Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

[ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

    Guys, mo nanya nih. Tadi sempet chit chat sama temen gua lewat sms, dan gua sempet tanya2 dikit masalah Disc Brake. Hmm... Mo nanya, adakah perbedaan yang signifikan kalo kita ganti disc brake yang sizenya agak melebar daripada ukuran standar? Tau yang gua maksud kan? Soalnya ada motor yang menggunakan disc brake yang ukurannya melewati batas normal.

    Nah, yang sekarang mau gua tanyakan. Dampak positif menggunakan disc brake yang sudah mod dan dengan yang original itu kerasa di bagian mananya? atau malah ada jenis disc lain yang mungkin lebih bagus daripada disc brake bawaan motor tersebut? thanks ditunggu pendapat dan infonya.

  • #2
    Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

    setahuku sih makin lebar, makin bagus daya pengeremannya. tapi kalo merknya asal2an bisa jadi lebih jelek dari bawaan pabrik. temen gue pasang disc brake belakang buat mx nya, malah rem kurang pakem apalagi kalo hujan
    Last edited by Warlords; 09-07-2007, 01:27.

    Comment


    • #3
      Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

      Lebar permukaan cakramnya kan? atau lebar bentuk discnya aja? Kalo bro Warlords merekomendasi disc merk apa bro? Ada saran? Soalnya ada isu (dari temen) kalo semakin besar cakram semakin goyang kalo melakukan pengereman.

      Comment


      • #4
        Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

        kalo merk nunggu komentar yg lain aja. gak tau , soalnya gak pernah ganti. menurutku untuk mesin standar, disc brake bawaan pabrik sudah lebih dari cukup.
        untuk gaya2an sih oke2 aja asal cek kualitasnya. maklum urusan rem bisa jadi urusan nyawa

        sama kayak kasus pelek palang murahan, ada yg kecelakaan gara2 pelknya patah saat lewat jalan rusak. gara2 dia pake pelek palang murahan

        Comment


        • #5
          Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

          wa, menurut gw sih paling aman itu pakai disc brake standar bawaab pabrik..
          karena ini menyangkut faktor safety..jadi ada bagusnya kalau nggak usah di ganti2..
          Disc brake besar itu hanya untuk sekedar gaya2an aja sih..nggak aman malah iya..
          boleh saja kalau mau pakai yang besar asal yang branded.. like brembo..

          Comment


          • #6
            Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

            gw juga setuju pake yang bawaan pabrik.

            soalnya kalo ganti yang besar, tapi cuman asesoris / variasi yang harganya murah bisa nyesel.

            Dulu gw pernah ganti pake yang besar, tapi variasi, alias yang harganya di bawah 200.000. Nah ini bikin gw nyesel sampe sekarang.

            Kalo memang ada duid dan pgn ganti, beli aja yang benernya. Jangan yang asesoris. Lagian pake disk sebesar itu, biasa karena motornya kenceng, jadi perlu rem yang mantab.

            Kalo disk standarnya kecil, artinya sudah cukup dengan mesin standar.

            Comment


            • #7
              Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

              pake disk standar ajah dah bisa stopie

              Comment


              • #8
                Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

                IMHO disk brake harus disesuakan dengan beban yang ditanggung, kalau motornya ringan pakai disk brake yang lebar permukaannya pendek masih cukup safe lah (contohnya satria fu).
                Kira-kira lebar permukaan diskbrake berbanding lurus sama beban/berat motor, yang penting kualitas material disk+kampas nya juga.

                Gw pernah liat motor supra pakai diskbrake depan yang diameternya saingan sama diameter ban . kayaknya disk brake kaya gitu terlalu pakem deh
                CMIIW
                Last edited by oldmrfletcher; 09-07-2007, 11:32.

                Comment


                • #9
                  Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

                  kalo disk brake gak melulu ttg lebar cakram yg palin baik, banyaknya kaliper dan bahan baku yg digunain juga berpengaruh. Kalo mo aplikasi cakram yg beda dari orisinal sih mending dari pabrikan juga, misal szk smash pake cakram ninja. Mungkin....

                  Comment


                  • #10
                    Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

                    yep, gw lebih setuju kalo ganti cakram dengan milik motor pabrikan lain...
                    tp ada juga custom made yg bagus looh.

                    contoh nya cakram bikinan pa'kumis, di klaim kekuatan nya sama dengan cakram pabrikan dengan diameter lebih besar

                    tp gw sendiri sih lom pernah pake

                    Comment


                    • #11
                      Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

                      Originally posted by oldmrfletcher View Post
                      Gw pernah liat motor supra pakai diskbrake depan yang diameternya saingan sama diameter ban . kayaknya disk brake kaya gitu terlalu pakem deh
                      CMIIW
                      kalo yang bro lihat itu, dia bikin custom sendiri velg nya dibuat + cakram..
                      yang rodanya tengahnya bolong khan?? gw lupa namanya.. ditabloid em'plus mah banyak tuh gambarnya, nggak safety kayak gt mah cuma gaya2an aja..
                      tapi motor luar ada ngeluarin kok asli dari pabrik yang kayak gt rodanya..


                      @ALL: pokoknya masalah disc brake bagusnya pakai bawaan pabrik coz udah di setting dengan karakter mesin motornya sendiri, kecuali kalo motor nya udah korek dan pastinya kan kenceng, jadi masalah REM juga harus dimodifikasi biar lebih pakem..

                      Comment


                      • #12
                        Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

                        Pernah liat Road Race di Indonesia? ato di Asia? Liat remnya pake apa gak? nah, seperti itulah rem yang pakem. Tapi diliat dulu penggunaan motornya sendiri buat apa? Kalo motornya mesin standar, kenapa harus pake disc brake yang gede? mubazir dan gk ada untungnya sama sekali (kecuali keliatan kerena aja). Dan menurut ane, penggunaan disc brake untuk roda belakang kyknya blom perlu deh kalo untuk motor bebek sekelas 110cc. Dan kalopun ada beberapa motor (contohnya seperti shogun 125RR yg baru) pake disc brake belakang, harusnya pake diameter yang lebih kecil dari yang depan. biasanya motor bebek di Indonesia pake diameter disc brake selebar 220-230mm dengan ketebalan +/- 5,5mm. Jadi ukuran ideal untuk disc brake roda belakang sekitar 170-200mm dengan ketebalan 5,5mm.

                        Kenapa belakng harus lebih kecil? Karena waktu kita ngerem, beban akan bertumpu ke depan, sehingga bagian roda depan menanggung beban yang lebih besar, jadi prioritas pengereman harus ada di roda depan. Tengok aja di MotoGP. Roda depan pake 2 cakram 310mm dengan bahan karbon, tapi yang belakang cuma 220mm dengan bahan stainless steel. Karena yang belakang 'cuma' dipake buat ngimbangin aja.

                        Dan kalopun maksa mo pake rem dengan diameter gede, jangn pake yang abal2. Ingat! keselamatan kita taruhannya! Beberapa merk Rem yang bagus:
                        - Brembo (OEM Ducati dan MV Agusta, kebanyakan dipake tim2 MotoGP)
                        - Nissin (kebanyakan dipake OEM motor di Indonesia)
                        - Tokico (OEM Kawasaki motor gede)
                        - DP Brakes
                        - Braking (kebanyakan bermain di Motocross, walopun ada yang buat motor jalan raya juga. cirinya, bentuk rem seperti bunga/wavy. bentuk yang sempat ngetrend dan dijiplak di Indonesia)
                        - EBC
                        - Galfer

                        contoh2 rem cakram yang bagus:


                        Memang rem yang bagus harganya pasti mahal. Karena untuk riset dan pengembangan pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit kan? Kalo cuma tinggal jiplak aja pasti gampang. Ada bahan dan mesin CNC, jadi deh.

                        O, ya hampir lupa. Kalo rem depan/belakang mo bener2 pakem. Jangan lupa juga pake Kampas rem yang bagus. Bawaan pabrik (OEM) rata2 sudah bagus. tapi ada beberapa yang dijual di dealer resmi tapi buatan lokal. Kualitasnya nggak sebagus OEM. Ane udah buktiin sendiri. Kampas Suzuki OEM harganya Rp. 125rb, sedngkan buatan INDOM***L cuma 17,5rb. Soal kepakeman, jauh banget deh. mending pake agak mahaln dikit tapi hati tenang.

                        Trus, pake juga minyak rem yang udah direkomendasikan oleh pabriknya, dan paling nggak 6 bulan sekali dikuras, buang angin2 yang ngendap di dalam biar nggak ngempos. Kalo mo lebih bagus lagi, pake Braided Steel BrakeLines. Selang rem yang dibuat pake anyaman kawat baja. nggak gampang melembung karena tekanan tinggi...

                        Comment


                        • #13
                          Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

                          Wow... Nice info bro, sangat tercerahkan banget sampe sedetail ini. Hmm.. Nanti ada rencana sih untuk ganti ke motor baru, nah cakram yang semi gaya tapi agak manteb dan berbanding lurus sama price dan performance yang baik apa ya bro? Ow iya, yang ada di gambar sebelah kiri atas itu merk apa bro? Keknya tertarik yang itu, keren.

                          Hmmm... Kisaran untuk brand cakram di atas sekitar berapa bro? Lebih dari 1 juta kah? Atau berapa? Emang cakram yang untuk modeling biasanya sekitar berapa ya bro? Perbedannya terletak di bagian mana? Bahan? Ketebalan? Atau ada yang lain?

                          GRP Sent.

                          Comment


                          • #14
                            Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

                            IMO kalo mesin ga dikorek extrim,ganti cakram malah jadi pemborosan duit >.<

                            tapi mo cakram sebesar apa juga sebenernya banyak hal yang nentuin kualitasnya..
                            - kualitas bahan cakram (AFAIK yang paling bagus itu keramik..)
                            - ketahanan panas cakram (Harus tahan panas tinggi dan HARUS cepet dingin lagi...kalo memuai terus malah kualitas pengereman jadi turun drastis)
                            - berapa piston yang dipake buat rem-nya (makin banyak=makin pakem..)
                            - kualitas sepatu rem (AFAIK bisa pake keramik ato karbon..)
                            - kualitas minyak rem dan selang rem (jangan yang cepat memuai..untuk harian pae DOT 3 dah cukup. kalo main extrim bisa pertimbangkan DOT5 yang lebih tahan panas..)

                            jadi ga selalu punya cakram lebih besar itu = lebih pakem....

                            Comment


                            • #15
                              Re: [ASK] Perbedaan jenis disc brake, pengaruh kah?

                              Thanks buat GRPnya. sent back already

                              Kalo memang bener Cakram buatan pak Kumis bagus, pake itu aja bro. Cuman yang ane rada nggak sreg sih ukurannya yang kelewat gede. Ane liat, pak Kumis buat cakram dengan ukuran 320mm (diameter). Itu terlalu gede untuk ukuran motor di Indonesia, walopun udah full modif. Ente liat di MotoGP kelas 125cc? cakram yang dipake ukurannya 'cuma' 280mm. Sedangkan di motor kelas Kawasaki Ninja 150 RR, cakram yang dipake juga segitu. Jadi pake ukuran segitu udah pas.

                              Gambar yang sebalah kiri atas itu merknya Braking bro. bikinan Italia. Kalo di Indonesia sih kyknya blom ada distronya, tapi udah banyak yang masukin kyk gini dari maly or Thailand. harganya bervariasi tergantung tipenya. Kalo kyk yang di gambar itu 1jt lebih untuk yang ukuran 280mm. Mngkin antara 1,7-1,9jt. Itu cuma rotornya doank. blom pake kampas rem dan selang/master rem.

                              Emang mo ganti motor apa bro? Kalo ente ganti (misalnya) dari Suzuki Satria 150cc ke Kawasaki Ninja 150cc, nggak usah ganti rotor cakram. Yang dipake sama Kawasaki Ninja itu udah bagus, apalagi yang tipe KRR. dia pake Nissin punya. Mending ganti Kampas rem pake yang Kompetisi dan ganti selang rem dengan yang pake anyaman kawat baja. Itu udah kerasa banget buat ngerem. Soal merk dan harga yang masuk kantong, main2 aja ke bengkel kompetisi, mereka pasti tau.

                              Kalo cakram yang cuma buat gaya2an aja sih masih 'murah'. 150-250rb udah dapet yang tampilannya oke. Perbedaannya sih sebenarnya nggak terlalu keliatan kalo dibndingin dengan cakram OEM. Bahan yang dipake masih sama2 Stainless Steel, tapi tingkat kepadatan logamnya pasti berbeda. Yang OEM, campuran logamnya udah diukur dengan tepat, sedangkan yang jiplakan, biasanya dari bongkahan Stainless Steel trus dimasukin mesin CNC, jadi campuran logamnya blom tentu pas untuk rem. Akibatnya nanti bisa:
                              - Cakram kepanasan, kalo logam kepanasan pasti overheat dan mengembang. Ini bisa membuat jarak antara rotor dengan kampas jadi sempit sehingga bisa terjadi rem yang tiba2 mengunci (!)
                              - Kalo logamnya nggak bagus, rotor bisa melengkung. Ini nggak bisa diliat pake mata biasa, tapi kerasa waktu kita make rem. Di tangan, handle rem seperti 'ndut-ndut-an', nggak stabil.

                              Kalo cuma untuk show aja, kan motor nggak dipake, jadi it's Ok kalo mo pake rotor yang mementingkan tampilan aja.

                              Comment

                              Working...
                              X