Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

Model Programming dan Software Development

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Model Programming dan Software Development

    rekan-rekan kasus saya ingin saling bertuker pikiran mengenai konsep Sofware development

    jadi gini saya berencana ingin membangun sebuah sistem dengan kriteria sebagai berikut
    1. ada 2 server yang akan masing-masing diinstal oleh windows (nantinya disingkat SW) dan linux (SL)
    2. SW dikhususkan untuk ASP.NET dan SL untuk PHP.
    3. SERVER akan akan dikonek ke database antara ORACLE, SQL server 2008 R2 dan mysql untuk menampung large data.
    4. baik asp.net maupun PHP dapat saling bertuker data
    5. sistem dapat dibuat dynamic dan menggunakan API
    6. kemungkinan sistem dapat konek ke mobile dimana database mobile dibuat berbeda dengan database di no2 tetapi bila memungkinkan dapat digunakan pertukaran data.

    kira-kira menurut rekan-rekan semua apakah sistem yang akan dibangun ini memungkinkan?

    yang jadi dilema saya untuk membangun sistem diatas :
    1. mengenai performa database apakah menggunakan database terpisah kemudian digabung dengan 1 database utama oracle misalnya ?atau langsung menggunakan oracle saja..
    2. jika dalam perancangan program, API diletakkan dimana ya pada model perancangan ? . yang saya tahu dari referensi API digunakan untuk transfer data.(apakah salah referensi tersebut?)
    3. mengenai masalah 6 bagaimana sebaiknya pertukaran data dari system utama ke mobile , apakah databasenya di server atau disimpan pada mobile(untuk referensi mobile saya blum mendapatkan jawaban yang tepat)
    4. model perancangan apa yang cocok untuk sistem ini ?
    5. adakah tool untuk melakukan audit dan mengukur performace dari system ini(php dan asp.net)

    saya menunggu respon dari rekan-rekan sehingga bisa saling memberikan masukan mengenai sistem ini..


    terima kasih.

  • #2
    Re: Model Programming dan Software Development

    @james,

    walah,,sepertinya system yg kompleks y hmm ...
    first of all,,apa yang anda terangkan masih belum jelas, untuk apa system ini dibuat dan mengapa ada keterpisahan antara build dgn ASP.net dan PHP, lalu mengapa harus berbeda DBMS ??? trus, dinamik ? dengan API ? API ( Application Programming Interface ) yg mana ? API Javascript k? PHP k ? ato apa ??? dinamik bagaimana ?? trus, antara ASP.Net dan PHP dengan Oracle, SQL Server, MySQL .. yg mana yang anda maksud dengan sistem utama? yang ASP.Net k ? ato yg dgn PHP k ? atau maksud anda " sistem utama " itu adalah ( ASP + PHP + ORACLE + SQL SERVER + MYSQL ) ???

    Hmm,,,anyway,,mari bahas masalah " dilemma " anda, okey

    Baik ASP.net atau PHP mampu untuk terhubung dan berkomunikasi dari ketiga jenis DBMS yang anda sebutkan di atas ( ora, sql server, mysql ), hal ini memungkinkan anda untuk membangun aplikasi itu baik dengan ASP.net saja, atau PHP saja ( anda dapat pilih 1 dari 2 bahasa tsb ) relatif dengan kemampuan anda atau tim dari kedua bahasa itu, pilihlah antara ASP.net atau PHP. Apa yg anda terangkan ( walau sepintas dan kurang jelas ) pada akhirnya dengan memaksakan keterpisahan development ( asp dan php ) akan membawa anda pada kompleksitas sistem yang seharusnya tidak perlu terjadi. Penggunaan API itu sifatnya " special " dan dominan khusus trhdp bahasa apa yang anda gunakan, bayangkan saja dalam tahap perancangan saja, kompleksitas itu pasti sudah akan sangat terasa, apalagi dalam penggunaan API. Jadi, pilihlah antara ASP.net atau PHP, lalu fokus terhadap apa yang sudah anda putuskan. Mengenai apakah baiknya DBMS itu terpisah atau satu saja ( negates ur problems here ),,bila scope dari sistem sangatlah besar, data sangatlah banyak,,,silakan tentukan dengan melihat kemampuan dari DBMS itu lagi, pelajarin fitur dari DBMS itu, kemudahan2nya dengan bahasa programming yang anda tentukan, daya tampung data, apakah DBMS itu anda nilai mampu untuk membantu anda untuk membangun sistem yang anda inginkan. Lakukan perhitungan, berapa banyak transaksi dalam seharinya, dalam seminggu, atau sebulan,,dan ingatlah, pemilihan type data dari table fields akan berpengaruh juga terhadap besarnya database anda. Jadi silakan pilih juga DBMS yang mana anda inginkan, saya rasa cukuplah satu jenis DBMS saja, tidak perlu banyak DBMS ( terkecuali, sudah ada sistem berjalan dengan DBMS yg berbeda, dan mau gak mau anda harus support yg berjalan,,but...1 jenis dbms sudahlah cukup ), dengan operating sistem yg anda sebutkan di atas, skrg hanya tinggal 2 jenis DBMS yang memungkinkan untuk anda pilih, apakah MYSQL atau ORACLE. Bila data begitu besarnya, dan butuh performances tinggi,,Oracle ( yg pastinya sangat mahal ) menjadi pilihan anda. Tapi apakah harus ORACLE ?? Pertimbangan ini sangat berdasar terhadap pemahaman anda terhadap sistem yg akan dibangun dan tiap DBMS itu lagi,,di sini saya tidak mengharuskan apakah MYSQL, SQL Server atau Oracle,,itu semua haruslah dari pertimbangan anda sendiri, karena anda yg seharusnya paling paham terhadap sistem yg akan anda bangun

    API bukanlah hanya untuk transfer data, karena ada begitu banyak jenis API / Library, tergantung dari interface yg ditawarkan. apakah interfacing terhadap socket / winsock, apakah interfacing terhadap COMM I/O , apakah interfacing terhadap shell, atau window form object, XML,, ... dsb. So,,mengenai definisi dari API itu sendiri, saya rasa anda sudah dapat banyangkan sendiri,,sangatlah luas,,dan kesemuanya tergabung dalam 1 convention naming yang disebut dengan API ( Application Programming Interface )

    Mengenai mobile. Mobile application itu sangat terikat dengan jenis mobile dan apa yang disupport oleh native sistem dari mobile itu. Dengan kata lain, aplikasi mobile yang akan dibangun haruslah memiliki target mobile dimana aplikasi itu akan dipasang ( apakah aplikasi itu dapat berjalan pada merk samsung, nokia, atau lainnya, dan pada mobile version yg mana ). Hal ini terkait dengan operating sistem dari mobile itu lagi, apakah CE, apakah Android, apakah Java, dsb. Jadi, jangan anda pikir anda buat 1 aplikasi dan aplikasi itu akan dapat dijalankan pada semua jenis mobile pada semua versinya,,nope,,nope,,itu salah

    Dengan gencarnya ANDROID sekarang ini, mungkin perlu masuk pertimbangan anda, ada berapa banyak pengguna ANDROID, kemampuan masyarakat dalam daya belinya, dsb ( apakah tetek bengek ini perlu anda pikirkan ?? Hmm,,think about it ).
    So,,bila ANDROID adalah pilihan anda untuk developed aplikasi anda, Google sangatlah membantu sekali dalam ketersediaan API nya, dengan ribuan developer yang sudah terjun ke dalamnya

    Lalu bagaimana database dari mobile itu sendiri ?? salah satu cara saat ini ( i mean,, saat ini ) dengan menggunakan RSS Feed / feeder dari database anda dapat menjadi pilihan. Aplikasi mobile anda dapat menyediakan field untuk link source dari target url feeder database anda, jadi source url dapat untuk user ubah kapan saja. Aplikasi akan GET feeder dari server dan menampilkan data pada aplikasi,,apakah perlu dengan parameter ? itu anda tentukan sendiri... U are the analist tho

    Bagaimana untuk mengukur performances sistem,,,well,,well,,well,,,pertanyaan itu butuh waktu untuk dijawab, setelah sistem itu anda buat. IMO, jangan terlalu pikirkan dulu masalah performances, bentuk dulu sistemnya, mau aplikasinya masih " ucing " gpp,,namanya development, hal itu berkesinambungan,,,dan performances adalah tuntutan akhir yang juga " dijawab " berkesinambungan dengan terusnya development yg ada. Bila anda practical ... maka anda juga akan mengatakan, TIDAK ADA TOOLS YANG DAPAT UNTUK MENGUKUR PERFORMANCES ITU . tiap logic itu berbeda, terkadang PERFORMANCES YANG LAMBAT adalah suatu hal yg lumrah tergantung terhadap aktifitas sistem, so ... jawaban mengenai performances adalah hal sangat terkait dengan kebijaksanaan cara pandang, baik dari sisi anda, maupun user .. dan pertengahan itu lebih baik

    yup, sekian dari saya,, mungkin rekan2 yang lain ada tambahan,

    regard,

    Comment


    • #3
      Re: Model Programming dan Software Development

      Satu komentar pertama.
      Berat banget di duitnya. Oracle berapa duit Sql server berapa duit. Kalo digabung muahal banget. Ini pasti mikirnya pake b*j*k*n. Kalo pake legal kagak bakal kepikir ke sini.
      Performa lambat atau kenceng itu tergantung design. Kalo designnya salah lambat.
      Kalo multi database itu layernya banyak yang harus komunikasi jadinya lebih lambat.
      Belum lagi managemen loginnya. Harus bikin 2 tempat. harus bikin macem-macem 2 tempat.
      Managemen jangka panjangnya susah. Terutama managemen bug. Makin komplek
      makin berasa waktu maintenance terutama kalo developernya sudah menghilang.
      Tolong kebutuhan kayak gini juga diperhatikan. Soalnya kecepatan dan kebutuhan bisnis bukan segalanya. Ada kebutuh programmer yaitu kemudahan maintenance, reusablility juga diperhatikan.

      Mendingan 1 aja. Pengetahuan dan proses pembelajarannya jadi lebih cepat.

      Untuk pertukaran data sebaiknya pake web service saja. Jadi database tidak diexpose keluar melainkan melalui applikasi web service. Ini yang biasanya dipake untuk bertukar data ke mobile (dulu ane programmer mobile).

      Comment

      Working...
      X