Biaya balik nama bpkb & stnk
Welcome guest, is this your first visit? Create Account now to join.
  • Login:

Welcome to the CHIP Forum.

If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed.

+ Reply to Thread
Results 1 to 10 of 10

Thread: Biaya balik nama bpkb & stnk
  
Bookmark and Share

  1. #1
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Bali
    Posts
    343
    Thanks
    0
    Thanked 1 Time in 1 Post
    Rep Power
    18

    Biaya balik nama bpkb & stnk



    Hello guys,

    Gua kemaren coba ngurus sendiri balik nama motor ke samsat disini (bali). Setelah bertahan selama 2 hari menahan emosi akhirnya kelar juga tuh stnk/plat baru. Barusan gua ngurus penggantian nama di buku bpkb, dan kata petugasnya baru bisa selesai pd hari senin depan dan dikenakan biaya 25 ribu . Gak ngarti deh gua, masa hanya utk menulis informasi di buku bpkb aja butuh wkt selama itu? Dan 25rb itu biaya siluman apa lagi ya?

    Ada yg pernah ngalamin hal serupa? cerita2 dong pengalamannya.
    REDUCE - REUSE - RECYCLE!
    "Reduce power usage by increasing efficiency in computing products"
    "Consumers may return the equipment to the vendor for recycling or reuse without paying an additional fee"

  2. #2
    Join Date
    May 2005
    Location
    Semarang
    Posts
    1,743
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    23

    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk



    Bro memang untuk masalah balik nama kendaraan dibutuhkan waktu yang relatif lama. Kalo cuma perpanjangan bisa satu hari kelar, mungkin malah 1-2 jam
    Tapi untuk balik nama / bbn2 dibutuhkan waktu lebih apalagi kalo beda daerah, biasanya dari pihak kepolisian ada cross check langsung ke samsat asal via telp.
    Disamping itu juga ada pengecekan berkas secara manual, dimana berkas kendaraan bermotor di satu samsat kl di daerah gw bisa sampai 800rb-an kendaraan. Dan itu masih manual, jadi berkas masuk (dari km) di cocokan dengan berkas punya polisi secara manual yang perlu di cari di gudang berkas. Dan itu butuh waktu dan biaya (buat tenaga PLH kepolisian) ini yang menimbulkan adanya biaya lain-2. Kita sama-sama tahu berapa anggaran buat kepolisian kita. Bandingin dengan biaya yg sia-sia buat klub sepak bola daerah, pilkada (mending di pilih dprd/dpr spt dulu, toh hasil sama saja dan biaya lebih murah).
    Jadi harus maklum dengan biaya-2 di luar biaya resmi.
    Tambahan:
    Kalo buat mutasi antar daerah malah waktu bisa 1-2 minggu karena adanya pengecekan berkas itu
    Kalo bbn2 masih satu lokasi 2 hari normal saja

  3. #3
    Join Date
    Jul 2005
    Location
    Bali
    Posts
    343
    Thanks
    0
    Thanked 1 Time in 1 Post
    Rep Power
    18

    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk



    Oh ya, jd memang serumit itu kah prosesnya? Sorry, soalnya gua udh duluan gak percaya ama etos & kinerja aparat kepolisian dan orang2 di pemerintahan, hehehe...

    Thx buat infonya bro.

  4. #4
    Join Date
    May 2005
    Location
    Semarang
    Posts
    1,743
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    23

    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk



    ya begitulah boss
    coba kl sistem berkasnya dah digital / computerized gak akan kelamaan cari berkas.
    apalagi kl dah dibikin nasional jadi semua data dah ada arsipnya di pusat, semua daerah bisa akses kan gak perlu ada cek dan ricek
    tp dengan anggaran yg buat beli bensin biat operasional / patroli saja gak cukup apa mungkin.
    cm kita banyak yg gak menyadari, cm liat jeleknya. kayak avatar km cm diliat jeleknya padahal dia (avatarmu) banyak jasanya bagi negeri ini
    salam buat simbah, gw jg kangen era simbah

  5. #5
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Tjilandak KaKaO™
    Posts
    1,663
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    23

    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk



    sedikit oot dan oon
    kalo bpkb dan stnk dibalik nama, ntar no plat nya berubah jg gak?

  6. #6
    Join Date
    May 2005
    Location
    Semarang
    Posts
    1,743
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    23

    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk



    ya tetep lah, kecuali beda wilayah.
    maksud gw beda kabupaten atau wilayah kerja.
    misal daerah gw (semarang) ada 3 wilayah kerja samsat padahal masih satu kabupaten / kodya.
    tp berhubung kebijaksanaan polda jateng untuk tiap wilayah kerja dengan kode tersendiri maka bila beda wilayah kerja harus ganti nomer.
    misal lagi nopol semarang terdaftar di samsat A trus mau di balik nama di samsat B
    samsat A dikelompokan pake H####?A dan samsat B H####?Y misalnya
    Maka kl pindah ke samsat B harus ganti nopol walaupun masih satu kabupaten.
    jadi kl masih satu samsat sih gak perlu ganti nopol

  7. #7
    Join Date
    Sep 2007
    Posts
    38
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    0

    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk



    Quote Originally Posted by Nimbus05 View Post
    Hello guys,

    Gua kemaren coba ngurus sendiri balik nama motor ke samsat disini (bali). Setelah bertahan selama 2 hari menahan emosi akhirnya kelar juga tuh stnk/plat baru. Barusan gua ngurus penggantian nama di buku bpkb, dan kata petugasnya baru bisa selesai pd hari senin depan dan dikenakan biaya 25 ribu . Gak ngarti deh gua, masa hanya utk menulis informasi di buku bpkb aja butuh wkt selama itu? Dan 25rb itu biaya siluman apa lagi ya?

    Ada yg pernah ngalamin hal serupa? cerita2 dong pengalamannya.
    proses balik nama nya sendiri gimana bro? apa aj persyaratannya... abis duit brapa tuh kira2... buth ktp sipemilik sebelumnya ya?

  8. #8
    Join Date
    May 2005
    Location
    Semarang
    Posts
    1,743
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    23

    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk



    Quote Originally Posted by kam View Post
    proses balik nama nya sendiri gimana bro? apa aj persyaratannya... abis duit brapa tuh kira2... buth ktp sipemilik sebelumnya ya?
    Ktp lama gak diperlukan, paling (bpkb, stnk, ktp, kuitansi) asli
    Kalo ada ktp lama ngapain buang duit buat balik nama
    Untuk biaya resmi sama dengan jumlah di surat ketetapan (notice) sekarang ditambah biaya BBNII (bea balik nama 2) 2,5% kali Nilai Jual (depdagri, bukan nilai jual pasaran ) biaya gesekan noka, pendaftaran.
    plus biaya lain-lain (siluman )
    Yang jelas beda nominalnya adalah biaya BBNII tergantung jenis kendaraannya.

  9. #9
    Join Date
    Mar 2005
    Location
    Tjilandak KaKaO™
    Posts
    1,663
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    23

    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk



    Quote Originally Posted by hakkinen View Post
    ya tetep lah, kecuali beda wilayah.
    maksud gw beda kabupaten atau wilayah kerja.
    misal daerah gw (semarang) ada 3 wilayah kerja samsat padahal masih satu kabupaten / kodya.
    tp berhubung kebijaksanaan polda jateng untuk tiap wilayah kerja dengan kode tersendiri maka bila beda wilayah kerja harus ganti nomer.
    misal lagi nopol semarang terdaftar di samsat A trus mau di balik nama di samsat B
    samsat A dikelompokan pake H####?A dan samsat B H####?Y misalnya
    Maka kl pindah ke samsat B harus ganti nopol walaupun masih satu kabupaten.
    jadi kl masih satu samsat sih gak perlu ganti nopol

    oow ok thanks penjelasannya bro

  10. #10
    Join Date
    Mar 2005
    Posts
    2,660
    Thanks
    0
    Thanked 0 Times in 0 Posts
    Rep Power
    26

    Re: Biaya balik nama bpkb & stnk



    2 hari sih termasuk cepet klo menurut sy sih, cm 25rb pula

    -tam2-


 

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

     

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts