cara bersihin virus di jaringan ??
Welcome guest, is this your first visit? Create Account now to join.
  • Login:

Welcome to the CHIP Forum.

If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed.

+ Reply to Thread
Results 1 to 2 of 2

Thread: cara bersihin virus di jaringan ??
  
Bookmark and Share

  1. #1
    Join Date
    Aug 2005
    Posts
    661
    Thanks
    2
    Thanked 1 Time in 1 Post
    Rep Power
    19

    cara bersihin virus di jaringan ??



    mo tanya cara bersihin virus di jaringan ??
    emang harus dilepas semua kabel lan nya ya, terus diformat ulang semua komputernya ?? pakai avg sering nya masih tembus semua, virusnya itu sering nya sality dan autorun virus, atau ada cara lain misalnya dibersihkan satu persatu tanpa mencopot kabel lan ... ada saran ??

  2. #2
    Join Date
    Nov 2006
    Location
    kuningan Jakarta
    Posts
    1,521
    Thanks
    2
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    20

    Re: cara bersihin virus di jaringan ??



    Pada dasarnya pembersihan virus dalam jaringan itu ibarat orang sakit yang terjangkit penyakit menular dalam satu wilayah. Untuk menyembuhkan orang2x dalam satu wilayah tersebut maka orang2x tersebut musti diisolir satu dengan lainnya dan diobati satu-satu. Karena percuma kalau mengobati satu orang dalam wilayah yang masih terjangkiti penyakit. Kecuali kalau penyakitnya tidak menular maka tidak perlu diisolir.

    Begitu pula dengan komputer dalam satu jaringan, untuk malware yang dapat menyebar melalui jaringan maka lebih baik memutuskan jaringan antara satu kompie dengan lainnya, agar penyembuhan lebih efektif dan terfokus. langkahnya ga perlu cabut kabel lan satu2x, cukup matikan switchnya saja, langsung disconect semuanya.

    ada cara lain sih, misal kompie client terhubung dengan kompie server, kompie server bisa menscan kompie client dengan menggunakan AV Internet Securitynya, dengan catatan si kompie server tidak terinfeksi malware juga.

    Untuk kompie yang terkena sality mmmmm pembersihan ga ada pilihan selain pembersihan diluar system, cabut HDD lalu scan pakai kompie lain dengan AV yang bisa meng"heal" bukan mendelete filenya, gw biasa pakai Norton dan McAfee untuk meng"heal" file yang terinfeksi, memang .... ada sebagian file yang masih bisa dipakai lagi dan ada pula yang tidak bisa dipakai sama sekali, makanya banyak yang menyarankan untuk install ulang kompienya biar total sembuhnya, tapi option tersebut kembali ke pribadi masing2x, kalau untuk pencegahannya agar tidak terjangkiti sality lagi gunakan AV yang mantab lahh yang sering direkomendasi orang dan si user tetep waspada terhadap kegiatan berkompienya.

    CMIIW
    Last edited by dirgahary; 18-01-2011 at 08:31.


 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

     

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts