Announcement

Announcement Module
Collapse
No announcement yet.

Seputar Robotika

Page Title Module
Move Remove Collapse
X
Conversation Detail Module
Collapse
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Seputar Robotika

    http://jayantoroboticist.blogspot.com/ selamat dibuka ada artikel tentang robitka disini

  • #2
    Re: Seputar Robotika

    Originally posted by jayantoAIR View Post
    http://jayantoroboticist.blogspot.com/ selamat dibuka ada artikel tentang robitka disini
    sedikit amet ngomongnya...
    nih saya bantuin deh

    Robot merupakan gabungan dari beberapa rangkaian komponen elektronika yang menjadi satu kesatuan. Robot dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa aspek :
    1. Berdasarkan cara geraknya :
    - Autonomous
    Memiliki kecerdasan buatan manusia sehingga bisa bergerak sesuai program yang diberikan dan menerima input dari beberapa sensor;
    - Non-Autonomous
    Tidak memiliki kecerdasan buatan menerima perintah yang dikirim melalui RC yang bertransmisi IR, bluetooth, RF dll.
    2. Berdasarkan alat geraknya :
    - Multiple=bergerak dengan kaki yang banyak;
    - Biped=bergerak dengan 2 kaki seperti manusia;
    - Wheeled=bergerak dengan roda seperti mobil;
    - Caterpillar=bergerak dengan track ( roda tank );
    - Propeller= bergerak dengan baling-baling.
    3. Secara bentuk namun jumlahnya tak terbatas karena robot merupakan penerapan daya inovasi dan kreasi dari pembuatnya dan bentuknya bisa bermacam-macam. Contoh : manusia (humanoid), serangga, binatang dll;
    4. Secara fungsi juga tak terbatas tergantung si pembuat.

    Comment


    • #3
      Re: Seputar Robotika

      Selanjutnya:

      saya robot sama seperti manusia karena robot memiliki beberapa komponen penting sama seperti kita, manusia. Contohnya :
      - Microcontrollor menggantikan Otak;
      - Batere menggantikan Jantung;
      - Kamera menggantikan mata;
      - Buzzer menggantikan mulut;
      - Sensor menggantikan indera;
      - Sensor menggantikan panca indera;
      - Kabel menggantikan syaraf;
      - Motor menggantikan alat gerak dan persendian;
      - Body menggantikan tulang.

      Comment


      • #4
        Re: Seputar Robotika

        y karena ada sedikit masalah dengan upload gambarnya bro maknya sedikit sekli ngomongnya

        Comment


        • #5
          Re: Seputar Robotika

          Originally posted by jayantoAIR View Post
          y karena ada sedikit masalah dengan upload gambarnya bro maknya sedikit sekli ngomongnya
          diupload donk masbro
          biar kita pada liat

          Comment


          • #6
            Re: Seputar Robotika

            Originally posted by spokcat View Post
            diupload donk masbro
            biar kita pada liat
            kalo ada foto diupload aja

            Comment


            • #7
              Re: Seputar Robotika

              Originally posted by vodavava View Post
              kalo ada foto diupload aja
              wah jangan ke ane donk...
              bilang sama agan jayantoair aja gan

              Comment


              • #8
                Re: Seputar Robotika

                Originally posted by spokcat View Post
                wah jangan ke ane donk...
                bilang sama agan jayantoair aja gan
                jiah si agan!
                biar ada yang bisa diliat gan

                Comment


                • #9
                  Re: Seputar Robotika

                  Originally posted by spokcat View Post
                  Selanjutnya:

                  saya robot sama seperti manusia karena robot memiliki beberapa komponen penting sama seperti kita, manusia. Contohnya :
                  - Microcontrollor menggantikan Otak;
                  - Batere menggantikan Jantung;
                  - Kamera menggantikan mata;
                  - Buzzer menggantikan mulut;
                  - Sensor menggantikan indera;
                  - Sensor menggantikan panca indera;
                  - Kabel menggantikan syaraf;
                  - Motor menggantikan alat gerak dan persendian;
                  - Body menggantikan tulang.
                  betul ituh,,,
                  masih bnyk lagi analogi yang bisa digunakan sbagai perbandingan robot dengan manusia

                  contohnya ini nih

                  Comment


                  • #10
                    Re: Seputar Robotika

                    Originally posted by mnemonic1956 View Post
                    betul ituh,,,
                    masih bnyk lagi analogi yang bisa digunakan sbagai perbandingan robot dengan manusia

                    contohnya ini nih

                    "ini" juga gan

                    Comment


                    • #11
                      Re: Seputar Robotika

                      Originally posted by jayantoAIR View Post
                      http://jayantoroboticist.blogspot.com/ selamat dibuka ada artikel tentang robitka disini
                      blog nya masih sepi pembahasan robot,,,,mending bikin thread khusus robot yang sudah pernah dibuat

                      Comment


                      • #12
                        Re: Seputar Robotika

                        Originally posted by spokcat View Post
                        blog nya masih sepi pembahasan robot,,,,mending bikin thread khusus robot yang sudah pernah dibuat
                        thanks bro masukkannya

                        Comment


                        • #13
                          Re: Seputar Robotika

                          Ada yang masih ngeganjel soal robot... kenapa kalo kita bicara robot kesan yang didapat hanyalah sebuah mesin yang mirip manusia atau bagian dari manusia (tangan, kaki, mata, dll) saja yaaa..... kalo nggak gitu seperti kendaraan (mobil, motor, tank,dll)

                          Coba aja tanya ke rata2 orang "apa yang anda tahu soal robot?". Pasti jawabannya 80% keatas kira2 seperti yang saya ucapkan diatas...

                          Padahal robot itu sendiri banyak diaplikasikan di dunia industri dengan bentuk yang sama sekali beda dengan manusia/kendaraan baik secara utuh atau sebagian...

                          Comment


                          • #14
                            Re: Seputar Robotika

                            Originally posted by Mas Penk View Post
                            Ada yang masih ngeganjel soal robot... kenapa kalo kita bicara robot kesan yang didapat hanyalah sebuah mesin yang mirip manusia atau bagian dari manusia (tangan, kaki, mata, dll) saja yaaa..... kalo nggak gitu seperti kendaraan (mobil, motor, tank,dll)

                            Coba aja tanya ke rata2 orang "apa yang anda tahu soal robot?". Pasti jawabannya 80% keatas kira2 seperti yang saya ucapkan diatas...

                            Padahal robot itu sendiri banyak diaplikasikan di dunia industri dengan bentuk yang sama sekali beda dengan manusia/kendaraan baik secara utuh atau sebagian...

                            iya yaaaaaaahhh
                            padahal robot pengintai dari jepang punya bentuk yang beda sama orang pd umumnya
                            kayak ini nih robot pengintai jepang

                            Comment


                            • #15
                              Re: Seputar Robotika

                              walah-walah....
                              Nie trit kok gak rame sie..padahal keknya seru...
                              Last edited by j0ex; 19-01-2011, 22:00.

                              Comment

                              Working...
                              X