungan dengan catridges C40 diisi dengan "vernish" dan 3 tabung laiinya yang berhubungan dengan C41 diisi dengan larutan aquadest + Diethylene glycol. (96,5 % aquadest + 2,5 % Diethylene glycol + 1 % alkohol 96 %)

7. Pasang catridges dan perhatikan pergerakan dari flexible tube / selang. Bila semua sudah OK, maka fix / kancing flexible tube / selang. System CFS dengan mempergunakan vernish ink sudah selesai dan unit siap sebagai mesin coating / laminating seperti yang rekan faruk tanyakan.

Cara kerja,
1. Dengan printer "A", Cetak kertas / media ( art paper dll ) dengan mempergunakan tinta yang sesuai.
2. Buat patroen / blok yang lebih besar sedikit dari yang diatas dengan komposisi warna C10M10Y10K100 (saya mempergunakan corel X3) saat mencoba hal ini
3. Untuk membuat hasil cetak dari printer "A" memiliki daya tahan water resistant dan light fastness yang tinggi maka cetak blok / solid color (dengan komposisi warna diatas) pada printer "B" yang berisi "varnish". Setting printer "B", Media = Plain paper, Print quality = normal, Paper size = terserah sdr.

Chemical reaction dari "vernish",

Active content 45 % polymer polyester resin dalam larutan ester alkohol dengan UV Activator dan H2O sebagai promotor.

Polymer memiliki daya penetrasi yang sangat tinggi serta tidak akan mengering walaupun disimpan dalam waktu lama dalam kondisi wadah terbuka atau tertutup asalkan terhindar dari sinar matahari sebab terdapat kandungan UV activator sebagai pemicu kristalisasi dari pada polymer dan segera membentuk surface gelling bila terkontaminasi dengan H2O.

Oleh karena itu, tidak akan terjadi Clog / buntu pada printhead walaupun unit tidak dipergunakan dalam waktu yang sangat lama (misalkan tidak dipakai untuk mencetak dalam waktu 3 bulan atau lebih) ataupun unit dipergunakan sebagai "Kuda" yang bekerja nonstop.

Metode kerja,

Pada saat mencetak warna solid / blok dengan komposisi C10M10Y10K100, maka printhead K / C40 yang berisi larutan "vernish" akan bekerja maksimal menembakan "vernish" keatas hasil cetakan media artpaper, karena sifatnya yang memiliki daya penetrasi tinggi maka "vernish" akan "membungkus" partikel pigment" dan "mengikatnya" pada surface media serta pada saat yang hampir bersamaan printhead C,M,Y / C41 menembakan sedikit air keatas permukaan "vernish" tersebut. Dengan adanya senyawa air / H2O dengan "vernish" maka terjadi surface gelling / pembekuan dari vernish yang menghaslkan "vernish" menjadi diam / seakan akan mengering seketika.(akan ada aroma / bau seperti kertas terbakar) Jadi bila diamati, hasil printout dari printer "vernish/laminating" langsung kering (sebenarnya hanya surface gelling dan vernish baru 100 % membeku setelah UV Activator terkena sinar matahari, semakin terkena sinar maka lapisan semakin kuat).
Karena mencetak lapisan "vernish?laminating " dapat dengan mudah dilakukan.

Semoga penjelasan saya dapat membantu rekan rekan.

salam,

COLOR
07-02-2008, 23:56
Post pada thread lain segera...

Pindahan dari thread : artpaper post 58

Dear mas cby,

1. karena saya cuma punya 1 printer 1700, bisakah kalau saya menggunakan 1 printer itu untuk ngeprint sekaligus melapis. maksudnya cartridgenya gantian dipasang. kalo udah selesai ngeprint,cartridge tinta dicopot, lalu pasang cartridge vernish.
2. Apa efek negatif yang mungkin timbul pada printer?

Mas kalau bisa pakai 2 printer, 1 untuk mecetak dan yang lainnya untuk melapis vernish. Kasihan printhead dan haed carriage printer bila mas melakukan cabut / pasang catridges pada setiap job. (tolong diingat, khususnya Ip 1200 ~ 1700, catridges "kosong" yang telah beberapa kali di cabut / pasang pada unit printer yang sama akan sangat mudah terdeteksi "Ink catridges Not Recognize" kalau sudah kejadian seperti itu kan malah susah sendiri, maksudnya mau irit beli printer baru tapi malah kejepit musti beli catridge baru)

Printer yang untuk mencetak diatas art paper saya sarankan pakai keluarga Ip1200 ~ 1700 sedangkan yang untuk melapis vernis sebenarnya bisa pakai printer apa saja baik itu type piezo printhead seperti Epson ataupun Canon Ip 1200 ~ 1700. (tapi bila pakai Epson maka konsumsi vernish bisa lebih dari 2 x dibandingkan Canon).

3. Untuk langkah 5, saya kok lebih memilih membuat lubang saat tutup atas cartridges masih terpisah dari badannya ya. Untuk menghindari adanya remah sisa pengeboran yang masuk dalam cartridge.

Setuju.

4. Apakah hasil pelapisan tersebut tergantung pada tinta/kertas yang digunakan?

Tidak, fungsinya vernish adalah sebagai top coat protector dengan fungsi tertentu seperti anti UV resistant, scratch resistant ataupun solvent & water resistant dll Bisa juga saat formulasi ditambahkan beberapa efek finishing seperti efek gloss, satin, natural ataupun matte /doff.

Lapisan vernish tidak memilih media / tinta yang akan dilindunginya.
Tapi saat membuat suatu formulasi (Tinta atau vernish) sudah dapat dihitung apa strong point dan weak point dari produk yang akan dihasilkan sesuai dengan aplikasinya (mencetak pada uncoated media / artpaper dll / media yang bukan diperuntukan bagi inkjet printer). Juga harus dipikirkan bagaimana mengcover / mengatasi weak point dari produk yang akan dihasilkan.
Jadi sebenarnya kedua hasil produk (tinta dan vernish) sebenarnya adalah satu kesatuan yang saling melengkapi masing masing weak point.

Karena yang terbentuk adalah 2 jenis products, mungkin saja ada pandangan / pemikiran lain atas aplikasi / kegunaan lain dari products tersebut seperti contoh :

Saat saya membuat formulasi vernish tidak ada pikiran sekecilpun bahwa produk saya dapat menunjang pintout dari color laser, tapi karena ada beberapa hasil print dari color laser yang "ikut" disoba saat melakukan pelapisan vernis, loh koq hail printout laser jadi begitu "bright" yang tadinya warnanya agak doff serta saat saya rendam dalam larutan minyak, koq tidak luntur.

Atau saat saya salah memberikan excute file cetak , seharusnya saya memberikan execute file blok lapisan vernish pada printer "2" dan mencetak design dll pada printer "1", tapi kertas yang art paper yang sudah diblok warna hitam solid malah terkirim file foto pada printer yang untuk memberikan lapisan vernish, setelah tercetak beberapa lembar saya baru sadar, bagus juga hasilnya kalau background warna hitam ada cetakan transparant (file foto) yang bewarna tetap hitam tapi mengkilap.
Yah itulah beberapa contoh aplikasi / kegunaan sampingan yang sebenarnya tidak terpikirkan saat kita membuat suatu formulasi.

Jadi vernish dapat melapisi tinta apapun.

5. Trus vernishnya apa..

Active content 45 % polymer polyester resin dalam larutan ester alkohol dengan UV Activator dan H2O sebagai promotor. (untuk selengkapnya baca post diatas)

....Barangkali bisa dipertimbangkan ....

Akan saya diskusikan dengan beberapa rekan dipabrik apakah ada minat untuk main dipasar retail.

..tentang memilih tinta. tapi masih ragu, apakah yang lebih mahal selalu lebih bagus...

Apakah penjualnya yang memang ingin untung besar ataukah memang layak suatu produk dijual dengan harga tersebut. Untuk itu hanya pasar yang dapat menilainya dan saya kira mas juga sebagai end user dapat memberikan penilaian terhadap harga jual suatu produk.

mengikuti thread ini dan thread modif ix5000. memberikan harapan untuk

Mas, diatas awan masih ada awan, tidak ada individu yang sempurna karena setiap individu memdapatkan talenta yang berbeda. seperti kejadian tadi pagi si Ujang (tukang kebun saya) berhalangan untuk masuk kerja karena ada familinya yang akan menikahkan anak dikampungnya (jember), untuk itu ia pamitan untuk pulang sekitar 7 ~ 10 hari. Saya lihat ujung ranting cemara udang sudah acak acakan dan saya coba untuk menguntingnya, tapi alamak susahnya setengah mati, sudah ambil ancang ancang pasang tangga lalu naik pelan pelan, eh pas mau mengunting ada angin, waduh susahnya merapikan ujung daun yah, Padahal kalau pagi saya lihat si Ujang begitu gampangnya melakukan hal tersebut.

Salam,

COLOR
08-02-2008, 00:02
Post pada thread lain segera...

Pindahan dari thread : artpaper post 69

Dear aguston,

emang nie tinta khusus buat printer canon aja nich buat merek lain gak bisa gitu?

Bila diperlukan sangatlah mungkin dan mudah untuk membuat formulasi tinta untuk sebuah type printhead printer (contoh pertanyan sdr aguston adalah R230) tapi ada beberapa pertimbangan saya sebelum membuat suatu formulasi sebagai berikiut :

1. Dampak sosial yang mungkin ditimbulkan atas suatu produk
Bila salah satu produk saya akan memberikan suatu dampak yang "kurang baik", lebih baik saya batalkan rencana tersebut tapi bila berdasarkan "report" bahwa produk tersebut akan membuat suatu nuansa baru yang "positif" seperti membuka suatu lapangan kerja baru yang mana tadinya "lapangan" tersebut hampir mustahil disentuh oleh suatu produk yang oleh awam, maka apapun yang terjadi saya pasti mewujudkan rencana tersebut.

ini sebagain "report" yang saya angap memberikan nilai "positif"

Dari rekan Pom,
kalo mo pake art paper gimana nih? bisa gak pake inkjet? soalnya saya juga pengen bisa.. tapi apa daya baru mampu beli inkjet..

Dari rekan Faruk,
pak kebetulan biasanya sy cetak di art paper 150gram & ivory jika >260gram...kalo ketemu di tempat cetak banyak banget yg pake kertas2 ini.
asumsi biaya cetak (ongkos cetak) & film Rp. 600 rb an,
ini sy sangat kesulitan (masalah harga) apabila cetak dibawah 300 lembar,
jadi alternatif memang diprint,

Dari rekan roxanne,
kadang ada teman yg datang mau bikin flyer sekitar 300-500 lembar, kalau cetak kena minimal order, kalau di print jatuhnya kemahalan. jadi kalau art paper bisa di print dgn hasil seperti cetak

Dari rekan C`by,
Selama ini buat nambah2 bayar kul saya juga nyetak-mencatak. kalo offset, terpaksa suborder lagi. tapi kalo bisa diprint, ini solusi yang sangat menarik

2. Siapakah "pasar" sesungguhnya dari produk tersebut ?
Berdasarkan "report" yang saya terima, sesungguhnya pasar dari produk tersebut adalah para "pengusaha kecil / home industry" yang mempergunakan "printer" sebagai unit utama untuk mencari nafkah.

3. Type printer apakah yang paling "ideal" untuk produk tersebut berdasarkan pertimbangan diatas ?

A. Kecepatan & hasil cetak dari type printer yang akan dipakai :
Karena para calon penguna adalah "percetakan kecil" maka dibutuhkan unit printer yang mampu mencetak dengan kecepatan yang "agak tinggi" dengan hasil cetak yang masih dapat diterima oleh pasar tersebut.

B. Harus tersedianya / distribusi spare parts dipasar & memiliki kompatible / kesamaan fungsi spare parts tersebut walaupun dikota "kecil" dengan harga yang reasonable / terjangkau.
Karena para calon penguna adalah "percetakan kecil" yang mana saya pernah mendengar sendiri dari seorang rekan didaerah grogol yang membuka usaha pencetakan "kecil" bahwa mengumpulkan uang dari hasil cetak perlembar hanya berberapa ratus rupiah saja akan terasa sangat "sakit hati" bila harus membeli salah satu spare parts dengan harga yang aduhai serta terkadang spare parts tersebut "sedang kosong" dipasaran. Yang berarti selama unit "percetakan" sedang mengalami "masalah" maka saat itu juga "penghasilan / nafkah" akan bermasalah.

C. Konsumsi / pemakaian "tinta" dari type printer yang "terpilih"
Karena para calon penguna adalah percetakan kecil yang mana akan merasa sangat sayang bila tinta yang seharusnya dipergunakan untuk mencetak malah dibuang percuma saat printer melakukan suatu aktifitas rutin / duty cycle tertentu dari program printer tersebut.

D. Kemampuan type printer yang "terpilih" untuk dapat menerima suatu execute / perintah kerja dalam jumlah "agak banyak" tanpa perlu beristirahat / bekerja nonstop.
Karena calon penguna adalah percetakan kecil yang mana sangatlah sering terjadi untuk mengirimkan suatu execute job / perintah kerja dalam jumlah halaman yang cukup banyak dalam suatu perintah.

E. Harga dari printer tersebut.
Karena calon penguna umumnya dari "pengusaha kecil" yang belum tentu mampu membeli harga 1 buah printer diatas Rp 1 Jt, kriteria diatas agak sulit terpenuhi.

Ini adalah fase tersulit bagi saya untuk menentukan printer apa yang akan saya pakai sebab ada beberapa merek dan type yang umum tersedia dipasar tapi harus melewati beberapa pertimbangan saya diatas dan juga apakah type printer yang saya pilih memiliki design / konstruksi printhead yang dapat mengkonsumsi / mempergunakan formulasi dasar dari tinta yang akan dipakai ?

Untuk kriteria cetakan ukuran A4.

A: Kecepatan : Epson C87, Hp Deskjet 1360, Canon Ip 1700.

B : Spare parts : Hp 1360, canon Ip1700 (banyak spare part dari kedua type tsb yang dapat saling tukar pakai dangan type type terdekatnya, hal ini tidak terdapat pada Epson).

C : Konsumsi tinta : HP 1360, Canon Ip1700 (saat tertentu Epson melakukan printhead clean dan membuang tinta dalam volume besar)

D : Execute job : canon Ip1700 (Hp memerlukan "space hardisk & memory Pc" lebih besar dibandingkan Canon saat spooling, Epson walaupun sudah mempergunakan auto reset chip tetap membutuhkan waktu reset ink level sesaat, bisa juga dengan cara mematikan printer dan menghidupkannya kembali lalu ink level menjadi penih lagi)

E: Harga printer : Hp 1360, Canon Ip1700. (harga kedua type tsb berkisar 500 K saat itu sedangkan epson mendekati 900 K)

Itulah pertimbangan saya saat saya memutuskan untuk mempergunakan PG40 / 41 dan Ix series untuk formulasi tinta diatas kertas art paper.

Untuk itu semua sayapun mohon masukan / saran dan pertimbangan lain nya dari rekan rekan .

Salam,

COLOR
08-02-2008, 00:07
Post pada thread lain segera...

Pindahan dari thread : artpaper post 80

Active content 45 % polymer polyester resin dalam larutan ester alkohol dengan UV Activator dan H2O sebagai promotor.

Active content 45 % ......... polyester resin = bahan baku utama dari larutan ini polyester resin 100 % (tapi dalam larutan ini hanya dipakai sekitar 48 % dari berat larutan sedangkan sisanya adalah compound / campuran seperti emulsifier, dispersing, dilueant, curing agent & fixing agent serta beberapa additive yang sangat diperlukan untuk merubah "chain" / struktur ikatan" atom tersebut sesuai dengan hasil akhir dari suatu formulasi)

polymer = adalah suatu reaksi kimia yang terjadi dalam kewadah bertekanan dan bersuhu tinggi / reaksi kimia dalam reaktor yang akan merubah DNA / struktur ikatan atom aslinya menjadi DNA / struktur ikatan atom baru sesuai hasil pencampuran berapa additive yang menjadikan hasil polymer yang berbeda sifat aslinya.

ester alkohol = seharusnya ether alkohol (salah type) berfungsi sebagai pelarut / diluent

dengan UV Activator = hasil / efek atas penambahan additive tertentu kedalam suatu formulasi yang sangat "mendambakan / membutuhkan" pancaran sinar ultra violet untuk membentuk / memicu terjadinya suatu chain / reaksi baru dalam suatu formulasi.

dan H2O sebagai promotor = sama seperti diatas tapi membutuhkan H2O untuk membuat suatu reaksi baru.

Apakah mas bisa mendapatkan "vernish" yang saya maksud dari toko cat atau toko bahan kimia ? Untuk bahan baku = ya, bisa didapat dari penjual bahan kimia industry disini (indo) tapi bukan "vernish" yang dimaksud untuk aplikasi ini.

Saya harap penjabaran diatas dapat membatu.

Salam,

COLOR
08-02-2008, 00:16
Pindahan dari thread : artpaper post 100

Dear mas faruk,

Terima kasih atas kesan dan pertanyaan yang dikerikan

@p.color, pak di artpaper, ip1700 sy, warna hitam/bayangan/rambut pake profile plainpaper, masih bleber dikit2 (tdk sesolid CMY)...ini masalah belum via profile artpaper itu, ato masih kontaminasi tinta lama & aquades ..bekas pencucian yak, trims

1.Coba mas lakukan printhead aligment terlebih dahulu.
2.Ada kemungkinan isi catridges 40 masih tercampur dengan air atau sisa tinta lama.
3.Coba mas buat blok warna C100, M100, K100,Y100 dengan corel / photshop (setelah melakukan setting color management) pada satu printout maka akan terlihat lebih jelas apakah faktor "bebeber" masih terjadi.

Cara pengunaan file color management :

Coba mas pakai color profile yang diberikan oleh rekan tokokomputer (TK),

1. setalah file diextract maka file inti adalah : media komputindo.icm (28 kb) 2. Copy file tersebut (bukannya install) pada : Directory windows / system32 / spool / driver / color.
3. Shut down Pc.
4. Matikan monitor sesaat lalu hidupkan lagi dan setting monitor menjadi default to factory (pada setting color balance R,G,B (bila ada) dan brightness & contrass) Umumnya setting monitor ini terdapat pada monitor LCD / CRT ukuran 17 " keatas.
4. Hidupkan PC
5. Control panel => Display => Display properties => Setting => Advance => Color management => Add (akan terbuka windows baru dan cari file media komputindo.icm) => Set as default => Apply => Ok, restart Pc
6. Control panel => Printer and faxes => Cari Canon Ip1700 => Properties => Color Management => hapus beberapa file color management (lebih baik catat dahulu sebelum menghapus / delete / remove) dan setelah kolom color profile menjadi kosong => Add (akan terbuka windows baru dan cari file media komputindo.icm) => Apply => OK.

B. Bila mas mempergunakan software grafis Corel Draw 12 :

1. Buka lembar kerja baru.
2. Tools => Color Management => terbuka windows baru dan pada tengah ada lingkaran warna CMY dan dibawahnya tercantum : Generic Internal RGB profile, klik tulisan tersebut maka akan terdapat pop up baru lalu pilih file : media komputindo => arahkan crussor mouse keatas kiri dan aktifkan => Set import / export Advance option => Terbuka windows baru, pada bagian import , centang "Always convet using" akan terbuka pop up baru lalu pilih file : media komputindo => lakukan hal yang sama pada bagian export => Ok, lalu arahkan crusor mouse kearah bawah, => dibawah gambar monitor terdapat tulisan : Generic profile, klik tulisan tersebut maka akan ada pop up baru lalu pilih file media komputindo = lalu tekan OK. Sesaat setelah tombol Ok ditekan maka windows color management akan menutup.
3. Tools => pilih : Set setting as default => Ok.
4. Tutup Corel draw.
5. Buka lembar baru corel draw maka mas melihat color dan nuansa warna yang sedikit beda dari biasanya palet maka mas akan melihat perubahan padanya

C. Bila mas mempergunakan software grafis Adobe Photoshop :

1. Buka program.
2. Edit => Color setting => akan terbuka windows baru => Setting : ( Bila belum pernah melakukan setting pada windows ini ) maka terdapat tulisan Nort American General Purpose 2, klik pada tulisan dan ganti dengan "CUSTUM" => Working space => RGB ganti srgb iec1966-21 dengan file media komputindo pada pop up dan file yang lainnya (CMYK, Grey, Spot) tidak perlu diganti => Color management polycies => RGB => pilih "Convert to working RGB" setingg lainnya tidak perlu diganti => Fewer option => Engine => Microsoft ICM => Intent => Perceptual => centang : Use black point compensation dan used dither => Advance control => centang Desaturated color by 12 % setting lain tidak perlu dirubah = > OK
3. Tutup program.
4. Bila mas membuka file setelah mas melakukan setting diatas maka mas akan melihat nuansa warna yang mungkin agak sedikit lain dari yang biasanya.

Dengan melakukan hal diatas maka mas telah melakukan penataan color managenet pada system monitor, printer dan software grafis coreldraw / photoshop.

Dengan setting dan color profile tersebut mas akan mendapatkan WYSWYG Color profile : mediakomputindo.ICM dibuat berdasarkan hasil kalibrasi printout Ip1700 dan monitor di lab (SONY CRT 21") dicetak diatas kertas art paper 230 gram ex Pindo (kertas tersebut kiriman dari rekan TK disertai nota pembelian kertas dari PT Surya Jaya Palace Jl. Jembatan lima , Jakarta). Bila mas mempergunakan merek monitor lain, mungkin akan terjadi sedikit penyelewengan warna hasil printout, tapi itupun sangat sedikit sekali.

Semoga file color profile dapat lebih membantu mas dalam mencoba tinta tersebut.

Dan juga hasil printout akan terlihat lebih basah / vivid setelah dilakukan proses pelapisan vernish

Salam,

COLOR
08-02-2008, 00:27
Pindahan dari thread : artpaper post 126

saya mengartikan varnis dipasang di tabung "K" dan larutan pengencer di tabung lain (misal di C) hanya satu tabung saja, artinya hanya dibutuhkan 2 catrid saja yang aktif, mohon koreksi

Bisa walaupun hanya mempergunakan 2 catridges.

bila saya hanya pakai 2 catrid (K,C) apakah komposisi cetak varnis blok bisa diganti dengan C30M0Y0K100, mengingat komposisi vernis dan larutan menurut saya 100:30, mohon koreksi

Tidak perlu cukup 100KC10M10Y10. Abaikan printhead yang buntu. sebab hanya perlu sedikit sekali H2O

oh ya pak apa biar varnis cepat kering dipasang lampu UV di depan printer, kayak mesin cetak. tapi apakah ini efektif ?

Tidak perlu lampu UV.

kemudian tinta yang buat artpaper ini apakah bisa di cetakan di lebar PVC? bukan pvc instans yang buat kartu ID, tapi pvc putih yang lembaran buat kartu blank

Tidak bisa sebab tinta untuk artpaper membutuhkan media yang masih memiliki porous dan water absorber.

kira2 saya harus menggunakan jenis pelapis UV seperti apa ya untuk melapisi cetakan keramik tersebut, selama ini saya mencoba untuk mengunakan beberapa jenis varnis yang dipasaran (yang untuk mobil, pilox) tidak bisa dikarenakan varnis tersebut menggunakan tiner sebagai pelarut, sedangkan cetakan keramik tersebut akan rusak jika terkena tiner. atau karena saya menggunakan lapisan coating polister dan tinta sublimation.

Mas membutuhkan waterbone coating yang ditambahkan UV protection. Tapi bila polyester coating yang dipakai memiliki hardness yang cukup (coba cari diforum ini tentang tulisan saya coating untuk printing sublimation) mas bisa pakai coating protection solvent base.

Salam,

COLOR
08-02-2008, 10:14
Pindahan dari thread artpaper post 162

Dari quote diatas ada sedikit yang dirubah untuk pengunaan tinta artpaper :
- Semua kata "vernish" diganti dengan "tinta artpaper" dan setelah sponge dari dalam catridges telah selesai dicuci bersih maka sponge tersebut dipotong menjadi seperti huruf L setelah itu sponge dimasukan membali (peletakan sponge dalam catridegs seperti posisi hruf L terbalik) dengan posisi filter didalam printhead tidak terkena sponge sehingga tersedia "ruang kosong diantara sponge dan filter yang berfungsi sebagai reservoir extra" (bila diperhatikan dengan seksama didalam catridges terdapat filter / berupa lembaran metal bewarna putih berukuran sekitar 6 mm untuk C,M,Y dan 1 cm untuk K, itu yang disebut filter). Karena tinta artpaper memiliki viscosity lebih tinggi dan surface tension tinta lebih rendah maka diperlukan "reservoir" tinta extra yang mampu menampung sekitar 1~2 cc tinta cair (bukan tinta yang berada dalam pori pori sponge, karena fungsi sponge disini telah berubah fungsi dari awalnya sebagai ink reservoir sekarang berfunsi sebagai pressure regulator / penghambat aliran tinta / pengatur tekanan tinta) yang selalu siap untuk ditembakan oleh nozzel.

Perubahan / modi pada printhead untuk tinta artpaper dan dye base biasa ada sedikit berbeda, pada dye base (bila mas perhatikan catridges dari paket tinta standart dan paket tinta artpaper dari TK), pada tinta dye sponge dalam catridjes seperti dikorek / dirusak sedangkan dalam tinta artpaper bentuk sponge yang dipotong / dirubah)

Penyebab dari problem yang mas hadapi adalah ink flow / aliran tinta terhambat.

Untuk kedua / ketiga printhead PG41 yang ada masalah coba mas buka lalu bersihkan songe didalamnya lalu lakukan hal diatas, bila SCR dalam firing chamber belum short maka catridges dapat berfungsi seperti baru kembali.

Semoga penjelasan ini dapat mengatasi problem yang terjadi.

Salam,

COLOR
08-02-2008, 10:20
Pindahan dari thread : Epson print diartpaper / ivory post 24

Aplikasi ini dipergunakan untuk mencetak warna metalic / stamping foil

Dear Faruk & T K,

tarima kasih atas sarannya.

Dear Faruk,

untuk dasar gelap ...kebanyakan langsung poli / (emas/perak..ato yg berwarna nuansa metalik) ..ini mungkinkah dibuat tintanya ?

Membuat tinta printer dengan hasil seperti polymas, Tidak mungkin. Tapi mempergunakan printer dengan hasil seperti / real polymas adalah 100 % mungkin.

Coba lakukan hal ini :
1. Siapkan Hot stamping foil / pita polymas yang memiliki melting point agak tinggi (umumya foil tersebut dipergunakan untuk mencetak "poly" diatas bahan plastik)
2. Potong / gunting kertas poly tersebut agak lebih besar sedikit dari pada ukuran / file gambar.
3. Siapkan setrika (bila foil / gambar berukuran agak kecil dan juga dapat mempergunakan hot laminating machine (mesin laminating panas untuk lapis laminating KTP dll), setel suhu sekitar 120 C.
4. cetak gambar / file dengan mempergunakan laser printer (mau pakai toner refill juga tidak masalah) atau bila tidak memiliki laserjet bisa juga cetak warna hitam solid file tersebut diatas kertas inkjet lalu buatlah fotocopy untuk memperbanyak cetakan tersebut.
5. Diatas hasil cetak laserjet atau hasil fotocopy, letakan kertas poly (sisi yang agak doff menghadap kearah hasil cetak.
6. Bila mempergunakan strika. tekan poly selama 5 ~ 9 detik. Bila mempergunakn hot laminating machine, masukan hasil cetak yang diatasnya dilekatkan poly (dengan mempergunakan Panfix tape) lalu masukan kedalam mesin laminating.
7. tunggu sampai kertas yang di strika / keluar dari mesin hot laminating menjadi dinggin.
8. Lepaskan / pisahkan poly dari kertas.
9. Lihatlah kasil kerja mu. Poly sudah pindah keatas kertas yang ada cetakan laser ataupun hasil foto copy.

Selamat mencoba.

Keypoint dari metode ini adalah :
Partikel tinta (laserjet ataupun foto copy) melt / mencair kembali saat dipanaskan dan juga hot melt glue ? lapisan perekat dari foil juga melt / mencair pada saat yang sama lalu keduanya saling mengikat. Karena "lekatan" pada bagian yang ada tinta lebih kuat dari bagian lainnya (walaupun poly dipanaskan seluruhnya) maka yang akan "berpindah" adalah bagian yang ada tinta laser atau foto copy.

modif ketebalan jadi mis. 250gram/310gram, perlu merubah rangka printer ? ato memang ada baut-baut/sekrup yg mengatur volume ketebalan kertas...

Untuk printer Canon, Epson & Hp tidak ada bagian baut yang dapat berfungsi mengatur ketebalan media. Tapi saran saya , sayangilah printer mu mas, jangan paksakan dia.

Salam

COLOR
08-02-2008, 10:28
Pindahan dari thread artpaper post 168

Dear Cby,

Aqudest = air suling = H2O, saya tidak jelas dengan aqua DM. Coba mas tanyakan saja sama penjualnya apa sama atau beda ? yang penting tidak boleh ada kandungan mineral didalamnya.

Kalau didaerah Bandung coba cari di toko Sakura / kalau tokonya masih ada sebab saya sudah 4 tahun lebih tidak ke Bdg (tokonya jual peralatan laboratorium & kedokteran tapi nama jalannya saya lupa) waktu itu saya menginap dihotel Cemerlang (Jl. pasir kaliki) keluar hotel terus belok kiri kearah menuju lembang sampai lampu merah perempatan pertama belok kanan, posisi tokonya ada disebelah kanan jalan sebelum sampai patung macan.

Kalau tidak ada alkohol 96 % boleh pakai yang 95 %, bila diethylene glycol tidak ada boleh diganti dengan glycerin tapi pakai sebanyak 4 % pada larutan sedangkan yang fital adalah Aquadest tidak boleh diganti. Karena H2O dibutuhkan untuk proses kristalisasi oleh resin / vernish.

COLOR
08-02-2008, 10:34
Pindahan dari thread artpaper post 172

Dear Cby,

Beberapa hari lalu saya menerima paket IP1700 Art Paper. Sayangnya saat dipake print test page & nozzle check print hasilnya tidak sempurna. padahal hasil test page yang disertakan perakitnya sudah bagus. mungkin masalah ini diakibatkan saat pengangkutan oleh expedisi.

Print out test page hanya muncul di sepertiga halaman akhir, itupun tidak sempurna. Disertai beberapa tetesan tinta di kertas

Print out nozzle check: tinta Black & Magenta tidak keluar sama sekali. tinta Y & C keluar tapi tidak sempurna. disertai beberapa tetesan tinta pd kertas

Cleaning tidak berhasil. lalu saya mengeluarkan cartridge.
saat saya menempelkan cartridge ke tisu basah, tinta keluar semua dengan lancar (sangat lancar, tisu langsung jenuh dengan tinta).
Setelah itu nozzle check print dan tinta Bk keluar, tp hanya selembar itu saja. tinta lainnya masih sama seperti awal.

selang sudah dicek, lancar. tidak ada gelembung.

Print out terakhir (Jumat), nyaris tidak ada tinta yang keluar. Jd sementara printer AP dikardusin lg, takut PH-nya short kalau print terus tanpa ad tinta yang keluar.

Setelah melihat permasalahan yang timbul seperti yang mas tuliskan diatas, maka saya pastikan terjadi over presure aliran tinta dari tabung kedalam ink reservoir dalam catridges.

Sesuai dengan anjuran saya pada para rekan untuk melakukan instalasi CFS dengan tinta artpaper harus mempergunakan tabung tinta / CFS yang memiliki konstruksi semacam valve / ink pressure regulator. Type botol yang dipergunakan adalah botol CFS yang mana setiap warna mempergunakan 2 buah tabung yang memiliki sekat (seperti 2 buah botol tapi disatukan dengan valve penghubung dibagian bawah, jadi sebenarnya ada 8 tabung untuk 4 warna tinta}

Coba mas perhatikan dengan teliti, pada setiap warna tinta dalam tabung apakah kondisi tinta didalamnya tabung sebelah depan penuh tinta dan tabung yang disebelah / dibelakangnya seharusnya terisi tinta dengan tinggi max 1 Cm dari dasar tabung ?
Peletakan botol reservoir harus sejajar dengan peletakan printer / tidak boleh lebih rendah ataupun lebih tinggi.
Tutup karet tiap tabung ada 2 buah, satu yang kecil dan satu yang besar, tutup yang kecil harus selalu terbuka dan yang besar harus selalu tertutup.

Saran saya bila mas awam dalam pengunaan CFS seperti ini, coba kunjungi penjualnya dan meminta petunjuk perawatan dan pemakaian dari padanya. Karena system CFS seperti ini tidak lazim dipergunakan oleh type printer umum seperti Epson dll serta type tabungnyapun agak sedikit berbeda dengan yang ada dipasaran. Fisik tabung dari tampak luar hampir sama dengan tabung CFS umumnya tapi coba diperhatikan lebih teliti pada bagian bawah tabung.

Kegagalan ini (tabung ink pressure yang seharusnya kosong dengan isi tinta max 1 Cm malah teisi tinta dalam jumlah banyak) bisa terjadi saat transportasi terbalik peletakannya / meletakan posisi kardus dalam posisi terbalik / tidur ataupun secara tidak sengaja kedua tutup karet dibuka pada saat yang bersamaan.

Demikian saran saya, semoga membantu.

Salam,

vangelis
08-02-2008, 22:15
Pindahan dari thread artpaper post 168

Kalau didaerah Bandung coba cari di toko Sakura / kalau tokonya masih ada sebab saya sudah 4 tahun lebih tidak ke Bdg (tokonya jual peralatan laboratorium & kedokteran tapi nama jalannya saya lupa) waktu itu saya menginap dihotel Cemerlang (Jl. pasir kaliki) keluar hotel terus belok kiri kearah menuju lembang sampai lampu merah perempatan pertama belok kanan, posisi tokonya ada disebelah kanan jalan sebelum sampai patung macan.



Nama jalannya "Jalan Pajajaran" Om, emang paling lengkap jualan alat-alat & perlengkapan kimia.

Kayaknya saya lebih setuju (lebih baik & keren) kalo thread ini diganti judul menjadi "Konsultasi bersama Om Color"
Gimana Om? Biar kita gak sulit kalo mau konsultasi langsung sama Om Color (terkordinasi pada satu thread, tidak tercerai berai).

COLOR
09-02-2008, 00:12
Nama jalannya "Jalan Pajajaran" Om, emang paling lengkap jualan alat-alat & perlengkapan kimia.

Kayaknya saya lebih setuju (lebih baik & keren) kalo thread ini diganti judul menjadi "Konsultasi bersama Om Color"
Gimana Om? Biar kita gak sulit kalo mau konsultasi langsung sama Om Color (terkordinasi pada satu thread, tidak tercerai berai).

Thanks atas informasinya.

Untuk saya, apalah arti sebuah judul (terserah mau diganti judul apapun boleh saja bila Bapak Mod inginkannya) dan juga sangat banyak rekan disini yang jauh lebih kompetent untuk saling membantu sesama chipper yang ingin mencari untuk kemajuan sebab disini adalah wahana gratis yang dipinjamkan oleh CHIP untuk kita dan dari kita, maka dari itu sayapun mohon kepada rekan lainnya agar saling bantu guna membangun generasi kita sebab bila diri kita sendiri tak memulainya sampai kapanpun kita akan tetap terlena dan selalu dinina bobokan oleh para produsen yang kelak anak cucu kita hanya sebagai konsumen saja.

Salam,

Martono

COLOR
10-02-2008, 02:13
Dari thread artpaper post 173

Originally Posted by faruk http://forum.chip.co.id/images/element/buttons_blue/viewpost.gif (http://forum.chip.co.id/f26-printer-scanner/75115-art-paper-4.html#post1386735)
apa botolnya seperti punya sy ya pak... apa posisi tinta dlm tabung harusnya spt ini...
http://i041.radikal.ru/0711/ab/d83163bee4f7.jpg

Benar, type botol seperti yang mas attach. Kalau saya lihat attachment posisi dan volume tinta yellow (kalau warna Cyan, Magenta & black tidak terlihat pada gambar mas) dari kedua sisi sudah benar (yang bagian belakang botol tidak boleh terisi lebih dari 1 Cm dari dasar botol, sedangkan yang bagian depan harus terisi minim diatas 3 Cm dari dasar botol)

kalo terlanjur botol depan & belakang 50:50 gimana pak, disedot kah...ato diguling2kan aja botolna..sampe yg belakng max 1cm,

Untuk mengurangi volume tinta dibagian belakang :
Jangan digulingkan mas, nanti sayang malah tintanya tumpah .

-Tekuk selang CFS lalu jepit selang dengan penjepit kertas.
-Tutup lubang pengisian / lubang besar depan dan lubang ink pressure / lubang kecil belakang dengan tutup karet yang tesedia.
- Miringkan posisi botol dan goyangkan perlahan lahan (botol usahakan tidak diangkat tinggi) sampai tinta yang ada pada bagian belakang menjadi kosong/
-Setelah tinta pada bagian belakang kosong, maka lepas penutup karet pada bagian belakang. Bagian depan harus tetap tertutup rapat. Tunggu sekitar 2 menit setelah itu lepaskan penjepit kertas dan lakukan printhead cleaning.

mas cby kalo gak sayang tinta coba, ditempelin tisue agak lama, sampe tinta di nozzle bersih (itu khan mesti tinta kayak ngalir terus dari dlm noozle PH/catrid), sering juga kayak gitu. nanti kalo bersih ..lncar,

Setelah tinggi tinta pada bagian belakang reservoir "sesuai" Bisa juga mengatasi masalah over flow seperti yang mas tulis diatas.

punya sy kalo dicopot infus malah running lebih bagus...drpd di infus, kepikiran ganti botol ehhh malah ada "penjelasan",..

kalau sumbat / tutup bagian depan ada ruang sedikit saja (tidak rapat/bocor) maka tinta akan terus mengalir. Karena system ini seperti cara kerja IDS pada DJ yang membutuhkan system aliran bertekanan serta vacum dan tekanan minus pada ink chamber. Kalau semua seal / tutup karet pada tabung reservoir masih berfungsi baik, mengapa CFS / selangnya harus dilepas mas ? Kan pengisian tintanya / refill lebih rumit.

sedikit nyinggung ke masalah 3rd tinta...pak apa tinta2 type lainnya ada juga punya karakter spt ini (cara masang/nrawatnya)..sy rasa buat awam spt sy, tinta AP ini agak "special" penanggannya.

Yang lain adalah tinta AP untuk dasar tua tapi tinta type ini tidak jadi diproduksi sedangkan tinta lainnya "kalau bisa" juga meniru system ini karena dengan adanya pressure regulator maka aliran tinta menuju firing chamber pada TIJ ataupun orrifers pada piezo lebih terjamin pressure dan kelancarannya tanpa memperhitungkan sisa tinta yang ada pada sisi botol reservoir keuntungan utama adalah kontiniunitas / kestabilan hasil cetak bila mengirim job / execute print dalam jumlah banyak maka hasil print out pertama dan terakhir akan mendapatkan hasil yang sama. Hal seperti ini tidak mungkin / sulit diperoleh bila mempergunakan tabung reservoir yang tidak memiliki pengatur tekanan tinta sebab hasil perintout akan mengayun (terkadang warnanya tua, muda lalu kembali tua lagi begitu seterusnya/ tidak konstant)

pak color untuk tinta ini ..cleaner yg paling cocok apa ya pak,... soalnya sy punya c41 (sisa2) mo sy dibersihkan buat cadangan tinta dye.

Pakai uktrasonic cleaner set timer 20 ~ 30 detik tapi printhead tidak boleh terkena alas wadah dengan aqudest sebagai larutan perantara.

@cby, kalo tangannya gatel hehe di perbaiki sendiri aja nanti di post disini..sekalian belajar,tp terserah mas kalo mo aman.
Semoga penjelasan saya dapat membantu.

COLOR
10-02-2008, 02:24
Pindahan dari thread art paper post 236.

Topic : Tinta artpaper untuk Epson.


Originally Posted by tOKO_KOMPUTER http://forum.chip.co.id/images/element/buttons_blue/viewpost.gif (http://forum.chip.co.id/f26-printer-scanner/75115-art-paper-5.html#post1506617)
Bro unit sudah tersedia pada classy : http://www.chip.co.id/classifieds/sh...t/38262/cat/25 (http://www.chip.co.id/classifieds/showproduct.php/product/38262/cat/25)
(Untuk pak admin nitip link ya..)

Hormat kami,
Media Komputindo

Untuk ICC para chipper silahkan pakai : Adobe1998.icc yang umumnya secara otomatis terinstall pada OS saat install program photoshop CS serta setting pada driver printer disesuaikan dengan : ICM -> adobe1998 pada display color setting, serta jenis media : plain paper, print quality : bisa normal, fine atau yang tertinggi cukup photo (tak perlu sampai setting best photo photo sebab pada setting fine atau photo saja hasil printout sudah cukup acceptable untuk kelas printer 4 warna walaupun dicompare dengan yang sekelas diatasnya seperti R230 / C87). Untuk mendapatkan WYSWYG file yang akan dicetak harap lakukan diconvert color profile dahulu (pada program photoshop dengan color profile : adobe1998) dan juga kalau monitor memungkinkan pakai ICC yang sama.

Colourant yang dipergunakan pada formulasi ini adalah nano partickel pigment untuk M, C dan resin coated pigment untuk K & Y dengan N-methyl Pyrolidone dan ethyl alkohol sebagai coosolvent yang memungkinkan unit dapat mencetak dalam volume agak banyak seketika serta sangat kecil sekali kemungkinan terjadi clog / buntu printhead walaupun unit tidak dipergunakan dalam waktu kurang dari 6 bulan bila unit disimpan dalam suhu ruangan.

Pengunaan jenis pewarna dengan ion yang berbeda (dari 4 warna tersebut, ada pewarna / colourant yang bermuatan Cationic dan juga ada yang bermuatan anionic) mendapatkan keuntungan pada saat unit mencetak dalam kecepatan tinggi akan menghasilkan kecepatan pengeringan tinta yang sangat sempurna diatas non coated media karena butiran tinta akan dengan segera menjadi surface drying / gelling disaat "tertimpa / terkena" cetakan warna selanjutnya. Jadi hasil print baik itu teks ataupun image menjadi sangat tajam walaupun dengan setting plain paper diatas non coated media seperti art paper atau sejenisnya.

Formulasi tinta diatas disarankan tidak dipergunakan oleh printer yang telah pernah melakukan test cetak walaupun test cetak tersebut mempergunakan tinta ori sekalipun. Hanya dapat dipergunakan oleh printhead yang 100 % NEW. Atau bila terpaksa mempergunakan printer yang pernah dipergunakan maka printhead harus dicuci dengan aquasdest terlebih dahulu dan yang terpenting harus mempergunakan virgin catridges (katridges kosong yang belum poernah diisi tinta umumnya untuk CFS)

Jangan mencampur tinta diatas dengan tinta sejenis ataupun tinta yang mempergunakan glycol sebagai coosolvent baik itu basis pigment ataupun dye (walau oleh penjual dibilang pigment, pigmented, durabright atau sejenisnya) sebab formulasi tinta diatas mempergunakan jenis ion yang berbeda dari tiap jenis colourant / pewarna. Umumnya tinta pigment ataupun dye yang beredar dipasaran mempergunakan jenis ion yang sama untuk ke 4 jenis pewarnannya (C,M,Y & K). Sangat diharamkan bila terjadi pencampuran antara ion cantionic dan ionic pada saat butiran tinta belum terlepas dari nozzel.

Salah satu weak point dari piezo printer dibandingkan dengan TIJ printer adalah kecepatan cetak yang jauh lebih rendah bila mempergunakan "setting printer" yang sama, untuk mengatasi weak point tersebut maka user cukup melakukan setting pada plain paper dengan print quality fine atau photo (berdasarkan test ini adalah hasil optimum bila dinilai dari kwalitas hasil cetak berbanding kecepatan cetak). Umumnya setting printer seperti diatas "Agak tabu" untuk dilakukan pada printer piezo yang mempergunakan CFS sebab aliran tinta dari tabung reservoir umumnya tersendat atau over yang mengakibatkan hasil printout tidak stabil antara printout pertama dengan yang terachir (hasil cetak mengayun kwalitasnya pertama baik lalu lama kelamaan menurun dan membaik lagi begitu seterusnya). Tapi dengan pengunaan kombinasi coosolvent ethyl alkohol dengan N-Methyl Pyrolidone maka kendala tersebut dapat diatasi dengan sempurna. Komposisi tersebut "sebagian" dipergunakan pada TIJ wide format.

COLOR
10-02-2008, 03:19
Topic Coating untuk sublimation, pindahan dari : http://forum.chip.co.id/printer-scanner/32902-ada-yang-buka-usaha-press-baju-mug-ga-sharing-doong.html

Post : 11

Originally Posted by COLOR
Hasil cetak dengan tinta sublimation dapat ditransfer / dipindahkan ke-media yang mengandung polyester. Eg, ceramic tile / mug, kayu, metal dll yang telah dilapisi / coating dengan polyester resin atau fabric / kain yang memiliki kandungan polyester min 60 % (semakin tinggi kandungan polyester maka hasil transfer semakin baik)

Prinsip / cara kerja transfer sebagai berikut : Polyester akan mulai memuai pada suhu 165 ~ 180 C, dan pada suhu tersebut hasil cetak yang mempergunakan tinta sublimation akan mulai menyublim. Pada saat molekul / partikel polyester memuai maka gas hasil sublimasi tinta terserap.

Post : 15

Walah2...huebat. nyari di google smp 4jam ga dpt cara2 coating gini. eh di sini langsung di terangkan bung color, trimakasih2.
Emang bung color kuliah/kerja di bidang apa sih? bisa ahli gitu? cocok nya jadi manager pabrik2 kimia dsb..tinggi lho gajinya..apa lagi kalo mau ke petrokimia gresik....hehhee ngelantur.

Apakah barang ini berbeda? padahal kodenya sama (sama2 8541):
Polyester resin 8541 (part A) = 5 bagian
Poylester resin 8541 (part B) = 3 bagian
Barang yg sama kalo di campur kan ga ada pengaruh.

Trus CATALYS dan DRYER, sepertinya bahan ini bukan hanya untuk coating saja (kalau di tinjau dari namanya) benarkah? apakah tersedia di toko2 kimia juga? oiya sekalian terangkan tentang bahan tersebut kalau Mr Color bersedia.

Apakah barang2 tersebut (polyester, catalys, dryer) mudah terbakar/meledak, anda tahu sekarang jaman teroris, harus berhati2 bila campur mencapur..nanti di kirain bikin BOM, kita juga tahu bahan2 bom bisa di beli di toko2 kimia...

Biaya bahan kimia yang diperlukan untuk melapisi mug ukuran 11 oz sekitar Rp. 350 ~ 500,- / bh. Total campuran sebanyak 200 cc dapat dipakai untuk melapisi sekitar 80 bh mug.
Bisa dirincikan tentang budget ini?

Bravo mr COLOR, hebat2.. bukan hanya ahli di bidang kimia tapi juga akuntansi krn setiap postingannya selalu disertai perhitungan biaya, jarang ahli kimia yg kaya gitu..trimakasih2

Post : 17

Sekali Lagi makasih color...
Aku mau lakukan experiment...cari dulu bahannya, semoga ada di kotaku.
Semoga nanti bisa aku kabarin hasilnya, kalo berhasil bisa buat lapangan pekerjaan, kan bermanfaat bagai banyak orang, akhirnya COLOR juga dapat amalnya hehehehe

Receipe costing

daftar harga:
Resin (A / B harganya hampir sama) +/- Rp. 175.000,- / Kg Packing 4,5 Kg / Can / type.
Catalys +/- Rp. 220.000 ,- / Kg Packing 0,9 Kg / Can.
Dryer +/- Rp. 400.000,- / Kg Packing 0,9 Kg / Can.

pembuatan 1lt (1000cc biar enak ngitungnya)
Resin A 5 bagian: 455cc
resin B 3 bagian: 275cc
Catalys 2bagian: 180cc
dryer 1bagian : 90cc

Total : 1000cc

(total bagian ada sebelas 5+3+2+1=11bagian, lalu 1000cc/11bagian hasilnya 90 cc tiap bagian, berarti resin A adalah 5 x 90cc = 455cc)


Cost:
Resin A 5 bagian: 79.625
resin B 3 bagian: 48.125
Catalys 2bagian: 39.600
dryer 1bagian : 36.000

total :203.600
cost /cc : 203

kalo 200cc untuk 80 mug bererti 1 mug butuh 2.5cc
biaya satu mug 203 x 2.5 cc= Rp 508

Kalau menurut saya masih mahal..krn blm biaya overhead dll, mungkin bisa di siasati dgn komposisinya dgn cara mengurangi bagian yg bahannya mahal, tapi kwalitas mungkin akan turun, yg jelas dryer dan catalysnya yg di turunkan krn hrgnya plg mahal.

Post : 18

Originally Posted by COLOR
Apakah barang ini berbeda? padahal kodenya sama (sama2 8541):
Barang yg sama kalo di campur kan ga ada pengaruh.
Keduannya adalah jenis resin tapi memiliki perbedaan viscositas (kekentalan) yang sangat jauh dan jenis polymer yang bebeda. eg. part A memiliki vic +/- 200 Cps#3 part B vic +/- 800 Cps#3 walaupun keduanya memiliki solid conc 100 % polymer. Jadi pencampuran antara part A & B bukan hanya hanya untuk mengatur viscosity tetapi juga untuk membuat mix resin tersebut menjadi aktif dari larutan coating.

CATALYS dan DRYER, sepertinya bahan ini bukan hanya untuk coating saja
Benar,
...dst

Post : 24

Dear mutiarasari,

maaf pak saya ndak menemukan data postingan Bapak, semua delete all. bisa saya mendapatkan arsip bapak?

Saya tidak pernah membuat arsip atas post saya disini sebab semua reply / post saya disini saya langsung mengetiknya saja. Mungkin ada rekan lain yang memiliki arsip dari post saya bisa membantu rekan kita ini ?

selama ini saya membeli bahan coating polisternya, karena untuk keramik dan mug kadang saya coating sendiri.

Suatu usaha yang baik , coba perbaiki formulasinya agar hasil coating diatas keramik yang mas lakukan hasilnya tidak mudah tergores (dengan benda tajam / amplas) ataupun tahan terhadap solvent. Mungkin mas dapat meminta advice / saran dari penjual bahan coating tersebut.

lagi jadi perhatian saya adalah untuk cetak dibahan katun, karena yang ada baru diluar negeri, dan banyak diaplikasikan dengan Direct Print Garment, yang printernya pakai flat..

Printer untuk aplikasi direct to fabrik seperti yang mas maksudkan diatas sudah kami produksi sejak tahun 2002, memang pasar untuk produk itu hanya untuk kalangan industri baik local ataupun export ke australia, malaya / malaysia. Rekan kamipun / share holder dipabrik sedang merencanakan membuat fabrikasi untuk unit tersebut di vietnam dalam waktu dekat ini.

Coba baca : Canon IX 5000 - apakah bisa di modif ? (http://forum.chip.co.id/printer-scanner/74988-canon-ix-5000-apakah-bisa-di-modif.html)

cuman harganya bisa selangit, padahal dia pakai base epson,memang harga sebuah inovasi itu mahal, mungkin pak color ada formulanya ?

Benar kamipun mempergunakan motherboard dan printhead produk epson untuk aplikasi ini. Memang, harga atas suatu karya / hasil inovasi yang dapat diwujudkan sangatlah mahal. Untuk printer direct to fabric dengan kapasitas standart / basic cetak lebar hanya 52" biasanya bagian marketing menjual sekitar US$ 160.000 ~ 210.000 / unit sedangkan bila buyer inginkan penambahan option part sesuai dengan keiinginan khusus maka harga akan dinego kembali. Serta tintanya yang untuk katun dasar muda sekitar US$ 120 / liter dan yang untuk dasar tua sekitar US$ 125 / liter tapi penjualannya mempergunakan system kontrak umumnya selama 2 tahun dengan jumlah sekian ton tinta.

bisa kontak bapak ke alamat mana ya,

Sebelumnya maaf, bukannya saya tidak ingin menerima email dari mas. Tapi bila mas memiliki pertanyaan ataupun masalah pada dunia inkjet, tuliskan saja diforum ini. Bukannya saya saja seorang disini, masih banyak rekan rekan yang lebih senior yang dapat membantu dan mengatasi problem / masalah yang mas hadapi. Coba ingat, ini forum kita (walaupun numpang & gratis sama chip), untuk kita dan dari kita.

Khususnya kepada bro Andhee, apakah memungkinkan melakukan reposting dari beberapa post saya yang telah dihapus ?

Salam,

COLOR
10-02-2008, 03:26
Pindahan dari thread : http://forum.chip.co.id/printer-scanner/61517-epson-print-di-art-paper-ivory.html post : 29

Dear anno,

tinta inkjet dye emang didesain sedemikian rupa untuk memanfaatkan translusensi tinta terhadap substrat dalam menghasilkan kesesuaian warna yang optimum. dengan kata lain ia menggunakan substrat untuk membuat dirinya "berwarna", hal ini mengapa tinta dye secara fisik semitransparan agar substrat dapat memantulkan kembali cahaya menembus tinta.

Secara fisik dye base 100 % transparant dan hanya membentuk seperti lapisan filter diatas media.

berbeda dengan tinta pigmen yang mengandalkan opacity dirinya sendiri sehingga tidak/kurang membutuhkan peran atau dipengaruhi substrat untuk menampilkan warna.

Benar.

Jadi untuk saat ini, tinta pigmen yang mungkin jadi alternatif bagi printer inkjet mencetak diatas kertas berwarna gelap.

Tinta inkjet dye base / pigment base pun mampu untuk mencetak diatas media bewarna gelap asalkan ada penambahan additive A**O2*** pada saat formulasi.

tapi baik itu tinta dye, pigmen atau hibrid selamanya tidak akan menghasilkan warna putih dengan konfigurasi RGB ataupun CMYk yang umum digunakan sekarang. (kayaknya pernah baca/denger printer RGB, bener ada gak ya??)
menurut saya solusi yang mungkin bisa diusahakan adalah menciptakan warna putih/terang tersendiri diluar RGB/CMYk untuk tinta pigmen yang sifatnya menempel bukannya meresap pada substrat. mungkin tidak hanya putih saja, warna fancy seperti emas, silver dan metalik dapat pula dijadikan pertimbangan.

Sebenarnya tidak perlu dibuatkan warna putih untuk membuat dasarnya, tapi tintanya yang mampu menutup / blockage coverage area saat proses pencetakan. Jadi user layaknya seperti mencetak diatas kertas inkjet atau photo paper seperti biasa saja tapi yang diganti hanya jenis kertasnya saja dengan media yang bewarna gelap.

Untuk membuat hasil cetakan fancy colour / metalic / emas / silver sejujurnya saya katakan itu lebih sulit sebab systhetic metalic colourant umumnya berdiameterr agak besar dan tidak memungkinkan untuk "dihaluskan" sebab bila proses "penghalusan" maka metalic coating akan terlepas dari substratnya. umumnya efek metalic pada synthetic colorant terbnentuk dari hasil electric forming diatas synsthetic material.

itu menurut pengetahuan saya aja, maap klo salah...

it`s Ok, saya sangat menghargai pandangan mas.

bicara tentang pasar, didaerah2 terutama, para pelaku percetakan kecil umumnya hanya mengunakan satu warna (andalan) saja dalam mencetak seperti undangan, kop surat, piagam, dll. hal itu dikarenakan masyarakat didaerah yang masih concern dengan masalah biaya dibanding kualitas, disamping dengan modal kecil para pengusaha percetakan yang hanya mampu membeli mesin cetak satu warna dengan registrasi yang buruk (maju mundur kiri kanan) apabila nekat hendak digunakan untuk separasi.

didaerah saya, kebanyakan para pengusaha percetakan membeli undangan kosong dari percetakan2 besar, dan kemudian mereka hanya mencetak tulisan pada undangan tersebut dengan -- seperti yang telah saya katakan di atas -- satu macam warna andalan mereka saja.
dengan order undangan yang sering kali hanya berkisar 1000 lembar aja atau bahkan kurang maka keunggulan cetak offset hanya didominasi kecepatan saja dibandingkan dengan desktop printer.

Karena faktor itu saya merasa tertarik untuk membuat beberapa inovasi baru dan mempergunakan / mengoptimalkan dari fungsi inkjet printer (maaf saya hanya dapat memberikan knowhow yang saya ketahui hanya dalam dunia inkjet saja) yang mana hanya dengan bermodalkan perangkat PC & printer yang sudah ada ataupun bila harus membeli yang baru pun harganya relatif lebih murah dari pada membeli perangkat mesin cetak offset. Para end user / penguna dapat menciptakan kreasi undangan / segala jenis diploma dll sendiri yang mana kwalitas dan quantity bukan menjadi halangan bagi mereka. Mungkin bagi penguna bukannya suatu hal yang mustahil bila mencetak kartu ucapan idulfitri yang berisi foto keluarga atau kerabat dalam jumlah yang hanya "beberapa lembar" tapi dengan mempergunakan all media / semua media yang dapat dipergunakan oleh para percetakan besar. Bukankah ini dapat menberikan suatu lapangan kerja / bisnis home industry baru ?

buat saya, harapan mulai ada dimana pak color meramu "tinta" coating untuk TIJ (belum kuat beli tapi dah mau naik harganya).

Untuk hal tersebut dapat saya jelaskan sebagai berikut :

Sebenarnya technology & formulasi tinta untuk diatas artpaper bukanlah hal yang baru bagi dunia inkjet. Seperti yang pernah saya tulis diforum ini mulai dari awal tahun. Tinta serupa pun sudah banyak sekali beredar dipasar international tapi setahu saya, hal tersebut tidak dikembangkan / disalurkan kepada publik karena faktor " X " dan tetap menjadi perbincangan yang sangat menarik diluar kenapa dan mengapa ?
Atas pesanan dari rekan TK dan juga atas persetujuan dari rekan / share holder dipabrik maka kami buat 1 lot tinta + vernish yang mana akan didistribusikan pada pasar local dan juga para chipper disini dengan harga yang telah disepakai bahwa rekan TK bersedia mendistribusikannya , Tapi setelah selang waktu +/- 1 bulan lebih tidak ada respond baik dari para pemakai local ataupun chiper. Salah satu rekan dari sebrang yang juga berminat atas produk tersebut dan rekan TK meminta persetujuan "kami". Setahu saya, hampir semua produk tersebut akhirnya dijual kesebrang sebab saya sendiri yang menandatangani MSDS untuk custum, walaupun ada sisanya paling banyak kurang dari 1 jerigen / drum yang telah dibuka.
Karena suatu produk yang beredar sebenarnya memiliki international price, maka untuk lot / batch selanjutnya saya tidak dapat berbicara lebih banyak dengan rekan / shareholder dipabrik, harga akan mengikuti harga pasar luar. Sebab saya tidak dapat lagi membawa masalah harga pada meeting bulanan, mohon para chiper juga memahami posisi saya disini sebab untuk suatu produk baru, saya mendapat wewenang hampir 100 % mengenai masalah harga & waktu produksi (umumnya kami hanya membebankan harga raw material yang dipergunakan saja tanpa menghitung beban biaya produksi) Tapi untuk produk yang re-produksi maka bagian marketinglah yang memiliki wewenang. Untuk itu saya mohon dengan sangat agar para chipper mengerti posisi saya

bukankah selanjutnya sangat dimungkinkan untuk dibuat tinta (pigmen) dengan warna-warna "ANEH" untuk aplikasi printer inkjet.

Sangat mungkin sekali.

apalagi sekarang banyak sekali pilihan printer inkjet desktop yang menggunakan tinta pigmen khususnya pada cartridge hitam mereka, toh hanya digunakan satu warna "ANEH" aja untuk aplikasi seperti yang saya tulis di atas. jadi gak perlu terlalu khawatir sama fenomena "more cleaning then printing" pada cartridge dye yang dipaksakan untuk pigmen.

Sebenarnya membuat suatu formulasi baru dari suatu inovasi, sangatlah mudah yang tersulit adalah menentukan type / merek printer yang akan dipergunakan dari aplikasi formulasi tersebut. Mungkin saya pernah menuliskan beberapa kriteria printer yang dibutuhkan oleh para penguna / user, itu adalah saat yang paling berat bagi saya.

Sedangkan untuk type printer yang cocok untuk aplikasi mencetak langsung diatas kertas / media yang bewarna gelap adalah printer yang mampu mencetak langsung CMYK "sekali jalan / terjadinya proses pencampuran semua warna saat butiran tinta belum menyetuh permukaan media" bukannya type printer yang mencetak layer warna tertentu terlebih dahulu disusul dengan layer warna selanjutnya (sebagai contoh, printer type / merek "XXX" yang mencetak warna yellow terlebih dahului setelah itu feed roller menarik kertas maju lalu nozzel memberikan layer warna kedua warna cyan dan sebagainya, type printer seperti ini tidak dapat dipergunakan)

Bila sudah menerapkan n*** technology pada saat produksi yang mana partikel pewarna baik itu pigment ataupun dye "hampir tak ada / sangat kecil sekali diameternya) , semua design printhead baik piezo maupun TIJ dapat dipergunakan.

Tinta jenis ini sudah dalam uji coba di lab.

Salam,

C'By
10-02-2008, 23:02
Nama jalannya "Jalan Pajajaran" Om

melengkapi lagi, jalan PAjajaran arah dari Wastu kencana (satu arah) kiri jalan. patung macannya c udah ga ada Pak. kalo ga ke Brataco jl. klenteng or jl. terusan Jakarta

COLOR
11-02-2008, 00:39
Dear Cby,

Thanks ya atas informasinya.
Nanti setelah semua urusan document saya selesai, saya mau main main ke Bandung, kangen mau makan didaerah lembang ada tempat yang jual ayam goreng / ayam panggang enak mas, posisinya pas ditikungan jalan yang kelembang deket pasar kalau tidak salah. Kalau mau kebandung saya coba hubungi rekan Cby ya (maaf belum apa apa sudah mau merepotkan) sebab takut nyasar karena jalan jalannya sudah ramai sekali seperti jakarta.

salam,

rio_aw
11-02-2008, 08:57
Pak Color,

Mungkin perlu juga pembahasan pentingnya ICC Profile untuk sebuah tinta, dimana selama ini tinta 3rd party jarang yang memberikan ICC Profilenya.

Trims

COLOR
11-02-2008, 10:09
Dear rio,

ICC profile memang sangat penting sekali guna mendapatkan hasil cetak yang WYSWYG, dont worry abaut it, I had been prepare it even for the cheapest products. Yah untuk memenuhi request dari member yang membutuhkan : harga kaki 5 dengan kwalitas bintang 5.

Ini semua akan saya tuntaskan sebelum melaksanakan pekerjaan disebrang yang membutuhkan waktu agak lama. Sayapun berharap disaat saya tidak bisa OL / absen nanti rekan rekan disini harus dan dapat saling membantu sesama rekan disini karena tak ada satu masalahpun yang tak dapat dipecahkan bersama.

Salam,

COLOR
11-02-2008, 10:35
Disadur dari : link jual tinta

arthou (http://forum.chip.co.id/members/u90509-arthou.html) (Offline)
Junior Member
Rep Power: 0

http://forum.chip.co.id/images/element/reputation/reputation_pos.gif
Posts: 11
Join Date: Sep 2007



http://forum.chip.co.id/images/element/buttons_blue/reputation.gif (http://forum.chip.co.id/reputation.php?p=1474828) http://forum.chip.co.id/images/element/buttons_blue/report.gif (http://forum.chip.co.id/report.php?p=1474828)

Re: Kumpulan Link Yang Jual Tinta.... - 13-01-2008, 23:13




Bro, saya rada awam mengenai tinta printer inkjet yang ada di market, tapi emang betul bahwa kebanyakan itu barang import, terutama dari China.

Pada prinsipnya ada 2 macam tinta printer, dye-based dan pigment-based. Kalau yang tipe durabrite itu analogi dari pigment-based mestinya. Karakter pigment based adalah opacity, claritynya dan durabilitynya yang jauh lebih baik dari dye based, tapi karena pigment itu pada prinsipnya adalah "filler" (analogi adalah tepung), makanya pigment powder itu perlu digrinding sampai pada level submicron (or ke arah nanometer) agar bisa "lewat" cartridge tinta kita.

Pada prinsipnya sistem infus amat sangat jarang menggunakan pigment based karena faktor harga yang mahal dan trouble yang lebih mungkin timbul. Kemungkinan kalau ada yang memasukan tinta inkjet pigment-based adalah berasal dari negara2 "maju" seperti USA, Jepang, or Korea. Kalau dari China mungkin ada tapi kayaknya kurang meyakinkan yah.

Sekarang kita fokus di Tinta Inkjet Pigment-Based saja, karena yang dye-based sudah banyak sekali di pasaran.

Tambahan lagi, ada beberapa pengusaha di Indonesia yang notabene jualan tinta inkjet refill mulai berminat untuk membuat tinta inkjet pigment-based, ada beberapa yang berhasil (ngakunya) tapi ada juga yang gagal tentunya. Kabar baiknya adalah ada 1 pabrikan tinta lokal yang cukup besar dan inovatif awal tahun ini mulai mengembangkan tinta pigment-based untuk inkjet karena permintaan dari customernya. Saya lebih yakin dengan pengembangan oleh pabrik tinta daripada oleh "pengusaha tinta refill" karena faktor konsistensi dan stabilitasnya. Kalau pabrik tinta umumnya lebih konsisten karena pelanggan mereka adalah industri yang demanding sekali dan mereka tidak bisa bermain terlalu jauh dengan kualitas. Untuk pengusaha tinta refill biasanya bisa berprinsip asal ada yang lebih untung sedikit trus ganti bahan baku dari supplier yang tidak reliable (bisa2 made in China yang ga jelas pabrikannya :p), dikerjakan tanpa melalui testing yang memadai dan bisa jadi mengorbankan mutu. Selain itu kalau pabrik tinta juga memiliki instrumen testing lengkap dan alat produksi yang berkualitas.

Setahu saya di Indonesia belum ada yang memiliki kemampuan untuk grinding pigment powder sampai ke level sub micron (or nano), kebanyakan masih pada level offset or litho/letterpress saja (plus minus 1 mikron), jadi di Indonesia tidak ada yang bisa buat sub micro (or nano) pigment paste sebagai bahan dasar tinta inkjet type pigment-based.

Tapi cara bikin tinta inkjet pigment based tidak perlu mulai dari level pigment powder karena supplier pasta berkualitas dari luar juga banyak, antara lain adalah C******T ex Germany dan C***T ex USA. Mereka supply pigment paste untuk inkjet dengan spesifikasi nano size. Kebanyakan pengusaha tinta reffil mulainya dari situ untuk mengembangkan pigment-based inkjet ink. Kemarin saya iseng2 melakukan perhitungan kasar dan tingkat kalau berhasil mengembangkan sebenarnya tingkat marginnya cukup menjanjikan juga.

Seperti apa sich tinta inkjet itu? Ini dari presentasi yang saya dapat dari C***T ex USA itu :

Pigment Dispersion Needs
•Stable: No change in any property •Temperature cycling
–-5oC to 60oC (up to 6 times)
•Inks require 2 year guarantee
•Compatibility : •w/ Hardware Components and •w/ Ink Components
•Small Particle size : •50 to 150 nm mean
•Low viscosity : •< 4.0 cP
•High Surface Tension : •> 60 dynes/cm



Typical Inkjet Formulation•Colorant(s): 3 - 6% solids
•Humectant(s): 10 - 30%
•Penetrant(s): 0.50 - 15%
•Surfactant(s): 0.10 - 2.00%
•Biocide(s): 0.05% - 0.30%
Other additives



Jadi si C***T ini supply colorant-nya (pigment paste).

Boleh dibilang semua bahan itu saya sudah tahu sourcingnya sich, tapi saya ga punya kemampuan buat tinta :)

Susahnya lagi bro, untuk tinta pigment based tiap jenis printer dan cartridge itu karakteristiknya beda2, disesuaikan dengan jenis cartridge, jenis head, dan cara kerjanya. Jadi kalau bisa bikin tinta jenis ini custom made di Indonesia mestinya bisa lebih cocok kali asal bisa jaga konsistensi kualitasnya. Contoh ada printer yang klaim 2pl sekali semprot, artinya dia makai tinta dengan karakteristik beda lagi deh dengan inkjet printer yang biasa. Gampang2 susah jadinya, tapi dari sisi harga sich menarik marginnya asal kualitasnya OK.

Kebanyakan sich sasaran tembak untuk berjualan tinta inkjet pigment-based ini bukan melulu consumer, tapi juga professional user seperti large format digital printer dan juga bisa ke arah digital printing system untuk mass production. Ini jauh lebih stable bisnisnya dan quantitynya besar serta kontinu dibanding dengan untuk consumer.

Tambahan info lagi yang saya ketahui pas tahun 2002, untuk HP dia membeli tinta jadi dari supplier di USA, yaitu D****T (sudah jadi tinta sesuai spesifikasi HP, jadi dia tidak develop tinta sendiri). Tinta jadi itu dalam bentuk liquid dikirim ke Singapore dan kemudian oleh HP baru dimasukkan di cartridgenya dan dijual ke pasaran. Saya sempat masuk di kantor supplier tinta itu dan melihat piagam penghargaan dari HP karena reliabilitas supplynya :)

Untuk Canon saya kurang paham, tapi yang pasti pabrik printer besar mereka berlokasi di Vietnam.

Untuk Epson (correct me if I'm wrong) kalau tidak salah printernya banyak yang Made in Indonesia di Cikarang sana itu (Seiko Epson Corp.).


salam,

untuk pertanyaan diatas sebenarnya sudah ada jawabnya dari post :


Tinta pigment base untuk piezo berbeda dengan tinta pigment base artpaper untuk TIJ.
Formulasi pada piezo pigment mempergunakan colorant type pigment modified / resin coated pigment ex Cabot Corp dengan high pentanidiol content pada formulasi guna mengurangi resiko clog / kebuntuan pada oriffers printhead. Keuntungan dan kerugian dari formulasi ini adalah tinta pigment untuk piezo yang memiliki low viscosity dan high surface tention serta "hampir" tidak akan membuat nozzel menjadi clog walaupun unit tidak dipergunakan dalam waktu lama ataupun saat unit dipergunakaan mencetak dalam jumlah banyak dengan hasil cetak yang memiliki high water & light resistant yang sangat tinggi tetapi hasil printout dapat terjadi smear & blead pada media uncoated paper seperti artpaper atau yang sejenisnya.
Formulasi pada tinta pigment untuk artpaper TIJ mempergunakan nano particel pigment ex Sanyo Color yang mempergunakan high Ether content didalamnya. Keuntungan dan kerugiannya adalah tinta pigment untuk printhead basis TIJ yang memiliki sifat very low viscosity dan high surface tention serta kandungan colorant / zat pewarna yang hampir "Kosong/hampa" sehingga hampir tidak menyebabkan kebuntuan pada firing chamber saat unit dipergunakan mencetak dalam waktu panjang ataupun unit diistirahatkan dalam waktu lama serta memberikan hasil printout yang sharp, vivid dan high light resistant pada uncoated media seperti artpaper / atau sejenisnya tetapi kurang memiliki water resistant.
Jadi kedua formulasi antara pigment base untuk piezo dan pigment base untuk artpaper TIJ sangatlah berbeda dan bertolak belakang sesuai dengan formulasi dan kegunaan awalnya. pada thread http://forum.chip.co.id/1377132-post128.html

Salam,

dupill
11-02-2008, 11:08
Khususnya kepada bro Andhee, apakah memungkinkan melakukan reposting dari beberapa post saya yang telah dihapus ?

Salam,
Setuju Pak Color...
Khusus untuk file2 postingan Pak Color yg dah status deleted kalo bisa semuanya di recover donk.. banyak yg belum disave nih.. :)

tonjaya79
11-02-2008, 12:38
.....
Sayapun berharap disaat saya tidak bisa OL / absen nanti rekan rekan disini harus dan dapat saling membantu sesama rekan disini karena tak ada satu masalahpun yang tak dapat dipecahkan bersama.

Salam,

selama sy dikasih waktu dan kemampuan, pasti akan saling bantu
(tapi indikasinya sy juga mo ke seberang pulau :p, bukan negara yach)

tOKO_KOMPUTER
11-02-2008, 12:56
selama sy dikasih waktu dan kemampuan, pasti akan saling bantu
(tapi indikasinya sy juga mo ke seberang pulau :p, bukan negara yach)

Bro Tonjaya mau hijrah kemana lagi ? Kan dilokasi mas sekarang nga terlalu "penuh" ?

Kira kira kepulau mana ya ? Kalau yang empuk yah dipulau kapuk...:laughatr: tapi kalau yang paling keras katanya pulau Nusa Kambangan...:confused:..? Hayo pilih mana .....:sinking: he heh e eee bercanda ya bro jangan diambil hati....he he he .

Anyway kapan tanggal mau mampir lagi mas ?

C'By
12-02-2008, 15:32
Dear Cby,

Thanks ya atas informasinya.
Kalau mau kebandung saya coba hubungi rekan Cby ya (maaf belum apa apa sudah mau merepotkan) sebab takut nyasar karena jalan jalannya sudah ramai sekali seperti jakarta.
salam,

Saya sangat senang kalo bisa membantu Bapak dan tidak akan merasa direpotkan! saya mau ngasih no hp tp rasanya riskan kalo dipajang di sini... Btw, jgn2 warung Ayam Goreng/bakar Brebes ya PAk? sebelah kanan jalan. Setau saya yg pas tikungan dan terkenal ya warung itu...

Wah...di Bdg bersama P'Color...


@Tonjaya: Hmm...jgn2 mo pindah ke pulau yg banyak bule berjemur itu ya Bro? :p :)

tonjaya79
12-02-2008, 17:23
Saya sangat senang kalo bisa membantu Bapak dan tidak akan merasa direpotkan! saya mau ngasih no hp tp rasanya riskan kalo dipajang di sini...

Wah...di Bdg bersama P'Color...

....

pm ke tk aja bro, titip pesan :p


......
@Tonjaya: Hmm...jgn2 mo pindah ke pulau yg banyak bule berjemur itu ya Bro? :p :)

kaga bro, wa mo sebelah2an ama tk :)

C'By
12-02-2008, 18:47
pm ke tk aja bro, titip pesan :p


Usul bagus bro, asal tidak merepotkan P'T_K.

hm...kalo bro Tonjaya tetanggaan sama TK bisa kolaborasi dong, diskusi makin seru, membantu kami2 yg awam agar menjadi paham :)

Asyik, kalo ke Jakarta makin banyak yg bisa ditanya2... :p

tOKO_KOMPUTER
12-02-2008, 20:09
pm ke tk aja bro, titip pesan :p
kaga bro, wa mo sebelah2an ama tk :)

Ok bro Cby, PM udah Ok, ditunggu ya.

Bro tonjaya oke saya siapin tempat deh disebelah.

tonjaya79
13-02-2008, 09:03
Ok bro Cby, PM udah Ok, ditunggu ya.

Bro tonjaya oke saya siapin tempat deh disebelah.

lha disebelah TK kan pintu keluar :sweep::sweep:

:D:D:D

COLOR
13-02-2008, 11:43
Dear Cby & tonjaya,

I got your messg from tk

Regrads,

lightsaber
15-02-2008, 21:48
lha disebelah TK kan pintu keluar :sweep::sweep:

:D:D:D

salah bro...jasa binatu...yg jaga cakep lho :)...
wah kapan ya bisa gathering tukang cetak digital?
pasti rame neh..
katanya bro nobita mo bikin tuh.. pak tk kapan yah bisa kukumpul rame2 sebelum pak color berangkat.. rela terbang deh ke jkt..
salam

COLOR
16-02-2008, 12:15
Dear lightsaber,

......yg jaga cakep lho

rupanya rekan kita ini suka juga ya memperhatikan yang paling kecil sekalipun, saya sendiri kurang jeli sebab sudah beberapa kali ketempat rekan tk tapi tidak tahu ada hal tersebut..... he he he he .....sebab kalau kesana selalu ngobrolnya diwarung kopi yang didepan sih.

kapan yah bisa kukumpul rame2 sebelum pak color berangkat..

Sayapun merencanakan hal tsb mas seperti yang saya post pada http://forum.chip.co.id/1521591-post21.html

Syalom,

lightsaber
16-02-2008, 15:32
Dear lightsaber,

......yg jaga cakep lho

rupanya rekan kita ini suka juga ya memperhatikan yang paling kecil sekalipun, saya sendiri kurang jeli sebab sudah beberapa kali ketempat rekan tk tapi tidak tahu ada hal tersebut..... he he he he .....sebab kalau kesana selalu ngobrolnya diwarung kopi yang didepan sih.

kapan yah bisa kukumpul rame2 sebelum pak color berangkat..

Sayapun merencanakan hal tsb mas seperti yang saya post pada http://forum.chip.co.id/1521591-post21.html

Syalom,

syalom pak,
hahaha...bisa aja si bapak...
ada pepatah sekuntum bunga yang mekar di musim gugur adalah bunga yg terindah didunia....
nah...diantara tumpukan printer2, pak tk dan para mekanic yg doyan canda ada sekuntum bunga ya keliatan cantik sedunia...hahaha...becanda lho pak...
salam

Tn. Ameth
16-02-2008, 16:02
Hmm puitis banget bro hehe, jgn2 pujangga niy :D

tOKO_KOMPUTER
16-02-2008, 16:53
syalom pak,
hahaha...bisa aja si bapak...
ada pepatah sekuntum bunga yang mekar di musim gugur adalah bunga yg terindah didunia....
nah...diantara tumpukan printer2, pak tk dan para mekanic yg doyan canda ada sekuntum bunga ya keliatan cantik sedunia...hahaha...becanda lho pak...
salam

Kelihatanya bro lightsaber punya bakat tersendiri, sambil menyelam minum aerrrrrr sama kalao ngedayungnya cepet banget sampe pulau sumatra & jawa kelewatan tuh....

Syalom bro.

lightsaber
16-02-2008, 19:03
Kelihatanya bro lightsaber punya bakat tersendiri, sambil menyelam minum aerrrrrr sama kalao ngedayungnya cepet banget sampe pulau sumatra & jawa kelewatan tuh....

Syalom bro.

bukan menyelam sambil minum aer pak, sambil ngopi pikul printer pak..
ketagihan nih pak ngopi "setarbuk", besok2 kita ke starbuck, tp ntar mah ga pake pikul2an..
salam bt pegawe2 bp yang sakti2...
syalom jg pak

tOKO_KOMPUTER
16-02-2008, 19:25
bukan menyelam sambil minum aer pak, sambil ngopi pikul printer pak..
ketagihan nih pak ngopi "setarbuk", besok2 kita ke starbuck, tp ntar mah ga pake pikul2an..
salam bt pegawe2 bp yang sakti2...
syalom jg pak

Kalo saya mah setuju aja bro mau ngopi "starbuck" atau yang didepannya lagi juga oke aja lah... pegawe yang dulu sakit sakitan sekarang udah bae pak sama tambah tinggi deh. Kapan rencana mao kesini lagi bro ? Saya baca dari thread sebelah ada mainan baru epson buat pak COLOR ?

lightsaber
16-02-2008, 21:18
....pegawe yang dulu sakit sakitan sekarang udah bae pak sama tambah tinggi deh. Kapan rencana mao kesini lagi bro ? Saya baca dari thread sebelah ada mainan baru epson buat pak COLOR ?

maap pak bukan sakit lho tp "sakti-sakti"... nanti pada tersinggung lagi dibilang sakit...

ke jakarta rencana bulan maret sekitar tgl 12-16, sambil liet2 eksibisi fotografi n komputer di senayan, yah bt nambah2 wawasan dan cari peluang..

iyah nih pak, kebetulan inget pengalaman yg dulu jd cb sharing aja, tp populasi printer tsb mungkin sedikit jd jarang yg ketemu problem kali ya..

tOKO_KOMPUTER
16-02-2008, 21:29
maap pak bukan sakit lho tp "sakti-sakti"... nanti pada tersinggung lagi dibilang sakit...

ke jakarta rencana bulan maret sekitar tgl 12-16, sambil liet2 eksibisi fotografi n komputer di senayan, yah bt nambah2 wawasan dan cari peluang..

iyah nih pak, kebetulan inget pengalaman yg dulu jd cb sharing aja, tp populasi printer tsb mungkin sedikit jd jarang yg ketemu problem kali ya..

ya bro kalao exhibition biasanya SPG oke punya tuh apalagi kalo event nya photo graphie. Ok deh ditunggu

nexus
19-02-2008, 11:45
kapan yah bisa kukumpul rame2 sebelum pak color berangkat..

Sayapun merencanakan hal tsb mas seperti yang saya post pada http://forum.chip.co.id/1521591-post21.html

Syalom,[/quote]

Kalau ada acara tersebut mohon diinformasikan di forum. Mudah-mudahan saya bisa datang.

kok chen
14-03-2008, 20:36
kemarin habis beli tinta merk inktec 1liter untuk epson r230
menurut pak color bagus gak ya tintanya
lihat label sih made in korea.
saya beli 220rb/liter X 6 warna setelah ditotal berat juga ternyata.
cuma gak tau bagus gak.:)

tOKO_KOMPUTER
15-03-2008, 21:46
Mungkin rekan Tonjaya79, rekan Faruk serta rekan Kecom nih yang dapat memberikan masukan untuk type tersebut nih untuk pertanyaan diatas sebab rekan tersebut sudah malang melintang dalam dunia pertintaan. Jadi bisa membuat review atas produknya.

MK.

kecom
15-03-2008, 23:45
dear kok chen,

Atas rekomendasi Pak TK dan amanat Om Color, pengalaman saya kayanya belum ada merk 3rd party ink (yg beredar di Indonesia) yg mampu menyamai tinta original. Tapi, jujur saya bilang ini merk masih lebih baik dari kebanyakan 3rd party ink lain meski tidak secara khusus dibuat utk mendukung penggunaan CFS pd printer. Maaf, saya tdk bermaksud utk menjatuhkan ataupun mengunggulkan satu merk atas yg lain krn ini murni dari pengalaman saya pribadi.
Utk rekomendasi penggunaan tinta kayanya kok chen kontak ke Pak TK aja krn beliaunya tahu pasti apa yg akan saya rekomendasikan...:D

Salam,

tonjaya79
17-03-2008, 10:49
kemarin habis beli tinta merk inktec 1liter untuk epson r230
menurut pak color bagus gak ya tintanya
lihat label sih made in korea.
saya beli 220rb/liter X 6 warna setelah ditotal berat juga ternyata.
cuma gak tau bagus gak.:)

sy pemakai tinta itu :p, kalo dari segi hasil sy puas.
hanya saja akhir2 ini untuk type HP dan Canon agak kurang bagus kualitasnya, kalo dari segi warna tidak ada kendala, hanya ketahanan PrintHead ngk se awet tinta dulu.


dear kok chen,

Atas rekomendasi Pak TK dan amanat Om Color, pengalaman saya kayanya belum ada merk 3rd party ink (yg beredar di Indonesia) yg mampu menyamai tinta original. Tapi, jujur saya bilang ini merk masih lebih baik dari kebanyakan 3rd party ink lain meski tidak secara khusus dibuat utk mendukung penggunaan CFS pd printer. Maaf, saya tdk bermaksud utk menjatuhkan ataupun mengunggulkan satu merk atas yg lain krn ini murni dari pengalaman saya pribadi.
Utk rekomendasi penggunaan tinta kayanya kok chen kontak ke Pak TK aja krn beliaunya tahu pasti apa yg akan saya rekomendasikan...:D

Salam,

sy sependapan sm bro kecom, dan memang tinta Inktec di design untuk refill bukan CFSS.
kalau memang belum beli sih sy sarankan ke tK, tapi karena sudah ada 6 liter.............

tOKO_KOMPUTER
18-03-2008, 21:57
@ rekan rekan,
Kami dapat kabar melalui sms dalam waktu dekat ini (tidak disebutkan tanggalnya) rekan COLOR akan kembali keIndo beberapa hari untuk urusan dokumen, moga moga rekan COLOR masih sempat meyisihkan waktunya untuk forum kita saat itu.

Media Komputindo.

tonjaya79
22-03-2008, 11:02
@ rekan rekan,
Kami dapat kabar melalui sms dalam waktu dekat ini (tidak disebutkan tanggalnya) rekan COLOR akan kembali keIndo beberapa hari untuk urusan dokumen, moga moga rekan COLOR masih sempat meyisihkan waktunya untuk forum kita saat itu.

Media Komputindo.

guru dah mo kembali tapi tugas blom selesai, waks........

COLOR
17-05-2008, 11:23
Dear mas tonjaya,

Ibunda sudah menunaikan tugasnya disini dan BAPA telah memberikan yang terbaik serta kemulian pada dombanya. Saya turut berduka atas ibunda mas.

Syalom,
Andreas

COLOR
01-06-2008, 01:59
Dear Nobita,

Kasihan rekan chipper yang terkena sweaping oleh "OKNUM" tertentu karena pengunaan software illegal (maaf, saya tidak dan bukannya menganjurkan rekan mempergunakan software ilegal tapi bila untuk bayar sewa kost ataupun tempat usaha masih harus pinjam kanan-kiri bukankah uang yang ada lebih baik dimanfaatkan untuk biaya hidup terlebih dahulu baru memikirkan membeli dan mempergunakan software yang harganya mencapai ratusan hingga ribuan $ ?) Tapi dan karena hal ini yang memicu pihak tertentu / oknum untuk melakukan razia / sweaping pengunaan hak cipta "DEMI KEUNTUNGAN PRIBADI". Kasihan rekan rekan kita yang terkena tindakan tersebut.

Bukankah mas sudah berhasil memecahkan salah satu "Pancing" untuk mengatasi problem rekan rekan diatas ?

".........." yang telah terkena pancing tersebut tak akan dapat dideteksi pengunaannya karena harus melakukan "L** L*** F****t"

Percayalah, dengan berbagi maka kau tidak akan kekurangan, malah akan berlimpah...

Salam,

tOKO_KOMPUTER
23-06-2008, 18:44
Yth Pak Color,

Terima kasih atas perhatian Bapak pada kita semua disini, File yang Bapak kirim telah kami coba dan berhasil sempurna pada type C90

http://forum.chip.co.id/f26-printer-scanner/96821-ask-disable-turn-off-status-monitor-c90-2.html#post1809813

Saat kami coba "File" tersebut pada Type T11 dan T20, terkadang terjadi "HANG, lampu error berkedip sangat cepat" tapi terkadang "OK" (kami coba pada 3 unit T11 dan 2 unit T20), tapi saat kami coba attachment file yang kedua dan tidak mempergunakan chip tinta malah hasilnya lebih baik (tidak ada error sama sekali), tapi respond printer sangat lambat.

Mohon petunjuk lebih lanjut.

Hormat kami,
Media Komputindo

COLOR
04-07-2008, 02:08
Dear tokokomputer,



............... pada type C90

http://forum.chip.co.id/f26-printer-...ml#post1809813 (http://forum.chip.co.id/f26-printer-scanner/96821-ask-disable-turn-off-status-monitor-c90-2.html#post1809813)




File : patch01.kgb dapat dipergunakan pada versi C90 kebawah (type type sebelumnya).
File : patch02.kgb dapat dipergunakan pada beberapa versi “yang agak baru” tapi hanya saat rekan melakukan tuning saja.

Saat kami coba "File" tersebut pada Type T11 dan T20, terkadang terjadi "HANG, lampu error berkedip sangat cepat" tapi terkadang "OK" (kami coba pada 3 unit T11 dan 2 unit T20), tapi saat kami coba attachment file yang kedua dan tidak mempergunakan chip tinta malah hasilnya lebih baik (tidak ada error sama sekali), tapi respond printer sangat lambat.


Untuk mengatasi repond printer yang agak lambat, coba rekan hidupkan unit PC yang terinstalasi dengan exec 02 terlebih dahului baru menghidupkan unit printer.

Cara kerja file01 adalah melakukan injeksi aplikasi pada unit printer disaat rekan melakukan execute file tersebut sehingga bahasa pada flag xxx:xxx “terinveksi” dan melakukan rutinitas check pada chip address dengan level tinta 90% sehingga unit dapat bekerja terus karena setiap saat level pada posisi 90%, ini berbeda pada cara kerja file02 yang mana aplikasi : e_s0hic1, e_s10ic2, ebrr, eebsv..... dan beberapa aplikasi lainnya digantikan / dimanipulasi dengan address yang “kita” kehendaki yaitu address yang ada pada unit PC kita yang sudah terinnstall dengan file02, sehingga memungkinkan unit printer bekerja walaupun tidak mempergunakan chip tinta sekalipun.

Janganlah melakukan distro unit printer yang telah dipatch dengan 02, karena akibat dampak sosial dan kerugiannya jauh lebih besar dibandingkan dengan keuntunggannya sebagai contoh bila unit tersebut dipergunakan untuk produksi dan penguna “Lupa” menjaga ketinggian level tinta pada tabung external sehingga aliran tinta menuju orrifers terputus maka ibaratnya rekan mempergunakan mobil tanpa air radiator dan minyak pelumas dan dapat dipastikan printhead unit akan rusak.

salam,

frosty
04-07-2008, 21:47
File : patch01.kgb dapat dipergunakan pada versi C90 kebawah (type type sebelumnya).
File : patch02.kgb dapat dipergunakan pada beberapa versi “yang agak baru” tapi hanya saat rekan melakukan tuning saja.

Janganlah melakukan distro unit printer yang telah dipatch dengan 02, karena akibat dampak sosial dan kerugiannya jauh lebih besar dibandingkan dengan keuntunggannya sebagai contoh bila unit tersebut dipergunakan untuk produksi dan penguna “Lupa” menjaga ketinggian level tinta pada tabung external sehingga aliran tinta menuju orrifers terputus maka ibaratnya rekan mempergunakan mobil tanpa air radiator dan minyak pelumas dan dapat dipastikan printhead unit akan rusak.

salam,[/LEFT]

numpang tanya...
pak patch01 dan patch02 apakah driver yang telah di 'sesuaikan' sehingga tidak membaca chip / ketinggian tinta di catridge?

kalau benar bolehkah saya memintanya pak?
ini c90 akhirnya sementara di istirahatkan padahal baru seminggu di kantor
karena sering lepas pasang catridge, dan melakukan charging, setengah dari warna hitam sudah di buang...
dan susahnya waktu saya tidak di kantor, yang lain tidak berani melepas dan pasang catridge..
jadi bolehkah saya mendapatkan patchnya??

oh yah yang patch02 peringatannya maksudnya jangan sampai tinta di tabung tinta external jangan sampai habis?
klo yang external tetap ada isinya tidak ada dampak buruk pada printer?

setelah membaca tulisan2 sebelumnya kesimpulan yang saya dapatkan, untuk menghadapi proteksi printer sekarang, kita hanya dapat mengakali driver/ mobo printer supaya tidak membaca chip di catridge yah pak?

COLOR
08-07-2008, 23:56
Dear frosty,

pak patch01 dan patch02 apakah driver yang telah di 'sesuaikan' sehingga tidak membaca chip / ketinggian tinta di catridge?


File patch01 / 02 bukan driver, fungsi dari file tersebut nya telah saya jabarkan diatas.

oh yah yang patch02 peringatannya maksudnya jangan sampai tinta di tabung tinta external jangan sampai habis? klo yang external tetap ada isinya tidak ada dampak buruk pada printer?


Kalau dari sisi penguna = ya,
Tapi saya lebih mengkawatirkan pada sisi dampak sosialnya seperti post saya disini http://forum.chip.co.id/f70-off-topics-potato-lounge/73849-welcome-back-bos-color-4.html (http://forum.chip.co.id/f70-off-topics-potato-lounge/73849-welcome-back-bos-color-4.html).
Apakah mas sebagai enduser atau seorang tehnisi & pedagang ? Bila enduser, coba menghubungi rekan tk saya yakin rekan bersedia membantu sesama chipper dan juga saran saya percuma melakukan instalasi dari file-file tersebut pada komputer lain.

setelah membaca tulisan2 sebelumnya kesimpulan yang saya dapatkan, untuk menghadapi proteksi printer sekarang, kita hanya dapat mengakali driver/ mobo printer supaya tidak membaca chip di catridge yah pak?

Sudah agak lama dan beberapa kali saya menuliskan hal tersebut mas baik pada forum ini ataupun diforum lain.

Sekilas saya membaca masalah ini thread thread lainnya, karena sangat sulit melakukan koneksi dengan forum kita ini maka saya mereplynya sekalian.

Dear frosty,

bole ...........soalnya kayanya cuman ini solusinya...

Maaf, saya belum dapat membantu mas.

Salam,

frosty
11-07-2008, 01:32
terimakasih atas jawaban bro COLOR, saya enduser pak...
iyah bro tk hendak membantu.. cuman sayang saya di surabaya...

moga2 bro tk bisa menemukan pemecahan atas permasalahan

thanks banget untuk bro COLOR maupun TK yang selalu berusaha membantu teman2... ^^
keep helping us ok? :D

^^

COLOR
16-08-2008, 03:19
Apakah masalah rekan frosty sudah teratasi ?

Salam

nexus
19-08-2008, 08:08
Pak Color saya pemakai tinta Bapak beli dari pak TK tidak terlalu banyak sih. Masalahnya: Kalo saya mencetak photo hasilnya lebih merah dari warna aslinya ( Photo dari Camera Digital / Scanner ). Warna kulit menjadi lebih kemerahan. Padahal keakuratan warna penting buat saya untuk proof design undangan. photo nanti saya upload. terima kasih bantuannya.

warna-warni
02-09-2008, 00:55
setuju bro, biar gampang mencarinya

faruk
09-09-2008, 21:43
pak color sy ada tanya ,
bp. pernah sebutkan di dunia ciss/infus ini ada 8 jenis botol....pak ini ada gambar/foto/link yang bisa di liat nggak, penasaran...sy liatnya terbatas cuman 3 jenis,
1. biasa/system nafasnya ada pipa yang masuk, 2. bersekat, & 3. yg kecil2 model sepatu...yg beda2 cuman bahannya.
trus ini ada klasifikasi nggak mis. yang bersekat khusus/optimal di printer TIJ, yang biasa epson. ato gimana

& hitungan meter selang ini gimana caranya,
jelas ada hitungan matematis kahn pak, mis. pake botol 100ml. panjang selang max. xxx, meter. supaya aliran lancar.
(soalnya mo jg rapiin infus, botol dilem/taruh di belakang printer)

pak kalo hp yang model printhead kayak ploter dj130, oficcejet 1000, K5xxx dkknya ini, apa ini bisa pake tinta jenisnya sama (media BJ-82 ?)...maskudnya buat hitung2.. kalo printer semua pake tinta sama, khan lebih irit & efisien, ..ini PH disebut apa sih pak yg model yg kayak ploter ini..(kalo ada sebutannya)

trims
faruk

bayangilalang
11-09-2008, 13:38
salamm....
numpang ikutan belajar sama boss colour dan semuanya ahhh...
skalian nanya neh, printer saya R210 tiba-tiba blinking, lampu tinta dan penarik kertas nyala merah semua. terdeteksi paper jam. ketika tombol dimatiin, trus di hidupi lagi, terdeteksi normal, tetapi klo buat ngeprint, setelah kertas masuk sedikit, terus berhenti, dan kedua lampu tersebut kembali nyala merah.
sudah saya coba resett pake adjustmen program, dan berhasil. tetapi kadang penyakit tiu kambuh lagi, terutama setelah gagal narik kertas (mungkin krn karet penarik kertasnya juga udah tua).

anehnya, kasus tersebut bukan cuman 1 printer aja, tetapi 2 printer sekaligus R210, untung yang sejenis (R230) gak ikutan sakit, hehehe...

tambahan informasi, kasus tersebut bermula ketika komputer dan jaringan di tempat saya terkena virus lemorai (kalau gak salah). ketika komputer di hidupkan, otomatis langsung ngeprint sejumlah beberapa lembar, setiap di cancell justru tambah jumlah yg di print tersebut. (lumayann puyeng juga waktu itu). ada Epson 1390, R270, R230, R210, beberapa seri C, tetapi yang gak kuat dan jatuh sakit ya cuman seri R210 itu.

ada pencerahan tentang kasus yg saya alami gak ya?

COLOR
12-09-2008, 03:54
pak color sy ada tanya ,
bp. pernah sebutkan di dunia ciss/infus ini ada 8 jenis botol....pak ini ada gambar/foto/link yang bisa di liat nggak, penasaran...sy liatnya terbatas cuman 3 jenis,
1. biasa/system nafasnya ada pipa yang masuk, 2. bersekat, & 3. yg kecil2 model sepatu...yg beda2 cuman bahannya.

Coba mas perhatikan dengan "sangat teliti" :

Berapa lebar "celah" yang ada diantara sekat kedua bagian kamar / bagian tabung tersebut (tanpa memperhatikan jenis / bahan baku dari tabung tersebut) ?

Bagaimana "bentuk" dari "celah" tersebut ? Apakah hanya berupa "sekat" yang lurus atau kah ada yang berbentuk seperti trapesium atau model lainnya ?

Apakah fungsi dari perbedaan bentuk celah tersebut ?

Apakah fungsi dari besarnya perbedaan "celah" tersebut ?

Berapa besar aliran / volume udara (napas tinta, seperti yang mas maksud) yang dapat melalui celah tersebut berbanding dengan "sisa" berat tinta yang ada pada "kamar" disebelah sekat tersebut ?


trus ini ada klasifikasi nggak mis. yang bersekat khusus/optimal di printer TIJ, yang biasa epson. ato gimana

Tidak,
Semua type botol reservoir yang beredar (kalau perlu jerigen minyak pun) dapat dipergunakan baik itu diperuntukan untuk TIJ ataupun PIEZO asalkan disesuaikan dengan konstruksi awal / design printhead yang akan dipergunakan.


...Ini yang umumnya tidak disadari oleh para perakit CFS.......Pada CFS fungsi utama adalah system aliran tinta yang berkesinambungan / berlanjut / kontiniu dari external reservoir menuju internal reservoir dengan volume, pressure / tekanan sesuai dengan design printhead tersebut...

Apa "arti" dari C F S :

Bila rekan mampu menghitung dengan benar besarnya aliran yang dibutuhkan oleh suatu firing system maka C F S bearti : Continius Flow System yaitu suatu aliran (tinta) dari external reservoir menuju firing chamber dengan besar tekanan serta volume yang sesuai dibutuhkan oleh firing system tersebut, seperti post ini :


sy pernah dapet tinta dr TK (paket di classy dgn ip1700 sblm artpaper) memang handal, sy print tinggal pergi. print sampe tinta di kontainer hampir habis, head tetep mulus no cleaning, warna OK...


.....Kalo udah nga ada masalah dari hasil print out yang pertama sampe yang terachir biasanya nga ketemu masalah yang bearti dikemudian hari..


....ke 2 juga tes yang bagus tuh block warna seperti yg di kriteriakan utk copy darat ,itu tuh ternyata print full block bener2 berat. Buset warna hitam baru print 3-4 lembar full black sudah turun sejari.., atuh gw bisa bangkrut kalo mau maksa in tes print 200 lbr

tapi bila rekan hanya mempergunakan suatu "BARANG JADI" (tabung, selang & tinta) atas suatu firing system maka C F S bearti : Confuse Flow System yang bila diartikan dalam bahasa indo menjadi ......?


...kalo sy jelas problem kalo canon di infus
1. kalo ori yg di modif kadang "sedotan" gak bisa maksimal .... printout bergaris2 ...pasang ori normal lagi...


....infus ix4000? yah kadang emang kepengen seh.. ga repot..tpi masalahnya, udah kapok banget.. tiap kali nyampe toko soalnya kuningnya selalu ga vakum deh..jadi mesti bongkar lagi dan benerin sendiri.. trus malem tutup toko, bsk pagi dia udah balik lagi mundur.. jd selang kuning selalu kosong.. dan itu 3x di infus, 3x ganti catridge ori, 3x ganti head juga begitu..hueh...


& hitungan meter selang ini gimana caranya, jelas ada hitungan matematis kahn pak, mis. pake botol 100ml. panjang selang max. xxx, meter. supaya aliran lancar. (soalnya mo jg rapiin infus, botol dilem/taruh di belakang printer)

Untuk menghitung dengan tepat berapa panjang dan berapa ukuran lingkaran dalam dari "selang /flexible tube" yang dibutuhkan untuk suatu system, maka haruslah menilik 3 faktor utama untuk suatu CFS :


.... pada CFS, ada 3 faktor utama yang saling terkait dengan design printhead :
- Formulasi tinta.
- Design / konstruksi tabung.
- Panjang serta diameter flexible hose / selang....

Bila saja mereka dapat membuat sinkronisasi / kendali dimana faktor lain dapat mengurangi atau menambah kelemahan dari ke 3 faktor diatas maka saya menjamin perakit tersebut dapat menciptakan suatui CFS yang memiliki kinerja tinggi.

Perakit CFS bukanlah Flexible tube Mfg, bukanlah designer dari konstruksi tabung reservoir dan juga bukanlah ink Mfg tetapi umunya hanya pedagang yang mempergunakan "Barang jadi" atas suatu perangkat CFS tersebut.

Dari ke 3 faktor utama dalam CFS, hanyalah ink / tinta yang dengan mudah dapat diformulasikan.

Melihat kaidah diatas maka untuk menghitung secara exact dari panjang serta diameter selang yang akan mas pergunakan, maka saya minta bantuan mas untuk memberikan data :

1. Type botol / external reservoir yang akan dipergunakan.
2. Formulasi tinta yang akan dipergunakan.

Atau sama juga dengan contoh perhitungan dibawah ini :

1 = hambatan yang dibutuhkan (Panjang & dimameter selang)
2 = Tekanan / pressure yang dihasilkan (type tabung external reservoir)
3 = Spesifikasi benda yang disalurkan (spesifikasi / formulasi dari benda / tinta, termasuk coosolvent, colorant dan variant lainnya, karena dari situ dapat dihitung surface tension dan viscosity benda / tinta tersebut)

4 = minimum requirement dari firing system.

contoh :

1 x 2 x 3 = 4

Jadi untuk membuat suatu system, maka ke 3 faktor tersebut haruslah saling melengkapi.


pak kalo hp yang model printhead kayak ploter dj130, oficcejet 1000, K5xxx dkknya ini, apa ini bisa pake tinta jenisnya sama (media BJ-82 ?)...maskudnya buat hitung2.. kalo printer semua pake tinta sama, khan lebih irit & efisien, ..ini PH disebut apa sih pak yg model yg kayak ploter ini..(kalo ada sebutannya)

Bj-82 dapat dengan layak dipergunakan pada printhead type 10, 11, 84 & 85.
Kurang layak bila dipergunakan pada type 88.

Type printhead yang mas maksud dapat dibaca pada : printhead bergaris, ganti printhead kah ?

Salam,

nobita1168
13-09-2008, 23:43
Pak color, katanya kan bapak pernah kerja di epson, nah saya ingin bertanya kuatan mana sih antara 1390 dan IX 4000 (khusus printer ini)

Kan pabrik ada standar tes berapa ribu print baru masalah nya apa.. trus berapa ribu masalahnya ini.. (Dst)

Nah bapak kan tahu rahasia dalemannya epson, kuatan /banyakan mana pak daya tahan ke 2 printer ini?


Dan head yg dibuat bapak utk tanding,itu saya sih salut pak melihat desainnya kalo bpk yg bikin (apa org canon yg bikin? ) sebab teorinya dijelasin pak tk sangat menarik.


Dan Epson 9800 saya ga sangka kalah ma DJ 500 warna nya, apakah ini karena faktor tinta? (melihat head epson ada 6) dan mahalan mana cost operasikan epson dan Hp dalam keadaan memakai tinta original dan infus? (sehingga bisa dihitung cost per lembar murahan mana)

trims pak.

COLOR
15-09-2008, 00:46
Dear rekan nobita,

Maaf sebelumnya untuk pertanyaan mas, saya memberikan contoh / perumpamaan seperti ini :

Dalam suatu team racing, haruslah ada kesatuan antara pengemudi, designer mesin serta system analisys. Bila saja satu mata rantai "DIPUTUS atau TERPUTUS" maka saya menjamin team racing tersebut akan hancur. Maka race tersebut sudah menjadi milik team racing lainnya.

Dimana rangkaian kerja dari team tersebut sebanarnya saling terkait,

Pengemudi harus mendengarkan dan melaksanakan instruksi yang diterimanya seperti : pada tikungan ini harus memindahkan gear agar dapat menjaga torqe maksimum mesin guna long trek didepan dan memindahkannya gear kembali pada RPM....

Designer mesinpun harus menerima sekian banyak masukan dan kaidah / batasan agar mesin mobil tersebut dapat dipergunakan dengan maksimal. Diapun memberikan suatu feedback kepada team seperti beberapa persyaratan balik terhadap mobilnya seperti minimum okatan yang harus dipergunakan, jenis pelumas sampai type ban kendaraannya.

System analyses bertindak sebagai "Organizer" yang selalu memantau perkembangan dan memberikan warning bila ada ketimpangan pada system guna menjaga hasil yang optimal.

Ini fakta yang terjadi.

Saya kira contoh diatas terjadi pada saat ini.

Salam,

nobita1168
15-09-2008, 01:04
Benar pak, cuma waktu itu masalahnya agak berbeda, seperti ini, pak tk bilang bapak tidak kenal angka tanggung ( 0 dan 1 ) atau ya dan tidak.

Nah dari epson dan Hp saya gagal waktu itu (hitung lumayan juga loh, untung tinta cyan 1 liter Hp saya boleh dituker tinta 250xx canon waktu itu ma pak tk )

nah saat saya utuskan memakai canon, itu 100% saya ikutin cara pak tk yg dibilang cara bapak (walau dalam hati waktu itu sempat bimbang saat memakai catrid infus bapak ) karena di epson saat ganti infusan nya, 2 bh epson saya troble trus , sampai saya ganti dengan yg lama baru normal


Nah bila kmrn ga ada yg warning, saya pasti maju trus , dan saya beruntung juga stop, yg jadi pertanyaan kenapa itu bisa terjadi? (kalo masalah ini tidak merugikan ga masalah, cuma saya merasa dirugikan ) walau angka 2-3 jt kecil, tapi kan eneg juga,



Jadi intinya saat troble ada yg warning kalo bapak tidak ada, dan terus terang, alasan saya memakai tinta bapak dan rela olak balik trus kmrn adalah saya percaya dengan bapak (kalo ga 1-2x saja gagal saya udah ogah)



Tetapi memang isu ini ga perlu2 amat sih, mungkin saja waktu itu org ini mencari kesempatan saat saya ada troble kan? ,lagian waktu saya sebenernya sudah capek buat kerja ,


Dan untuk bpk pun memang terserah bapak kan maungapain aja asal ga merugikan bukan? (malah kalo menguntungkan mestinya berterima kasih )

Cuma saya mau kasi tau isu yg ada, (kaya dulu bapak mewarning pak tk saat dipakai mstro komputer nya ) nah saya pun memberitahukan/ warning ke bapak kalo ada isu ini

COLOR
15-09-2008, 01:17
Nah bila kmrn ga ada yg warning, saya pasti maju trus , dan saya beruntung juga stop, yg jadi pertanyaan kenapa itu bisa terjadi? (kalo masalah ini tidak merugikan ga masalah, cuma saya merasa dirugikan ) walau angka 2-3 jt kecil, tapi kan eneg juga,

Cuma saya mau kasi tau isu yg ada, (kaya dulu bapak mewarning pak tk saat dipakai mstro komputer nya ) nah saya pun memberitahukan/ warning ke bapak kalo ada isu ini


Kalau boleh tahu apa yang merugikan rekan hingga 2-3 jt ?

Sayapun telah menerima foward email dari rekan tentang hal tersebut, apa perlu saya kirimkan data lebih lanjut ? tak ada gunanya menciptakan perpecahan diforum ini.

Biarlah yang lain percaya atau tidak tapi seingat saya pernah berkomunikasi segitiga dengan rekan rekan diforum ini. Bila saya adalah maya, bagaimana rekan lainnya berinteraksi dengan saya saat itu ?

Salam,

nobita1168
15-09-2008, 11:09
Ups , salah posting (gw post di thread IX 4000 malah (pusing ada 2 thread) jadi salah bales , mestinya utk thread ini jadi nyasar



(baca di IX 4000 aja pak color ) ,atau malem saya sambung disini lagi deh pak.

COLOR
10-10-2008, 01:50
Dear rekan,

Beberapa waktu lalu saya ada kirimkan attachment by email pada beberapa rekan disini, mungkin karena kesibukan atau hal lainnya, kiranya dapat disharingkan agar memperbesar celah "Pancing" tersebut

Salam,

kecom
12-10-2008, 22:58
Dear all,

http://www.megaupload.com/?d=SDC6UN7R

Semoga dapat membantu...

Salam,

tOKO_KOMPUTER
13-10-2008, 15:55
Dear all,

http://www.megaupload.com/?d=SDC6UN7R

Semoga dapat membantu...

Salam,

@ bro Kecom,

Kamipun dapat attachment file seperti ini pada salah satu email Bapak. Tapi kami kurang paham atas kegunaannya bro.

MK

Note,
Apa teman lain dapat yang lainnya, mari coba kita satukan barangkali lebih mudah buat kita semua

bayangilalang
12-12-2008, 02:18
mau tanya neh sama pak colour dan teman-teman lainnya.

saya pernah dengar tentang jenis tinta "oil-based", "pigmen-oil-based". seperti apakah tinta tersebut? bagaimana perbedaan dengan water-based dan pigmen biasa yang banyak di pasaran? bagaimana kualitas daya tahan dan keakuratan warnanya?

saya pernah di tawarin sama orang semarang, tetapi saya kehilangan kontak dengan beliau, sehingga belom sempat mencobanya.

COLOR
13-12-2008, 23:52
Dear mas bayangilalang,

saya pernah dengar tentang jenis tinta "oil-based", "pigmen-oil-based". seperti apakah tinta tersebut?

Tinta jenis itu umumnya dipergunakan pada wide format printer seperti Seiko, Scitex dan sejenisnya (tapi beberapa tahun terachir, kedua merek printer tersebut telah diakusisi / merger dengan HP) serta printer wide format ex china (aplikasi outdoor)

bagaimana perbedaan dengan water-based dan pigmen biasa yang banyak di pasaran?

Tinta umum yang dipergunakan pada desktop dan wide format printer (aplikasi indoor) umumnya mempergunakan jenis water base seperti yang umumnya tersedia dipasaran.

bagaimana kualitas daya tahan dan keakuratan warnanya?

Pengertian daya tahan tergantung dari beberapa faktor.
Faktor ketahan sinar (Ultra Violet) ditentukan oleh pengunaan jenis colourant.
Faktor ketahanan gesek dan kelancaran pengunaan ada printhead ditentukan oleh formulasi tinta itu sendiri.

Mengenai keakuratan warna,
Formulator yang memegang peranan dalam hal ini.

Salam,

d4uz
04-01-2009, 22:03
Wah ada thread menarik neh.. di bookmark dulu ah..
Lam kenal semuanya terutama mas COLOR.. :). Kebetulan habis beli HP D1360 nih, kali ada trik tip dll tentang d1360..:)

COLOR
08-01-2009, 02:46
Dear mas dauz,

Wah ada thread menarik neh.. di bookmark dulu ah..

Bila dirasa berguna, silahkan mas.

Lam kenal semuanya terutama mas COLOR.. . Kebetulan habis beli HP D1360 nih, kali ada trik tip dll tentang d1360..

Untuk D1360 sudah pernah diulas disini.

Salam,

redblack
07-03-2009, 22:31
Wah ada thread menarik neh.. di bookmark dulu ah..

ytsejam
14-03-2009, 04:39
saya pake r230, pake infus, sekarang saya pake tinta merek A harganya sekitar 120/liter. masalahnya, kenapa hasil cetakannya terlalu hijau/kuning? saya terpaksa customize kontrol warna (brightness,contrass,saturation,ddl) seperti gambar dibawah ini supaya hasilnya lumayan bagus, itupun tetap saja bermasalah dibagian yg berbayangan (shadow). Hasilnya pasti kehijauan di range abu-abu. Bagaimana supaya hasilnya lebih mendekati netral, apakah harus ganti tinta lagi... Oh my god... Apakah karakter semua tinta infus 3rd party seperti itu? Padahal dulu sebelum pake literan, masih yg botol 100ml merek B hasilnya lumayan bagus. Yg saya perhatikan adalah warna kuning pada tinta A terlalu pekat (gelap). Sementara seingat saya dulu tinta merek B yg 100ml itu warna kuningnya tidak terlalu pekat (halus/bening). Saya minta pencerahan para juragan dan sesepuh.
Trims
http://i43.tinypic.com/14sz3ig.jpg

bighdk
21-03-2009, 07:18
mau tanya tinta merk oli*er itu bagus gak yah? udah pernah ada yang pakai?

COLOR
23-03-2009, 01:49
Dear mas ytsejam,

Mengenai tampak visual tinta,
Mas dapat membacanya pada thread ini

Mengenai komposisi penyetelan / penyesuaian warna,
Saya lihat telah diulas oleh beberapa rekan pada thead lainnya. Mungkin mas dapat pula mempergunakan fasilitas search pada forum ini dengan kata kunci : ICC / ICM , ini sekilas tentang hal tersebut http://forum.chip.co.id/1893571-post132.html


Semoga membantu

jayzee3
29-03-2009, 02:25
@ bro COLOUR bisa minta YM nya, ??? biar bisa konsul by YM gt.....

COLOR
30-03-2009, 23:48
Dear mas jayzee,

Coba mas baca : http://forum.chip.co.id/2162282-post232.html

Salam,

COLOR
09-05-2009, 02:37
Dear mas nimbus,

Mungkin driver ini dapat membantu

aikalovers
20-05-2009, 20:47
tanya donk, ane ada masalah nih sama IP 4300 utk tinta PG 5BK itu ngga keluar, sdgkan warna yg lain bisa keluar dan jika d cetak pake warna bagus walau hitamnya ngga ada cuman yaa kaloo moo cetak teks jadi ngga bisa, kenapa yaa? kira2 bisa ngga d akalin atau d service saja tanpa perlu beli printhead...:( kaloo memang mesti beli printhead berapa yaa kisaran harganya.


trims be4

COLOR
25-05-2009, 02:38
Dear mas Aikolovers,

Bila mas mencetak dengan setting media = photo paper (matte ataupun glossy) maka nozzel BLACK PIGMNET / PG%BK tidak bekerja, soo pasti hasilnya akan sempurna dan akan lain halnya bila mas melakukan setting pada plain paper.

Mas mempergunakan tinta Ori, refill atau CFS ?

Harga printhead disini sekitar CAD$ 80.

ferynov
08-08-2009, 16:50
Om COLOR, saya punya epson T20 cis yang ngeblink, saya kira eepromnya bermasalah jadi saya shortkan pin 1&4 nya..stelah itu kedetect sbg. S20 kemudian saya install drivernya..tidask ngeblink lagi, tapi kalo pas mau buat ngeprint muncul blinking...gmn untuk membalikin ke T20 lagi? saya sdh paksa dgn driver t20 tetep gak mau.trims atas bantuanya.

tOKO_KOMPUTER
11-08-2009, 14:09
Om COLOR, saya punya epson T20 cis yang ngeblink, saya kira eepromnya bermasalah jadi saya shortkan pin 1&4 nya..stelah itu kedetect sbg. S20 kemudian saya install drivernya..tidask ngeblink lagi, tapi kalo pas mau buat ngeprint muncul blinking...gmn untuk membalikin ke T20 lagi? saya sdh paksa dgn driver t20 tetep gak mau.trims atas bantuanya.


@ Bro ferynov


Bagi teman teman chipper end user yang kebetulan berlokasi dijakarta dan memiliki masalah pada ink counter / blinking / wespet error untuk type 11, 20 & 30 kami coba untuk membantunya. Kalau memungkinkan teman teman datangnya dibawah jam 11.30 agar unit dapat diselesaikan pada sore harinya (karena ngeresetnya bukan ditoko tapi ditempat kerja / beda lokasi)

Bila teman teman ingin merubah dari type 11, 20 ato 30 menjadi type lainnya seperti 79, 90, 110 atau sebaliknya kami dapat membantunya pula.

Kesempatan ini hanya berlaku untuk 1 unit per chipper yang berstatus end user dan unit tersebut akan kami lakukan test nozzel print terlebih dahulu (walaupun unit telah dalam keadaan error wespet full kami mampu melakukan test nozzel chek dengan mempergunakan utility dari BAPAK dan harus disaksikan oleh chipper yang bersangkutan, karena kami tak ingin terjadi salah paham mengenai hasil nozzel chek atas unit tersebut) sebelum unit ditinggalkan ditempat kami untuk melakukan reset ink counter.

Hal ini karena kami hanya membantu melakukan reset wespet bukannya membantu memperbaiki seluruh unit ataupun hasil cetak dan lainnya.

Sekali lagi banyak terima kasih atas kepercayaan yang Bapak berikan pada kami untuk meringankan beban sesama chipper.

MK

eferz
11-08-2009, 22:08
Pro Pak TK,

Untuk printer brother saya seri MFC 6490 CW, saya menemukan link yg menjual cartridge jumbo infus tanpa slang dan bisa dipakai untuk printer ini :
http://cgi.ebay.com.sg/ws/eBayISAPI.dll?ViewItem&item=150362345724

Nah, pak tk saya ingin tanya..apa tinta untuk LC 67 ini ( sama dgn LC 11/LC 16/LC 38 dsb).. tidak ada persamaannya? atau tinta untuk infus printer brother memang susah di Indonesia? Ada solusi?
Untuk jangka pendek, saya titip ke saudara yg ada di KL, kapan dia balik, saya minta dibawakan tinta. Kalau ada di Indonesia tentu lebih mudah urusannya.

Printer ini glass scannya sampai A3..apalagi ukuran folio.. dan unit tersebut sudah ada di saya sejak hari ini. ( Saya terima 10 hari sejak indent ). Posisi cartridge memang unik, diam disudut, tidak ikut bergerak bersama printhead.

Saya recomended untuk rekan2 yang mau pakai printer AIO yang mumpuni, dan fungsional.

ferynov
12-08-2009, 20:34
@pak TK , Trimakasih pak atas tawaranya, tetapi tempat saya jauh di kalimantan tengah...

tOKO_KOMPUTER
14-08-2009, 21:29
@ Bro Ferynov,

Oke pak sama sama soalnya itu amanat Bapak yang mesti kami kerjakan buat bantu sesama temen chipper disini. Nanti laen waktu kalo Bro Ferynov kebetulan ada maen kesini biar dibawa aja.

MK

tOKO_KOMPUTER
14-08-2009, 21:33
Pro Pak TK,

Nah, pak tk saya ingin tanya..apa tinta untuk LC 67 ini ( sama dgn LC 11/LC 16/LC 38 dsb).. tidak ada persamaannya? atau tinta untuk infus printer brother memang susah di Indonesia? Ada solusi?.

@ Bro efers,

Kalo jenis tinta kami nga berani bilang persamaannya ada apa nga. Mungkin Bapak Color yang lebih kompeten deh buat ngejawabnya.

MK

COLOR
19-12-2009, 03:23
Out Of Topic,

Beberapa saat lalu saya membaca post rekan illegal user pada thread http://forum.chip.co.id/1289587-post1.html yang menurut saya sangat layak untuk dibaca besama.

Salam

bighdk
30-12-2009, 18:47
salam untuk semuanya
saua mau bertanya tentanng tinta

sudah adakah produk tinta yang bisa untuk ngeprint di artpaper?:goteam:

COLOR
02-01-2010, 02:32
Dear mas bighdk,

Ada.

dedy_cha
23-01-2010, 11:51
salam untuk semuanya
saua mau bertanya tentanng tinta

sudah adakah produk tinta yang bisa untuk ngeprint di artpaper?:goteam:

sampai saat ini belom ada dan tidak akan pernah ada. ynag klao bilang ada tinta buat yang bisa ngeprint di artpaper hanyalah seorang penipu.

kalo mas mau ngeprint di artpaper cukup pakai laser warna aja, harga juga sudah sangat terjangkau sekarang.
saya recommend laser warna fuji xerox c1110 atau fuji xerox c2200

si_bayang
29-01-2010, 03:10
sampai saat ini belom ada dan tidak akan pernah ada. ynag klao bilang ada tinta buat yang bisa ngeprint di artpaper hanyalah seorang penipu.

kalo mas mau ngeprint di artpaper cukup pakai laser warna aja, harga juga sudah sangat terjangkau sekarang.
saya recommend laser warna fuji xerox c1110 atau fuji xerox c2200

maaf...tidaklah bijak menghakimi seseorang sebagai seorang "penipu" tanpa dasar dan alasan yg jelas. bicara tinta adalah bicara mengenai bahan kimia, yang masih bisa direka ulang menjadi sesuatu yg berbeda sifat & karakteristiknya.
Berbicara mengenai tinta 3rd party di pasaran, memang saat ini sudah ada beberapa jenis yg bisa digunakan untuk bahan artpapaer/ivory, saya pribadi sudah memakainya. bahkan ada beberapa tinta pigment/durabrite umum yg dijual bebas dapat digunakan untuk kertas artpaper/ivory, dengan melakukan setting pada option printernya (khusus printer jenis yg support CD/DVD Surface, yg pernah saya coba dan pakai sampai saat ini E-R210, E-R230, E-R270, E-R290), sebagian besar tinta akan mudah rontok, tetapi ada yg kuat dan tahan cuaca ---ditest jemur matahari & hujan berminggu-minggu---, jika tidak mau susah, bisa langsung di laminasi/semprot UV. Maaf untuk tinta, saya tidak berani sebutkan di thread ini, karena saya bukan seorang penjual tinta.....
Sekali lagi maafff....semoga berkenan...

dedy_cha
02-02-2010, 01:00
maaf...tidaklah bijak menghakimi seseorang sebagai seorang "penipu" tanpa dasar dan alasan yg jelas. bicara tinta adalah bicara mengenai bahan kimia, yang masih bisa direka ulang menjadi sesuatu yg berbeda sifat & karakteristiknya.
Berbicara mengenai tinta 3rd party di pasaran, memang saat ini sudah ada beberapa jenis yg bisa digunakan untuk bahan artpapaer/ivory, saya pribadi sudah memakainya. bahkan ada beberapa tinta pigment/durabrite umum yg dijual bebas dapat digunakan untuk kertas artpaper/ivory, dengan melakukan setting pada option printernya (khusus printer jenis yg support CD/DVD Surface, yg pernah saya coba dan pakai sampai saat ini E-R210, E-R230, E-R270, E-R290), sebagian besar tinta akan mudah rontok, tetapi ada yg kuat dan tahan cuaca ---ditest jemur matahari & hujan berminggu-minggu---, jika tidak mau susah, bisa langsung di laminasi/semprot UV. Maaf untuk tinta, saya tidak berani sebutkan di thread ini, karena saya bukan seorang penjual tinta.....
Sekali lagi maafff....semoga berkenan...

Sekarang ini mungkin anda harus mendalami ilmu percetalkan, bahwa kertasd artpaper hanya bisa dicetak dengan teknik offset, dan pada awal millenium ini berkembang pula teknologi digital offset yang sesungguhnya hanya ditujukan bagi teknologi laser printing.

Jika anda mengatakan bisa dengan inkjet apakah anda sudah mengujinya dengan teknik offset pada ketahanan warna, kualitas cetak ,kecepatan cetak? Jika anda bilang bisa aja tanpa memperhatikan unsur2 diatas berarti anda sesungguhnya tidak mengertidan tidak tahu percetakan .

si_bayang
07-02-2010, 22:23
oh iya...maaf jika ada yang kurang berkenan dengan posting saya diatas, karena memang saya bukan orang yang berpengalaman di percetakan. Saya hanyalah seorang buruh kasar dengan mesin offset kecil 1 warna (mungkin kalo dijual sudah tidak ada yg mau melirik deh :) )yang sudah menemani beberapa tahun terahir ini. sementara untuk urusan cetak offset CMYK, terpaksa numpang di perusahaan tetangga.

Urusan printing artpaper dg printer, hanyalah dalam kondisi darurat buat konsumen yg dana & oplah cetak sedikit, tentu dengan keterbukaan & kesepakatan dg konsumen tentang terbatasnya kualitas, hasil, ketahanan, warna, ukuran, kecepatan produksi, cara finishing yg tepat, dll, dibanding kualitas & kuantitas cetak offset, (alhamdulillah...beberapa konsumen saya menyukai jalur alternatif yg 'nyleneh' ini). intinya....berbicara masalah kualitas dan kuantitas cetak di atas kertas art-papper 'dalam jumlah besar', teknik offset memang masih menjadi rujukan. jika jumlah cetak kecil dan dana terbatas, yg menjadi rujukan...'bingung mode=on' (maklum di kota kecil tempat saya tinggal belom ada yg memiliki Laser Warna.

Sekali lagi maaf...dan harap maklum dengan keterbatasan pengetahuan saya...:worship:

nobita1168
27-02-2010, 20:57
Saya per hatiin yang belain pak color rata2 junior member baru gabung ya, tetapi tata kata nya itu...................



Oh ya offset mahal ya 160Jt, hasil gw liat bagus, kualitas masuk lah utk foto yang skrg ini


Oh ya, kalo gw tuh ga demn debat kusir, ada bukti baru ngomong, kalo posisi kita bener dan di debat ma anak SD misalnya, tinggal kita tanya " sudah coba belum? " (sebab biasanya cuma modal nyontek internet kalangan ini :D )



POKOKE ASAL ADA BUKTI DIJAMIN PASTI MENANG DAN PERCAYA DIRI MENINGKAT !





Ini cuma uneg2, gw ga mau post lagi ah, lagi males debat, okey

eferz
01-04-2010, 21:29
wah..trit ini masih berlanjut ya...

menurut hemat saya...memang beragam komentar...pro kontra..bahkan komentar nyeleneh pun nimbrung ...tidak hanya di trit ini....tapi juga di trit lain...
memang tidak ada batasan usia disini...asal penyampaiannya wajar...
tapi kalau anak2 abg ikut koment disini...anak se usia mrk yg wawasan dan struktur paparannya juga asal..bahkan kadang cenderung nyeleneh...ini yg harus dipilah...lebih baik tdk ditanggapi...
kalau ditanggapi malah melebar kemana-mana...sampai2 urusan pribadi..privasi lama-kelamaan tidak lagi aman di sini...
namanya juga forum...tp setidaknya kita bisa selektif..mana coment yg bermutu...mana yg kerjaannya cuma sinis/menyerang..mana yang balak kosong sama sekali...alias nggak ada isinya...alias nggak nyambung..
inilah yang perlu kita cermati dan waspadai...

nah...kita2 kan jadi pada tau....bhw kecendrungan subjektif itu sulit dielakkan...

ada kata2 bijak yg bunyinya:
"dengarlah apa yang dikatakan...jangan lihat siapa yang mengatakan"..
lalu ada juga
"seorang perampokpun, punya nasehat yang bagus"...

artinya...mari kita lihat substansinya...ambil hikmahnya..
tapi kalau sampai ada kerugian materil spt kasus tinta art paper....itu lebih kepada mal praktek....
atau proyek ini baru setengah jalan....belum matang...belum lolos sertifikasi dan uji lab..

beragam pendapat...yg sekaligus menggambarkan keragaman isi kepala...isi hati...(isi kantong? ya....termasuk...)....rejeki dan deposito...juga beda...

nobita1168
04-04-2010, 20:15
:shame:




.................................

martha_kencana_kds
22-05-2010, 02:24
ank bru nie...mohon petunjuk...bisa ga mika diprint pake laserjet..???
mohon petunjuk

COLOR
22-05-2010, 02:59
Dear mas martha,

Mika, umumnya adalah salah satu "nama pangilan" dari keluarga polyvinyl choride. Bahan tersebut akan mulai deformasi pada suhu sekitar 85 ~ 87 C. Sesuai dengan sifat dasar bahan tersebut, maka akan sangat riskan dan hampir tak mungkin dicetak dengan mempergunakan printer laserjet yang umum dipergunakan untuk keperluan SOHO sebab temperature pada unit fuser jauh diatas kemampuan bahan tersebut.

Salam,

pitoyo
09-06-2010, 11:35
duh tritnya panjang... ijin subscribe dulu sambil baca pelan2...

m_ilhami
15-10-2010, 13:37
Mohon dijelaskan mengenai teknologi epson terbaru.

http://www.detikinet.com/read/2010/10/15/131910/1465953/317/tak-mau-rugi-epson-halau-modifikasi-tanki-printer/?i991101105

isaac
15-10-2010, 14:02
Dear mas martha,

Mika, umumnya adalah salah satu "nama pangilan" dari keluarga polyvinyl choride. Bahan tersebut akan mulai deformasi pada suhu sekitar 85 ~ 87 C. Sesuai dengan sifat dasar bahan tersebut, maka akan sangat riskan dan hampir tak mungkin dicetak dengan mempergunakan printer laserjet yang umum dipergunakan untuk keperluan SOHO sebab temperature pada unit fuser jauh diatas kemampuan bahan tersebut.

Salam,

bedanya mika sama astralon apan gan...?
maap kalo oot

COLOR
16-10-2010, 03:21
Dear mas milhami,


Mohon dijelaskan mengenai teknologi epson terbaru.

http://www.detikinet.com/read/2010/10/15/131910/1465953/317/tak-mau-rugi-epson-halau-modifikasi-tanki-printer/?i991101105

System tersebut bukanlah suatu teknology baru, tapi lebih tepat disebut terobosan baru dari pihak MFG untuk menyatakan "Eksistensi (nya)" pada suatu system. Hal ini telah saya singung beberapa bulan lalu secara "samar" dibeberapa thread yang berhubungan dengan CFS pada suatu merek.

Type L100 & 200 yang diperkenalkan disana (Indo) hanyalah suatu varian dari versi sebelumnya (disini dikenal dengan type NX125 atau diseberang dengan type S22).

Secara keseluruhan, mekanisme / flow dari system adalah sama seperti pendahulunya baik dari type ASF, printhead dan lainnya tapi ada perbedaan yang cukup "berani" terletak pada system enskripsi pada flow chart ink counter guna keperluan protection produk.

Semoga membantu

aero
10-02-2011, 17:38
saya pengguna epson r230, untuk untuk usaha cetak foto, banyak pelanggan yang mengeluh denan hasil yang mudah pudar dalam hitungan bulan, lalu saya menggunakan tinta pigment, dan sepertinya tinta ini gak cocok dengan kertas glossy, tinta kayak menumpuk dipermukaan kertas gitu , apa ada kertas yang cocok untuk tinta pigment

COLOR
14-02-2011, 02:15
Dear Mas aero,

Kendala yang mas hadapi adalah kendala klasik atas produk 3rd party. Produk salah satu negara Asia telah berhasil mendominasi pasar (tinta & kertas) dinegara negara berkembang (termasuk disana). Mungkin saatnya mas mempergunakan media (kertas) dan tinta original untuk mendapatkan apa yang mas inginkan karena salah satu produsen malah menjanjikan ketahanan warna hasil cetak lebih dari 80 tahun tanpa perubahan yang bearti.

Penyebabnya kendala yang mas hadapi adalah kadar keasaman yang berlebih dari finished coated media serta light fastnest dan acid resistant yang sangat rendah colorant tinta.

Salam,

herudento
06-03-2011, 03:08
Orang pandai adalah orang yang bisa menerangkan masalah sukar menjadi bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Tapi kebanyakan orang pandai sekarang malah membuat masalah yang sederhana jadi kelihatan rumit untuk memperlihatkan kepandaiannya. Rasanya bingung kalau lihat penjelasan bahasanya seperti translate Google atau draft RUU.

aero
08-03-2011, 20:47
Orang pandai adalah orang yang bisa menerangkan masalah sukar menjadi bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Tapi kebanyakan orang pandai sekarang malah membuat masalah yang sederhana jadi kelihatan rumit untuk memperlihatkan kepandaiannya. Rasanya bingung kalau lihat penjelasan bahasanya seperti translate Google atau draft RUU.

:thumb::thumb::thumb:

kecom
08-03-2011, 23:42
saya pengguna epson r230, untuk untuk usaha cetak foto, banyak pelanggan yang mengeluh denan hasil yang mudah pudar dalam hitungan bulan, lalu saya menggunakan tinta pigment, dan sepertinya tinta ini gak cocok dengan kertas glossy, tinta kayak menumpuk dipermukaan kertas gitu , apa ada kertas yang cocok untuk tinta pigment

Klo setahu saya ada bro, cuma umumnya gramatur kertasnya agak lebih tebal (biasanya sekitar 260 gsm keatas). Cari aja yang resin coated cuma susahnya pengalaman nanya ke sales/marketing importir printing media banyak yang ngga tahu bedanya antara cast coated sama resin coated... Ato klo mo aman pake aja glossy paper bikinan pabrikan kaya Epson ato Canon...

Semoga membantu,

aero
03-04-2011, 11:02
kalo tinta ory milik L100\200 termasuk tinta jenis apa ????
apa bisa di pasang ke r230 infus

kecom
03-04-2011, 14:40
kalo tinta ory milik L100\200 termasuk tinta jenis apa ????
apa bisa di pasang ke r230 infus

Klo ngga salah sih cuma dye-based. Maksudnya gimana bro, ntu tinta L100 dimasukin ke CISS R230 ? Klo saran saya sebaiknya tidak dilakukan, karena 6-color printer dibuat utk mendapat gamut warna yg lebih lebar dari 4-color printer...

aero
09-04-2011, 09:13
Klo ngga salah sih cuma dye-based. Maksudnya gimana bro, ntu tinta L100 dimasukin ke CISS R230 ? Klo saran saya sebaiknya tidak dilakukan, karena 6-color printer dibuat utk mendapat gamut warna yg lebih lebar dari 4-color printer...

makasih broo
infonya sangat bermamfaat ............

nexus
26-04-2011, 17:11
thread zombie bangkit kembali...reunian euy.

danpt
05-05-2011, 23:44
anak baru pak bu ikut memantau dulu...
capek juga baca baca dr depan belum kelar semua....

locke1973
13-05-2011, 14:47
Dear Mr. Color

Pak, krn ini adl thread lama, semoga anda membaca posting sy ini.
Saya berencana utk menekuni produksi tinta inkjet, dimana atau kpd siapa atau bagaimana sy bisa belajar utk membuat tinta inkjet ini.

Terima kasih sebelumnya
Salam

Arif

COLOR
14-05-2011, 00:46
Dear mas locke,

Tak ada category thread lama atau baru karena saya selalu mengunjunginya setiap beberapa hari.

Mengenai maksud yang mas utarakan diatas, bila berkenan saya ada sedikit pertanyaan :

Dalam scale produksi berapa banyak perhari ?
Apakah tinta tersebut untuk aplikasi umum atau aplikasi khusus ?
Bagaimana dengan fasilitas waste water treatment ?

Salam,

locke1973
18-05-2011, 12:40
Dear mas locke,

Tak ada category thread lama atau baru karena saya selalu mengunjunginya setiap beberapa hari.

Mengenai maksud yang mas utarakan diatas, bila berkenan saya ada sedikit pertanyaan :

Dalam scale produksi berapa banyak perhari ?
Apakah tinta tersebut untuk aplikasi umum atau aplikasi khusus ?
Bagaimana dengan fasilitas waste water treatment ?

Salam,

Terima kasih pak utk replynya

Terus terang pak, sy msh belum menentukan kapasitas produksi. Karena sy msh dalam tahap penyempurnaan formula.
Kira2 utk tahap awal berapa perkiraan modal utk bisa memproduksi tinta inkjet ini pak?
Termasuk bahan baku dan juga peralatan?

Rencana awal saya utk aplikasi umum spt tinta inkjet biasa spt halnya mipo, dll tp ke depannya tdk menutup kemungkinan utk membuat aplikasi khusus.

Saya melihat begitu banyak tinta inkjet yg beredar adl bukan dr indonesia, apakah krn bahan2 dasarnya impor?

Fasilitas waste water treatment, apakah yg dimaksud pengolahan limbah hasil produksi?

Dan pertanyaan terakhir, bagaimana prospek ke depan utk bisnis manufacture tinta inkjet ini?

Terima kasih sdh bersedia menjawab pertanyaan sy seblmnya

Salam damai sejahtera

Arif

COLOR
19-05-2011, 02:02
Dear mas locke,

........belum menentukan kapasitas produksi......berapa perkiraan modal utk bisa memproduksi tinta inkjet ini pak?

Besar investasi tergantung dari banyaknya kapasitas produksi perhari.

Rencana awal saya utk aplikasi umum.......

Ok.

Saya melihat begitu banyak tinta inkjet yg beredar adl bukan dr indonesia, apakah krn bahan2 dasarnya impor?

Semakin besar kapasitas produksi maka semakin rendah biaya produksi. Semakin rendah biaya produksi maka rendah pula harga jual dari finished product. Ini yang menjadi patok dasar dari para penjual dan pembeli finish product tersebut.

Fasilitas waste water treatment, apakah yg dimaksud pengolahan limbah hasil produksi?

Ya.

Dan pertanyaan terakhir, bagaimana prospek ke depan utk bisnis manufacture tinta inkjet ini?

Pangsa pasar "tinta printer" sangatlah besar disana, tetapi pasar tersebut "hampir dikuasai" oleh produsen barang jadi (tinta) dari salah satu negara raksasa diasia. Beberapa tahun lalu ada rekan / kerabat yang mencoba merintis usaha seperti ini disana, hingga saat ini masih dalam kategory "usaha rumah tangga / home industry" dengan output volume sekitar 20 ton / hari saja masih merasa "terjepit" oleh industry serupa (real factory). Jadi kemajuan suatu pangsa pasar atau industri terkait sangatlah ditentukan oleh kebijakan / campur tanggan penguasa / pemerintah, apakah melindungi para produsen local atau ...???

Salam

locke1973
25-05-2011, 11:39
Dear mas locke,

........belum menentukan kapasitas produksi......berapa perkiraan modal utk bisa memproduksi tinta inkjet ini pak?

Besar investasi tergantung dari banyaknya kapasitas produksi perhari.

Rencana awal saya utk aplikasi umum.......

Ok.

Saya melihat begitu banyak tinta inkjet yg beredar adl bukan dr indonesia, apakah krn bahan2 dasarnya impor?

Semakin besar kapasitas produksi maka semakin rendah biaya produksi. Semakin rendah biaya produksi maka rendah pula harga jual dari finished product. Ini yang menjadi patok dasar dari para penjual dan pembeli finish product tersebut.

Fasilitas waste water treatment, apakah yg dimaksud pengolahan limbah hasil produksi?

Ya.

Dan pertanyaan terakhir, bagaimana prospek ke depan utk bisnis manufacture tinta inkjet ini?

Pangsa pasar "tinta printer" sangatlah besar disana, tetapi pasar tersebut "hampir dikuasai" oleh produsen barang jadi (tinta) dari salah satu negara raksasa diasia. Beberapa tahun lalu ada rekan / kerabat yang mencoba merintis usaha seperti ini disana, hingga saat ini masih dalam kategory "usaha rumah tangga / home industry" dengan output volume sekitar 20 ton / hari saja masih merasa "terjepit" oleh industry serupa (real factory). Jadi kemajuan suatu pangsa pasar atau industri terkait sangatlah ditentukan oleh kebijakan / campur tanggan penguasa / pemerintah, apakah melindungi para produsen local atau ...???

Salam

Kapasitas 20 ton/hari menurut sy sdh cukup besar pak

Sy yakin bisa menembus pasar, asalkan sy bisa menekan cost produksi, harga bisa bersaing dan kualitas mumpuni,

Kembali lagi ke pertanyaan awal sy pak color,
Kalau sekiranya pak color berkenan memberi info bagaimana, dimana, atau kepada siapa sy bisa belajar utk membuat tinta inkjet ini?

Atau mungkin langsung dgn dgn bapak :)?

Thanks

COLOR
31-05-2011, 03:57
Dear mas locki,

Sy yakin bisa menembus pasar,

Apakah itu hanya sebuah tekad/tujuan atau sebagai relita/kenyataan yang telah dijalani saat ini. Karena untuk menembus pasar bukanlah suatu pekerjaan yang mudah.

asalkan sy bisa menekan cost produksi, harga bisa bersaing dan kualitas mumpuni,

Biaya produksi berbanding terbalik dengan kapasitas produksi, semakin kecil volume produksi semakin besar pula biaya produksi begitupun sebaliknya semakin besar volume produksi maka semakin kecil biaya produksi.

Kalu boleh tahu, berapa besar output produksi yang mas harapkan pada tahap awal ?
Berapa estimasi harga biaya produksi tinta per Kg / Lt yang mas harapkan ?
Bagaimana dengan fasilitas waste water treatment ?

Kembali lagi ke pertanyaan awal sy pak color,
Kalau sekiranya pak color berkenan memberi info bagaimana, dimana, atau kepada siapa sy bisa belajar utk membuat tinta inkjet ini?


.......dalam tahap penyempurnaan formula.

membaca tulisan mas diatas, kiranya dapat dijawab beberapa pertanyaan dasar diatas sebelum menyinggung lebih lanjut diforum.

Salam,

locke1973
10-06-2011, 13:16
Dear mas locki,

Sy yakin bisa menembus pasar,

Apakah itu hanya sebuah tekad/tujuan atau sebagai relita/kenyataan yang telah dijalani saat ini. Karena untuk menembus pasar bukanlah suatu pekerjaan yang mudah.

asalkan sy bisa menekan cost produksi, harga bisa bersaing dan kualitas mumpuni,

Biaya produksi berbanding terbalik dengan kapasitas produksi, semakin kecil volume produksi semakin besar pula biaya produksi begitupun sebaliknya semakin besar volume produksi maka semakin kecil biaya produksi.

Kalu boleh tahu, berapa besar output produksi yang mas harapkan pada tahap awal ?
Berapa estimasi harga biaya produksi tinta per Kg / Lt yang mas harapkan ?
Bagaimana dengan fasilitas waste water treatment ?

Kembali lagi ke pertanyaan awal sy pak color,
Kalau sekiranya pak color berkenan memberi info bagaimana, dimana, atau kepada siapa sy bisa belajar utk membuat tinta inkjet ini?



membaca tulisan mas diatas, kiranya dapat dijawab beberapa pertanyaan dasar diatas sebelum menyinggung lebih lanjut diforum.

Salam,

Keyakinan sy krn sy punya jaringan distribusi utk ATK wilayah kalimantan, sulawesi dan jawa bali

Saya dalam tahap mencari formula terbaik, krn itu pertanyaan dr Bpk mengenai kapasitas produksi dan waste treatment belum bisa sy jawab.
Tapi sy punya background dlm produksi tinta yg lain dan ini sdh berhasil dan sdng berjalan

Salam

tukang shooting
18-10-2011, 16:21
Ane pake tinta dr dulu (2004) sampek skrng msh tetap satu merk. ndak gonta-ganti
( takut nyebut merk, ntr dikira promosi / menjatuhkan)

ane pake tuk cetak undangan & Photo hasilnya lumayan
krn dah pake lama merk tersebut, ane paham kelemahan dan kelebihan merk tersebut.

nobita1168
01-01-2012, 05:05
Ane pake tinta dr dulu (2004) sampek skrng msh tetap satu merk. ndak gonta-ganti
( takut nyebut merk, ntr dikira promosi / menjatuhkan)

ane pake tuk cetak undangan & Photo hasilnya lumayan
krn dah pake lama merk tersebut, ane paham kelemahan dan kelebihan merk tersebut.

============



Terus maksud yg mau disampaikan apa ?


kl mnurut gw sebut aja merk nya, ga pa2 juga, toh ketahuan mau promosi apa memang mau kasi info yg bener kok....


O ya jadi mantau nih thread, siapa tau pak color mau share cara/ resep buat tinta inkjet :D

regar88
03-03-2012, 17:15
salam hormat bro, jr mber nanyanih, klau ink anti uv merek fastprint tu bagus ga kira2 bro. apakah ada diantara bro sekalian yg pernah make tinta merek ini. klo ada shsrng dong klbihan kekurangannya. saya pake tinta merek ini soalnya.:ask: trimakasih

rouf
06-03-2012, 17:31
Mas saya pendatang baru saya mau nanya saya punya printer lexmark E120 masalahnya ngeblink merah trus dan mesin pemanas drum tdak mau jalan.
apakah serbuktoner itu bisa mempengaruhi dr printer tersebut. terima kasih smua.

COLOR
07-03-2012, 04:05
Dear mas regar,


salam hormat bro, jr mber nanyanih, klau ink anti uv merek fastprint tu bagus ga kira2 bro. apakah ada diantara bro sekalian yg pernah make tinta merek ini. klo ada shsrng dong klbihan kekurangannya. saya pake tinta merek ini soalnya.:ask: trimakasih


Tidak ada istilah senior ataupun yunior member disini , semua member memiliki hak dan kewajiban yang sama.

Saya tak ingin menyinggung suatu merek dagang.

Cara termudah untuk mengetahui kadar ketahan sinar (light fastnest) dari pewarna / colourant ataupun hasil kerja bahan pembatu / additive yang dipergunakan saat formulasi tinta (yang menyebutkan "ANTI UV") sebagai berikut :

1. Cetak sebuah gambar / foto / block pada selembar media / kertas biasa / kertas foto,
2. Tutup / lapiskan setengah bagian dari gambar tersebut dengan media / bahan yang tidak tembus sinar (bisa dengan selembar metal / alumunium / zinc)
3. Letakan / lekatkan hasil cetak tersebut pada area yang terkena sinar matahari secara langsung.
4. Biarkan proses tersebut selama beberapa hari.
5. Setelah beberapa hari hasil cetak tersebut "TERPANGGANG SINAR MATAHARI" lalu periksa, apakah ada degradasi / penurunan "KADAR" warna tertentu.
6. Bila sulit membedakan penurunan kadar warna (karena hasil uji tersebut terlihat secara rutinitas dimana penurunan kadar warna akan sulit terlihat), buka lembaran / lapisan penutup metal pada setengah bagian cetakan tersebut (ini akan lebih mudah bagi "MATA AWAM" untuk melihat apakah ada penurunan "KADAR WARNA" diantara setengah bagian cetakan yang terkena sinar matahari dan setengah bagian lain yang tidak terkena sinar matahari). Apakah hasil cetaknya menjadi "BELANG" antara bagian yang tertutup metal dan yang tidak tertutup metal dimana bagian tersebut terkena sinar matahari ? Sama halnya dengan melihat para pelancong dipantai yang mempergunakan baju renang sambil bermandikan sinar matahari. Mungkin bila mas "AGAK JELI dan BERUNTUNG" maka mas akan melihat "BAGIAN YANG TERTUTUP BAJU RENANG" akan "BERWARNA agak LAIN" dibandngkan dengan area yang tidak tertutup baju renang. Itu adalah hasil radiasi sinar ultra violet gelombang 380 ~ 405 nm. Pengunaan pewarna dengan kadar ketahan sinar yang tinggi / light fastness akan memberikan hasil lebih sempurna dibandingkan dengan pengunaan bahan pembatu / additive dalam formulasi tinta.

Salam,

rouf
07-03-2012, 08:51
Mas saya pendatang baru saya mau nanya saya punya printer lexmark E120 masalahnya ngeblink merah trus dan mesin pemanas drum tdak mau jalan.
apakah serbuktoner itu bisa mempengaruhi dr printer tersebut. terima kasih smua.

regar88
13-03-2012, 00:34
Cara termudah untuk mengetahui kadar ketahan sinar (light fastnest) dari pewarna / colourant ataupun hasil kerja bahan pembatu / additive yang dipergunakan saat formulasi tinta (yang menyebutkan "ANTI UV") sebagai berikut :


trima kasih ats sarannya prcobannya bro color, sudh say coba test mnurut sarannya bro,
tpi kendalanya hujan mulu bro. ;):D

cak is
16-03-2012, 14:08
permisi mas, mo numpang nanya nh...
aq pnya printer hp laserjet p2015d, wktu aq pake print tiba" aja gk bisa d pake buat printing. kondisinya, lampu indikator (yg gambarnya roda gigi) nyala terus.
Tolong pencerahannya mas, trims banget sbelumnya..

UltimateLP
16-03-2012, 14:14
trima kasih ats sarannya prcobannya bro color, sudh say coba test mnurut sarannya bro,
tpi kendalanya hujan mulu bro. ;):D
Klo klo kondisi mendung tanpa sinar matahari, pake lampu uv (buat cek uang palsu) biasa gak y?

dertria88
16-05-2012, 16:42
setuju lanjut gan.....

bluvertex
23-05-2012, 11:04
Misi mau nanya,

Klo Canon IP 3680 Ink Jet, Epson T30 Ink Jet, sama HP deksjet K209.

atau ada printer yang bagus buat usah percetakan kecil2an klau bisa dibawah 1 juta.

repost dari thread artpaper soalnya ga ada yang bales

COLOR
26-05-2012, 00:35
Deleted, double post

COLOR
26-05-2012, 00:50
Deleted, double post

COLOR
26-05-2012, 00:59
Dear mas bluevertek, Dari ke 3 type / merek yang mas tuliskan diatas,
saya lebih "menyarankan" untuk pergunakan T 30 dengan pertimbangan :

- Bila dipergunakan untuk "usaha" : maka sebagian besar printer tersebut akan mempergunakan tinta 3rd party ( misalnya reffill, CFS / Infus ) untuk menekan biaya produksi. Ketersediaan system dan tinta untuk type itu lebih banyak tersedia dipasaran sana.

-Piezo printhead lebih "mampu" untuk menerima "Formulasi" tinta yang lebih luas dibandingkan dengan TIJ.

- Dari segi "Konstruksi" unit, T30 berada pada "jenjang" diatas kedua merek / type yang mas tuliskan diatas.

Untuk harga "unit" yang mumpuni untuk "usaha", mungkin agak sulit mencari sesuai dengan budget yang mas inginkan.

Karena sesuai dengan "Hukum Pasar", harga unit berbanding terbalik dengan biaya produksi. Harga unit yang "lebih tinggi" belum tentu akan membebankan biaya produksi yang lebih mahal dibandingkan dengan harga unit "yang rendah" dengan biaya produksi yang lebih mahal.

Biaya produksi adalah biaya yang harus dibayar pada saat unit berpoduksi, harga tersebut meliputi tinta, media dan suku cadang.

Umumnya harga suku cadang dari harga unit "YANG MURAH" akan jauh lebih mahal daripada suku cadang yang harga unit "LEBIH MAHAL", contohnya adalah kepala pencetak / printhead, tempat penampung tinta / ink cartridges dan lainnya sedangkan suku cadang tersebut sebagai kategory suku cadang cepat terpakai / fast moving parts dan pada beberapa merek, suku cadang tersebut malah dikategorikan sebagai consumable dan dirancang hanya sekali pakai.

Salam,

Note, Cukup tuliskan sekali saja untuk pertanyaan yang sama, Jangan ulangi melakukan post yang mengulang ulang pada thread yang berbeda.