Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

penyebab suhu processor amd panas

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • penyebab suhu processor amd panas

    sebagian teman teman di forum pasti percaya kan kalau suhu processor amd bisa mencapai 33 derajat celcius saja. tapi ada juga yang sampai ke 45 bahkan 60 lebih. dugaan saya sih masalah ada di heatsink. processor yang dingin umumnya disertai pendingin yang penguncinya tidak terlalu kuat, sehingga permukaan processor dan heatsink benar benar merekat seluruhnya dengan sempurna. sedangkan processor yang melebihi 45 derajat biasanya disertai heatsink yang penguncinya sangat kuat. bila dibuka lagi, biasanya ada bekas terkikis pada heatsink. bekas ini jelas cocok dengan bekas tepian processor yang memang bagian sudutnya lebih kuat, bagian tengah yang lemah akan membentuk cekungan. bagian tengah yang tidak kena inilah yang menyebabkan suhu processor amd lebih tinggi dari seharusnya. kemarin ada teman saya yang membawa sistemnya. masalah inilah yang terjadi. untuk mengatasi masalah ini, sementara saya kasih thermal paste yang banyak. ada yang bisa ngasih solusi jangka panjang?

  • #2
    Re: penyebab suhu processor amd panas

    Ada gambarnya bro?

    Biar lebih jelas gitu..

    Comment


    • #3
      Re: penyebab suhu processor amd panas

      sorry nggak ada gambar. nggak punya kamera sih. gambar heatsink yang terkikis kan maksudnya. coba bayangkan saja sendiri. sekali lagi maaf kalau datanya nggak lengkap.

      Comment


      • #4
        Re: penyebab suhu processor amd panas

        hmm.... kalo di atasin pake thermalpad kayak bawaan asli nya AMD dan INTEL gimana? Khan cukup tebal dan liat? mayan untung menambal daerah2 yg "terkikis" itu?

        kalo thermal paste..... gw rasa ketipisan... jadi gak efektif utk menambal area tsb.

        btw, ada yg tahu info dimana bisa beli thermalpad kayak yg dipakai AMD or INTEL gak yah?

        Comment


        • #5
          Re: penyebab suhu processor amd panas

          thermal paste bawaan heatsink asli memang tebal dan liat. masalahnya, majalah chip kalau ngasih tips merakit selalu menganjurkan penggunaan thermal paste sedikit mungkin. untuk kasus seperti ini, tehnik dari chip jelas tidak tepat kan? tapi masalah thermal paste yang terlalu banyak pasti akan muncul ( akan menjadi penghambat panas kalau terlalu banyak ). saya punya yang mirip dengan bawaan heatsink standar, harganya 10ribu-an. teman saya yang di surabaya yang membelikan.

          Comment


          • #6
            Re: penyebab suhu processor amd panas

            coba di lapping dulu heatsinknya.. sedikit aja... biar ga ada permukaan yg ga rata... udah gitu lapisin lagi thermal paste...

            Comment


            • #7
              Re: penyebab suhu processor amd panas

              maksudnya apa bro dilapping apa bro

              Comment


              • #8
                Re: penyebab suhu processor amd panas

                baru denger ada heatsink yang terkikis....

                dari harganya 10 rb aja, gw duga itu ga mungkin hsf standar AMD.... dari jaman soket A aja, udah pake coolermaster DP5 yang harganya waktu itu sekitar 60 rb.....

                yang buat amd64, hsf standar sekitar 50 - 70 rb....

                silahkan cek deh.......

                Comment


                • #9
                  Re: penyebab suhu processor amd panas

                  lapping itu amplas..... kalo permukaan yang ga halus, diamplas biar jadi rata....

                  Comment


                  • #10
                    Re: penyebab suhu processor amd panas

                    Originally posted by ehenyasha View Post
                    maksudnya apa bro dilapping apa bro
                    di lapping itu maksudnya diamplas, mulai dari amplas yg agak kasar sampai amplas yg paling halus, biar permukaan hsf rata

                    Comment


                    • #11
                      Re: penyebab suhu processor amd panas

                      kalo gua sih ndak gua apa-apain tuh prosesor, gua pake WINCHESTER s939 3000+ @1,8GHZ, beri pastanya jangan terlalu tamak, yang sedeng-sedeng aja. prosesor gua suhunya mentox 29c
                      [IMG]file:///I:/Documents/My%20Pictures/capture.jpg[/IMG][IMG]file:///I:/Documents/My%20Pictures/capture.jpg[/IMG]
                      Last edited by Sheamus14; 07-02-2007, 12:35.

                      Comment


                      • #12
                        Re: penyebab suhu processor amd panas

                        HSF standard AMD 10 rebu? WAAAUUUUUU!!! Gue beli 10 biji kalo bener 10 rebu... Kalau serius, PM gue alamatnya.. gimana? BTW, gue minta HSF original AMD lho ya.... Bentuknya kayak gini:
                        Last edited by Magician; 18-01-2007, 14:18.

                        Comment


                        • #13
                          Re: penyebab suhu processor amd panas

                          tips untuk memakai pasta se tipis mungkin ada benarnya juga, itu hanya untuk menutupi bagian yg tidak rata, supaya tidak terjadi udara panas di rongga walaupun kecil, dan walaupun itu termalpaste untuk menhantarkan panas, tapi kalo ketebalan juga akan menghambat, kalo bisa setipis mungkin deh, hanya untuk meratakan, menutupi rongga antara processor dan hsf aja kok,

                          kalo ketebalan malah transfer panas jadi tidak optimal,

                          Bukankah begituu,,,,,,,..... kalo ada salah tolong koreksi dah,
                          )

                          Comment


                          • #14
                            Re: penyebab suhu processor amd panas

                            Originally posted by ehenyasha
                            sementara saya kasih thermal paste yang banyak. ada yang bisa ngasih solusi jangka panjang?
                            thermal paste yg d pake apa'an neh bos, coba kasih yg punya TT AS5, harga krg lbh Rp. 100,000... tp kasih pastanya jgn banyak, kalo bisa, setipis mungkin....
                            pny ade gw klip pengunci HSF'na kuat banget , koq malah 28 aja idle'na... ooooiya, proc yg d pake apa neh bos

                            Comment


                            • #15
                              Re: penyebab suhu processor amd panas

                              bukan heatsink nya yang 10ribu, thermal paste nya. amplas sudah pasti, tapi hasilnya nihil. motherboard teman saya abit yang chipsetnya ati 3200 crossfire, nggak ingat namanya. kalau rata mungkin malah tidak membantu, bagaimana kalau dibuat cembung saja, yang melengkung kan bagian tengahnya. atau plat besi penutup core saja yang dibuka, ada yang bisa ngasih tutorialnya?

                              sore ini barusan ngerakit pc pake tforce + sempron 3000 am2 + heatsink yang penguncinya tidak terlalu kuat. hasilnya memang bisa ditebak, suhu maksimum cuma 37 derajat.


                              oot: ulun gin urang banjar, wadah ulun di reaktor. belakang gedung wanita. mun bejalanan tahu ja to. singgah lah mun lewat

                              heatsink yang sangat keras tekanan penguncinya yang ada batangan plastik hitam dibawah besi penguncinya. kalau ada lagi teman yang dapat heatsink standar seperti ini, akan saya suruh beli alpin.
                              Last edited by andhee; 09-04-2007, 02:42. Reason: Merging 3 posts.

                              Comment

                              Working...
                              X