Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

    I would like to thank CM Indonesia for supplying the review sample. Melanjutakan preview yang sudah kami paparkan beberapa waktu yang lalu, tibalah saatnya akan kami perlihatkan kepada pembaca XH semua bagaimana kemampuan sebenarnya
    dari CM SEIDON 120M. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, SEIDON 120M ini adalah tipe pertama yang akan dirilis oleh CoolerMaster. Berikutnya ada SEIDON 120XL dan SEIDON 240.
    Terus terang kami kerepotan pada saat mencoba performa cooling dikarenakan cuaca yang tidak menentu. Cuaca akan mempengaruhi suhu ruangan dan suhu ruangan akan mempengaruhi valid atau tidaknya hasil yang diperoleh. Dikarenakan cooling yang kami ikut sertakan dalam tes kali ini ada lumayan banyak, kami tidak bisa menyelesaikan dalam 1 hari, kami harus menunggu suhu ruangan benar-benar sama baru tes bisa kami jalankan.


    SPESIFIKASI DAN PACKAGING

    Spesifikasi lengkap case ini bisa dilihat pada tabel di bawah ini. Secara lengkap akan kami bahas pada pembahasan berikutnya.










    Packaging kokoh dan terlihat sangat informatif, kita juga bisa melihat fitur-fitur yang ditawarkan oleh case ini secara langsung pada kemasan bagian luar.






  • #2
    Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya





    Sampel yang kami dapatkan sudah include CM Blade Master 120 PWM FAN yang dapat berputar di range 600 hingga 2000RPM. Jadi total kita akan mendapatkan 2 buah PWM fan berukuran 12cm. Pada kemasan fan tertulis bahwa ini adalah bonus untuk wilayah Asia-Pasific. Paket penjualan yang tersedia juga sangat lengkap. Menariknya CM memberikan thermal pasta secara terpisah, tidak seperti vendor lain yang biasanya langsung mengoleskan thermal pasta di bagian base dari cooling. Stock PWM fan yang diberikan dapat berputar pada range 600 hingga 2400rpm.

    Comment


    • #3
      Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

      DETAIL COOLING





      CollerMaster Menggunakan “Precision machined Micro Channels” yang memaksimalkan kontak antara permukaan dengan air dan dengan cepat mengusir panas menuju ke radiator. Base plate menggunakan bahan tembaga. Didalam CPU block sudah terdapat pompa dengan konsumsi daya 1.8w dan tingkat kebisingan 17dBA. CoolerMaster mengatakan konsumsi daya dengan penggunaan stock fan adalah 3.6w saja.







      Radiator berbentuk kotak dengan ukuran 120mm dan ketebalan 29mm. Pada bagian ini air dari CPU block segera didinginkan dan kemudian dialirkan kembali ke CPU block. Sistem pendingin seperti ini bisa juga dinamakan "Close Loop System". Kita bisa juga mengganti sendiri air yang ada didalam cooling, dengan cacatan garansi akan hilang.

      Comment


      • #4
        Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

        INSTALASI







        Instalasi SEIDON 120M sangat mudah...kami tidak menemukan kendala apapun. Pastikan back plate terpasang dengan benar, GPU mounting sudah terpasang sesuai tipe socket motherboard, hanya itu.... simple.




        LED biru yang menyala menandakan bahwa SEIDON 120M sedang aktif. Apabilan menggunakan case, radiator bisa dipasang dibagian belakan case atau dibagian atas case apabila memungkinkan.

        Comment


        • #5
          Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

          XtremeHardware Official Test Bed

          PROCESSOR DAN MOTHERBOARD


          Kami menggunakan 2 buah processor dan motherboard. Intel Core i7 2600K + ASUS Maximus V Extreme dan Intel Core i7 3930K + Asus Rampage 4 Extreme.


          GRAPHIC CARD


          Graphic card yang senantiasa kami gunakan dalam setiap review yang kami lakukan adalah HIS HD7950 ICEQ Black. Terima kasih kepada PT. ALAMRAYA Surabaya selaku Distributor HIS GRAPHIC CARD atas support yang diberikan.


          STORAGE


          Untuk Storage kami menggunakan 2 x OCZ VERTEX 3 60GB RAID 0 sebagai OS dan Kingston HYPERX 120GB


          MEMORY


          Kami menggunakan GeIL ULTRAPLUS 12800 7-7-7-24 1T 4GB KIT disetiap pengujian yang dilakukan. Terimakasih kepada SUMBER UTAMA atas support yang diberikan.


          POWER SUPPLY


          Kami menggunakan PSU SEASONIC X-750 80+ GOLD dan SUPER FLOWER AMPTAC 550W 80+ BRONZE disetiap pengujian yang dilakukan. Terimakasih kepada SUMBER UTAMA atas support PSU SUPER FLOWER yang diberikan.

          Comment


          • #6
            Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

            TES METODOLOGY

            Cooler Master SEIDON 120M dan semua cooling pembanding ditest dengan suhu ruangan 27C konstan. Kami memerlukan waktu cukup lama untuk melakukan test dengan skenario suhu ruang dan waktu yang sama untuk akurasi. Cukup melelahkan namun juga menyenangkan. Software yang digunakan adalah OCCT dengan beban Linckpack selama 5 menit full stressing.
            Pasta yang digunakan juga disamakan untuk semua cooling. Pasta dioles dengan formasi silang pada gambar di bawah ini. Pengujian stressing dilakukan setelah idle 2 jam untuk memastikan kontak base HSF dan CPU sempurna.
            Test dilakukan dengan satu fan dan dua fan, marathon! System PC Intel Core i7 2600K pada kondisi default dan overclock di kecepatan 4.8GHz. Suhu yang kami pantau adalah suhu Core 2



            COOLING PEMBANDING

            Cooling pembanding yang juga kami ikutsertakan dalam tes adalah sbb :

            CORSAIR HYDRO H60

            Fan yang digunakan untuk cooling ini adalah stock fan dan 2 x Corsair SP 12cm.



            Prolimatech MEGAHALEM REV C

            Fan yang akan digunakan untuk cooling ini adalah 2 x Corsair SP 12cm



            Thermaltake Water 2.0

            Fan yang akan digunakan untuk cooling ini adalah 2 x stock fan dan 2 x Corsair SP 12cm

            Comment


            • #7
              Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

              HASIL PENGUJIAN

              Akhirnya kami bisa menyelesaikan tes ini dengan hasil yang bisa dipertanggungjawabkan. Pertama, kami tampilkan dulu performa dari CM SEIDON 120M pada setingan fan maupun kecepatan fan yang berbeda.

              Core i7 2600K Default (3.4 Ghz)

              Pada tes ini kami menggunakan single stock fan 12cm. Di BIOS kami setting kecepatan putaran fan di mode silent (818rpm) dan High (2280rpm). Putaran fan yang lebih kencang membuat suhu turun drastis, akan tetapi suara putaran fan sangat mengganggu pendengaran. Hasil selengkapnya lihat gambar di bawah.






              Core i7 2600K OC (4.8 Ghz)

              Pada tes ini kami juga menggunakan single stock fan 12cm. Di BIOS kami setting kecepatan putaran fan di mode silent (818rpm) dan High (2280rpm). Pada kondisi processor di OC, selisih suhu full load antara mode silent dan mode high adalah 4oC. Hasil selengkapnya lihat gambar di bawah.






              Berikutnya kami akan menampilkan hasil tes CM SEIDON 120M beserta cooling pembanding dengan variasi jenis fan yang digunakan. Dikarenakan capturan gambar dari hasil tes cukup banyak, maka kami sajikan langsung dalam bentuk chart. Bagi yang penasaran ingin mengetahui capture gambar hasil tes yang tidak ditampilkan, silahkan request ke kami.

              Core i7 2600K Default (3.4 Ghz)


              Core i7 2600K OC (4.8 Ghz)

              Comment


              • #8
                Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

                KESIMPULAN

                Satu terobosan baru yang dilakukan oleh Cooler Master....Dengan hadirnya AIO (All In One) Liquid CPU Cooling dari Cooler Master ini tentu saja sedikit membuat geger pasar dari AIO Liquid CPU Cooling di Indonesia yang selama ini didominasi oleh Corsair. Memang terlihat sedikit terlambat, akan tetapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Pada saat SEIDON 120M ini datang ke lab kami, produk retailnya belum tersedia di Indonesia. Informasi yang kami dapatkan dari beberapa online store di luar negri bahwa harga jual dari produk ini sekitar $72. Kami tidak tau berapa harganya produk ini di Indonesia nanti.

                Dilihat dari segi desain memang sedikit berbeda dari competitor. Dibagian luar Cooler Master SEIDON 120M terlihat lebih artistik. Untuk pipa terbuat dari plastik... flexibel namun terlalu kaku menurut kami. Untuk urusan packaging dan paket penjualan tidak perlu banyak kami komentari karena sangat baik, apalagi dengan tambahan bonus 1 Fan high performance 12cm yang diberikan oleh Cooler Master mejadi nilai plus tersendiri untuk produk ini. Jadi dalam satu radiator kita bisa memasang 2 fan sekaligus tanpa harus mengeluarkan uang extra untuk membeli fan.

                Instalasi SEIDON 120M juga sangat mudah...bahkan tanpa melihat buku manual pun cooling ini bisa kami pasang dengan baik. Sayangnya suara pompa sedikit berisik pada saat beroprasi. Walaupun demikian tidak usah diragukan lagi untuk urusan performa, CM SEIDON 120M memiliki performa memukau dikelasnya.

                CM SEIDON 120M VS CORSAIR H60
                2 produk ini memang berada dalam kelas yang sama. Hal ini bisa dilihat dari ukuran radiator yang mirip. Instalasi juga sangat mudah baik itu SEIDON 120M maupun corsair H60. Untuk desain tentu saja kita semua sepakat bahwa CM SEIDON 120M lah pemenangnya. Begitu juga dengan performa, CM SEIDON 120M jauh mengungguli Corsair H60 terutama pada kondisi processor di OC. Kami tidak bisa bicara banyak mengenai masalah harga...kita tunggu saja berapa harga resmi dari CM SEIDON 120M. Bagaimana dengan Corsair H60 revisi baru?? semoga kami mendapat kesempatan untuk mengulas lebih banyak tentang cooling itu.

                CM SEIDON 120M VS PROLIMATECH MEGAHALEM REV C
                Cukup sulit membandingkan kedua produk ini..karena mereka tidak sealiran. Lagi-lagi suhu ruangan sangat mempengaruhi performa dari Air Cooling maupun Water Cooling. Namun dilihat dari segi performa... kedua cooling ini seimbang, walaupun pada kenyataannya SEIDON 120M kalah dari Prolimatech Megahalem Rev C.

                CM SEIDON 120M VS Thermaltake Water 2.0
                Ini adalah produk dengan kelas yang berbeda. Tt Water 2.0 lebih tinggi tingkatannya dibanding CM SEIDON 120M. Dari CM sendiri memang ada produk lain yang setingkat dengan Tt Water 2.0. Kedua produk mempunyai radiator dengan ukuran yang sama, namun ketebalan radiator antara mereka yang berbeda. Radiator Tt Water 2.0 lebih tebal dari pada radiator CM SEIDON 120M. Perkiraan kami harga dari kedua produk ini juga akan selisih lumayan banyak. Dari segi performa, jelas Tt Water 2.0 mengungguli CM SEIDON 120M, tapi bisa kita lihat performa mereka tidak terpaut jauh, hanya terpaut 2oC untuk fan yang sama.

                Berdasarkan apa yang sudah kami simpulkan di atas, maka layaklah kami memberikan penghargaan GOLDEN AWARD untuk CoolerMaster SEIDON 120M




                (Subjective Score)




                Comment


                • #9
                  Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

                  Mantap nih cooler bentuknya benar2 kayak hardware hehe seperti bagian dari mobo.

                  Comment


                  • #10
                    Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

                    ane newbie pengen make WC nih..ada rekomendasi PSU ga sih, kalo mau pake WC?
                    soalnya procie bisa dinaikin dr 3,8Ghz ke 4,2Ghz..biar tetep stabil dan adem!
                    spek PC ane
                    1. Procie AMD FM2 A10-5800K BE
                    2. Mobo MSI FM2-A55M-E33
                    3. Vga Sapphire 7790 Dual-X OC 1G
                    4. Ram Patriot Viper 3 8G kit 2133
                    5. Psu DA Tarantula 500w 80+

                    Comment


                    • #11
                      Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

                      Originally posted by retrogenic View Post
                      ane newbie pengen make WC nih..ada rekomendasi PSU ga sih, kalo mau pake WC?
                      soalnya procie bisa dinaikin dr 3,8Ghz ke 4,2Ghz..biar tetep stabil dan adem!
                      spek PC ane
                      1. Procie AMD FM2 A10-5800K BE
                      2. Mobo MSI FM2-A55M-E33
                      3. Vga Sapphire 7790 Dual-X OC 1G
                      4. Ram Patriot Viper 3 8G kit 2133
                      5. Psu DA Tarantula 500w 80+
                      Ko saya agak kurang merekomendasi tu PSU, soalnya baru tau & dgr, mungkin CHIP'er laen bs kasih masukan..

                      Comment


                      • #12
                        Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

                        Originally posted by chhayo View Post
                        Ko saya agak kurang merekomendasi tu PSU, soalnya baru tau & dgr, mungkin CHIP'er laen bs kasih masukan..
                        rekomendasi PSU yg <600watt apa yah?

                        Comment


                        • #13
                          Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

                          @TS :
                          kayaknya kurang afdol kalo komparasinya ama corsair H60 versi lama yg udah nyaris diskontinyu bro...
                          coba test dgn H60 SE donk...kisaran harga juga 11:12 khan ?

                          Originally posted by retrogenic View Post
                          ane newbie pengen make WC nih..ada rekomendasi PSU ga sih, kalo mau pake WC?
                          soalnya procie bisa dinaikin dr 3,8Ghz ke 4,2Ghz..biar tetep stabil dan adem!
                          spek PC ane
                          1. Procie AMD FM2 A10-5800K BE
                          2. Mobo MSI FM2-A55M-E33
                          3. Vga Sapphire 7790 Dual-X OC 1G

                          4. Ram Patriot Viper 3 8G kit 2133
                          5. Psu DA Tarantula 500w 80+
                          menurut ane, yg ane cetak bold dan miring gak cucok bro...
                          - utk mobo tandem pasnya MSI FM2-A85XA-G65
                          - utk vga, sementara onboard aja udah cukup kalo hanya utk main game low-middle, dana utk saphire 7790 bisa dialihkan buat beli psu yg udah jelas performanya
                          lagian kalo mau pake trinity percuma juga pake 7790 bro, mentok rekomendasinya HD 6670

                          Comment


                          • #14
                            Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

                            Originally posted by retrogenic View Post
                            rekomendasi PSU yg <600watt apa yah?
                            Dana berapa kira2 mas bro? buat spek itu tadi?

                            Comment


                            • #15
                              Re: CollerMaster SEIDON 120M REVIEW - Performa Memukau Di Kelasnya

                              Originally posted by retrogenic View Post
                              rekomendasi PSU yg <600watt apa yah?
                              Mau tau psu highly recomended ni bro :
                              Seasonic P520FL2 520W Full Modular - Fanless - Platinum - 7 Years Rp 1,511,000

                              Comment

                              Working...
                              X