Mengenal cetak foto wideformat untuk berbagai keperluan cetak besar
Welcome guest, is this your first visit? Create Account now to join.
  • Login:

Welcome to the CHIP Forum.

If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed.

+ Reply to Thread
Results 1 to 2 of 2

Thread: Mengenal cetak foto wideformat untuk berbagai keperluan cetak besar
  
Bookmark and Share

  1. #1
    Join Date
    Aug 2005
    Location
    Jakarta
    Posts
    350
    Thanks
    0
    Thanked 1 Time in 1 Post
    Rep Power
    18

    Mengenal cetak foto wideformat untuk berbagai keperluan cetak besar



    Saat ini cetak foto udah jadi komoditas umum, banyak orang yg usaha cetak foto dengan macam2 mesin. Apalagi semakin banyak printer inkjet yang 6 warna, tinta pun bisa refill lagi. Cetakan foto dari mesin semacam itu meski tidak bagus tapi bisa diterima buat sekedar iseng atau coba-coba. Tapi setelah setahun, foto yg dicetak dgn tinta abal-abal akan pudar, makanya orang akhirnya tetap memilih cetak di fotolab meski lebih mahal.

    Sekedar info, fotolab punya mesin yg kemampuan produksinya tinggi tapi cuma bisa mencetak ukuran kecil (sekitar 20R kebawah). Untuk ukuran besar perlu memakai mesin wideformat seperti plotter. Dengan mesin wideformat, foto bisa dicetak sampai ukuran 1 meter lho.

    Membayangkan mesin wideformat itu jangan lantas disamakan dengan digital print. Soalnya digital print itu untuk keperluan banner dan spanduk, warna terbatas tapi tahan dipasang outdoor. Kalau wideformat yang saya maksud adalah mesin cetak foto dgn standar kualitas lab tapi bisa ukuran besar. Kertasnya pun tetap kertas foto, dan ketajaman serta gradasi warna ya sama seperti fotolab.

    Beberapa merk yang produknya populer diantaranya merk C****, H**** dan E**** (sori merk saya sensor karena bukan promosi). Mereka adalah produsen wide format print yang sanggup untuk mencetak dengan ukuran besar seperti 24 inci, 44 inci maupun 60 inci. Teknologi tinta yang dipakainya adalah jenis pigmen yang bisa dipakai untuk berbagai media cetak seperti kertas foto, kertas Fine Art maupun kertas kanvas. Hasil cetak mesin semacam ini sudah mampu memenuhi standar kebutuhan cetak galeri foto, seniman profesional maupun jasa layanan cetak fotografi kelas atas.

    Mengenai tinta yang dipakai untuk keperluan mencetak sebenarnya terbagi dalam dua jenis, yaitu dye based ink dan pigment based ink. Dye based ink merupakan jenis tinta yang umum digunakan untuk tinta mesin cetak inkjet biasa, tinta jenis ini memiliki ukuran partikel yang kecil, sehingga mudah larut dalam air. Sedangkan pigment based memiliki ukuran partikel yang lebih besar, sehingga tidak mudah larut dalam air. Oleh karena itu, penggunaan pigment based ink pada pencetakan membuat hasil cetakan menjadi tidak luntur bila terkena air. Selain itu pigmen ink merupakan terobosan baru dalam teknik cetak, sehingga keawetan hasilnya bisa bertahan sangat lama.

    Untuk variasi warna yang dimiliki masing-masing merk mesin cetak memang bervariasi. Sebagai warna dasar untuk kebutuhan cetak foto memang C (Cyan), M (Magenta), Y (Yellow) dan K (Black). Namun untuk kedalaman gradasi dan supaya bisa mencakup sebanyak mungkin /gamut warna, berbagai merk memberi lebih banyak tambahan warna sehingga bisa punya 10-12 warna.

    Kertas foto

    Di pasaran terdapat berbagai jenis kertas yang biasa dipakai untuk mencetak foto, diantaranya :

    Resin Coated (RC) paper : kertas foto dengan lapisan resin, sehingga bisa menyerap tinta secara perlahan tanpa membuat kertas menggelembung. Kertas jenis ini sangat populer karena cukup murah dan mampu memberi kekayaan warna yang tinggi. Kertas RC ini bisa memiliki tekstur permukaan yang halus dan mengkilap (glossy), agak mengkilap (semi-gloss/satin), sedikit mengkilap (luster) dan tidak mengkilap (matte/doff).

    Cotton rag paper : biasa disebut juga dengan FineArt paper, dibuat dari bahan katun yang lebih kaya tekstur dibanding kertas inkjet lain dan juga lebih tahan lama. Kertas jenis ini lebih mewah dan lebih tebal dari kertas foto biasa, namun memiliki kualitas yang lebih baik, warna dan kontras yang tinggi serta cocok digunakan untuk galeri seni atau pameran foto.

    Selain itu untuk mengukur ketebalan dan kepadatan bahan dari kertas foto, digunakan ukuran gsm (gram per square meter). Kertas foto memiliki berat yang bervariasi antara 220-280 gsm, sementara kertas FineArt biasanya antara 300-400 gsm. Semakin berat bobot sebuah kertas maka semakin tebal pula kertas tersebut.

    Kanvas

    Kanvas termasuk kedalam hasil tenun seperti kain namun memiliki kekuatan yang lebih baik dari kain biasa. Kanvas bisa diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan seperti membuat tas atau sepatu. Dalam karya seni, kanvas putih yang dibentangkan pada kayu persegi, menjadi media yang dipakai para seniman untuk melukis dengan minyak atau cat warna. Bahan penyusun kanvas adalah kain katun atau linen, dengan tekstur yang khas membuat kanvas bisa sangat beragam.

    Di saat teknologi semakin maju, kanvas juga bisa digunakan sebagai media cetak digital. Tentunya untuk itu tidak sembarang kanvas bisa dicetak. Mesin cetaknya pun khusus, dengan teknologi tinta pigmen yang tahan lama meski memang lebih mahal dari teknologi ink-jet. Untuk kanvas yang bisa dicetak, saat ini banyak produsen yang menyediakan kanvas dalam bentuk gulungan sehingga bisa dipasang di roll printer. Kanvas yang didesain khusus untuk cetak digital sudah memiliki lapisan yang sesuai dengan jenis tinta pigmen sehingga penyerapannya optimal, dan hasilnya juga memuaskan.

    Kanvas yang didesain khusus untuk dicetak punya beragam variasi jenis mulai dari ketebalan hingga bahan penyusunnya. Ketebalan kanvas bervariasi antara 300-400 gsm, sementara bahan penyusun bisa berupa campuran (poly cotton) atau 100% cotton. Ada juga kanvas yang lapisan luarnya diberi pemutih sehingga akan menghasilkan kontras yang lebih tinggi, namun ada juga yang jenisnya natural white alias tidak terlalu putih terang. Seperti layaknya kertas foto, kanvas juga dibedakan dari sifat permukaan yang licin dan kilap (glossy) atau yang tidak kilap (doff/matte) dimana ini sesuai dengan selera masing-masing.

    Setiap kanvas punya kualitas yang berbeda sesuai dengan harganya. Kanvas premium didesain dengan sangat rapi, mampu menghasilkan karya cetak yang warnanya lebih hidup, punya rentang gamut yang lebar, gradasi yang terlihat halus dan keawetan yang telah diuji sampai 200 tahun. Kini pemakaian kanvas sebagai cetak foto banyak dimanfaatkan untuk dekorasi ruangan, cetak foto kanvas (wedding atau foto keluarga) sampai reproduksi karya seni (Giclee) bagi seniman yang ingin karyanya dipamerkan di galeri. Aplikasi kanvas yang umum adalah dengan dipasang pada bingkai, namun ada juga yang lebih suka dipasang di spanram (gallery wrap).

    Tips

    Dalam memilih kertas foto, selain mempertimbangkan jenis dan beratnya, ada baiknya mengenal juga hal-hal lain yang cukup penting seperti :
    • Penyerapan tinta, karena setiap kertas bisa berbeda tingkat penyerapan dan kertas foto dirancang untuk menyerap tinta secara perlahan dan tidak berlebihan, bandingkan dengan kertas biasa yang sangat meyerap tinta. Untuk itu kertas khusus cetak foto dilapisi coating khusus yang mampu menyerap tinta secara terkendali.
    • Brightness, sebuah ukuran tentang banyaknya sinar yang dipantulkan oleh permukaan kertas, dengan skala 0 sampai 100% (semakin tinggi maka semakin ‘terang’ kertas tersebut). Kertas yang punya brightness tinggi mampu memberikan kontras yang lebih baik dan juga warna yang lebih terang. Untuk membuat kertas lebih terang ada lapisan khusus yang disebut OBA (Optical Brightening Agents).
    • Kewaetan, berkaitan dengan seberapa lama kertas bisa bertahan sebelum akhirnya mulai menunjukkan tanda-tanda dimakan usia seperti pudar, menguning dan retak. Awalnya dulu dengan tinta inkjet, keawetan hasil cetak memang hanya sebentar, sehingga tidak cocok untuk kebutuhan profesional. Dengan teknik cetak modern berbasis pigmen, beberapa riset yang dilakukan menyimpulkan keawetan hasil cetakan bisa mencapai 200 tahun.
    • Pilihlah tempat cetak foto besar dan kanvas yang terpercaya, punya mesin yg khusus dengan tinta pigmen asli, lalu punya berbagai pilihan kertas dan kanvas berkualitas tinggi.

  2. The Following User Says Thank You to erwinmul For This Useful Post:

    deksiberu (30-08-2012)

  3. #2
    Join Date
    Mar 2009
    Posts
    13
    Thanks
    0
    Thanked 1 Time in 1 Post
    Rep Power
    0

    Re: Mengenal cetak foto wideformat untuk berbagai keperluan cetak besar



    terima kasih yandro informasinya,


 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

     

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts