[Review] Axioo PicoPad
Welcome guest, is this your first visit? Create Account now to join.
  • Login:

Welcome to the CHIP Forum.

If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed.

+ Reply to Thread
Page 1 of 6 1 2 3 4 5 6 LastLast
Results 1 to 10 of 52

Thread: [Review] Axioo PicoPad
  
Bookmark and Share

  1. #1
    Join Date
    Aug 2004
    Location
    Makassar, Indonesia
    Posts
    2,765
    Thanks
    4
    Thanked 7 Times in 7 Posts
    Rep Power
    28

    [Review] Axioo PicoPad



    AXIOO PICOPAD



    OUT BOXING





    Website & Full Spec:

    http://www.axiooworld.com/region/ind...ountry=axioosg

    Sekilas Mengenai Axioo Picopad



    Setelah apple mengeluarkan produk tabletnya, maka berlomba-lomba para produsen komputer lain mengeluarkan juga perangkat tabletnya, tidak ketinggalan juga Axioo sebagai salah satu merk lokal di Indonesia mengeluarkan produk tabletnya yang di label PicoPad dengan di persenjatai OS Android 2.2 dan layar 7", dengan kombinasi warna dominan hitam dan pinggiran silver, terdapat 4 tombol touch pada layar kanan depan yang berfungsi sebagai tombol back,search,home dan setting (menu). Untuk tombol Power/Lock terdapat pada sisi kiri, juga terdapat 2 buah speaker pada sisi kiri dan kanan, untuk tempat kartu SIM dan MiniSDCard terdapat pada sisi atas demikian juga untuk tombol volume. pada sisi bawah terdapat tombol reset,port mini USB (charge/data),microphone, serta port audio untuk jack headset (3,5mm)

    Sesuai dengan buku petunjuk produk ini dalam bundle picopad terdapat : tablet picopad, pouch (Kulit Pembungkus), Kabel Data USB, Adaptor Charger, microSD 16giga, kabel headset & buku petunjuk. Berhubung saya membeli produk ini pada waktu pameran dan promo saya juga mendapatkan headset bluetooth beserta adaptor chargernya dan lapisan anti gores (menurut penjualnya sih...)

    Diposisikan sebagai sebuah perangkat tablet dengan mempunyai fungsi telepon dan sms, Axioo picopad ini bisa disebut sebagai sebuah perangkat Handphone dengan layar super besar , dibanding dengan produk Apple ipad, Axioo picopad secara native mendukung fungsi telepon dan sms layaknya sebuah hp, untuk melakukan panggilan atau menjawab telepon anda bisa menggunakan speaker dan microphone yang terdapat pada perangkat ini, atau untuk lebih privasi anda bisa menggunakan headset atau perangkat headset bluetooth jika hendak menerima atau menjawab panggilan telepon.

    Untuk koneksi data/internet picopad dapat menggunakan jaringan GSM/3G atau jaringan WIFI, selain itu picopad juga melakukan sharing akses internet dengan menjadikan dirinya sebagai sebuah hotspot access point.

    Dengan lebar layar 7" (800 x 480) WVGA touchscreen capacitive, layar picopad sudah mendukung fungsi multitouch, jadi pengoperasian layar bisa menggunakan 2 jari seperti untuk melakukan fungsi zoom pada gambar. pengoperasian touchscreen sangat responsive dan menyenangkan.

    Dengan "hanya" di persenjatai prosesor Quallcomm 600mhz dan RAM sebesar 512 mb, pengoperasian OS android 2.2 ini masih terasa mulus, walau ada terasa sedikit lag pada beberapa aplikasi pada waktu sedang di jalankan. tapi info yang didapat dari program Androind System Info Total RAM yang ada hanya sebesar 405 mb.



    OS ANDROID 2.2 FROYO



    Pada Android 2.2 PicoPad ini terdapat Lima Layar Utama (Home Screen) yang berfungsi sebagai lokasi shortcut, Widget dan folder, untuk membuat sebuah shortcut pada layar utama tekan agak lama maka muncul menu Add to HomeScreen shortcuts,Widget,Folder atau Wallpapers.
    Pada layar utama kita bisa menempatkan Live Wallpaper. Sayangnya walaupun mendukung fungsi auto rotate dan accelerometer, tampilan Home Screen dan Tampilan Layar Menu hanya bisa menampilkan layar Landscape. Dengan Google Certificate pada picopad terinstall lengkap aplikasi Google.


