[Ask] NPWP Pribadi
Welcome guest, is this your first visit? Create Account now to join.
  • Login:

Welcome to the CHIP Forum.

If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed.

+ Reply to Thread
Page 1 of 8 1 2 3 4 5 6 7 8 LastLast
Results 1 to 10 of 80

Thread: [Ask] NPWP Pribadi
  
Bookmark and Share

  1. #1
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    0271
    Posts
    3,653
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    28

    [Ask] NPWP Pribadi



    Bro, sis, mas, dab, kang, bos, baik yg nyubi maupun senior..
    Maw tanya neeh :
    Di TV kan ada iklan tentang NPWP perorangan,
    trus, gw dapet surat edaran dari kantor pajak setempat
    isinya kurang lebih himbauan utk bikin NPWP perorangan.
    nah,
    1. Gimana cara ngurusnya??
    2. Fungsinya buat apa seeh..??
    3. Bisa diurus kolektip ndak ya..?
    4. Kalo suami-istri sama2 pembayar pajak, dasar itungannya nanti gimana..??
    5. Bihun mau tanya apalagi..??

    Thx, udah siapin es cendol neeh..
    SERIUS MODE ON please..

  2. #2
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Jakarta - Cimahi
    Posts
    4,876
    Thanks
    0
    Thanked 3 Times in 3 Posts
    Rep Power
    33

    Re: [Ask] NPWP Pribadi



    Kirain mau nanya yang sangat teknis waktu PM kemarin makanya disarankan buat thread..
    Kalau jawaban dengan bahasa resmi bisa lihat :
    http://www.pajak.go.id/fatq/KewajibanMemilikiNPWPNPPKP

    Tapi untuk jawaban seada-nya saya bantu :

    1. Gimana cara ngurusnya??
    Datang ke Kantor Pelayanan Pajak domisili bawa Fotocopy KTP/Kartu Keluarga/SIM/Paspor. Tanyakan pada petugas disana apabila ada kesulitan dalam mengisi formulir. Serta tanyakan apa kewajiban setelah memiliki NPWP & bagaimana melakukannya karena selain membayar pajak penghasilan (yang sudah dilakukan perusahaan pemberi kerja), pemegang NPWP mempunyai kewajiban lapor (menyampaikan SPT masa & Tahunan).

    2. Fungsinya buat apa seeh..??
    selain yang disebutkan dalam link diatas, beberapa perusahaan mensyaratkan karyawannya untuk memiliki NPWP. Selain itu saat ini untuk mengajukan kredit ke bank salahsatu persyaratannya adalah mempunyai NPWP.

    3. Bisa diurus kolektip ndak ya..?
    mungkin bisa lewat jalur oknum, tapi ngapain lha ngurus sendiri gratis & biasanya 1 jam beres...

    4. Kalo suami-istri sama2 pembayar pajak, dasar itungannya nanti gimana..??
    NPWP digabung dengan milik suami begitupula dengan penghasilan yang diperoleh. Pengecualian apabila memiliki surat keterangan pisah harta.
    lengkapnya tentang PPh lihat : http://www.pajak.go.id/fatq/Penghitu...silanKenaPajak

    Nambahin aja :
    Apa itu PTKP ?
    PTKP adalah Penghasilan Tidak Kena Pajak artinya bila penghasilan anda berada di bawah atau sama dengan PTKP tidak dikenakan Pajak Penghasilan (PPh).

    Apabila ada keluhan dalam masalah perpajakan bisa hubungi http://pengaduan.pajak.go.id/
    Last edited by illegal_user; 16-08-2007 at 11:01.

  3. #3
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    0271
    Posts
    3,653
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    28

    Re: [Ask] NPWP Pribadi



    wah..
    thx boss, soalnya maw tanya yg laen malah bihun gw..
    yg tdk kena pajak tadi angkanya brapa bos..
    (sambil berdoa mudah2an ngga kena..)
    tak tunggu penjelasan tambahannya ya bos..

    btw es cendolnya harus dibagi2 dolo tuh..

  4. #4
    Join Date
    Jun 2006
    Location
    semarang mriki kemawon,skrg dijakarta
    Posts
    220
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    16

    Re: [Ask] NPWP Pribadi



    iya ni aye jg disuruh eh mau dibikinin NPWP ma kantor..hikz..pemaksaan..

    btw maap OOT..klo mw bagi2 cendol..ke aye aja bang..ditrima..udah lama nih ga ada yg ngecendolin aye*akibat kbanyakan ngumpul di OOT*..huehue..
    Mini 4Wd will never die..

    jangan binun ma avatar aye..cuman seorang popular wannabe..huehue

  5. #5
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Yogyakarta, Indonesia
    Posts
    3,548
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    31

    Re: [Ask] NPWP Pribadi



    wah bagus nih thread tenkiu bro...
    dah lama juga pengen tau hal ini... sebab dah bolak balik ngirim email ke pajak.go.id hampir setahunan ga ada satupun yang di balas... tau deh tu email dibaca ato dibuang langsung...

    terus terang saya kalau baca keterangan selengkapnya di web pajak, malah tambah bingung..banyak banget pasal...jadi pusing...

  6. #6
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    0271
    Posts
    3,653
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    28

    Re: [Ask] NPWP Pribadi



    Nah..
    ternyata gw ngga sendirian..

