Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

    Apakah sekarang saat yang tepat untuk meng-upgrade CPU anda. Tunggu dulu!!!, nih gw dapet info tabel hirarki CPU dari situs tomshardware untuk membantu menilai apakah CPU tersebut baik untuk Anda beli atau tidak di bulan ini.



    Pada tabel hirarki tersebut dikelompokkan CPU yang memiliki potensi yang sama untuk kinerja gaming secara keseluruhan. Tingkat atas menunjukkan kasta performa game tertinggi dan berkurang untuk level ke bawahnya. Tomshardware sendiri menyarankan untuk tidak meng-upgrade CPU kecuali potensi pengganti sekurang-kurangnya tiga tingkatan lebih tinggi.

    Sebagai catatan akhir, tabel hirarki ini berguna sebagai panduan umum, sehingga tidak bisa di ambil sebagai patokan perbandingan CPU yang mutlak sempurna. Karena sebagai kita tahu, kinerja game dapat berbeda dari satu CPU ke CPU lainnya. Ada game yang lebih baik dimainkan dengan jumlah core banyak, cache besar, namun ada juga yang baik dijalankan dengan sistem arsitektur tertentu.

    Jadi ga usah kecewa kalo CPU Anda masih di nilai rendah dari tabel ini. Mungkin saja aplikasi yang dijalankan saat ini kurang sempurna, namun di aplikasi lainnya CPU Anda mampu menghandle tugas dengan baik,

    Ok enjoy it (selanjutnya dilakukan update berkala)....

    Source: http://www.tomshardware.com/reviews/...-cpu,2570.html


  • #2
    Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

    Best Gaming ~$90

    Di posisi ini Athlon II X2 245 menempati posisi puncak untuk kategori prosesor dengan price/performance terbaiknya. Dengan harga ~$70 Anda sudah memiliki prosesor yang baik untuk memainkan game-game saat ini. Di dukung dengan socket AM3 yang makin membuatnya fleksibel untuk rencana upgrade di masa mendatang.

    Kecepatan clock yang tinggi (2.9 GHz). Ditambah lagi dengan penggunaan daya yang lebih hemat (TDP 65 Watt) menjadikan prosesor ini layak di ancungi jempol. Namun ada satu hal yang disesali, di kisaran harga tersebut Anda tidak akan mendapatkan prosesor yang menggunakan L3 cache Cache, yang lebih banyak membantu sebagai pengontrol data yang masuk dari masing-masing cache untuk setiap intinya.



    ---------------------------------
    Di posisi kedua di tempati oleh Athlon II X3 435 yang menawarkan tiga core. Dibandingkan dengan prosesor dual-core sebelumnya, penambahan satu inti ekstra ini akan membuat perbedaan penting dalam kinerja multi-tasking, serta saat bermain game. Prosesor ini juga memiliki kemampuan overclocking yang baik jika Anda ingin mencoba mengutak-utiknya.

    Kecepatan clock yang ditawarkan tinggi (2.9 GHz), namun bisa di tambah bila Anda meng-overclocknya. Akibat penambahan satu core ini berakibat TDP yang dibutuhkan relatif lebih tinggi (95 Watt)




    ---------------------------------

    Di posisi ke tiga, Athlon II X3 440 menambahkan kecepatan clocknya 100 MHz lebih tinggi dari X3 II Athlon 435. Namun, bila yang Anda cari hanyalah kecepatan clock yang lebih tinggi, prosesor ini layak pertimbangan, ditambah lagi dengan harga yang ditawarkan relatif terjangkau (~$90).

    Bila Anda perhatikan, prosesor ini menawarkan pilihan yang menarik seperti dukungan core sampai 3 inti, kecepatan clock yang lebih tinggi tinggi, harga rendah, dan kemampuan overclock-nya yang maknyuss. Bila menginginkan meng-upgarde platform tua yang Anda miliki, tomshardware menyarankan memilih prosesor jenis ini.



    +++++++++++++++++++++++++++++++++

    Best Gaming ~$90-~$110

    Karena selisih harganya yang tidak terlalu jauh, saya gabungkan saja langsung jenis-jenis prosesornya dengan tetap menerapkan tingkat kualitas price performance-nya.

    Di posisi pertama dalam selang selang harga ini, Anda langsung di suguhi prosesor berteknologi lebih canggih dan wah dari sebelumnya. Langsung saja kita review jenis pertama untuk level ini, apalagi klo bukan Athlon IIX4 640. Dengan Codename Propus, semua fitur yang ada di Phenom II dimasukkkan di jenis prosesor ini beserta kehandalan lainnya seperti empat core dengan 512 KB L2. Sederetan fitur mulai MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSE4a, Enhanced 3DNow!, NX bit, dukungan AMD-V, dan Cool'n'Quiet untuk menurunkan kecepatan clock dan tegangan selama periode menganggur. Dengan sederetan fitur itu prosesor ini patut jadi bahan pertimbangan sebelum Anda membelinya.

    Karena Propus didasarkan pada desain Deneb, semua Athlon baru II X3 dan X4 prosesor dapat beroperasi baik pada platform Socket AM2 + dengan memori DDR2 atau Socket AM3 dengan memori DDR3. Jelas saja, prosesor ini pilihan yang sangat baik untuk meng-upgrade sistem AM2 yang lebih tua, terutama jika Anda melirik harganya yang cukup menggoda.



    ---------------------------------

    Di posisi kedua ada Phenom IIX 2 555 BE. Julukan "penantian dari harapan cerah yang panjang" patut diberikan kepada prosesor ini. Tidak hanya teman-teman CHIP yang menantikan datangnya prosesor ini, saya pun demikian hingga berbulan-bulan lamanya. Seperti semua jenis prosesor AMD yang berlabel BE (Black Edition), prosesor Phenom X2 II 555 dapat dioverclock dengan mudah hanya dengan mengatur multiplier di BIOS motherboard pilihan Anda.

    Phenom IIX2 555 BE bekerja pada clock speed default 3.2 GHz (tolong diralat yang di tabel). Sekedar informasi ada dua utama yang membuat prosesor ini patut di simak, pertama, prosesor ini adalah prosesor dual core AMD tercepat yang pernah di buat AMD; kedua, harga yang diberikan tidak berbeda jauh dengan pendahulunya 550 BE




    Dari penjelasan di atas terlihat nominasi 5 besar semua di ambil oleh AMD, Looh mana untuk Intel, tenang bagi para fun boy Intel berada pada salah satu tingkatan ke tiga dari rentang harga >$140 yang akan di jelaskan di bawah ini.

    +++++++++++++++++++++++++++++++++

    Best Gaming ~$140-~$195

    Di posisi ini, Intel Core i3-540 menempati posisi pertama, hati-hati jangan salah dengan i3-530!. Intel Core i3 merupakan processor keluaran intel yang masuk keluarga ‘westmere’ dengan teknologi 32nm pada cpu core dan 45nm pada GPU core. Sebenarnya core i3 540 ini merupakan core yang berbasis pada core ‘clarkdale’. Sehingga Intel Core i3 540 ini merupakan processor dual core dengan teknologi yang sekelas dengan Intel i5 600 series. Bedanya, ya itu fitur turbo boost yang tidak dimaksimalkan seperti halnya pada seri Intel i5 600.

    Singkatnya core i3 540 sudah jelas memiliki rasio price/performance yang lebih baik daripada core i5 600 series karena harga dari i3 ini lumayan jauh lebih murah daripada core i5.



    ---------------------------------

    Di posisi ke dua untuk kisaran harga ini ada Phenom II X4 BE 955. Untuk kisaran harga sekitar $160 Anda sudah mendapatkan prosesor quad core yang benar-benar murni dengan rasio harga/kinerja terbaiknya. Prosesor ini bersaing dengan rival beratnya Core 2 Quad Q9550.

    Dari sisi spesifikasi, Phenom II X4 955 Black Edition bekerja pada clock speed di 3,2GHz dengan cache sebesar 8MB (2MB L2, dan 6MB L3). Dukungan terhadap soket AM3 berarti membuat prosesor ini mampu mendukung memori DDR2/DDR3.




    ---------------------------------

    Di posisi ke tiga ditempati oleh Phenom II X4 965 BE (C3 Stepping) yang sekaligus menduduki kasta tertinggi dari prosesor AMD ini. Prosesor ini memiliki clock tertinggi yang pernah dibuat AMD, yaitu 3.4 GHz, 4X512 kb L2 cache dan 6MB L3 cache. Phenom IIX4 965BE masih berbasis arsitektur K11 (Deneb), sama dengan jajaran Phenom II lainnya. Prosesor ini bersaing dengan rival beratnya Core i5.

    Berbeda dengan model terdahulunya, C2 stepping yang memakan daya hingga 140 W, jenis C3 stepping ini mengalami perubahan dari desain sisi efisiensi energi dengan konsumsi daya 125 W. Bagaimana membedakan prosesor saya steppingya C2 atau C3. Cukup mudah, lihat SKU prosesor Anda, bila huruf terakhir berinisial M maka jenis prosesor yang Anda miliki adalah C3 stepping. Bila berinisial I, berarti prosesor Anda berjenis C2 stepping.



    ---------------------------------

    Di posisi ke empat ditempati oleh Core 2 Quad 9400 bersaing kuat dengan Phenom II X4 955 (dari sisi price/performance). Prosesor berjenis 4 core sejak dulu dikenal powerfull untuk proses multimedia dan rendering, termasuk yang satu ini. Dari sisi kemampuan prosesor ini layak di perhitungan, sedikit saja overclock, kemampuannya sudah bisa menyamai prosesor QX 9770, yang saat ini harganya masih bertengger di Rp. 11 jutaan.

    Bila kita lebih seksama lagi direntang harga ~$190, prosesor ini bersaing ketat dengan Phenom II X4 965 dan Core i5 750. Bagi pengguna motherboard LGA 775, tentunya ini menjadi pilihan yang menarik.



    +++++++++++++++++++++++++++++++++

    Best Gaming >$195

    Di posisi pertama untuk rentang harga ini dipegang oleh core i5-750. Prosesor ini cocok bagi yang menginginkan kinerja terbaik dengan kemampuan overcloking yang sanggup menyamai core i-7 975 extreem.

    ---------------------------------

    Di posisi kedua untuk rentang harga ini dipegang oleh core i7-920, dukungan terhadap fitur 'Hyper-Threading dan triple-channel' menjadikan seri core i7 patut di perhitungkan, terutama bila Anda berencana melakukan overclock.

    Core i7 dengan socket LGA 1366 berbeda dengan core i7 yang masih berbasis LGA 1156, pada core i7 920 tidak membatasi bandwitdth jalur 16 PCIe 2.0, karena langsung mendapatkan konektivitas PCI Express dari chipset X58. Hal ini membuat Core i7 920 pilihan yang paling baik bagi Anda yang menginginkan konfigurasi SLI-CrossFire lebih dari dua kartu grafis sekaligus.

    ---------------------------------

    Di posisi ketiga untuk rentang harga ini dipegang oleh core i7-975 extreme. Menggunakan prosesor ini Anda boleh berbangga hati, karena inilah kasta CPU gaming tertinggi yang dimiliki Intel saat ini sekaligus yang tercepat tentunya.

    Bila Anda menggunakan prosesor ini, tidak akan ada lagi masalah dari sisi kecepatan dan kerumitan grafis gaming yang dihasilkan. Tapi agaknya posisi nomor wahid ini dapat segera berubah, karena
    Intel baru-baru ini mengumumkan segera mengeluarkan Core i7 980 extreme.

    Conclusion:
    Klo kita perhatikan lebih seksama, kinerja AMD agaknya selalu berada di bawah INTEL di user dekstop, karena target AMD adalah midd-end user,
    seperti kita-kita ini. Tetapi bila kita mau melihatnya dari segi harga/performa, AMD selalu mendominasi kelas yang di ujikan.

    OK enjoy it
    Last edited by ddrtwinmos; 19-03-2010, 22:09. Reason: update

    Comment


    • #3
      Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

      Wough very nice info, Bro...
      Berarti sayah downgrade dari i7 920 ke i5 750 ga bisa dibilang bener2 downgrade donx...
      Coz masih 1 hierarki...
      Thank's God...

      Comment


      • #4
        Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

        game2 sekarang memang ga ada/jarang yang pake multicore,
        dari c2q sampe i7 ga ada peningkatan yang berarti

        Comment


        • #5
          Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

          ter rendah dan tertinggi dipegang oleh intel

          Comment


          • #6
            Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

            kpn yah merk2 laen prosie slaen AMD ama Intel beredar bnyk djual umum....

            kyny udah kalah nama duluan dech...VIA ato samsung gt

            Comment


            • #7
              Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

              Originally posted by ipta View Post
              Wough very nice info, Bro...
              Berarti sayah downgrade dari i7 920 ke i5 750 ga bisa dibilang bener2 downgrade donx...
              Coz masih 1 hierarki...
              Thank's God...
              ane malah terbalik bro.. dari q6600 ke i3 530.. bukan upgrade malah downgrade.. :laugh:

              Comment


              • #8
                Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

                Originally posted by mavzz View Post
                ane malah terbalik bro.. dari q6600 ke i3 530.. bukan upgrade malah downgrade.. :laugh:
                disisi lain, untuk kedepannya soket 1156 masi panjang..

                Comment


                • #9
                  Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

                  Originally posted by mavzz View Post
                  ane malah terbalik bro.. dari q6600 ke i3 530.. bukan upgrade malah downgrade.. :laugh:
                  loh q6600 default clock kadang lelet juga kok

                  Comment


                  • #10
                    Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

                    Originally posted by p47 View Post
                    disisi lain, untuk kedepannya soket 1156 masi panjang..
                    itu emang tujuan utama-nya sih..

                    Originally posted by d_estroye_r View Post
                    loh q6600 default clock kadang lelet juga kok
                    lah ini i3 blon di apa2in (masih default + semua fitur CPU nyala).. masih cukup kenceng buat pake.. heheh..


                    tp kan konteks-nya adalah chart d atas.. makanya ane bilang downgrade.. hehehe..

                    Comment


                    • #11
                      Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

                      Originally posted by ipta View Post
                      Wough very nice info, Bro...
                      Berarti sayah downgrade dari i7 920 ke i5 750 ga bisa dibilang bener2 downgrade donx...
                      Coz masih 1 hierarki...
                      Thank's God...
                      Wah rugi triple channelnya ga aktif lagi dong bro kalo gitu

                      Comment


                      • #12
                        Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

                        AMD semprong eh Sempron kok gak ada yak???

                        Comment


                        • #13
                          Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

                          Originally posted by Think View Post
                          AMD semprong eh Sempron kok gak ada yak???
                          kagak masuk kalee bang buat gaming....


                          buat opis opisan ajah tuh...pesbukan ama nge-chip doangan kalee yee

                          Comment


                          • #14
                            Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

                            Originally posted by ipta View Post
                            Wough very nice info, Bro...
                            Berarti sayah downgrade dari i7 920 ke i5 750 ga bisa dibilang bener2 downgrade donx...
                            Coz masih 1 hierarki...
                            Thank's God...
                            Originally posted by GeGe View Post
                            Wah rugi triple channelnya ga aktif lagi dong bro kalo gitu
                            yup, dari segi performa utk gaming ke dua prosesor tsbt gak berbeda jauh. Tapi dari sisi harga bedanya jauh bgt.....
                            Jadi klo dari segi harga/kemampuan saya lebih prefer ke i5 750, tentunya dengan segala kekurangan dan kelebihan yg dimiliki

                            Biar dual channel kebutuhan daya juga turun jadi 95 watt and turbo mode technology is still available

                            Originally posted by d_estroye_r View Post
                            ter rendah dan tertinggi dipegang oleh intel
                            jgn sampe harga beli tinggi, di jual rendah, tapi....

                            Originally posted by ajastafararawnaayasaman View Post
                            kpn yah merk2 laen prosie slaen AMD ama Intel beredar bnyk djual umum....

                            kyny udah kalah nama duluan dech...VIA ato samsung gt
                            pangsa pasarnya mungkin lebih banyak diarahkan ke gadget

                            Originally posted by Think View Post
                            AMD semprong eh Sempron kok gak ada yak???
                            Kayaknya langsung mencret deh klo buat main game sekarang

                            Nih semua banyak ngomongin intel ya...yang amd kagak ada gaungnya pisan...

                            Comment


                            • #15
                              Re: Gaming CPU Heirarchy Chart: March 2010 Update

                              Originally posted by ddrtwinmos View Post
                              Nih semua banyak ngomongin intel ya...yang amd kagak ada gaungnya pisan...
                              gw rasa gaung AMD keliatan kalau diliat dari price vs performance bro .
                              gak malu2in kok make AMD

                              Comment

                              Working...
                              X