Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • #46
    Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

    ic ic, mantap, tapi bener deh kalo harus nyelupin jari ke gelas yang ada kabel listriknya,.ngeri deh, mending pake testpen aja ya..menurut pengalaman saya, kebanyakan pengguna printer banyak yang tidak tau cara2 ngetes apakah tinta itu mengandung garam atau tidak, yang penting ada tinta, dipake beres..lah kalo ada masalah baru bingung..berarti tugas penjual ya yang harus memberi info kepada konsumen/pengguna..
    balik masalah print bergaris2..kira2 kondisi head bergaris2 seperti apakah yang masih bisa diselamatkan (diperbaiki jadi bagus lagi).thanks.

    Comment


    • #47
      Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

      wah saya mengalami masalah yg sama. printer saya hp designjet 500 plus, saya refill di v...... hasil awal oke oke aja, pas sudah 2 kali refill mulai timbul garis garis yg mirip dgn punya mas faruk. 30 cm awal mulus banget, lewat dari 30 cm mulai keluar garis. kondisi printhead mulus2 saja, di cleaning berkali-kali juga tetap sama. saya pikir yg dijabarkan oleh pak colors benar juga, jangan2 tinta refill dari v..... gak compatible dgn hp dj 500. ganti cartridge ke ori apa bisa membereskan masalah garis ini? kalo ganti printhead mahal banget, apalagi umur printer saya baru 5 bulanan.

      Comment


      • #48
        Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

        Dear wipi,

        kebanyakan pengguna printer banyak yang tidak tau cara2 ngetes apakah tinta itu mengandung garam atau tidak, yang penting ada tinta, dipake beres..lah kalo ada masalah baru bingung..berarti tugas penjual ya yang harus memberi info kepada konsumen/pengguna.........

        Keadaan yang terjadi dipasar kita (Indonesia), para penjual tinta umumnya bukan sebagai produsen tinta. Mereka umumnya membeli dari importir atau ada juga yang mengimport sendiri dari china & korea. Mereka hanya menganti merek aslinya dengan merek dagangnya sendiri. Tapi mereka tidak mengetahui "main contrain" dari barang / tinta yang mereka dagangkan.
        Bila penjual tidak mengerti atas barang dagangannya (tinta) bagaimana harus menjelaskan pada konsumen ? Sebenarnya kesalahan ada dari sisi penjual dan pembeli. Penjual berlomba mencari source yang termurah begitupun pembeli tanpa memikirkan akibat dan kerugian yang bakal menimpannya. tapi balik lagi kita sebagai konsumen yang harus berperilaku agak jeli dalam menentukan barang yang akan kita pakai karena harga jual dan kwalitas / purity umumnya berjalan beriringan. Setahu saya, harga tinta (bulk kemasan 1 atau 20 Lt) dipasaran berkisar Rp. 55.000 ~ Rp. 3.600.000,- / liter.

        balik masalah print bergaris2..kira2 kondisi head bergaris2 seperti apakah yang masih bisa diselamatkan .....

        Tergantung dari type printhead yang dipergunakan. Kalau boleh tahu Bro Wipi pakai printer type apa ?

        Dear Mas Roxane,

        printer saya hp designjet 500 plus, saya refill di v...... hasil awal oke oke aja, pas sudah 2 kali refill mulai timbul garis garis yg mirip dgn punya mas faruk...

        Maksud mas v..... = veneta ? Bila 2 x refill untuk catridges type 48xx berarti konsumsi printhead mas baru sekitar 100 cc,.

        Coba mas baca post :

        Wong namanya printhead ya pasti mempergunakan tinta saat firing / printing. Bila firing dan supply tinta dari IDS tidak berimbang maka "stok tinta yang 8 cc" menjadi berkurang dan semakin lama ya habis. Kesalahan ini disebabkan karena pengunaan tinta yang kurang sesuai (sudah mempergunakan tinta untuk TIJ tetapi titik bakar tinta dibawah yang diinginkan oleh system) dapat terdeteksi dengan kosongnya printhead (printhead menjadi ringan). Kegagalan ini terlihat pada saat melakukan print yang agak panjang / besar (hasil cetak pertama tama terlihat baik tetapi makin lama semakin pudar atau hilang, tapi bila printer telah istirahat agak lama tinta mulai mengalir lagi. Ini contoh awal tinta kurang titik bakarnya. Bila tetap melakukan proses cetak seluas 1 m2 dengan kondisi seperti itu printhead akan short circuit) Kegagalan seperti umumnya terjadi setelah pengunaan tinta third party < 200 cc. Gejala mulai terasa saat pengunaan 100 cc. Berat printhead yang tidak bermasalah +/- 20,80 ~ 21,00 gram sedangkan printhead yang "bermasalah" memiliki berat +/- 19,00 ~ 20,50 gram tergantung berapa parah kondisi printhead sdr.