  7. #7
    Join Date
    Jan 2007
    Location
    Yogyakarta, Indonesia
    Posts
    3,548
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    31

    Re: [Ask] NPWP Pribadi



    ga sendirian kok bro...
    apalagi ada hidangan cendol .... tenkiu

  8. #8
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Jakarta - Cimahi
    Posts
    4,876
    Thanks
    0
    Thanked 3 Times in 3 Posts
    Rep Power
    33

    Re: [Ask] NPWP Pribadi



    Quote Originally Posted by kathmandude View Post
    wah..
    thx boss, soalnya maw tanya yg laen malah bihun gw..
    yg tdk kena pajak tadi angkanya brapa bos..
    (sambil berdoa mudah2an ngga kena..)
    tak tunggu penjelasan tambahannya ya bos..
    1. Rp 13.200.000,00 untuk diri Wajib Pajak ybs.
    2. Rp 1.200.000,00 tambahan untuk Wajib Pajak yang berstatus kawin.
    3. Rp 13.200.000,00 tambahan untuk seorang isteri yang penghasilannya digabung dengan penghasilan suami.
    4. Rp 1.200.000,00 tambahan untuk setiap anggota keluarga sedarah/ semenda dalam garis keturunan lurus serta anak angkat, yang menjadi tanggungan sepenuhnya, paling banyak tiga orang
    Jadi contoh kamu seorang suami dengan istri yang bekerja dan penghasilan digabung tanpa anak maka PTKP sebesar :
    13.200.000 (poin 1) + 1.200.000 (poin 2) + 13.200.000 (poin 3) = 27.600.000 setahun

    Selain PTKP masih ada yang disebut biaya jabatan & iuran pensiun yang bertindak sebagai pengurang pokok pajak penghasilan 21..

    Tetapi nggak usah terlalu pusing soal hitung menghitung PPh 21, karena apabila kamu bekerja di perusahaan hal tersebut sudah dilakukan oleh bagian accounting begitu pula dengan penyetoran pajaknya sudah otomatis dipotong. Sekarang tinggal masalah penyampaian laporan berupa SPT Masa & SPT Tahunan untuk pengisiannya sebaiknya berkonsultasi dengan bagian Accounting di kantor agar datanya sesuai.

    Yang rada pusing bila kamu mempunyai penghasilan lain selain dari tempat kamu bekerja, bila ada silakan tanya ke aparat pajak bagaimana mekanisme pajaknya.

    Kalau mau coba-coba ngitung sendiri PPh 21 bisa pakai :
    http://www.pajak.net/calc_pph21.htm

    Quote Originally Posted by kathmandude View Post
    btw es cendolnya harus dibagi2 dolo tuh..
    nope tanpa itupun senang bisa membantu...

    Emang sih pajak itu jadi ruwet karena sistem perpajakan Indonesia sudah berubah menganut sistem self assesment dimana wajib pajak lah yang menghitung, menyetorkan & melaporkan pajaknya bukan oleh aparat (Official assesment) hal ini baik agar tidak terjadi tindakan semena-mena oleh aparat. Tetapi di lain pihak aturan perpajakan kita termasuk rumit & selalu berubah jadi yang mau ngitung susah (saya aja masih sering bingung & nanya temen...)

    Kalau mau baca-baca dari sumber selain www.pajak.go.id bisa coba :
    http://pajaktaxes.blogspot.com/
    Last edited by illegal_user; 16-08-2007 at 13:38.

  9. #9
    Join Date
    Nov 2005
    Location
    Bogor
    Posts
    3,757
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    29

    Re: [Ask] NPWP Pribadi



    Quote Originally Posted by illegal_user View Post
    3. Bisa diurus kolektip ndak ya..?
    mungkin bisa lewat jalur oknum, tapi ngapain lha ngurus sendiri gratis & biasanya 1 jam beres...
    Beneran gratis nih? Kan mungkin aja ada yang iseng2 minta biaya administrasi..



  10. #10
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Jakarta - Cimahi
    Posts
    4,876
    Thanks
    0
    Thanked 3 Times in 3 Posts
    Rep Power
    33

    Re: [Ask] NPWP Pribadi



    Quote Originally Posted by gigabites View Post
    Beneran gratis nih? Kan mungkin aja ada yang iseng2 minta biaya administrasi..
    Iya sih memang sering denger kejadian, tapi banyak pula yang bikin gratis tergantung nasib kali malah dulu karyawan IPTN walaupun gajinya nggak dibayar tapi dikasih NPWP otomatis kasihan orang KPP Bojonegara Bandung yang kebanjiran SPT tapi nggak ada pajak yang disetor..

    Untuk KPP di Jakarta sekarang lagi lumayan ketat semenjak pemberlakuan KPP Pratama kalau kamu datang langsung ke KPP kayaknya nggak bakal berani tuh oknumnya nodong.

    Kalau ditodong biaya administrasi sedikit saran :
    1. Cari plang di kantor tersebut yang menyebutkan pembuatan NPWP gratis (biasanya ada) tunjukin ke oknum tsb.
    2. Bilang lho mestinya anda selaku petugas pajak bersyukur saya mau bikin NPWP, lha tiap KPP kan ditarget menjaring penambahan jumlah WP setiap tahun.
    3. Tanya nama lengkap, NIP, jabatan si oknum (biasanya jadi keder)
    Lupa nambahin persyaratan pembuatan NPWP untuk karyawan yaitu :
    - Surat keterangan bekerja dari perusahaan tempat kerja
    Last edited by illegal_user; 16-08-2007 at 13:57.


 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

     

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts