Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

    Bro.. semua, bisa tukar pengalaman gak ? apa aja sih kelemahan camcoder Sony HVR-HD1000 (HDV) yang dah ada pengalaman pake selama ini.

    Ane mo tuker MDCeban ama tuh camcorder. Denger2 fokusnya sering lari kaya MD10rb ya ? Kebutuhan Ane cuma untuk shoot pengantin seh... kalo dari hasil beda jauh gak ama MD10rb ?

    Tq U

  • #2
    Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

    halo..halo...mampir dooongg....


    tuh dia... sudah 2 orang temen ku mo jual nih kamera, padahal baru 1 tahun pake. Tapi mereka gak bilang alasannya kenapa, (cuma bilang perlu duit cepat..). Ada yang bilang focus nya sering lari, trus LCD nya terlalu kecil sehingga lebih menuntut memakai ViewVinder.

    Ayo.. Bro.. bantuin kasih info, ada apa sebenarnya dengan Camcoder ini... Mumpung belum terlanjur beli...

    Comment


    • #3
      Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

      pengalaman saya selama beberapa kali sewa kamera ini:
      - dari tampang keliatan gede, jadi keliatan lebih pro dari MD ceban ditambah tulian HDV .
      - selama cahaya terang dan rata fine fine aja. masalah muncul kalo ambil gambar dengan kondisi sedikit lolight (grain segede gede kacang hahaha dan warnanya pucat) apalagi tempat gelap , gambarnya nggak karu karuan dan kondisi pecahayaan kontras tinggi (karakternya mirim Md10K).
      - kalo saya nggak begitu masalah dengan lcd, soalnya emang lebih banyak pake viewfinder.
      - kalo dipikul lebih enak kamera ini dibandingkan MD, lebih mapan di pundak.
      - kalo mau tukeran dengan md ok, tapi kalo tuker tambah mikir 3 kali
      - kalo dibandingkan dengan VX series, saya lebih prefer Vx series. apalagi PD 170, HD 1000 LEWAAAAT

      segitu penglaman saya dengan HD 1000 mudah mudahan membantu.

      Comment


      • #4
        Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

        Bagaimana dengan HDV nya Boss.. apakah memang bisa di manfaatkan ?
        terus dia dah bisa 16;9 kan, kalo MDceban gak bisa (4;3 dikasih leterbox hitam) ?

        berarti gambarnya lebih kurang sama dengan MD ya ? kalo ketahanan mekanik nya apakah sama dengan MD yang sering ngadat ? soalnya harganya beda jauh loh, MD 8.5 kalo HD1000 15 jt an.

        ini maksudnya bukan tukar guling Bos, tapi mau beli baru.

        Comment


        • #5
          Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

          Originally posted by Rendering View Post
          Bagaimana dengan HDV nya Boss.. apakah memang bisa di manfaatkan ?
          terus dia dah bisa 16;9 kan, kalo MDceban gak bisa (4;3 dikasih leterbox hitam) ?

          berarti gambarnya lebih kurang sama dengan MD ya ? kalo ketahanan mekanik nya apakah sama dengan MD yang sering ngadat ? soalnya harganya beda jauh loh, MD 8.5 kalo HD1000 15 jt an.

          ini maksudnya bukan tukar guling Bos, tapi mau beli baru.

          klo HDVnya belom tau bro. tapi kalo urusan gambar dibandingin sama MD ya menangan si HD 1000. soalnya diliat dari lensa sama sensornya juga jauh beda. cuma pengalaman saya ya gitu. kalo kondisinya kurang cahaya, grain nya lumayan parah. tapi kalo pencahayaan normal lumayan bagus. kalo ada budget lebih baiknya ambil fx series. tapi kalo budgetnya ngepas bisa jadi alternatif bagus. murah dan bisa rekam HDV. asal operatornya pinter2 make manual.

          Comment


          • #6
            Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

            coba di search, pernah dibahas sebelumnya,,
            dan result nya ngga recomended

            Comment


            • #7
              Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

              tanya om Eyes,
              katanya HD1000 ini kekurangannya di manual control.
              tmn yg prnh coba bilang klo utk setting exposure harus masuk menu.
              gak ada tombol khusus seperti di MD10000.
              apa betul?

              Comment


              • #8
                Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

                Originally posted by kie_yk View Post
                tanya om Eyes,
                katanya HD1000 ini kekurangannya di manual control.
                tmn yg prnh coba bilang klo utk setting exposure harus masuk menu.
                gak ada tombol khusus seperti di MD10000.
                apa betul?
                hehehe....iya cukup merepotkan. tapi secara keseluruhan tetep menang kamera ini. hd 1k bisa dipasang di crane saya tapi kalo Md 10k nggak bisa hihihi...

                Comment


                • #9
                  Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

                  Originally posted by amank_janggut View Post
                  coba di search, pernah dibahas sebelumnya,,
                  dan result nya ngga recomended
                  dimana maksudnya Boss, bener2 nggak recomended ini kamera ya ?

                  kie_yk
                  Benar sekali Bro, kalau settingan manualnya gak praktis, amat menyulitkan ya, karena kita mengejar moment (wedding).

                  jadi gimana neh, gak usah di ambil aja apa ya tu kamera ?

                  Comment


                  • #10
                    Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

                    iya sih. dr spek teknisnya emang menang HD1K.

                    tp untuk kejar moment dengan kondisi pencahayaan yang kadang2 berubah kayaknya harus pasrah dengan kemampuan auto exposure'nya.
                    nah, TS kira2 percaya gak dengan kemampuan auto exposure'nya?

                    klo masalah low light klo buat wedding asal siapin on-cam lighting mungkin bisa sedikit teratasi.

                    tapi klo TS gak masalah dengan kekurangan di kontrol manual dan emang cari HDV kayaknya bisa dipertimbangkan.
                    klo masih bisa nambahin budgetnya lagi knp tidak mempertimbangkan seri FX 2nd? walaupun embel2nya Handycam tapi manual controlnya sama dengan seri pro. paling kekurangannya di bbrp fitur dan XLR input.
                    asal dapat kondisi yg ok kayaknya worth aja.
                    FX1 versi prosumernya dari HVR-Z1, FX7 versi prosumernya dari HVR-V1. klo FX1000 mungkin over budgetnya jauh.

                    Comment


                    • #11
                      Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

                      Originally posted by kie_yk View Post
                      iya sih. dr spek teknisnya emang menang HD1K.

                      tp untuk kejar moment dengan kondisi pencahayaan yang kadang2 berubah kayaknya harus pasrah dengan kemampuan auto exposure'nya.
                      nah, TS kira2 percaya gak dengan kemampuan auto exposure'nya?

                      klo masalah low light klo buat wedding asal siapin on-cam lighting mungkin bisa sedikit teratasi.

                      tapi klo TS gak masalah dengan kekurangan di kontrol manual dan emang cari HDV kayaknya bisa dipertimbangkan.
                      klo masih bisa nambahin budgetnya lagi knp tidak mempertimbangkan seri FX 2nd? walaupun embel2nya Handycam tapi manual controlnya sama dengan seri pro. paling kekurangannya di bbrp fitur dan XLR input.
                      asal dapat kondisi yg ok kayaknya worth aja.
                      FX1 versi prosumernya dari HVR-Z1, FX7 versi prosumernya dari HVR-V1. klo FX1000 mungkin over budgetnya jauh.
                      kalo di lihat di gogling, FX1 formatnya MPEG2 ya Bro, itu maksudnya udah jadi MPEG2, yang berarti udah terkompresi dong. sory OOT.

                      Kontrol Manual amat penting Bos, karena kita kejar moment dan situasi pencahayaan selalu berubah-ubah dan sulit di prediksi. Jadi kalau terlalu mengandalkan auto, wah bisa susah agak nya. ya nggak ?

                      Comment


                      • #12
                        Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

                        semua format video yg terekam di camcorder itu sudah terkompresi. DV pun sudah format kompresi.

                        afaik, semua HDV yang menggunakan pita kaset menggunakan kompresi MPEG2 25Mbps.
                        AVCHD yg menggunakan media tapeless itu klo gak salah menggunakan kompresi H.264 yang lebih terkompresi dari pada MPEG2. sama dengan HD-DSLR yg sejauh ini gw liat hasil videonya lebih bagus dari pada camcorder HDV.
                        tapi H.264 katanya lebih efisien dari pada MPEG2. dengan bit rate lebih kecil hasil gambar sebanding dengan MPEG2.

                        klo emang bandingannya camcorder DVD, HDD, ato memory card yang masih menggunakan MPEG2 Standard Definition kayaknya gak sebanding.

                        apa lagi klo misalkan pengen hasil yg baik hasil downconvert dari HDV ke DV lebih bagus dari pada rekam dengan camcorder SD-DV.

                        tapi emang semakin terkompresi semakin berat untuk diedit.
                        makanya banyak yg menawarkan codec yg lebih mudah untuk diedit kayak mpeg2 i-frame ato dengan solusi hardware decoder seperti CUDA, etc.

                        kira2 begitu bro..

                        Comment


                        • #13
                          Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

                          selama ini aku rekam dari camcorder dan di capture ke DV AVI. setelah diedit barulah di render untuk jadi MPEG2 trus baru ke DVD. Proses dari DV AVI ke MPEG2 aja sudah banyak sekali kompresinya, hal ini terlihat dari ukuran file nya kan.. nah logikanya kalau dari camcorder aja dah jadi MPEG2 berarti nanti finalisasinya bakalan di kompres lagi yang berarti terjadi pengurangan kembali tuh gambar, apa gak semakin turun kualitasnya....

                          atau MPEG2 nya beda ya ??

                          emang masalah kompresi ini dari dulu aku agak keriting2 memahaminya.

                          Comment


                          • #14
                            Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

                            ya kan emang beda.
                            MPEG2 DVD dengan MPEG HDV gt.

                            MPEG2 DVD Main@Main 720*576 9Mbps
                            MPEG2 HDV Main@High 1440*1080 25Mbps

                            lagi pula kan udah disebut sebelumnya, semua HDV menggunakan media kaset MiniDV dengan kompresi MPEG2 1440*1080i 25Mbps. termasuk HD1000. (ada jg varian HDV1 720p 19Mbps)
                            jadi klo emang mau beralih ke HDV mau gak mau akan menggunakan kompresi lain selain DV krn limitasi kompresi DV dan media simpannya.

                            sebenernya gak usah terlalu paranoid dengan kompresi. setiap kompresi mempunyai caranya sendiri2 menyimpan data yg kadang2 mata gak mampu utk melihat perbedaannya.
                            yang penting workflow editingnya bener dan seberapa kuat komputer mengedit source HDV (ntah dengan native HDV ato pke intermediate codec selain HDV).
                            capture (MPEG2 HDV), transfer (MPEG2 HDV), editing (MPEG2 HDV), render export (MPEG2 HDV ato format lain seperti DV ato MPEG2 DVD ato format distribusi lainnya).
                            gak ada bedanya dengan editing DV kok. semua ada kemungkinan generation loss.

                            buat baca2:
                            http://www.eventdv.net/Articles/Read...rticleID=37958

                            Comment


                            • #15
                              Re: HVR-HD1000 (HDV) kelebihan dan kekurangan nya

                              wah dah agak cerah ni aku

                              Jadi balik lagi ke HD1000, itu di cameranya ada setelan nya ya ? mo ke DV atau HDV gitu ?

                              Comment

                              Working...
                              X