        Sebenarnya dia (v....) sudah mempergunakan tinta untuk TIJ, tapi TIJ untuk desktop printer (Deskjet series) bukan untuk type printhead type 10 / 11.
        Seperti Mas ketahui pangsa pasar TIJ desktop printer lebih luas dari pada pangsa pasar TIJ wide format printer.

        ganti cartridge ke ori apa bisa membereskan masalah garis ini?

        Tidak, sebab IDS tidak akan memompa tinta melebihi capasitas sebab autimatic ink presure dalam printhead secara otomatis akan mengatur tekanan yang dibutuhkan. Sekali printhead "tekor / kosong", maka selamanya akan tekor dan semakin lama semakin kosong (kebutuhan tinta saat penembakan / pencetakan lebih banyak dari pada suply tinta dari IDS yang diizinkan masuk oleh automatic ink pressure).

        Salam,
        Last edited by COLOR; 31-07-2007, 00:39.

        Comment


        • #49
          Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

          thanks pak colors, penjelasan bapak di thread ini benar2 pas dgn kasus yg saya alami. ya saya refill di veneta karena di tempat saya (sby), tidak banyak pilihan buat printer hp. saya jg ingin coba pakai masstar ink atau shine ink dari jkt, yg di klaim oleh mereka compatible dgn hp dj 500. mungkin ada rekan2 yg sudah menggunakan tinta tsb?
          pak colors, wah jadi saya harus ganti printhead baru..
          salam'

          Comment


          • #50
            Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

            mas / mbak roxxanne :
            kita senasib...kalo beli PH dapet harga bagus ...info aja. dimana ?
            sy belum tanya di HP indonesia.
            katanya juga masstar bagus harga sekitar 600rb/liter,
            cuman gak berani coba2 saat ini, head 1,8 udah buat kalang kabut neh.

            thanks

            Comment


            • #51
              Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

              Dea as Faruk / Roxane,

              Kalau merek masstar saya belum pernah dengar, tapi minta saja jaminan dari pihak penjualnya. Shine ink jauh dibawah standart, untuk type deskjet saja mereka tidak berani memberikan jaminan apalagi wide format.

              Salam,

              Comment


              • #52
                Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

                thanks infonya pak colors. susah jg yah cari tinta alternative yg cocok buat designjet.

                Comment


                • #53
                  Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

                  Om Color
                  Merk Tinta apa aja Yang cocok Untuk Head Printer C67 ama CX3700
                  Terus untuk masalah ngebersihkan Head printer C67 ama CX3700 apa harus Delepas Print Headnya. Kalau emang harus terus gimana caranya bisa kasih gambar cara ngelepasin Print Head nya (Masih Oon).
                  Om Color kalau Boleh Usul Buat dunk Thread Panduan Cara membersihkan Semua Print Head printer dengan Menggunakan Gambar kalau perlu dijaikan Stiky sekalian, Terus terang kalau saya agak OOn kalau terlalu banyak penjelasan tapi kalau dengan gambar kan bisa terlihat Praktek nya . cuman Usul kok OM Maaf kalau merepotkan. Tq

                  Comment


                  • #54
                    Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

                    mas hasan. kalo mo nglepas head dari tempatnya musti trial & error,
                    biasanya sy, cari juga "service manual" .. biasanya file pdf,
                    isinya diagram part & part listnya s/d diagram2 elektro nya. lengkap.

                    trims

                    Comment


                    • #55
                      Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

                      yang numpuk di gudang, c67 (mampet), c87 (mampet juga), R350 (service life-bingung nih benerinnya ), yang lagi dipake pixma 1700, nyetaknya gak lancar. warnanya kadang lancar-kadang gak, kalo dipake nyetak baru setengah halaman langsung bergaris..trus kalo sudah gitu kira2 dicoba tiup catridgenya pake syringe boleh gak? biar lancar gitu.. saya jadi takut ni salah2 pake tinta sembarangan, mudah2an di thread lain ada panduan memilih tinta yang bagus, kira2 kata kunci apa ya yang dipake ? "garam" kah..coba cari dulu ah.
                      thanks semuanya, terutama bro color, udah mau repot2.

                      Comment


                      • #56
                        Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

                        Originally posted by COLOR View Post
                        ..... Air yang layak minum (sebut saja Aqua / adest atau merek2 air mineral lainnya) dapat menghantarkan arus listrik walaupun "agak kecil" tapi aqudest / air suling tidak dapat menghantarkan arus listrik.
                        Ya, cara test ini sebenarnya adalah "Hukuman" bagi penjual tinta yang nakal dan mau untung nya saja tanpa memperhatikan akibat & kerugian konsumen dari tinta yang dia jual.
                        Salam,
                        Karena uji tinta versi pak color terlalu bahaya buat saya, asaran temen ..pake aja avometer manual...
                        kalo kurang akurat / gak bener ...pak color / rekan2 disini bisa kasih kebenaran.
                        sy punya yg digital tapi sy gak bisa gunakan.mgkn bisa akurat (caranya gimana ??)

                        keterangan : avometer diset ke 10X - di adjusment di angka 0- nilai max 10 (kalo stik ditempel)
                        (sy baca di tanda strip 10v biar gampang) hasilnya sesuai urutan kiri ke kanan



                        AQUADES : 1.8
                        AQUA GALON : 3.5
                        TINTA : 5.5 * semua warna dr dalam catrid sy jadikan satu
                        AIR PAM : 5
                        AQUA+GARAM 1SDM : 8

                        ternyata nilai 5.5 sdh sgt
                        cukup merusak PH sy

                        apa bisa dgn cara ini jadi acuan ...
                        memperoleh tinta yg aman untuk printhead !! sy juga gak tau!!

                        tapi kalo bisa!! wah...kalo beli tinta bisa-bisa bawa2 avometer lebih ok..
                        kecuali mo nyetrum yg jual

                        trims
                        faruk
                        Last edited by faruk; 31-07-2007, 21:25. Reason: edit keterangan

                        Comment


                        • #57
                          Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

                          Dear Mas faruk,

                          Yang Mas lakukan adalah test konduktivity (daya hantar listrik dalam larutan). Kalau boleh coba pakai avometer yang agak baik sebab bila mas mengukur pada aquadest walaupun posisi avo pada X 1000 (1K) maka meter tidak akan bergerak. (mas hanya sekedar untuk test saja, coba beli aquadest diapotik, bilang untuk campuran injeksi atau infus orang sakit, memang agak mahal sekitar 60.000 / btl, tapi kemurniannya terjamin sebab tidak mungkin bila aqudest dapat menghantarkan arus, atau avo nya yang kurang beres)

                          Ok, sebagai sedikit acuan, semakin kecil pergerakan jarum pada avo, itu menunjukan semakin kecil daya hantar listrik pada larutan tsb atau bisa disebut juga semakin kecil kandungan metal / garam nya.

                          Selain itu coba perhatikan juga surface tension dari larutan tinta dan color gamut dari tinta. Sebab ini berkaitan saat melakukan color calibration.

                          Salam,

                          Comment


                          • #58
                            Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

                            pak color.
                            sy pake aquadest yg literan, 2500/liter.
                            avo memang gak beres & nilai memang gak bener
                            sy hanya mecari ukuran pembanding dari pergerakan jarumnya, jadi kasarnya sy jadi tau
                            tinta yg saya pake = air ledeng / PAM ...

                            trims

                            Comment


                            • #59
                              Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

                              nah...klo pk PPM Indicator gmn???
                              air aqua [asli] > air RO > air suling
                              lupa angka tepatnya, dulu pernah nyoba macem2 cairan...

                              Comment


                              • #60
                                Re: hasil print bergaris2, ganti printhead kah?

                                @faruk : Info nya berguna Banget kok.
                                cuman saya kebayang aja kalau Uji Cobanya Pak COlor yang disaran kan bener" dijalankan Bisa Kapok tuh Semua Pejual Tinta Bajakan .
                                Jadi intinya kalau mau menggunakan tinta harus di Uji dulu & mencari kadarnya yang paling kecil Yah . Tapi Kata Om Color harus menyesuaikan Titik Bakar Nya sesuai Head Printer Jadi Bingung

                                Comment

                                Working...
                                X