Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

Biaya balik nama bpkb & stnk

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Biaya balik nama bpkb & stnk

    Hello guys,

    Gua kemaren coba ngurus sendiri balik nama motor ke samsat disini (bali). Setelah bertahan selama 2 hari menahan emosi akhirnya kelar juga tuh stnk/plat baru. Barusan gua ngurus penggantian nama di buku bpkb, dan kata petugasnya baru bisa selesai pd hari senin depan dan dikenakan biaya 25 ribu . Gak ngarti deh gua, masa hanya utk menulis informasi di buku bpkb aja butuh wkt selama itu? Dan 25rb itu biaya siluman apa lagi ya?

    Ada yg pernah ngalamin hal serupa? cerita2 dong pengalamannya.

  • #2
    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk

    Bro memang untuk masalah balik nama kendaraan dibutuhkan waktu yang relatif lama. Kalo cuma perpanjangan bisa satu hari kelar, mungkin malah 1-2 jam
    Tapi untuk balik nama / bbn2 dibutuhkan waktu lebih apalagi kalo beda daerah, biasanya dari pihak kepolisian ada cross check langsung ke samsat asal via telp.
    Disamping itu juga ada pengecekan berkas secara manual, dimana berkas kendaraan bermotor di satu samsat kl di daerah gw bisa sampai 800rb-an kendaraan. Dan itu masih manual, jadi berkas masuk (dari km) di cocokan dengan berkas punya polisi secara manual yang perlu di cari di gudang berkas. Dan itu butuh waktu dan biaya (buat tenaga PLH kepolisian) ini yang menimbulkan adanya biaya lain-2. Kita sama-sama tahu berapa anggaran buat kepolisian kita. Bandingin dengan biaya yg sia-sia buat klub sepak bola daerah, pilkada (mending di pilih dprd/dpr spt dulu, toh hasil sama saja dan biaya lebih murah).
    Jadi harus maklum dengan biaya-2 di luar biaya resmi.
    Tambahan:
    Kalo buat mutasi antar daerah malah waktu bisa 1-2 minggu karena adanya pengecekan berkas itu
    Kalo bbn2 masih satu lokasi 2 hari normal saja

    Comment


    • #3
      Re: Biaya balik nama bpkb & stnk

      Oh ya, jd memang serumit itu kah prosesnya? Sorry, soalnya gua udh duluan gak percaya ama etos & kinerja aparat kepolisian dan orang2 di pemerintahan, hehehe...

      Thx buat infonya bro.

      Comment


      • #4
        Re: Biaya balik nama bpkb & stnk

        ya begitulah boss
        coba kl sistem berkasnya dah digital / computerized gak akan kelamaan cari berkas.
        apalagi kl dah dibikin nasional jadi semua data dah ada arsipnya di pusat, semua daerah bisa akses kan gak perlu ada cek dan ricek
        tp dengan anggaran yg buat beli bensin biat operasional / patroli saja gak cukup apa mungkin.
        cm kita banyak yg gak menyadari, cm liat jeleknya. kayak avatar km cm diliat jeleknya padahal dia (avatarmu) banyak jasanya bagi negeri ini
        salam buat simbah, gw jg kangen era simbah

        Comment


        • #5
          Re: Biaya balik nama bpkb & stnk

          sedikit oot dan oon
          kalo bpkb dan stnk dibalik nama, ntar no plat nya berubah jg gak?

          Comment


          • #6
            Re: Biaya balik nama bpkb & stnk

            ya tetep lah, kecuali beda wilayah.
            maksud gw beda kabupaten atau wilayah kerja.
            misal daerah gw (semarang) ada 3 wilayah kerja samsat padahal masih satu kabupaten / kodya.
            tp berhubung kebijaksanaan polda jateng untuk tiap wilayah kerja dengan kode tersendiri maka bila beda wilayah kerja harus ganti nomer.
            misal lagi nopol semarang terdaftar di samsat A trus mau di balik nama di samsat B
            samsat A dikelompokan pake H####?A dan samsat B H####?Y misalnya
            Maka kl pindah ke samsat B harus ganti nopol walaupun masih satu kabupaten.
            jadi kl masih satu samsat sih gak perlu ganti nopol

            Comment


            • #7
              Re: Biaya balik nama bpkb & stnk

              Originally posted by Nimbus05 View Post
              Hello guys,

              Gua kemaren coba ngurus sendiri balik nama motor ke samsat disini (bali). Setelah bertahan selama 2 hari menahan emosi akhirnya kelar juga tuh stnk/plat baru. Barusan gua ngurus penggantian nama di buku bpkb, dan kata petugasnya baru bisa selesai pd hari senin depan dan dikenakan biaya 25 ribu . Gak ngarti deh gua, masa hanya utk menulis informasi di buku bpkb aja butuh wkt selama itu? Dan 25rb itu biaya siluman apa lagi ya?

              Ada yg pernah ngalamin hal serupa? cerita2 dong pengalamannya.
              proses balik nama nya sendiri gimana bro? apa aj persyaratannya... abis duit brapa tuh kira2... buth ktp sipemilik sebelumnya ya?

              Comment


              • #8
                Re: Biaya balik nama bpkb & stnk

                Originally posted by kam View Post
                proses balik nama nya sendiri gimana bro? apa aj persyaratannya... abis duit brapa tuh kira2... buth ktp sipemilik sebelumnya ya?
                Ktp lama gak diperlukan, paling (bpkb, stnk, ktp, kuitansi) asli
                Kalo ada ktp lama ngapain buang duit buat balik nama
                Untuk biaya resmi sama dengan jumlah di surat ketetapan (notice) sekarang ditambah biaya BBNII (bea balik nama 2) 2,5% kali Nilai Jual (depdagri, bukan nilai jual pasaran ) biaya gesekan noka, pendaftaran.
                plus biaya lain-lain (siluman )
                Yang jelas beda nominalnya adalah biaya BBNII tergantung jenis kendaraannya.

                Comment


                • #9
                  Re: Biaya balik nama bpkb & stnk

                  Originally posted by hakkinen View Post
                  ya tetep lah, kecuali beda wilayah.
                  maksud gw beda kabupaten atau wilayah kerja.
                  misal daerah gw (semarang) ada 3 wilayah kerja samsat padahal masih satu kabupaten / kodya.
                  tp berhubung kebijaksanaan polda jateng untuk tiap wilayah kerja dengan kode tersendiri maka bila beda wilayah kerja harus ganti nomer.
                  misal lagi nopol semarang terdaftar di samsat A trus mau di balik nama di samsat B
                  samsat A dikelompokan pake H####?A dan samsat B H####?Y misalnya
                  Maka kl pindah ke samsat B harus ganti nopol walaupun masih satu kabupaten.
                  jadi kl masih satu samsat sih gak perlu ganti nopol

                  oow ok thanks penjelasannya bro

                  Comment


                  • #10
                    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk

                    2 hari sih termasuk cepet klo menurut sy sih, cm 25rb pula

                    -tam2-

                    Comment

                    Working...
                    X