    FUNGSI TELEPON DAN SMS/MMS



    Seperti yang telah di sebutkan di atas PicoPad mendukung fungsi telepon dan sms/mms layaknya sebuah handphone, selain itu terdapat juga dukungan skype untuk melakukan panggilan via internet, sayangnya walau PicoPad ini mempunyai fungsi kamera depan (0,3 Mega), PicoPad belum mempunyai fungsi untuk melakukan panggilan/menerima videocall lewat jaringan 3G operator. tapi setidaknya dengan sudah tersedianya kamera depan, ke depannya tinggal menunggu upgrade firmware untuk dukungan video call. untuk data contact bisa dilakukan synchronize dengan accout Gmail kita, sehingga kita bisa melakukan update data contact atau keperluan backup/restore data.

    [FUNGSI KAMERA]



    Terdapat 2 buah kamera pada PicoPad, Kamera depan hanya 0,3 megapixel dan Kamera Belakang dengan dukungan 3 megapixel Autofocus, selain untuk menangkap gambar, kamera ini juga bisa berfungsi sebagai perekam video. terdapat fungsi Geotag dan fasilitas digital Zoom hingga 4x, untuk pengaturan gambar tersedia fungsi WhiteBalance.
    Last edited by ridsa; 27-01-2011 at 09:18. Reason: update

  2. #2
    Join Date
    Aug 2004
    Location
    Makassar, Indonesia
    Posts
    2,765
    Thanks
    4
    Thanked 7 Times in 7 Posts
    Rep Power
    28

    Re: [Review] Axioo PicoPad



    OFFICE, HIBURAN,MULTIMEDIA & INTERNET



    Tablet PicoPad secara default sudah terinstall aplikasi Google (Google Seach,Map,Gmail,Talk,Navigation,Places) fasilitas e-book reader, Office (Document to Go), Multimedia Player & Gaming.

    Untuk fungsi hiburan fasilitas PicoPad cukup lengkap, tersedia musik player dan video player dgn dukungan codec aac,mp3,wave,midi,amr & ogg untuk video h.263, h.264 & mp4, selain itu kita bisa menggunakan media player lain yang bisa kita download dari Android Market.

    Sebagai Tablet fungsi e-reader juga telah tersedia seperti aplikasi Aldiko terinstall secara default dan terdapat 2 buah e-book gratis untuk di baca yaitu Sun-Tzu - The Art Of War & H.H. Wells - The Invisible Man, untuk mendapatkan e-book lain kita tinggal terhubung ke internet dan memilih katalog yang tersedia pada Aldiko Online Catalog.


    Fungsi Office tersedia Documents To Go tersedia dalam full version dimana tersedia fungsi word,Sheet,Slideshow & PDF

    Fasilitas Internet yang di berikan juga cukup lengkap, untuk melakukan koneksi internet tersedia koneksi WIFI dan GSM 3G, browser sudah mendukung modus HTML, jadi kita bisa melakukan browsing full HTML layaknya di pc, sayang CPU tidak mendukung flash, jadi tidak bisa menampilkan konten adobe Flash, Untuk fungsi jaringan sosial sudah tersedia lengkap seperti Facebook & Twitter untuk fungsi messanger tersedia Google Talk dan untuk Messanger lain kita bisa mendownloadnya di Android Market, untuk Fasilitas Push Mail juga telah tersedia kita tinggal melakukan konfigurasi dan pengaturan.

    Dengan adanya fungsi accelerometer dan multitouch gaming pada PicoPad membawa pengalaman yang lebih menyenangkan dan menghibur, preinstalled game tersedia Angry Birds & Raging Thunder.

    BENCHMARK




    KESIMPULAN

    Bagi yang sudah pernah menggunakan handphone berbasis Android, menggunakan Axioo PicoPad ini serasa menggunakan handphone Android dengan layar super besar, dengan Android 2.2 PicoPad ini memberikan sarana komunikasi dan hiburan ke tingkat yang lebih tinggi. dengan layar full multitouch 7", pengalaman gaming,browsing dan membaca e-reader terasa nyaman. tombol utama yang berjumlah 4 dilayar yang merupakan tombol sentuh terlalu sensitif, apalagi jika picopad ini digunakan tanpa pouch, seringkali jari-jari menyentuh ke empat tombol tersebut karena letaknya pas di pinggir, jadi disarankan menggunakan pouch yang diberikan, Dengan Dukungan Aplikasi pada Android Market, Fungsi PicoPad ini bisa lebih di optimalkan dan di customize sesuai dengan selera dan keperluan dari user. dengan harga jual 4,2 Juta Axioo PicoPad ini layak untuk dipertimbangkan sebagai sebuah alternative pc tablet.

    [+] The Good
    - Android 2.2
    - Layar Multitouch dan cukup responsif
    - Speaker Stereo
    - Koneksi Data lengkap ( Bluetooth,WIFI,GSM 3G & Kabel USB)

    [-] The Bad
    - tombol touchscreen terlalu sensitif
    - CPU Hanya 600mhz
    - Kinerja Buruk dalam mengakses file PDF yang berukuran besar
    Last edited by ridsa; 01-01-2012 at 11:00. Reason: update....update !!

  3. #3
    Join Date
    Aug 2004
    Location
    Makassar, Indonesia
    Posts
    2,765
    Thanks
    4
    Thanked 7 Times in 7 Posts
    Rep Power
    28

    Re: [Review] Axioo PicoPad



    HASIL JEPRETAN KAMERA



    UPDATE

    Cara rooting Picopad

    1. download superoneclick versi 1.6.5
    2. copy semua driver picopad ke folder superoneclick
    3. matikan antivirus !
    4. jalankan superoneclick
    5. tunggu sebentar dan beres !!!

    rata-rata tutorial yang beredar menyarankan root dgn windows XP tapi setelah saya coba di windows 7 tidak masalah !
    Last edited by ridsa; 03-08-2011 at 15:03. Reason: update rooting

  4. #4
    Join Date
    Jun 2006
    Location
    Jakarta Cipulir - kemayoran (PRJ)
    Posts
    934
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    19

    Red face Re: [Review] Axioo PicoPad



    Quote Originally Posted by ridsa View Post
    Dengan "hanya" di persenjatai prosesor Quallcomm 600mhz dan RAM sebesar 256 mb, pengoperasian OS android 2.2 ini masih terasa mulus, walau ada terasa sedikit lag pada beberapa aplikasi pada waktu sedang di jalankan.
    duh .... cuma pake quallcom 600mhz dan ram 256mb di paksa pake layar 7" ........

    sampai ga bisa berkata apa2 lg gw .....
    clik gw donk

    http://www.herowar.com/recruit.phtml?id=23856

    1hari 1x aja udah mak nyoss.... thx





    poke-poke
    Poke poke

  5. #5
    Join Date
    Aug 2004
    Location
    Makassar, Indonesia
    Posts
    2,765
    Thanks
    4
    Thanked 7 Times in 7 Posts
    Rep Power
    28

    Re: [Review] Axioo PicoPad



    Quote Originally Posted by pocepoke View Post
    duh .... cuma pake quallcom 600mhz dan ram 256mb di paksa pake layar 7" ........

    sampai ga bisa berkata apa2 lg gw .....
    koreksi menurut data spesifikasi produk RAM-nya adalah 512mb bukan 256mb seperti yang saya sebutkan. Yup dengan cpu hanya 600mhz terasa banget bebannya jika menjalankan aplikasi yang berat.
    Last edited by ridsa; 16-01-2011 at 22:07.

  6. #6
    Join Date
    Apr 2008
    Location
    Jkt
    Posts
    427
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    13

    Re: [Review] Axioo PicoPad



    Nanggung di cpunya nih, coba kalau pakai arm cortex, langsung ane incer

  7. #7
    Join Date
    Nov 2005
    Posts
    11,061
    Thanks
    111
    Thanked 184 Times in 85 Posts
    Rep Power
    58

    Re: [Review] Axioo PicoPad



    Nice review bro! Gadget yang menarik!

    Sangat disayangkan memang CPUnya hanya 600 Mhz. Mungkin tujuannya untuk menghemat batere ya... Tapi dengan speed segitu memang dirasa kurang, apalagi jika dipakai untuk menjalankan film HD di resolusi yang disupport gadget ini.
    Btw, baterenya tahan berapa lama ya? Mungkin bisa diilustrasikan sedikit dari pemakaian bro supaya kita semua bisa mendapatkan sedikit gambarannya.

    Dan ohya, dengan OS Android v2.2 Froyo, berarti gadget ini sudah bisa langsung install aplikasi dan games langsung ke memori external/ microSD nya kan? Kalau v2.1 Eclair installnya masih ke memori internal. CMIIW...

