Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

[OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

Page Title Module
Move Remove Collapse
This is a sticky topic.
X
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

    Karena cukup banyaknya pertanyaan yang mendasar tentang overclocking VGA khususnya NVidia dalam hal ini POV, akhirnya saya rangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan baik via forum, pm maupun instant messenger.
    Overclocking NVidia cards sesungguhnya jauh lebih mudah dibandingkan ATi terutama untuk vgaČ keluaran akhir ini. NVidia jauh lebih mendapatkan dukungan software 3rd party untuk melakukan overclocking dibandingkan dengan ATi. Update tool-tool overclocking untuk NVidia jauh lebih cepat dan lebih lengkap dibandingkan ATi. Oleh karena itu melakukan overclocking pada vga card NVidia juga lebih trouble-free dibandingkan bila diterapkan di ATi.

    Pada dasarnya, overclocking vga adalah sama, yaitu menaikkan Graphic Processing Unit (GPU) clock dan memory clock setinggi-tingginya. Namum demikian semenjak GeForce 8 series dirilis, ada satu parameter lagi yang sangat menentukan hasil akhir overclocking, yaitu Shader Clock.

    Nah apa saja yang harus disiapkan sebelum kita memulai overclocking?

    1. VGA card yang akan diOC

    Siapkan vga yang akan dilakukan overclocking

    2. Motherboard

    Mobo dengan bandwidth PCIe 16x yang bekerja maksimal (full speed) akan sangat menentukan seberapa tinggi vga dapat dilakukan overclocking

    3. Tool2 overclocking + benchmark
    OC TOOLS
    Kegunaan tool2 overclocking terutama untuk mengubah (menaikkan) core dan memory clock vga. Beberapa contoh tool tersebut antara lain :

    a. Rivatuner
    tool paling favorit dalam overclocking vga karena compatibility nya yang tinggi terhadap vga dan driver terbaru, serta kaya akan fitur untuk memaksimalkan vga

    b. Powerstrip
    tool yang populer pada beberapa waktu yang lalu, karena mudah dan simple dalam penggunaannya, namun semakin jarang digunakan karena compatibility yang kurang

    c. Atitool
    walaupun dibuat untuk ATi, namun beberapa GF8 series masih bisa dioverclock dengan tool ini. Untuk ATi sendiri justru tool ini kurang maksimal, versi terbarunya (0.27 b4)belum bisa digunakan untuk vga ATi (38xx) terbaru

    d. Nvhardpage
    software lama dan sudah kurang support terhadap hardware-hardware baru
    BENCHMARK TOOLS
    Benchmark tool yang sering digunakan adalah software keluaran Futuremark (dahulu MadOnion). Software-software tersebut pada umumnya digunakan sebagai synthetic benchmark, sedangkan untuk realtime benchmark digunakan software games dan FPS direkam menggunakan FRAPS. Beberapa games juga mengintegrasikan benchmarking tool pada menu di gamenya.
    Beberapa software yang umum untuk melakukan benchmark adalah sebagai berikut :
    - 3DMARK 2001 SE
    - 3DMARK 2003
    - 3DMARK 2005
    - 3DMARK 2006
    - PCMARK 2005
    - AQUAMARK 3
    - Game-game dengan integrated benchmark utility seperti :
    * COMPANY OF HEROES
    * WORLD IN CONFLICT
    * CRYSIS
    * CALL OF JUAREZ
    * FEAR
    * QUAKE 3
    4. Cooling
    Penggantian cooling bukan merupakan suatu keharusan. Namun demikian jenis dan cooling design akan menentukan tingkat overclock yang akan dicapai. Semakin dingin cooling overclock yang dicapai juga akan semakin tinggi. Hal tersebut berlaku apabila handycap OC disebabkan dari panas yang ditimbulkan dari GPU (nanti akan dijelaskan beberapa handycap/hambatan dalam overclocking vga)
    Cooling disini tidak diwajibkan untuk serta merta overclocking harus mengganti pendingin standar (Stock cooling). Yang lebih penting dari itu adalah memperbaiki airflow di sekitar vga card yang akan dioverclock. Hal ini berlaku untuk semua jenis pendinginan, baik aircooling, watercooling maupun subzero cooling. Airflow yang bagus tersebut berguna untuk segera membawa panas keluar dari sekitar lingkungan vga tersebut. Panas tidak hanya ditimbulkan oleh chip GPU saja, yang tidak boleh dilupakan adalah chip memory, pwm regulator dan pwm chip pada vga tersebut turut serta menyumbang panas yang tidak sedikit. Hal tersebut sedikit banyak akan menurunkan tingkat overclock dari sebuah vga.
    5. PSU (Power Supply Unit)
    Banyak orang yang meremehkan peripheral yang satu ini, dan rata-rata hanya mengandalkan PSU bawaan casing. Memang pada awalnya everything looks ok, OC pun bisa lumayan tinggi. Tapi apakah faktor durability bisa dites hanya dengan beberapa jam? Tentu saja tidak! Diperlukan burn in test untuk menguji durability suatu produk yang periodnya bisa berhari-hari bahkan berbulan-bulan.
    Oleh karena itu, persiapkan PSU dengan rail 12v yang mantap dengan regulasi yang ketat dan efisiensi yang tinggi sebelum mengajak peripheral anda berlari lebih lanjut
    STEP BY STEP OC

    1. Pasang vga card

    Tahap pertama adalah pemasangan vga card pada motherboard. Pastikan slot PCIe yang terdapat pada motherboad mendukung speed maksimum (PCIe 16x). Hal ini penting karena banyak motherboard dengan slot PCIe 16x namun bekerja hanya 4x bahkan 1x speed. Hal tersebut dipastikan akan menurunkan performa vga card tersebut. Untuk vga kelas lowend sekelas GF8400GS, 7200GS, 6600TC dan lain sebagainya bandwidth yang terbatas ini seringkali tidak dirasakan perbedaannya, namun untuk vga mid s/d high end, keterbatasan bandwidth akan menyebabkan penurunan performa dari vga tersebut.
    Setalah dipastikan motherboard mampu memberikan bandwidth yang cukup, tahap selanjutnya adalah memasang konektorČ power pada vga card (bila ada). Lalai akan hal ini akan menyebabkan system tidak dapat booting atau paling tidak performa vga akan turun drastis. Pada beberapa vga (pada umumnya kelas highend) terdapat whistle (peluit) yang akan memperingatkan apabila konektor PCIe tidak / lupa ditancapkan.


    2. Installasi Driver

    Setelah semua peripheral yang dibutuhkan siap, tahap berikutnya adalah menginstall driver (forceware) pada vga card tersebut. Direkomendasikan untuk menggunakan software dengan versi terbaru yang bisa didownload di www.nvidia.com Driver bawaan pada umumnya merupakan versi yang lebih lama, oleh sebab itu sangat disarankan mendownload sendiri dari situs tersebut untuk mendapatkan forceware terbaru. Pada saat tulisan ini dibuat forceware terakhir masih 169.21 (whql) yang bisa didownload disini

    3. Installasi Rivatuner

    Setelah kelar dengan urusan driver, tahap selanjutnya adalah installasi
    software untuk overclocking. Dari berbagai macam software OC, yang paling direkomendasikan untuk overclocking GF8 series adalah Rivatuner, sedangkan untuk GF 7series gunakan ATitool. Kenapa Rivatuner? karena rivatuner ibaratnya adalah "Swiss-army knife" apa yang kita butuhkan tercakup di satu tool tersebut. Dan khusus untuk GF8 series, rivatuner memiliki kemampuan untuk mengoverclock shader clock secara independent. Hal yang sebelumnya dikatakan mustahil dilakukan, ternyata bisa disediakan oleh rivatuner. Silakan download versi terbarunya (2.06) disini. Sedangkan untuk ATitool terbaru (0.27b4), bisa didownload disini.
    Setelah selesai dengan installasi rivatuner, maka kita sudah siap untuk melakukan overclocking. Pada awalnya rivatuner hanya memiliki dua slider yaitu core dan memory seperti berikut ini :



    Untuk memunculkan shader clock slider, terlebih dahulu klik bagian power user, kemudian dibagian Rivatuner\system cari NVUsageBehavior dan ubahlah nilainya ke 1



    maka akan muncul slider untuk shader clock seperti berikut :



    Setelah siap dengan 3 slider di atas, tahap selanjutnya adalah OVERCLOCKING!

    4. Overclocking

    Sebelum melakukan overclock, pastikan tanda CHECK (centang) pada tab "Enable-driver level hardware overclocking" dan pilih Performance 3D pada drop-down tab di sebelah kanan atas.
    Overclocking dilakukan dengan menggeser slider ke kanan, dan kemudian meng-applynya dengan klik pada apply button.

    Percobaan overclocking ini bisa dilakukan pada ketiga slider. Disarankan untuk melakukan overclocking satu persatu pada masing-masing clock. Untuk itu, UNCHECK opsi link clocks sehingga antara core clock dan shader clock bisa diatur secara independen.
    Pertama naikkan CORE clock (GPU clock), kemudian tes dengan software ATitool dengan cara klik pada "Show 3D View" dan biarkan rendering berjalan selama 5 menit.



    atau bisa juga dengan software Realtime HDR Image-Based Lighting yang bisa didownload disini



    Apabila tidak terjadi freeze pada atitool / RHDRIBL tersebut, atau muncul artifak pada rendering tersebut, silakan naikkan core clock lagi dan lakukan initial tes seperti di atas.
    Begitu seterusnya sampai initial test tersebut mengalami crash / freeze alias rendering berhenti/hang ataupun muncul artifak / checker board pada proses rendering tersebut yang menandakan instabilitas vga menurun, atau vga telah mencapai titik maksimal.
    Kondisi sedemikian ini, dijamin tidak akan lolos benchmark yang umumnya memerlukan waktu > 5 menit dengan aplikasi yang lebih berat atau menuntut GPU utilization yang lebih tinggi. Oleh karena itu, apabila proses trial sudah mengalami hal tersebut di atas (hang, artifak, freeze) clock harus diturunkan. Silakan turunkan pada increment 5-10MHz kemudian lakukan initial test sekali lagi. Apabila 5 menit dan masih dalam keadaan lancar silakan mulai benchmark dengan aplikasi 3DMARK. Setiap 3DMARK belum tentu titik stabil maksimalnya sama. Oleh karena itu silakan bereksperimen pada setiap 3DMark untuk mendapatkan clock yang paling optimal.
    Selain itu, harap dicatat bahwa clock dalam initial test tadi belum pasti menjamin 3DMARK stabil dan begitu pula sebaliknya. 3DMARK stabil belum tentu juga menjamin initial test (Atitool 3dView dan RHDRIBL) lolos. Initial test dilakukan bertujuan agar waktu tidak terbuang percuma hanya untuk trial dan error pada benchmark.
    Setelah ditemukan titik maksimal pada CORE clock (GPU clock) tersebut, silakan berlanjut pada Shader clock dan Memory Clock

    Nah, apabila tiga parameter tadi masing-masing sudah ditemukan titik maksimalnya, tahap selanjutnya adalah benchmarking!

    5. Benchmarking

    Benchmarking dilakukan untuk menguji seberapa besar peningkatan setelah dilakukan overclocking tersebut. Benchmark yang umum digunakan seperti tersebut di atas adalah 3DMARK 2001, 2003, 2005 dan 2006
    Yang perlu diperhatikan adalah, setiap 3DMARK memiliki tingkat stabilitas sendiri-sendiri. Sejauh yang pernah saya coba, 3DMARK 2003 merupakan 3DMARK terberat. Sedangkan 2001 dan 2005 merupakan 3DMARK teringan.
    Oleh karena itu, apabila pada suatu saat lolos 3DMARK tertentu dan tidak lolos 3DMARK yang lain, berarti clock yang diset tidak 100% trouble free, karena masih menyisakan instability pada benchmark tertentu.

    Hal yang sama juga bisa diterapkan pada games. Setiap game memiliki tingkat stability yang berbeda-beda. Jadi misal kita bermain di game Company of Heroes dengan lancar dengan vga yang teroverclock, namun kemudian setelah dicoba untuk main games lain misal CRYSIS, baru beberapa saat PC hang/freeze atau bahkan restart berarti clock yang diset tidak 100% stable. Pada kasus seperti ini tindakan yang perlu dilakukan adalah menurunkan clock vga tersebut.

    Dalam hal benchmarking yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah spesifikasi dari komputer yang digunakan, terutama prosesor dan RAM (memory) Clock processor serta frekuensi RAM akan SANGAT berpengaruh pada skor benchmark. Walaupun proporsi clock processor+memory ini berbeda-beda untuk setiap jenis benchmark, namun hal tersebut memegang peranan penting dalam hal benchmarking terutama pada benchmark-benchark sintetis (3DMARK, Aquamark) sedangkan untuk real games benchmark pada umumnya pengaruhnya tidak sebesar pada synthetic benchmark.

    Setelah 5 hal tersebut dilakukan, overclocking akan menemui beberapa hambatan (handycap). Handycap tersebut merupakan faktor yang menghambat overclock vga untuk dijalankan pada frekuensi yang lebih tinggi lagi.

    HANDYCAP / HAMBATAN DALAM HAL OVERCLOCKING :

    A. SUHU
    Suhu yang tinggi merupakan musuh nomer 1 overclocker. Tidak hanya overclocking VGA saja, namun hampir semua hal yang berhubungan dengan overclock selalu disertai dengan peningkatan suhu. Hal tersebut sangatlah wajar, karena dengan semakin tingginya frekuensi suatu peripheral akan meningkatkan reaksi pada silicon pembentuk gpu tersebut yang berakibat meningkatnya suhu gpu itu sendiri. Suhu yang tinggi akan mengakibatkan instability pada system yang ditandai dengan munculnya artifak, PC menjadi hang/freeze dan gejalaČ unstable yang lain.
    Setiap jenis chip juga memiliki batas toleransi maksimal terhadap suhu yang berbeda-beda. Namun demikian rata-rata suhu sekitar 90°C merupakan suhu yang sudah tidak bersahabat bagi overclocker vga. Pada suhu tersebut sering muncul gejala-gejala instability seperti disebut di atas.
    Hal tersebut yang kemudian memicu para produsen aftermarket GPU cooler untuk saling berlomba dalam design,bahan dan tentu saja harga untuk menghasilkan gpu cooler yang terbaik. Beberapa pendingin vga yang beredar di pasaran bentuknya sangat bervariasi dengan kinerja yang berbeda-beda pula. Pada saat ini pendingin vga tidak melulu sebatas heatsink fan saja, tetapi sudah banyak yang menggunakan sistem pendingin berbasis air (water), TEC maupun yang extreme seperti Phase Change, Dry Ice maupun LNČ

    Berikut beberapa contoh jenis gpu cooler :

    Aircooling based :



    Watercooling based :



    Subzero cooling LN2/DI based :




    B. VOLTASE
    Voltase utama dalam sebuah vga card terbagi menjadi 2. Yaitu voltase yang menyuplai gpu (vgpu) dan voltase yang menyuplai memory (vmem)
    Pabrikan VGA Card tentu telah menentukan setting paling aman untuk masing-masing vgpu maupun vmem. Namun demikian kalangan enthusiast kadang merasa tidak cukup hanya mengandalkan voltase yang telah diset oleh pabrikan tersebut. Oleh karena itu seringkali dilakukan vmod terhadap gpu maupun memory vga. Hal ini dilakukan untuk lebih mendapatkan frekuensi yang lebih tinggi lagi pada vga card tersebut. Dengan semakin tingginya voltase yang masuk ke gpu (maupun) ke memory vga, clock gpu, shader maupun memory bisa ditingkatkan lebih lanjut.
    Hukum seperti ini sepertinya berlaku untuk semua peripheral PC. pada processor maupun RAM pada umumnya apabila sebuah proses overclocking stuck pada suatu titik, mau tidak mau peningkatan voltase vcore (untuk CPU) dan vdimm (untuk RAM) akan meningkatkan stabilitas dan skalabilitas untuk berlari pada frekuensi yang lebih tinggi lagi.

    Demikian halnya dengan vga card. Hal yang sama juga bisa diterapkan pada vga. Pada saat overclocking stuck pada suatu titik frekuensi tertentu, dan suhu sudah bukan hambatan lagi, peningkatan voltase pada gpu dan memory sudah harus dilakukan. Istilah umumnya adalah vmod.



    Namun demikian, untuk melakukan hal ini user harus berpikir ulang karena Hal ini akan mengakibatkan garansi VGA tersebut menjadi VOID alias tidak berlaku lagi. Dan kalaupun user tidak mempermasalahkan hal tersebut, vmod juga akan semakin mendekatkan card kepada kematian dan SANGAT tidak dianjurkan untuk daily use atau pemakaian sehari-hari.

    Demikian guide yang sangat singkat ini, semoga berguna untuk pembaca terutama yang belum paham tentang overclocking VGA. Masih banyak hal lain yang mempengaruhi hasil akhir sebuah overclock vga ini. Peningkatan clock memang hal yang utama namun system yang digunakan, windows yang digunakan juga SANGAT berpengaruh terhadap hasil akhir sebuah overclocking VGA.

    Salam..

  • #2
    Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

    keren tapi jgn nanggung donk...gimana cara naikin voltnya..dansamapai mana batas toleransi vmod itu....kalo core khan bisa diliat dari artifak atau hang dan bla2...nah kalo vmod darimana bro...???...mohon pencerahannya..

    Comment


    • #3
      Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

      Originally posted by blegs View Post
      keren tapi jgn nanggung donk...gimana cara naikin voltnya..dansamapai mana batas toleransi vmod itu....kalo core khan bisa diliat dari artifak atau hang dan bla2...nah kalo vmod darimana bro...???...mohon pencerahannya..
      anda harus memahami tentang elektro apabila sudah main vmod, dan harus paham juga bahwa warranty akan HILANG dengan menerapkan vmod tersebut.
      Jangankan jenis card yang berbeda, card dengan jenis yang sama tapi layoutnya berbeda akan berbeda pula vmodnya, dan tentu batas maksimum dari vmod tersebut.

      Inti dari vmod adalah meningkatkan voltase yang masuk ke gpu dan memory. Nah untuk itu voltage regultor untuk masing-masing komponen tersebut harus dirubah (dimod). Untuk mengetahui chip manakah yang mengatur voltage dan chip manakah yang harus dimod, silakan dipelajari sendiri karena sekali lagi cakupannya sangat luas dan perlu seorang expert disana. Saya sendiri bukanlah seorang expert yang mampu dalam hal tersebut . Guide ini hanyalah untuk menunjukkan bahwa vmod merupakan salah satu alternatif yang diterapkan untuk menghilangkan handycap/hambatan OC seperti tersebut di ats. Sedangkan resikonya juga telah dijelaskan di atas..
      Batasan vmod sendiri juga sangat beragam seperti beragamnya jenis+layout vga saat ini. Setiap merek dengan jenis tertentu ketahanannya juga tidak sama dengan merek lain walaupun dengan jenis card yang sama.

      Musuh utama dari vmod adalah suhu. Setelah dilakukan vmod suhu card akan meningkat dengan drastis, oleh karena itu cooling extreme sangat bersahabat dengan vmodder.
      Guide ini memang serba nanggung, karena tidak mungkin semua dijelasin disini..
      Sekali lagi ini hanya dasar untuk overclocking, untuk tingkat lanjut tentu sangat-sangat jauh dari harapan...

      yah so far ini hanyalah perkenalan untuk para overclocker yang masih bingung cara mengoverclock vga mereka khususnya NVidia dan lebih khusus lagi Point of View
      Last edited by wedfighter; 04-01-2008, 17:59.

      Comment


      • #4
        Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

        Gw baru sadar selama ini gw OC vga main hajar saja, untung ga artifact
        Dengan adanya panduan dari mas Wed ini, rasanya lebih terarah, step by step nya itu loh mudah dimengerti bagi yg belajar secara otodidak...
        ditunggu next tutotial oc hardware yg lain...
        waduh belum bisa kasih cendol dulu nih, mesti spread dulu.

        disticky saja...
        Last edited by P Ramlee; 04-01-2008, 18:14.

        Comment


        • #5
          Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

          wogh very very nice n usefull tutorial GRP 4 u bro. sangat menambah pengetahuan.

          Comment


          • #6
            Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

            thx buat semuanya...

            smoga berguna deh..
            dan silakan tanya jawab disini juga

            Comment


            • #7
              Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

              ehem.. did i hear "flashing"?

              Comment


              • #8
                Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

                om wed! mau tanya nih, saya pake XFX 8800GT 512MB XXX dan saya coba overclock memori dari standar 975 ke 1000. pake ATITool selama 5 menit tidak ada artefak, pake 3dmark01,05 dan 06 bisa lolos. Nah muncul masalah waktu coba 3dmark03 timbul artefak di tes ke 2 batlle of proxycon. Selama ini saya liat om wed overclock memori vga 8800GT merek lain seperti POV and Pexelview dengan clock memori standar yang di OC ke 1000mhz bisa lolos 3dmark03.
                Kalau masalah timing ram waktu saya liat pake nbitor semuanya sama. mohon penjelasannya dong. Oya sekedar informasi saya pake Power Suply Power Logic True Power 500watt,Thanks.
                Last edited by acilmut; 06-01-2008, 12:16.

                Comment


                • #9
                  Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

                  Originally posted by acilmut View Post
                  om wed! mau tanya nih, saya pake XFX 8800GT 512MB XXX dan saya coba overclock memori dari standar 975 ke 1000. pake ATITool selama 5 menit tidak ada artefak, pake 3dmark01,05 dan 06 bisa lolos. Nah muncul masalah waktu coba 3dmark03 timbul artefak di tes ke 2 batlle of proxycon. Selama ini saya liat om wed overclock memori vga 8800GT merek lain seperti POV and Pexelview dengan clock memori standar yang di OC ke 1000mhz bisa lolos 3dmark03.
                  Kalau masalah timing ram waktu saya liat pake nbitor semuanya sama. mohon penjelasannya dong. Oya sekedar informasi saya pake Power Suply Power Logic True Power 500watt,Thanks.
                  Powerlogic afaik ga ada yang true power walaupun diclaim demikian

                  back to vga

                  Ya serperti dah saya sebutin di atas, bahwa setiap 3dmark memiliki tingkat stability yang berbeda-beda. Dan bener bahwa 3DMARK 2003 khususnya game 2 dan 3 termasuk terberat diantara game-game benchmark di 3DMARK

                  Rata-rata VGA keluaran pertama memang memory nya tidak bisa scale setinggi yang revisi 2. Dunno with XFX
                  Hal tersebut emang keterbatasan pada chipset Gaymonda yang kurang bisa scaling setinggi chipset-chipset lain (serperti : SAMSUNG, Hynix)

                  Comment


                  • #10
                    Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

                    Originally posted by wedfighter View Post
                    Powerlogic afaik ga ada yang true power walaupun diclaim demikian

                    back to vga

                    Ya serperti dah saya sebutin di atas, bahwa setiap 3dmark memiliki tingkat stability yang berbeda-beda. Dan bener bahwa 3DMARK 2003 khususnya game 2 dan 3 termasuk terberat diantara game-game benchmark di 3DMARK

                    Rata-rata VGA keluaran pertama memang memory nya tidak bisa scale setinggi yang revisi 2. Dunno with XFX
                    Hal tersebut emang keterbatasan pada chipset Gaymonda yang kurang bisa scaling setinggi chipset-chipset lain (serperti : SAMSUNG, Hynix)
                    wah! memori qimonda memang payah ya untuk main OC, semoga nvidia came back lagi ke samsung or hinyx.

                    Comment


                    • #11
                      Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

                      mau tanya nih om wed, saya bener2 masih cupu kalo soal OC. Yg saya pake sekarang DA8600 GTS, pdhal cuma buat maen GRAW2 kok kalo udah agak lama maennya terus keluar garis2 nya ya......?? Garis2 itu kayak kalo gambar bangun yg diarsir di matematika itu loh.... (susah mau jelasin nya) Apa itu berarti VGA ku udah mau rusak ato gimana?? Ato ada komponen lain di PC ku yg gak beres? Pdhal aku coba benchmarking yg udah om wed sebutin di atas ga ada masalah sama sekali dan semua lolos dengan baik dan tanpa halangan. Mohon pencerahannya donk. Cupu abiszzzz nih......

                      Comment


                      • #12
                        Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

                        Originally posted by alfakom View Post
                        mau tanya nih om wed, saya bener2 masih cupu kalo soal OC. Yg saya pake sekarang DA8600 GTS, pdhal cuma buat maen GRAW2 kok kalo udah agak lama maennya terus keluar garis2 nya ya......?? Garis2 itu kayak kalo gambar bangun yg diarsir di matematika itu loh.... (susah mau jelasin nya) Apa itu berarti VGA ku udah mau rusak ato gimana?? Ato ada komponen lain di PC ku yg gak beres? Pdhal aku coba benchmarking yg udah om wed sebutin di atas ga ada masalah sama sekali dan semua lolos dengan baik dan tanpa halangan. Mohon pencerahannya donk. Cupu abiszzzz nih......
                        garis-garis tersebut dinamakan artifact..hal tersebut muncul karena gejala instability dari graphic card anda. Hal-hal yang bisa menjadi penyebab munculnya artifact antara lain :
                        1. VGA kepanasan (overheated)
                        2. OC ketinggian (atau pre overclocked dari pabrik yang ketinggian)
                        3. Kualitas komponen di vga tersebut mulai defect/rusak/menurun
                        4. PSU kurang daya

                        Memang benchmark stable belum tentu gaming stable, oleh sebab itu coba lakukan tindakan sebagai berikut :
                        1. Perbaiki airflow (aliran udara) di dalam casing (tambah fan, buka tutup casing, etc)
                        2. Turunkan core / memclock
                        3. Cek rail PSU apakah masih mumpuni atau tidak


                        Kalo setelah dilakukan usaha tersebut dan artifak menjadi hilang alias gambar jadi bersih, meka dipastikan vga anda tidak mampu berjalan di clock yang sudah diset oleh pabriknya. Solusinya :
                        1. RMA
                        2. Turunin clock (bisa dengan rivatuner atau langsung flashing BIOS)

                        Comment


                        • #13
                          Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

                          waktu itu aku pernah coba OC sih, aku coba OC di 725. Ketinggian gak ya?? Waktu aku coba OC itu suhunya sampe sekitar 75 sih... Tapi sekarang aku udah balikin normal, tetep kayak gitu, apa udah terlanjur rusak ya....?? terus aku juga tanya2 di forum sebelah, ada yg bilang kalo DA itu VGA abal2, apa betul ya om wed?? Kalo PSU, kemarin aku belum lama ganti PSU je, yg aku pake PSU Silverstone True Power 500 watt. PSU segitu masih kurang ya...?? Processor yg aku pake E6550, Mobo masih P31 sih.... keluarannya Gigabyte. Terus RAM aku pake Nexus 2x1gb PC6400, running di FSB 455. Yg salah apa ya?? And sekarang aku udah pesen POV yg 8800 GT EXO, soalnya aku tanya2 di forum tetangga katanya bagus banget tuh card nya. Sama mau tanya, om wed dari DPJ Jogja kan?? kalo iya, aku kan pesennya baru kemarin and mungkin barang dateng sekarang, VGA yg bakal dateng itu udah yg New Revision (PCB biru) bukan ya?? sebelumnya thank's a lot nih atas pencerahannya yg sangat berarti bagiku
                          Last edited by alfakom; 19-01-2008, 14:00.

                          Comment


                          • #14
                            Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

                            mungkin karena OC terlalu tinggi dan komponen vga tidak mendukung maka terjadi apa yang disebut artifact permanen..kejadian yang sangat jarang terjadi pada vga2 dengan kualitas bagus.

                            Comment


                            • #15
                              Re: [OC GUIDE] Overclocking NVidia (POV) Card

                              Berarti kalo ditarik kesimpulan, DA8600 GTS kurang bagus ya om wed?? Akhirnya POV 8800 GT EXO ku udah dateng. Sudah yg PCB Biru. Kesan pertama nya sungguh mengesankan. DA8600 GTS berarti betul2 VGA ABAL2 ya om wed??

                              Comment

                              Working...
                              X