Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

Autisme, apa & bagaimana penanganannya

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Autisme, apa & bagaimana penanganannya

    Bro chippers semua,

    Malem ini aku sedih dan trenyuh setelah chatting ama customer, yang ternyata punya anak sulung yang mengidap autisme. Setelah dijelasin ttg apa autisme itu, aku mulai cari refferensi buat dia di internet. Anak sulungnya divonis mengidap autisme sejak umur 3 thn. dan skrg udah umur 8 thn, juli nanti. Sebuah ketabahan yang luar biasa. karena itu aku tergerak utk bikin thread ini, sebagai caraku membantu rekan2x chippers yg punya sodara, temen, tetangga yg mengidap penyakit ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.Utk refferensi yg lebih lengkap, aku sertakan 2 link berbahasa indonesia, yaitu

    yayasan Autisme Indonesia
    http://www.autisme.or.id/welcome/
    dan milis putra kembara
    http://puterakembara.org/index.shtml

    Bagi rekan2x yg punya informasi tambahan, diharapkan kesediannya utk share disini.

    Thank;s & Regards,
    Hendra49
    Last edited by Hendra49; 17-04-2008, 22:30.

  • #2
    Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

    penyebab salah satunya adalah penggunaan perabotrumah tangga/furniture yang dicat dengan menggunakan bahan melamik. cirinya adalah cat furnitur berbau dan di mata pedas.. karena di dalam cat melamik tersebut mengandung formaldehyde yang merupakan turunan dari formalin. makanya untuk negara2 maju impor barang2 dari melamik tidak diijinkan. nah parahnya indonesia justru furnitur yang banyak beredar adalah jenis melamik karena harga dari cat melamik ini lebih murah jika dibanding dengan cat jenis polyurethane maupun nitro selulose.
    maka dari itu bagi chippers yang di rumah perabotan,pintu,kusen masih memakai cat melamik segera ganti dengan yang non melamik. kasihan generasi kita selain menyebabkan autis pada janin juga bisa merangsang tumbuhnya kanker. bahaya dari cat melamik ini adalah uapnya yang masih aktif walaupun sudah dipergunakan selama 9bulan.

    Comment


    • #3
      Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

      yg saya bingung... kenapa autisme ini jauh lebih banyak dimasa sekarang dibanding jaman dulu?
      kayanya banyak terdapat dimana2....

      Comment


      • #4
        Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

        ehm.. maap nanya.. melamik itu sama dengan melamine?
        gimana yah bedainnya lapis/cat melamin sama yg lainnya?

        Comment


        • #5
          Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

          Originally posted by Advanced_Idiocratic View Post
          yg saya bingung... kenapa autisme ini jauh lebih banyak dimasa sekarang dibanding jaman dulu?
          kayanya banyak terdapat dimana2....
          Karena jaman dulu kita lebih mengenalnya sebagai anak dgn keterbelakangan mental atau bagi masyarakat awam sering disebut idiot. Padahal penyakit ini sudah dipublikasikan sejak tahun 1944, tp baru dikenal beberapa tahun terakhir. sama seperti Asperger syndrome dan RETT atau dyslexia. Penggunaan istilah tersebut baru muncul sejak beberapa tahun terakhir ini.
          Beberapa penyebab penyakit autisme, (dipetik dari Dewo's blogspot; http://dewo.wordpress.com/2006/01/17/anak-autis/ )
          1. Autis bukan karena keluarga (terutama ibu yg paling sering dituduh) yg tdk dapat mendidik penderita. Anak autis tidak memiliki minat bersosialisasi, dia seolah hidup didunianya sendiri. Dia tidak peduli dgn orang lain. Orang lain (biasanya ibunya) yg dekat dengannya hanya dianggap sebagai penyedia kebutuhan hidupnya. (Baca: Teory of Mind, yg ditulis oleh seorang autis).
          2. Jarang sekali anak autis yg benar2 diakibatkan oleh faktor genetis. Alergi memang bisa saja diturunkan, tapi alergi turunan tidak berkembang menjadi autoimun seperti pada penderita autis.
          3. Terjadi kegagalan pertumbuhan otak yg diakibatkan oleh keracunan logam berat seperti mercury yg banyak terdapat dalam vaksin imunisasi atau pada makanan yg dikonsumsi ibu yg sedang hamil, misalnya ikan dengan kandungan logam berat yg tinggi.
          4. Terjadi kegagalan pertumbuhan otak karena nutrisi yg diperlukan dalam pertumbuhan otak tidak dapat diserap oleh tubuh, ini terjadi karena adanya jamur dalam lambungnya.
          5. Terjadi autoimun pada tubuh penderita yg merugikan perkembangan tubuhnya sendiri karena zat2 yg bermanfaat justru dihancurkan oleh tubuhnya sendiri. Imun adalah kekebalan tubuh terhadap virus/bakteri pembawa penyakit. Sedangkan autoimun adalah kekebalan yg dikembangkan oleh tubuh penderita sendiri yg justru kebal terhadap zat2 penting dalam tubuh & menghancurkannya.
          Akhirnya tubuh penderita menjadi alergi terhadap banyak zat yg sebenarnya sangat diperlukan dalam perkembangan tubuhnya. Dan penderita harus diet ekstra ketat dengan pola makan yg dirotasi setiap minggu. Soalnya jika terlalu sering & lama makan sesuatu bisa menjadikan penderita alergi terhadap sesuatu itu.
          Autis memiliki spektrum yg lebar. Dari yg autis ringan sampai yg terberat. Termasuk di dalamnya adalah hyper-active, attention disorder, dll.
          Kebanyakan anak autis adalah laki-laki karena tidak adanya hormon estrogen yg dapat menetralisir autismenya. Sedang hormon testoteronnya justru memperparah keadaannya. Sedikit sekali penderitanya perempuan karena memiliki hormon estrogen yg dapat memperbaikinya.

          Kalau ada yang punya info tambahan seperti Bro Noezen, silakan di share disini

          Comment


          • #6
            Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

            Originally posted by bier View Post
            ehm.. maap nanya.. melamik itu sama dengan melamine?
            gimana yah bedainnya lapis/cat melamin sama yg lainnya?
            Sama bro,
            Ciri2x cat melamin itu mengkilat kaya dilapisi kaca. Baunya tajam menyengat seperti bau tinner/pengencer cat (produk furniture dari bambu/rotan biasanya banyak yg memakai jenis cat ini, bisa jg utk cat pelapis kusen pintu dan jendela). Kalo cat yg jenis lain, warna hasil pengecatan buram/tidak mengkilat, dan tidak berbau menyengat krn jarang sekali cat jenis polyurethane memakai bahan pencampur tinner,

            just my 2 cent

            Comment


            • #7
              Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

              @hendra94:
              apakah berarti semua cat yg glossy mengandung melamin? atau belom tentu?
              iya sih kadang ada cat tertentu yg bau nya menyengat. btw bau menyengat ini hanya ada pada kondisi baru (baru di cat) atau utk kondisi udah lama pun masih berbau menyengat?
              kalo contoh2 cat melamin yg di pasaran apa aja ya?
              tks bgt bro.

              Comment


              • #8
                Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

                melamin dengan melamik itu sama dia adalah jenis resin 2komponen yang menggunakan bahan formaldehide untuk membuatnya menjadi bersifat basa, ciri2 cat melamik itu adalah bau menyengat yang tidak hilang2 saat anda membeli furniture baru... dan pedas di mata karena dia akan mengeluarkan gas selama kurang lebih 9bulan. kelebihan dari melamik ini adalah keras,bening,harga murah sehingga lebih diminati oleh produsen untuk menekan harga.

                sedangkan cat polyurethane itu merupakan teknologi yang merupakan penyempurnaan dari melamik coating.cat polyurethane ini mempunyai kekilapan dan daya tahan yang lebih baik dibanding dengan melamik namun dari segi harga dia lebih mahal sehingga kurang diminati oleh produsen, namun seiring pencekalan produk2 melamik untuk exspor di negara maju maka terpaksa banyak yang beralih ke polyurethane.polyurethane tetap menggunakan thinner sebagai pelarut(solvent base) cat yang tidak menggunakan thiner adalah jenis water base.

                contoh produk melamik yang paling banyak digunakan produsen lokal adalah impra

                Comment


                • #9
                  Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

                  @neozen:
                  nah berarti cat polyurethane juga glossy yah? makin susah aja bedainnya... bener2 cuma bisa dari bau nya aja kah?

                  Comment


                  • #10
                    Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

                    hmm ... gw sendiri ada tulisan dikit tentang autisme ... mungkin yang berkenan bisa melihat di Autisme Bisa “Sembuh”

                    Comment


                    • #11
                      Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

                      @bier
                      polyurethane ada yang glossy ada yang solid ada yang metalic, yang bisa diidentifikasi lewat panca indra hanya itu. biasanya kalo di meja kita taruh piring/cangkir berisi kopi panas ada bercak warna putih itu melamik. selain di furniture melamik juga biasa dipake untuk piring2,cangkir,gelas banyak juga yang kadar melamiknya gak masuk dalam kategori food grade

                      Comment


                      • #12
                        Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

                        kalo untuk peralatan makan bukannya ada yang tulisan "aman untuk makanan" alias "food grade" itu ya..?

                        biasanya wa liat di piring / gelas melamin yg dijual di supermarket.. ada yang ditempeli stiker semacem itu.. ato kayak blender philips (sorry sebut merk.. bukan promosi) yg ada tulisannya food grade juga...

                        Comment


                        • #13
                          Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

                          @neozen:
                          kalo piring, gelas yg lapis melamin gitu biasanya yg plastik yah bro? kalo yg keramik atau kaca gitu nggak kan yah?

                          Comment


                          • #14
                            Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

                            memangnya kenapa sih sama orang autis? wa pernah punya temen autis, biasa2 aja ah.... memang mental dan sifatnya agak terbelakang, tapi dia tetap manusia juga tokh.

                            memang repot dan agak susah nanganin orang autis, tapi kl dah terbiasa, lama2 juga gak ngerasa asing lagi koq ada di deket orang kayak gini. cuma masalah apa kalian mau nolongin manusia seperti mereka, mau takut luar biasa dan mencegah biar anak kalian gak jadi kayak gini, atau takut setengah mati dan kabur karena merasa mereka bukan manusia... it;s your call.
                            Last edited by Radeonator; 18-04-2008, 17:41.

                            Comment


                            • #15
                              Re: Autisme, apa & bagaimana penanganannya

                              @ radeonator
                              kagak nyambung ama topicnya euy... kalo yg kamu ungkapin di atas kan tanggapan sikap kepada penderita autis.

                              Comment

                              Working...
                              X