    IMHO, harga 4.2 juta dengan Android Froyo dan layar lebar menjadikannya pilihan yang menarik untuk gadget berbasis Android yang memang sedang populer saat ini. Apalagi gadget ini juga datang dengan bundle micro SDHC 16 GB dan game Angry Bird, menjadikannya semakin menarik lagi untuk dilirik terutama karena valuenya.



  8. #8
    Join Date
    Aug 2004
    Location
    Makassar, Indonesia
    Posts
    2,765
    Thanks
    4
    Thanked 7 Times in 7 Posts
    Rep Power
    28

    Re: [Review] Axioo PicoPad



    Yup dengan Android 2.2, aplikasi yang terinstall bisa di pindahkan ke SDcard jadi tidak perlu kuatir akan kekurangan memory penyimpanan

    Sejauh ini pemakaian rata-rata (standy,3G aktif,browsing,gaming seperlunya) seharian bisa tahan sekitar 10-12 jam, cukup lumayan menurut saya. Untuk pemakaian full browsing (3G Aktif) non stop bisa tahan 3-4 jam dengan kondisi awal battery full, untuk waktu charge hingga battery penuh di perlukan waktu sekitar 3-4 jam.


    Menurut saya dengan cpu 600mhz, sejauh ini menjalankan beberapa aplikasi lumayan lancar, walau ada sedikit lag pada aplikasi yang berat seperti Adobe PDF Reader.

    Kalau ada waktu akan saya akan oprek dan posting kemampuan PicoPad ini....
    Last edited by ridsa; 18-01-2011 at 21:12. Reason: edit update

  9. #9
    Join Date
    Nov 2007
    Posts
    1,341
    Thanks
    0
    Thanked 7 Times in 7 Posts
    Rep Power
    17

    Re: [Review] Axioo PicoPad



    nice review.
    lagi tertarik juga nih sama gadget ini, karena features dan packagesnya yang komplit. walau sayang CPU agak kurang (coba snapdragon 8250/8255) dan ROM 512.

    Quote Originally Posted by ridsa View Post
    Yup dengan Android 2.2, aplikasi yang terinstall bisa di pindahkan ke SDcard jadi tidak perlu kuatir akan kekurangan memory penyimpanan
    di Froyo pun tidak semua aplikasi secara default bisa di pindah/install ke SD, tergantung aplikasinya.
    kemarin juga teman ane pakai Desire (froyo) ROM-nya kepenuhan, harus nyari2 cara buat mindahin aplikasi yang tidak bisa dipindah ke SD. akhirnya bisa juga tanpa harus nge-root.

    satu pertanyaan, ini support HW3D ga ya?

  10. #10
    Join Date
    Aug 2004
    Location
    Makassar, Indonesia
    Posts
    2,765
    Thanks
    4
    Thanked 7 Times in 7 Posts
    Rep Power
    28

    Re: [Review] Axioo PicoPad



    Quote Originally Posted by tri_zet View Post
    nice review.
    lagi tertarik juga nih sama gadget ini, karena features dan packagesnya yang komplit. walau sayang CPU agak kurang (coba snapdragon 8250/8255) dan ROM 512.



    di Froyo pun tidak semua aplikasi secara default bisa di pindah/install ke SD, tergantung aplikasinya.
    kemarin juga teman ane pakai Desire (froyo) ROM-nya kepenuhan, harus nyari2 cara buat mindahin aplikasi yang tidak bisa dipindah ke SD. akhirnya bisa juga tanpa harus nge-root.

    satu pertanyaan, ini support HW3D ga ya?
    yup tidak semua aplikasi bisa pindah ke SDCard tergantung aplikasinya, malah hasil test kemarin saya perhatikan walau aplikasi sudah dipindahkan ke SDCard ternyata masih ada juga filenya yang tertinggal di ROM, jadi walaupun SDCard gede tapi kalau ROMnya kekecilan, aplikasi akan gagal terinstall karena ROM-nya kepenuhan. spek mengatakan bahwa ROM adalah 512mb tapi space yang tersedia hanya max 170mb mungkin sisa spacenya di alokasikan untuk firmware dan cache.

    ada aplikasi di market kalau tidak salah App2SDcard namanya, untuk memindahkan aplikasi yang tidak support secara native pindah ke SCcard

    HW3D ? Hardware 3D ? kalau game3D sih mendukung bisa dicoba di game Raging Thunder, atau Glider 2.
    Last edited by ridsa; 22-01-2011 at 07:14.


 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

     

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts